Friday, 31 May 2019

IQ dan Attitude


Dua Belas Tahun Silam di Perancis


DUA belas tahun silam, seorang wanita dari Asia (tak usah sebut nama negaranya) datang ke Prancis untuk  kuliah di salah satu universitas terkenal di Paris.
Dia memang cerdas, bahasa Prancis dan Inggris-nya juga sangat baik sehingga lulus seleksi.

Sejak mulai kuliah di hari pertama, dia perhatikan bahwa sistem transportasi di Paris menggunakan sistem otomatis.
Artinya, Anda beli tiket sesuai dengan tujuan melalui mesin.

Setiap perhentian kendaraan umum, memakai cara *_self-service_* dan jarang sekali diperiksa petugas.
Bahkan pemeriksaan insidentil oleh petugas pun hampir tidak ada, bukan karena manajemennya buruk tapi unsur *_trust*_ dan tertib sosial di sistem transportasi Kota Paris memang sudah baik.

Akhirnya lama kelamaan dia temukan kelemahan sistem ini, dan dengan kelihaiannya itu dia bisa naik transportasi umum tanpa harus beli tiket dan dia sudah memperhitungkan kemungkinan tertangkap petugas karena tidak beli tiket, sangat kecil.
Sejak itu, dia selalu naik kendaraan umum dengan tidak membayar tiket.

Ia justru menganggapnya sebagai salah satu cara penghematan sebagai mahasiswa miskin yang dengan cara apapun kalau bisa irit, ya diirit.
Dia bahkan merasa bangga karena dianggapnya itu sebagai *kehebatan* yang tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang.

*Empat tahun berlalu, perempuan muda itu pun tamat dengan _cum laude_ dari fakultas favorit dan universitas* *ternama di Paris dengan angka indeks prestasi kumulatif (IPK) yang sangat bagus.*

Hal itu membuat dirinya penuh percaya diri.

Setelah wisuda, gadis itu pun mulai mengajukan aplikasi surat lamaran kerja ke beberapa perusahan ternama di Paris.
Pada mulanya, semua perusahan yang dikirimi surat lamaran via email merespon dengan karena IPK-nya yang tinggi dan lulusan universitas top di Paris.

Tapi beberapa hari kemudian, semuanya menolaknya dengan berbagai alasan.
Hal ini terus terjadi berulang kali sampai akhirnya membuatnya merasa jengkel dan marah.

Dia bahkan sampai menuding perusahaan-perusahaan itu rasis karena tidak mau menerima warga negara asing meski lulus *_cum laude_* dari universitas ternama di Paris.
Akhirnya, pada suatu hari karena penasaran bercampur dongkol ia memutuskan untuk mengadukannya ke Departemen Tenaga Kerja Prancis di Paris.

Dia ingin melapor sekaligus ingin tahu kenapa perusahaan-perusahaan tersebut menolaknya.
Tapi, ketika bertemu dengan salah satu manager di kantor Depnaker Paris tersebut, ia mendapat penjelasan yang ia dapat di luar perkiraannya.
Berikut adalah dialog mereka.

*Manager*:
Nona, kami tidak rasis, sebaliknya kami sangat mementingkan Anda.
Pada saat anda mengajukan aplikasi pekerjaan di perusahan, kami sangat terkesan dengan nilai akademis dan pencapaian Anda.
Sesungguhnya, berdasarkan kemampuan, Anda sebenarnya adalah golongan pekerja yang kami cari-cari."

*Nona*:
Kalau begitu, kenapa perusahan-perusahaan tersebut tidak menerima saya bekerja?

*Manager*:
Jadi begini, setelah kami periksa di *_database,*_ kami menemukan data bahwa Nona pernah tiga kali kena sanksi tidak membayar tiket saat naik kendaraan umum.

*Nona*
(kaget): Ya, saya mengakuinya. Tapi, apakah karena *perkara kecil* tersebut semua perusahaan boleh menolak saya?

*Manager*:
Perkara kecil?
Kami tidak menganggap itu perkara kecil, Nona.
Kami lihat di _database,_ Anda pertama kali melanggar hukum terjadi di minggu pertama Anda masuk di negara ini.
Saat itu petugas percaya dengan penjelasan yang Anda bahwa Anda masih belum mengerti sistem transportasi umum di sini. Itu sebabnya kesalahan tersebut diampuni. Namun Anda tertangkap dua kali lagi setelah itu.

*Nona*:
Ohh, waktu itu karena tidak ada uang kecil saja.

*Manager*:
Tidak, tidak. Kami tidak bisa terima penjelasan Anda.
*Jangan anggap kami bodoh*. Kami yakin Anda telah melakukannya ratusan kali sebelum tertangkap.

*Nona*:
Well, baiklah. Tapi, itu _kan_ *bukan kesalahan mematikan ..'?* Kenapa harus begitu serius? Lain kali saya perbaiki dan berubah _kan_ masih bisa?

*Manager*:
Maaf, kami tidak menganggap demikian, Nona.
Perbuatan Anda membuktikan dua hal:
*Pertama, Anda tidak mau mengikuti* *peraturan yang ada. Anda pintar mencari kelemahan dalam peraturan dan memanfaatkannya* *untuk diri sendiri.*
*Kedua, Anda tidak bisa dipercaya !*

Nona, *banyak pekerjaan di berbagai perusahaan di negara Prancis ini bergantung pada kepercayaan atau _trust*
Jika Anda diberikan tanggung jawab atas tugas di sebuah wilayah, maka Anda akan diberikan kuasa yang besar.
Karena efisiensi biaya, kami tidak akan memakai sistem kontrol untuk mengawasi pekerjaanmu.
Hampir semua perusahan besar di Prancis ini mirip dengan sistem transportasi di negeri ini.
Oleh sebab itu, kami tidak bisa menerima Anda, Nona.
Dan saya berani katakan, di negara kami bahkan seluruh Eropa, tidak akan ada perusahan yang mau menggunakan jasa Anda.

Pada saat itu, wanita ini seperti tertampar dan terbangun dari mimpinya dan merasa sangat menyesal.
Tapi, penyesalan selalu datang terlambat ketika nasi sudah jadi bubur atau peristiwa buruk telah terjadi.

Perkataan manager yang terakhir membuat hatinya bergetar dan sangat menyesal.
Ia akhirnya terdiam seribu bahasa tidak bisa berkata apapun.

Sahabatku,
Ada pesan moral yang sangat berharga yang bisa kita petik dari kisah nyata mahasiswi pintar tersebut.
*Moral dan etika (attitude) itu amat sangat penting, bahkan ditempatkan di atas kepintaran,* *kecerdasan atau kegeniusan*.

*Dalam kehidupan sosial, moral dan etika (attitude) seseorang bisa* *menutupi kekurangan IQ atau kepintaran intelektual*.
*Tetapi IQ atau kepintaran, bagaimanapun tingginya, tidak akan bisa menolong etika moral dan integritas yang buruk*.

*Samuel Johnson* (1709-1784), sastrawan Inggris mengatakan:
_Knowledge without integrity is dangerous and dreadful._
(Pengetahuan tanpa integritas pasti berbahaya dan mengerikan).

*Clive S Lewis* (1898-1963), profesor di Universitas Oxford dan penulis novel terkenal Inggris
mengatakan:
_Integritas adalah melakukan hal yang benar, ketika tidak ada yang melihat. *Integritas dan kejujuran adalah kekayaan paling jarang dimiliki manusia.*

Selamat berpuasa

#Adab_Mudik_Dan_Safar_Bag_8_9

Kemarin sore mbah admin group motuba ini menshare berita berkaitan kecelakan kendaraan pemudik yang mobilnya menabrak pembatas jalan dan qodarullah sampai ada korban jiwa.

Akhirnya cucu kepikirin untuk melanjutkan tulisan tentang tema ini, tak terasa sudah sampai bagian 8 dan 9.

