Tuesday, 19 March 2019

Berkapasitas 2.800cc Spesifikasi Toyota Supra Yang Akan Di Datangkan Ke Indonesia



Otomotif - Otomotif balap pasti mempunyai penggemarnya. Bukan hanya untuk kalangan berduit, tetapi juga kalangan menengah ke bawah. Melihat peluang itu banyak produsen otomotif yang mengeluarkan mobil sport dengan spesifikasi yang berasa mobil balap. Kondisi ini untuk memberikan pengalaman berbeda kepada setiap pengendara yang menginginkan menaiki mobil balap yang sebenarnya.
Sudah banyak pabrikan yang meluncurkan mobil sport dengan spesifikasi mobil balap. Bukan hanya performa mesin yang gila-gilaan, tetapi juga desain serta fitur penunjang lainnya. Salah satu produsen mobil yang mengeluarkan mobil sport tersebut adalah Toyota. Kabarnya produk mereka yang telah berhenti produksi akan diproduksi lagi.
Mobil legendaris dari Toyota kabarnya akan meluncur kembali ke dunia otomotif setelah vakum cukup lama, mobil tersebut adalah Toyota Supra. Mobil ini kembali hadir bukan hanya meramaikan meja produksi Toyota, tetapi juga akan bertarung di ajang balap.
Mobil Toyota Supra dilahirkan karena ada kolaborasi antara Toyota dengan BMW. Walaupun begitu identitas dari Toyota tidak akan tergantikan BMW. Lahirnya Toyota Supra sebenarnya juga untuk menyaingi New Aston Martin Vantage, BMW M8, dan Ferrari 488 dalam kompetisi GTE.
Pada tahun 2018 ini sebenarnya Toyota Supra sudah dikenalkan, namun masih dalam bentuk konsep. Pengenalan tersebut pada ajang Geneva Motor Show 2018 dan konsep yang diusung adalah mobil balap. Dan kabarnya Toyota Supra secara resmi akan melakoni debutnya pada semester pertama tahun 2019.
Kehadiran Toyota Supra generasi terbaru memang patut dinantikan. Bukan hanya akan menjadikan mobil ini kaya sejarah, tetapi juga ikut meramaikan pasar mobil premium sport. Rasanya akan kurang jika Otolovers belum mengetahui sejarah dari Toyota Supra. Untuk itu telah disajikan ulasan tentang generasi Toyota Supra, serta spesifikasi dan harga Toyota Supra.
Memang pantas jika Toyota Supra mendapat julukan mobil legendaris. Pasalnya mobil ini sendiri pertama kali mengaspal pada tahun 1978. Tahun tersebut menandakan peluncuran generasi pertama dari Toyota Supra. Generasi pertama bermula pada tahun 1978 sampai 1981, selama kurun waktu tersebut Toyota Supra dikenal dengan nama Celica XX. Pada Toyota Supra ini sudah menggunakan mesin 6 silinder dan tersedia dalam 3 tipe, yaitu M 2000cc, 4M 2600cc, dan 5M 2800cc.
Generasi selanjutnya atau generasi kedua (1982 - 1986) masih menggunakan konsep yang sama dengan generasi pertama dari Toyota Supra. Akan tetapi wheelbase generasi kedua ini lebih panjang ketimbang generasi sebelumnya. Pembeda lainnya juga terletak pada bagian depan Toyota Supra yang menggunakan lampu fully retractable. Dari sisi mesin sendiri Toyota Supra Gen II masih menggunakan mesin 6 silinder dengan dua pilihan, yaitu 1G 2000cc dan 5M-GE 2800cc.
Perbedaan yang mencolok terlihat pada generasi ketiga dari Toyota Supra (1986-1992). Desainnya pun lebih sporty dan sangat jauh berbeda dengan Celica. Untuk urusan mesin Toyota Supra Gen III ini menggunakan 3 pilihan mesin, yaitu 2000cc, 2500cc, dan 3000cc. Selain itu untuk mesin 2000cc dan 3000cc sudah ada dua pilihan mesin juga, yaitu mesin standar dan mesin turbo.
Untuk generasi selanjutnya atau generasi keempat dari Toyota Supra (1993-2002) juga sangat berbeda dari generasi-generasi sebelumnya. Dari sisi desain sampai mesin Toyota Supra ini bisa dibilang yang paling modern. Ada dua pilihan mesin standar dan turbo dengan kapasitas 3000cc. Mesin tersebut ditopang dengan transmisi 6 percepatan dan performa mesin Toyota Supra ini mencapai 270 km/jam.

Pada tahun 2008 Toyota Supra muncul kembali, tetapi hanya sebatas prototype. Tampilannya lebih meyakinkan dibanding pendahulunya. Sedangkan Toyota Supra prototype ini diberi nama Toyota FT-HS.
Kehadiran Toyota Supra generasi terbaru memang sudah ditunggu-tunggu. Desain yang dirancang pun sudah modern dan mewah. Terlebih lagi karakter balap dari mobil Toyota Supra sangat menonjol. Kabarnya akan ada spoiler belakang yang akan menjulang ke atas. Bukan hanya itu tetapi juga dilengkapi dengan bodi kit dan komponen racing lainnya.
Kabarnya sendiri Toyota Supra terbaru ini akan menggunakan mesin 6-silinder ilnline. Karena mobil ini merupakan hasil dari kerjasama dengan pabrikan BMW mesin tersebut kabarnya menggunakan mesin BMW berkapasitas 3.000cc. Mesin yang disematkan pada Toyota Supra ini pun juga dilengkapi dengan turbocharger.
Dengan tipe mesin dan kapasitas silinder tersebut Toyota Supra bisa menghasilkan tenaga sebesar 335 Hp dengan torsi puncak 500 Nm. Kecepatan yang dihasilkan pun terbilang kencang, dengan kecepatan 100 kpj dari kondisi diam dalam waktu 4.5 detik.
Bukan hanya soal mesin yang membuat tergiur, tetapi juga interior Toyota Supra. Teknologi terbaru kabarnya juga akan disematkan pada mobil satu ini. Diantaranya Toyota Supra akan dibekali dengan instrument panel digital, driver assistance suite, serta navigasi built-in. Dan kabar lainnya Toyota Supra akan menggunakan sistem hiburan BMW iDrive, tetapi dengan tampilan ala Toyota.
Toyota Supra generasi terbaru memang belum resmi diluncurkan. Tetapi sudah banyak kabar beredar yang menyebutkan bahwa mobil Toyota Supra generasi terbaru ini akan segera meluncur waktu dekat-dekat ini. Pasalnya sudah banyak bocoran mulai dari desain dan mesin dari Toyota Supra
Jika berbicara harga Toyota Supra pun sebenarnya juga sudah ada kabar berapa kisaran harga Toyota Supra tersebut. Untuk saat ini kabar yang beredar harga Toyota Supra sekitar Rp880 juta. Harga Toyota Supra ini sendiri merupakan harga jual Toyota Supra di Amerika. Jika dalam uang dollar kisaran harga Toyota Supra US$63,5.



Sunday, 17 March 2019

Komunitas Toyota Avanza Club Indonesia (TACI) Merayakan Jambore Penuhi Jalur Trans Jawa



Otomotif - Ratusan mobil Toyota Avanza nampak memenuhi ruas tol Trans Jawa pada 9-10 Maret 2019 lalu. Komunitas para pengguna Avanza ini sedang merayakan Jambore Nasional Toyota Avanza Club Indonesia (TACI) yang ke 2.

Acara yang diselenggarakan di Kaliurang, Yogyakarta ini diawali dengan berkumpul di km 57 gerbang tol Colomadu, Jawa Tengah. Kegiatan yang bertema "We Are One, We Are TACI" ini dihadiri lebih dari 300 anggota TACI dari seluruh Indonesia.


