Wednesday, 27 March 2019

Honda CBR150R Di Thailand Varian Warna Melimpah Di Banding Indonesia



Otomotif - Honda CBR150R meluncur di Thailand lewat Bangkok International Motor Show 2019. Wujudnya sama persis dengan yang ada di Indonesia.
Sampai soal mesin juga sama berbekal kapasitas 149 cc DOHC, yang menyemburkan tenaga 16,89 dk dan torsi 14,4 Nm. Tetapi soal pilihan warna berbeda antara Thailand dan Indonesia.






Versi Thailand ada kelir biru tua dengan aksen grafis silver di area side fairingnya.
Warna ini enggak bisa ditemukan pada versi Indonesia nih.
Selain itu warna hitam yang ada di Thailand dikombinasikan dengan grafis berwarna merah. Berbeda dengan versi Indonesia yang grafisnya berwarna oranye.

Terakhir ada warna khas dari AP Honda Racing Team, yang memadukan warna merah, hitam, putih serta sedikit warna biru. Warna ini jadi warna versi tim balapnya Honda Thailand.


Resmi Di Rilis Honda CBR250RR Thailand, Harga 100Jt Per Unit



Otomotif - Honda CBR250RR telah dirilis di Bangkok International Motor Show 2019.Peluncuran ini menjadi pertama setelah sebelumnya AP Honda, APM Honda di Thailand hanya jualan CBR300R satu silinder saja.

Dengan munculnya CBR250RR ini, pasar motor sport di sana menjadi kian berwarna.Namun jangan kaget jika melihat harganya yang terpaut lebih mahal ketimbang di Indonesia.

Padahal secara keseluruhan versi Thailand dan Indonesia tak ada bedanya.
Kaki-kaki depan pakai upside down, belakang aluminium swing arm dengan monoshock yang punya 5 setelan preload.


Mesin, 2 silinder DOHC 4 klep, downdraft throttle body, throttle by wire dan sama-sama dibekali dengan 3 pilihan riding mode. Soal warna, CBR250RR di Thailand hanya ada dua pilihan yakni merah dan hitam.



Serta hanya ada satu tipe yang dilengkapi antilock brake system atau ABS.
Harganya di sana dilepas 249 ribu Bath atau Rp 111 jutaan! Wah beda jauh ya!
Bandingkan dengan CBR250RR Indonesia yang harganya dijual mulai Rp 59,9 juta untuk non ABS. Sedang versi ABS paling mahal harganya Rp 71,3 juta. Tuh, selisihnya banyak kan?

Apa yang membuatnya mahal? Apakah karena motor ini diproduksi di Jepang bukan dari Indonesia? Pasalnya Mr. Natthachai Srisophan, General Manager, Sales Division, AP Honda Co., Ltd menegaskan jika motor ini diimpor dari Jepang.

"Wah, enggak berani komen kalau ini (harga CBR250RR Thailand)," ungkap GM Corporate Communication PT Astra Honda Motor (AHM), Ahmad Muhibbuddin ketika dimintai komentar tentang CBR250RR di Thailand.

Mirip Dengan Pajero, Isuzu MU-X Tidak Kalah Saing



Otomotif - Isuzu MU-X satu ini mungkin bisa bikin lawannya, Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport minder.
SUV dari Isuzu itu hasil custom  dan ikut mejeng di Bangkok International Motor Show 2019.

Tampilannya berbeda sekali dengan versi standarnya.
Wajahnya kini makin tegas berkat bumper custom yang dikombinasi aksen hitam dan tetap dengan sepasang fog lamp bulat.

Di atasnya, ada gril yang juga diberi sentuhan hitam glosy sehingga membuat kesan modern sporty. Terutama karena lampu utama proyektor, DRL dan lampu belakang yang semua sudah LED.



Ubahan di eksterior tentu tidak bisa maksimal tanpa ubahan pelek.
Untuk itu, MU-X custom mengadopsi pelek multi palang ring 17 inci dibungkus ban Toyo Proxes berprofil tipis.

Wiih dijamin bikin segan Fortuner dan Pajero Sport nih!
Masuk ke area kabin, MU-X custom hadir dengan skema warna dominan hitam berpadu dengan trim dari material aluminium. Joknya lapis kulit warna hitam dengan pola jahitan ganda yang dibuat kontras dan bertekstur sporty.

Sementara dasbor terlihat penuh dengan suguhan layar infotainment sentuh berukuran 8 inci yang menawarkan opsi mirroring.
Isuzu MU-X di Thailand dijual dalam dua varian mesin, keduanya bertenaga diesel.



Versi terendah bermesin RZ4E-TC berkapasitas 1.900cc dengan tenaga daya maksimum 150 dk dan torsi puncak 350 Nm. Semantara versi lebih kuat ialah unit 4JJ1-TCX berkapasitas 3.000cc yang memuntahkan 177 dk dan torsi 380 Nm.

Suzuki Katana Dalam Tampilan Off-Road



Otomotif -  ini milik Leon yang digarap di bengkel sendiri.
Aslinya, Katana ini milik ayahnya yang diberikan ke Leon.
"Dari dulu memang seneng main off-road kan, pas kebeneran dapat mobil ini ya langsung aja saya modif," ujar Leon yang masih berusia 21 tahun.
Untuk mendapatkan ground clearance tinggi, anting milik Toyota Land Cruiser FJ40 dipakainya.


"Itu ganti anting. Ya kira-kira naik 15 cm, sekitar segitu. Lupa saya," tukas Leon.
Untuk pelek menggunakan MB Motoring ring 17 inci dibalut ban M/T lansiran Maxxis tipe Bighorn 764.
Selain itu untuk menunjang style off-road yang diusungnya, ada pernik-pernik lain yang dipakainya.
Seperti liftjack yang dipasang di sisi kiri bodi.

