Thursday, 14 March 2019

Waspada Penyebab Motor Menjadi Brebet, Berikut Tips Untuk Menanggulanginya



Otomotif - Mengendarai sepeda motor dengan nyaman merupakan keinginan semua orang. Namun sering kali motor mengalami brebet saat digas pada rpm tinggi ataupun rpm rendah. Kasus tersebut menandakan bahwa ada yang tidak beres pada sistem pembakaran mesin, sehingga dibutuhkan penangan khusus agar masalah tersebut bisa cepat terasi. Untungnya cara memperbaiki motor Brebet tergolong cukup mudah dan tidak membutuhkan biaya terlalu besar.
Kami yakin sebagian orang belum mengetahui penyebab motor brebet dan cara memperbaikinya. Oleh karena itulah kali ini kami akan membahas mengenai apa saja penyebab motor brebet serta solusinya agar masbro bisa mengambil tindakan dini sebelum memperparah kondisi motor. Yah, kondisi motor memang harus selalu dijaga. Apabila dibiarkan begitu saja, maka motor terasa kurang nyaman dan tidak menutup kemungkinan bisa membahayakan keselamatan saat mengendarainya.
Coba masbro bayangkan mengalami motor brebet disaat menyalip kendaraan atau berada ditengah-tengah jalan raya. Apabila apes kita bisa tertabrak pengendara di belakang, sehingga sangat membahayakan keselamatan. Agar hal tersebut tidak terjadi, maka kita wajib menjaga kondisi motor agar terhindari dari brebet atau tersendat-sendat. Nah, secara umum penyebab motor brebet dikarenakan oleh perbandingkan komposisi di ruang bakar tidak sesuai standar yang otomatis menjadikan pembakaran mesin kurang sempurna.
Tidak hanya berjalan tersendat-sendat, motor brebet juga bisa berakibat mesin mati ditengah jalan. Masih ada beberapa penyebab motor brebet lainnya yang wajib masbro ketahui agar nantinya bisa melakukan perbaikan secara cepat ataupun sebagai penyegahan agar motor tidak brebet saat digas paa rpm tingi ataupun rendah. Nah untuk mengetahui apa saja penyebabnya.
  • Bahan Bakar Tidak Sesuai
Penyebab motor brebet atau tersendat yang utama adalah pemakaian bahan bakar yang tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan pabrikan. Biasanya setiap pabrikan sudah menetapkan standar khusus yang disesuikan dengan mekanismen mesin agar performa sepeda motor bisa lebih optimal. Untuk mengetahuinya masbro bisa melihat buku manual yang disertakan saat membeli motor baru. Apabila disarankan untuk memakai bahan bakar RON tinggi, seperti Pertamax dan yang lainnya maka masbro harus menggunkannya agar terhindar dari mesin brebet.

Sering kali pengguna sepeda motor tidak menghiraukan jenis bahan bakar yang digunakan. Rata-rata lebih memilih bahan bakar yang murah, seperti Pertalite atau Premium. Padahal beberapa motor terbaru harus menggunakan Pertamax yang lebih optimal dalam hal pembakaran mesin. Nah apabila salah memakai bahan bakar, maka nantinya akan terjadi knocking pada mesin yang mengakibatkan motor brebet. Jadi solusinya adalah menggunakan bahan bakar yang sesuai dan disarankan oleh pabrikan.
  • Filter Udara Rusak Atau Kotor
Filter udara juga bisa menyebabkan motor brebet. Pasalnya filter udara bertugas untuk menyaring udara yang masuk ke dalam ruang bahan bakar agar tidak tercampur dengan partikel kotoran dan debu, sehingga membuat pembakaran mesin lebih sempurna. Jadi apabila filter udara mengalami kerusakan ataupun kotor, maka tarikan gas menjadi terasa lebih berat dan bisa berakibat motor menjadi brebet.

Solosi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan perawatan rutin terhadap filter udara. Masbro harus rajin membersihkannya agar sistem pembakaran tetap sempurna dan membuat laju motor tetap nyaman. Apabila filter udara sudah rusak parah, maka masbro jangan segan-segan untuk menggantinya. Pasalnya filter udara yang rusak bisa menyebabkan motor brebet dan mesin mati secara mendadak.
  • Busi Kotor Atau Rusak

Salah satu penyebab motor tersendat-sendat atau brebet adalah masalah pada busi. Seperti yang kita ketahui bersama, busi bertugas sebagai sistem pengapian yang nantinya menjadi sumber api untuk pembakaran di ruang mesin. Jadi apabila busi dalam kondisi tidak prima, seperti kotor, terlalu renggang atau bahkan mengalami kerusakan, maka pembakaran di ruang mesin menjadi kurang sempurna dan mengakibatkan motor brebet.
Jarak busi yang terlalu renggang memang sangat berpengaruh terhadap sistem pengapian. Pasalnya hal tersebut akan mempengaruhi suhu pengapian busi yang secara tak langsung membuat pembakaran bahan bakar dan udara di dalam mesin kurang sempurna. Untuk mengatasi hal tersebut, pastikan kondisi busi masih bagus, dan apabila celah diantara busi lebih dari 1 mm, kami sarankan untuk menggantinya dengan yang baru.
  • Setelan Klep Tidak Pas

Menjaga kondisi semua komponen mesin menjadi kewajiban agar terhindar dari brebet. Nah salah satu komponen yang sangat berpengaruh adalah klep atau valve. Apabila setelah klep terlalu rapat atau terlalu longgar maka akan mempengaruhi jumlah gas yang masuk ke ruang pembakaran mesin. Hal tersebut berakibat terhadap pencapuran bahan bakar, udara, dan pengapian menjadi tidak sempurna yang apabila dibiarkan maka akan membuat motor menjadi brebet.
Penyebab motor brebet di atas harus segera ditangani agar nantinya tidak menjalar ke komponen mesin lainnya. Solusinya adalah dengan melakukan perbaikan ke bengkel resmi ataupun bengkel berpengalaman yang sudah terbiasa menyetel klep motor. Jangan asal memilih bengkel, karena dibutuhkan pengalaman khusus dalam menyetel klep motor yang nantinya akan membuat performa moto selalu optimal.
  • Terjadi Masalah Pada Putaran Stasioner
Yah, putaran stasioner akan sangat berpengaruh terhadap tarikan gas. Apabila pengaturan putaran stasioner di bawah standar, maka nantinya membuat tarikan gas menjadi tidak stabil dan menyebabkan motor mengalami brebet. Untuk mengatasi hal tersebut, lebih baik masbro datang langsung ke bengkel terdekat dan meminta bantuan untuk mengatur ulang putaran stasioner ke tenaga ahli yang terbiasa menggunakan alat penyetelan stasioner mesin.
  • Kerusakan Pada Sensor Injeksi

Sensor Injeksi atau Injektor memiliki fungsi utama untuk menyemprotkan bahan bakar ke ruang pembakaran. Jadi apabila Injektor mengalami kerusakan, maka pembakaran menjadi terganggu. Biasanya kerusakan Injektor disebabkan oleh pemakaian bahan bakar yang kurang sesuai dengan rasio kompresi mesin yang secara tak langsung mempengaruhi kualitas semprotan bahan bakar, sehingga tarikan motor menjadi brebet.
Solusi penyebab motor brebet di atas adalah dengan cara membersihkan injektor menggunakan cairan khusus pemersih injektor yang bisa dibeli di bengkel ataupun toko aksesoris sepeda motor. Namun apabila lubang injektor sudah terlalu kotor, maka masbro bisa membersihkannya dengan sikat. Selain itu, jangan lupa menggunakan bahan bakar yang nilai oktannya sesuai dengan yang ditetapkan pabrikan.
  • Air Masuk Ke Tangki
Selain penyebab motor brebet di atas, masih ada beberapa penyebab lainnya. Salah satunya adalah masalah yang disebabkan oleh air yang masuk ke dalam tangki bahan bakar. Air yang tercampur dengan bensin akan mengakibatkan bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran menjadi sedikit, sehingga pembakaran tidak berlangsung secara sempurna. Untuk mengatasi masalah motor brebet tersebut, ada baiknya masbro menguras semua isi tangki agar nantinya tidak ada air yang tercampur dengan bahan bakar.
  • Masalah Pada Filter Bensin
Filter bensin memiliki fungsi untuk menyaring kotoran dari tangki ke bak karburator. Sering kali pemilik sepeda motor melakukan penggantian filter bensin yang tidak sesuai dengan standar pabrikan, sehingga mengakibatkan debit bensin yang masuk ke dalam bak karburator terlalu sedikit. Masalah tersebut menjadi salah satu penyebab motor brebet. Untuk mengatasi tersebut, lebih baik masbro menggunakan filter bensin yang sesuai agar kucuran bensin tetap deras.
  • Fuel Pump Kotor
Fuel Pump berguna untuk memompa bahan bakar ke ruang pembakaran mesin. Apabila kondisinya kotor, maka bisa bisa mengakibatkan tekanan bensin terlalu tinggi atau terlalu rendah yang otomatis dalam menyebabkan motor brebet. Solusinya adalah mengecek kondisi Fuel Pump, apabila kotor maka harus segera dibersihkan. Masbro juga harus mengecek kekencangan fuel pump agar bisa bekerja secara optimal.
  • Berikut Merawat Mesin Agar Tidak Brebet

