Wednesday, 3 July 2019

Type Mobil

Type Mobil
Saat ini, dengan perkembangan dunia otomotif  banyak model maupun jenis mobil baru dilahirkan. Oleh karena itu, bukan semua konsumen  dapat memahami beberapa istilah baru yang menamai jenis jenis mobil tersebut. Untuk membantu konsumen  dapat  mengetahui perbedaan  antara mobil SUV, mobil MPV, City Car dan mobil Hatchback, kali ini, cintamobil.com akan diskusi tentang  soal ini.
Setiap jenis mobil memiliki kemampuan berbeda-beda
Setiap jenis mobil memiliki kemampuan berbeda-beda

1. SUV

SUV (nama singkatan dalam bahasa Inggris dari frasa  Sport Utility Vehicle) merupakan gabungan Jeep, Pick Up dan Sedan. Mobil jenis SUV dibuat untuk  menembus berbagai medan. SUV adalah  mobil dengan ground clearance (jarak bodi mobil ke tanah) yang tinggi seperti mobil pick up, eksteriornya terlihat tangguh dan elegan, ukurannya besar serta mesin yang kuat dan bertenaga besar. Contoh mobil berjenis SUV adalah Terios, Rush, Fortuner, Pajero, dan sebagainya.

2. MPV

Mobil MPV
Mobil MPV
MPV(nama singkatan dalam bahasa Inggris dari frasa  Multi Purpose Vehicle) memiliki fungsi utama yaitu  mengangkut banyak penumpang jadi  ia disebut dengan nama mobil keluarga. Mobil jenis  MPV dibuat untuk membawa  tujuh  penumpang. Selain itu,  mobil ini bisa juga digunakan untuk  mengangkut banyak  barang dengan cara melipat beberapa jok  di dalamnya . Mobil jenis MPV  terlihat di Tanah Air seperti Xenia, Avanza, Mobilio, Ertiga, dan sebagainya.
>>> Baca juga: Keluarga muda, pilih MPV atau mobil sedan?

 

3. City Car

Mobil City Car
Mobil City Car
Mobil City Car atau mobil perkotaan ini  sangat  cocok untuk digunakan  di dalam kota. Jenis mobil ini kebanyakan adalah mobil kecil yang sesuai dengan  kondisi lalu lintas yang macet, menuntut mobil bergerak dengan lincah sekaligus irit bahan bakar. Jenis mobil ini juga bisa dipakai dalam perjalanan jauh  seperti  ke luar kota, namun penumpang akan merasa tidak nyaman, serta pegal dan mesin pun tidak kuat jadi sangat cepat panas. Mobil jenis city car terlihat di Tanah Air seperti Sirion, Brio, Kia Morning  dan  sebagainya.
>>> Sudah tahu tips dan trik jual mobil dengan harga tinggi? Klik sini

 

4. Hatchback

Mobil Hatchback
Mobil Hatchback
Mobil jenis ini berbasis sejenis sedan dengan bagian belakang yang lebih pendek. Gambaran mudahnya hatchback itu sedan tanpa buntut. Pintu bagasinya  didesain dapat dibuka ke atas sehingga lebih  mudah memasukkan barang ke ruang bagasi. Kadang  kadang mobil jenis ini memiliki  ruang bagasi yang minim, namun tetap bisa menjadi besar jika kita melipat bangku belakang. Mobil jenis hatchback terlihat  di Tanah Air seperti Swift, Yaris, Jazz, Fiesta, dan sebagainya.
Itulah beberapa ciri yang menunjukkan perbedaan di antara mobil jenis SUV, MPV, City Car dan Hatchback. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk sobat-sobat.

Mobil Kembar Indonesia




Jakarta - Di Indonesia, ada beberapa mobil yang dijual kembar tapi dengan logo merek yang berbeda. Contoh paling gampang dilihat adalah si kembar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Tak cuma Avanza dan Xenia, ke depan akan ada lagi mobil yang kembar. Mereka adalah Mitsubishi Xpander dan Nissan Livina. Kedua mobil itu akan menjadi mobil kembar hasil kolaborasi aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi.

Sebelumnya, ada beberapa mobil kembar dari pabrikan berbeda. Selain Avanza-Xenia dan Xpander-Livina ada Rush-Terios, Agya-Ayla, Calya-Sigra, Maven-APV, Ertiga-VX-1 dan Carry-T120SS. Bagaimana nasib mobil-mobil kembar itu di Indonesia?

Dilihat dari data penjualan wholesales (dari pabrik ke diler) yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), beberapa mobil kembar di Indonesia masih bertahan seperti Avanza-Xenia, Agya-Ayla, dan Calya-Sigra. Mobil itu bahkan masuk dalam daftar 20 mobil terlaris di Indonesia.

Namun, beberapa mobil kembar lainnya malah gugur. Mitsubishi Maven yang menjadi kembaran Suzuki APV, misalnya, hanya bertahan 7 tahun. Penjualan mobil itu tidak banyak-banyak amat. Selama tujuh tahun dari 2005 dan tamat tahun 2011, Mitsubishi melepas 3.537 unit.

Nasib Mazda VX-1 lebih tragis lagi. Versi rebadge dari Suzuki Ertiga itu hanya aktif selama tiga tahun dari 2013 sampai 2015. Penjualannya juga tidak banyak. Data Gaikindo mencatat penjualan Mazda VX-1 hanya 1.640 unit.

Sementara pikap kembaran Suzuki Carry yang di-rebadge menjadi Mitsubishi T120SS telah disuntik mati oleh Mitsubishi belum lama ini. Tahun ini, pikap dengan logo tiga berlian tersebut tidak dijual lagi. Dilihat dari penjualannya, T120SS tidak kecil-kecil banget. Tahun 2018, menurut data Gaikindo, Mitsubishi melepas 9.504 unit T120SS versi pikap.

Lantas bagaimana nasib Nissan Livina yang akan menjadi kembaran Mitsubishi Xpander? Akankah nasibnya secemerlang mobil kembar hasil kolaborasi Toyota-Daihatsu seperti Avanza-Xenia?

Kita bisa lihat pembuktiannya setelah Livina terbaru resmi diluncurkan. Gosipnya, Nissan Livina akan meluncur Februari ini. Artinya, dalam waktu dekat mobil itu bisa dilihat langsung secara resmi.

Sejarah Honda PCX di Indonesia (I), Harga di Tahun 2010 Sama Seperti 2018!