Saturday, 23 March 2019

Unik, Honda Merilis Motor Listrik Untuk Angkut Barang



Otomotif - Honda kembali mengenalkan kendaraan listrik untuk pengiriman barang. Scooter Elektrik Benly yang sebelumnya berkapasitas mesin 110 cc kini sudah disetrum tenaga listrik dalam ajang Tokyo Motorcycle Show 2019.

Mengutip electrek, Sabtu (23/03/2019) motor ini didukung oleh baterai yang juga digunakan Honda dalam skuter maxi PCX Electric. Sistem pengisian baterai juga dirancang untuk dapat ditukar atau model swap. 

Bila mengusung baterai yang sama maka seperti yang pernah diungkap pada pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) tahun lalu, Honda memperlihatkan motor konsep berbasis PCX. 

Motor itu disebut PCX Electric. Mengutip laman resmi HondaPCX Electric dibekali baterai lithium ion berkapasitas 20.8Ahx2. 

BACA JUGA : Adu Kecepatan Racer Day Honda CBR Dan RC213V-S Di Sentul

Dengan baterai tersebut, jarak tempuh PCX Electric mencapai 41 km dengan kecepatan konstan 60 km/jam. Tenaga yang bisa dihasilkan baterai tersebut diklaim sekitar 0,98 kW.

Pada kesempatan tersebut, Honda juga mengenalkan CRF berbasis tenaga listrik, yang memiliki nama CR Electric. Namun sayangnya, baik untuk CR Electric atau Scooter Electric Benly belum terungkap spesifikasi lebih lanjut. 

Kendati demikian pabrikan asal Jepang ini memang berkomitmen untuk membawa kedua model tersebut ke jalur produksi dan bahkan telah menyebut model sebagai prototipe alih-alih konsep. Wah lumayan nih detikers bagi yang memiliki usaha antar barang. 

Biaya bahan bakar bisa ditekan karena tak motor tak lagi menggunakan bensin melainkan bisa dicas.

Ertiga Sport Di Gosipkan Rilis Untuk Menggantikan Dreza, Begini Penjelasannya



Otomotif - Sebelum kehadiran Suzuki Ertiga Sport, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sempat memasarkan Ertiga versi Dreza yang lebih Luxury. Mobil lebih mahal sekitar Rp 20 jutaan dibanding varian biasanya (pada awal peluncurannya).

Namun pada pertengahan tahun lalu tepatnya sejak All New Ertiga diluncurkan, varian Dreza diberhentikan pemasarannya. Hingga sampai saat ini, munculah Ertiga varian Sport yang menduduki sebagai model paling mahal dari mobil keluarga Suzuki di Indonesia tersebut (perbedaannya sekitar Rp 11 juta).

Dengan melihat hal itu, apakah alasan hadirnya Suzuki Ertiga Sport yang menggantikan varian Dreza karena harganya terlalu mahal? Direktur Pemasaran 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Donny Saputra menjawabnya.

BACA JUGA : Dengan Harga Yang Terjangkau Ertiga Sport, Suzuki Berharap Bisa Mendongkrak Pasar Otomotif

"Memang, sejak kita kenalkan All New Ertiga tahun lalu varian Dreza sudah tidak kita jual lagi. Alasannya, karena pengembangan produk kan kita sesuaikan dengan kebutuhan dan permintaan konsumen sehingga diharapkan bila meluncurkan produk, itu bisa diterima masyarakat. Kita pun melihat trennya bagaimana," kata dia di peluncuran Suzuki Ertiga Sport di Kota Kasablanka, Jakarta.


"Tidak, Suzuki Sport ini hadir bukan karena ingin menggantikan varian Dreza. Karena segmentasinya berbeda. Dreza itu lebih ke luxurious sedangkan Ertiga Sport lebih mengarah pada keluarga muda yang ingin tampil stylish dan berjiwa sporty. Banderolannya pun berbeda," lanjut Donny.

Dari segi umur, kata Donny lagi, Suzuki Ertiga Sport lebih menyasar ke pasar lebih besar dibanding Ertiga Dreza. Yakni, usia 25-35 tahun.

"Dari segi demografis, usia 25 sampai 35 tahun itu besar dan mereka membutuhkannya mobil Low MPV bukan city car. Mereka juga membutuhkan produk yang berbeda, bukan hanya standar saja. Sehingga kita memutuskan untuk menghadirkan Suzuki Ertiga Sport. Sedangkan Dreza, menyasar kepada orang yang ingin tampil luxury yang sekarang sudah tergantikan oleh Ertiga varian teratas (GX)," paparnya.

"Dahulu, dua sampai tiga tahun segmen Dreza tinggi. Namun sekarang ada perubahan. Maka prioritas kita adalah lebih ke Suzuki Sport," kata Donny lagi.

Suzuki Ertiga Sport juga diharapkan mampu meningkatkan angka penjualan Eriga sebesar 20 persen, sama dengan awal kehadiran Ertiga varian Dreza saat pertama kali diperkenalkan. Dalam angka, berarti berkisar di 600 unit tiap bulannya (Dari 3.000 unit/bulan).

