Saturday, 17 November 2018

Marc Marquez Melesat Ke Posisi Pertama Pada FP1 MotoGP Valencia



MotoGP - Sesi latihan bebas perdana MotoGP Valencia sukses dikuasai oleh Marc Marquez, Jumat (16/11/2018). Sang juara dunia MotorGP 2018 ini berhasil membukukan catatan waktu 1 menit 39.767 detik.

Posisi kedua dan ketiga ditempati duet Pramac Ducati Jack Miller dan Danilo Petrucci. Sedangkan Andrea Dovizioso berada di barisan keempat yang langsung disusul oleh Dani Pedrossa di urutan kelima.

Setelah sempat absen beberapa laga, Jorge Lorenzo kembali turun menunggangi Desmosedici GP18. Lorenzo berhasil membukukan waktu 1 mint 41,782 detik dan berada diurutan ke-19.

Laga MotoGP Valencia sendiri akan menjadi pertandingan terakhir bagi Lorenzo membawa bendera Ducati. Pada musim 2019 mendatang, Lorenzo akan berduet dengan Marc Marquez.

Sesi latihan bebas perdana sempat terhenti ketika red-flag dikibarkan karena cuaca buruk yang terjadi ketika delapan menit latihan berjalan. Namun setelah itu beberapa pebalap kembali mengisi lintasa dan mulai melakukan latihan.

1. Marc Marquez ESP Repsol Honda (RC213V) 1m 39.767s [Lap 18/18] 312km/h (Top Speed)

2. Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP17) 1m 39.873s +0.106s [12/13] 308k

3. Danilo Petrucci ITA Pramac Ducati (GP18) 1m 39.907s +0.140s [17/19] 309k

4. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP18) 1m 40.179s +0.412s [14/14] 312k

5. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda (RC213V) 1m 40.467s +0.700s [18/18] 304k

6. Andrea Iannone ITA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 1m 40.685s +0.918s [16/19] 306k

7. Maverick ViƱales ESP Movistar Yamaha (YZR-M1) 1m 40.772s +1.005s [17/17] 309k

8. Michele Pirro ITA Ducati Team (GP18) 1m 40.836s +1.069s [14/17] 309k

9. Pol Espargaro ESP Red Bull KTM Factory (RC16) 1m 40.892s +1.125s [21/21] 310k

10. Alex Rins ESP Suzuki Ecstar (GSX-RR) 1m 40.965s +1.198s [19/22] 308k

11. Aleix Espargaro ESP Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 1m 40.967s +1.200s [13/15] 306k

12. Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha (YZR-M1) 1m 41.015s +1.248s [20/22] 306k

13. Johann Zarco FRA Monster Yamaha Tech3 (YZR-M1) 1m 41.146s +1.379s [20/22] 309k

14. Karel Abraham CZE Angel Nieto Team (GP16) 1m 41.160s +1.393s [19/19] 302k

15. Xavier Simeon ESP Reale Avintia (GP17)* 1m 41.277s +1.510s [13/14] 307k

16. Stefan Bradl GER LCR Honda (RC213V) 1m 41.479s +1.712s [14/14] 300k

17. Bradley Smith GBR Red Bull KTM Factory (RC16) 1m 41.489s +1.722s [16/17] 300k

18. Franco Morbidelli ITA EG 0,0 Marc VDS (RC213V)* 1m 41.713s +1.946s [21/21] 305k

19. Jorge Lorenzo ESP Ducati Team (GP18) 1m 41.782s +2.015s [15/15] 309k

20. Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)* 1m 42.471s +2.704s [21/22] 300k

21. Alvaro Bautista ESP Angel Nieto Team (GP17) 1m 42.617s +2.850s [7/11] 311k

22. Scott Redding GBR Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 1m 42.893s +3.126s [16/16] 303k

23. Thomas Luthi SWI EG 0,0 Marc VDS (RC213V)* 1m 43.000s +3.233s [21/21] 304k

24. Hafizh Syahrin MAL Monster Yamaha Tech3 (YZR-M1)* 1m 43.804s +4.037s [20/20] 298k

25. Jordi Torres SPA Reale Avintia (GP16) 1m 45.001s +5.234s [16/16] 299k

Friday, 16 November 2018

Di Nobatkan Menjadi Legenda MotoGP, Begini Dani Pedrosa Menjawab Pertanyaan Rival-Rivalnya



MotoGP - Jelang seri terakhir MotoGP 2018 di Valencia, pebalap Repsol Honda Dani Pedrosa dinobatkan dalam MotoGP Hall of Fame. ini membuat Pedrosa berdiri bersama legenda-legenda MotoGP lainnya.

Pebalap yang menyatakan pensiun pada pertengahan musim ini punya cerita tersendiri di Sirkuit Ricardo Tormo. Sejak menyelenggarakan GP pada tahun 1999, Pedrosa sudah ikut berlomba pada 2001. Dari sekian tahun tersebut, pebalap Spanyol itu memenangi 12 seri diantaranya.

Penyerahan penghargaan ini dilakukan sebelum konferensi pers, Kamis (15/11/2018) oleh Presiden FIM Vito Ippolito dan CEO Dorna Carmelo Ezpeleta.

Uniknya, selain wartawan dari media massa yang ikut dalam konferensi tersebut, di barisan depan juga turut hadir rekan dan rival Pedrosa selama balap MotoGP. Ada Maverick Vinales, Jorge Lorenzo, dan Marc Marquez. Mereka bergantian memberikan pertanyaan kepada legenda tanpa juara tersebut.

“Selamat Dani, kita melalui waktu yang hebat bersama. Tapi saya punya pertanyaan. Bagaimana perasaanmu sekarang? Apakah kamu merasa spesial ketika mendapatkan penghargaan di akhir karir membalapmu? ucap Marquez dikutip dari Speedweek.com.

“Ya saya merasa aneh. Saya merasa ini tidak nyata. Seringkali Anda ingin menghentikan waktu tapi jam terus bergerak. Di titik tertentu karir saya berakhir. Saya baru akan menyadarinya saat semua berakhir hari Minggu nanti,” ucap Pedrosa.

Lorenzo pun menanyakan hal yang sejak dulu ingin ia tanyakan pada rivalnya tersebut. Lorenzo menanyakan apakah Pedrosa akan menaikkan berat badan.

“Jorge, kau tahu. Aku selalu mencoba menaikkan berat badan. Tapi itu tidak pernah berhasil. Tapi sekarang berbeda, saya akan menjalani tes lebih sedikit dan lebih rileks. Mungkin beberapa gram. Ayah saya tidak jauh lebih berat dari saya,” ucap Pedrosa.

Dani Pedrosa saat ini berada di posisi klasemen 11 dengan 106 poin. Pebalap yang menggunakan motor Honda selama karirnya ini berhasil menjadi juara dunia 125 cc 1 kali (2003), 250 cc 2 kali (2004, dan meraih posisi teratas dalam karirnya di kelas MotoGP yakni runner up pada tahun 2007, 2010 dan 2012.