Kehadiran Honda PCX 150 yang akhirnya diproduksi lokal pada tahun ini membuat jagoan dari PT Astra Honda Motor (AHM) tersebut seolah tertinggal dari pesaing utamanya, Yamaha NMax. Padahal, sebetulnya PCX series sudah jauh lebih dulu dikenalkan dan dipasarkan di Tanah Air. Seperti apa sejarah Honda PCX?
President Director AHM Toshiyuki Inuma mengungkapkan Honda PCX sebagai model global dengan desain skutik premium memulai debutnya pada 2009. PCX dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pengendara dengan beragam gaya hidup di berbagai Negara.
PCX yang mewah dan elegan ini pun diterima dengan positif oleh konsumen di berbagai belahan dunia dari Asia hingga Eropa dan Amerika.
Awalnya PCX hadir dengan mesin eSP 125 cc pendingin cair yang dilengkapi sederet teknologi canggih. Seperti Idling Stop System dan ACG Starter. Mesin tersebut kemudian dicangkok pada Vario 125.
Idling Stop System, yang akan mematikan mesin secara sementara setelah berhenti dalam 3 detik.
Sedangkan ACG starter membuat suara mesin halus saat dinyalakan dan meningkatan efisiensi bahan bakar serta mengurangi emisi gas buang, terutama saat berkendara di tengah kepadatan jalan perkotaan.
AHM memperkenalkan Honda PCX pada bulan Juni 2010 untuk pasar Indonesia dan menjadi pionir skutik premium di Tanah Air.
Saat itu, PCX 125 diimpor utuh dari Thailand dengan harga Rp 32 juta. Ini artinya, harga saat itu sama dengan estimasi tertinggi dari PCX 150 lokal yang mulai produksi massal tahun ini!
Hanya butuh waktu 2 tahun, tepatnya pada pertengahan tahun 2012, PCX 125 disuntik mati. Saat itu, sudah ada 5.648 unit PCX 125 yang tersebar di Indonesia.

Baleno vs Soluna


Mbah boleh minta review dari kedua mo1/2tuba ini? Toyo Soluna dan Suzu Baleno  😅 gejil cari di beberapa grup harganya mirip dan selisih gak banyak, dari segi perawatan, mesin, kenyamanan dari kedua mobil ini bagaimana? mungkin ada yang pernah punya atau masih punya sampai sekarang? Dari dulu gejil juga pengen minang salah satunya..

Kalau gak berkenan hapus aja 👏
Gambar comot dari mbah gugel.

Nyaman balenonya mbah
Tapi Bandel soluna nya
Irit soluna juga..

Dua2nya mobil bandel mbah. Di keluarga saya sdh pernah beli Baleno 3x sejak pertama kali launching :
- Baleno 1996 masih mesin 1.6 masih CBU dulu harga barunya Rp43 jutaan 😅
- Baleno 2000 "Millenium" limited edition sdh jadi 1.5. Harga barunya dulu Rp127,5 juta
- Baleno 2001 "Broadway" yg ini yg sein putih di lampu belakang

Saya taunya pake soluna aja mbah, untuk kenyamanan sih nyaman banget mbah lari di tol 100kpj anteng. Kebetulan punya gejil matic dan tarikannya ajib mbah cuman minusnya kalau matic pas turunan gada engine brakenya sama sekali. Kalo segi perawatan gampang mbah, spare partnya sama kayak corolla atau engga starlet, punya gejil konsumsi bahan bakarnya transmisi matic 11,7KM/L kalau manual bisa lebih irit mbah

klo perawatan ya soluna... murah meriah, bandel.

dulu pernah ngopeni, rontok bearing kopel. di beres, dimnta ganti 1 set assy 9jt..tanya kang taxi, beli bearing 300rb,pasang 200rb..

klo nyamannya ya baleno..

Dua2nya mobil bandel mbah. Di keluarga saya sdh pernah beli Baleno 3x sejak pertama kali launching :
- Baleno 1996 masih mesin 1.6 masih CBU dulu harga barunya Rp43 jutaan 😅
- Baleno 2000 "Millenium" limited edition sdh jadi 1.5. Harga barunya dulu Rp127,5 juta
- Baleno 2001 "Broadway" yg ini yg sein putih di lampu belakang

Tuesday, 2 July 2019

Hobi Tua Bangka

Fantastis! Seekor Merpati 'Jayabaya' Asal Bandung Terjual Rp 1 Miliar

Aristyo Setiawan (kopiah) menjual seekor merpati miliknya kepada Robby. (Foto: DOK.Aristyo Setiawan)

Bandung - Mendengar sebuah rumah dengan harga Rp 1 miliar mungkin sudah biasa. Tapi, kalau dengan uang sebanyak itu digelontorkan hanya untuk seekor burung merpati, tentu mencengangkan.

Momen bersejarah itu dialami Aristyo Setiawan. Aris sapaannya tak pernah menyangka burung merpati yang diberi nama Jayabaya ini laku terjual dengan harga fantastis Rp 1 miliar.

Aris mengaku awalnya tak berniat sama sekali menjual burung merpati kesayangannya itu. Sehingga, ia sengaja mematok harga jual Jayabaya pada angka Rp 1 miliar. Tapi, takdir berkata lain.

"Karena memang kalau sudah sayang merpati berat ngelepas. Strategi saya biar orang gak beli burung saya, dipatok Rp 1 miliar. Soalnya semua hewan peliharaan kalau misalkan ada yang suka, kita gak buka harga, mati atau dicuri. Itu saya pernah mengalami," kata Aris saat ditemui di kandang Embatama, Jalan Cisaranten, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (1/7/2019).

Bukannya membuat Jayabaya jauh dari pembeli, malah sebaliknya. Ada pihak-pihak yang memberikan penawaran terhadap burung merpatinya itu. Mereka sempat menawar dengan harga Rp 700 hingga Rp 750 juta.

"Jadi memang ada dua orang yang nawar. Dari Banten (Rp 700 juta) dan pak Robby orang Bogor (Rp 750 juta). Penawarannya itu sekitar dua bulan lalu," dia mengungkapkan.

Singkat cerita, Robby yang juga penggemar burung merpati berani memboyong Jayabaya ke rumahnya dengan harga Rp 1 miliar. Robby tidak ingin kecolongan oleh pihak lain yang juga menginginkan Jayabaya.

Proses jual beli itu berlangsung pada Jumat (28/6) lalu. Robby membeli Jayabaya menggunakan giro. "Mungkin takut keduluan, jadi pak Robby berani bayar segitu. Saya juga kaget, ada yang sanggup ngeluarin Rp 1 miliar buat seekor burung. Kalau paketan misalnya 12 - 20 burung seharga Rp 700 juta mungkin ada, tapi ini satu burung," tutur Aris.

