Sunday, 19 May 2019

KISAH SUZUKI KATANA, MESKIPUN 4×2 TAPI TETAP DICINTA

KISAH SUZUKI KATANA, MESKIPUN 4×2 TAPI TETAP DICINTA


Sobat Jipmania, sebetulnya bisa dibilang Suzuki Katana merupakan Downgrade dari Suzuki Jimny, walaupun bentuk dan modelnya sama tetapi Suzuki Katana kehilangan fitur 4WD yang ada pada Suzuki Jimny, tapi hal ini dimaklumi mengingat pada era 80 -90 an pemerintah menerapkan pajak yang lebih tinggi pada mobil mobil dengan penggerak 4WD, akhirnya dimunculkanlah Suzuki Katana dengan penggerak 2WD .
Suzuki Katana generasi pertama diluncurkan oleh Indomobil pada  tahun 1984, dengan spesifikasi body, interior dan mesin yang plek dengan Suzuki Super Jimny, ciri Suzuki Katana generasi pertama ini adalah atap trepes, lampu depan bundar,  transmisi 4 speed, dan belum ada tachometer di dashboard. Untuk urusan mesin juga masih mengandalkan tipe F10A , yang bertenaga  maksimal 45 hp @5500 rpm dan torsi maksimal 73,5 nm @3000 rpm.
Suzuki Katana generasi kedua kemudian baru muncul pada tahun 1989, pada generasi ini Suzuki Katana mendapat beberapa pembaharuan, seperti lampu depan yang awalnya bulat menjadi kotak, penambahan tachometer ,  dan penggunaan transmisi manual 5 percepatan. Suzuki Katana generasi ini kemudian lebih dikenal dengan generasi Blitz
Image result for brosur katana blitz
Suzuki Katana generasi kedua ini terbagi menjadi 4 trims yaitu :
Katana DX (Non AC, Non PS)
Katana DX Blitz  (Non AC, Non PS, Soft Suspension)
Katana GX ( AC , PS )
Katana GX Blitz (AC, PS, Soft Suspension )
Sementara untuk wheelbasenya tersedia dalam dua pilihan yaitu :
Short Whellbase
Long Weelbase
Image result for brosur katana blitz
Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Khusus untuk Katana Blitz sudah dilengkapi suspensi yang lebih lembut . Katana tipe Blitz ini hanya diroduksi hingga tahun 1992 saja.
Pada tahun 1992-1993 an kemudian muncullah Katana Generasi ketiga, ciri cirinya adalah atapnya tinggi dan kembali menggunakan lampu depan bulat, pada katana generasi terakhir ini hanya tersedia dalam dua tipe yaitu tipe DX dan GX
Katana DX ( Non AC, Non PS, Tidak Ada Tape, Jok Belakang Berhadapan )
Katana GX ( AC Denso, PS, Tape Kenwood, Jok Belakang Hadap Depan)
Katana generasi terkahir ini memmpunyai masa produksi cukup panjang, hingga tahun 2007 nan baru kemudian dihentikan produksinya,  meskipun mayoritas katana berversi 4×2 namun ada juga segelintir Suzuki Katana yang menggunakan versi 4×4, biasanya versi 4×4 ini adalah versi pesanan khusus.
Keunggulan Katana dibanding dengan jimny adalah Suzuki Katana tersedia dalam 3 model ( Short, Long, dan Pick Up), berbeda dengan Jimny yang hanya tersedia dalam model short saja. Bagi pemilik Katana yang menginginkan mobilnya menjadi 4×4 juga mudah, karena basisnya sama dengan Jimny, ya tinggal pasang Transfercase dan gardan jimny, langsung jadi 4×4 😀 .
Kelebihan lain dari Suzuki Katana adalah kaki kakinya yang simple dan bandel, gimana ndak bandel lha wong semua maih pakai per daun 😆 , kebandelan kaki kaki ini kemudian berimbas pada bantingan yang keras 👿 . Katana juga memakai mesin F10A yang bisa dibialng mesin sejuta umat, karena dipakai oleh banyak produk Suzuki mulai dari Jimny, Forsa, Carry 1000, Hingga karimun. meskipun mesin ini agak underpowered, tetapi cukup bandel dan sparepartnya sangat mudah dicari, hal ini tentunya sangat memudahkan perawatan mobil ini.
dengan segala kelebihannya maka tak heran jika Harga Suzuki Katana manteng stabil, bahkan jika udah dirubah jadi 4×4 harganya bisa jadi gelap. karena sudah masuk kategori barang hobi 😆 .
Related image
Related image