Semoga dengan mengamalkan adab-adab safar yang cucu share di sini bisa menjadi wasilah turunnya penjagaan Allah kepada para pemudik yang mengamalkan adab-adab ini.

Adab ke 8: Meminta Izin Kepada Orang tua

Lho, bukankah mudik untuk mengunjungi orang tua?
Tetap mbah kita harus minta izin, minimal memberi tahu orang tua kita akan keberangkatan kita, minimal kita minta do'a orang tua, minimal kita minta saran orang tua kapan sebaiknya berangkat dst

Seberapa penting sih? Penting banget mbah

Pernah seorang sahabat Nabi صلى الله عليه وسلم meminta izin untuk berjihad, namun orang tuanya / ibunya tidak mengizinkan, lalu nabi صلى الله عليه وسلم mengatakan: "Pulanglah kamu dan berhijadnya kepada orang tuamu (dengan menuruti / berbakti kepadanya).

Letak pentingnya di mana? Do'a orang tua mbah, sekali lagi do'a orang tua...

Mudik ini sebenarnya kesempatan buat terkabulnya do'a mbah, sebab kata Nabi صلى الله عليه وسلم ada beberapa do'a yang mustajab, do'a yang pasti dikabulkan, diantaranya:

1. Do'a orang tua kepada anaknya
2. Do'a orang yang sedang berpuasa
3. Do'a seorang musafir

Jadi meminta izin sama orang tua minimalnya perjalanan mudik kita mendapatkan do'a dari orang tua.

Kenapa do'a orang tua mustajab? Sebab do'a meraka sangat ikhlash dan tulus, bukankah keikhlasan merupakan salah satu syarat diterimanya do'a.

Cucu pernah menulis di group ini tentang keagungan dan dahsyatnya sebuah do'a. Ingat baik-baik:  "Do'a adalah senjata seorang mukmin"

Lihatlah kisah Nabi Musa عليه السلام saat dikejar fir'aun dan pasukannya, saat di depannya lautan di belakangnya pasukan firaun, sampai-sampai ummatnya protes "katanya klo ikut anda, adalah keselamatan"? Tapi Musa عليه السلام menjawab "Sesungguhnya Allah bersamaku, Ia akan menunjukan jalan keluar buatku".

Itu zaman old mbah, mana bukti di zaman now?

Izinkan cucu bercerita sedikit masalah ini:

Akhir oktober 2018, di Jum'at malam jam 01.00 mbah uti membangunkan cucu, sebab ia kaget saat mau bak ternyata di kasur mbah uti pendarahan yang hebat, pas cucu lihat darahnya banyak.

Singkat cerita malam itu juga cucu bawa ke RS, anak-anak yang lain sedang pulas tidur jadi mereka tidak tahu.

Saat sudah naik si Kibar, cucu sama mbah uti diskusi RS mana yang mau dituju, kesimpulannya: "Pilihlah RS yang dokter kandungannya perempuan dan akses masjid yang mudah".

Sampailailah di RS tersebut, masuk UGD ditangani dokter jaga, pas shalat shubuh baru masuk ruang perawatan.

Pagi hari dokter kandungan datang, memeriksa mbah uti, dan didapat kesimpulan bahwa "mbah uti harus sesar dengan penjelasan ilmiah, posisi bayi yang menempel di bagian tertentu, yang jika si ibu gerak dikit saja pasti pendarahan, dan kejadian seperti ini jarang sekali terjadi".

Namun karena hb mbah uti rendah jadi harus ditransfusi dulu, sampai hbnya stabil baru ditangani operasinya.

Hanya do'a yang terus cucu sampaikan "Ya Allah permudahlah"

Masalah pertama, adakah stok darah? Melihat pasien-pasien yang lain yang butuh darah sulit sekali dapat darah, telp sana telp sini, minta sana minta sini dst.

Alhamdulillah kebutuhan buat cucu setial butuh darah ada di RS, tinggal ngambil ke bawah, padahal transfusi kadang jam 12 malam kadang jam 02 pagi dan sore hari, namun stock darah buat mbah uti always ready alhamdulillah.

Masalah kedua, adalah biaya....saat itu di tabungan ada sekitar 4 jt-an, padahal biaya sampai 18jt lebih...dan prinsip cucu tidak mau meminjam dan membebani orang lain termasuk orang tua, meskipun ada di orang tua, klopun tidak mendesak maka dihindari banget.

Apa yang terjadi? Masya Allah selama 7 hari di RS penjualan barang cucu via online meningkat pesaaat.....sambil menunggu sambil jualan hahahaha

Di akhir kepulangan, biaya RS 18jt sekian dan di tabungan ada 17jt sekian akhirnya pinjam sama ibu 1 juta dan alhamdulillah sepekan setelahnya hutang ke ibu lunassss

Jadi selama mudik teruslah berdo'a sebab mbah sedang safar, mbah sedang berpuasa dan itu adalah situasi sedang dikabulkannya do'a.

Namun do'a akan tertolak jika "makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, dan ia tumbuh dari harta yang haram, bagaimana do'anya bisa terkabul?" Itulah kata sang Nabi صلى الله عليه وسلم

Adab ke 9 "Berdzikirlah saat di atas kendaraan"

Saat menghadapi jalan menanjak ucapkanlah Allahu Akbar dan saat Jalan menurun ucapkanlah Subhanallah itulah yang diajarkan sang Nabi.

Selamat mudik para mbah semua, semoga Allah memudahkan mudiknya

Dan jika para mbah mudik via jalur selatan dan melewati wilayah garut, tasik, ciamis, banjar.....jika ada masalah di wilayah tersebut bisa hubungi cucu, Insya Allah cucu akan mengkondisikan teman-teman di komunitas di mana cucu ikut dan kami siap bantu Insya Allah

Ket. Photo:  Saat menunggu operasi cesar mbah uti untuk anak ke 5

Thursday, 30 May 2019

#Adab_Safar_Dan_Mudik_bag_6_dan_7

Kita lanjutkan pembahasannya ya mbah semoga bermanfaat bagi kita semua, terutama yang mau mudik

Adab ke-6 adalah

Berangkatlah di hari Kamis, kenapa kok Kamis? Sebab Kaab bin Malik رضي الله عنه menceritakan kepada kita bahwa tidaklah Rasulullah صلى الله عليه وسلم keluar untuk safar kecuali beliau memilih hari kamis.

Memang hari yang lain tak boleh? Boleh atuh, sebab hukum berangkat hari kamis hukumnya tidak wajib, namun kita akan berpahala jika kita berangkat hari kamis dengan niatan mencontoh sang Nabi.

Adab ke-7 adalah "Berangkatlah di pagi hari / sehabis subuh".

Adab ini pun sifatnya tidak wajib, namun jika dilakukan dengan niatan mencontoh Nabi صلى الله عليه وسلم maka pahala akan mengalir sepanjang perjalanan dan mengalir sampai ke akherat.

Kenapa waktu pagi jadi salah satu waktu terbaik untuk mudik? Sebab Nabi صلى الله عليه وسلم mendo'akan keberkahan buat umatnya di waktu pagi

"Semoga keberkahan diberikan kepada ummatku di waktu pagi" itulah do'a sang Nabi.

Makanya klo ada orang yang pagi hari masih tidur-tiduran atau tidur beneran maka sering disebut pemalas.

Maka mudiklah di waktu pagi supaya sepanjang perjalanan kita diberkahi, sungguh kebahagian sebenarnya mudik kita penuh pahala, penuh makna, dan diliputi keberkahan.

Klo mbah tanya : "Mana motubanya di status cucu"?

Photo ini cucu ambil di perjalanan dari Padang Panjang menuju danau maninjau yang melewati kelok 44 yang sangat indah.