Beragam kegiatan digelar sejak hari pertama. Acara fun games, team building, persembahan tarian tradisional, live musik, dan doorprize mengisi kegiatan pada jamnas tersebut.
Puncaknya adalah penandataganan nota kesepahaman TACI dan BNN sebagai relawan anti narkoba.

Kegiatan pada hari kedua, para anggota ikut melakukan senam sehat dan bersama-sama sarapan pagi. TACI juga membuat bakti sosial dengan memberikan bantuan dana pada pembangunan masjid sekitar.

Setelah dua hari berkumpul, para anggota kembali ke daerah masing-masing dengan terlebih dulu mengunjungi Candi Prambanan. Acara ditutup dengan pemberian hadiah Umroh bagi anggota yang beruntung.

Nissan Leaf Akan Hadir Di Indonesia


Otomotif - Nissan Motor Indonesia (NMI) telah mengungkapkan rencana mereka untuk membawa produk kendaraan listrik Leaf ke Indonesia tahun depan. Nissan percaya diri menghadirkan produk tersebut sebagai bagian dari rencana memasuki era kendaraan listrik di Asia Tenggara.

Toyota sebagai salah satu produsen dengan produk mobil-mobil ramah lingkungan, memuji langkah Nissan ini. Namun ada hal yang perlu diperhatikan membawa produk listrik ke Tanah Air.

“Leaf mau masuk ke Indonesia, tidak apa. Namun perlu dilihat, ada komitmen soal pengisian daya tidak. Dari pemerintah atau pihak lain. Ingat, pengisian daya ada banyak jenisnya. Itu perlu dipikirkan,” ucap Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto saat ditemui beberapa waktu lalu.


Soerjo menganggap langkah untuk kendaraan listrik di Indonesia selama ini diibaratkan ayam dan telur. Siapa lebih dulu yang menghadirkan produk dan infrastruktur.

Namun dari pandangan Toyota, saat ini jalan keluar sebenarnya ada pada produk hybrid atau mesinhibrida. Ini karena kemudahan mesin tanpa harus memikirkan tempat pengisian bahan bakar.

“Ini seperti dulu ada BBG (Bahan Bakar Gas). Operator taksi disuruh pakai, tapi bingung karena tempat pengisiannya paling hanya beberapa di Jakarta. Itu juga yang dipikirkan di kendaraan listrik. Makanya hybrid tidak ada masalah,” ucap Soerjo.

Toyota sendiri sudah menawarkan produk hibrida untuk pasar Indonesia yakni Camry dan Alphard yang memiliki teknologi tersebut. Namun banderol harga keduanya cukup mahal yakni mulai dari Rp 800 jutaan.

Friday, 15 March 2019

Musibah Menimpa Gelaran Balap Motor Listrik Di Jerez



Otomotif - Musibah tengah menimpa gelaran balap motor listrik, MotoE yang sedianya akan melakukan tes pramusim di Jerez minggu ini. Pada Rabu (13/3/2019) malam, garasi tempat menyimpan semua peralatan penunjang dan motor balap listrik ludes dilalap api.
Dalam laporan yang diterima, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun gudang penyimpanan belasan motor balap listrik Energica Ego terbakar habis.

Tes pramusim MotoE yang sedianya akan berlangsung akhir pekan langsung ditunda oleh penyelenggara. Belum diketahui apa penyebab kebakaran yang membuat balapan perdana balap motor masa depan ini terancam batal.
Alex De Angelis, salah satu pebalap yang akan berkompetisi di musim ini menggambarkan bahwa tidak ada yang tersisa dari musibah kebakaran tersebut. Musibah yang terjadi tengah malam tersebut membakar semua yang dibutuhkan untuk memulai musim kompetisi motor balap listrik tersebut.

“Semua motor dan material balap disimpan di tempat yang sama. Sekarang tidak tersisa satu pun, komputer, motor untuk tes dan balapan, bahkan yang dipakai pebalap tes. Semua terbakar. Kami hanya bisa menyelamatkan apa yang kami kenakan dan di hotel,” ucap de Angelis dikutip dari GPOne.com, Jumat (15/3/2019).

Dorna selaku penyelenggara segera membuat keputusan untuk berjalannya kompetisi yang akan segera berlangsung. Mereka memundurkan jadwal penyelenggaraan menjadi Mei mendatang dari sebelumnya pada April.
Jeda waktu ini juga untuk memberikan kesempatan pada produsen motor balap listrik tersebut memproduksi segala kebutuhan yang diperlukan untuk kompetisi. Dorna juga tengah merumuskan langkah-langkah preventif untuk mencegah kejadian yang sama akan terulang di masa depan.


Thursday, 14 March 2019

Spesifikasi Lengkap Nissa Serena Terbaru



Otomotif - Tak hanya merilis All New Livina, Nissan juga merilis All New Serena sebagai produk terbarunya di Indonesia. Mobil ini akan bersaing melawan Toyota Voxy yang sama-sama berstatus sebagai mobil MPV mewah. Jangan harap harga All New Serena murah, karena mobil ini dipasarkan untuk segmen menengah ke atas dengan harga melebihi 400 Juta Rupiah. Yah, harganya tidak berbeda jauh dengan Toyota Voxy. Namun apakah mobil ini lebih baik dari Voxy ?
Apabila bertanya siapa yang terbaik, maka jawabannya tergantung selera masing-masing orang. Keduanya sama-sama menawarkan interior mewah dan beragam fitur canggih yang akan memanjakan semua penumpangnya. Nissan Serena juga memiliki desain modern yang tak kalah keren dari Toyota Voxy. Mobil ini menjadi satu-satunya mobil MPV di Indonesia yang mengusung two-tone body color atau perpaduan dua warna yang menjadikannya terlihat semakin istimewa.
Fitur keselamatan dan kenyamanan yang lengkap tak lupa disematkan untuk menyempurnakan kehebatan All New Nissan Serena. Mobil ini sangat cocok bagi masyarakat Indonesia yang mencari mobil keluarga terbaik. Walaupun dari segi harga cukup mahal, namun menurut kami harga Nissan Serena sebanding dengan semua fitur yang dimiliki mobil ini. Apalagi mobil ini sudah dilengkap teknologi Nissan Intelligent Mobility yang memadukan beragam fitur canggih demi menjaga kenyamanan dan keselamatan pengendara serta penumpang All New Serena.
Nissan Serena sendiri sudah mengaspal di Indonesia sejak tahun 1996. Mobil ini tetap diminati hingga sekarang dan menjadi salah satu mobil MPV terbaik di Indonesia. Banyak orang membelinya dikarenakan mewah dan memiliki kabin yang sangat luas. Nah bagi masbro yang tertarik membelinya dan penasaran ingin mengetahui semua fitur terbaru All New Serena, maka silahkan simak informasi spesifikasi dan harga Nissan Serena 2019 berikut ini.