Pedrosa merupakan mantan rekan satu tim untuk juara dunia Nicky Hayden, Casey Stoner dan Marc Marquez. Ia juga pernah satu garasi dengan Andrea Dovizioso.

Sekarang Membuat SIM Wajib Menjalankan Tes Psikologi



Otomotif - Kasubdit Regident Polda Metro Jaya AKBP Sumardji, menegaskan, bahwa ujian psikologi bagi pemohon surat izin mengemudi (SIM) belum berlaku di DKI Jakarta. Kebijakan tersebut sifatnya otonomi sehingga baru diterapkan di Polda Banten.

Sumardji menjelaskan, ujian psikotes masih dianggap belum penting untuk diterapkan kepada pemohon SIM. Sejauh ini, masih sama seprti sebelumnya, hanya tes kesehatan dan ujian teori hingga praktik.

"Jadi kami mengikuti aturan yang ada dulu saja. Wacana ini sempat ramai dibicarakan masyarakat beberapa bulan lalu, dan sekarang kami tegaskan untuk wilayah hukum Polda Metro Jaya tidak ada," ujar Sumardji, Kamis (15/11/2018) malam.

Lantas, apakah nanti akan ikut menerapkan seperti Polda Banten? Sejauh ini lanjut Sumardji belum ada arahan atau perbincangan sampai ke arah itu.

"Jadi kami masih sama seperti biasanya, kalau Polda Banten mungkin merasa perlu menerapkan itu. Kalau di kami belum," kata Sumardji lagi.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya pernah membuat simulasi uji psikologi pada 31-23 Juni 2018. Namun, berdasarkan kesepakatan bersama, maka rencana tersebut ditunda sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Perebutan Juara 3 Pada Ajang MotoGP Circuit Valencia Antara Vinales Dan Rossi



MotoGP - Dua penunggang di tim pabrikan Yamaha MotoGP, Valentino Rossi dan Maverick Vinales bakal balapan di seri akhir musim 2018, Valencia, dengan masing-masing berada di posisi ketiga dan keempat.

Rossi dan Vinales hanya berjarak dua poin di klasemen sementara, dan ini menjadi pertarungan ketat antara keduanya, tentu saja buat memperebutkan posisi ketiga di kejuaraan dunia.

Bakal berlaga di kampung halamannya sendiri, Vinales yang berhasil memecah puasa podium Yamaha di GP Australia, datang lebih percaya diri. Optimismenya cukup besar, buat bisa mengalahkan rekan satu timnya.

“Saya tiba di Valencia dalam suasana hati yang sangat positif. Sirkuit Ricardo Tormo adalah trek yang sangat saya sukai, ia memiliki tata letak yang sesuai dengan gaya berkendara saya dengan sangat baik,” kata Vinales dari Crash.net, Kamis (15/11/2018).

Memang Vinales mengakui jika tahun lalu bukan balapan yang bagus, tapi tahun ini dirinya mencoba untuk mendorong dan memberikan 100 persen kemampuannya, serta menyelesaikan musim dengan kemenangan.

“Saya merasa sangat percaya diri. Tujuan saya sekarang adalah untuk mendapatkan posisi ketiga di kejuaraan dunia dan kami sangat dekat. Mengakhiri musim di posisi ketiga setelah musim yang sulit seperti ini akan menjadi kesuksesan kecil bagi kami,” kata Vinales.

Bagi Rossi sendiri, yang jatuh saat memimpin balapan di lap-lap akhir di GP Sepang, Valencia merupakan kesempatan terakhir untuk menghindari paceklik podium di musim 2018, sebagai pebalap Yamaha.

"Bagi kami itu akan menjadi akhir pekan yang menarik, karena ini adalah sirkuit di mana kami biasanya tidak terlalu cepat. Namun dalam balapan terakhir, kami telah melihat beberapa perbaikan,” ujar Rossi.

"Di Valencia kami akan berusaha melakukan yang terbaik. Kami ingin menyelesaikan musim ini dengan hasil positif. Kemudian akan ada tes di Valencia dan di Jerez. Ini akan menjadi pekan yang sangat intens,” kata Rossi.

Thursday, 15 November 2018

Penampilan Terakhir Dani Pedrosa Di Ajang MotoGP



Otomotif - Perjalanan karier Dani Pedrosa di dunia MotoGP akan berhenti akhir pekan ini. Lebih tepatnya, laga di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, akan menjadi pertarungan Pedrosa sebelum akhirnya pebalap Repsol Honda ini undur diri.

Pedrosa keluar lantaran kontraknya tidak diperpanjang oleh Honda. Posisinya digeser oleh Jorge Lorenzo yang akan menjadi duet Marc Marquez pada musim 2019 mendatang.

Mengutip dari Crash.net, Pedrosa telah menjadi pebalap Honda sejak 2001 yang ketika itu memulai debut di kelas 125 cc. Pada 2006, Pedrosa bergabung dengan MotoGP di bawah naungan Repsol Honda dengan catatan prestasi sebanyak 31 kemenangan.

Menurut Pedrosa, pertarungan terakhirnya pada akhir pekan ini akan sangat istimewa. Karena selain memberikan sensasi berbeda, akan banyak para pendukungnya yang datang untuk melihat pertandingan.

"Jelas Valencia akan sedikit istimewa dan persaan saya juga akan berbeda. Saya juga akan siuk karena banyak fans, teman, dan keluarga akan datang untuk menghabiskan waktu bersama," ucap Pedrosa.

Meksi demikian, Pedrosa mengaku akan tetap berjuang menampilkan aksi terbaiknya di Valencia untuk mengapatkan hasil maksimal. Mengingat lintasan Ricardo Tormo merupakan salah satu sirkuit favoritnya yang telah mengantarkannya naik podium sebanyak delapan kali.

"Tapi biar bagaimanapun, ketika saya menunggangi motor, saya sepenuhnya fokus pada balapan. saya menyukai lintasannya karena seri ini adalah salah satu favorit di kalender musiman, dan sudah pasti saya akan berusaha mendapatkan hasil terbaik," ujar Pedrosa.

Sejatinya, Pedrosa memang tidak akan benar-benar pergi dari dunia balap, lantaran pada 2019 nanti, Pedrosa akan menjadi pebalap penguji bagi KTM.


Wednesday, 14 November 2018

Wajah Baru Untuk All-New Toyota Corolla Banderol Dengan Harga Rp.297-Rp.341 Jutaan


Otomotif - Raksasa otomotif asal Jepang, Toyota segera meluncurkan sedan terbarunya, all-new Corolla, 15 November 2018. Namun, untuk yang bakal mengaspal ini merupakan spesifikasi pasar Amerika Serikat (AS).

Sebelum diluncurkan, bocoran untuk all-newToyota Corolla ini ternyata sudah beredar terlebih dahulu di dunia maya. Dalam penampakannya tersebut, terlihat bagian wajah seperti bumper dan lampu serta foglamp. Demikian dilansir Carscoops, Selasa (13/11/2018).