Lokasi motuba ini di daerah Kab. Agam sumbar, sungguh motuba yang penuh barokah, motuba yang masih setia melayani tuannya, bahkan mungkin tuannya sudah berganti generasi

Warung Viral


Maaf oot mbah....
Beberapa hari ini viral berkaitan dengan warung lesehan yang memberikan harga yang dianggap tidak wajar.

Izinkanlah cucu buat corat-coret "menanggapi" masalah ini dalam beberapa point.

Pertama, rukun dan syarat jual beli
Buat apa ini? Untuk menjadikan jual belinya sah dan uang yang dihasilkannya halal dan toyyib

Penjual-pembeli-barang yang dijual-alat tukar (uang/harga)-ijab qabul. Hal-hal inilah merupakan rukun dan syarat minimal jual beli.

Dalam kasus yang viral ini apa yang kurang? Ketidakjelasan harga (itu informasi yang cucu dapat dari berita yang tersebar)

Kedua, jual beli bukan sebatas mendapat untung yang buanyaaak
Mbah dalam kehidupan dunia zaman now ini, kita semua pasti berposisi sebagai pembeli atau sebagai penjual, kita tidak lepas dari posisi ini.

Tentu jual beli dalam pandangan seorang yang beriman tidak sebatas seberapa untung yang kita dapatkan, namun ada hal-hal lain yang harus kita perhatikan, apa itu?
1. Keberkahan, darimana datangnya? Dari penjual dan pembeli yang menjelaskan detail barangnya yang ia tahu, harganya, kualitasnya, kekurangannya dll Nabi mendo'akan keberkahan bagi penjual dan pembeli yang menjelaskan detail barangnya.
2. Rahmat Allah, dari mana itu? Kata nabi, Allah merahmati seorang penjual yang mudah dalam menjual dan pembeli yang mudah dalam membeli.
Maka untuk penjual permudahlah pembeli sehingga rahmat Allah turun.

Ketiga, jika mbah sebagai penjual pampanglah harga yang jelas sehingga memudahkan pembeli dan jika mbah jadi pembeli tanyakanlah dahulu ke penjual tentang harganya biar jual belinya jelas dan mabrur.

Keempat, jual beli urusannya bukan hanya untung rugi namun surga dan neraka mbah.
Kok bisa? Sebab hal ini berkaitan dengan hasil jual beli yang ujungnya "halal dan haram", dan tidaklah segumpal daging tumbuh dari yang haram, maka nerakalah tempatnya, harta yang haram itulah salah satu penyebab tertolaknya do'a.

Terakhir, mudahkanlah urusan orang maka Allah akan memudahkan urusan kita.

Tadi cucu sebutkan di atas bahwa Allah merahmati penjual yang mudah dalam menjual dan pembeli yang mudah dalam membeli.

Cucu bergerak dalam jual beli kerajinan kulit dan pakaian muslim, sering kena tipu konsumen? Seriiiiiing pisan.

Pernah ditipu beberapa jaket kulit tidak dibayar, pokoke lost kontak deh....biarkanlah pada hakikatnya di yang rugi, cucu tetap untung sebab menghapuskan dosa cucu.

Pernah, ada seorang konsumen pesan pakaian muslim, sampai 1 kodi.

Cucu minta dp sebagai tanda jadi, akhirnya cucu proses dari belanja kain sampai ke penjahitan dan akhirnya selesai itu pesanan, pakai modal? Tentu atuh.

Tapi tiba-tiba si pembeli datang dan membatalkan pembelian, plus minta uang DP.

Mbah uti marah, dan ngotot tak bisa dibatalkan.....namun cucu bilang sama mbah uti "Biarkanlah, tak usah dipersulit, permudah saja, kabulkan permintaan ia, Insya Allah ada kemudahan setelah itu", akhirnya mbah uti mau.

Mbah....tahu apa yang terjadi?
Besok sorenya ada yang datang ke rumah, cucupun tak kenal sama orang itu, orang itu dibawa tetanga, kebetulan tetanga cucu tersebut ditanya orang itu tentang orang yang menjual baju, akhirnya sama tetangga ditunjukan ke rumah cucu.

Orang itu cerita, bahwa ia baru buka toko baju di Bandung, butuh barang buat tokonya.

Akhirnya barang yang kemarin diambil semua, plus barang-barang sisa-sisa yang ada di rumah, semuanya habis bis bis dan cash di tempat.

Cerita lainnya.
Ada seorang teman (kakak kelas di sma beda 2 tahun) ngobrol ke cucu, ia punya barang sekitar 40 pcs, dan susah lakunya, tapi ia butuh buat bayar pegawainya dan membayar bahan baku.

Minta ke cucu untuk dijualkan, kata cucu "sudah sini saya beli semua, meskipun saya gak tahu gimana jualnya". Niat cucu hanya ingin memudahkan ia saja.

Deal dan bayar.......nyampai rumah, mbah uti bingung, cuma cucu bilang sama mbah uti "tolong bantuin jualin barang kakak kelas".

Apa yang terjadi? Tidak sampai satu bulan barang tersebut tinggal 3 pcs.

Memang tulisan ini tak ada motubanya, bahkan nulisnyapun tak tersusun baik.

Namun "jadilah pembeli yang baik dan penjual yang baik"

Tuesday, 28 May 2019

Lanjutan tulisan kemarin ya......

"Merawat motuba dengan kasih sayang"

Melihat beberapa komen-komen di status cucu kemarin, ternyata banyak juga yang melakukan hal yang sama "mengajak ngobrol motubanya" dan hal itu bukan hal aneh namun bentuk kasih sayang, ungkapan cinta pemilik buat kendaraannya.

Namun ada juga komen yang saat motubanya mogok malah ditendang, eh akhirnya kakinya malah bengkak 2 hari hahaha tentu beliau melakukan hal ini karena belum tahu apa yang harus dilakukan saat mobil / kendaraan kita mogok, belum tahu bagaimana bersikap, semoga Allah mengampuni kita atas ketidak tahuan ini.

Nah tulisan pagi ini, cucu ingin membahas komen yang kedua di atas.

Bagaimana sih sikap kita saat motuba kita mogok di jalan??

Pertama, jangan sampai mencela Setan saat mobil kita mogok....

Memang ada? Buanyak cucu temukan, saat mogok banyak yang keluar dari mulutnya umpatan yang tidak baik, misal...

"Setan siah" "Goblok" "Setan sialan" "Anjiiiing" dll

Ungkapan ini, ungkapan yang dilarang Syariat....
Suatu hari Nabi صلى الله عليه وسلم pernah dibonceng oleh seseorang, lalu tunggangan ini terjatuh, lalu orang ini spontan mengatakan "Setan sialan" lalu Nabi صلى الله عليه وسلم menegur sahabat ini dan mengatakan:

"Jangan engkau cela/laknat setan (dalam posisi seperti ini) nanti ia bisa membesar sebesar rumah, namun ucapkanlah "Bismillah" maka setan akan mengecil seperti lalat".

Jadi, klo motuba kita mogok di jalan ucapkanlah "Bismillah".

Kedua, jangan melaknat atau mencela motuba kita, misal....

"Dasar mobil tua" "Dasar mobil sialan" dasar mobil anu dan anu.

Mbah, mobil mogok itu tandanya sedang membutuhkan perhatian dari kita, membutuhkan kasih sayang dari kita.

Mungkin sama dengan mbah uti kita, saat ia marah atau cemberut atau mogok melayani kita, ia butuhnya perhatian dari kita, butuh kasih sayang dari kita, butuh dibawa ke salon atau diajak belanja keluar

Nah motuba kita saat mogok butuh itu semua, ia tidak suka dicaci maki apa lagi sampai dilaknat.

Nabi صلى الله عليه وسلم pernah berpergian bersama rombongan sahabat, lalu ditengah perjalanan beliau mendengar ada orang yang melaknat tunggangannya (kendaraannya), lalu nabi menegur orang tersebut, dan memerintahkan untuk menurunkan semua bawaan dari tunggagan tersebut dan mengatakan "tidak pantas engkau menaiki unta yang telah engkau laknat".