  • Desain Exterior

Salah satu kelebihan All New Serena adalah memiliki fitur Touchless Sliding Door. Fitur tersebut memungkinkan pintu baris kedua dapat terbuka secara otomatis dengan satu ayunan kaki, sehingga memudahkan akses keluar masuk bagi penumpang yang sedang membawa barang atau sedang menggendong anak. Selain itu, Nissan melengkapinya dengan pintu bagasi ganda (Dual Back Door) yang memudahkan kita memasukan barang saat parkir di tempat sempit.
Belum ada mobil sekelas Nissan Serena yang dilengkapi fitur Dual Back Door. Fitur tersebut memungkinkan pintu bagasi terbuka sebagian atau sepenuhnya. Secara keseluruhan desian eksterior All New Serena juga sangat keren. Mobil ini menawarkan desain modern dengan grille depan yang iconic serta perpaduan warna dual tone yang membuatnya terlihat semakin mewah. Lekukan body samping tak kalah keren dari sisi depan dan dipadukan dengan body belakang yang modern serta stylish.
  • Desain Interior
Dari sisi luar sudah terlihat kemewahan yang dimiliki mobil ini. Lalu untuk bagian interior tersedia 3 baris kursi yang dibalut kulit premium. Setiap baris kursi dilengkapi Power Outlet yang apabila ditotal ada 7 buah. Yah, mobil ini memang cocok untuk kaum milenial yang sering kali berebut port Charger untuk mengisi baterai smartphone ataupun gadget. Dengan hadirnya 7 Power Outlet, tentu kita tidak perlu lagi berebutan port Charger.

Menariknya lagi, All New Serena memiliki kursi baris kedua yang dapat dimundurkan hingga ke belakang sehingga ruang kaki (Legroom) menjadi semakin lega. Selain itu, baris kursi kedua yang berbentuk Captain Seat bisa digabungkan menjadi satu agar semakin banyak penumpang yang bisa menaiki mobil ini. Sayangnya untuk varian standar belum dilengkapi kursi kulit dan hanya memiliki 3 slot USB Charging. Jadi masbro harus membeli varian Highway Star apabila ingin mendapatkan fitur yang lebih lengkap.


Yah, Nissan Serena terbaru tersedia dalam dua varian, yakni tipe X-Grade dan Highway Star. Setiap varian meiliki fitur yang berbeda-beda, namun sama-sama memiliki interior yang mewah dan elegan. Sebenarnya selisih harga Nissan Serena tipe standar dan harga Nissan Serena Highway Star tak berbeda jauh. Namun sayangnya unuk varian standar belum menggunakan lampu LED, melainkan Halogen biasa. Sedangkan untuk tipe Highway Star sudah dilengkapi Headlamp LED dengan Auto leveling.

Sederet fitur canggih sudah ada pada mobil ini yang otomatis membuat harga Nissan Serena 2019 semakin mahal. Apalagi Nissan sudah melengkapinya dengan Head Unit 7 inci yang bisa terkoneksi ke smartphone. Lalu ada pula fitur kamera 360 derajat yang dilengkapi teknologi oving Object Detection (MOD) yang akan memberikan tanda apabila ada sesuatu yang bergerak di dalam mobil. Tak hanya itu, Nissan juga menyedkaian fitur Roof Monitor berukuran 11″ sebagai fitur entertainment pada penumpang belakang.

  • Spesifikasi Mesin

Fitur Foot Sensor hanya tersedia pada tipe Highway Star. Bagi masbro yang membeli tipe X-Grade, maka hanya mendapatkan fitur One Touch Open dan Auto Closer. Lalu untuk sektor jantung pacu, keduanya sama-sama ditenagai mesin 4 Silinder berkapasitas 1997cc yang bisa mengeluarkan tenaga sebesar 150 PS pada 6.000 rpm. Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi CVT yang menjadikan mobil ini terasa semakin nyaman dikendarai. Sedangkan untuk torsinya mencapai 199 kgm pada putaran 4.400 rpm.
Performa mesinnya sangat responsif dan didukung suspensi berkualitas yang mengandalkan suspensi depan Independent Strut, Single action, Coil spring dengan stabilizer. Sedangkan untuk bagian belakang dilengkapi suspensi Torsion Beam, Coil Spring dan sama-sama dilengkapi stabilizer yang membuat All New Serena lebih stabil saat melewati jalanan rusak. Selain itu, tersedia pula rem depan bertipe Ventilated disc serta rem depan Disc yang dioptimalkan oleh fitur ABS, EBD dan BA.
  • Fitur Keselamatan

Fitur keselamatan Nissan Serena tergolong sangat lengkap. Selain ABS, EBD, dan BA, mobil ini juga dilengkapi fitur Traction Control System (TCS), Hill Start Assist, Side Impact Beam, dan Vehicle Dynamic Control (VDC). Semua fitur tersebut tersedia pada setial tipe All New Serena. Sayangnya untuk varian X-Grade hanya memiliki 2 titik Airbags untuk melindungi penumpang depan dan supir. Sedangkan untuk tipe Highway Star dilengkapi 10 titik Airbags untuk melindungi setiap sisi kabin saat terjadi benturan.
Mahalnya harga Nissan Serena 2019 memang mengharuskan mobil ini memiliki fitur keselamatan yang lengkap. Semua fitur di atas sudah lebih dari cukup untuk melindungi penumpang dan supir dari hal-hal yang tidak diinginkan. Di sisi lain, All New Serena menawarkan desian velg 16″ keren bergaya Two Tone Machining yang dipadukan dengan ban berukuran 195/60-R16 yang menjadikan tampilan mobil MPV ini semakin gagah.

Waspada Penyebab Motor Menjadi Brebet, Berikut Tips Untuk Menanggulanginya



Otomotif - Mengendarai sepeda motor dengan nyaman merupakan keinginan semua orang. Namun sering kali motor mengalami brebet saat digas pada rpm tinggi ataupun rpm rendah. Kasus tersebut menandakan bahwa ada yang tidak beres pada sistem pembakaran mesin, sehingga dibutuhkan penangan khusus agar masalah tersebut bisa cepat terasi. Untungnya cara memperbaiki motor Brebet tergolong cukup mudah dan tidak membutuhkan biaya terlalu besar.
Kami yakin sebagian orang belum mengetahui penyebab motor brebet dan cara memperbaikinya. Oleh karena itulah kali ini kami akan membahas mengenai apa saja penyebab motor brebet serta solusinya agar masbro bisa mengambil tindakan dini sebelum memperparah kondisi motor. Yah, kondisi motor memang harus selalu dijaga. Apabila dibiarkan begitu saja, maka motor terasa kurang nyaman dan tidak menutup kemungkinan bisa membahayakan keselamatan saat mengendarainya.
Coba masbro bayangkan mengalami motor brebet disaat menyalip kendaraan atau berada ditengah-tengah jalan raya. Apabila apes kita bisa tertabrak pengendara di belakang, sehingga sangat membahayakan keselamatan. Agar hal tersebut tidak terjadi, maka kita wajib menjaga kondisi motor agar terhindari dari brebet atau tersendat-sendat. Nah, secara umum penyebab motor brebet dikarenakan oleh perbandingkan komposisi di ruang bakar tidak sesuai standar yang otomatis menjadikan pembakaran mesin kurang sempurna.
Tidak hanya berjalan tersendat-sendat, motor brebet juga bisa berakibat mesin mati ditengah jalan. Masih ada beberapa penyebab motor brebet lainnya yang wajib masbro ketahui agar nantinya bisa melakukan perbaikan secara cepat ataupun sebagai penyegahan agar motor tidak brebet saat digas paa rpm tingi ataupun rendah. Nah untuk mengetahui apa saja penyebabnya.
  • Bahan Bakar Tidak Sesuai
Penyebab motor brebet atau tersendat yang utama adalah pemakaian bahan bakar yang tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan pabrikan. Biasanya setiap pabrikan sudah menetapkan standar khusus yang disesuikan dengan mekanismen mesin agar performa sepeda motor bisa lebih optimal. Untuk mengetahuinya masbro bisa melihat buku manual yang disertakan saat membeli motor baru. Apabila disarankan untuk memakai bahan bakar RON tinggi, seperti Pertamax dan yang lainnya maka masbro harus menggunkannya agar terhindar dari mesin brebet.