Perjalanan Suzuki Jimny

Macam-macam Suzuki Jimny dan Katana di Indonesia

Suzuki Katana standar asli

Suzuki Katana merupakan mobil jip kecil yang lumayan laris penjualannya di Indonesia dibandingkan dengan jip lain yang hadir disini. Saking larisnya, dijaman 90an dulu kebanyakan lembaga kursus mengemudi mengandalkan sebuah Suzuki Katana untuk latihan peserta kursusnya. Alasan mengapa Suzuki Katana bisa begitu laris mungkin karena jaman dulu, pilihan mobil seukuran city car belum terlalu banyak bahkan belum ada. Selain karena ukurannya yang kecil, Katana juga diminati karena harganya yang jauh lebih murah dibanding jip lain yang tersedia dipasaran mobil Indonesia.

Generasi 1

Jip dari Suzuki ini diperkenalkan pertama kali di Indonesia secara "resmi" pada tahun 1978 dengan kode LJ50. Di Jepang, model ini dikenal juga dengan nama Jimny 55 karena mesiGenerasi 1nnya serta ukurannya yang lebih besar dibandingkan Jimny kei car di Jepang. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan adanya Jimny yang lebih tua baik versi ekspornya (kode LJ) maupun versi kei car (kode SJ) di Indonesia.

Macam macam Jimny Jangkrik Kotrik Kotrix

Jimny Jangkrik/Kotrik LJ50 
Ciri khas dari mobil ini adalah penggunaan atap kanvas serta mesin 2 tak 3 silinder 550cc yang mirip dengan mesin Suzuki Truntung. Suzuki Jimny generasi I ini dulunya hanya digunakan oleh perusahaan pertambangan nikel didaerah Soroako di pulau Sulawesi. Selain sebagai kendaraan operasional perusahaan tambang, mobil ini juga sempat dipakai sebagai kendaraan dinas polwan di Jakarta dan beberapa kota besar lain. Karena setidaknya hanya 2 instansi tadi yang memakai LJ50 serta hanya dibuat pada tahun 1978, tidak heran kalau akhirnya populasi mobil ini cukup langka.

Jimny Jangkrik/Kotrik LJ80
Baru pada tahun 1979 Indohero Suzuki memasukkan Suzuki Jimny dengan kode LJ80 untuk dijual kepada masyarakat sipil. Di Indonesia, mobil ini dikenal juga dengan nama Jimny Jangkrik atau Jimny Kotrik. Secara bentuk, mobil ini masih sama saja dengan Jimny LJ50 hanya saja mesin yang digunakan sudah memakai mesin 800cc 4 silinder 4 tak serta hanya tersedia dalam pilihan atap besi trepes alias atap rata.

Generasi 2


Pada tahun 1982, Suzuki kemudian mengenalkan Jimny generasi kedua dengan kode SJ410 (juga ada yang memakai kode SJ413 seperti dibawah). Suzuki Jimny ini memiliki berbagai varian tidak seperti Jimny Kotrik. Jimny ini dijual sampai sekitar 1988 saja dan selanjutnya mulai tahun 1993 bisa dibeli dengan cara pesanan khusus yang bentuknya mirip Suzuki Katana hanya saja diberi tambahan gardan depan. Versi mirip Katana ini kemudian diberi nama Jimny Katana. Berikut ini beberapa macam Suzuki Jimny yang hadir di Indonesia.

Macam-macam Suzuki Jimny

Jimny Trepes 
Setelah jaman Jimny Jangkrik berakhir pada 1981, Suzuki menghadirkan pengganti Suzuki Jimny dengan model baru yang lebih besar dan lebih mengkotak khas mobil era 80an. Jimny ini punya ciri khas berua atapnya yang pendek sehingga untuk orang dengan tinggi lebih dari 170cm akan merasa sangat sempit menumpang mobil ini. Karena atapnya yang pendek inilah akhirnya orang menyebut Jimny versi ini dengan nama Jimny Trepes. Jimny Trepes ini muncul antara 1981 sampai 1983.