Ketiga, mogoknya motuba kita itu sudah takdir Allah ta'ala, dan itulah yang terbaik buat kita. Pernah dengar ayat Al-Qur'an yang bunyinya "Bisa jadi engaku mencintai sesuatu padahal itu adalah jelek buat kamu, bisa jadi engkau membenci sesuatu padahal itu baik buat kamu"

Apa akhir ujung ayat ini? "Allah maha Tahu sedangkan kalian tidak tahu".

Jadi klo motuba kita mogok, tanamkan dalam hati kita, yakini dalam hati kita "Ini takdir Allah dan ini yang terbaik bagi kita" setelah itu baru perbaiki motuba kita supaya bisa melanjutkan perjalanan.

Intinya jangan sampai kita mencela motuba kita, mecela setan karena motuba kita mogok, jangan kukulutus sebab mogoknya motuba kita adalah takdir terbaik buat kita Insya Allah.

Ket photo:
Bertemu dengan kisup di pondok pesantren putri pertama di Indonesia, di daerah padang panjang, kisup ini bertugas mengangkut bahan makanan buat para santri, sungguh kisup yang penuh barokah

Menyatukan Motuba dan Kita


Sebulan yang lalu adik cucu telp, yang isinya ia akan beli sebuah mobil yang tergolong motunyar usia baru kisaran 2 thn-an menginjak jalanan.

Adik minta cucu untuk menemui pemilik mobil dan sekalian test drive sebab pemilik mobil tinggal di kota tasik sedangkan adik di garut.

Setelah ketemu pemilik mobil dan menyampaikan hasil test drive ke adik cucu, akhirnya 2 pekan setelah itu adik deal beli mobil tersebut.

Janjianlah si mbak pemilik mobil untuk ketemu adik cucu untuk COD an mobil, si pemilik bawa mobil ke garut dan janjian di suatu tempat untuk cash and carry.

Setelah ketemu uang diserahkan, kunci mobil dan surat-suratnya di serahkan, namun si mbak ini tak mau pulang duluan, malah ia mengatakan:

"Mas, berangkat duluan saja bawa mobil ini, sampai mobil ini tak terlihat baru saya pergi pulang, banyak kenangan dengan mobil ini" kata mbak ini sambil meneteskan air mata.

Cucu berucap dalam hati "sepertinya jiwa mbak ini sudah menyatu dengan mobil yang adik cucu beli".

Bisakah jiwa kita bersatu dengan motuba kita? Klo boleh cucu jawab "Bisa Insya Allah".

Caranya? Ya satukanlah jiwa kita dengan motuba kita, rawatlah ia dengan penuh kasih sayang.

Klo yang cucu lakukan adalah sebagai berikut (hanya opini pribadi saja ini mah).

Mengajak ngobrol motuba kita
Masa sih ngobrol sama benda mati??? Gila namanya hahahaha
Ya klo bagi cucu ngajak ngobrol motuba itu sering banget.

Saat cucu beli kibar di tahun 2014 saat sudah berpindah tangan, cucu naik kibar untuk pertama kali lalu mengatakan: "Wahai kijang, saya adalah perawatmu sekarang, kamu saya kasih nama kibar "kijang barokah" semoga kamu benar menjadi kendaraan barokah".

Jika cucu membersihkan kibar selalu diajak ngobrol

"Kibar, maaf ya belum sempat buat bawa kamu ke tempat cuci"
"Makasih ya kibar sudah menemani setiap perjalanan, semoga engkau jadi saksi buat saya di akherat yang mengantarkan ke surga"

Cucu sering berpergian sendiri ke luar kota, dan klo di jalan ngajak ngobrol si kibar......

"nanti klo kita lewat pom bensin, kita istrirahat dulu ya...kamu istrirahat sayapun mau tidur sebentar"

"Bentar lagi masuk waktu shalat, kita istirahat dulu, saya shalat kamu bisa istirahat" Dll

Apakah si kibar pernah menjawab? Belum pernaaaaah, klo pun cucu mendengar ia jawab pasti langsung cucu ruqyah hahahaha

Namun ada kebersamaan diri ini dengan si kibar

Satu lagi agar kita bisa menyatu dengan kendaraan kita, dengan motuba kita:  Rawatlah dengan penuh kasih sayang.

Jangan malas mencucinya
Jangan malas ganti oli
Jangan pelit ganti sparepart dll

Dalam suatu perjalanan, di sebuah belokan yang menurun, posisi sedang macet.....tiba-tiba terdengar suara dari belakang "Duaaaaar" si kibar ditabrak dengan keras.

Cucu turun, ternyata bamper belakang tertabrak, penyok, besinya ngangkat, bemper samping patah, pintu belakang tak bisa dibuka.

Lalu cucu mengusap si kibar dan mengatakan "Kibar, semoga Allah memberikan rejeki supaya bisa membetulkan kerusakanmu seperti semula".

Alhamdulillah sepekan kemudian sudah rapih lagi.....

Yang nabrak bagaimana?

Ia minta maaf, mengaku salah, tidak fokus dll

"Ya, tak apa-apa pak, saya yakin bapak tak sengaja melakukan ini, silahkan lanjutkan perjalanannya semoga selamat sampai tujuan".

Jangan tanya kerusakan mobil penabrak ya......

Ket. Photo:  kibar lagi dicuci siang tadi

Sunday, 26 May 2019

#Adab_Safar_dan_Mudik_bag_3

Bismillah,.....

Mbah....
Mudik pakai motuba? Jangan takut yakin saja bisa Insya Allah

Caranya lakukan persiapan dan perawatan secara teknis kendaraan semaksimal mungkin

Kedua, lakukan adab safar sesuai tuntunan syariat

Nah, sambil istrirahat siang cucu mau melanjutkan adab yang diajarkan Nabi صلى الله عليه وسلم yang ke-3, selamat menyimak.

Adab ke-3 adalah "Lakukan shalat istikharah".

Lho kok istikharah? Bukankah shalat istikharah itu buat meminta petunjuk dari dua pilihan? Jawabannya "shalat istikharah itu tidak hanya buat hal seperti itu".

Terus bagaimana? Seorang sahabat Jabir bin Abdillah رضي الله عنه menjelaskan bahwa "Nabi mengajarkan shalat istikharah di setiap kegiatan / perbuatan yang mau dilakukan, sebagaimana beliau mengajarkan huruf per huruf dalam Al-Qur'an".

Makanya Imam Bukhari رحمه الله setiap akan memasukan hadits dalam shahihnya beliau senantiasa shalat istikharah dahulu lalu menuliskan 1 hadits dalam kitabnya.

Makanya ulama membahas dalam kitab-kitab adab, di antara adab safar adalah "shalat istikharah" sebelum berangkat.

Kan tujuannya jelas? Apa dong manfaat istikharah buat safar?

Sangat bermanfaat banget...
Allah arahkan kita untuk berangkat di hari yang tepat
Allah arahkan untuk memilih jalan yang tidak macet misalnya
Allah jaga perjalanan kita, Allah jaga motuba kita dll

Tapi setelah istikharah tetap macet juga?
Shalat istikharah sudah bagian dari adab, dan berpahala saat dilaksanakan dan tentu tidak ada kerugiannya, tetap macet misalnya, ya tidak mengapa sebab dari kemacetan kita bisa melatih kesabaran, atau mungkin kita bisa sambil dzikir atau mungkin kemacetan adalah pintu rezeki bagi penjual asongan, atau kemacetan sebagai bentuk salah satu penghapus dosa-dosa kita.