Setelah mengetahui penyebab motor brebet di atas, maka paling tidak masbro bisa mencegah hal tersebut tidak terjadi. Bisa dikatakan solusi penyebab motor brebet adalah melakukan service rutin untuk mengecek seluruh komponen mesin agar kondisinya tetap terjaga dan bisa bekerja optimal dalam mengoptimakan sitem pembakaran ataupun sistem pengapian yang sangat berpengaruh terhadap tarikan gas motor.
Saat service rutin, pastikan masbro membersihkan filter udara dan filter bensin agar bebas dari kotoran. Selain itu, jangan lupa memakai bahan bakar yang nilai oktannya sesuai standar pabrikan. Kondisi busi juga harus selalu dijaga dan kami sarankan untuk memakai busi yang sesuai dengan spesifikasi motor. Kemudian tips selanjutnya untuk mencegah penyebab motor brebet adalah dengan menjaga jangan sampai ada air yang masuk ke tangki bensin.



Sepeda motor yang selalu terawat pasti akan terhindar dari mesin brebet saat digas pada rpm tinggi ataupun rpm rendah. Namun tak semua orang memperhatikan kondisi motor miliknya, sehingga membiarkannya tak terurus hingga nantinya menjadi brebet. Kami berharap agar kejadian serupa tak terjadi pada anda. Dengan adanya tips mengenai penyebab motor brebet di atas, semoga bisa menjadi informasi tambahan dalam merawat sepeda motor yang masbro miliki.

Begini Syarat Dan Ketentuan Membuat SIM A Atau C Di SATPAS



Info Otomotif - Bukti seseorang memiliki seseorang paham akan peraturan lalu lintas dan layak mengendarai kendaraan bermotor adalah memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi). Dokumen berukuran kecil tersebut wajib dimiliki semua pengendara kendaraan bermotor, baik itu sepeda motor ataupun mobil. Nah apabila pengendara sepeda motor wajib memiliki SIM C, maka untuk pengendara mobil pribadi harus memiliki SIM A.
Yah, ada beberapa golongan SIM yang disesuaikan dengan jenis kendaraan. Selain SIM A, ada pula SIM A Umum yang dikhususkan untuk pengendara Taksi. Hukum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) merupakan suatu kewajiban. Apabila tidak memilikinya, maka masbro harus siap menerima konsekuensi akan ditilang sesuai peraturan pemerintah yang tercantum pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
Undang-undang di atas berbunyi, bahwa setiap pengendara kendaraa bermotor yang tidak memiliki SIM dapat dipidana dengan kurangan paling lama 4 Bulan dan denda paling banyak Rp. 1.000.000. Mengacu pada undang-undang di atas, maka lebih baik kita mengorbankan sedikit waktu untuk mengurusi SIM. Nah bagi masbro yang memiliki mobil pribadi, maka harus membuat SIM A.
Maka biaya yang dibutuhkan untuk membuat SIM A adalah sebesar Rp. 120.000. Biaya tersebut juga berlaku untuk pembuatan SIM A Umum, SIM B1, SIM B1 Umum, SIM B2, dan SIM B2 Umum. Tarif pembuatan SIM memang tergolong murah, namun biaya tersebut belum termasuk pembuatan Surat Keterangan Sehat atau KIR Dokter serta biaya asuransi yang sifatnya tidak wajib.
Walaupun biaya pembuatan SIM A sangat murah, namun sering kali ada orang yang lebih memilih jalan pintas dengan nembak. Hal tersebut dilakukan agar tidak perlu mengikuti test pembuatan SIM A yang terdiri dari tes teori, tes praktik, dan tes simulator. Kedua tes tersebut harus diikuti sampai benar-benar dinyatakan lulus. Namun sebelum mengikuti ujian pembuatan SIM A, kita harus terlebih dahulu memenuhi semua syarat membuat SIM A.
Ada yang beberapa syarat yang harus dipenuhi agar bisa membuat SIM A. Dimana syarat yang pertama adalah memenuhi persyaratan usia, lalu adminstrasi dan kesehatan. Nah untuk mengetahunya secara pasti, silahkan simak syarat membuat SIM A berikut ini.
  • Usia pemohon SIM A harus berumur 17 Tahun dan sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP)
    • Membawa KTP Asli saat mendaftar
    • Mengisi formulir pengajuan SIM
    • Sehat jasmani dan rohani yang nantinya dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat dari Dokter
    • Saat mengajukan permohonan SIM harus berpakaian rapi. Dimana untuk pria memakai kemeja berkerah, bercelana panjang, dan harus bersepatu.
    • Lulus ujian pembuatan SIM A yang terdiri dari ujian teori, ujian praktek, dan ujian keterampilan melalui simulator
    • Membayar biaya pembuatan SIM sesuai golongan SIM yang akan dibuat.

    Warga negara asing juga bisa membuat SIM A di Indonesia. Cara membuat SIM A untuk warga negara asing juga sama, namun harus terlebih ememenuhi beberapa persyaratan khusus selain syarat di atas. Dimana syarat yang utama adalah harus membawa beberapa dokumen keimigrasian yang terdiri dari sebagai berikut.

    • Bagi Warga Negara Asing yang berdomisili tetap di Indonesia harus membawa dokumen Paspor dan Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP)
    • Untuk Warga Negara Asing yang bekerja sebagai staf atau keluarga kedutaan, maka syarat membuat SIM A adalah membawa Paspor, visa diplomatik, kartu anggota diplomatik, dan identitas diri lain.
    • Bagi WNA yang bekarja sebagai tenaga ahli pelajar yang bersekolah di Indonesia harus membawa Paspor dan Visa Dinas atau Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS)
    • Bagi WNA yang tidak berdomisili di Indonesia harus membawa Paspor dan Kartu Izin Kunjungan


    Setelah semua syarat terpenuhi, maka kita tinggal datang ke Satpas terdekat untuk menjakukan permohonan SIM A baru. Selain itu, masbro bisa menggunakan layanan SIM Online untuk mempermudah proses registrasi. SIM Online juga memudahkan masyarakat Indonesia yang berada diluar kota untuk membuat SIM, tanpa perlu terikat domisili yang tertera pada KTP.

    Yah, layanan SIM Online hanya digunakan untuk mempermudah proses registrasi dan pembayaran dalam pengajuan SIM baru. Layanan tersebut hanya tersedia untuk pengajuan SIM A dan SIM C. Sedangkan untuk golongan SIM lainnya harus dilakukan secara langsung di Satpas terdekat. Nah setelah datang ke Satpas, maka cara membuat SIM A selanjutnya, silahkan masbro simak dibawah ini.