Sering kali pengguna sepeda motor tidak menghiraukan jenis bahan bakar yang digunakan. Rata-rata lebih memilih bahan bakar yang murah, seperti Pertalite atau Premium. Padahal beberapa motor terbaru harus menggunakan Pertamax yang lebih optimal dalam hal pembakaran mesin. Nah apabila salah memakai bahan bakar, maka nantinya akan terjadi knocking pada mesin yang mengakibatkan motor brebet. Jadi solusinya adalah menggunakan bahan bakar yang sesuai dan disarankan oleh pabrikan.
  • Filter Udara Rusak Atau Kotor
Filter udara juga bisa menyebabkan motor brebet. Pasalnya filter udara bertugas untuk menyaring udara yang masuk ke dalam ruang bahan bakar agar tidak tercampur dengan partikel kotoran dan debu, sehingga membuat pembakaran mesin lebih sempurna. Jadi apabila filter udara mengalami kerusakan ataupun kotor, maka tarikan gas menjadi terasa lebih berat dan bisa berakibat motor menjadi brebet.

Solosi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan perawatan rutin terhadap filter udara. Masbro harus rajin membersihkannya agar sistem pembakaran tetap sempurna dan membuat laju motor tetap nyaman. Apabila filter udara sudah rusak parah, maka masbro jangan segan-segan untuk menggantinya. Pasalnya filter udara yang rusak bisa menyebabkan motor brebet dan mesin mati secara mendadak.
  • Busi Kotor Atau Rusak

Salah satu penyebab motor tersendat-sendat atau brebet adalah masalah pada busi. Seperti yang kita ketahui bersama, busi bertugas sebagai sistem pengapian yang nantinya menjadi sumber api untuk pembakaran di ruang mesin. Jadi apabila busi dalam kondisi tidak prima, seperti kotor, terlalu renggang atau bahkan mengalami kerusakan, maka pembakaran di ruang mesin menjadi kurang sempurna dan mengakibatkan motor brebet.
Jarak busi yang terlalu renggang memang sangat berpengaruh terhadap sistem pengapian. Pasalnya hal tersebut akan mempengaruhi suhu pengapian busi yang secara tak langsung membuat pembakaran bahan bakar dan udara di dalam mesin kurang sempurna. Untuk mengatasi hal tersebut, pastikan kondisi busi masih bagus, dan apabila celah diantara busi lebih dari 1 mm, kami sarankan untuk menggantinya dengan yang baru.
  • Setelan Klep Tidak Pas

Menjaga kondisi semua komponen mesin menjadi kewajiban agar terhindar dari brebet. Nah salah satu komponen yang sangat berpengaruh adalah klep atau valve. Apabila setelah klep terlalu rapat atau terlalu longgar maka akan mempengaruhi jumlah gas yang masuk ke ruang pembakaran mesin. Hal tersebut berakibat terhadap pencapuran bahan bakar, udara, dan pengapian menjadi tidak sempurna yang apabila dibiarkan maka akan membuat motor menjadi brebet.
Penyebab motor brebet di atas harus segera ditangani agar nantinya tidak menjalar ke komponen mesin lainnya. Solusinya adalah dengan melakukan perbaikan ke bengkel resmi ataupun bengkel berpengalaman yang sudah terbiasa menyetel klep motor. Jangan asal memilih bengkel, karena dibutuhkan pengalaman khusus dalam menyetel klep motor yang nantinya akan membuat performa moto selalu optimal.
  • Terjadi Masalah Pada Putaran Stasioner
Yah, putaran stasioner akan sangat berpengaruh terhadap tarikan gas. Apabila pengaturan putaran stasioner di bawah standar, maka nantinya membuat tarikan gas menjadi tidak stabil dan menyebabkan motor mengalami brebet. Untuk mengatasi hal tersebut, lebih baik masbro datang langsung ke bengkel terdekat dan meminta bantuan untuk mengatur ulang putaran stasioner ke tenaga ahli yang terbiasa menggunakan alat penyetelan stasioner mesin.
  • Kerusakan Pada Sensor Injeksi

Sensor Injeksi atau Injektor memiliki fungsi utama untuk menyemprotkan bahan bakar ke ruang pembakaran. Jadi apabila Injektor mengalami kerusakan, maka pembakaran menjadi terganggu. Biasanya kerusakan Injektor disebabkan oleh pemakaian bahan bakar yang kurang sesuai dengan rasio kompresi mesin yang secara tak langsung mempengaruhi kualitas semprotan bahan bakar, sehingga tarikan motor menjadi brebet.
Solusi penyebab motor brebet di atas adalah dengan cara membersihkan injektor menggunakan cairan khusus pemersih injektor yang bisa dibeli di bengkel ataupun toko aksesoris sepeda motor. Namun apabila lubang injektor sudah terlalu kotor, maka masbro bisa membersihkannya dengan sikat. Selain itu, jangan lupa menggunakan bahan bakar yang nilai oktannya sesuai dengan yang ditetapkan pabrikan.
  • Air Masuk Ke Tangki
Selain penyebab motor brebet di atas, masih ada beberapa penyebab lainnya. Salah satunya adalah masalah yang disebabkan oleh air yang masuk ke dalam tangki bahan bakar. Air yang tercampur dengan bensin akan mengakibatkan bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran menjadi sedikit, sehingga pembakaran tidak berlangsung secara sempurna. Untuk mengatasi masalah motor brebet tersebut, ada baiknya masbro menguras semua isi tangki agar nantinya tidak ada air yang tercampur dengan bahan bakar.
  • Masalah Pada Filter Bensin
Filter bensin memiliki fungsi untuk menyaring kotoran dari tangki ke bak karburator. Sering kali pemilik sepeda motor melakukan penggantian filter bensin yang tidak sesuai dengan standar pabrikan, sehingga mengakibatkan debit bensin yang masuk ke dalam bak karburator terlalu sedikit. Masalah tersebut menjadi salah satu penyebab motor brebet. Untuk mengatasi tersebut, lebih baik masbro menggunakan filter bensin yang sesuai agar kucuran bensin tetap deras.
  • Fuel Pump Kotor
Fuel Pump berguna untuk memompa bahan bakar ke ruang pembakaran mesin. Apabila kondisinya kotor, maka bisa bisa mengakibatkan tekanan bensin terlalu tinggi atau terlalu rendah yang otomatis dalam menyebabkan motor brebet. Solusinya adalah mengecek kondisi Fuel Pump, apabila kotor maka harus segera dibersihkan. Masbro juga harus mengecek kekencangan fuel pump agar bisa bekerja secara optimal.
  • Berikut Merawat Mesin Agar Tidak Brebet

Setelah mengetahui penyebab motor brebet di atas, maka paling tidak masbro bisa mencegah hal tersebut tidak terjadi. Bisa dikatakan solusi penyebab motor brebet adalah melakukan service rutin untuk mengecek seluruh komponen mesin agar kondisinya tetap terjaga dan bisa bekerja optimal dalam mengoptimakan sitem pembakaran ataupun sistem pengapian yang sangat berpengaruh terhadap tarikan gas motor.
Saat service rutin, pastikan masbro membersihkan filter udara dan filter bensin agar bebas dari kotoran. Selain itu, jangan lupa memakai bahan bakar yang nilai oktannya sesuai standar pabrikan. Kondisi busi juga harus selalu dijaga dan kami sarankan untuk memakai busi yang sesuai dengan spesifikasi motor. Kemudian tips selanjutnya untuk mencegah penyebab motor brebet adalah dengan menjaga jangan sampai ada air yang masuk ke tangki bensin.



Sepeda motor yang selalu terawat pasti akan terhindar dari mesin brebet saat digas pada rpm tinggi ataupun rpm rendah. Namun tak semua orang memperhatikan kondisi motor miliknya, sehingga membiarkannya tak terurus hingga nantinya menjadi brebet. Kami berharap agar kejadian serupa tak terjadi pada anda. Dengan adanya tips mengenai penyebab motor brebet di atas, semoga bisa menjadi informasi tambahan dalam merawat sepeda motor yang masbro miliki.