Selamat mudik para mbah
Jika lewat kota tasikmalaya jangan lupa mampir ke rumah cucu

Ket. Photo saat cucu siang ini bersama si Kibar ke ekpedisi untuk paket barang untuk dikirim ke malang dan ponorogo

Insya Allah nanti cucu tulis testimoni hijrah dari air pegunungan ke air Coolant 😊😊😊😊

#Adab_Safar_Dan_Mudik_Bag_4_dan_5



Alhamdulillah siang ini bisa fb-an lagi setalah beberapa hari gangguan dan qodarullah terserang demam.

Mbah, cucu mau melanjutkan tulisan cucu berkaitan dengan adab safar dan mudik, semoga bermanfaat bagi mbah-mbah yang mau mudik atau sedang mudik.

Cucu pantau di group motuba dan group wa mudikers sudah ada yang mulai mudik ke berbagai tempat.

Langsung saja ya mbah
Adab yang keempat adalah: Meminta nasihat / wejangan kepada orang lain yang memiliki keutamaan ilmu

Hal ini dilakukan sebelum safar,
Adab ini klo mau dirinci secara sederhana bisa mengandung 3 makna

1. Datangilah ulama, datangilah ustadz atau guru ngaji lalu mintalah nasihat atau wejangan kepada beliau, mintalah arahan dan bekal rohani dari beliau

2. Pamitlah kepada orang sekitar, tetangga dekat atau teman sejawat terutama tokoh masyarakat setempat di mana kita tinggal.

Saat dulu cucu ngekos di Yogya, setiap mau mudik pasti cucu mendatangi rumah ketua Takmir, pengurus masjid, RT atau RW setempat dan orang-orang yang sekitar yang cucu kenal.

Apa yang didapat? Do'a dari mereka dan ini sudah sangat berarti

"Pak RT, saya mau pulang kampung Insya Allah besok".

"Kok, cepat amat pulang kampungnya mas"? Ya semoga selamat sampai rumah, sampaikan salam dari bapak buat keluarga"

Itulah jawaban-jawaban yang cucu dengar dari orang-orang yang cucu datangi.

Sebagai perantau ada istilah dalam bahasa sunda "Datang katingali tarang, balik katingali punduk".

3. Minta saran/ informasi berkaitan dengan perjalanan atau jalur yang akan kita tempuh. Alhamdulillah di group motuba point 3 ini sudah dilakukan.

Adab yang kelima: Tunaikan hak-hak orang sebelum mudik.

Hendaklah sebelum mudik kita menunaikan dan memberikan hak-hak orang lain, hak-hak berkaitan dengan harta ataupun yang lainnya.

Klo kita punya hutang maka bayarlah dahulu, klo kita punya pinjaman barang kembalikan dahulu, klo kita pernah mendhalimi orang dengan perkataan maka minta maaflah sebelum safar.

Kenapa harus seperti ini mbah?
Sebab safar atau mudik ada kelelahan di dalamnya, ada kesusahan besertanya dst.

Kita punya tujuan pulang kampung, bisa saja mudik tahun ini kita sampai ke kampung halaman di mana kita lahir, bisa juga mudik tahun ini mengantarkan kita ke kampung halaman yang abadi (akherat).

Lihatlah Nabi صلى الله عليه وسلم saat beliau mau safar berhijrah ke Madinah, beliau meminta Ali رضي الله عنه untuk menyerahkan harta-harta orang lain yang dititipkan kepada beliau صلى الله عليه وسلم.

Selamat mudik para mbah
Semoga Allah memudahkan urusan kita semua

*Daftar Rute Arus Mudik 2019 dan singkatannya TOL yang ditetapkan Ditjen Perhubungan Darat guna memudahkan penyebutannya :*


Kemenhub sudah mengeluarkan rute jalur² yang bisa dilewati saat mudik nanti.
Berikut rutenya:


1. *SEMAR LOYO :*
Semarang-Solo-Yogya.

2. *DIBALANG SENDAL :*
Purwodadi-Batang-Pemalang-Semarang-Kendal.

3. *KASUR BOSOK :*
Karanganyar-Sukoharjo-Boyolali-Solo-Klaten.

4. *SUSU MBOKDE :*
Surakarta-Sukoharjo-Mboyolali-Kartasura-Delanggu.

5. *TANTEKU MONTOK :*
Panjatan-Tegalan-Kulwaru-Temon-Toyan-Kokap.

6. *BEKAS CIBLEK :*
Bekasi-Karawang-Subang-Cirebon-Majalengka-Kuningan.

7. *MALING SUSUR :*
Malingping-Sukabumi-Sumedang-Kandanghaur.

8. *KUTANG SIMBOK :*
Kuningan-Tasikmalaya-Pangandaran-Sidareja-Maos-Bodas-Karangjati.

9. *BANCI TBC :*
Bandung-Cirebon-Tasik-Banjar-Cilacap.

10. *BANCI GARANG:*
Bandung - Cirebon - Tegal - Semarang

Jadi nanti kalau sampeyan ditanya mudik lewat rute mana,
tinggal sebut satu dari rute² tsb..

Ngakak bebas di pagi hari 🤣🤣🤣😶menggantikan gambar & video yg blm aktif ✌🤭 Tetap Semangat

Sunday, 19 May 2019

KISAH SUZUKI KATANA, MESKIPUN 4×2 TAPI TETAP DICINTA

KISAH SUZUKI KATANA, MESKIPUN 4×2 TAPI TETAP DICINTA


Sobat Jipmania, sebetulnya bisa dibilang Suzuki Katana merupakan Downgrade dari Suzuki Jimny, walaupun bentuk dan modelnya sama tetapi Suzuki Katana kehilangan fitur 4WD yang ada pada Suzuki Jimny, tapi hal ini dimaklumi mengingat pada era 80 -90 an pemerintah menerapkan pajak yang lebih tinggi pada mobil mobil dengan penggerak 4WD, akhirnya dimunculkanlah Suzuki Katana dengan penggerak 2WD .
Suzuki Katana generasi pertama diluncurkan oleh Indomobil pada  tahun 1984, dengan spesifikasi body, interior dan mesin yang plek dengan Suzuki Super Jimny, ciri Suzuki Katana generasi pertama ini adalah atap trepes, lampu depan bundar,  transmisi 4 speed, dan belum ada tachometer di dashboard. Untuk urusan mesin juga masih mengandalkan tipe F10A , yang bertenaga  maksimal 45 hp @5500 rpm dan torsi maksimal 73,5 nm @3000 rpm.
Suzuki Katana generasi kedua kemudian baru muncul pada tahun 1989, pada generasi ini Suzuki Katana mendapat beberapa pembaharuan, seperti lampu depan yang awalnya bulat menjadi kotak, penambahan tachometer ,  dan penggunaan transmisi manual 5 percepatan. Suzuki Katana generasi ini kemudian lebih dikenal dengan generasi Blitz
Image result for brosur katana blitz
Suzuki Katana generasi kedua ini terbagi menjadi 4 trims yaitu :
Katana DX (Non AC, Non PS)
Katana DX Blitz  (Non AC, Non PS, Soft Suspension)
Katana GX ( AC , PS )
Katana GX Blitz (AC, PS, Soft Suspension )
Sementara untuk wheelbasenya tersedia dalam dua pilihan yaitu :
Short Whellbase
Long Weelbase
Image result for brosur katana blitz
Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Khusus untuk Katana Blitz sudah dilengkapi suspensi yang lebih lembut . Katana tipe Blitz ini hanya diroduksi hingga tahun 1992 saja.
Pada tahun 1992-1993 an kemudian muncullah Katana Generasi ketiga, ciri cirinya adalah atapnya tinggi dan kembali menggunakan lampu depan bulat, pada katana generasi terakhir ini hanya tersedia dalam dua tipe yaitu tipe DX dan GX
Katana DX ( Non AC, Non PS, Tidak Ada Tape, Jok Belakang Berhadapan )
Katana GX ( AC Denso, PS, Tape Kenwood, Jok Belakang Hadap Depan)
Katana generasi terkahir ini memmpunyai masa produksi cukup panjang, hingga tahun 2007 nan baru kemudian dihentikan produksinya,  meskipun mayoritas katana berversi 4×2 namun ada juga segelintir Suzuki Katana yang menggunakan versi 4×4, biasanya versi 4×4 ini adalah versi pesanan khusus.
Keunggulan Katana dibanding dengan jimny adalah Suzuki Katana tersedia dalam 3 model ( Short, Long, dan Pick Up), berbeda dengan Jimny yang hanya tersedia dalam model short saja. Bagi pemilik Katana yang menginginkan mobilnya menjadi 4×4 juga mudah, karena basisnya sama dengan Jimny, ya tinggal pasang Transfercase dan gardan jimny, langsung jadi 4×4 ðŸ˜€ .
Kelebihan lain dari Suzuki Katana adalah kaki kakinya yang simple dan bandel, gimana ndak bandel lha wong semua maih pakai per daun ðŸ˜† , kebandelan kaki kaki ini kemudian berimbas pada bantingan yang keras ðŸ‘¿ . Katana juga memakai mesin F10A yang bisa dibialng mesin sejuta umat, karena dipakai oleh banyak produk Suzuki mulai dari Jimny, Forsa, Carry 1000, Hingga karimun. meskipun mesin ini agak underpowered, tetapi cukup bandel dan sparepartnya sangat mudah dicari, hal ini tentunya sangat memudahkan perawatan mobil ini.
dengan segala kelebihannya maka tak heran jika Harga Suzuki Katana manteng stabil, bahkan jika udah dirubah jadi 4×4 harganya bisa jadi gelap. karena sudah masuk kategori barang hobi ðŸ˜† .
Related image
Related image