Begini Komentar Honda Soal Terganggunya Penjualan CR-V Oleh Wulling Almaz



Otomotif - Wuling Almaz memang saat ini langsung menjadi salah satu mobil baru yang kian diminati oleh para konsumen. Bahkan, jika mendasarkan atas data wholesales (distribusi pabrik ke diler) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), teatnya pada Februari 2019 Wuling sudah mengapalkan Wuling Almaz sebanyak 586 unit.
Sementara itu, di sisi lain agaknya ada model buatan lain yang merasa sedikit terganggu. Salah satunya yaitu Honda CR-V 1.5 Turbo yang mana baru terdistribusi 454 unit. Terkait dengan itu, Direktur Pemasaran dan Purnajual PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy sendiri pun mengatakan bahwa secara wholesales jelas perusahaan menyeimbangkan kondisi, tetapi retailnya bisa dilihat, CR-V 1.5 Turbo menyentuh 1.000-an unit.
“Secara total Januari-Februari 2019 sekitar 3.000-an unit. Itu kan yang dihitung wholesales, coba kalau retailsales,” kata Jonfis di acara media test drive Brio di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat pada Rabu (20/3/2019).
Selain itu, Jonfis sendiri juga turut menjelaskan bahwa kehadiran SUV “murah” ini bukan sebagai ancaman buat Honda. Bukan tanpa alasan mengingat tidak melulu mobil yang punya dibanderol kompetitif bisa langsung diterima oleh konsumen.
“Konsumen juga mempertimbangkan banyak hal, harga jual kembali, hingga fitur dan lain sebagainya,” ucap Jonfis.
Tak hanya itu, belum lagi bahwa sampai detik ini masih belum pernah ada konsumen Honda yang langsung membandingkan CR-V dengan merek otomotif asal China itu. Pasalnya, jelas secara karakter pembeli juga berbeda, sehingga tidak akan bermasalah meskipun banyak pendatang baru.
“Kalau pembeli kami sudah jelas mereka tidak hanya memikirkan harga saja, tetapi fitur hingga harga jual kembalinya lagi seperti apa,” ucap Jonfis.
Di sisi lain, branding Honda dengan Wuling agaknya juga terlalu jauh dari segi pasar. Mengingat, Honda sudah lebih dulu memasuki pasar mobil yang sampai detik ini masih memiliki pangsa pasar yang cukup kuat dan luas.

Suzuki Katana Di Banderol Dengan Harga 241Juta, Masih Belum Tau Apakah Akan Masuk Ke Pasar Otomotif Indonesia



Otomotif - Sejak secara resmi diperkenalkan secara perdana di hadapan publik pada tahun 2018 lalu, akhirnya Suzuki memberikan informasi soal harga dari Katana yang kini sudah resmi dirilis. Tak sampai di situ saja, bahkan perusahaan otomotif asal Jepang tersebut juga mengumumkan harga special equipment pack yang disebut Samurai.
Di sisi lain, dikabarkan pula bahwa untuk kawasan pasar otomotif Inggris, banderol Suzuki Katana akan dijual mulai dari 11.399 Pound sterling atau setara Rp 214 juta. Sedangkan di satu sisi, untuk paket aksesori Samurai akan dijual seharga 999 Pound sterling atau Rp 18 jutaan.
Jika melihat nominal harga tersebut, tentu saja motor ini telah diklaim lebih murah hingga 383 Pound sterling atau Rp 7 jutaan apabila membelinya secara terpisah.
Di sisi lain, sebagai informasi dan perlu untuk diketahui saja bahwa Suzuki Katana merupakan salah satu motor yang lahir pada tahun 1980-an dan sempat menjadi tren di eranya.
Tentu saja dengan lahirnya kembali motor legendaris ini maka sangat diharapkan bisa mengobati kerinduan para pecinta otomotif. Bukan tanpa alasan mengingat motor ini juga memiliki nuansa retro untuk desainnya.
Nah, berbicara di segmen dapur pacu, Katana sendiri kabarnya akan disematkan mesin 999 cc 4 silinder, yang juga digunakan pada GSX -R1000 K5. Tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 150 hp pada 10.000 rpm dan torsi puncak 108 Nm pada 9.500 rpm.
“Katana yang serba baru ini merupakan demonstrasi besar masa depan Suzuki. Ada banyak lagi yang akan datang dari Suzuki, karena kami mempertahankan perspektif yang berfokus pada pelanggan dan membawa sepeda motor yang inovatif dan menarik kepada orang-orang di seluruh dunia,” kata Presiden Suzuki, Toshihiro Suzuki sebagaimana dengan laporan yang dilansir Autoevolusion.
Namun, sayangnya sampai saat ini masih belum diketahui apakah Katana akan masuk ke pasar Indonesia atau tidak?

Wulling Almaz Berhasil Menarik Perhatian Konsumen Dibanding CR-V



Otomotif - Secara resmi diluncurkan perdana di awal tahun 2019 ini, Wuling Almaz tampaknya telah berhasil menarik perhatian pasar SUV nasional. Satu yang menarik bahwa mobil ini memiliki fitur berlimpah dan harga yang diberikan Wuling jauh lebih menjangkau dibandingkan kompetitor yang memiliki fitur setara.
Sementara itu di sisi lain, spesifikasi mesin yang kini mengusung teknologi turbocharger, Wuling Almaz agaknya bakal menjadi lawan baru bagi Honda CR-V. Walaupun untuk segmen banderol yang ditawarkan jauh dibawah mobil pabrikan otomotif Jepang tersebut.
Selain itu, sejak Wuling sudah melakukan penjualan secara wholesale (dari pabrik ke dealer), bulan pertama distribusinya, dilaporkan bahwa Wuling Almaz sudah mampu mengalahkan Honda CR-V.
Berada di segmen SUV medium, menurut laporan terbaru yang dikutip dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat bahwa Wuling Almaz akhirnya secara resmi berhasil terjual hingga 568 unit sepanjang Februari 2019.
Tentu saja, jika melihat jumlah nominal jumlah tersebut, tentu saja disimpulkan bahwa Almaz sudah mampu mengalahkan Honda CR-V yang hanya berhasil terjual 534 unit di periode yang sama.
Sedangkan di satu sisi, untuk Mazda CX-5 mampu menorehkan angka 128 unit dan disusul oleh Nissan X-Trail 45 unit.
Tak sampai di situ saja, bahkan sering dikaitkan karena berasal dari negara yang sama, angka penjualan DFSK Glory 580 sepanjang Februari 2019 tidak tercantum dalam data penjualan yang dirilis Gaikindo.
Dengan berbekal mesin 1,5 liter turbocharger yang mampu menyemburkan tenaga 141 Tk dengan torsi 250 Nm, dapur pacu tersebut memiliki sistem transmisi CVT 8-percepatan. Terkait harga, Wuling Almaz dibandrol Rp 318,8 juta on the road Jakarta.
Di samping itu, hadir dengan tawaran satu varian, mobil terbaru buatan pabrikan otomotif Cina tersebut disematkan LED headlight dan LED DRL sipit. Selain itu, bodinya cenderung gambot dan memiliki pelek dual-tone.