Menurutnya, sejauh ini belum pernah mendengar ada seekor burung merpati yang dihargai Rp 1 miliar. Ia hanya pernah mendengar seekor burung terjual Rp 400 hingga Rp 500 juta.

"Fantastis. Soalnya kalau di Indonesia saya belum pernah dengar sih dihargai semahal itu," ucap Aris.

Padahal, saat itu Jayabaya ia beli dengan harga hanya Rp 50 juta dari temannya 2018 awal. Sejak itu, Jayabaya yang dilatih untuk lomba spesialisasi merpati tinggi kolong meja selalu berprestasi.

Jayabaya terbilang istimewa pada usianya yang baru menginjak dua tahun. Setumpuk penghargaan sudah didapat sehingga melambungkan namanya di kancah nasional sebagai burung juara.

"Jadi memang gak mudah buat ngelatihburung juara itu, apalagi spesialisasinya merpati tinggi kolong meja. Tapi, Jayabaya bisa membuktikan itu. Jadi istilahnya setiap ikut lomba, pasti minimal masuk 10 besar lah, ada beberapa juara 1 juga. Tahun lalu juara 1 klasmen nasional," ujar Aris.

Dihubungi terpisah, Robby membenarkan membeli Jayabaya. Ia rela merogoh kocek dalam-dalam untuk burung merpati yang sudah diliriknya sejak setahun terakhir.

"Iya saya beli pakai giro. Saya memang sudah pantau Jayabaya ini sejak 2018. Karena hobi dan saya lihat Jayabaya ini istimewa. Jadi saya berani beli," ucap Robby.

Monday, 1 July 2019

Pengusaha Motuba 1


Bismillah, Mbah izinkan cucu corat-coret berkaitan dengan tips menjadi pengusaha.

Kata "pengusaha" bukan berarti fokus ke "pengusaha besar" saja ya, namun juga bermakna bahwa jika kita "jauh dari sikap meminta-minta" maka pada hakikatnya ia adalah seorang pengusaha.

Sebelum jauh dalam bagian ini cucu ingin memberikan pengantar dahulu, biar jika cucu sempat melanjutkan tema tulisan ini mudah untuk dipahami.

Pengantarnya adalah :
Ada sebuah kaidah, rumus atau formula yang harus ditanamkan dalam hati dan jiwa bahwa "Ketaatan merupakan sumber datangnya rezeki".

Kenapa kita harus jadi pengusaha?
Pertama, makanan yang terbaik adalah makanan dari hasil kerja sendiri

Kedua, syariat mengharamkan sikap meminta-minta, jika kita masih mampu untuk bergerak, tangan kaki kita sehat, tubuh kita masih berfungsi, maka jika demikian jangan ada kamus ingin meminta, ingin gratisan, ingin ditraktir dst

Mungkin para Mbah tahu kisahnya Abdurrahman bin Auf رضي الله عنه saat beliau hijrah ke Madinah, beliau tidak bawa apa-apa, hanya baju yang menempel di badan saja yang beliau miliki, lalu ada sahabat Anshar yang dipersaudarakan oleh Rasulullah صلى الله عليه وسلم dengan beliau, lalu sahabat Anshar ini mengatakan :

"Wahai Abdurrahman, hartaku lumayan banyak aku akan bagi dua denganmu".

Lalu Abdurrahman bin Auf رضي الله عنه menjawab :

"Semoga Allah membalas niat dan kebaikan anda, namun saya tidak bisa menerima tawaran anda, yang saya minta hanya "Tunjukanlah saya jalan ke pasar".

Beliau tidak meminta-minta, bahkan diberipun beliau menolak dengan halus dan tidak menyakitkan si pemberi.

Ketiga, kita para Mbah yang sudah menikah, sudah punya anak, punya istri maka kita punya kewajiban untuk menafkahi keluarga kita......laki-laki adalah pemimpin bagi wanita dan di antara indikator seorang pemimpin adalah menafkahi.

Jadi setidaknya 3 alasan ini menjadi pendorong kita untuk, bergerak maju, tegak berdiri, dan mengatakan "Aku seorang pengusaha, aku bisa menjadi seorang pengusaha".

Mana motubanya?
Dengan jiwa pengusaha, minimal kita bisa merawat motuba kita, atau bahkan bisa membeli motuba bagi yang belum punya.

Bersambung Insya Allah
Semoga bermanfaat

Peugeot 206

 Mbah siapa lagi yang rawat sabun Giv ini mbah.

Alhamdulillah masih sehat dan habis restorasi beberapa part. Hihihi...

Monggo berbagi suka dan duka yuk mbah. Hihihi...

Kalo saya sih sukanya, ini mobil bentuknya masih keren, naikannya nyaman, materialnya juga meskipun paling jelek diantara pug yang lain, tapi tetep bagus menurut saya.

Kalo dukanya, ya namanya mobil sudah gak muda lagi usianya, pasti ada beberapa bagian yang minta diberesin. Yang penting sabar. Hehehe...

Ini mobil pertama saya..
Pug 206 menurut saya sangat nyaman.
Kabin kedap,,
Mesin 1400 cc, ga diragukan lagi.
Tapi seperti pada umumnya mobil eropa, spare part dan perawatan menjadi bahan pertimbangan...
partsnya melimpah mbah. Asal bukan yg printilan slow moving. Soalnya carinya susah kalo udah masuk ranah printilan
partsnya melimpah mbah. Asal bukan yg printilan slow moving. Soalnya carinya susah kalo udah masuk ranah printilan

Brio vs March


Di bawah ini adalah komparasi mobil secara mendetail, berdasarkan harga, spesifikasi dan fetur untuk Honda Brio dan Nissan March. Harga Honda Brio berkisar antara Rp140 - Rp191 Juta. Sementara Nissan March dihargai Rp185,8 - Rp225,6 Juta. Secara spesifikasi, Honda Brio Satya S, memiliki mesin 1199 cc, sementara Nissan March 1.2L MT memiliki mesin berkapasitas 1198 cc.





Pendidikan Pesantren

Bismillah,.....
Assalamu'alaikum mbah semua
Semoga Allah memberkahi kita semua.

Sedikit bercerita...
Ahad sore kemarin cucu mengantarkan anak pertama cucu mondok, masuk asrama. Saat ini ia naik kelas 7 SMP.

Dan di pondok ini ada sekitar 500-an santri baru termasuk anak cucu.