Jimny V3 / Super Jimny 6
Mungkin karena ruang kepala Suzuki Jimny dianggap terlalu sempit, pada tahun 1984 muncul versi atap setengah. Atap setengah ini maksudnya bukan atap mobil yang hanya setengah ditutupi setengahnya lagi bolong tapi lebih kearah tinggi atapnya yang lebih tinggi dibanding Jimny Trepes namun lebih rendah dibanding atap Suzuki Katana yang tinggi. Jimny atap setengah ini muncul antara 1984 sampai sekitar 1988.

Jimny Sierra
Selain mesin, perbedaan lainnya ada pada bodinya dimana Sierra dilengkapi dengan atap fiberglass / kanvas dengan adanya bando tengah atau targa. Pada awalnya hanya tersedia versi atap fiberglass namun ada opsional atap kanvas kemudian. Selain itu, kaca depan Sierra bisa dilipat karena terdapat engselnya. Karena atap belakangnya terbuat dari fiberglass, pintu belakang Sierra juga unik karena bagian kaca membuka keatas seperti hatchback sementara pintunya menyamping seperti biasa. Bagian belakangnya sendiri terbagi menjadi 2 yaitu versi kaca sempit yang muncul antara 1983 sampai 1984 dan kaca lebar antara 1984 akhir sampai 1985. Versi kaca sempit ini lebih sedikit dibangin versi kaca lebar. Populasi Jimny Sierra ini tergolong langka karena bisa dibilang inilah Jimny limited edition di Indonesia.

Jimny Samurai
Berbeda dengan Jimny sebelumnya, Jimny Samurai ini dibekali dengan mesin Suzuki G13 berkapasitas 1300cc. Secara tenaga, sudah pasti Jimny Samurai ini punya tenaga yang lebih besar dibanding mesin F10A milik Katana. Secara bentuk, Jimny Samurai ini mirip dengan Jimny Trepes. Hanya saja karena Jimny Samurai ini lebih ditujukan untuk pasar negara barat seperti Amerika utara dan Australia, jadilah Jimny Samurai ini langka di Indonesia.

Jimny Caribian / Carribean
Memasuki milenia baru, Suzuki sempat menghadirkan Jimny yang dikenal dengan nama Suzuki Jimny Caribian. Ciri khas Caribian ini ada pada bentuknya yang menyerupai pickup double cabin dengan kabin belakang yang kecil. Sasisnya sendiri memakai sasis panjang sehingga tampilan double cabinnya terlihat sporty dan proporsional. Mesin yang dipakai Caribian ini sama seperti Jimny Samurai dengan mesin Suzuki G13 1300cc. Jimny ini termasuk Jimny termuda di Indonesia karena masuk secara CBU dari Thailand antara 2005 sampai 2007.

Pada era 80an, pemerintah Indonesia menerapkan berbagai perubahan sistem perpajakan yang tujuannya untuk melindungi industri dalam negeri agar dapat bersaing dengan barang impor dalam segi harga. Upaya pemerintah untuk melindungi industri perakitan mobil di Indonesia adalah menerapkan pajak yang lebih tinggi untuk mobil berjenis jip atau SUV, sedan, mesin diatas 2000cc, force induction (turbo dan supercharger) sampai sistem gerak 4 roda.

Karena pajak yang lebih besar, Suzuki akhirnya membuat Suzuki Jimny menjadi 2WD dengan menghadirkan Suzuki Katana pada tahun 1989. Suzuki Katana ini bisa dibilang paket hemat dari Jimny karena tidak dilengkapi dengan sistem gerak 4WD agar pajaknya tidak besar. Selain mengubah Jimny menjadi jip banci (istilah untuk jip 2WD), Suzuki juga membuat Katana ini bisa dibuat oleh karoseri lokal untuk kembali menekan harga jualnya. Ada macam-macam Suzuki Katana hasil karoseri lokal sebagaimana berikut ini.