    • Cara membuat SIM A yang pertama adalah datang ke Satpas terdekat sesuai domisili atau lokasi yang dipilih saat pendaftaran SIM A Online.
    • Setelah sampai di Satpas, kami sarankan untuk datang ke tempat fotocopy di masing-masing Satpas untuk memfotocopy KTP dan beberapa syarat lainnya. Masbro juga bisa bertanya ke tukang fotocopy mengenai syarat membuat SIM A di masing-masing daerah. Siapa tahu syarat yang kami sampaikan berbeda.
    • Kumpulkan semua dokumen yang telah di fotocopy dan masukan ke dalam map.
    • Cara membuat SIM A selanjutnya adalah datang ke klinik kepolisian ataupun pusat pelayanan kesehatan lainnya untuk membuat Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani. Biaya membuat Surat Keterangan Sehat di masing-masing daerah bisa bereda. Namun rata-rata biayanya tak sampai 50 Ribu Rupiah
    • Setelah itu, masbro mengambil formulir pendaftaran SIM baru dan membayar biaya pendaftaran SIM A sebesar Rp. 120 Ribu.
    • Kita juga disarankan untuk membayar premi asuransi sebesar Rp. 30 Ribu, namun sifatnya tidak wajib
    • Setelah proses pembayaran selesai, kemudian kita mengisi formulir pendaftaran secara lengkap dan benar sesuai data diri yang tertera pada KTP.
    • Kemudian serahkan formulir pendaftaran serta syarat lainnya yang sudah dimasukan ke dalam map ke petugas loket yang telah disediakan.
    • Setelah itu kita tingga menunggu nama dipanggil untuk mengikuti ujian membuat SIM A.
    • Ujian pertama yang harus diikuti adalah ujian tertulis. Apabila ujian tersebut gagal, maka kita akan diberi kesempatan untuk mengikuti ujian ulang setelah tenggang 7 hari, 14, hari, dan 30 hari. Apabila tetap gagal dan tidak ingin mengulangi ujian tersebut, maka uang yang sobat bayarkan akan dikembalikan.
    • Setelah ujian tertulis atau teori dinyatakan lulus, maka cara membuat SIM A selanjutnya adalah mengikuti ujian Praktik.
    • Ada banyak materi saat tes praktek. Diantaranya adalah masuk jalan sempit, keluar mundur jalan sempit, parkir paralel, parkir mundur, berkendara zig-zag, melewati tanjakan, dll. Semua rintangan tersebut harus lulus 100%,  dan apabila salah satunya tidak lulus maka kita diberi kesematan untuk mengikuti ujian praktik ulang satu minggu sesudahnya, dan apabila masih gagal maka harus mencoban minggu berikutnya sampai benar-benar dinyatakan lulus.
    • Untuk pengajuan SIM A perseorangan tidak membutuhkan tes uji simulator, karena tes tersebut hanya diperuntungkan untuk SIM A Umum.
    • Apabila semua tes dinyatakan lulus, maka cara membuat SIM A selanjutnya adalah melakukan proses identifikasi dan virifikasi yang terdiri dari pengambilan sidik jari, tanda tangan, dan foto.
    • Kemudian cara membuat SIM A yang terakhir adalah tinggal mengambil SIM A yang sudah selesai dicetak. Masbro hanya tinggal menunggu sampai nama dipanggil dan mengambilnya di loket pengambilan SIM yang suda disediakan.
    Nah itulah cara pembuatan SIM A dari proses pendaftaran sampai sim selesai dicetak. Boleh dikatakan yang paling sulit dalam membuat SIM A adalah ujian praktek. Ujian tersebut mengharuskan kita melewati berbagai rintangan sampai benar-benar lulus 100%. Terbukti banyak sekali yang gagal dalam mengikuti ujian tersebut, sehinga harus mengulang berkali-kali hingga dinyatakan lulus.
    Apabila ujian pratik gagal, maka masbro tak perlu lagi mengikuti ujian teori. Masbro bisa langsung datang ke Satpas dan mengajukan permohonan ujian praktik ulang. Selain itu, masbro bisa menggunakan mobil pribadi saat mengikuti ujian praktek. Bisa saja mobil yang disediakan pihak kepolisian kurang nyaman dikendarai, sehingga menyebabkan kegagalan saat melewati berbagai materi ujian.
    Memakai mobil pribadi bisa menjadi solusi bagi yang terbiasa menggunakan mobil matic. Pasalnya mobil yang disediakan pihak kepolisian rata-rata merupakan mobil bertransmisi manual. Kami juga menyarankan untuk terlebih dahulu berlatih dirumah sampai benar-benar paham mengenai rambu-rambu lalu lintas dan cara mengendarai mobil dengan baik dan benar. Nah apabila berhasil membuat SIM A, lalu sampai kapan masa berlakunya ?

    Friday, 25 January 2019

    Komunitas Mobil Classic BMW Dan Mercedes, Meski Beda Merk Konvoi Tetap Bareng


    Otomotif - Rivalitas duo merek Jerman, Mercedes-Benz dan BMW tidak hanya terjadi di dalam bisnis. Para konsumen dan penggunanya pun kerap kali tidak mau disandingkan satu sama lain.  Namun dalam sebuah komunitas Bimmer Benz Indonesia (BBI), perselisihan tersebut seakan luntur. Kedua merek dengan kedua pemiliknya sangatlah akur dalam sebuah komunitas yang informal tersebut.

    "BBI ini bukan komunitas klub seperti yang lainnya. Biasanya para pemilik Mercy atau BMW sudah punya klub masing-masing tapi ada di antara mereka yang ingin menjalin silaturahmi oleh karena itu BBI ada," ujar Founder BBI, Pae Bowo saat ditemui detikoto pada Sabtu (26/1/2019) dalam peringatan 2 tahun mereka di Kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

    BACA JUGA : Pabrikan Mobil Sport BMW Dan Mercedes Akan Berkerja Sama

    Bowo menjelaskan BBI adalah sekumpulan pengguna Mercedes-Benz dan BMW di Indonesia. BBI berdiri pada tahun 2017 dengan melakukan turing dari Anyer menuju Cimahi, Bandung.  "Jadi Bimmer Benz ini adalah sekumpulan pemakai Mercy dan BMW yang tersebar di seluruh Indonesia. Kumpulan ini diawali pada 19 Januari 2017 kita turing dari Anyer menuju Cimahi," ungkap Bowo.

    Turing tersebut juga dikatakan sebagai turing pertama yang dilakukan oleh dua merek berbeda tersebut. "Itu sebelumnya belum pernah ada di seluruh dunia turing bersama-sama antara BMW dan Mercy, ini menjadi momen di Indonesia dan dunia mungkin belum ada yang sebanyak dan sejauh itu," kenang Bowo.  Memperingati ulang tahun ke-2, BBI menggelar acara silaturahmi yang dimulai dengan konvoi 90 mobil Mercedes-Benz dan BMW dari Cilandak menuju Gatot Subroto, Jakarta Selatan pagi harinya. Di Gatot Subroto, BBI mengundanga berbagai komunitas lain dengan menyuguhkan berbagai rangkaian acara hiburan.  "Pagi tadi kita buka dengan konvoi 90 mobil dari Citos ke Telkomsel Smart Office. Di Sini kami bebas siapapun boleh datang bahkan komunitas motor pun boleh dalam peringatan ulang tahun BBI ke-2 ini," pungkas Bowo.

    Berbagai Jenis Varian-Varian Modifikasi Mitsubishi X-PANDER Yang Bisa Dijadikan Sebagai Contoh



    Otomotif - Bagi kalian yang memiliki mobil Mitsubishi X-PANDER dan ingin memodifikasi setelan ringan, anda bisa simak artikel ini. X-PANDER kini telah menjadi mobil family terfavorit di Indonesia tidak salah anda mengubah atau memodifikasi mobil ini menjadi lebih nyaman di lihat atau di gunakan, berbagai Varian dari mobil ini bisa kalian ikuti atau dijadikan contoh untuk memodifikasi ringan. Simak Berikut ini.

    Mitsubishi Xpander menjadi salah satu mobil terlaris di Indonesia di segmen Low Multi Vehicle Purpose (MPV), kehadirannya turut dibarengi dengan lahirnya komunitas Xpander Mitsubishi Owners Club (Xmoc).Dalam road show seri terakhir yang bertajuk "Xpander Tons of Real Happiness" di Sumarecon Mall Serpong, Tangerang, pada 25 hingga 27 Januari 2019, ada yang spesial nih Otolovers.

    Tercatat ada 5 mobil Xpander deretan modifikasi ringan milik anggota komunitas Xmoc berjejer rapi di area road show yang bisa dijadikan inspirasi bagi pemilik Xpander lain.



    Menempati sudut paling kiri dari jejeran Xpander, mobil ini dijuluki Si Ganteng. Mobil milik anggota Xmoc dengan nomor anggota 0070 ini bisa menjadi inspirasi buat yang suka mobil berkonsep Down to Earth.

    Xpander Ultimate AT milik Rio Panduwinata ini dimodifikasi dengan kategori estetika dan fungsional. Diklaim sebagai Xpander pertama yang menggunakan air suspension, sehingga ketinggian jarak antar tanah bisa disesuaikan menggunakan tombol manual ataupun melalui smartphone.



    Grasak-grusuk begitu sebutannya, Xpander varian Exceed MT milik anggota Xmoc dengan nomor 0110 alias Rachmat Soleh ini mengusung konsep bergaya rally. Kategori fungsionalitas dan estetika juga tidak terlewat, yang terlihat pada penggunaan rooftail dan ban MT.


    Salah satu modifikasi Xpander lainnya juga memiliki konsep yang berbeda yakni terinspirasi dari iron man yang kental dengan warna merah.

    Xpander varian ultimate AT milik Andre Loing anggota Xmoc 1717 ini berjubah menjadi Iron Man Style yang disebutnya IRON X-17.



    Blowrock R20 julukan mobil dari milik Eko Hariansyah anggota Xmoc - 965 ini memodifikasi dengan konsep Body Wrapping dengan warna satin grey dan bahan sticker premium. Paling kelihatan berbeda adalah pada bagian lampu sein dan DRL yang semakin kelihatan elegan dengan konsep Lazy Eyes.