Begini Syarat Dan Ketentuan Membuat SIM A Atau C Di SATPAS



Info Otomotif - Bukti seseorang memiliki seseorang paham akan peraturan lalu lintas dan layak mengendarai kendaraan bermotor adalah memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi). Dokumen berukuran kecil tersebut wajib dimiliki semua pengendara kendaraan bermotor, baik itu sepeda motor ataupun mobil. Nah apabila pengendara sepeda motor wajib memiliki SIM C, maka untuk pengendara mobil pribadi harus memiliki SIM A.
Yah, ada beberapa golongan SIM yang disesuaikan dengan jenis kendaraan. Selain SIM A, ada pula SIM A Umum yang dikhususkan untuk pengendara Taksi. Hukum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) merupakan suatu kewajiban. Apabila tidak memilikinya, maka masbro harus siap menerima konsekuensi akan ditilang sesuai peraturan pemerintah yang tercantum pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
Undang-undang di atas berbunyi, bahwa setiap pengendara kendaraa bermotor yang tidak memiliki SIM dapat dipidana dengan kurangan paling lama 4 Bulan dan denda paling banyak Rp. 1.000.000. Mengacu pada undang-undang di atas, maka lebih baik kita mengorbankan sedikit waktu untuk mengurusi SIM. Nah bagi masbro yang memiliki mobil pribadi, maka harus membuat SIM A.
Maka biaya yang dibutuhkan untuk membuat SIM A adalah sebesar Rp. 120.000. Biaya tersebut juga berlaku untuk pembuatan SIM A Umum, SIM B1, SIM B1 Umum, SIM B2, dan SIM B2 Umum. Tarif pembuatan SIM memang tergolong murah, namun biaya tersebut belum termasuk pembuatan Surat Keterangan Sehat atau KIR Dokter serta biaya asuransi yang sifatnya tidak wajib.
Walaupun biaya pembuatan SIM A sangat murah, namun sering kali ada orang yang lebih memilih jalan pintas dengan nembak. Hal tersebut dilakukan agar tidak perlu mengikuti test pembuatan SIM A yang terdiri dari tes teori, tes praktik, dan tes simulator. Kedua tes tersebut harus diikuti sampai benar-benar dinyatakan lulus. Namun sebelum mengikuti ujian pembuatan SIM A, kita harus terlebih dahulu memenuhi semua syarat membuat SIM A.
Ada yang beberapa syarat yang harus dipenuhi agar bisa membuat SIM A. Dimana syarat yang pertama adalah memenuhi persyaratan usia, lalu adminstrasi dan kesehatan. Nah untuk mengetahunya secara pasti, silahkan simak syarat membuat SIM A berikut ini.
  • Usia pemohon SIM A harus berumur 17 Tahun dan sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP)
    • Membawa KTP Asli saat mendaftar
    • Mengisi formulir pengajuan SIM
    • Sehat jasmani dan rohani yang nantinya dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat dari Dokter
    • Saat mengajukan permohonan SIM harus berpakaian rapi. Dimana untuk pria memakai kemeja berkerah, bercelana panjang, dan harus bersepatu.
    • Lulus ujian pembuatan SIM A yang terdiri dari ujian teori, ujian praktek, dan ujian keterampilan melalui simulator
    • Membayar biaya pembuatan SIM sesuai golongan SIM yang akan dibuat.

    Warga negara asing juga bisa membuat SIM A di Indonesia. Cara membuat SIM A untuk warga negara asing juga sama, namun harus terlebih ememenuhi beberapa persyaratan khusus selain syarat di atas. Dimana syarat yang utama adalah harus membawa beberapa dokumen keimigrasian yang terdiri dari sebagai berikut.

    • Bagi Warga Negara Asing yang berdomisili tetap di Indonesia harus membawa dokumen Paspor dan Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP)
    • Untuk Warga Negara Asing yang bekerja sebagai staf atau keluarga kedutaan, maka syarat membuat SIM A adalah membawa Paspor, visa diplomatik, kartu anggota diplomatik, dan identitas diri lain.
    • Bagi WNA yang bekarja sebagai tenaga ahli pelajar yang bersekolah di Indonesia harus membawa Paspor dan Visa Dinas atau Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS)
    • Bagi WNA yang tidak berdomisili di Indonesia harus membawa Paspor dan Kartu Izin Kunjungan


    Setelah semua syarat terpenuhi, maka kita tinggal datang ke Satpas terdekat untuk menjakukan permohonan SIM A baru. Selain itu, masbro bisa menggunakan layanan SIM Online untuk mempermudah proses registrasi. SIM Online juga memudahkan masyarakat Indonesia yang berada diluar kota untuk membuat SIM, tanpa perlu terikat domisili yang tertera pada KTP.

    Yah, layanan SIM Online hanya digunakan untuk mempermudah proses registrasi dan pembayaran dalam pengajuan SIM baru. Layanan tersebut hanya tersedia untuk pengajuan SIM A dan SIM C. Sedangkan untuk golongan SIM lainnya harus dilakukan secara langsung di Satpas terdekat. Nah setelah datang ke Satpas, maka cara membuat SIM A selanjutnya, silahkan masbro simak dibawah ini.