Toyota Corolla terbaru ini bakal dibekali lampu LED DRL (daytime running light). Selain itu, terdapat juga grille depan berwarna hitam dan dipadukan dengan kisi-kisi honeycombair-intake di sampingnya juga dilengkapi LED DRL tipis.

Untuk jantung penggeraknya, all-new Toyota Corolla bakal dipersenjatai mesin baru berkapasitas 2,0 liter.

Dengan mesin tersebut, dan dikawinkan dengan dua varian transmisi manual 6-percepatan dan otomatis, mobil ini mampu menghembuskan daya hingga 168 Tk dan torsi 210 Nm.

Bagian interior, Toyota Corolla Sedan juga akan dibekali sistem infotainment baru. Fitur tersebut mengandalkan head-unit display touchscreen berukuran 8 inci, dan dihubungkan dengan sistem audio Entune serta dapat ditingkatkan dengan speaker JBL.

Harganya, mobil ini diprediksi bakal dibanderol sekitar USD19.990 hingga USD22.990 atau setara dengan Rp297 jutaan hingga Rp 341 jutaan.

Pemerintah Wajibkan Sepeda Motor Harus Dengan System ABS



Otomotif - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengklaim sedang mengkaji regulasi wajib anti-lock braking system (ABS) pada sepeda motor di Tanah Air., khususnya pada motor berkubikasi kecil. Menanggapi hal ini, Bosch selaku produsen aftermarket otomotif, sekaligus produsen komponen ABS di Indonesia, mengaku cukup mendukung rencana tersebut.

Managing Director Bosch Indonesia Andrew Powell, mengatakan, pihak Bosch sudah berkordinasi cukup lama dengan berbagai pihak dan melakukan riset dengan mengandeng Universitas Indonesia (UI).

"Kordinasi dengan pihak-pihak terkait sudah kami lakukan, kami sampai membahas mengenai fungsi ABS serta kegunaanya pada sepeda motor yang bisa menekan angka fatalitas kecelakaan. Kami juga sudah lakukan riset dengan UI," ujar Andrew kepada wartawan di Karawang, Selasa (13/11/2018).

Meski sudah banyak melakukan diskusi dan riset, namun Andrew mengatakan bila pihaknya tidak bisa ikut campur dalam masalah regulasi. Diwajibkan atau tidak, semuanya tergantung pemerintah, Bosch sendiri hanya meyediakan teknologi dan memaparkan data dari hasil riset.

Andrew juga menjelaskan dari hasil riset pada 2017 lalu, Bosch mendapatkan angka 72 persen kecelakaan lalu lintas di Indonesia berasal dari pengguna motor. Dengan hasil riset terkini bersama UI, Bosch mendapat fakta bila pamasangan ABS bisa menekan fatalitas kecelakaan hingga 27 persen dari total kecelakaan motor.

Menurut Andrew, line-up produk ABS Bosch sudah siap diaplikasi untuk motor berkapasitas besar maupun kecil. Sementara untuk kisaran harga mahal atau tidak bila motor sudah menggunakan ABS, Andrew mengatakan ketentuannya ada di pihak pabrikan yang menjual motor tersebut.

"Aplikasi ABS cukup penting bagi sepeda motor, meski sebagian menggangap bila pada motor kecil belum dibutuhkan atau bisa menjadi mahal, saya ingin tanya kepada anda, berapa nilai hidup anda," kata Andrew.

Secara terpisah, meski tidak menyebutkan angka secara spesifik, namun menurut Central Sales Manager Divisi Original Equipment Bosch Indonesia Bernard Simanjuntak, berdasarkan data informasi yang ia dapa dari hasil riest Bosch dengan UI, rata-rata kecelakaan sepeda motor memang didominasi pengguna motor yang tidak menggunakan piranti ABS.

"Dari data saya tidak bisa sebutkan berapa-berapanya, tapi memang finalnya menyatakan fatalitas kecelakaan sepeda motor paling banyak tanpa ABS, dan memang itu didominasi motor-motor berkapasitas kecil 150 cc ke bawah," ucap Bernard

Sunday, 11 November 2018

Faktor - Faktor Penyebab Kopling Mobil Rusak Dengan Cepat



Tips Otomotif - Mobil bertransmisi manual masih banyak pencintanya. Tak terkecuali konsumen Toyota Avanza, sekalipun transmisi otomatis mulai banyak disukai karena lebih nyaman.

Bagaimanapun juga, transmisi manual tetap terbesar punya beberapa kelebihan seperti konsumsi BBM yang lebih irit.  Hanya saja masih banyak juga yang salah dalam mengoperasikan sistem transmisi ini. Salah satu problem yang biasa muncul ialah kerusakan pedal kopling.

Menurut situs resmi Toyota Indonesia, kerusakan tersebut bisa saja disebabkan akibat kesalahan sepele yang dilakukan oleh pengemudi, sehingga membuat usia kopling jadi lebih singkat.

Kesalahan itu antara lain menginjak pedal kopling sepanjang perjalanan. Hal itu acap kali terjadi karena pengemudi malas mengangkat kaki dari pedal kopling dan berpindah saat ingin kembali menginjak pedal.

Akibatnya, proses keausan pada release bearing dan pelat kopling makin cepat.

Faktor Lain Perusak Kopling

Faktor lain yang juga berisiko merusak kopling adalah menginjak pedal tidak penuh (setengah kopling) sembari menekan gas agar mobil tidak bergerak turun di tanjakan.

Upaya ini membuat seluruh komponen yang ada di dalam sistem kopling manual jadi cepat rusak. Tentu biasanya yang terdampak terlebih dahulu adalah pelat kopling, bahkan di kondisi ekstrem bisa tercium bau gosong.

Gunakan rem tangan untuk menahan laju mobil di jalanan menurun. Perlakukan pedal kopling secara halus biar awet dan bekerja optimal.

Cara Menghindari Kerusakan Kopling

Untuk menghindari masa pakai kopling yang singkat, sangat disarankan untuk melepas kaki dari pedal kopling setelah memindahkan gigi transmisi.

Pastikan juga bahwa injakan kaki menekan sempurna agar roda gila (flywheel) dan pelat kopling tidak lagi terhubung. Gunanya agar memasukkan gigi transmisi jadi lebih mudah dan mengurangi risiko aus.

Setelah memindahkan tuas transmisi, lepaskan pedal kopling secara bertahap dan selaraskan dengan injakan pedal gas.

Ayo buruan Dapatkan Diskon Dari Honda Jazz, Toyota Yaris Dan Suzuki Baleno Hatchback



Otomotif - Nominal diskon yang ditawarkan oleh masing-masing tenaga penjual merek mobil, untuk segmen hatchbackalias sub-kompak B, juga cukup menggiurkan. Misal, potongan harga Honda Jazz, Toyota Yaris, hingga Suzuki Baleno hatchback bisa tembus puluhan juta rupiah.