Ada perasaan yang susah diungkapkan berpisah dengan anak padahal cucu bagian dari pengelola pesantren tersebut.

Di depan asrama cucu melihat banyak ayah dan ibu-ibu yang menghibur dan menguatkankan anak-anaknya.

Namun saat mereka ketemu cucu dan pamitan, air mata mereka tak terbendung, menangis...

Lalu cucu katakan pada mereka :
"Sabar pak, sabar ibu.....perpisahan ini hanya sebentar, tiap pekanpun boleh ditengok kok, Insya Allah ini demi supaya kita berkumpul di tempat yang kekal kelak.

Diantara jawaban mereka seperti ini :
Tapi Ustadz :
Ini anak pertama saya
Anak saya cuma satu
Ini anak pertama yang mondok

Dst

Motubanya mana?
Ada seorang wali santri yang punya kisup juga keluaran 93-an, lalu pas ketemu di pondok cucu tak lihat ia bawa kisup.

Mana kisupnya pak? Tanya cucu
"Saya jual ustadz buat biaya modok, kakaknya masuk sini, adiknya di pondok dekat rumah".

"Masya Allah barakallahufiikum semoga Allah ganti dengan pahala yang tak ternilai" jawab cucu

Ket photo :
Sepulang ngantar anak pertama masuk pondok pesantren

Friday, 28 June 2019

Deskripsi Type Mitsubishi Expander


kalau ultimate itu type tertinggi Mbah Spec paling lengkap (engine start stop+kos,Cruise control,Wood panel,layar mid di Speedo full TFT,head unit touschreen,tombol bluetooth dan telepon di stir,handle luar chrome,spion chrome) dan type ini cuman ada matic

Kalau sport itu persis ultimate Mbah cuman versi sporty nya dan ada sedikit pengurangan di bagian entertainment serta absen Cruise control (type ini satu satunya yang interior warna hitam,aksesn Wood panel di ganti aksen silver seperti type exceed ke bawah,minus Cruise control,head unit ngak toucshreen,ngak ada tombol telepon bluetooth di stir,handle luar dan spion ngak chrome tapi sewarna body) type ini adalah varian tertinggi yang flexible dalam pilihan transmisi ada manual dan matic

Exceed type tengah ada beberapa pengurangan fitur dibanding sport atau ultimate fitur yang di kurangi =Engine start stop+kos hilang di ganti kunci biasa tapi tetap model kunci menyatu remote dan ada immobilizer,entertainment persis type sport,layar mid di speedometer ngak full TFT color cuman full pixel aja dan ukuran lebih kecil,center console box tutup nya bukan model sliding Shutter tapi model tutup angkat biasa,stability control pun hilang mulai type ini ke bawah) pilihan transmisi juga tersedia mau manual atau matic

kesimpulannya kalau Mbah selera mewah,suka warna interior beige/terang dan ngak masalah pilihan transmisi cuman matic ambil ultimate Mbah

kalau Mbah lebih suka sporty dan ngak suka warna interior beige/terang ambil sport Mbah persis ultimate kok cuman beda head unit yang gampang dan murah ganti sendiri sama Cruise control yang bisa pasang sendiri di spesialis+program ECU untuk aktifasi Cruise control udah persis ultimate,sisa nya cuman handle luar chrome dan spion chrome ngak penting tapi kalau Mbah suka gampang dan murah banget tempel sendiri

kalau pingin type tertinggi tapi harus transmisi manual ya ambil type sport Mbah tinggal tambah sedikit printilan kaya yang saya sebut di atas+rubah warna interior jadi beige udah jadi ultimate

Kalau type exceed ke bawah buat kalau budget limited aja Mbah

Komparasi Xpander Termewah dan Nissan Livina Termahal, Simak Perbedaannya!


Seperti halnya Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander berbagi basis yang sama. Meski begitu, pembeda harus jelas agar bisa berbagi pasar. Kita lihat perbandingan Xpander dan Livina baru, dengan membandingkan varian teratas Ulimate melawan VL. Untuk harga, Livina sedikit lebih mahal. Xpander Ultimate dibanderol Rp 260,9 juta dan harga Livina VL AT Rp 261,9 juta. Cuma beda sejuta, tapi seperti apa beda fiturnya?
Performa
Jantung mekanis, Livina dan Xpandermenggendong mesin dan transmisi yang sama. Bahkan outputnya juga sama. Mesin 4-silinder 1.499 cc dengan katup variabel ganda. Tenaga yang dihasilkan 104 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 141 Nm pada 4.000 rpm. Transmisi otomatis 4-speed dipercaya menyalurkan output ke penggerak roda depan. Karena rangka bangun sama, berarti Livina juga dibekali suspensi McPherson strut di depan, torsion beam di belakang, serta stabilizer di depan.
Eksterior dan Dimensi
Pembuka perbandingan dari eksterior. Bagian wajah jelas berbeda. Kalau diumpamakan, wajah Xpander terkesan tangguh, sedang Livina baru lebih kalem dan elegan. Tak cuma wajah yang berbeda, fitur juga ada. Seperti bagian lampu. Livina punya positioning lamp dan daytime running light (DRL) LED. Xpander tak punya fitur DRL. Bagian sisi samping juga mirip, termasuk list chrome sebagai bingkai bawah jendela dan rumah spion berlapis krom dengan lampu sein terintegrasi. Desain pelek hampir mirip dan ukurannya sama-sama 16 inci.

Bagian buritan, grafis lampu belakang kombinasi dibikin beda dengan Xpander. Sementara dimensi, Livina sedikit lebih panjang, disebabkan oleh desain wajah yang berbeda. Panjang bodi Livina VL 4.510 mm dan Xpander Ultimate 4.475 mm. Sedang ukuran lainnya sama, lebar 1.750 mm dan tinggi 1.700 mm. Termasuk jarak sumbu roda dan ground clearance, 2.775 dan 205 mm. Berarti, kabin Xpander dan Livina sama lapang.
Interior dan Fitur
Berbicara kabin ada perbedaan signifikan. Xpander Ultimate memakai warna beige sedang Livina VL didominasi warna hitam. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Warna cerah menciptakan rasa lebih lapang dan berkelas, tapi mudah kotor. Livina unggul karena sudah memakai bahan kulit untuk membungkus jok, lingkar kemudi dan tuas transmisi. Xpander masih fabric dengan klaim kualitas tinggi sebagai pembungkus joknya.
Susunan desain interior bak pinang dibelah dua. Paling hanya berbeda aksen pemanis dan layar hiburan. Xpander Ultimate berbekal layar sentuh 6,2 inci, sedang Livina VL 7 inci. Soal fiturnya, milik Livina lebih kaya karena sudah bisa terhubung dengan smartphone melalui Android Auto dan Apple CarPlay. Konektivitas lainnya sama, termasuk USB dan Bluetooth. Akses audio juga bisa dilakukan dari tombol di palang kemudi.
Yang berbeda, pada sisi kanan palang kemudi Xpander Ultimate ada tombol cruise control. Sementara Livina paling mahal belum tersemat fitur itu. Baik Xpander dan Livina tertinggi bisa disetel tilt dan telescopic untuk kemudi. Jok pengemudi juga bisa diatur ketinggiannya selain pengaturan standar sliding dan reclining.
Fitur lain yang sama, kunci pintar dengan dukungan keyless dan tombol start/stop untuk menyalakan atau mematikan mesin. Soket untuk listrik atau power outlet tersedia di tiap baris dari kedua mobil. Selain itu, 6 buah speaker, termasuk tweeter, menjamin keluaran audio Ultimate dan VL.