    Sebutannya Earthpander, milik anggota Xmoc 1668 alias Alvin Thandra ini merupakan Xpander varian Sport AT yang memiliki konsep seperti mobil mainan Hot Wheels. Diklaim sebagai Xpander pertama yang menggunakan Coil Over dan Bol On Muffler. Kategori modifikasi yang dilakukan adalah estetis dan fungsional, menggunakan desain body kit pertama yang dijual massal oleh Earth Autoconcept dan menonjolkan detail menggunakan bahan Carbon Kevlar.

    Tuesday, 8 January 2019

    Byton, Menampilkan Head Unit SUV Elektrik Yang Unik Dengan Mengusung Layar Berukuran Masif



    Otomotif - Perusahaan startup asal Cina, Byton, tahun lalu mengejutkan publik dengan menghadirkan M-Byte. Sebuah mobil konsep bertipe SUV dengan penggerak elektrik. Yang menarik, M-Byte dilengkapi head unit dengan layar berukuran masif, tepatnya 48 inci atau setara 7 iPad yang dibariskan. Saking besarnya, perangkat itu sampai membungkus dashboard dari ujung ke ujung.


    Fitur bernama Shared Experience Display (SED) ini, berfungsi memberikan keleluasaan penggunanya mendapatkan informasi seputar kendaraan, termasuk hiburan, navigasi dan telepon. Byton sengaja menyematkannya untuk meningkatkan keamanan berkendara. Menurut Presiden dan Co-Founder Byton, Daniel Kirchert, penggunaan layar kecil pada mobil saat ini justru dapat mengalihkan perhatian pengemudi. Sebagai contoh saat melihat navigasi. Dengan adanya SED, orang yang berada di balik kemudi bisa lebih fokus memperhatikan jalan.

    Waktu itu, banyak kalangan skeptis apakah SUV ini bisa diproduksi. Namun, Byton pun membuktikan dengan memperlihatkan versi produksinya. Diungkap saat Consumer Electronic Show (CES) 2019 di Las Vegas awal 2019, Byton bahkan meningkatkan beberapa fitur agar dapat diakses seluruh penumpangnya.



    Adapun peningkatan yang diberikan, yakni layar berukuran 7 inci di roda kemudi. Posisinya berada di atas airbag, berfungsi sebagai pengontrol konfigurasi kendaraan. Ada pula touch pad berdimensi 8 inci yang diletakkan di antara jok pengemudi dan penumpang depan.


    Di baris belakang, disuguhkan display yang tak diketahui ukurannya. Seluruh perangkat itu dapat dipakai untuk mengakses fitur hiburan dan fungsi lainnya. Total ada 5 layar tertanam.

    Guna memudahkan penggunaan, M-Byte diperkuat perintah suara, gesture control dan sentuhan. Byton bahkan telah bekerjasama dengan Amazon Alexa untuk pengembangan voice control. Uniknya, teknologi Byton Life disematkan, sebuah ekosistem digital terbuka yang dapat menganalisa kebutuhan pengguna seperti musik favorit atau lokasi yang sering dituju. Sistem mengenali suara yang berbeda-beda di dalam mobil dan secara otomatis menyetelnya.

    Saat ini, pengujian M-Byte tengah dilakukan agar sesuai dengan standar keselematan yang berlaku di Cina, Amerika dan Eropa. Byton merilis SUV elektriknya pada pertengahan 2019 dan produksinya dimulai akhir tahun. Hal itu sejalan dengan penyelesaian pabrik yang berada di Nanjing, Cina tahun ini. Diduga M-Byte ditawarkan dalam dua pilihan baterai: 71 kWH dan 95 kWH. Daya terkecil mampu mendorong kendaraan sejauh 400 km, sedangkan yang terbesar sekitar 520 km. Harganya diperkirakan mulai Rp 633 juta. Rencananya, Byton bakal mengembangkan modelnya ke segmen sedan dan berteknologi nirawak.


    PT. Pertamina Retail Dan Auglaze Membuka Layanan Cuci Mobil Kembali Di Ketiga Gerai SPBU



    Otomotif - PT Pertamina Retail dan Autoglaze buka layanan cuci mobil lagi (7/1). Gerai ketiga di SPBU Pertamina COCO Fatmawati, Jakarta Selatan dioperasikan oleh Autoglaze Indonesia dengan investasi Rp 1 miliar. Konsep yang diusung, cuci premium. Bedanya dengan yang lain, pembersihan dilakukan singkat. Kemudian prosesnya touchless (pertama di Indonesia) atau tanpa sentuhan tangan si pencuci, dan hanya pakai steam. Biaya cuci mobil ini Rp 50 ribu untuk nonmember.


    Jadi kini tersedia tiga SPBU COCO Pertamina yang menyediakan pencucian mobil serupa. Lokasinya di kawasan Fatmawati, MT Haryono dan Kalimalang. Selain Anda isi bahan bakar, mobil bisa dicuci dengan bersih.

    “PT Pertamina Retail terus berupaya mencapai rencana jangka panjang. Tujuannya untuk menjadi perusahaan ritel global yang berkelas. Dan memberikan nilai dari diversitikasi bisnis non-bahan bakar melalui jasa yang terintegrasi. Kami menggandeng Autoglaze karena kredibilitasnya untuk urusan pembersihan mobil,” terang Direktur Utama PT Pertamina Retail, Sofyan Yusuf.


    Konsep bisnis Non-Fuel Retail (NFR) merupakan salah satu cara Pertamina Retail dalam mengembangkan aset dan infrastruktur. Dengan layanan cuci mobil oleh Autoglaze, diharapkan konsumen SPBU maupun masyarakat umum dapat merasakan lebih banyak manfaat Pertamina di lingkungannya.


    “Autoglaze sudah memiliki pengalaman panjang di dunia otomotif Indonesia. Kami sudah beroperasi sejak 2008 di Tanah Air dan menjadi market leader di segmennya. Fasilitas Pertamina Bright Wash by Autoglaze Car Wash siap membantu konsumen. Tentunya untuk merasakan kualitas pencucian kendaraan yang berkelas dengan jangkauan jaringan Pertamina Retail yang luas,” jelas Robby Kumia, CEO Autoglaze Indonesia di SPBU Pertamina COCO 31.124.02.

    Kelebihan Cuci di Bright Wash

    Konsep pembersihan mengadopsi sistem touchless. Untuk proses cuci, dikatakan pakai bahan organik premium dan peralatan canggih. Konon, meski tekanan airnya tinggi, tidak merusak cat dan bergaransi (1x24 jam). Konsep ini sejalan dengan visi Pertamina Retail. Yakni menyajikan layanan yang berkonsep Go Green. Nah, berikut sembilan keunggulan Bright Wash:

    Cuci mobil dengan teknologi touchless yang meminimalisasi baret.

    Air pam sudah difilter untuk menghilangkan kandungan mineral, sehingga tidak merusak cat dan tidak meninggalkan watermark atau noda air pada mobil.

    Menggunakan alat High Pressure Washer bertekangn tinggi, hingga 180 bar. Fungsinya merontokkan kotoran yang terdapat di permukaan cat.

    Menggunakan shampoo mobil berkualitas.

    Menggunakan coating dari Zero Coating, made in Japan.

    Menggunakan tire gel dressing dari Autolab, made in Japan.

    Undercarriage wash (cuci kolong) dengan high pressure washer.

    Vacuum cleaner interior.

    Garansi cuci 1x24 jam. Gratis cuci mobil satu kali jika terkena hujan. Caranya menunjukkan struk/invoice.


    Monday, 7 January 2019

    Perbedaan Motor Honda PCX ABS Dengan Yang Hybird




    Otomotif - Bicara mengenai teknologi hybrid,  banyak sekali kendaraan yang mengusung teknologi ini baik roda dua maupun roda empat.  Di Indonesia, keberadaan mobil berteknologi hybrid ini setiap tahun jumlahnya kian bertambah dan diikuti dengan berbagai perubahan. Tetapi, untuk kelas sepeda motor, teknologi hybrid masih sangat jarang sekali ditemui.

    Di Indonesia, baru ada satu sepeda motor yang menggunakan teknologi ini. Ia adalah Honda PCX Hybrid. Ini merupakan sepeda motor yang dijual secara resmi oleh PT Astra Honda Motor (AHM) di segmen big skutik di Indonesia. Pasar yang terbentuk di segmen ini bisa dibilang menjadi pasar yang cukup potensial.

    Namun, ternyata masih banyak orang yang belum memahami perbedaan Honda PCX Hybrid dengan versi standard yang dijual AHM. Jika melihatnya secara dimensi, tentu saja sepeda motor ini tak memiliki perbedaan yang berarti. Honda PCX punya dimensi  panjang 1.923 mm, lebar 745 mm dan tinggi 1.107 mm, serta jarak sumbu roda 1.131 mm.