    • Cara membuat SIM A yang pertama adalah datang ke Satpas terdekat sesuai domisili atau lokasi yang dipilih saat pendaftaran SIM A Online.
    • Setelah sampai di Satpas, kami sarankan untuk datang ke tempat fotocopy di masing-masing Satpas untuk memfotocopy KTP dan beberapa syarat lainnya. Masbro juga bisa bertanya ke tukang fotocopy mengenai syarat membuat SIM A di masing-masing daerah. Siapa tahu syarat yang kami sampaikan berbeda.
    • Kumpulkan semua dokumen yang telah di fotocopy dan masukan ke dalam map.
    • Cara membuat SIM A selanjutnya adalah datang ke klinik kepolisian ataupun pusat pelayanan kesehatan lainnya untuk membuat Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani. Biaya membuat Surat Keterangan Sehat di masing-masing daerah bisa bereda. Namun rata-rata biayanya tak sampai 50 Ribu Rupiah
    • Setelah itu, masbro mengambil formulir pendaftaran SIM baru dan membayar biaya pendaftaran SIM A sebesar Rp. 120 Ribu.
    • Kita juga disarankan untuk membayar premi asuransi sebesar Rp. 30 Ribu, namun sifatnya tidak wajib
    • Setelah proses pembayaran selesai, kemudian kita mengisi formulir pendaftaran secara lengkap dan benar sesuai data diri yang tertera pada KTP.
    • Kemudian serahkan formulir pendaftaran serta syarat lainnya yang sudah dimasukan ke dalam map ke petugas loket yang telah disediakan.
    • Setelah itu kita tingga menunggu nama dipanggil untuk mengikuti ujian membuat SIM A.
    • Ujian pertama yang harus diikuti adalah ujian tertulis. Apabila ujian tersebut gagal, maka kita akan diberi kesempatan untuk mengikuti ujian ulang setelah tenggang 7 hari, 14, hari, dan 30 hari. Apabila tetap gagal dan tidak ingin mengulangi ujian tersebut, maka uang yang sobat bayarkan akan dikembalikan.
    • Setelah ujian tertulis atau teori dinyatakan lulus, maka cara membuat SIM A selanjutnya adalah mengikuti ujian Praktik.
    • Ada banyak materi saat tes praktek. Diantaranya adalah masuk jalan sempit, keluar mundur jalan sempit, parkir paralel, parkir mundur, berkendara zig-zag, melewati tanjakan, dll. Semua rintangan tersebut harus lulus 100%,  dan apabila salah satunya tidak lulus maka kita diberi kesematan untuk mengikuti ujian praktik ulang satu minggu sesudahnya, dan apabila masih gagal maka harus mencoban minggu berikutnya sampai benar-benar dinyatakan lulus.
    • Untuk pengajuan SIM A perseorangan tidak membutuhkan tes uji simulator, karena tes tersebut hanya diperuntungkan untuk SIM A Umum.
    • Apabila semua tes dinyatakan lulus, maka cara membuat SIM A selanjutnya adalah melakukan proses identifikasi dan virifikasi yang terdiri dari pengambilan sidik jari, tanda tangan, dan foto.
    • Kemudian cara membuat SIM A yang terakhir adalah tinggal mengambil SIM A yang sudah selesai dicetak. Masbro hanya tinggal menunggu sampai nama dipanggil dan mengambilnya di loket pengambilan SIM yang suda disediakan.
    Nah itulah cara pembuatan SIM A dari proses pendaftaran sampai sim selesai dicetak. Boleh dikatakan yang paling sulit dalam membuat SIM A adalah ujian praktek. Ujian tersebut mengharuskan kita melewati berbagai rintangan sampai benar-benar lulus 100%. Terbukti banyak sekali yang gagal dalam mengikuti ujian tersebut, sehinga harus mengulang berkali-kali hingga dinyatakan lulus.
    Apabila ujian pratik gagal, maka masbro tak perlu lagi mengikuti ujian teori. Masbro bisa langsung datang ke Satpas dan mengajukan permohonan ujian praktik ulang. Selain itu, masbro bisa menggunakan mobil pribadi saat mengikuti ujian praktek. Bisa saja mobil yang disediakan pihak kepolisian kurang nyaman dikendarai, sehingga menyebabkan kegagalan saat melewati berbagai materi ujian.
    Memakai mobil pribadi bisa menjadi solusi bagi yang terbiasa menggunakan mobil matic. Pasalnya mobil yang disediakan pihak kepolisian rata-rata merupakan mobil bertransmisi manual. Kami juga menyarankan untuk terlebih dahulu berlatih dirumah sampai benar-benar paham mengenai rambu-rambu lalu lintas dan cara mengendarai mobil dengan baik dan benar. Nah apabila berhasil membuat SIM A, lalu sampai kapan masa berlakunya ?

    Friday, 25 January 2019

    Komunitas Mobil Classic BMW Dan Mercedes, Meski Beda Merk Konvoi Tetap Bareng


    Otomotif - Rivalitas duo merek Jerman, Mercedes-Benz dan BMW tidak hanya terjadi di dalam bisnis. Para konsumen dan penggunanya pun kerap kali tidak mau disandingkan satu sama lain.  Namun dalam sebuah komunitas Bimmer Benz Indonesia (BBI), perselisihan tersebut seakan luntur. Kedua merek dengan kedua pemiliknya sangatlah akur dalam sebuah komunitas yang informal tersebut.

    "BBI ini bukan komunitas klub seperti yang lainnya. Biasanya para pemilik Mercy atau BMW sudah punya klub masing-masing tapi ada di antara mereka yang ingin menjalin silaturahmi oleh karena itu BBI ada," ujar Founder BBI, Pae Bowo saat ditemui detikoto pada Sabtu (26/1/2019) dalam peringatan 2 tahun mereka di Kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

    BACA JUGA : Pabrikan Mobil Sport BMW Dan Mercedes Akan Berkerja Sama

    Bowo menjelaskan BBI adalah sekumpulan pengguna Mercedes-Benz dan BMW di Indonesia. BBI berdiri pada tahun 2017 dengan melakukan turing dari Anyer menuju Cimahi, Bandung.  "Jadi Bimmer Benz ini adalah sekumpulan pemakai Mercy dan BMW yang tersebar di seluruh Indonesia. Kumpulan ini diawali pada 19 Januari 2017 kita turing dari Anyer menuju Cimahi," ungkap Bowo.

    Turing tersebut juga dikatakan sebagai turing pertama yang dilakukan oleh dua merek berbeda tersebut. "Itu sebelumnya belum pernah ada di seluruh dunia turing bersama-sama antara BMW dan Mercy, ini menjadi momen di Indonesia dan dunia mungkin belum ada yang sebanyak dan sejauh itu," kenang Bowo.  Memperingati ulang tahun ke-2, BBI menggelar acara silaturahmi yang dimulai dengan konvoi 90 mobil Mercedes-Benz dan BMW dari Cilandak menuju Gatot Subroto, Jakarta Selatan pagi harinya. Di Gatot Subroto, BBI mengundanga berbagai komunitas lain dengan menyuguhkan berbagai rangkaian acara hiburan.  "Pagi tadi kita buka dengan konvoi 90 mobil dari Citos ke Telkomsel Smart Office. Di Sini kami bebas siapapun boleh datang bahkan komunitas motor pun boleh dalam peringatan ulang tahun BBI ke-2 ini," pungkas Bowo.

    Berbagai Jenis Varian-Varian Modifikasi Mitsubishi X-PANDER Yang Bisa Dijadikan Sebagai Contoh



    Otomotif - Bagi kalian yang memiliki mobil Mitsubishi X-PANDER dan ingin memodifikasi setelan ringan, anda bisa simak artikel ini. X-PANDER kini telah menjadi mobil family terfavorit di Indonesia tidak salah anda mengubah atau memodifikasi mobil ini menjadi lebih nyaman di lihat atau di gunakan, berbagai Varian dari mobil ini bisa kalian ikuti atau dijadikan contoh untuk memodifikasi ringan. Simak Berikut ini.

    Mitsubishi Xpander menjadi salah satu mobil terlaris di Indonesia di segmen Low Multi Vehicle Purpose (MPV), kehadirannya turut dibarengi dengan lahirnya komunitas Xpander Mitsubishi Owners Club (Xmoc).Dalam road show seri terakhir yang bertajuk "Xpander Tons of Real Happiness" di Sumarecon Mall Serpong, Tangerang, pada 25 hingga 27 Januari 2019, ada yang spesial nih Otolovers.

    Tercatat ada 5 mobil Xpander deretan modifikasi ringan milik anggota komunitas Xmoc berjejer rapi di area road show yang bisa dijadikan inspirasi bagi pemilik Xpander lain.



    Menempati sudut paling kiri dari jejeran Xpander, mobil ini dijuluki Si Ganteng. Mobil milik anggota Xmoc dengan nomor anggota 0070 ini bisa menjadi inspirasi buat yang suka mobil berkonsep Down to Earth.

    Xpander Ultimate AT milik Rio Panduwinata ini dimodifikasi dengan kategori estetika dan fungsional. Diklaim sebagai Xpander pertama yang menggunakan air suspension, sehingga ketinggian jarak antar tanah bisa disesuaikan menggunakan tombol manual ataupun melalui smartphone.



    Grasak-grusuk begitu sebutannya, Xpander varian Exceed MT milik anggota Xmoc dengan nomor 0110 alias Rachmat Soleh ini mengusung konsep bergaya rally. Kategori fungsionalitas dan estetika juga tidak terlewat, yang terlihat pada penggunaan rooftail dan ban MT.


    Salah satu modifikasi Xpander lainnya juga memiliki konsep yang berbeda yakni terinspirasi dari iron man yang kental dengan warna merah.

    Xpander varian ultimate AT milik Andre Loing anggota Xmoc 1717 ini berjubah menjadi Iron Man Style yang disebutnya IRON X-17.