Berdasarkan informasi yang didapat dari masing-masing tenaga penjual ketiga merek itu, ternyata program diskon akhir tahun memang lebih besar ketimbang bulan biasa.

Faktor utama karena untuk menghabiskan stok produksi 2018. Berikut daftar diskonnya:

Toyota Yaris

Diskon yang ditawarkan pramuniaga salah satu diler Toyota di Jakarta, untuk Yaris di November 2018 ini, yakni dari Rp 30 juta hingga Rp 35 juta.

Honda Jazz

Selanjutnya, tak kalah menggiurkan dari Yaris, diskon untuk Honda Jazz di bulan ini juga cukup tinggi, yaitu Rp 15 juta hingga Rp 20 juta.

Bahkan, kata tenaga penjual yang ditemui di salah satu pusat perbelanjaan, nominal itu bisa lebih besar lagi apabila membeli kredit.

"Kalau kredit kan ada penawaran lagi. Coba akan kita bantu nego lagi nanti," ucap wiraniaga yang menolak disebutkan identitasnya itu.

Suzuki Baleno Hatchback

Pramuniaga diler Suzuki juga menawarkan diskon cukup besar kepada konsumen yang membeli Baleno hatchback. Khusus promo akhir tahun, pembeli akan mendapatkan potongan harga Rp 20 juta hingga Rp 25 juta.

"Tetapi barangnya tidak ada stok, hanya sedikit jadi harus menunggu sekitar tiga pekan sampai satu bulan," kata wiraniaga yang juga tidak mau disebutkan identitasnya itu.

Monday, 17 September 2018

5 Tanda kampas rem mobil harus di ganti


Rem mungkin bukan bagian terseksi dari mobil, tetapi mereka pasti salah satu yang paling penting. Memperhatikan tanda-tanda peringatan yang menunjukkan kebutuhan akan layanan dapat berarti perbedaan antara hidup dan mati di jalan.

Apa saja tanda kalau kampas harus segera diganti?


Tentu saja, ada beberapa tanda yang jelas bahwa rem Anda perlu diservis, seperti lampu rem yang muncul di dasbor mobil Anda atau perasaan bahwa kendaraan Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk berhenti daripada yang seharusnya. Dalam kasus-kasus ini, Anda harus mengunjungi mekanik lokal Anda untuk pemeriksaan rem secepat mungkin. Tapi tahukah Anda apa tanda-tanda lain yang bisa menunjukkan sistem rem yang tidak beres?

Kampas Usang

Sebagian besar mobil menggunakan apa yang dikenal sebagai rem cakram. Sistem hidraulik yang diisi dengan cairan rem memicu seperangkat klem yang dikenal sebagai kaliper, menyebabkan mereka menyatu bersama pada cakram yang dikenal sebagai rotor. Gesekan yang terjadi antara bantalan dan rotor akhirnya menghentikan mobil.

Seiring waktu, seperti yang Anda bayangkan, bantalan akan mulai usang, yang berarti mereka akan menjadi kurang efektif dalam memperlambat dan menghentikan mobil Anda.

Untungnya, memeriksa ketebalantidak lah sulit. Yang perlu Anda lakukan adalah melihat di antara jari-jari roda Anda untuk melihat rotor logam di dalamnya. Saat Anda menemukannya, lihatlah di sekitar tepi luar tempat Anda akan melihat caliper logam. Antara caliper dan rotor, Anda akan melihat padnya. Anda harus memperkirakan, tetapi umumnya, bantalan Anda harus setidaknya sekitar seperempat ketebalannya. Jika mereka lebih tipis dari itu, lebih baik segera di ganti.

jika tidak dapat dilihat dari celah velg, Anda harus melepas ban untuk melihat rotor dan bantalan. Dalam kedua kasus, saat Anda mencari, itu juga ide yang baik untuk memeriksa rotor itu sendiri. Seharusnya relatif mulus. Jika Anda melihat alur atau lubang yang dalam, mungkin juga saatnya untuk menggantikannya.

Suara yang Aneh

Salah satu tanda peringatan bahwa rem Anda perlu diservis bisa datang dari indikator kecil di sistem pengereman yang memancarkan suara keras yang tinggi ketika bantalan Anda perlu diganti.

Ketika kampas sudah usang, gesekan antar cakram dan kampas akan menimbulkan suara ang cukup menggaggu, jika sudah mendengar suara ketika mengerem sebaiknya segera ganti kampas rem nya. Selain demi keamanan, tapi juga agar kampas tidak termakan oleh kampas yang usang.

Sperti menarik  kemudi

Apakah mobil Anda pernah merasa seperti memiliki pikirannya sendiri? Seakan ingin membuat belokan kanan atau kiri saat mengemudi atau mengerem?

Jika demikian, ini bisa menunjukkan masalah dengan sistem pengereman. Penyebab penarikan ini mungkin caliper terjebak. Karena skenario seperti itu akan menyebabkan gesekan pada satu roda, mobil Anda dapat menarik ke sisi di mana caliper macet.

Skenario kedua terkait rem  yang dapat menyebabkan mobil untuk menarik adalah selang rem yang rusak yang akan menyebabkan kaliper Anda bergerak tidak merata saat menekan rem, atau bantalan rem yang tidak rata, yang juga akan menerapkan sejumlah tekanan yang berbeda untuk roda yang berbeda.

Hal tsb tidak selalu menunjukkan masalah dengan rem. Penyebabnya juga bisa datang dari ban yang kempes atau aus, pelurusan yang buruk atau masalah dengan suspensi kendaraan Anda. Inilah sebabnya, jika mobil Anda mulai tertarik, Anda perlu membawanya ke bengkel terdekat untuk pemeriksaan penuh.

Bergetar

Umumnya, pedal rem bergetar menunjukkan rotor bengkok. Permukaannya yang tidak rata akan berdenyut di bantalan rem, dan Anda akan merasakan umpan balik melalui pedal rem.

Rotors biasanya hanya melengkung ketika mereka berada di bawah tekanan ekstrim untuk waktu yang lama. Panas yang dihasilkan oleh gesekan yang disebabkan oleh mengemudi menuruni lereng curam atau dengan sering berhenti sambil menarik sesuatu yang berat, misalnya, dapat menyebabkan logam rotor berubah bentuk.

Jika Anda belum menekankan rem Anda baru-baru ini, tetapi Anda masih merasakan getaran di pedal, Anda mungkin memiliki roda yang tidak sejajar. Dalam kedua kasus, yang terbaik adalah ke bengkel untuk diagnosis.

Pedal terlalu lembek atau keras


Selain bergetar, pedal rem Anda dapat memberi Anda indikasi lain bahwa sistem pengereman mobil Anda mungkin perlu diperiksa.