Keseluruhan fitur penjamin keselamatan Xpander Ultimate dan Livina VL sama. Mulai dari dual SRS airbag, rem dengan ABS+EBD+BA, kendali traksi, kendali kestabilan (VDC) dan hill start assist. Bedanya, Livina VL punya kamera dan sensor parkir mundur, Xpander Ultimate tanpa sensor. Immobilizer bisa ditemukan di kedua mobil.
Simpulan
Beda harga lebih mahal sejuta, apakah Livina VL lebih layak dipilih ketimbang Xpander Ultimate? Kalau lebih membutuhkan lampu DRL, jok kulit, tema kabin hitam dan layar multimedia lebih mumpuni, sila lirik Livina VL AT. Namun jangan lupa, Xpander Ultimate punya harga lebih murah, ditambah lagi dengan fitur cruise control. Bisa saja Nissan Motor Indonesia menambahkan cruise control di masa mendatang, tapi harganya pasti ikut bertambah. Mengesampingkan desain dan penampilan, Xpander Ultimate jadi pilihan yang lebih menarik ketimbang Nissan Livina VL AT dari segi harga dan fitur.  (Tom/Van)

Mobil Satu harga pasaran


Ijin bertanya mbah
Ertiga GX 2016 sama sienta Q 2017 mending mana ya, sisi kenyamanan, irit, biaya servis dll.
Ojo dibully yo mbah

1.   Sienta tuh mesin papanza cuma beda kemasan aja Mbah jd sparepart mesin ya bejibun, trus matic sama manualnya perbandingan gearbox gak beda jauh pernah dibahas sama Om Fitra Eri

2. Sienta Q 2017 masih 190an Mbah...matic. Ertiga GX matic 2016 dapat 160an. Beda 30mbah.
Nyaman menang Ertiga
Irit memang Ertiga
Tarikan Sienta terkenal lemot di bawah.
Tapi model n fitur n tampang (kontroversial sih) jauhhhhhhhh.....menang Sienta Q kemana2 hehehe

3. Nyaman sedikit menang sienta, irit ertiga, biaya perawatan murah ertiga. Sienta kurang di radius putar, menang di storage, body unik, boxy ala jepang

Tahun sama 2014 harga selisih 2 jutaan

Minta pendapate mbah,dengan taun yg sama 2014
Enakan yg mana mbah,harga slisih 2jt
Gambare ambil pny orang 😅

1. Xeon gt , awett dr 2014 sampe sekarang klo soal boros 11:12 ama vario .jok empuk sok emang rada keras yamaha , tapi motor annteng ga geol lebih stabil. Dinamo stater bermasallah g juga seh , oneway bisa pake punya mio m3 . Ini motor udah 5 tahun ga pernah rwel , suara mesin kagak ngorok . Olinya sesat , jarang ganti oli hahahahha. Servis cvt attau mesin dilakukan sendiri diy club. Aki masih bawaan normal padhal udah pake projie , sparepart cvt awet , tarikan bandel body keren ganteng anti mainstream.

2. Vario mbah tapi syarat ganti busa jok sama kulitnya. Pake busa tebel dan empuk modal 150an dapet kulit mbtech

Irit pol kalau vario ini bandel juga walau dipake topspeed terus

Kalau mau tarikan enteng per cvt ganti pake vario karbu cuma 18rb

Itu doang udah enak

Roller pake vario 150 cuma 47rb
Busi NGK CPR8eagp yg platinum awet 28rb an

Roller sama busi ganti kalau udah aus aja

3. saya punya bengkel, masalah yg lumayan serius itu kebanyakan matic yamaha tpi ketersediaan part lebih banyak yamaha. tpi vario lebih baik lebih mudah ngerawatnya. gak pake aneh2 trouble nya. hehe usul

4. Vote vario old 125 lmpu bohlam mbah mantep suara halus irit brtenaga cuma klau pagi ngempos kdu d pnasin dlu.  Xeon reweln trutama cvt sring pnyakitn

Saturday, 22 June 2019

Keunggulan Wuling

Kelebihan wuling :
1. Lebih nyaman dari alpard dan velfire
2. Transmisi i-amt lebih halus dibandingkan CVT honda
3. BBM irit dibandingkan avanza
4. Akselerasi 0-100 cuma ditempuh dengan 3 detik
5. Dipakai balapan body stabil dan sasis kuat jadi tidak mudah rontok kenalpotnya
6. Ada jam analog sampai2 mobil eropa menjiplak desain jam analog wuling
7. Lebih nyaman dari semua mobil eropa
8. Uji tabrak zimbabwe and cap dapat bintang 5

Ternyata Desain Motor Baru Honda Genio Mirip Matic Suzuki Yang Nongol 2012 di Indonesia

MOTOR Plus-online.com - Motor matic terbaru Honda Genio, resmi diluncurkan hari ini Jumat (21/6).
Motor matic punya tampilan retro ini didukung mesin injeksi 110 cc yang beda dari dapur pacu Honda BeAT dan Scoopy.

Namun jika kita ingat-ingat lagi, Honda Genio ternyata desainnya mirip dengan matic Suzuki yang punya desain klasik juga.
Suzuki Indonesia pada tahun 2012 lalu meluncurkan Suzuki Lets dan berhenti produksi pada 2014 lalu.

Kalau lihat desainnya sama-sama punya headlamp dan sein yang mirip.
Bedanya hanya posisi lampu depan milik Suzuki Lets lebih di bawah.
Sedangkan posisi lampu Honda Geniolebih ke atas berikut lampu sein juga mengikuti.
Sedangkan gelembung bodi dan sepatbor depannya juga mirip antara Suzuki Letsdan Honda Genio.