Macam-macam Suzuki Katana

Katana Indomobil
Suzuki Katana jenis ini dibuat langsung oleh Indomobil sehingga kualitas plat bodi yang digunakan sudah pasti baik dan minim dempul. Ada beberapa facelift yang tersedia mulai dari lampu kotak sampai kembali menggunakan lampu bulat.Suzuki Katana ini dibagi menjadi beberapa trim seperti DX, GX, Blitz. Perbedaan antar trimnya ada pada kelengkapan aksesorinya seperti misalnya Katana DX memakai jok belakang berhadapan dan Katana GX memakai jok belakang menghadap depan. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca mengenai Suzuki Katana SJ410.

Suzuki Katana SJ410

Katana Long (kalong)
Sesuai dengan namanya, Suzuki Katana yang dibuat oleh perusahaan karoseri Adi Putro ini mengusung model sasis panjang dengan jumlah pintu hanya 3 membuatnya bisa menjadi mobil barang serbaguna yang tangguh di jalan jelek seperti dipelosok. Mobil ini dikenal juga dengan sebutan Katana BRI (Bank Rakyat Indonesia) karena jaman dulu dipakai sebagai mobil operasional BRI. Dengan sasis dan bodi yang lebih panjang sekitar 80cm dibanding Katana sasis pendek membuat beratnya bertamah. Sayang mesin yang digunakan masih sama sehingga terasa underpower dan masih 2WD walau ada juga yang 4WD.

Katana Corsica (Alexander)
Katana Corsica adalah varian Suzuki Katana yang dibuat oleh perusahaan karoseri Alexander. Buat yang belum tau, Alexander ini sudah seperti karoseri "spesialis" Suzuki dari jaman Suzuki Carry. Katana Corsica ini terbagi menjadi 2 varian yaitu sasis panjang 3 pintu, 5 pintu dan sasis pendek. Ciri khususnya ada pada bagian belakang yang dibuat bertumpuk. Untuk varian sasis panjang 5 pintu, pintu penumpang samping belakang memakai jendela model naik turun dengan bukaan engkol.

Katana Country
Mungkin inilah Suzuki Katana yang paling beda dari beberapa karoseri Katana diatas. Bagian lampu belakangnya tidak berada dibumper seperti Katana lainnya melainkan berada di sisi kanan dan kiri pintu belakang. Posisi lampu belakangnya ini vertikal dengan bentuk persegi panjang lebar. Katana Country ini juga tersedia dalam pilihan sasis pendek dan sasis panjang walau keduanya sama-sama hanya memiliki 3 pintu.

Generasi  3


New Jimny (JB33)
Jimny baru ini sebenarnya sudah masuk kedalam generasi ketiga. Mobil ini sebenarnya pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997 diacara Tokyo Motor Show. Ciri khas dari mobil ini adalah penggunaan mesin G13BB 4 silinder 1300cc dan bentuk bodi yang berubah secara total dengan bentuk lebih membulat. Sayangnya mobil ini tidak diperkenalkan di Indonesia untuk langsung menggantikan Suzuki Katana dan Jimny saat itu. Sekitar tahun 2017 Indomobil Suzuki telah menjual mobil ini secara resmi dengan melakukan pemesan terlebih dahulu setelah sebelumnya dipajang di booth Suzuki di GIIAS 2016. Total hanya ada 88 unit Jimny JB33 yang dijual oleh Indomobil Suzuki. Sebelumnya, Jimny ini sudah masuk terlebih dahulu lewat importir umum dengan harga 300 sampai 400 juta rupiah.

Jimny Baru CBU Indonesia

Generasi 4

New Jimny Sierra (JB64)
Pada acara GIIAS 2018 ini, Indomobil Suzuki akhirnya mengenalkan generasi terbaru dari Jimny. Jimny baru yang diperkenalkan keseluruh dunia pada tahun 2018 untuk model 2019 ini memiliki bentuk mengotak untuk mengingatkan kembali garis desain generasi keduanya. Versi kei car masih tetap memakai mesin 660cc sementara yang diperkenalkan pada ajang GIIAS 2018 merupakan Jimny Sierra dengan mesin K15 yang mirip dengan mesin new Ertiga dengan konigurasi 4 silinder 1500cc. Belum ada kabar mengenai rencana apakah mobil ini akan dijual di Indonesia dan juga tersedia versi 2WD seperti jaman Katana dulu.