Dengan Harga Yang Terjangkau Ertiga Sport, Suzuki Berharap Bisa Mendongkrak Pasar Otomotif



Otomotif - Sebagaimana yang sudah diketahui bahwa belum lama ini PT Suzuki lndomobil Sales (SIS) secara resmi meluncurkan all new Ertiga Suzuki Sport yang diselenggarakan di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan. Perlu diketahui bahwa Low MPV ini hadir dengan 11 fitur baru yang siap menjadikan mobil di kelas low multi purpose vehicle (LMPV) tersebut diklaim mampu memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia.
Selain itu, setelah buka kran pemesanannya sendiri, all new Ertiga Suzuki Sport ini nantinya diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pasar otomotif Tanah Air dan meningkatkan penjualan Ertiga secara kesuluruhan hingga 20 persen.
“Untuk angka sebelum ada Suzuki Sport ini 3 ribuan per bulan. Tahun lalu kalau enggak salah sekitar 34 ribuan, ini penjualan retail ya saya bicara,” kata Direktur Pemasaran 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra pada Jumat (22/3/2019).
Hal itu juga tak lepas dari rasa optimisme Daihatsu terhadap Low MPV ini. Dimana, adanya fitur baru dan perubahan dari sisi tampilan interior serta eksterior diharapkan mampu menarik minat konsumen.
“Perbedaan harga dengan tipe GX Rp 11,5 juta. Kalau inden kami belum tahu, kami masih harus melihat dulu pemesanan dari konsumen. Kami sudah mulai produksi 500-600 unit khusus Suzuki Sport ini,” ujar Donny.
Sementara itu di satu sisi, terkait dengan penerapan pembaruan pada Ertiga Sport ini, terdapat beberapa perubahan pada bagian eksterior, seperti upper & lower front grille, under spoiler, side under spoiler (right & left), rear upper spoiler dan rear under spoiler.
Tak hanya itu saja, bahkan terdapat juga emblem Suzuki Sport pada buritan. Guna meningkatkan keselamatan berkendara, terdapat fitur daytime running lights (DRL) LED lamp dan defogger. Parkir diklaim lebih mudah dengan tambahan fitur rear camera parking.
Tampilan interior mendapatkan warna baru pada dashboard dan seat materials benuansa hitam di seluruh bagian dashboard, jok, installation panel, trim door dan touch screen head unit berukuran 6,8 inci dengan garnish l/P center.

Resmi Merilis Ertiga Sport, Harganya Mulai Dari 241 Juta



Otomotif - Setelah sempat jadi rumor yang hangat, akhirnya PT Suzuki lndomobil Sales (SIS) secara resmi meluncurkan Ertiga Sport. Mobil yang menyasar di segmen Low multi purpose vehicle (LMPV) di Tanah Air ini mendapat beberapa fitur terbaru untuk memenuhi kebutuhan konsumennya.
”Penyematan konsep Suzuki Sport pada All New Suzuki Ertiga dilakukan untuk memenuhi selera pasar yang menginginkan mobil keluarga dengan tampilan sporty dan fitur modern. Saat ini kami menambahkan sebelas fitur pembaruan untuk membuat New Ertiga Suzuki Sport terlihat lebih agresif dan selaras dengan tren otomotif,” kata Setiawan Surya selaku 4w Deputy Managing Director PT SIS.
Jika melihat pembaruannya, dari sisi eksterior atau tampilan fisik pada New Ertiga Suzuki Sport kali ini memang terkesan berbeda. Dimana, Low MPV yang satu ini sudah dilengkapi tambahan body kit, seperti upper & lower front grille, under spoiler, side under spoiler (right & left), rear upper spoiler dan rear under spoiler.
Tak sampai di situ saja, bahkan pada Ertiga Sport ini juga terdapat juga emblem Suzuki Sport pada buritan. Guna meningkatkan keselamatan berkendara, terdapat fitur daytime running light (DRL) LED lamp dan defogger. Sehingga, nantinya parkir diklaim lebih mudah dengan tambahan fitur rear camera parking.
Sementara itu di satu sisi, untuk tampilan ruang kabinnya sendiri, tampak interior mendapatkan warna baru pada dashboard dan seat materials benuansa hitam di seluruh bagian dashboard, jok, installation panel dan trim door.
Selain itu, ada juga fitur canggih yang salah satunya berupa touch screen head unit berukuran 6,8 inci dengan garnish l/P center disebut mampu memberikan akses hiburan melalui fitur-fitur yang terintegrasi pada gawai pengemudi, seperti seperti web link, radio (AM/FM), MP3, WMA, USB, Waze, spotify, Bluetooth audio, dan Bluetooth phone call.