    Blowrock R20 julukan mobil dari milik Eko Hariansyah anggota Xmoc - 965 ini memodifikasi dengan konsep Body Wrapping dengan warna satin grey dan bahan sticker premium. Paling kelihatan berbeda adalah pada bagian lampu sein dan DRL yang semakin kelihatan elegan dengan konsep Lazy Eyes.



    Sebutannya Earthpander, milik anggota Xmoc 1668 alias Alvin Thandra ini merupakan Xpander varian Sport AT yang memiliki konsep seperti mobil mainan Hot Wheels. Diklaim sebagai Xpander pertama yang menggunakan Coil Over dan Bol On Muffler. Kategori modifikasi yang dilakukan adalah estetis dan fungsional, menggunakan desain body kit pertama yang dijual massal oleh Earth Autoconcept dan menonjolkan detail menggunakan bahan Carbon Kevlar.

    Tuesday, 8 January 2019

    Byton, Menampilkan Head Unit SUV Elektrik Yang Unik Dengan Mengusung Layar Berukuran Masif



    Otomotif - Perusahaan startup asal Cina, Byton, tahun lalu mengejutkan publik dengan menghadirkan M-Byte. Sebuah mobil konsep bertipe SUV dengan penggerak elektrik. Yang menarik, M-Byte dilengkapi head unit dengan layar berukuran masif, tepatnya 48 inci atau setara 7 iPad yang dibariskan. Saking besarnya, perangkat itu sampai membungkus dashboard dari ujung ke ujung.


    Fitur bernama Shared Experience Display (SED) ini, berfungsi memberikan keleluasaan penggunanya mendapatkan informasi seputar kendaraan, termasuk hiburan, navigasi dan telepon. Byton sengaja menyematkannya untuk meningkatkan keamanan berkendara. Menurut Presiden dan Co-Founder Byton, Daniel Kirchert, penggunaan layar kecil pada mobil saat ini justru dapat mengalihkan perhatian pengemudi. Sebagai contoh saat melihat navigasi. Dengan adanya SED, orang yang berada di balik kemudi bisa lebih fokus memperhatikan jalan.

    Waktu itu, banyak kalangan skeptis apakah SUV ini bisa diproduksi. Namun, Byton pun membuktikan dengan memperlihatkan versi produksinya. Diungkap saat Consumer Electronic Show (CES) 2019 di Las Vegas awal 2019, Byton bahkan meningkatkan beberapa fitur agar dapat diakses seluruh penumpangnya.



    Adapun peningkatan yang diberikan, yakni layar berukuran 7 inci di roda kemudi. Posisinya berada di atas airbag, berfungsi sebagai pengontrol konfigurasi kendaraan. Ada pula touch pad berdimensi 8 inci yang diletakkan di antara jok pengemudi dan penumpang depan.


    Di baris belakang, disuguhkan display yang tak diketahui ukurannya. Seluruh perangkat itu dapat dipakai untuk mengakses fitur hiburan dan fungsi lainnya. Total ada 5 layar tertanam.

    Guna memudahkan penggunaan, M-Byte diperkuat perintah suara, gesture control dan sentuhan. Byton bahkan telah bekerjasama dengan Amazon Alexa untuk pengembangan voice control. Uniknya, teknologi Byton Life disematkan, sebuah ekosistem digital terbuka yang dapat menganalisa kebutuhan pengguna seperti musik favorit atau lokasi yang sering dituju. Sistem mengenali suara yang berbeda-beda di dalam mobil dan secara otomatis menyetelnya.

    Saat ini, pengujian M-Byte tengah dilakukan agar sesuai dengan standar keselematan yang berlaku di Cina, Amerika dan Eropa. Byton merilis SUV elektriknya pada pertengahan 2019 dan produksinya dimulai akhir tahun. Hal itu sejalan dengan penyelesaian pabrik yang berada di Nanjing, Cina tahun ini. Diduga M-Byte ditawarkan dalam dua pilihan baterai: 71 kWH dan 95 kWH. Daya terkecil mampu mendorong kendaraan sejauh 400 km, sedangkan yang terbesar sekitar 520 km. Harganya diperkirakan mulai Rp 633 juta. Rencananya, Byton bakal mengembangkan modelnya ke segmen sedan dan berteknologi nirawak.


    PT. Pertamina Retail Dan Auglaze Membuka Layanan Cuci Mobil Kembali Di Ketiga Gerai SPBU



    Otomotif - PT Pertamina Retail dan Autoglaze buka layanan cuci mobil lagi (7/1). Gerai ketiga di SPBU Pertamina COCO Fatmawati, Jakarta Selatan dioperasikan oleh Autoglaze Indonesia dengan investasi Rp 1 miliar. Konsep yang diusung, cuci premium. Bedanya dengan yang lain, pembersihan dilakukan singkat. Kemudian prosesnya touchless (pertama di Indonesia) atau tanpa sentuhan tangan si pencuci, dan hanya pakai steam. Biaya cuci mobil ini Rp 50 ribu untuk nonmember.


    Jadi kini tersedia tiga SPBU COCO Pertamina yang menyediakan pencucian mobil serupa. Lokasinya di kawasan Fatmawati, MT Haryono dan Kalimalang. Selain Anda isi bahan bakar, mobil bisa dicuci dengan bersih.

    “PT Pertamina Retail terus berupaya mencapai rencana jangka panjang. Tujuannya untuk menjadi perusahaan ritel global yang berkelas. Dan memberikan nilai dari diversitikasi bisnis non-bahan bakar melalui jasa yang terintegrasi. Kami menggandeng Autoglaze karena kredibilitasnya untuk urusan pembersihan mobil,” terang Direktur Utama PT Pertamina Retail, Sofyan Yusuf.


    Konsep bisnis Non-Fuel Retail (NFR) merupakan salah satu cara Pertamina Retail dalam mengembangkan aset dan infrastruktur. Dengan layanan cuci mobil oleh Autoglaze, diharapkan konsumen SPBU maupun masyarakat umum dapat merasakan lebih banyak manfaat Pertamina di lingkungannya.


    “Autoglaze sudah memiliki pengalaman panjang di dunia otomotif Indonesia. Kami sudah beroperasi sejak 2008 di Tanah Air dan menjadi market leader di segmennya. Fasilitas Pertamina Bright Wash by Autoglaze Car Wash siap membantu konsumen. Tentunya untuk merasakan kualitas pencucian kendaraan yang berkelas dengan jangkauan jaringan Pertamina Retail yang luas,” jelas Robby Kumia, CEO Autoglaze Indonesia di SPBU Pertamina COCO 31.124.02.

    Kelebihan Cuci di Bright Wash

    Konsep pembersihan mengadopsi sistem touchless. Untuk proses cuci, dikatakan pakai bahan organik premium dan peralatan canggih. Konon, meski tekanan airnya tinggi, tidak merusak cat dan bergaransi (1x24 jam). Konsep ini sejalan dengan visi Pertamina Retail. Yakni menyajikan layanan yang berkonsep Go Green. Nah, berikut sembilan keunggulan Bright Wash:

    Cuci mobil dengan teknologi touchless yang meminimalisasi baret.

    Air pam sudah difilter untuk menghilangkan kandungan mineral, sehingga tidak merusak cat dan tidak meninggalkan watermark atau noda air pada mobil.

    Menggunakan alat High Pressure Washer bertekangn tinggi, hingga 180 bar. Fungsinya merontokkan kotoran yang terdapat di permukaan cat.

    Menggunakan shampoo mobil berkualitas.

    Menggunakan coating dari Zero Coating, made in Japan.

    Menggunakan tire gel dressing dari Autolab, made in Japan.

    Undercarriage wash (cuci kolong) dengan high pressure washer.

    Vacuum cleaner interior.