Jimny GIIAS 2018


Nah, itu tadi beberapa macam Suzuki Jimny dan Katana yang hadir di Indonesia. Mungkin ada beberapa info yang kurang tepat mohon dikoreksi atau tambahkan di kolom komentar. Terimakasih telah membaca.

Thursday, 16 May 2019

Kecelakaan Bus Tuba

Masih ingat dengan tragedi kecelakaan Bus Flores vs Keretaapi di perlintasan Purwosari tahun 1981?
.
PO Flores ini melayani trayek Antar Kota Antar Propinsi Jurusan Surabaya – Solo PP.

Kecelakaan ini memakan banyak korban yang berasal dari SMP Wijaya Jombang.

Imbasnya, oleh DLLAJR Pusat (sekarang Dishub) PO Flores dilarang melayani trayek AKAP (Antar Kota Antar Propinsi), sehingga PO ini hanya beroperasi sampai dengan Mantingan (perbatasan Jatim-Jateng)
.
.
Foto koleksi: Mas Her Colt Te dari grup Sejarah Transportasi
.
.
#solozamandulu
#kotasolo
#fotolawas
#fotojadul
#sejarahtransportasi

Mendidik keluarga sambil touring



Sejak 2014 alhamdulillah cucu Allah amanahi merawat motuba yang cucu beri nama kibar

Seperti yang cucu tuliskan pada tulisan sebelumnya bahwa sejak cucu selesai study di yogya tahun 2007 dan Allah takdirkan menetap di tasik, sejak itulah cucu punya kegiatan rutin keluar kota setiap pekan sekali, bahkan sekarang 2 kali sepekan.

Dan jika cucu touring ke luar kota cucu pasti mengajak istri dan anak anak, minimal bawa istri saja atau bawa 1-2 anak.

Buat apa? Salah satunya buat mendidik istri dan keluarag

Caranya? Kita bisa ngobrol panjang lebar, bisa memasukan nasihat yang untuk kebaikan anak istri dst

Misal, saat cucu bawa anak untuk touring rutin, pas waktu shalat tiba, kita berusaha mencari masjid, tepat waktu dan berjamaah.

Di sela-sela itu cucu sampaikan sama anak cucu:

"Aa, sesibuk apapun kita saat Allah memanggil tinggalkanlah semua panggilan selain-Nya"

Atau banyak hal lain yang bisa di sampaikan saat touring bersama anak atau istri.

Dan sungguh ini lebih mengena dan cucu rasakan itu.

Misalnya, jum'at lalu cucu touring rutin ke luar kota, bawa istri dan 2 bayi.

Ahad kemarin saat lagi nyantai istri bilang sama cucu begini:

"Abi, nasihat abi yang kemarin di sampaikan sungguh terngiang dan terukir dalam hati".

"Yang mana?" Tanya cucu
"Yang abi sampaikan saat ke luar kota"
"Yang mana?" Tanya cucu lagi

"Kemarin abi bilang bahwa semua wanita Ahli surga yang disebutkan dalam Al-Qur'an, adalah wanita yang melaksanakan tugasnya dengan baik, yang sukses melaksanakan peranmya dari yang utama sampai yang paling rendah, 1. Sukses menjadi istri 2. Sukses menjadi ibu 3. Sukses mengurus diri sendiri 4. Sukses untuk memberi manfaat pada orang lain".

"Oh yang itu", terus?
"Ya nasihat itu yang terus terngiang dan akan senantiasa ummi ingat dan usahakan semaksimal mungkin".

Jadi jika para mbah touring cobalah bawa istri, atau anak-anak mbah, dan gunakanlah kesempatan itu untuk mendidik keluarga kita.

#Semoga_Bermanfaat

Ket. Photo:  Saat cucu touring bersama anak ke dua dan ketiga

Tuesday, 14 May 2019

ATM dan Buku Tabungan


Kartu ATM Buku Tabungan Saat Mudik

Ini pengalaman cucu saat mudik tahun lalu semoga bermanfaat bagi yang mau mudik.

Sehabis lebaran di rumah mertua dan tinggal -+ satu pekan, saatnya balik ke tasik.

Seperti biasa Yogyakarta adalah tempat transit dan menginap 1-2 hari dan keliling ke tempat-tempat yang penuh kenangan.

Qodarullah pas cucu ke atm salah memasukan no pin akhirnya terblokir, uang cash tidak terlalu banyak dan mencukupi.