Kehadiran Suzuki Lets kurang diminati memang karena APM Suzuki sedikit jaringan dealernya.
Faktor harga yang mahal juga dianggap jadi penyebab Suzuki Next kurang diminati ketika itu.

Waktu itu di tahun 2012 Suzuki Lets Sporty dijual Rp 13,95 juta, sedangkan Lets Classic dijual Rp 14,1 juta.
Mengusung platform mesin dan rangka yang tidak jauh beda dengan Suzuki Nex injeksi, tapi dijual lebih mahal. Wakti itu Suzuki Nex Injeksi dijual hanya Rp 12,65 jutaan.

Kalau dibandingkan dengan matic retro lainnya ketika itu, Suzuki Lets masih mahal.Honda Scoopy hanya dijual Rp 13,75 jutaan, sedang Yamaha Fino harganya malahan hanya Rp 13,5 juta.Sedangkan Honda Genio berbeda nasib, didukung jaringan dealer yang banyak kemungkinan untuk terjual lebih banyak terbuka lebar.Apalagi harga Honda Genio juga lebih murah Rp 1 juta dibanding Scoopy kesempatan untuk meraih konsumen banyak bisa terwujud.

Daerah Khusus Ibukota




_Dalam rangka menyambut HUT Jakarta_

*"Jangan mengaku Orang Jakarta kalau tidak tahu asal usul nama tempat-tempat ini"*

1. *Glodok*
Asalnya dari kata Grojok yang merupakan sebutan dari bunyi Air yang jatuh pada Pancuran Air.
Di tempat itu dahulu kala ada semacam Waduk penampungan Air Kali Ciliwung.
Orang Tionghoa dan keturunannya menyebut Grojok dengan Glodok.
Karena Orang Tionghoa sulit mengucap kata Grojok seperti layaknya Orang Pribumi.

2. *Kwitang*
Dulu di wilayah tersebut sebagian Tanah dikuasai dan dimiliki oleh Tuan Tanah yang sangat kayaraya bernama *Kwik Tang Kiam*.
Orang Betawi jaman dulu menyebut daerah itu sebagai Kampung si Kwi Tang dan akhirnya lama-lama tempat tersebut dinamai Kwitang.

3. *Senayan*
Dulu daerah Senayan adalah milik seorang yang bernama Wangsanayan yang berasal dari Bali.
Tanah tersebut disebut Orang-orang dengan sebutan Wangsanayan yang berarti Tanah tempat tinggal atau Tanah milik Wangsanayan.
Lambat laun akhirnya Orang menyingkat nama Wangsanayan menjadi Senayan.

4. *Menteng*
Daerah Menteng Jakarta Pusat pada jaman dahulu kala merupakan Hutan yang banyak Pohon dan Buah-buahan.
Karena banyak Pohon Buah Menteng maka Orang menyebut wilayah tersebut dengan nama Kampung Menteng.
Setelah Tanah itu dibeli oleh Pemerintah Belanda Tahun 1912 sebagai lokasi perumahan Pegawai Pemerintah Hindia Belanda, maka daerah itu di sebut *Menteng*.

5. *Jl. Jaksa*
Jalan yang berada di daerah Jakarta Pusat ini menjadi pusatnya Orang Asing yang tinggal di Jakarta.
Tapi dahulu kala tempat ini banyak sekali kos-kosan yang ditempati oleh Pelajar-pelajar Indonesia yang sekolah Hukum Belanda.

6. *Matraman*
Dahulu kala merupakan home basenya Sultan Agung yang mau menyerang Batavia.
Karena  Sultan Agung dari Mataram maka tempat tersebut di kenal dengan Mataraman dan lama-lama sebutan tersebut menjadi Matraman.

7. *Karet Tengsin*
Dahulu kala tempat ini adalah Perkebunan Karet milik etnis Tionghoa bernama Tieng Shin.
Karena Orang Pribumi susah menyebutnya jadi *Tengsin* saja.

8. *Kuningan*
Dulunya adalah tempat menetapnya seorang Pangeran dari Cirebon bernama *Pangeran Koeningan*.

9. *Buncit*
Dahulu di jalan Buncit Raya ada seorang Pedagang kelontong etnis Tionghoa berperut gendut (buncit) yang sangat terkenal.

10. *Bangka*
Dahulu disana banyak ditemukan mayat (bangke/ bangkai) Orang yang dibuang ke Kali Krukut.

11. *Cilandak*
Konon disana pernah ditemukan se-ekor *Landak raksasa*.

12. *Tegal Parang*
Disana dulu banyak ditemukan Alang-alang Tinggi (Tegalan) yang dipotong dengan Parang (Golok).

13. *Blok A/M/S*
Dulunya sekitar itu tempat pembukaan perumahan baru yang ditandai dengan blok.
Mulai A-S.
Sayang yang tersisa hanya 3 blok saja.

14. *Pasar Rumput*
Dulunya tempat berkumpulnya Tukang Rumput yang menjual untuk kalangan Meneer Belanda yang tinggal di Kampung Elit Menteng.

15. *Kalimalang*
Karena Kali atau Sungai yang mengalir di sepanjang jalan tersebut tidak mengarah ke Laut (Utara), melainkan kearah Barat (silang atau malang).

16. *Lebak Bulus*
Dahulu kala disini jadi sentral penjual Penyu atau Kura-kura yang di jajakan di kolam-kolam.
Lebak artinya kolam.
Bulus artinya Penyu atau Kura-kura.

17. *Boplo*
Berlokasi di belakang Stasiun Gondangdia, Menteng.
Dahulu kala tempat ini adalah Tanah Perusahaan Kontraktor Belanda NV De Bouwploeg.

18. *Kampung Ambon*
Berlokasi di Rawamangun, Jakarta Timur nama Kampung Ambon sudah ada sejak Tahun 1619.
Pada waktu itu JP Coen sebagai Gubernur Jendral VOC menghadapi persaingan dagang dengan Inggris.
Untuk memperkuat Angkatan Perang VOC, Coen pergi ke Ambon lalu merekrut masyarakat Ambon untuk dijadikan Tentara.
Pasukan dari Ambon yang dibawa Coen itu kemudian diberikan pemukiman di daerah Rawamangun, Jakarta Timur.
Sejak itulah pemukiman tersebut dinamakan *Kampung Ambon*.