Pedal lembek, yang praktis ke lantai sebelum menggunakan rem, bisa menunjukkan bantalan yang aus atau masalah dengan sistem hidrolik, seperti ada udara di saluran, kebocoran udara atau kebocoran minyak rem. Untuk memeriksa kebocoran cairan, letakkan lembaran putih tua atau selembar karton ringan di bawah mobil semalam. Di pagi hari, periksa cairan apa pun yang terkumpul. Minyak rem akan terlihat jelas.

Wednesday, 12 September 2018

Sistem Rem pada Kendaraan

Sistem Rem ( brake dalam bahasa inggris ) adalah alat yang digunakan untuk memperlambat dan atau menghentikan laju kendaraan. Adanya rem pada kendaraan sangat penting untuk keselamatan pengendara, jika tidak ada rem  maka pengendara bisa mengalami kecelakaan yang bisa menyebabkan kematian. Rem hanya salah satu bagian kendaraan yang penting, masih ada bagian penting lainnya, berikut bagian/komponen utama kendaraan




 









Sistem rem  yang digunakan pada kendaraan bermotor dapat digolongkan sebagai berikut :


Menurut konstruksinya :
  • Rem tromol
  • Rem piriringan/cakram

Menurut tempatnya ada 2 :
  • Rem roda = rem yang ditempatkan pada roda depan ataupun belakang
  • Rem propeller = rem yang ditempatkan didepan poros propeller

Menurut layananya :
  • Rem kaki , dengan cara di injak
  • Rem tangan atau rem parkir.




Menurut mekanisme penggeraknya :
  • Rem mekanis = rem yang menggunakan tuas atau kawat pada system rem, kekuatan pengereman tergantung pada kekuatan tarikan/kawat
  • Rem hidraulik = rem yang menggunakan fluida dalam pengereman
  • Rem boster = suatu alat tambahan yang digunakan untuk meringankan tenaga pengereman dengan memenfaatkan kevakuman
  • Rem angin = rem yang bekerja berdasarkan tekanan udara yang tersedia untuk membantu mengerakan sepatu / kampas rem dalam menekan tromol



Rem Cakram :
Rem cakram atau disc brake bayak dipakai di kendaraan bermotor berkecepatan tinggi. Terjadinya gaya pengereman pada rem cakram adalah akibat gesekan yang dilakukan oleh pad/ bantalan terhadam cakram/ piringan dengan cara menjepit.

Keuntungan :
  • Pengereman tetap stabil walaupun dilakukan berkali-kali pada kecepatan tinggi.
  • Piringan dapat meradiasi panas dengan baik
  • Ekspansi paanas dan pemuaian panas yang terjadi karena gesekan tidak menyebabkan perubahan renggang antara cakram dan pad.
  • Konstruksi  sederhana
  • Jika piringan terkena air maka efek pengereman tetap konstan, hal ini disebabkan air yang menempel pada piringan akan terl


    empar keluar karena gaya sentrifugal.

Kerugian :
  • Diperlukan tenaga pengereman yang lebih besar
  • Debu dan kotoran akan lebih mudah masuk karena system remnya terbuka.


Jenis-jenis rem cakram :

  1. Tipe satu piston/floating caliper
  2. Tipe dua piston/fixed caliper
  • Pada tipe satu piston/ floating caliper, tekanan hidraulik master silinder akan mendorong kea rah kiri. Cakram bergerak berlawanan arah dengan gerak piston sehingga piringan akan terjepit.
  • Pada tipe dua piston , tenaga pengereman yang terjadi  adalah saat tekanan hidraulik mendorong kedua piston sehingga piston mendorong pad untuk menjepit piringan/cakram. Kerja dari tipe ini lebih akurat namun radiasi panasnya terbatas karena silinder rem berada diantara cakram dengan velg sehingga dulit tercapainya pendinginan oleh karena itu dibutuhkan komponen yang lebih bayak.




  • Secara garis besar komponen rem cakram ada 3 macam yaitu : piringan/cakram, pad dan caliper.
1.Cakram/ piringan
Terbuat dari besi tuang kelabu berbentuk lingkaran yang dipasang atau disatukan dengan roda sehimgga apabila roda berputar maka cakram juga ikut berputar.

2.Pad / bantalan rem/ diskbrake
Terbuat dari metalik fiber dicampur dengan sedikit serbuk besi, fungsinya adalah untuk memberikan gesekan pada piringan saat mendapatkan tekanan hidraulik dari master silinder.

3.Caliper
Adalah rumah piston. Caliper dibedakan menjadi 2 macam menurut konstruksinya yaitu floating caliper dan fixed caliper.


Syarat-syarat rem :
  • Dapat bekerja cepat dan tepat
  • Kemampuan pengereman dapat dipercaya
  • Gaya pengereman tiap roda harus sama
  • Konstruksi sederhana pemeliharaan mudah



Selanjutnya : Rem Tromol

Komponen, cara kerja, dan Fungsi Rem Tromol



Rem tromol

Rem terdiri dari beberapa jenis, diantaranya berdasarkan konstruksinya yang terdiri dari rem cakramdan rem tromol. Untuk saat ini saya membahas tentang Rem Tromol

komponen :

  • Tromol
  • Silinder Roda
  • Sepatu Rem
  • Kampas Rem
  • Pegas Pengembali


Rem Tromol pada kendaraan mobil biasanya dipakai pada roda belakang.



kampas rem
komponen rem 













Cara Kerja :

Saat pengemudi menginjak pedal rem, master silinder menekan fluida kemudian fluida meneruskan tekanan ke silinder roda, silinder roda kemudian menekan sepatu rem yang akhirnya sepatu rem yang membawa kampas  rem menekan tromol dan menimbulkan gesekan antara kampas rem dan tromol, gesekan inilah yang menyebabkan kendaraan melambat atau berhenti.

Macam-macam rem tromol

  • Tipe leading and trailing
  • Tipe uniservo
  • Tipe duoservo
  • Tipe two leading single action
  • Tipe two leading double action



A.Tipe leading and trailing
Jenis ini hanya menggunakan sebuah satu silinder roda dengan dua piston di dalamnya. Sepatu roda yang tidak berhubungan dengan silinder roda ditumpu oleh anchor pin sehingga tidak dapat bergerak. Gaya pengereman tipe ini sama kekuatannya pada saat maju atau mundur sehingga lebih cocok untuk rem roda belakang.

B.Tipe uniservo
Tipe ini hanya memiliki satu silinder roda dan satu piston didalamnya, sepatu rem yang tidak berhubungan dengan sepatu rem masih dapat bergerak. Kekuatan pengereman jenis ini lebih kuat  pada saat maju dibanding mundur, sehingga lebi cocok untuk rem depan.

C.Tipe duoservo
Tipe ini hampir sama dengan tipe leading and trailing, perbedaannya pada sepatu rem yang tidak berhubungan dengan silinder roda tidak diikat mati, atau diikat mengambang sehingga dapat bergerak. Seperti pada tipe uniservo, tekanan hidraulis yang diterima sepatu rem diteruskan ke sepatu rem yang lain. Kekuatan pengereman tipe ini sama kuatnya antara maju dan mundur, sehingga lebih cocok untuk rem belakang tetapi kekuatan pengeremannya lebih kuat dinanding tipe leading and trailing.