    Keduanya memiliki dimensi yang sama, hanya saja bobotnya berbeda. Perbedaan Honda PCX Hybrid  lebih berat 4 kg dibanding versi standard. Jika Honda PCX standard punya bobot 132 kg, PCX Hybrid ini menjadi 136 kg.

    Perbedaan lain yang dapat ditemui secara mudah adalah dari tampilan eksteriornya. PCX Hybrid dilabur dengan aksen biru dongker metalik yang disebut Hybrid Blue di bagian bodi.


    Serta di bagian samping terdapat emblem hybrid serta jok yang dikombinasikan dengan jahitan berwarna biru. Oya, warna Honda PCX Hybrid hanya terdiri dari satu warna, Hybrid Blue. Untuk remote versi PCX Hybrid juga berwarna biru yang terlihat sedikit lebih elegan.

    Harga dan Fitur



    Selain dari tampilan eksterior, perbedaan Honda PCX Hybrid dengan versi standard juga sangat berbeda dari segi harga. Untuk harganya sendiri, AHM membanderol Honda PCX dengan 3 pilihan harga. Mulai dari PCX CBS seharga Rp 27,8 juta, PCX ABS dengan harga Rp 30,8 juta, dan PCX Hybrid dengan harga Rp 40,3 juta.

    Fitur yang disematkan kepada 3 varian ini jelas berbeda, namun kami akan membeberkan perbedaan Honda PCX Hybrid dengan versi standardnya saja ya.

    Untuk fiturnya sendiri, PCX Hybrid memiliki beberapa unggulan yakni riding mode yang dapat digunakan di berbagai kontur jalan. Ada pilihan D dan S, dapat diatur melalui tombol yang terletak di bagian kiri setang. Selain itu, perbedaan yang menonjol dari PCX Hybrid ini adalah kapasitas bagasi yang lebih kecil.

    Ya, bagasi PCX Hybrid lebih kecil dengan kapasitas 23,3 liter sedangkan PCX versi standard memiliki kapasitas 28,8 liter. Cukup jauh perbedaan ruang kapasitas bagasinya. Soal kenyamanan dan keamanan, keduanya memilki kenyamanan dan keamanan yang cukup baik dengan fitur ABS yang dimilikinya. Untuk versi CBS belum mengadopsi rem ABS.



    Berikut spesifikasi lengkap Honda PCX Hybrid dan versi ABS

    Honda PCX ABS

    Mesin

    Tipe Mesin          4 Langkah, SOHC, PGM-FI, berpendingin cairan, eSP
    Sistem Suplai Bahan Bakar           PGM-FI
    Diameter X Langkah        57,3 x 57,9 mm
    Tipe Tranmisi     Otomatis, V-Matic
    Rasio Kompresi 10,6:1
    Daya Maksimum              10,8 kW (14,7 PS) / 8.500 rpm
    Torsi Maksimum               13,2 N.m (1,35 kgf.m) / 6.500 rpm
    Tipe Kopling       Otomatis, Sentrifugal, Tipe Kering
    Sistem Pendingin Mesin               Berpendingin Cairan


    Rangka dan Kaki-kaki

    Tipe Rangka        Double Cradle
    Tipe Suspensi Depan      Teleskopik
    Tipe Suspensi Belakang Twin
    Ukuran Ban Depan          100/80 – 14 M/C (Tanpa ban dalam)
    Ukuran Ban Belakang     120/70 – 14 M/C (tanpa ban dalam)
    Rem Depan        Cakram
    Rem Belakang   Cakram
    Sistem Pengereman       Combined Brake System Hidrolis dengan 3 piston caliper (untuk tipe CBS), Anti-Lock Braking System (untuk tipe ABS)


    Dimensi dan Berat

    Panjang X Lebar X Tinggi               1.923 x 745 x 1.107 mm
    Tinggi Tempat Duduk     764 mm
    Jarak Sumbu Roda           1,313 mm
    Jarak Terendah Ke Tanah             137 mm
    Curb Weight       131 Kg (CBS); 132 kg (ABS)
    Kapasitas Tangki Bahan Bakar     8 L
    Kapasitas Minyak Pelumas           0,8 L (penggantian periodik)
    Tipe Baterai Atau Aki      12 V – 5 Ah, tipe MF
    Sistem Pengapian            Full Transisterized, baterai
    Tipe Busi              NGK MR8K-9

    Honda PCX Hybrid

    Mesin

    Tipe Mesin           4 Langkah, SOHC, PGM-FI, berpendingin cairan, eSP
    Kapasitas Mesin 149,3 cc
    Diameter X Langkah         57,3 x 57,9 mm
    Tipe Tranmisi      Otomatis, V-Matic
    Rasio Kompresi  10,6:1
    Daya Maksimum               10,8 kW (14,7 PS) / 8.500 rpm (Mesin), 1,4 KW / 3.000 rpm (Motor)
    Torsi Maksimum                13,2 N.m (1,35 kgf.m) / 6.500 rpm (Mesin), 4,3 N.m / 3.000 rpm (Motor)
    Tipe Kopling        Otomatis, Sentrifugal, Tipe Kering


    Rangka dan Kaki-kaki

    Tipe Rangka        Double Cradle
    Tipe Suspensi Depan      Teleskopik
    Tipe Suspensi Belakang Twin
    Ukuran Ban Depan          100/80 – 14 M/C (Tanpa ban dalam)
    Ukuran Ban Belakang     120/70 – 14 M/C (tanpa ban dalam)
    Rem Depan        Cakram, Anti-Lock Braking Sistem
    Rem Belakang   Cakram


    Dimensi, Berat, Kapasitas

    Panjang X Lebar X Tinggi               1.923 x 745 x 1.107 mm
    Tinggi Tempat Duduk     764 mm
    Jarak Sumbu Roda           1,313 mm
    Jarak Terendah Ke Tanah             137 mm
    Curb Weight       136 Kg

    Kapasitas Tangki Bahan Bakar     8L
    Kapasitas Minyak Pelumas           0,8 L (penggantian periodik)
    Tipe Baterai Atau Aki      12 V – 3 Ah, tipe MF 50,4 V- 4Ah, Tipe Lithium- Ion
    Sistem Pengapian            Full transisterized, baterai
    Tipe Busi              NGK MR8K-9

    Bermodalkan Hybird, Begini Spesifikasi Toyota CHR Terbaru



    Otomotif - Toyota C-HR, mendengar nama ini jujur saja kami langsung membayangkan sebuah mobil crossover dengan bentuk yang cukup eye catchy. Perkataan di atas merupakan perkataan yang sangat jujur bagi setiap orang yang melihat bentuk Toyota C-HR. Pasalnya, mobil yang diperkenalkan di awal tahun 2017 silam ini menjadi mobil pertama Toyota di Indonesia yang mengusung konsep Toyota New Global Architecture (TNGA).

    Menggunakan platform baru TNGA, tentu saja Toyota C-HR memiliki daya tarik dan mencoba menawarkan sensasi mengemudi yang sangat berbeda dibanding model Toyota lainnya. Memang harus diakui, Toyota C-HR ini punya banderol harga yang cukup mahal untuk sebuah crossover jika dibandingkan dengan kompetitornya. Hal tersebut tentunya membuat kami mengeluarkan pertanyaan,”Mengapa ia punya harga yang begitu mahal? Apa kelebihan dari Toyota C-HR ini?”.

    Carmudi Indonesia akan memberikan pandangan lengkap mengenai mobil berpenumpang 5 orang ini kepada Anda. Semua gambaran yang kami berikan merupakan sesuai dengan pengalaman yang sudah pernah kami rasakan pada saat mencicipi mobil ini lewat sesi test drive yang diadakan oleh Toyota. Sejatinya, mobil ini berkompetisi secara langsung dengan Mitsubishi Outlander, Honda HR-V dan Nissan Juke.


    Impresi Eksterior

    Jika membahas desain dari mobil ini, menurut kami Toyota C-HR memiliki desain yang jauh lebih menarik dibandingkan dengan para kompetitornya. Desain C-HR terlihat lebih agresif, modern dan dinamis berkat konsep TNGA yang tertanam pada mobil. Jika melihatnya dari depan, Toyota C-HR ini seakan terlihat mirip Nissan Juke, tapi dengan desain yang lebih segar.