Akhirnya cucu berkunjung ke seorang sahabat di daerah piyungan dan menginap di rumah mertuanya, mertuanya pindah dulu ke rumah menantunya.

Mertua teman cucu juga sudah akrab dengan cucu dan istri, bahkan suaminya merupakan salah satu yang mengenalkan ana ke produsen roti pisang yang akhirnya cucu bisa jualan roti pisang (bisa lihat cerita cucu di group ini lupa part berapanya).

Besoknya cucu ke kantor sebuah bank syariah di mana atm cucu terblokir, sebagai tambahan saja di bank syariah tersebut ada layanan tabungan tanpa mendapatkan bunga (riba), pas cucu buka tabungan akadnya "ada biaya potongan administrasi, dan jasa simpanan yang dipotong dari tabungan cucu tetapi cucu tidak dapat bunga bulanannya".

Sampainya di bank, antrian CS luar biasa banyak, pas bagian cucu sehabis dzuhur padahal ke bank tersebut sekitar jam 09.00-an.

Di hadapan CS cucu ceritakan kronologisnya, akhirnya si CS minta ktp dan bertanya cucu untuk mensinkronkan data, data sama alhamdulillah.

Namun di akhir cucu diminta buku rekening, lalu cucu jawab "ada di tasik".

"Tak bisa mas" kata CS
lalu cucu mengeluarkan kartu NPWP, ATM, SIM dll dan mengatakan:  "Mbak, nama yang tertulis di kartu atm semuanya sama dengan semua identitas yang lain, jadi ini atm saya".

Bentar mas, saya konsultasi dengan atasan.

Singkat cerita cucu dipertemukan dengan atasannya, setelah bicara menjelaskan, tetap tidak bisa klo tanpa buku tabungan, dan ini sudah aturan pusat katanya.

Lalu cucu jawab "Insya Allah tak apa-apa pak, jika ini adalah aturan pihak bank, maka saya berdosa jika memaksa bapak, dan saya ucapkan terimakasih atas pelayanannya".

Akhirnya cucu melirik sahabat cucu yang ngatar dan mengatakan:

"Nah sekarang giliran antum mendapatkan pahala, siap bantu ana buat pinjamin uang cash sekitar sekian..., nanti saat di tasik selesai urusan dengan bank, transfer balik Insya Allah"

"Siap..." jawab sahabat cucu

Jadi para mbah yang mau mudik siapkan saja "kartu atm dan buku tabungannya"

Mobil Bupati Jepara

Bapak Ahmad Marzuqi, Bupati Jepara.
Salah satu guru yang memberikan motivasi dan inspirasi bagiku.
.
Semasa di bangku Madrasah Tsanawiyah Hasyim Asy'ari Bangsri beliau sempat memberikan pelajaran berharga untuk kami.
.
Beliau membacakan kami Kitab Taqrib dengan fasih dan hafal. Setiap masuk ke kelas kami, beliau tak pernah membawa kitab yang akan diajarkan ke kami, hal itu karena ke-alim-an dan sudah hafal diluar kepala tentang kitab itu. Penjelasan yang gamblang dan jelas mudah kami fahami.
.
Salah satu Pesan beliau kepada kami ketika itu yang sempat saya ingat : Ketika dewasa nanti, apapun pekerjaan kita, jangan sampai meninggalkan aktivitas mengajar.
.
Saya masih ingat betul, meski beliau sudah bertugas di DPRD Jepara kala itu, beliau tetap mengajar di kelas kami sesuai dengan waktu untuk kami.

Bahkan ketika peresmian Kura-kura Osean Park Pantai Kartini Jepara kala itu, beliau tetap menyempatkan sejenak untuk masuk dikelas dan mengajar kami sebelum kemudian ijin meninggalkan kelas. Itu bukti Cinta Beliau untuk kami para murid-muridnya. Sanad Ilmu Beliau merangkul dan menyelimuti kami.
.
Pak Marzuqi adalah tokoh Ulama' dan Umara' yang mengayomi dan bertanggungjawab untuk masyarakat. Bertahun-tahun mengabdikan diri untuk Pendidikan dan Untuk Jepara.
.
Kemarin, beliau harus menerima ujian besar untuk perjuangannya. Saya yakin beliau orang baik. Beliau Guru Saya. Kiai saya. Waktu akan menunjukkan.
.
Saya yakin, beliau selalu berdoa untuk kami para muridnya. Kami pun akan berdoa untuk beliau.
Semoga diberi kemudahan, kekuatan dan ketabahan.