Sunday, 27 May 2018

Cara Membuka Mika Lampu pada sepeda Motor

Hai semua kembali lagi bersama saya Agan Tomoe :D
Kali saya ingin memberi kan info tentang cara membuka Mika lampu motor.
Bagi sebagian orang memodifikasi harus total bahkan sampai lampunya,
tapi banyak yang terkendala membuka lampu mika yang susah.
Nah Berikut ini ada Cara membuka lampu mika dengan mudah ;)
penasaran gimana caranya baiklah langsung saja :v

 Salah satu hal yang bisa disebut hambatan pada saat hendak memodifikasi ataupun mereparasi lampu adalah ketika dihadapkan pada  reflektor dan mika yang harus dipisahkan. Pada beberapa motor sangat sulit melepas mika dari reflektornya, salah satunya adalah pada lampu Vario 125 old. Ketika rusak harus beli paket baru dengan harga sekitar Rp. 220.000 yang ori, terbilang mahal jika dibanding dengan harga mikanya saja yang hanya 90ribuan. Jadi lebih baik ganti mika saja kan? ( lebih murah dan hampir sama kualitasnya)
Oleh karena itu saya buatkan  tutorial bagaimana cara melepas mika dari reflektornya yang mana banyak bingung , susah-susah gampang lahhhh. Yuk lanjut
Kebetulan saya membeli paket projie yang pada saat pengiriman ke gunung terbolak balik gak karuan akhirnya kaca penutup angle eye terluar pada projienya  copot dan mau tidak mau harus melepas mika untuk mengelemnya kembali, pada gambar di atas terlihat kan? lampu sebelah kanan gak bener copot maksudnya :v
Untuk membuka / melepas mika kita membutuhkan alat, antara lain :
  1. 2 buah sendok makan yang tipis sebagai pencongkel / Obeng min. Kenapa sendok tipis, kan ada alat lain semisal obeng? Obeng terlalu keras jadi ketika membuka dikhawatirkan malah merusak mika, beda dengan sendok yang kadang kalah / bengkok sendiri ketika mendapat tekanan.
  2. Hairdrier (Pengering rambut) atau lebih baik heat gun tapi karena saya hanya ada hairdrier ya pakai ini saja.
  3. Sepaket kesabaran karna kalo ga sabar bisa" naik titah :D
      4.Sebatang Rokok Kretek dan Segelas Kopi Hitam. Biar Konsen :)


Baiklah berikut adalah langkah-langkahnya :
  1. Pertama panaskan bagian reflektor yang dikait oleh mika, bagian tersebut dicongkel terlebih dahulu setelah panas sebelum ke bagian lain.
  2. Kemudian semprotkan udara suhu tertinggi dari haridrier ke sekeliling permukaan reflektor yang nempel ke mika, mulailah congkel dari sudut paling atas karena biasanya di sudut itu ada lipatan reflektor.
  3. Selanjutnya sambil dipanaskan congkel secara perlahan bagian lain secara berurut (dari sudut atas ke bawah dan seterusnya) setelah sendok masuk biarkan menahan agar mika tidak kembali menempel, gunakan sendok lain untuk mencongkel bagian seterusnya. Cabut lagi sendok yang tadi sementara yang satu didiamkan. Begitu terus berulang-ulang sehingga semua bagian tercongkel. Ingat harus dalam kondisi panas.

Daaaan berhasil!!!


 Mika terlepas dari rumah lampunya. Padahal lemnya itu sudah ditambah dari penjualnya, kalau masih standaran sih mungkin lebih mudah dari ini. Selanjutnya tinggal reparasi / modif sesuai keinginan. Sementara untuk menempelkannya kembali relatif lebih mudah tapi tetap saja harus dalam kondisi panas agar lem / sealent menutup sempurna, atau lebih baiknya dilem lagi dengan lem aquarium.
Demikian, semoga berguna dan salam dari gunung.

Itu krn dah d copot mang….kl ori nya malah lebih susah lagi….
Kl ori nya biasanya dgn cara d rebus d air mendidih,kl ori gak meleleh…kl imitasi ya mlenyok…


Cara Merubah Arus Motor menjadi Half DC

Hai semua kembali lagi bersama saya Agan Tomoe :D
kali saya akan memberikan Info cara merubah arus AC menjadi DC Yang mudah sendiri pun bisa di lakukan.
Nah penasaran kan gimana caranya :p Baiklah tanpa panjang lebar lagi mari kita ke stepnya aja :)





Buat AganBro dan Mas Bro sekalian yang ingin pasang Lampu Utama LEDHID ataupun Projector di motor kesayangannya, berikut ada tips dari kami. Supaya aki tidak tekor dan awet ;).
Sebelum melakukan Eksekusinya , ada baiknya diperhatikan kondisi kendaraan / motor AganBro / Mas Bro terlebih dahulu. Yang harus diperhatikan diantaranya :
  1. Kondisi Aki harus masih OKE.
  2. Pastikan kondisi Kiprok Aslinya masih bekerja dengan baik.
  3. Kenali dan cari posisi Kiprok motor.

 Nah apabila ketiga poin diatas sudah tidak ada masalah, AganBro / Mas Bro langsung bisa eksekusi merubah kelistrikan lampu dari AC menjadi DC di Motor. Langkah awal, kita persiapkan dahulu bahan-bahan yang diperlukan, diantaranya :
  • Obeng dan kunci pas untuk buka bodi Motor
  • Obeng minus kecil / benda runcing ( Untuk mencongkel skun /Kuningan Tembaganya )
  • Kabel buat nyambung / kabel dengan kualitas baik sepanjang 1-2 meter ( sesuai kebutuhan )
  • Solasi listrik
Nah, jika semua sudah siap, mari kita langsung eksekusi saja (Ngeri eksekusi2 segala :v).
  1. Buka bodi yang dibelakangnya terdapat kiprok pada motor AganBro/ MasBro
  2. Buka soket kiprok asli yang ada di motor
  3. Tekan dan cabut kabel warna kuning di soket kiprok menggunakan  Obeng minus kecil / benda runcing. Kabel kuning ini lalu dibungkus dengan solasi.                                                                                                          
  4. Cari kabel dari spull motor GanBro, lalu congkel kabel pengisian ke lampu yang dari atas / BUKAN DARI SPULL ( Honda biasanya warna kuning garis putih ).
  5. Lalu sambungkan kab koel tersebut dengan kabel tambahan yang sudah dipersiapkan dari awal.
  6. Nah, setelah disambung, pasang kabel tambahan tersebut ke kabel kontak motor GanBro. Kabel berwarna hitam untuk sepeda motor honda, kuning dengan garis oranye untuk sepeda motor suzuki dan merah bergaris hitam untuk sepeda motor yamaha.
  7. Pastikan sambungan kabel tadi dibungkus dengan rapi menggunakan solasi listrik.
  8. Ok, sekarang kelistrikan lampu sudah DC. Tinggal pasang Lampu LEDHID ataupun Projector sudah siap dipasang tanpa harus Khawatir aki tekor.