    Dimensi : 
    Panjang (mm)4,360
    Lebar (mm)1,795
    Tinggi (mm)1,565
    Jarak Sumbu Roda (mm)2,640

    Di bagian lampu depan, Toyota C-HR ini memakai lampu projector. Sayangnya lampu ini masih memakai pencahayaan halogen, namun bagian DRL sudah mengadopsi LED yang menambah kesan modern pada sebuah mobil. Di bagian bawah bumper depan terdapat fog lamp dengan lampu halogen yang menambah kesan elegan. Wajah depan dari mobil ini terlihat cukup agresif, tetapi beberapa orang menganggap jika bagian depan mobil ini terlihat aneh.

    Di bagian samping, crossover ini dibekali dengan velg berukuran 17 inci. Di balik spion juga terdapat lampu sein yang menambah keamanan dari sisi samping dan tentunya memudahkan pengendara lain untuk melihat lampu sein. Tarikan garis yang tegas dengan banyak lekukan membuat C-HR terlihat sebagai salah satu mobil mewah. Di bagian bawah, terdapat aksen hitam doff di bagian bawah pintu, dan over fender. Desain ini memberikan efek sporty dan futuristic pada mobil ini. Cakep sih! Lanjut ke bagian belakang. Di bagian buritan, Toyota C-HR punya desain yang sedikit nyeleneh dengan desain bumper, lampu belakang yang sangat berbeda dibanding kompetitornya. Oya, di bagian belakang terdapat rear spoiler yang makin menambah kesan sporty.

    Kaki-kaki :
    Suspensi Depan : MacPherson strut
    Suspensi Belakang : Double Wishbone
    Rem Depan : Ventilated 
    discRem Belakang : Solid Disc
    Ukuran Ban : 215/60 R17

    Impresi Interior

    Setelah melihat bagian luar dari mobil ini, kami akhirnya sedikit paham kenapa Toyota C-HR dibanderol dengan harga mahal. Berlanjut ke bagian dalam mobil ini. Begitu membuka pintu, kesan pertama yang kami dapat mengenai interior mobil ini adalah mewah. Ya, Toyota memberikan interior yang sangat berkelas pada model C-HR ini. Tentunya karena mobil ini mengusung konsep TNGA global, makanya interiornya sangat terasa sentuhan baru dari gaya bahasa desain Toyota.

    Dashboard dari mobil ini punya banyak bentuk hexagonal yang menjadi ciri khas dari C-HR. Kami bahkan sampai sedikit tercengang saat melihat desain dari C-HR ini. Desain setirnya juga cukup menggambarkan kesan mewah dan elegan. Terdapat tombol di sisi kanan dan kiri setir yang dapat digunakan untuk berbagai pengaturan mulai dari volume, dan juga pengaturan informasi MID. Instrument clusternya juga cukup menegaskan kesan mewah dan elegan.

    Posisi Duduk

    Jok dari Toyota C-HR ini punya potongan yang cukup menarik. Saat pertama kali menduduki jok ini cukup terasa memeluk badan dan joknya cukup empuk. Namun, sayangnya pengaturan joknya masih manual belum elektrik untuk mobil semahal ini. Ruang kaki dan ruang kepala yang dihasilkan sangat lega. Posisi duduk yang rileks di dapatkan dengan mudah. Namun, bagi Anda yang ingin kapasitas ruang yang besar, jangan memilih mobil ini.

    Fitur Keamanan

    SUV mewah garapan Toyota ini memiliki ukuran dimensi dengan panjang 4.360, memiliki lebar 1.795 mm, dan tingginya mencapai 1.565 mm. Di bagian dalam, Toyota menanamkan 7 buah airbag yang tersebar di beberapa bagian. Mulai dari 2 airbag depan, 2 airbag samping, 2 airbag di bagian kaki depan, dan sisi jendela yang dipenuhi dengan airbag yang dapat memberikan keamanan bagi penggunanya. Ada juga blind sport monitoring system, rear view monitoring system, VSC, ABS, EBD, dan brake assist. Wajar saja jika fitur keamanannya cukup lengkap, mengingat harga mobil ini hampir setengah milyar.

    Ruang penyimpanan mobil ini terbilang sedikit. Menurut kami wajar saja, karena mobil ini diperuntukkan bagi Anda yang menginginkan sensasi berkendara seorang diri bukan bersama keluarga. Pengaturan AC sudah digital dengan dual climate zone di bagian depan. Menduduki jok bagian belakang, mobil ini sebenarnya punya posisi duduk yang cukup nyaman. Ruang kaki dan ruang kepala yang diberikan oleh C-HR ini tergolong luas, sayangnya kaca di bagian samping  ukurannya terlalu kecil menurut kami.

    Bicara visibilitas, kaca belakang dari mobil ini menurut kami kurang memberikan pandangan yang memuaskan terhadap kondisi jalan di belakang. Karena kaca belakang mobil ini sangat kecil.

    Fitur : Kenyamanan Kombinasi warna Black & Licorice BrownTilt & Telescopic SteeringDesain Dashboard Futuristik dengan aksen Diamond di kisi”A/C dan material Soft TouchAuto A/C with Dual Zone + DigitalHeadunit 7 Inch (Bluetooth, AUX, USB, FM/AM, CD,MP3, Mirrorlink / Miracast, Weblink)Jok sporty dengan kulit warna hitam + Lumbar SupportSpion Elektrik + Auto RetractableAudio Steering Switch with Phone ModeKeamanan7 Airbag (Driver, Passangger, 2 Side Curtain, 2 Seat, Knee)ABS + EBD + BATRC + VSC + HSADouble Disc BrakeISOFIX5 HeadrestBlind Spot MonitoringElectronic Parking BrakeBrake HoldRear-view camera.

    Performa Mesin Toyota C-HR



    Mobil yang di datangkan langsung dari Thailand ini dibekali dengan mesin berkapasitas 1.800 cc, 4 silinder, dengan tenaga 141 hp dengan torsi maksimal yang dapat diraih mencapai 17.4 Kgm. Mesin berkode 2ZR-FBE ini dikawinkan dengan transmisi CVT 7 percepatan sequential shiftmatic yang diklaim dapat memberikan tenaga besar dengan karakter yang halus.

    Sebenarnya, karakter dari mesin C-HR yang digunakan saat ini tidak terlalu memiliki nilai lebih. Di putaran bawah, tenaga dari mesin ini biasa saja. Tetapi saat putaran mesin memasuki angka 2 ribu rpm, tenaga yang disalurkan baru terasa. Satu hal yang paling menjadi catatan penting kami soal mobil ini, yakni suspensi yang dimilikinya. Suspensi yang dimiliki oleh mobil ini sangat nyaman dan empuk. Cocok bagi Anda yang suka dengan karakter mobil empuk.

    Di bagian depan mobil ini memakai suspensi McPherson strut, sedangkan di belakang memakai kaki-kaki double wishbone yang mampu memberikan kekuatan. Pada saat Toyota mengundang kami di kawasan Ancol untuk mengeksplor mobil ini, kami merasa jika mobil ini sebenarnya mobil yang cocok untuk disetir bukan dikendarai dengan supir. Handling yang dihasilkan oleh mobil ini juga sangat baik, sangat stabil untuk diajak melahap berbagai tikungan.

    Kami pernah mencoba untuk menaklukkannya di area lapangan terbuka di Ancol. Kami melakukan maneuver mendadak dengan kecepatan 60-80km/jam dan hasilnya sangat diluar dugaan. Mobil ini terasa mantap untuk bermanuver, wah enak banget! Tetapi, apakah wajar jika mobil ini dibanderol dengan harga Rp 488,5 juta untuk C-HR satu warna dan Rp 490 jutaan untuk C-HR dua warna. Sampaikan di kolom komentar ya.

    Mesin : Tipe Mesin FBE 4, In-line 4 Cylinders, 16 valve DOHC with VVT-i (intake)Kapasitas 1798 ccDiameter x Langkah 80.5 x 88.3 mmRasio Kompresi13.04:1Tenaga Maksimal141 ps / 5,200 rpmTorsi Maksimal17.4 kgm /  4,000 rpmSistem Bahan BakarFuel InjeksiBahan BakarGasolineKapasitas Tangki50 LPower SteeringPower Assisted Steering Rack & PinionTransmisi7 Speed CVT

    Fitur - Fitur Menarik Suzuki Wagon Pada Bagian Interior



    Otomotif - Suzuki Wagon R 2019 akan mengaspal di India pada 23 Januari 2019 akan membawa segudang fitur baru yang membuatnya lebih menawan. Spesifikasi mobil yang di Indonesia masuk sebagai mobil murah atau LCGC ini telah bocor di dunia maya. Dimensi Wagon R akan lebih besar dibanding model sebelumnya. Dimensi lebih bongsor ini otomatis akan membuat penampilan Suzuki Wagon R 2019 semakin besar dengan interior yang lebih luas.