#pakmarzuqi
#bupatijepara
#guruku
#kiaiku

Beizing Traffic


Traffic jam utowo kemacetan lalu lintas di Beijing China mbah. Jebulnya di China banyak sekali penduduknya yo mbah.

Toll Ethiopia

Ini merupakan jalan toll pertama di Ethiopia mbah. Jalan toll ini konon kabarnya dibangun dengan bantuan/pinjaman dari pemerintah China mbah. Ruar biasa yo mbah ...

Jalur Sutra Asia

Jalur Sutera atau Silk Road di Turkmenistan (Turkey - China) mbah. 800 tahun lalu mgkn ada diantara mbah2 buyut kita yg jalan kaki atau naik kuda yg melewati jalan ini utk berdagang ke Ngeropah atau ke Arab dari Nusantara atau sebaliknya mbah.

Kalau jaman dulu sdh ada olshop, mgkn jalur ini akan dipenuhi para kurir2 dr perusahaan jasa ekspedisi yo mbah.

Produsen Mobil Jerman

Ferdinand Porsche sedang menjelaskan mobil kepada Jojon pada Berlin Auto Show 1937.

Monday, 13 May 2019

JANGAN PERNAH TARIK REM TANGAN SAAT PARKIR PARALEL

Kejadian tak menyenangkan ini saya alami kemarin sore di DMALL.

Jam 16.30 sore saya parkirkan kendaraan saya di basement. Niat saya mau jemput anak yang sedang ujian tari. 15 menit kemudian saya turun, saya kaget karena ada mobil biru yang di rem tangan dan menghalagi mobil saya keluar. Lebih kaget lagi, karena ada seorang bapak yang marah-marah karena mobilnya juga terhalang.😞😞

Petugas parkir kalang kabut. Beliau lalu naik ke lantai satu, dengan menggunakan CarCall mencoba menghubungi yang punya kendaraan. Tapi 15 menit berlalu, pemilik kendaraan tak juga muncul. Saya gelisah luarbiasa, karena ada 2 agenda penting saya hari itu: undangan buka puasa bersama keluarga besar dan meeting di Tangerang. Jika pemilik mobil ini tak juga turun secepatnya, bisa dipastikan saya batal dengan 2 agenda saya ini. Padahal ada rejeki yang ingin saya raih dari meeting itu.

Bapak yang marah-marah tadi, sudah menunggu lama rupanya. Marah dengan kondisi ini, akhirnya dia meminta anak dan istrinya untuk iklhas dan membatalkan acara buka puasa bersama keluarganya dan memilih buka puasa di DMALL. 😔😔😔

Pada akhirnya petugas parkir punya akal, dengan kardus di lapis plastik dan dijadikan bantalan/alas ke 4 rodanya,  mobil Biru pun bisa di dorong mundur, bergeser sedikit demi sedikit. Alhamdulillah, ada celah buat  mobil saya untu keluar.

Ini bulan baik, tak baik juga untuk mencaci si pemilik kendaraan atas kesalahaannya ini. Saya hanya berharap si Pemilik kendaraan Biru sadar betapa pentingnya paham aturan jika parkir kendaraan. Agar kejadian ini tak terulang lagi di kemudian hari. Dan kita semua bisa ambil hikmah dari kejadian ini, hargailah waktu orang lain.

Catatan:
Mobil saya adalah warna putih, samping kanannya adalah tiang beton. Samping kirinya ada mobil hitam toyota fortuner (dalam foto ini sayang tak terlihat)  Anak saya pakai baju warna pink sudah pasrah 🤣
Sumber:FB Harry Papana Irfan

Sunday, 12 May 2019

#Adab_Safar_Dan_Mudik_Part_II



Insya Allah cucu akan melanjutkan tulisan ini, semoga bisa menjadi bekal mudik ke kampung halaman masing-masing.

Untuk Part I silahkan klik link:
https://m.facebook.com/groups/100556436766949?view=permalink&id=1468123093343603

Pada part I cucu menyebutkan bahwa salah satu adab safar adalah niat yang baik / niat yang shalih.