    Semoga berhasil

Saturday, 26 May 2018

Cara Merubah Mio Smile/Sporty ke Soul

Hai Semua selamat datang ke blog saya yang baru :)
karena saya masih pemula dalam dunia blog jadi maafkan jika banyak yang salah dan tidak mengerti tentang artikel saya
Baiklah sebagai awal saya ingin memberi info yang jarang ada yg tau, yaitu Cara merubah Mio Smile/Sporty ke Mio Soul !




Nah berikut adalah langkahnya:

1.Untuk rubahan mio sporty / mio smile yang mau dirubah ke mio soul cukup rubah bagian box aki  karena berbeda antara mio soul dengan mio smile / mio sporty di bawah dudukannya, bagian kerangka dudukan aki mio sporty / mio smile dia lebih pendek karana beda dengan soul yang ada dudukannya lagi , jadi kalo mau dirubah cukup tambahin ring cnc/bos2an dan dan ukur berapa tinggi nya yang harus ditempatkan , tinggal atur seberapa tinggi nya , oh iya box akinya harus pake punya soul ya, karena ga akan masuk kalo pake box aki nya masih pake punya mio smile / mio sporty.

2.Untuk bagian belakang dibagian lampu belakang karena punya mio Soul juga ada dudukan pada lampu belakangnya yang cukup tinggi , beda sama mio sporty/ mio smile karena bagian belakang lampu belakang soul sma sporty beda , ya sama seperti tutorial nomer 1 tinggal dikasih ring cnc/bos2an dan atur seberapa tingginya untuk body terpasang rapih , dan ukur lubang derat nya biar baut panjangnya bisa masuk . bisa juga kalo tidak mau pakai ring cnc/bos2an tinggal tali tis body ke lampu belakang.

3.Untuk bagian lainnya seperti bagian depan tameng dan injekan dek cukup pnp tanpa rubah atau tinggal pasang aja. oh iya buat tameng depan harus pake dudukan tameng punya moi soul karena mio sporty / mio smile pendek dan biagn stang bisa make punya mio sporty / mio smile nya atau kalo mau ganti pake punya soul juga bisa ganti, dan jok nya juga harus punya mio soul.

4.Dan bagian kabel-kabel seperti stater dan lampu tinggal keahlinya saja untuk merubah itu semua dan 1 lagi aki motor pasti harus ganti ya hehehe

Selamat Mencoba , Sekian Tips dari Newbie :)

Sunday, 24 July 2016

Jenis Mekanisme Katup Mesin

Mekanisme katup pada mesin kendaraan berfungsi untuk mengatur pemasukan gas baru (campuran bahan bakar dan udara) secara optimal ke dalam silinder dan mengatur pembuangan gas bekas ke saluran buang

Berikut adalah jenis jenis mekanisme katup yang ada pada mesin kendaraan

Mekanisme Katup Mesin

Katup di Samping ( Side Valve atau SV )Mekanisme Katup dengan Poros Kam Di Bawah

Katup di Samping ( Side Valve atau SV )

Konstruksi SV memiliki ciri katup berdiri dan di samping blok motor serta poros kam terletak di bawah. Keuntungannya konstruksi mesin sederhana, mesin pendek tidak memakan tempat, suara tidak berisik, namun bentuk ruang bakar kurang menguntungkan bagi proses pembakaran yang ideal dan Penyetelan celah katup sulit.


Katup di Kepala Silinder (Over Head Valve atau OHV)Katup di Kepala Silinder (Over Head Valve atau OHV)

Katupnya menggantung di kepala silinder, poros kam terletak di bawah. Keuntungannya bentuk ruang bakar yang baik, namun kerugiannya adalah banyak komponen/ bagian-bagian yang bergerak berarti kelembaman massa besar sehingga tidak ideal untuk mesin putaran tinggi







Mekanisme Katup Dengan Poros Kam Di Atas

Satu Poros Kam di Kepala (Single Over Head Camshaft atau SOHC)

Pada konstruksi SOHC atau OHC saja, poros kam berada di kepala silinder dan langsung menggerakkan tuas katup (A) atau tuas ayun katup (B). Keuntungannya sedikit komponen/ bagian-bagian yang bergerak, berarti kelembaman massa kecil, sehingga baik untuk putaran tinggi.
Kerugiannya adalah konstruksi motor menjadi tinggi karena ada mekanisme tuas ayun.
Satu Poros Kam di Kepala (Single Over Head Camshaft atau SOHC)Satu Poros Kam di Kepala (Single Over Head Camshaft atau SOHC)


Dua Poros Kam Di Kepala(Double Over Head Camsaft atau DOHC)

Dua Poros Kam Di Kepala(Double Over Head Camsaft atau DOHC)Konstruksi DOHC memiliki dua kam di kepala silinder, kam langsung menggerakkan mangkok penumbuk. Keuntungannya bentuk ruang bakar baik dn susunan katup-katup bentuk V menguntungkan bagi performance atau unjuk kerja mesin. Kelembaman massa paling kecil, sehingga baik untuk putaran tinggi. Kerugiannya konsrtuksi mesin mahal, mesin lebih berat dan penyetelan celah katup lebih sulit


Wednesday, 16 March 2016

Langkah dalam Perawatan Kendaraan

Langkah dalam Perawatan Kendaraan

Tahap - tahap Pelaksanaan Perawatan/Servis

Sebelum melaksanakan pekerjaan, informasi pertama yang diterima seorang mekanik adalah kepastian pekerjaan apa yang harus dilakukan. Dalam hal ini, pekerjaan yang akan dikerjakan adalah servis kendaraan. Pelaksanaan servis akan menjadi lancar, kalau kita mengikuti tahap-tahap pekerjaan secara logis dan teratur, sebagai berikut :

Tahap Persiapan


  • Tentukan siapa mekanik yang harus mengerjakan dan siapa yang mengontrol.
  • Catatlah data kendaraan pada form / lembaran daftar pekerjaan servis.
  • Siapkan buku manual, yaitu untuk mencari data-data penyetelan untuk kendaraan yang akan dikerjakan dan cara-cara menservis / merawat.
  •  Siapkan tempat kendaraan, tempat kerja harus bersih.
  •  Siapkan peralatan servis yang lengkap dan teratur.
  • Siapkan bak-bak untuk menempatkan komponen-komponen yang akan dilepas dari kendaraan. Hal ini untuk mempermudah pemasangan kembali dan pengontrolan kelengkapan komponen.
  • Tempatkan kendaraan sesuai tempat yang telah disediakan