    Pada Suzuki Wagon R 2019, lampu depan lebih besar, casing foglight dan bumper depan baru, dan gril persegi panjang dengan strip krom menyambut di bagian depan. Bagian eksterior telah mengalami pembaruan dengan sisipan plastik pada pilar-C, dan kap yang lebih rata. Bumper belakang terlihat lebih sederhana berbentuk vertikal didampingi sisipan krom.

    Suzuki Wagon R pada varian tertinggi menggunakan mesin bensin 1,2 liter yaang menghasilkan tenaga 83 PS pada 6.000 rpm dan 113 Nm pada 4.200 rpm. Mesin ini hadir dengan transmisi manual dan otomatis. Soal dimensi New Suzuki Wagon R memiliki panjang 3.655 milimeter (mm), lebar 1.620 mm, dan tinggi 1.675 mm. Jarak sumbu roda 2.435 mm, radius belok 4,7 meter, kapasitas tangki bahan bakar 32 liter. Bobot mobil berkisar 805 kilogram (kg) hingga 845 kg.

    Baca Juga : Suzuki Wagon R Terbaru Ternyata Menggunakan Mesin Berkapasitas 1.200cc




    Pada interior  Suzuki Wagon R varian teratas memiliki sistem infotainment layar sentuh SmartPlay, soket pengisian daya 12V, electric OVRMs, power windows, dan stir yang lebih besar. Soal keselamatan, Suzuki Wagon R dilengkapi dengan airbag di sisi pengemudi dan sensor parkir belakang. Selain pada varian tertinggi memiliki fitur baru yang menggoda.



    Fitur Suzuki Wagon R 2019:

    Wagon R LXi (Varian Paling rendah) :
    13-inch steel wheels wrapped in 155/80 R13 tyres
    Front power windows
    Integrated headrests for front and rear seats
    Manual AC
    12V charging socket
    Central locking
    Seat-belt reminder
    Door ajar warning
    Rear parking sensors
    Speed alert system
    ABS with EBD
    Driver-side airbag (airbag for front passenger optional)


    Wagon R VXi (Varian Menengah)
    14-inch steel wheels with wheel covers and wrapped in 165/70 tyres
    Body-coloured ORVMs and door handles
    Blacked-out B-pillars*
    Power adjustable ORVMs
    Keyless entry
    Front and rear power windows
    Day/night IRVM
    60:40 split folding rear seats
    Audio system with Bluetooth and USB connectivity
    Tilt adjustable steering
    Steering-mounted controls*
    Speed-sensitive door locks

    Wagon R ZXi (Varian Tertinggi)
    Front fog lamps
    Rear defogger, washer and wiper
    Power folding and adjustable ORVMs with integrated turn indicators
    7.0-inch touchscreen infotainment system with Apple CarPlay and Android Auto support
    Tachometer
    Seatbelt pretensioners and load limiters
    Dual-front airbags

    Tahun Baru Tiba, Piaggio Siap Memberi Diskon Besar Pada Konsumen



    Otomotif - Menyambut momen tahun baru, PT Piaggio Indonesia (PI) mengumumkan kampanye terbaru untuk para penggemar merek sepeda motor Vespa. Dengan kampanye #2019NaikVespa, Piaggio mengumumkan promo bagi model-model populer Vespa.

    Promo tersebut memberikan potongan harga mulai Rp 1,5 juta sampai Rp 10 juta untuk produk Vespa sedangkan untuk Piaggio diberikan diskon Rp 5 juta. Tidak lupa helm eksklusif dari Vespa Genuine Helmet akan diberikan pada konsumen.

    “Piaggio Indonesia bersama dengan 38 diler resmi di seluruh Indonesia memberikan kemudahan bagi calon konsumen Vespa dengan kampanye #2019NaikVespa. Ada penawaran bagi model Vespa maupun Piaggio mulai Rp 1,5 juta sampai Rp 10 juta,” ucap Presiden Direktur PT PI, Marco Noto La Diega dalam keterangannya, Senin (6/1/2019).


    Potongan tersebut diberikan antara lain pada produk Piaggio Medley ABS sebesar Rp 5 juta. Untuk produk Vespa LX125 i-get dan S125 i-get mendapat potongan Rp 1,5 juta.

    Vespa Primavera, Sprint dan GTS 150 i-get mendapat potongan Rp 2 juta. Potongan terbesar diberikan pada model Vespa GTS 300 sebesar Rp 10 juta.

    Promo yang berlangsung mulai tanggal 1 sampai 31 Januari 2019 ini merupakan langkah lanjutan dari rencana Premium Roadmap Strategi dari Piaggio. Piaggio berencana akan menambah layanan bagi konsumen dengan perluasan jaringan diler, suku cadang, aksesori dan berbagai produk Vespa Piaggio.

    Diler Menawarkan Diskon 10jt Pada 100 Orang Pembeli Pertama



    Otomotif - Tenaga penjual diler Toyota di Jakarta mulai giat menawarkan Avanza facelift. Bahkan, sudah disediakan promo khusus, yaitu bisa mendapatkan unit dengan banderol sama seperti model lama alias tidak naik harga.

    Beberapa pramuniaga yang dihubungi pada, Jumat (4/1/2019), mengatakan, konsumen bisa membeli low multi purpose vehicle (LMPV) itu dengan harga normal, tetapi hanya untuk 100 pembeli pertama.

    "Jadi setelah membayar uang tanda jadi Rp 5 juta, akan kita catat, apabila belum mencapai 100 orang maka harganya sama seperti model yang lama," kata pramuniaga yang identitasnya minta dirahasiakan.
    Bukan hanya itu, pramuniaga diler Toyota lain bahkan menawarkan diskon Rp 10 juta sampai Rp 15 juta lagi untuk 100 pembeli pertama. Namun, jika sudah lebih dari kuota akan dikenakan harga baru.

    "Kalau harga yang baru belum keluar resminya, tetapi estimasi naik Rp 5 juta hingga Rp 7 juta. Peluncuran akan dilakukan 15 Januari dan pengiriman di atas 17 Januari 2019," ujar tenaga penjual itu.

    Perlu diingat bahwa Avanza model yang ada sekarang ini mulai dijual Rp 188 juta hingga Rp 232 juta. Sementara untuk varian Veloz dibanderol mulai Rp 215 juta sampai Rp 239 juta, on the road DKI Jakarta.

    Sunday, 6 January 2019

    Tepat Pada Tanggal 5 Januari BBM Pertamina Menurunkan Harga BBM



    Otomotif - PT Pertamina (Persero) akhirnya menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi. Kondisi ini seiring dengan turunnya harga rata-rata minyak mentah dunia dan penguatan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat.

    Penurunan harga BBM nonsubsidi berlaku mulai pukul 00.00 WIB, hari ini, Sabtu (5/1/2019). Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, penyesuaian harga yang dilakukan Pertamina telah sesuai dengan mekanisme dan peraturan yang berlaku.

    “Kami telah berkordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, terutama pelanggan setia produk-produk Pertamina,” ujar Nicke dalam keterangan resminya, Jumat (4/1/2019).


    Ada lima jenis BBM yang mengalamai penurunan harga dengan kirasaran yang bervariasi, yakni:
    - Pertalite turun sebesar Rp 150 per liter
    - Pertamax turun sebesar Rp 200 per liter
    - Pertamax Turbo turun sebesar Rp 250 per liter
    - Dexlite turun sebesar Rp 200 per liter
    - Dex turun sebesar Rp 100 per liter

    Dengan adanya penurunan harga tersebut, harga Pertalite yang sebelumnya Rp 7.800 kini menjadi Rp 7.650, Pertamax dari Rp 10.400 menjadi Rp 10.200, Pertamax Turbo menjadi Rp 12.000, Dexlite Rp 10.300, sementara untuk Dex dari Rp 11.850 menjadi Rp 11.750.

    Harga baru yang berlaku di beberapa daerah bisa berbeda-beda. Hal ini disebabkan adanya perbedaan besaran Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) di masing-masing daerah.

    Rumor, Kawasaki Ninja 250 Akan Menggunakan Mesin Terbaru



    Otomotif - Kawasaki memang dikenal sebagai geng hijau yang segmentasinya memang menjual motor sport. Beberapa produknya memang telah berhasil merambah berbagai pasar dengan penjualan cukup menjanjikan.


    Berkenaan dengan itu, belum lama ini terdengar bahwa rumor terkait dengan Kawasaki Ninja 250 dipastikan bakal hadir dengan membawa mesin baru santer dibicarakan beberapa tahun belakangan. Terbaru, mesin baru tersebut bakal diperkenalkan pada 2020 atau paling cepat tahun depan.