Begini Spesifikasi Vespa Piagio Primavera 2019



Otomotif - Seperti yang kita ketahui bersama, harga motor matic Vespa memang sangat mahal. Padahal apabila kita membeli motor Jepang dengan kapasitas mesin yang sama, maka harganya cuma setengahnya saja. Inilah keistimewaan motor asal Italia tersebut. Pasalnya merek Vespa dikenal sebagai merek prestisius yang secara tak langsung membuat produknya terasa lebih eksklusif dibandingkan motor Jepang yang terkesan lebih pasararan.

Penjualan motor Vespa di Indonesia juga terus meningkat. Padahal harga motor matic Vespa dibanderol melebihi 30 Juta Rupiah. Alasan banyak orang membeli motor Vespa adalah karena desainnya. Vespa menawarkan motor matic dengan desain stylish dan elegan yang tak akan didapatkan apabila membeli motor Jepang. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali motor matic Vespa yang dipasarkan secara resmi, dan salah satunya adalah Vespa Primavera 150.

Motor Vespa Primavera 150 dilepas kepasaran dengan harga melebihi 40 Juta Rupiah. Harganya lebih mahal dibandingkan Vespa S ataupun Vespa LX. Sebanding dengan itu, Vespa Primavera menawarkan mesin berkapasitas lebih besar dan sudah dilengkapi beragam fitur canggih. Dimana kapasitas mesinnya sebesar 154.8cc dan sudah menggunakan teknologi Injeksi. Kapasitanya memang tak terlalu besar, namun membuat Vespa Primavera semakin nyaman dikendarai.

BACA JUGA : Tahun Baru Tiba, Piaggio Siap Memberi Diskon Besar Pada Konsumen

Kelebihan utama Vespa Primavera 150 bukanlah pada mesinnya, melainkan desainnya. Motor ini memiliki desain stylish yang memadukan antara tampilan retro dan modern. Vespa Primavera 150 juga cocok untuk pengendara pria ataupun wanita. Desainnya memang sulit tertandingi oleh motor matic lainnya, jadi bagi masbro yang mencari motor matic stylish, maka Primavera merupakan pilihan paling tepat. Nah sebelum membelinya, silahkan simak terlebih dahulu informasi spesifikasi dan harga Vespa Primavera 150 berikut ini.



1. DESAIN
Soal desain memang tak perlu diragukan lagi. Vespa Primavera 150 tampil dengan desain modern, elegan, namun tetap berkesan retro layaknya motor Vespa zaman dulu. Kesan retro langsung tampak dari lampu depan yang berbentuk bundar dan disampinya terpasang spion yang sama-sama berbentuk bundar. Lalu untuk lampu sein ditempatkan ditameng depan dengan bebentuk memanjang ke atas. Kemudian untuk bagian samping memiliki bodi cukup membulat dan tersedia pijakan kaki cukup luas.
Dimensi Vespa Primavera cukup ideal. Bentuk bodynya tak terlalu besar dan tak terlalu kecil. Dimana panjangnya berukuran 1.852 mm, lebar 1.334 mm, dan tinggi jok 790 mm. Kemudian untuk sumbu rodanya berjarak 1.334 mm dan tersedia tangki berkapasitas 8.5 Liter. Selain itu, Vespa Primavera 150 telah dilengkapi kompartemen depan yang bisa terbuka secara electric dan didalamnya sudah ada port USB untuk mengisi gadget saat berkendara.
Speedometer Vespa Primavera 150 juga sangat keren, karena memadukan antara panel meter digital dan analog untuk menampilkan beragam informasi seputar berkendara, seperti kecepatan, sisa bahan bakar, trip meter, dll. Kemudian untuk sektor jantung pacu, Vespa Primavera 150 ditenagai mesin 4 Tak dengan 3 katup berkapasitas 154.8cc. Mesin tersebut sudah dilengkapi teknologi i-Get dan Injeksi Elektronik yang terbukti membuat mesin semakin responsif dan hemat bahan bakar.
2. MESIN
Tenaga yang dikeluarkan mesin Vespa Primavera 150 sebesar 8.7 kW pada putaran 7.500 rpm. Sedangkan torsi puncaknya mencapai 12 Nm pada putaran 5.000 rpm. Tersedia pula transmisi CVT Otomatis (Continuous Variable Transmision). Transmisi tersebut lazim digunakan pada motor matic asal Jepang, seperti Honda Scoopy dan Yamaha Fino. Itu artinya kita bisa dengan mudah dan nyaman mengendalikan motor ini.
Sebelumnya Vespa juga meluncurkan Primavera yang belum dilengkapi teknologi i-Get. Sampai sekarang harga Vespa Primavera tersebut tetap tinggi, meski dalam kondisi bekas. Boleh dikatakan harga motor Vespa bekas memang cukup stabil. Mungkin hal ini dikarenakan barangnya yang langka. Jadi masbro tak perlu khawatir soal harga jual kembali apabila membeli motor matic asal Italia tersebut.
3. KAKI - KAKI
Berlanjut ke sektor kaki-kaki. Vespa Primavera 150 dibekali suspensi depan yang menggunakan lengan tunggal dengan pegas helikal dan peredam kejut hidrolik tunggal. Sedangkan untuk bagian belakang memakai peredem kejut hidrolik tunggal dengan 4 tingkat setelan kekerasan. Suspensi depannya memang berbeda dari motor matic pada umumnya yang rata-rata memakai suspensi teleskopik. Suspensinya juga sangat nyaman dan masbro bisa mengatur tingkat kekerasan suspensi belakang sesuka hati.
Selanjutnya untuk bagian ban, Vespa Primavera 150 dibekali ban tubeless yang terpasang pada semua rodanya. Dimana ban depannya memiliki ukuran 110/80 Ring 12″ dan untuk ban belakang berukuran 120/70 Ring 12″. Motor ini juga dilengkapi velg racing yang memiliki desain sangat sport dan untuk bagian depan sudah terpasang rem cakram yang menjadikan kontrol pengereman semakin optimal. Sayangnya untuk bagian belakang masih tromol.
4. FITUR - FITUR
Tak hanya mengandalkan rem cakram, Vespa Primavera 150 juga sudah mengadopsi teknologi ABS (Anti-Lock Breaking System). Teknologi tersebut akan mencegah roda mengunci saat pengendaranya mengerem mendadak, sehingga lebih aman saat berkendara diberbagai kondisi jalan. Hadirnya teknologi ABS secara tak langsung membuat harga Vespa Primaver 150 semakin mahal.