Tahap Pelaksanaan Pekerjaan


  • Jika terjadi kerjasama antara beberapa orang mekanik, tugas-tugas perlu dibagikan dengan jelas.
  • Cuci ruang mesin kendaraan, setelah memeriksa kebocoran cairan pada mesin secara visual ( air, bensin dan oli ).
  • Ikutilah daftar pekerjaan tahap demi tahap atau sesuai dengan Standar Operation Procedure (SOP). Pekerjaan yang telah selesai harus diketahui atau ditandatangani oleh orang atau supervisor yang bertanggungjawab atas pekerjaan

Tahap Pengecekan dan Kontrol Akhir

  • Kontrol terlebih dahulu, apakah tidak ada alat yang tertinggal di dalam kendaraan atau ruang mesin
  • Cek dengan cermat pengikatan, sambungan-sambungan dan kebocoran pada bagian-bagian yang telah dikerjakan.
  • Kontrol kembali batas permukaan cairan pada mesin (oli dan air).
  • Kontrol unjuk kerja mesin yang telah diservis sesuai dengan SOP.
  • Selesaikan catatan-catatan pada lembaran daftar pekerjaan, misalnya uraian pekerjaan, waktu penyelesaian pekerjaan, bahan yang digunakan dan harga / biaya pekerjaan perawatan.

Tahap Pembersihan dan Penyerahan Kendaraan

  • Kendaraan harus keluar bengkel lebih bersih dan harum daripada waktu masuk. Jangan lupa membersihkan bagian-bagian dalam kendaraan yang telah diraba, misalnya pegangan pintu, stir / roda kemudi, tuas rem tangan, tangkai transmisi, tempat duduk dsb.
  • Kendaraan yang telah dikontrol dan dipastikan baik, bersih dan harum, siap diberikan kembali kepada pelanggan. Ingatlah pepatah Jika hal yang terakhir itu baik, maka semua hal yang telah terjadi sebelumnya akan menjadi baik.
  • Bersihkan alat dan tempat kerja.


Jangka Waktu Perawatan Kendaraan Bermotor

Jangka Waktu Servis - Perawatan Kendaraan

Untuk menjaga kondisi dari kendaraan, kita perlu secara berkala merawatnya. Perawatan atau servis tentu saja tidak dilakukan satu tahun sekali, setiap kendaraan pasti punya jangka waktu tersendiri tergantung dari tipenya.

Perhatikan spesifikasi kendaraan dari pabrik pembuatnya. Hal ini dapat diketahui dari Buku Manual / Perhatian atau informasi lewat komputer yang dikeluarkan oleh pabrik pembuat kendaraan, yang berisi Perhatian cara mempersiapkan, menggunakan dan merawat kendaraan.

secara umum, kendaraan akan diservis berdasarkan beberapa persyaratan berikut:

Berdasarkan Operasional Kendaraan yg Normal

Servis Kecil

Servis ini dilakukan setelah kendaraan menmpuh jarak antara 5000 - 10000 km

Servis Besar

Dilakukan setelah kendaraan menempuh jarak perjalanan sejauh 10000 - 20000 km atau minimal sekali pertahun

Berdasarkan Penggunaan yg Berat - Khusus

Jika kendaraan dioperasikan pada kondisi yang berat,misalnya pada daerah yang berdebu, berlumpur, jalan yang kasar, daerah pegunungan atau pantai laut, maka jangka waktu pemeliharaan/perawatan/servis berkala menjadi lebih pendek dibandingkan dengan pemeliharaan/perawatan/servis berkala kendaraan yang dioperasikan dalam kondisi normal. Sebagai contoh pada kendaraan yang dioperasikan pada daerah yang berdebu, saringan udara perlu dibersihkan lebih sering. Juga apabila kendaraan sering berjalan pada yang jalan jelek, komponen casis kendaraan harus dirawat dan diperiksa lebih sering. Demikian juga setelah kendaraan melintasi / menyelam dalam air, casis kendaraan dan bantalan roda harus dilumasi lagi dengan pelumas / vet yang baru, karena air dapat masuk pada tempat-tempat yang dilumasi dengan vet.

Penggunaan kendaraan berat


Peralatan untuk Perawatan - Servis - Pemeliharaan Kendaraan

Artikel ini masih berhubungan dengan konsep perawatan.

Alat Umum utk Servis

Penggunaan peralatan servis yang baik terletak pada pikiran orang. Dalam menggunakan peralatan, sebaiknya berpikir jernih dulu sebelum menggunakan peralatan.
Karena dengan cara menggunakan alat secara baik, kita akan menentukan masa hidup peralatan maupun komponen-komponen yang dikerjakan.

Berikut adalah alat-alat yang sering digunakan dalam perawatan kendaraan bermotor

  • Obeng Rata (Obeng min)
  • Obeng Plus (Obeng Philips)
  • Obeng Ketok
  • Kunci Sok
  • Kunci Ring

Obeng Min

Gunakan hanya obeng yang pas pada kepala sekrup. Obeng yang tidak pas, terlalu kecil atau terlalu besar akan merusak komponen maupun obeng itu sendiri.

Penggunaan obeng min

Obeng Plus

Pada saat mengendorkan/mengencangkan baut, obeng plus perlu ditekan dengan keras ke dalam kepala baut, supaya celah silang pada skrup tidak menjadi rusak.
Mata obeng plus yang aus tidak dapat digerinda lagi. Ganti dengan obeng yang baru


Penggunaan obeng plus

Obeng Ketok

Baut besar yang kencang sekali / macet dapat dilepas dengan mudah jika menggunakan obeng ketok. Caranya, pegang gagang obeng ketok dengan kuat, lalu pukulkan palu pada gagang dengan baik

penggunaan obeng ketok


Kunci Sok

kunci sok segi 6 merupakan alat yang paling disukai. Hal tersebut dikarenakan kepala baut / mur dapat dipegang secara optimal oleh bagian dalam kunci sok, sehingga kunci dapat memegang baut / mur dengan baik dan dapat melindungi kepala baut dari kerusakan.
Kunci momen digunakan untuk mengencangkan baut dengan momen pengerasan yang sesuai dengan spesifikasi pabrik.

kunci sok segi enam


Kunci Ring

kunci ringJika kunci sok tidak dapat digunakan, pilihan kedua adalah kunci ring yang rata, seperti terdapat pada kunci kombinasi.
Penggunaan kunci ring offset tidak menguntungkan karena cenderung meluncur keluar kepala baut. Kunci tersebut digunakan pada posisi mur / baut yang khusus.

kunci ringKunci ring yang bercelah juga disebut kunci nipel, karena hanya digunakan untuk melepas dan memasang nipel saluran (hidroulik rem dan kopling, system injeksi Diesel).
Kunci pas hanya dipakai, jika penggunaan kunci lain tidak memungkinkan, misalnya untuk menahan mur kontra atau untuk mempercepat pelepasan atau pengencangan baut / mur yang sudah kendor.
Kunci kuno yang disebut kunci Inggris ini harus dihindari penggunaannya, karena akan merusak baut / mur.