19. *Sunda Kelapa*
Sunda Kelapa merupakan sebutan sebuah Pelabuhan di Teluk Jakarta.
Nama Kelapa diambil dari berita yang terdapat dalam tulisan perjalanan Tome Pires pada Tahun 1513 yang berjudul Suma Oriental.
Dalam Buku tersebut disebutkan bahwa nama Pelabuhan itu adalah Kelapa.
Karena pada waktu itu wilayah ini berada di bawah kekuasaan *Kerajaan Sunda* maka kemudian Pelabuhan ini disebut Sunda Kelapa.

20. *Pondok Gede*
Sekitar Tahun 1775 lokasi ini merupakan lahan Pertanian dan Peternakan yang disebut Onderneming.
Disana terdapat sebuah Landhuis atau Rumah besar tempat tinggal sekaligus tempat mengurus Usaha Pertanian dan Peternakan milik Johannes Hoojiman.
Karena merupakan satu-satunya bangunan besar yang ada dilokasi tersebut Masyarakat Pribumi menyebutnya *Pondok Gede*.

21. *Pasar Senen*
Pasar Senen pertama kali di bangun oleh Justinus Vinck.
Orang-orang Belanda menyebut pasar ini dengan sebutan Vinckpasser (pasar Vinck).
Tetapi karena hari pada awalnya Vinckpasser di buka hanya pada hari Senin, maka pasar itu disebut juga Pasar Senen (disesuaikan dengan kebiasaan Orang-orang yang lebih sering menyebut Senen ketimbang Senin).
Namun seiring kemajuan dan pasar Senen semakin Ramai, maka sejak Tahun 1766 pasar ini pun buka pada hari-hari lain.

22. *Kebayoran*
Kebayoran berasal dari kata Kebayuran yang artinya : Tempat penimbunan Kayu Bayur.
Kayu Bayur yang sangat baik untuk di jadikan Kayu bangunan karena kekuatannya serta tahan terhadap Rayap.

23. *Kebagusan*
Nama Kebagusan, daerah yang menjadi tempat hunian mantan Presiden Megawati berasal dari nama seorang Gadis jelita, *Tubagus Letak Lenang*.
Konon kecantikan Gadis keturunan Kesultanan Banten ini membuat banyak Pemuda ingin meminangnya.
Agar tidak mengecewakan Hati Pemuda itu ia akhirnya memilih bunuh diri.
Sampai sekarang makam itu masih ada dan dikenal dengan nama *Ibu Bagus*.

24. *Ragunan*
Berasal dari Wiraguna yaitu gelar yang disandang Tuan Tanah Pertama kawasan tersebut bernama Hendrik Lucaasz Cardeel yang di perolehnya dari Sultan Banten Abunasar Abdul Qahar, Putra Sultan Ageng Tirtayasa.

25. *Paal Meriam*
Asal usul nama daerah yang berada di perempatan Matraman dengan Jatinegara ini berasal dari suatu peristiwa sejarah yang terjadi sekitar Tahun 1813.
Pada waktu itu Pasukan Altileri Neriam Inggris yang akan menyerang Batavia mengambil daerah itu untuk meletakkan Meriam yang sudah siap di tembak kan.
Peristiwa tersebut sangat mengesankan bagi Masyarakat sekitar dan menyebut nama daerah ini *Paal Meriam* (tempat meriam dipersiapkan).

26. *Cawang*
Dahulu kala ketika Belanda berkuasa ada seorang Letnan Melayu yang mengabdi pada Kompeni bernama Ence Awang.
Letnan ini bersama Anak buahnya bermukim dikawasan yang tak jauh dari Jatinegara.
Lama kelamaan sebutan Ence Awang berubah menjadi *Cawang*.

27. *Condet* (Batu Ampar & Bale Kambang)
Pada jaman dahulu ada sepasang Suami Istri namanya pangeran Geger dan Nyai Polong.
Mereka memiliki beberapa Orang Anak.
Salahsatu Anaknya Perempuan diberi nama Siti Maemunah terkenal sangat cantik.
Pangeran Astawana, Anak Pangeran Tenggara atau Tonggara asal Makassar pun tertarik melamarnya.
Siti Maemunah meminta di bangunkan sebuah rumah dan tempat peristirahatan diatas empang, dekat Kali Ciliwung yang harus selesai dalam Satu Malam.
Permintaan itu disanggupi dan menurut legenda esok harinya sudah tersedia rumah dan sebuah bale dipinggir Kali Ciliwung.
Untuk menghubungkan rumah itu dengan kediaman keluarga Pangeran Tenggara dibuat lah jalan yang diampari (dilapisi) batu.
Demikian menurut cerita, tempat yang di lalui jalan yang di ampari batu disebut *Batu Ampar* dan Bale (balai) peristirahatan yang seolah-olah mengambang di atas Air itu disebut *Balekambang*.

28. *Depok*
Dahulu tempat ini sebagai Depo Kereta Api (garasi)

29. *Bintaro*
Karena Perumahan Bintaro dan sekitarnya memang bayak ditumbuhi pepohonan yang bernama Bintaro dan Buahnya sering dikonsumsi Masyarakat setempat.

30. *Taman Anggrek*
Berawal dari keinginan Ibu Tien untuk mengambil kebun Anggrek milik Juragan Tanah Sunda bernama H. Rasman.
Dia memiliki Tanah berhektar-hektar di Cipete.
Bu Tien mengambil Bunga-bunga Anggrek tersebut dengan niat membeli (namun tidak dibayar) yang akhirnya di pindahkan ke daerah Jakarta Barat, sekarang jadi *Mall Taman Anggrek*.

31. *Petamburan*
Pada suatu waktu terjadi peristiwa yang melatar belakangi penamaan daerah ini.
Peristiwa itu meninggalnya seorang penabuh tambur daerah di daerah ini dan dimakamkan di bawah Pohon Jati.
Sehingga nama Kampung ini sebenarnya *Jati Petamburan*.

32. *Gondangdia*
Ada beberapa versi asal penamaan Gondangdia.
- Versi pertama, Gondangdia berasal dari nama pengembang yang ditunjuk Belanda untuk membangun kawasan Menteng, Yaitu NV Gondangdia.

- Versi kedua, berasal dari nama Kakek yang terkenal dan di segani di Kampung tersebut.
Kakek tersebut sering disebut Kyai Kondang.
Karena terkenal, nama Kyai itu sering disebut-sebut dan dikaitkan dengan nama daerah tersebut.
Akhirnya nama tersebut dikenal *Gondangdia* (Kakek dia yang tersohor).