Friday, 22 March 2019

Toyota Sudah Siap Dengan Program Bahan Bakar Terbarukan



Otomotif - 
Langkah pemerintah dalam memanfaatkan Energi Terbarukan Melalui Program Biodisel sudah di persiapkan secara matang oleh produsen dengan baik. Contohnya, Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMI) Mengungkapkan kesiapan untuk penerapan bahan bakar sesuai program pemerintah

"Dari b7, b10, b20, semua bisa, termasuk nantinya B100. Akan tetapi, sekarang B20 dahulu karena semua model harus compatible," Ucap Presiden Direktur TMMI Warih Andang Tjahjono, saat di temui pada hari selasa minggu lalu.

Warih mengungkapkan apapun jenis bahan bakarnya, yang terpenting adalah memiliki reability dan durability yang baik.  Untuk itu perihall bahan bakar, ada yang mengurangi performa mesin yang ada.

Toyota sendiri berppengalaman dalam memproduksi mesin untuk bahan bakar Etanol 100 yang di ekspor ke Amerika Selatan, nantinya apabila ada keinginan pemerintah untuk melengkapi dengan mesin Etanol Warih mengungkapkan bahwa mereka siap memproduksi.

"Tapi sekarang kita sedang memperjuangkan dengan Biodisel. Belakangan ini sedang di siapkan B30, dan nanti kita akan studi bersama pemerintah, masih studi," Ucap Warih.

Lantas antara Etanol dan Biodisel,, manakah yang pas untuk Indonesia ?, Warih menjelaskan jika hal tersebut lebih kearah harga bahan bakar. Jika harga yang di tawarkan tidak pas, tentunya tidak akan populer menjadi di pilihan konsumen.

"Semua Stake Holder memikirkan itu, bagaimana konsumen nanti menerima energi baru. Sekarang B20 sudah, berikutnya bagaimana. Produk yang ada semua harus ready, dari Toyota juga," Ucap Warih..

Mobil Murah Honda Akan Naik Pajak Menjadi 3%



Otomotif - PT. Honda Prospect Motor (HPM) merupakan salah satu merek yang ikut dengan program Kendaraan Bermotor Hemat Energi Dan Harga Terjangkau (KBH2) atau yang kia kenal sebagai Low Cost Green Car (LCGC). Model andalannya yaitu Brio Satya .

Pemerintah Melalui Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto teah mengeluarkan rencana pengenaan pajak kendaraan berdasarkan emisi. Salah satunya, LCGC mendapatkan tambahan pajak tiga persen dari sebelumnya yang tidak di kenai pajak oleh pemerintah.


Direktur Pemasaran Dan Purna Jual PT. Honda Prospect Motor (HPM) Janfis Fandy mengatakan, efek yang paling besar otomatis harga juallnya menjadi tidak murah lagi, karena akan mengalami kenaikan.

"Awal - awal pastinya akan terjadi penurunan penjualaan di segmen LCGC ini, karena harganya jelas menjadi lebih mahal," Ucap Janfis di acaara media teest drive Brio Satyadi Sentul, Jawa Barat.

Meski begitu, Janfis pun tidak mau ber andai  andai terlalu jauh karena peraturan sendiri belum jelass. Namun dia sudah bisa membaca bahwa akan diarahkan kendaraan Listrik ataupun Hibrida.

"Jadi kita harus tau detailnya seperti apa, karena kalau tidak akan sulit. Paling mungkin, efeknya ke harga jual dari produknya itu sendiri," Ucap Janfis

Thursday, 21 March 2019

Honda Akan Menambahkkan Model Terbaru BR-V



Otomotif - Performa penjualan Honda BR-V kian terus menurun di pasar otomotif indonesia, bagaimana tidak. Setelah rival terberat Toyota Rush dan Daihatsu Terios hadir dengan generasi terbarunya, tahun lalu secara wholesales terjual 9.143 unit.

Jonfis Fandy, Marketing And Aftersales Servis Director PT Honda Prospect Motor (HPM) menjelaskan, persaingan juga semakin ketat dengan banyak produk baru. Namun, pihak dari BR-V tidak hanya diam karena akan di pastikan BR-V akan merilis produk terbarunya.

"Kalau diperbaruhi sudah pasti, tetapi belum bisa saya informasikan. Nanti pada waktunya akan saya informasikan tentang kehadiran model terbaru tersebut." Ujar Jonfis di sirkuit sentul, kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (20/03/2019).

Berdasarkan data penjualan yang di rilis HPM untuk februari 2019, merek otomotif asal Jepang itu tidak mengumumkan berapa hasil jual low sport utility vehicle (LSUV) pada dua bulan pertama 2019.

Menurut Jonfis, tren secara pejualan memang terkadang naik dan turun. Belum lagi menyesuaikan permintaan pasar dan juga kondisi di pabrik, yang jelas Honda selalu mengutamakan produksi model tertentu agar konsumen tidak menunggu lama. 

"Informasi selanjutnya nanti dilihat saja, yang pasti kita sudah pastikan akan memperbaruhi tampilan BR-V, itu di IIMS atau bukan, ditunggu saja," ucap Jonfis.