Perjalanan Suzuki Jimny

Macam-macam Suzuki Jimny dan Katana di Indonesia

Suzuki Katana standar asli

Suzuki Katana merupakan mobil jip kecil yang lumayan laris penjualannya di Indonesia dibandingkan dengan jip lain yang hadir disini. Saking larisnya, dijaman 90an dulu kebanyakan lembaga kursus mengemudi mengandalkan sebuah Suzuki Katana untuk latihan peserta kursusnya. Alasan mengapa Suzuki Katana bisa begitu laris mungkin karena jaman dulu, pilihan mobil seukuran city car belum terlalu banyak bahkan belum ada. Selain karena ukurannya yang kecil, Katana juga diminati karena harganya yang jauh lebih murah dibanding jip lain yang tersedia dipasaran mobil Indonesia.

Generasi 1

Jip dari Suzuki ini diperkenalkan pertama kali di Indonesia secara "resmi" pada tahun 1978 dengan kode LJ50. Di Jepang, model ini dikenal juga dengan nama Jimny 55 karena mesiGenerasi 1nnya serta ukurannya yang lebih besar dibandingkan Jimny kei car di Jepang. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan adanya Jimny yang lebih tua baik versi ekspornya (kode LJ) maupun versi kei car (kode SJ) di Indonesia.

Macam macam Jimny Jangkrik Kotrik Kotrix

Jimny Jangkrik/Kotrik LJ50 
Ciri khas dari mobil ini adalah penggunaan atap kanvas serta mesin 2 tak 3 silinder 550cc yang mirip dengan mesin Suzuki Truntung. Suzuki Jimny generasi I ini dulunya hanya digunakan oleh perusahaan pertambangan nikel didaerah Soroako di pulau Sulawesi. Selain sebagai kendaraan operasional perusahaan tambang, mobil ini juga sempat dipakai sebagai kendaraan dinas polwan di Jakarta dan beberapa kota besar lain. Karena setidaknya hanya 2 instansi tadi yang memakai LJ50 serta hanya dibuat pada tahun 1978, tidak heran kalau akhirnya populasi mobil ini cukup langka.

Jimny Jangkrik/Kotrik LJ80
Baru pada tahun 1979 Indohero Suzuki memasukkan Suzuki Jimny dengan kode LJ80 untuk dijual kepada masyarakat sipil. Di Indonesia, mobil ini dikenal juga dengan nama Jimny Jangkrik atau Jimny Kotrik. Secara bentuk, mobil ini masih sama saja dengan Jimny LJ50 hanya saja mesin yang digunakan sudah memakai mesin 800cc 4 silinder 4 tak serta hanya tersedia dalam pilihan atap besi trepes alias atap rata.

Generasi 2


Pada tahun 1982, Suzuki kemudian mengenalkan Jimny generasi kedua dengan kode SJ410 (juga ada yang memakai kode SJ413 seperti dibawah). Suzuki Jimny ini memiliki berbagai varian tidak seperti Jimny Kotrik. Jimny ini dijual sampai sekitar 1988 saja dan selanjutnya mulai tahun 1993 bisa dibeli dengan cara pesanan khusus yang bentuknya mirip Suzuki Katana hanya saja diberi tambahan gardan depan. Versi mirip Katana ini kemudian diberi nama Jimny Katana. Berikut ini beberapa macam Suzuki Jimny yang hadir di Indonesia.

Macam-macam Suzuki Jimny

Jimny Trepes 
Setelah jaman Jimny Jangkrik berakhir pada 1981, Suzuki menghadirkan pengganti Suzuki Jimny dengan model baru yang lebih besar dan lebih mengkotak khas mobil era 80an. Jimny ini punya ciri khas berua atapnya yang pendek sehingga untuk orang dengan tinggi lebih dari 170cm akan merasa sangat sempit menumpang mobil ini. Karena atapnya yang pendek inilah akhirnya orang menyebut Jimny versi ini dengan nama Jimny Trepes. Jimny Trepes ini muncul antara 1981 sampai 1983.

Jimny V3 / Super Jimny 6
Mungkin karena ruang kepala Suzuki Jimny dianggap terlalu sempit, pada tahun 1984 muncul versi atap setengah. Atap setengah ini maksudnya bukan atap mobil yang hanya setengah ditutupi setengahnya lagi bolong tapi lebih kearah tinggi atapnya yang lebih tinggi dibanding Jimny Trepes namun lebih rendah dibanding atap Suzuki Katana yang tinggi. Jimny atap setengah ini muncul antara 1984 sampai sekitar 1988.

Jimny Sierra
Selain mesin, perbedaan lainnya ada pada bodinya dimana Sierra dilengkapi dengan atap fiberglass / kanvas dengan adanya bando tengah atau targa. Pada awalnya hanya tersedia versi atap fiberglass namun ada opsional atap kanvas kemudian. Selain itu, kaca depan Sierra bisa dilipat karena terdapat engselnya. Karena atap belakangnya terbuat dari fiberglass, pintu belakang Sierra juga unik karena bagian kaca membuka keatas seperti hatchback sementara pintunya menyamping seperti biasa. Bagian belakangnya sendiri terbagi menjadi 2 yaitu versi kaca sempit yang muncul antara 1983 sampai 1984 dan kaca lebar antara 1984 akhir sampai 1985. Versi kaca sempit ini lebih sedikit dibangin versi kaca lebar. Populasi Jimny Sierra ini tergolong langka karena bisa dibilang inilah Jimny limited edition di Indonesia.

Jimny Samurai
Berbeda dengan Jimny sebelumnya, Jimny Samurai ini dibekali dengan mesin Suzuki G13 berkapasitas 1300cc. Secara tenaga, sudah pasti Jimny Samurai ini punya tenaga yang lebih besar dibanding mesin F10A milik Katana. Secara bentuk, Jimny Samurai ini mirip dengan Jimny Trepes. Hanya saja karena Jimny Samurai ini lebih ditujukan untuk pasar negara barat seperti Amerika utara dan Australia, jadilah Jimny Samurai ini langka di Indonesia.