    Satu yang menarik bahwa model sportbike itu kabarnya siap mengusung dapur pacu 4-silinder. Sementara itu, apabila menelisik dari konsep silinder mesinnya maka besar kemungkinan jika motor ini adalah generasi terbaru dari Kawasaki ZX-250R yang sempat beredar pada awal 1990-an.


    Di sisi lain, meskipun masih menjadi rumor yang belum benar 100% namun saat ini telah ada beberapa desainer digital yang menerka sosok dari generasi terbaru Kawasaki ZX-250R. Salah satunya bahwa berdasarkan atas info yang dilansir dari Greatbiker.com, salah satunya adalah Mich Motorcycle.


    Sementara itu di sisi lain, untuk soal tampilan fisik atau eksteriornya sendiri, memang untuk bentuknya kental dengan nuansa futuristik. Hal itu dimunculkan oleh fairing yang menyatu dengan tangki dan under-cowl. Sedangkan sektor belakangnya tampak minimalis.

    Tak sampai di situ saja, bahkan pada bagian depannya cenderung mirip Kawasaki ZX-6R. Tengok saja penggunaan sepasang lampu depan yang meruncing serta air-intake besar di tengahnya.

    Tak hanya itu, generasi terbaru Kawasaki ZX-250R juga diprediksi akan dibekali suspensi upside-down dan sepasang disc-brake di bagian depan.



    Mengingat masih menjadi sebuah prediksi maka desain ini tidak merujuk pada desain buatan Kawasaki. Meskipun begitu namun hanya saja jika Kawasaki ZX-250R 4-silinder benar-benar dibuat, sportbike tersebut bisa menjadi legenda berikutnya.

    Kawasaki Ninja Dalam Varian Spark Black Dan Metallic Phantom Beserta Review Harganya



    Otomotif - Goda konsumen, tampaknya pabrikan Kawasaki mulai sedikit mengembangkan strateginya di segmen motor sport buatannya. Dimana, belum lama ini, pabrikan geng hijau itu resmi memperkenalkan dua warna baru untuk Ninja 250 untuk pasar Jepang.

    Satu hal yang menarik bahwa alih-alih membawa warna hijau, pihak Kawasaki justru kali ini justru membawa pilihan warna yang lebih maskulin. Kedua warna yang diusung pabrikan asal Negeri Samurai itu adalah metallic phantom silver dan metallic spark black.

    Nah, secara detailnya, untuk varian Ninja 250 model 2019 dengan warna metallic phantom silver ini sebenarnya punya kombinasi menarikl. Dimana, mengusung warna dasar hitam yang dikombinasi warna silver di bagian bawah. Paduan warna ini makin mewah berkat sentuhan atas gaya grafis warna emas di bagian fairing, fascia, dan pada bodi jok pembonceng, termasuk list pelek.


    Sementara itu di sisi lain, untuk model Ninja 250 2019 warna metallic spark black sendiri pun tampaknya juga bisa jadi pilihan bagi konsumen yang menginginkan warna sederhana. Bukan tanpa alasan mengingat pihak Kawasaki hanya melabur Ninja 250 dengan warna hitam polos saja tanpa ada tambahan grafis apapun, kecuali tulisan ‘Kawasaki’ pada bagian undercowl.

    Di sisi lain, perlu untuk diketahui bahwa nantinya pihak Kawasaki Jepang akan meluncurkan motor ini pada 15 Januari 2019 nanti. Untuk harganya, Ninja 250 varian metallic phantom silver dihargai JPY 640.440 atau setara Rp 84,5 juta, sedangkan Ninja 250 metallic spark black dibanderol JPY 629.640 atau sekitar Rp 83 juta.

    Nah, untuk soal persebarannya di pasar Indonesia sendiri, menurut rumor yang beredar, nantinya Kawasaki juga sudah meluncurkan Ninja 250 model year 2019 di ajang IMOS 2018 November lalu. Pihak Kawasaki Motor Indonesia menyediakan empat tipe yaitu, Ninja 250 Std, Ninja 250 SE dengan MDP (Magnetic Desain Painting), Ninja 250 SE, dan Ninja 250 ABS SE MDP.

    Kemudian, untuk soal harga dari Ninja 250 pun dibanderol dengan angka berbeda. Yang mana, untuk tipe standar dibanderol Rp 61.900.000, Ninja 250 SEMDP Rp 66.900.000,Ninja 250 ABS SE Rp 74.100.000, dan Ninja ABS SEMDP Rp 74.600.000.

    Berhati-hatilah Jika Menyalip Kendaraan Di Jalan Pantura



    Otomotif - Kondisi rute Jalur Pantai Utara atau Pantura rupanya belum banyak mengalami perubahan, terutama untuk permukaan aspal.

    Darihasil penelusuran tim redaksi Kompas.com yang menggelar Komparasi Jalur Trans Jawa menggunakan Mitsubishi Xpander, banyak menemukan aspal di sepanjang Pantura yang bergelombang dan berlubang.

    Setelah melewati Simpang Jomin, menuju arah ke Cirebon Jawa Barat, aspal bergelombang masih cukup mendominasi, kondisi ini terjadi karena banyaknya kendaraan alat berat yang melintasi Pantura. Namun yang menjadi perhatian redaksi adalah adanya fenomena kebiasaan lalu lintas yang tak lazim.

    Bila biasanya kendaraan alat berat seperti truk atau kontiner melintas di jalur lambat yang berada di sebelah kiri, maka aturan ini tak berlaku di Pantura. Iring-iringan kendaraan berat mendominasi jalur kanan yang biasa digunakan sebagai ruas untuk kendaraan lebih kencang, akibatnya memaksa mobil yang ingin mendahului harus menyalip dari sebelah kiri.

    Menurut Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuh, fenomena tersebut terjadi sudah cukup lama, bahkan menjadi sebuah kebiasaan yang menahun dilakukan para sopir kendaraan berat di lintas Pantura.


    "Memang di Pantura kendaraan berat kebanyakan melintas di kanan, sebabnya permukaan aspal di kiri itu dulu sangat rusak, bahkan sampai sekarang. Untuk menghindari permukaan berlubang yang bisa membuat truk terjebak atau terguling, mereka akhirnya berjalan ke jalur cepat. Dampaknya memang membuat kendaraan lebih cepat harus menyalip dari jalur lambat yang cukup berbahaya juga," ujar jusri.

    Meski dianggap sudah menjadi kondisi yang biasa, tapi dampaknya kini aspal di lajur kanan banyak yang rusak, hampir rata-rata bergelombang yang membuat jalan terasa bumpy ketika dilintasi. Soal menyalip truk atau kendaraan berat dari sebelah kiri juga wajib disikapi karena sangat berisiko.

    Umumnya saat siang hari, lajur kiri didominasi oleh sepeda motor atau pun kendaraan pengangkut hasil pertanian desa yang jalannya lambat. Menurut Jusri, ketika mau melakukan manuver untuk menyalip, hal paling utama yang harus dilakukan adalah memastikan kondisi di depan serta jarak kerapatannya.

    "Pastikan kondisi kiri bebas dari kendaraan lain, jangan lupa melihat kerapatan karena truk pengangkut barang itu memiliki dimensi yang lebih lebar. Intinya saat akan menyalip, harus benar-benar full konsentrasi. Jangan lupa waspadai kendaraan yang menyalip dari lawan arah. Lebih baik mengalah jangan terbawa emosi, apalagi bila tidak mengetahui medannya," ucap Jusri.

    Avanza Untung Besar Saat Menghabiskan Stok Produksinya



    Otomotif - Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia facelift akan meluncur pada pertengahan Januari 2019. Diler kedua merek tersebut di awal bulan ini masih menjual stok unit Avanza dan Xenia produksi 2018.

    Diskon yang ditawarkan oleh masing-masing tenaga penjual sangat menggiurkan, yakni tembus puluhan juta rupiah. Namun, ketersediaan unit terbatas, karena model baru sudah mulai diproduksi massal.

    Pramuniaga beberapa diler Toyota di Jakarta, ketika dihubungi dan ditemui belum lama ini di pusat perbelanjaan mengatakan bahwa, diskon untuk Avanza produksi 2018 mencapai Rp 28 juta hingga Rp 35 juta.


    "Kalau di diler kami varian Veloz sudah tidak ada, hanya tersedia varian yang biasa dan itupun tidak banyak," ucap pramuniaga yang identitasnya dirahasiakan.

    Selanjutnya, wiraniaga diler Daihatsu di Jakarta juga mengatakan hal serupa. Potongan harga untuk Xenia rakitan 2018 mencapai Rp 25 juta.

    "Tergantung dengan penawaran dan pemilihan leasing. Bisa kami tambahkan lagi, apalagi beli kredit. Unitnya memang benar sudah tidak banyak, karena mau keluar yang model baru," ucap wiraniaga itu.