33. *Petojo*
Berasal dari nama seorang Pimpinan Orang-orang Bugis, yang pada Tahun 1663 diberi Hak Pakai kawasan tersebut bernama *Aru Petuju*.
Oleh Betawi Petuju diucapkan *Petojo*.

34. *Krukut*
Asal usul nama Krukut mempunyai beberapa versi.
- Versi pertama, krukut berasal dari Sindiran yang diberikan pada Orang yang hidupnya sangat hemat atau pelit (Krokot).
Orang Betawi menyebut Orang-orang Arab yang banyak tinggal di Kampung tersebut dengan Krukut, merubah kata Krokot menjadi Krukut.

- Versi kedua, berasal dari bahasa Belanda *Kerkhof* yang berarti *Kuburan*.
Pada masa lalu Kampung tersebut memang merupakan tempat Kuburan Orang-orang Betawi.

35. *Pinangsia*
Nama jalan didekat pertokoan Glogok ini berasal dari bahasa Belanda Financien yang artinya Keuangan.
Ada juga yang mengatakan tempat ini dahulu ada Department van Financien alias Departemen Keuangan.
Oleh lidah Orang Betawi, kata Financien berubah menjadi *Pinangsia*.

36. *Kali Angke*
Kata Angke berasal dari bahasa Cina.
Ang = Darah
Ke = Sungai.
Kata ini didasarkan pada peristiwa pembantaian Orang-orang etnis Cina oleh Belanda di Tahun 1740.
Mayat Orang-orang Cina yang bergelimpangan dihanyutkan di Kali yang ada di dekat peristiwa itu.
Sehingga Kali yang penuh dengan Mayat itu berganti nama dengan Kali Angke.
Sebelum peristiwa tersebut terjadi, kampung tersebut bernama Kampung Bebek, hal ini dikarenakan orang Cina yang tinggal dikawasan tersebut banyak yang berternak Bebek.

37. *Pluit*
Sekitar Tahun 1660 di Pantai sebelah Timur Muara Kali Angke diletakkan sebuat *Fluitschip* (Kapal panjang ramping) bernama Het Witte Paert yang tidak layak melaut.
Kapal ini digunakan menjadi kubu pertahanan untuk membantu Benteng Vijhoek yang terletak dipinggir Kali Grogol, sebelah timur Kali Angke, dalam menanggulangi serangan-serangan sporadic yang dilakukan oleh Pasukan bersenjata Kesultanan Banten.
Kubu tersebut dikenal dengan sebutan *De Fluit*.

38. *Marunda*
Marunda berasal dari kata *merendah*.
Menurut cerita turun temurun, sifat penduduk asli disini memang baik Hati, menjauhi sifat sombong yang di larang Agama.

39. *Tanjung Priok*
Nama Tanjung Priok diambil dari nama seorang penyebar Agama Islam dari Palembang dengan sebutan Mbah Periuk yang membawa *Periuk Nasi* sisa perjalanan dari Palembang.

*#biartahusejarah#*

Friday, 21 June 2019

Trik Bebek Yamaha

Rekomendasi untuk kamu..! Iya kamu..!
Buat yang udah ganti rumkop sys 6 per di vega zr, new jupiter z, dan jupiter z1 saya saranin ganti plat gesek dan kampas koplingnya karena bawaan sys kurang bagus kualitasnya.

Kampas saya ganti merk nepon buat karisma dan sebelum di pasang rendam oli agar saat dipakai  tidak cepat gosong, dan plat gesek saya ganti merk qtt buat jupiter mx karena plat gesek qtt sudah totol/berlubang kecil yang gunanya menimalisir slip kopling.

Per kopling juga saya ganti dengan merk tk racing untuk vixion, karena per bawaan sys jika mesin sudah panas per menjadi lembek/lemah yang bikin slip kopling. Dan terakhir oli juga penting, disini saya pakai oli meditran sx (oli diesel).

Kondisi motor juga sudah bore up dan selama saya pakai ga ada masalah, malahan saat mesin panas tenaga motor tetap stabil/tidak loyo   plusnya juga mesin dibersihkan dari kerak mesin(sering disebut tambang emas).

Kira-kira udah cocok belom mbah jadi blogger.. Mohon kritik dan sarannya

Vendor Wuling

Menolak dikatakan cina mbah.
Ternyata Vendornya vvuling OK OK mbah. 😁
Bnyak suplayer terkenal.

Semi cina mbah, kaya film ada semi²  nya. 🤭💃
#pict nyomot di postingan orang mbah. 😁

Honda Genio

Otomotifnet.com - Skutik terbaru PT Astra Honda Motor telah terlahir dengan kapasitas mesin 110 cc.
Konfigurasi SOHC dan berteknologi eSP yang diklaim irit bensin.
Klaim yang diberikan Honda, konsumsi bensin Genio 110 bisa mencapai 60 km/liter atau tepatnya 59,1 km/liter.
Ini salah satunya karena didukung mesin yang berbeda spesifikasi dibanding Honda BeAT atau Scoopy.
Honda Genio Beda Total Dari Scoopy, Stroke Mesin Lebih Panjang Dari CBR300R (Aant)
Mesin Honda Genio benar-benar baru kalau dilihat dari diameter seher dan langkah seher.
Paling terlihat dari diameter seher x stroke Honda Genio 47,0 x 63,1 mm.
Bandingkan dengan Honda BeAT atau Scoopy yang memiliki diameter x stroke 50 x 55,1 mm.
Perbedaan lain juga terlihat dari rasio kompresi Honda Genio yang lebih tinggi, tepatnya 10,1 : 1
Bandingkan dengan BeAT atau Scoopy yang hanya 9,5 : 1.
Performa yang dihasilkan Honda Genio juga sangat maksimum.
Power maksimum 6,6 KW (9,6 PS) /7.500 rpm sedangkan torsinya 9,3 Nm (0,95 kgf.m).
Sementara Honda BeAT atau Scoopy, daya maksimum 6,38 KW (8,68 PS)/7.500 rpm dan torsi maksimum 9,01 Nm (0,92 kgf.m)/6.500 rpm.
Jadinya karakter Honda Genio mudah berakselerasi dan irit karena didukung long stroke dan kompresi tinggi.
Secara bobot Honda Genio juga jadi lebih ringan hanya 89 kg (CBS) dan 90 (CBS-ISS).
Sedangkan Honda BeAT 92 kg (Tipe CW), 93 kg (Tipe CBS dan CBS-ISS).
Berikut spesifikasi teknik lengkap Honda Genio 110 :