Jimny Caribian / Carribean
Memasuki milenia baru, Suzuki sempat menghadirkan Jimny yang dikenal dengan nama Suzuki Jimny Caribian. Ciri khas Caribian ini ada pada bentuknya yang menyerupai pickup double cabin dengan kabin belakang yang kecil. Sasisnya sendiri memakai sasis panjang sehingga tampilan double cabinnya terlihat sporty dan proporsional. Mesin yang dipakai Caribian ini sama seperti Jimny Samurai dengan mesin Suzuki G13 1300cc. Jimny ini termasuk Jimny termuda di Indonesia karena masuk secara CBU dari Thailand antara 2005 sampai 2007.

Pada era 80an, pemerintah Indonesia menerapkan berbagai perubahan sistem perpajakan yang tujuannya untuk melindungi industri dalam negeri agar dapat bersaing dengan barang impor dalam segi harga. Upaya pemerintah untuk melindungi industri perakitan mobil di Indonesia adalah menerapkan pajak yang lebih tinggi untuk mobil berjenis jip atau SUV, sedan, mesin diatas 2000cc, force induction (turbo dan supercharger) sampai sistem gerak 4 roda.

Karena pajak yang lebih besar, Suzuki akhirnya membuat Suzuki Jimny menjadi 2WD dengan menghadirkan Suzuki Katana pada tahun 1989. Suzuki Katana ini bisa dibilang paket hemat dari Jimny karena tidak dilengkapi dengan sistem gerak 4WD agar pajaknya tidak besar. Selain mengubah Jimny menjadi jip banci (istilah untuk jip 2WD), Suzuki juga membuat Katana ini bisa dibuat oleh karoseri lokal untuk kembali menekan harga jualnya. Ada macam-macam Suzuki Katana hasil karoseri lokal sebagaimana berikut ini.

Macam-macam Suzuki Katana

Katana Indomobil
Suzuki Katana jenis ini dibuat langsung oleh Indomobil sehingga kualitas plat bodi yang digunakan sudah pasti baik dan minim dempul. Ada beberapa facelift yang tersedia mulai dari lampu kotak sampai kembali menggunakan lampu bulat.Suzuki Katana ini dibagi menjadi beberapa trim seperti DX, GX, Blitz. Perbedaan antar trimnya ada pada kelengkapan aksesorinya seperti misalnya Katana DX memakai jok belakang berhadapan dan Katana GX memakai jok belakang menghadap depan. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca mengenai Suzuki Katana SJ410.

Suzuki Katana SJ410

Katana Long (kalong)
Sesuai dengan namanya, Suzuki Katana yang dibuat oleh perusahaan karoseri Adi Putro ini mengusung model sasis panjang dengan jumlah pintu hanya 3 membuatnya bisa menjadi mobil barang serbaguna yang tangguh di jalan jelek seperti dipelosok. Mobil ini dikenal juga dengan sebutan Katana BRI (Bank Rakyat Indonesia) karena jaman dulu dipakai sebagai mobil operasional BRI. Dengan sasis dan bodi yang lebih panjang sekitar 80cm dibanding Katana sasis pendek membuat beratnya bertamah. Sayang mesin yang digunakan masih sama sehingga terasa underpower dan masih 2WD walau ada juga yang 4WD.

Katana Corsica (Alexander)
Katana Corsica adalah varian Suzuki Katana yang dibuat oleh perusahaan karoseri Alexander. Buat yang belum tau, Alexander ini sudah seperti karoseri "spesialis" Suzuki dari jaman Suzuki Carry. Katana Corsica ini terbagi menjadi 2 varian yaitu sasis panjang 3 pintu, 5 pintu dan sasis pendek. Ciri khususnya ada pada bagian belakang yang dibuat bertumpuk. Untuk varian sasis panjang 5 pintu, pintu penumpang samping belakang memakai jendela model naik turun dengan bukaan engkol.

Katana Country
Mungkin inilah Suzuki Katana yang paling beda dari beberapa karoseri Katana diatas. Bagian lampu belakangnya tidak berada dibumper seperti Katana lainnya melainkan berada di sisi kanan dan kiri pintu belakang. Posisi lampu belakangnya ini vertikal dengan bentuk persegi panjang lebar. Katana Country ini juga tersedia dalam pilihan sasis pendek dan sasis panjang walau keduanya sama-sama hanya memiliki 3 pintu.

Generasi  3


New Jimny (JB33)
Jimny baru ini sebenarnya sudah masuk kedalam generasi ketiga. Mobil ini sebenarnya pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997 diacara Tokyo Motor Show. Ciri khas dari mobil ini adalah penggunaan mesin G13BB 4 silinder 1300cc dan bentuk bodi yang berubah secara total dengan bentuk lebih membulat. Sayangnya mobil ini tidak diperkenalkan di Indonesia untuk langsung menggantikan Suzuki Katana dan Jimny saat itu. Sekitar tahun 2017 Indomobil Suzuki telah menjual mobil ini secara resmi dengan melakukan pemesan terlebih dahulu setelah sebelumnya dipajang di booth Suzuki di GIIAS 2016. Total hanya ada 88 unit Jimny JB33 yang dijual oleh Indomobil Suzuki. Sebelumnya, Jimny ini sudah masuk terlebih dahulu lewat importir umum dengan harga 300 sampai 400 juta rupiah.

Jimny Baru CBU Indonesia

Generasi 4

New Jimny Sierra (JB64)
Pada acara GIIAS 2018 ini, Indomobil Suzuki akhirnya mengenalkan generasi terbaru dari Jimny. Jimny baru yang diperkenalkan keseluruh dunia pada tahun 2018 untuk model 2019 ini memiliki bentuk mengotak untuk mengingatkan kembali garis desain generasi keduanya. Versi kei car masih tetap memakai mesin 660cc sementara yang diperkenalkan pada ajang GIIAS 2018 merupakan Jimny Sierra dengan mesin K15 yang mirip dengan mesin new Ertiga dengan konigurasi 4 silinder 1500cc. Belum ada kabar mengenai rencana apakah mobil ini akan dijual di Indonesia dan juga tersedia versi 2WD seperti jaman Katana dulu.

Jimny GIIAS 2018


Nah, itu tadi beberapa macam Suzuki Jimny dan Katana yang hadir di Indonesia. Mungkin ada beberapa info yang kurang tepat mohon dikoreksi atau tambahkan di kolom komentar. Terimakasih telah membaca.

Thursday, 16 May 2019

Kecelakaan Bus Tuba

Masih ingat dengan tragedi kecelakaan Bus Flores vs Keretaapi di perlintasan Purwosari tahun 1981?
.
PO Flores ini melayani trayek Antar Kota Antar Propinsi Jurusan Surabaya – Solo PP.

Kecelakaan ini memakan banyak korban yang berasal dari SMP Wijaya Jombang.

Imbasnya, oleh DLLAJR Pusat (sekarang Dishub) PO Flores dilarang melayani trayek AKAP (Antar Kota Antar Propinsi), sehingga PO ini hanya beroperasi sampai dengan Mantingan (perbatasan Jatim-Jateng)
.
.
Foto koleksi: Mas Her Colt Te dari grup Sejarah Transportasi
.
.
#solozamandulu
#kotasolo
#fotolawas
#fotojadul
#sejarahtransportasi

Mendidik keluarga sambil touring



Sejak 2014 alhamdulillah cucu Allah amanahi merawat motuba yang cucu beri nama kibar

Seperti yang cucu tuliskan pada tulisan sebelumnya bahwa sejak cucu selesai study di yogya tahun 2007 dan Allah takdirkan menetap di tasik, sejak itulah cucu punya kegiatan rutin keluar kota setiap pekan sekali, bahkan sekarang 2 kali sepekan.

Dan jika cucu touring ke luar kota cucu pasti mengajak istri dan anak anak, minimal bawa istri saja atau bawa 1-2 anak.

Buat apa? Salah satunya buat mendidik istri dan keluarag

Caranya? Kita bisa ngobrol panjang lebar, bisa memasukan nasihat yang untuk kebaikan anak istri dst

Misal, saat cucu bawa anak untuk touring rutin, pas waktu shalat tiba, kita berusaha mencari masjid, tepat waktu dan berjamaah.