Tuesday, 19 March 2019

Resmi, Regulasi Ojek Online (Ojol) Masih Tahap Awal



Info Otomotif - 
Kementerian Perhubungan( Kemenhub) resmi mengeluarkan regulasi ojek online. Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan (PM) No.12 Tahun 2019 mengenai Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat.

" Regulasi ini sudah diundangkan, jadi kami tinggal melakukan sosialisasi kebeberapa kota besar mulai akhir Maret sampai awal April mendatang," ucap Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdar) Budi Setiyadi, dalam keterangan resminya, Selasa (19/3/2019).

Meski sudah resmi diikeluarkan dan ditandatangani oleh Menteri Perhubugan (Menhub) Budi Karya Sumadi pada 11 Maret lalu, namun mengenai besaran soal ketentuan tarif per kilometer sampai saat ini belum ditetapkan. Untuk itu, Budi mengatakan tugas Direktorat Jenderal Perhubungan Darat belum selesai.

Mengenai biaya jasa yang terbagi dua, yakni biaya langsung dan biaya tak langsung, Budi menyatakan harus memperhatikan dari segi ekonomi, sosial, dan budaya.

“Saya masih akan membuat Surat Keputusan Menteri yang akan mengatur besaran biaya jasa dari ojek online ini. Masing-masing daerah punya persepsi dan ekspektasi yang berbeda terkait tarif. Paling lambat akan diselesaikan dalam minggu ini," ujar Budi.

Lebih lanjut, Budi menjelaskan jika ada persoalan dapat diselesaikan. Menyangkut biaya jasa ojek daring juga menerima beberapa masukan dari Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI).

Pengaturan tarif nantinya akan menggunakan sistem batas bawah dan batas atas. Budi menjelaskan hal ini merupakan usulan dari YLKI, karena dengan adanya tarif batas atas konsumen atau masyarakat dapat terlindungi dari tarif yang dapat dinaikkan dengan semena-mena.

Budi berharap adanya regulasi baru ini, akan membuat terjadinya persaingan sehat di antara kedua aplikator ojek online yang ada saat ini, yakni Grab dan Go-Jek.

“Jangan sampai salah satu mati dan yang lainnya diuntungkan. Kedua-duanya harus tetap hidup supaya tidak terjadi monopoli usaha. Apalagi kata Pak Presiden, menjadi pengemudi itu profesi yang mulia dan terlebih ini sudah menjadi profesi bagi banyak orang menyandarkan hidupnya,” ujar Budi.

Tak hanya itu, dalam PM 12/2019 ini juga mengatur mengenai ojek pangkalan Direktur Angkutan Jalan Ahmad Yani, menyatakan bahwa ojek pangkalan diatur seputar persyaratan teknis dan cara pengemudi dapat mengendarakan kendaraan dengan berkeselamatan.

"Keselamatan, kemitraan, suspend, dan biaya jasa adalah poin-poin yang menjadi isi utama dalam PM 12/2019. Itu semua dirangkum dalam 21 pasal,” kata Yani.

Berkapasitas 2.800cc Spesifikasi Toyota Supra Yang Akan Di Datangkan Ke Indonesia



Otomotif - Otomotif balap pasti mempunyai penggemarnya. Bukan hanya untuk kalangan berduit, tetapi juga kalangan menengah ke bawah. Melihat peluang itu banyak produsen otomotif yang mengeluarkan mobil sport dengan spesifikasi yang berasa mobil balap. Kondisi ini untuk memberikan pengalaman berbeda kepada setiap pengendara yang menginginkan menaiki mobil balap yang sebenarnya.
Sudah banyak pabrikan yang meluncurkan mobil sport dengan spesifikasi mobil balap. Bukan hanya performa mesin yang gila-gilaan, tetapi juga desain serta fitur penunjang lainnya. Salah satu produsen mobil yang mengeluarkan mobil sport tersebut adalah Toyota. Kabarnya produk mereka yang telah berhenti produksi akan diproduksi lagi.
Mobil legendaris dari Toyota kabarnya akan meluncur kembali ke dunia otomotif setelah vakum cukup lama, mobil tersebut adalah Toyota Supra. Mobil ini kembali hadir bukan hanya meramaikan meja produksi Toyota, tetapi juga akan bertarung di ajang balap.
Mobil Toyota Supra dilahirkan karena ada kolaborasi antara Toyota dengan BMW. Walaupun begitu identitas dari Toyota tidak akan tergantikan BMW. Lahirnya Toyota Supra sebenarnya juga untuk menyaingi New Aston Martin Vantage, BMW M8, dan Ferrari 488 dalam kompetisi GTE.
Pada tahun 2018 ini sebenarnya Toyota Supra sudah dikenalkan, namun masih dalam bentuk konsep. Pengenalan tersebut pada ajang Geneva Motor Show 2018 dan konsep yang diusung adalah mobil balap. Dan kabarnya Toyota Supra secara resmi akan melakoni debutnya pada semester pertama tahun 2019.
Kehadiran Toyota Supra generasi terbaru memang patut dinantikan. Bukan hanya akan menjadikan mobil ini kaya sejarah, tetapi juga ikut meramaikan pasar mobil premium sport. Rasanya akan kurang jika Otolovers belum mengetahui sejarah dari Toyota Supra. Untuk itu telah disajikan ulasan tentang generasi Toyota Supra, serta spesifikasi dan harga Toyota Supra.
Memang pantas jika Toyota Supra mendapat julukan mobil legendaris. Pasalnya mobil ini sendiri pertama kali mengaspal pada tahun 1978. Tahun tersebut menandakan peluncuran generasi pertama dari Toyota Supra. Generasi pertama bermula pada tahun 1978 sampai 1981, selama kurun waktu tersebut Toyota Supra dikenal dengan nama Celica XX. Pada Toyota Supra ini sudah menggunakan mesin 6 silinder dan tersedia dalam 3 tipe, yaitu M 2000cc, 4M 2600cc, dan 5M 2800cc.
Generasi selanjutnya atau generasi kedua (1982 - 1986) masih menggunakan konsep yang sama dengan generasi pertama dari Toyota Supra. Akan tetapi wheelbase generasi kedua ini lebih panjang ketimbang generasi sebelumnya. Pembeda lainnya juga terletak pada bagian depan Toyota Supra yang menggunakan lampu fully retractable. Dari sisi mesin sendiri Toyota Supra Gen II masih menggunakan mesin 6 silinder dengan dua pilihan, yaitu 1G 2000cc dan 5M-GE 2800cc.
Perbedaan yang mencolok terlihat pada generasi ketiga dari Toyota Supra (1986-1992). Desainnya pun lebih sporty dan sangat jauh berbeda dengan Celica. Untuk urusan mesin Toyota Supra Gen III ini menggunakan 3 pilihan mesin, yaitu 2000cc, 2500cc, dan 3000cc. Selain itu untuk mesin 2000cc dan 3000cc sudah ada dua pilihan mesin juga, yaitu mesin standar dan mesin turbo.
Untuk generasi selanjutnya atau generasi keempat dari Toyota Supra (1993-2002) juga sangat berbeda dari generasi-generasi sebelumnya. Dari sisi desain sampai mesin Toyota Supra ini bisa dibilang yang paling modern. Ada dua pilihan mesin standar dan turbo dengan kapasitas 3000cc. Mesin tersebut ditopang dengan transmisi 6 percepatan dan performa mesin Toyota Supra ini mencapai 270 km/jam.