    Garansi cuci 1x24 jam. Gratis cuci mobil satu kali jika terkena hujan. Caranya menunjukkan struk/invoice.


    Monday, 7 January 2019

    Perbedaan Motor Honda PCX ABS Dengan Yang Hybird




    Otomotif - Bicara mengenai teknologi hybrid,  banyak sekali kendaraan yang mengusung teknologi ini baik roda dua maupun roda empat.  Di Indonesia, keberadaan mobil berteknologi hybrid ini setiap tahun jumlahnya kian bertambah dan diikuti dengan berbagai perubahan. Tetapi, untuk kelas sepeda motor, teknologi hybrid masih sangat jarang sekali ditemui.

    Di Indonesia, baru ada satu sepeda motor yang menggunakan teknologi ini. Ia adalah Honda PCX Hybrid. Ini merupakan sepeda motor yang dijual secara resmi oleh PT Astra Honda Motor (AHM) di segmen big skutik di Indonesia. Pasar yang terbentuk di segmen ini bisa dibilang menjadi pasar yang cukup potensial.

    Namun, ternyata masih banyak orang yang belum memahami perbedaan Honda PCX Hybrid dengan versi standard yang dijual AHM. Jika melihatnya secara dimensi, tentu saja sepeda motor ini tak memiliki perbedaan yang berarti. Honda PCX punya dimensi  panjang 1.923 mm, lebar 745 mm dan tinggi 1.107 mm, serta jarak sumbu roda 1.131 mm.

    Keduanya memiliki dimensi yang sama, hanya saja bobotnya berbeda. Perbedaan Honda PCX Hybrid  lebih berat 4 kg dibanding versi standard. Jika Honda PCX standard punya bobot 132 kg, PCX Hybrid ini menjadi 136 kg.

    Perbedaan lain yang dapat ditemui secara mudah adalah dari tampilan eksteriornya. PCX Hybrid dilabur dengan aksen biru dongker metalik yang disebut Hybrid Blue di bagian bodi.


    Serta di bagian samping terdapat emblem hybrid serta jok yang dikombinasikan dengan jahitan berwarna biru. Oya, warna Honda PCX Hybrid hanya terdiri dari satu warna, Hybrid Blue. Untuk remote versi PCX Hybrid juga berwarna biru yang terlihat sedikit lebih elegan.

    Harga dan Fitur



    Selain dari tampilan eksterior, perbedaan Honda PCX Hybrid dengan versi standard juga sangat berbeda dari segi harga. Untuk harganya sendiri, AHM membanderol Honda PCX dengan 3 pilihan harga. Mulai dari PCX CBS seharga Rp 27,8 juta, PCX ABS dengan harga Rp 30,8 juta, dan PCX Hybrid dengan harga Rp 40,3 juta.

    Fitur yang disematkan kepada 3 varian ini jelas berbeda, namun kami akan membeberkan perbedaan Honda PCX Hybrid dengan versi standardnya saja ya.

    Untuk fiturnya sendiri, PCX Hybrid memiliki beberapa unggulan yakni riding mode yang dapat digunakan di berbagai kontur jalan. Ada pilihan D dan S, dapat diatur melalui tombol yang terletak di bagian kiri setang. Selain itu, perbedaan yang menonjol dari PCX Hybrid ini adalah kapasitas bagasi yang lebih kecil.

    Ya, bagasi PCX Hybrid lebih kecil dengan kapasitas 23,3 liter sedangkan PCX versi standard memiliki kapasitas 28,8 liter. Cukup jauh perbedaan ruang kapasitas bagasinya. Soal kenyamanan dan keamanan, keduanya memilki kenyamanan dan keamanan yang cukup baik dengan fitur ABS yang dimilikinya. Untuk versi CBS belum mengadopsi rem ABS.



    Berikut spesifikasi lengkap Honda PCX Hybrid dan versi ABS

    Honda PCX ABS

    Mesin

    Tipe Mesin          4 Langkah, SOHC, PGM-FI, berpendingin cairan, eSP
    Sistem Suplai Bahan Bakar           PGM-FI
    Diameter X Langkah        57,3 x 57,9 mm
    Tipe Tranmisi     Otomatis, V-Matic
    Rasio Kompresi 10,6:1
    Daya Maksimum              10,8 kW (14,7 PS) / 8.500 rpm
    Torsi Maksimum               13,2 N.m (1,35 kgf.m) / 6.500 rpm
    Tipe Kopling       Otomatis, Sentrifugal, Tipe Kering
    Sistem Pendingin Mesin               Berpendingin Cairan


    Rangka dan Kaki-kaki

    Tipe Rangka        Double Cradle
    Tipe Suspensi Depan      Teleskopik
    Tipe Suspensi Belakang Twin
    Ukuran Ban Depan          100/80 – 14 M/C (Tanpa ban dalam)
    Ukuran Ban Belakang     120/70 – 14 M/C (tanpa ban dalam)
    Rem Depan        Cakram
    Rem Belakang   Cakram
    Sistem Pengereman       Combined Brake System Hidrolis dengan 3 piston caliper (untuk tipe CBS), Anti-Lock Braking System (untuk tipe ABS)


    Dimensi dan Berat

    Panjang X Lebar X Tinggi               1.923 x 745 x 1.107 mm
    Tinggi Tempat Duduk     764 mm
    Jarak Sumbu Roda           1,313 mm
    Jarak Terendah Ke Tanah             137 mm
    Curb Weight       131 Kg (CBS); 132 kg (ABS)
    Kapasitas Tangki Bahan Bakar     8 L
    Kapasitas Minyak Pelumas           0,8 L (penggantian periodik)
    Tipe Baterai Atau Aki      12 V – 5 Ah, tipe MF
    Sistem Pengapian            Full Transisterized, baterai
    Tipe Busi              NGK MR8K-9

    Honda PCX Hybrid

    Mesin

    Tipe Mesin           4 Langkah, SOHC, PGM-FI, berpendingin cairan, eSP
    Kapasitas Mesin 149,3 cc
    Diameter X Langkah         57,3 x 57,9 mm
    Tipe Tranmisi      Otomatis, V-Matic
    Rasio Kompresi  10,6:1
    Daya Maksimum               10,8 kW (14,7 PS) / 8.500 rpm (Mesin), 1,4 KW / 3.000 rpm (Motor)
    Torsi Maksimum                13,2 N.m (1,35 kgf.m) / 6.500 rpm (Mesin), 4,3 N.m / 3.000 rpm (Motor)
    Tipe Kopling        Otomatis, Sentrifugal, Tipe Kering


    Rangka dan Kaki-kaki

    Tipe Rangka        Double Cradle
    Tipe Suspensi Depan      Teleskopik
    Tipe Suspensi Belakang Twin
    Ukuran Ban Depan          100/80 – 14 M/C (Tanpa ban dalam)
    Ukuran Ban Belakang     120/70 – 14 M/C (tanpa ban dalam)
    Rem Depan        Cakram, Anti-Lock Braking Sistem
    Rem Belakang   Cakram


    Dimensi, Berat, Kapasitas

    Panjang X Lebar X Tinggi               1.923 x 745 x 1.107 mm
    Tinggi Tempat Duduk     764 mm
    Jarak Sumbu Roda           1,313 mm
    Jarak Terendah Ke Tanah             137 mm
    Curb Weight       136 Kg

    Kapasitas Tangki Bahan Bakar     8L
    Kapasitas Minyak Pelumas           0,8 L (penggantian periodik)
    Tipe Baterai Atau Aki      12 V – 3 Ah, tipe MF 50,4 V- 4Ah, Tipe Lithium- Ion
    Sistem Pengapian            Full transisterized, baterai
    Tipe Busi              NGK MR8K-9