Di sela-sela itu cucu sampaikan sama anak cucu:

"Aa, sesibuk apapun kita saat Allah memanggil tinggalkanlah semua panggilan selain-Nya"

Atau banyak hal lain yang bisa di sampaikan saat touring bersama anak atau istri.

Dan sungguh ini lebih mengena dan cucu rasakan itu.

Misalnya, jum'at lalu cucu touring rutin ke luar kota, bawa istri dan 2 bayi.

Ahad kemarin saat lagi nyantai istri bilang sama cucu begini:

"Abi, nasihat abi yang kemarin di sampaikan sungguh terngiang dan terukir dalam hati".

"Yang mana?" Tanya cucu
"Yang abi sampaikan saat ke luar kota"
"Yang mana?" Tanya cucu lagi

"Kemarin abi bilang bahwa semua wanita Ahli surga yang disebutkan dalam Al-Qur'an, adalah wanita yang melaksanakan tugasnya dengan baik, yang sukses melaksanakan peranmya dari yang utama sampai yang paling rendah, 1. Sukses menjadi istri 2. Sukses menjadi ibu 3. Sukses mengurus diri sendiri 4. Sukses untuk memberi manfaat pada orang lain".

"Oh yang itu", terus?
"Ya nasihat itu yang terus terngiang dan akan senantiasa ummi ingat dan usahakan semaksimal mungkin".

Jadi jika para mbah touring cobalah bawa istri, atau anak-anak mbah, dan gunakanlah kesempatan itu untuk mendidik keluarga kita.

#Semoga_Bermanfaat

Ket. Photo:  Saat cucu touring bersama anak ke dua dan ketiga

Tuesday, 14 May 2019

ATM dan Buku Tabungan


Kartu ATM Buku Tabungan Saat Mudik

Ini pengalaman cucu saat mudik tahun lalu semoga bermanfaat bagi yang mau mudik.

Sehabis lebaran di rumah mertua dan tinggal -+ satu pekan, saatnya balik ke tasik.

Seperti biasa Yogyakarta adalah tempat transit dan menginap 1-2 hari dan keliling ke tempat-tempat yang penuh kenangan.

Qodarullah pas cucu ke atm salah memasukan no pin akhirnya terblokir, uang cash tidak terlalu banyak dan mencukupi.

Akhirnya cucu berkunjung ke seorang sahabat di daerah piyungan dan menginap di rumah mertuanya, mertuanya pindah dulu ke rumah menantunya.

Mertua teman cucu juga sudah akrab dengan cucu dan istri, bahkan suaminya merupakan salah satu yang mengenalkan ana ke produsen roti pisang yang akhirnya cucu bisa jualan roti pisang (bisa lihat cerita cucu di group ini lupa part berapanya).

Besoknya cucu ke kantor sebuah bank syariah di mana atm cucu terblokir, sebagai tambahan saja di bank syariah tersebut ada layanan tabungan tanpa mendapatkan bunga (riba), pas cucu buka tabungan akadnya "ada biaya potongan administrasi, dan jasa simpanan yang dipotong dari tabungan cucu tetapi cucu tidak dapat bunga bulanannya".

Sampainya di bank, antrian CS luar biasa banyak, pas bagian cucu sehabis dzuhur padahal ke bank tersebut sekitar jam 09.00-an.

Di hadapan CS cucu ceritakan kronologisnya, akhirnya si CS minta ktp dan bertanya cucu untuk mensinkronkan data, data sama alhamdulillah.

Namun di akhir cucu diminta buku rekening, lalu cucu jawab "ada di tasik".

"Tak bisa mas" kata CS
lalu cucu mengeluarkan kartu NPWP, ATM, SIM dll dan mengatakan:  "Mbak, nama yang tertulis di kartu atm semuanya sama dengan semua identitas yang lain, jadi ini atm saya".

Bentar mas, saya konsultasi dengan atasan.

Singkat cerita cucu dipertemukan dengan atasannya, setelah bicara menjelaskan, tetap tidak bisa klo tanpa buku tabungan, dan ini sudah aturan pusat katanya.

Lalu cucu jawab "Insya Allah tak apa-apa pak, jika ini adalah aturan pihak bank, maka saya berdosa jika memaksa bapak, dan saya ucapkan terimakasih atas pelayanannya".

Akhirnya cucu melirik sahabat cucu yang ngatar dan mengatakan:

"Nah sekarang giliran antum mendapatkan pahala, siap bantu ana buat pinjamin uang cash sekitar sekian..., nanti saat di tasik selesai urusan dengan bank, transfer balik Insya Allah"

"Siap..." jawab sahabat cucu

Jadi para mbah yang mau mudik siapkan saja "kartu atm dan buku tabungannya"

Mobil Bupati Jepara

Bapak Ahmad Marzuqi, Bupati Jepara.
Salah satu guru yang memberikan motivasi dan inspirasi bagiku.
.
Semasa di bangku Madrasah Tsanawiyah Hasyim Asy'ari Bangsri beliau sempat memberikan pelajaran berharga untuk kami.
.
Beliau membacakan kami Kitab Taqrib dengan fasih dan hafal. Setiap masuk ke kelas kami, beliau tak pernah membawa kitab yang akan diajarkan ke kami, hal itu karena ke-alim-an dan sudah hafal diluar kepala tentang kitab itu. Penjelasan yang gamblang dan jelas mudah kami fahami.
.
Salah satu Pesan beliau kepada kami ketika itu yang sempat saya ingat : Ketika dewasa nanti, apapun pekerjaan kita, jangan sampai meninggalkan aktivitas mengajar.
.
Saya masih ingat betul, meski beliau sudah bertugas di DPRD Jepara kala itu, beliau tetap mengajar di kelas kami sesuai dengan waktu untuk kami.

Bahkan ketika peresmian Kura-kura Osean Park Pantai Kartini Jepara kala itu, beliau tetap menyempatkan sejenak untuk masuk dikelas dan mengajar kami sebelum kemudian ijin meninggalkan kelas. Itu bukti Cinta Beliau untuk kami para murid-muridnya. Sanad Ilmu Beliau merangkul dan menyelimuti kami.
.
Pak Marzuqi adalah tokoh Ulama' dan Umara' yang mengayomi dan bertanggungjawab untuk masyarakat. Bertahun-tahun mengabdikan diri untuk Pendidikan dan Untuk Jepara.
.
Kemarin, beliau harus menerima ujian besar untuk perjuangannya. Saya yakin beliau orang baik. Beliau Guru Saya. Kiai saya. Waktu akan menunjukkan.
.
Saya yakin, beliau selalu berdoa untuk kami para muridnya. Kami pun akan berdoa untuk beliau.
Semoga diberi kemudahan, kekuatan dan ketabahan.

#pakmarzuqi
#bupatijepara
#guruku
#kiaiku

Beizing Traffic


Traffic jam utowo kemacetan lalu lintas di Beijing China mbah. Jebulnya di China banyak sekali penduduknya yo mbah.

Toll Ethiopia

Ini merupakan jalan toll pertama di Ethiopia mbah. Jalan toll ini konon kabarnya dibangun dengan bantuan/pinjaman dari pemerintah China mbah. Ruar biasa yo mbah ...

Jalur Sutra Asia

Jalur Sutera atau Silk Road di Turkmenistan (Turkey - China) mbah. 800 tahun lalu mgkn ada diantara mbah2 buyut kita yg jalan kaki atau naik kuda yg melewati jalan ini utk berdagang ke Ngeropah atau ke Arab dari Nusantara atau sebaliknya mbah.

Kalau jaman dulu sdh ada olshop, mgkn jalur ini akan dipenuhi para kurir2 dr perusahaan jasa ekspedisi yo mbah.