Pada tahun 2008 Toyota Supra muncul kembali, tetapi hanya sebatas prototype. Tampilannya lebih meyakinkan dibanding pendahulunya. Sedangkan Toyota Supra prototype ini diberi nama Toyota FT-HS.
Kehadiran Toyota Supra generasi terbaru memang sudah ditunggu-tunggu. Desain yang dirancang pun sudah modern dan mewah. Terlebih lagi karakter balap dari mobil Toyota Supra sangat menonjol. Kabarnya akan ada spoiler belakang yang akan menjulang ke atas. Bukan hanya itu tetapi juga dilengkapi dengan bodi kit dan komponen racing lainnya.
Kabarnya sendiri Toyota Supra terbaru ini akan menggunakan mesin 6-silinder ilnline. Karena mobil ini merupakan hasil dari kerjasama dengan pabrikan BMW mesin tersebut kabarnya menggunakan mesin BMW berkapasitas 3.000cc. Mesin yang disematkan pada Toyota Supra ini pun juga dilengkapi dengan turbocharger.
Dengan tipe mesin dan kapasitas silinder tersebut Toyota Supra bisa menghasilkan tenaga sebesar 335 Hp dengan torsi puncak 500 Nm. Kecepatan yang dihasilkan pun terbilang kencang, dengan kecepatan 100 kpj dari kondisi diam dalam waktu 4.5 detik.
Bukan hanya soal mesin yang membuat tergiur, tetapi juga interior Toyota Supra. Teknologi terbaru kabarnya juga akan disematkan pada mobil satu ini. Diantaranya Toyota Supra akan dibekali dengan instrument panel digital, driver assistance suite, serta navigasi built-in. Dan kabar lainnya Toyota Supra akan menggunakan sistem hiburan BMW iDrive, tetapi dengan tampilan ala Toyota.
Toyota Supra generasi terbaru memang belum resmi diluncurkan. Tetapi sudah banyak kabar beredar yang menyebutkan bahwa mobil Toyota Supra generasi terbaru ini akan segera meluncur waktu dekat-dekat ini. Pasalnya sudah banyak bocoran mulai dari desain dan mesin dari Toyota Supra
Jika berbicara harga Toyota Supra pun sebenarnya juga sudah ada kabar berapa kisaran harga Toyota Supra tersebut. Untuk saat ini kabar yang beredar harga Toyota Supra sekitar Rp880 juta. Harga Toyota Supra ini sendiri merupakan harga jual Toyota Supra di Amerika. Jika dalam uang dollar kisaran harga Toyota Supra US$63,5.



Sunday, 17 March 2019

Komunitas Toyota Avanza Club Indonesia (TACI) Merayakan Jambore Penuhi Jalur Trans Jawa



Otomotif - Ratusan mobil Toyota Avanza nampak memenuhi ruas tol Trans Jawa pada 9-10 Maret 2019 lalu. Komunitas para pengguna Avanza ini sedang merayakan Jambore Nasional Toyota Avanza Club Indonesia (TACI) yang ke 2.

Acara yang diselenggarakan di Kaliurang, Yogyakarta ini diawali dengan berkumpul di km 57 gerbang tol Colomadu, Jawa Tengah. Kegiatan yang bertema "We Are One, We Are TACI" ini dihadiri lebih dari 300 anggota TACI dari seluruh Indonesia.


Beragam kegiatan digelar sejak hari pertama. Acara fun games, team building, persembahan tarian tradisional, live musik, dan doorprize mengisi kegiatan pada jamnas tersebut.
Puncaknya adalah penandataganan nota kesepahaman TACI dan BNN sebagai relawan anti narkoba.

Kegiatan pada hari kedua, para anggota ikut melakukan senam sehat dan bersama-sama sarapan pagi. TACI juga membuat bakti sosial dengan memberikan bantuan dana pada pembangunan masjid sekitar.

Setelah dua hari berkumpul, para anggota kembali ke daerah masing-masing dengan terlebih dulu mengunjungi Candi Prambanan. Acara ditutup dengan pemberian hadiah Umroh bagi anggota yang beruntung.