Ada hal yang sangat luar biasa dalam masalah ini, di mana Nabi صلى الله عليه وسلم menyampaikan bahwa jika seseorang terbiasa melakukan amal shalih, lalu ia terhalang untuk melakukannya karena safar atau sakit, maka pahala amalan tersebut akan terus memgalir meskipun kita terhalang untuk melaksanakan amalan tersebut.

Mbah.....
Idul Fitri sekitar 22 hari lagi atau mudik kita masih belum saatnya, mulai dari sekarang coba kita laksanakan dan rutinkan amalan-amalan yang ringan, biasakan dzikir pagi petang, shalat dhuha, baca al-qur'an dll nah jika sudah terbiasa maka saat kita safar lalu terhalang maka pahala tetap mengalir, tentu sehabis safar kita tetap melanjutkan amalan tersebut sebab amalan yang paling dicintai Allah adalah yang rutin meskipun sedikit.

Adab yang ke-2
Jangan lakukan safar untuk kemaksiatan..

Memang ada? Ada atuh dan banyak
Mana buktinya?
Gini mbah....manusia itu ada dua kelompok secara umum, ada yang ingin ke surga ada yang ingin ke neraka, ada yang menempuh ketaatan ada yang menempuh kemaksiatan.

Jika kita tidak sibuk dengan ketaatan maka tentu kita akan disibukan dengan kemaksiatan, minimal dengan kesia-sian.

Kenapa sih harus hati-hati dalam adab ke-2 ini?
Mbah, safar atau mudik itu melelahkan, menguras tenaga, harta dan waktu dan pengorbanan lainnya.

Maka sungguh sangat merugi jika kita telah berkorban harta, tenaga, pikiran waktu untuk safar dan mudik, namun justu berujung kebinasaan.

Selamat melaksanakan ibadah ramadhan dan selamat mempersiapkan mudik buat para mbah yang melaksanakannya

Ket Photo:
Saat touring ketemu sesama komunitas, kenalan, kopdar dadakan, kasih hadiah.

Apalagi klo ketemu dengan para mbah member motuba buanyak sekali saudaranya Masya Allah, bisa penuh si kibar dengan kopi dll 😊😊😊😊😊

Yamaha F-MAX 125

(FB Rully Mukhtar Lubis‎)
MOTOR Plus-online.com - Yamaha NMAX masih jadi impian bagi sebagian penggemar motor matic.
Namun banyak yang terkendala dengan harganya yang masih tinggi.
Versi yang Non ABS saja masih Rp 28 jutaan, apalagi yang ABS harganya mencapai Rp 31 jutaan.
Yamaha NMAX secara ukuran bodi juga masih lumayan gambot cukup merepotkan bagi yang mau motor enteng.
Memang sih muncul Yamaha Lexi yang masih dalam satu keluarga MAXI Yamaha.
Namun bagi sebagian orang Yamaha Lexi dianggap tanggung.
Nah, ada pilihan menarik nih Yamaha FMAX. Hah?
Apakah motor baru dari Yamaha yang meluncur jelang lebaran ini?
Seperti yang dikenalkan Rully Mukhtar Lubis di grup FB Yamaha NMAX Indonesia.
Dia memamerkan foto motor matic Yamaha yang bikin kaget.
Banyak yang mengira ini Yamaha NMAX 2019 yang sedang ditunggu banyak orang.
Namun setelah diamati lebih jauh ini seperti Yamaha FreeGo modifikasi.
"FreeGO dimodif pake part Lexy," jelas Rully.
Yamaha FreeGo yang tidak lain adiknya Yamaha NMAX yang meluncur setelah NMAX.
Ketika ditanya oleh netizen lain, itu Yamaha FreeGo pakai windsield apa?
"Wah kurang tau , kayaknya punya Lexy tapi variasi," jelas Rully.
Yang bikin pangling memang dari part penahan angin ini.
Ukurannya yang gambot mengubah banyak tampilan sehingga bikin pangling.
Perubahan lain yaitu sepatbor depan juga sudah lebih gede mengikuti kaki yang sudah besar juga.
Didukung dengan kaki-kaki yang lebih gede sehingga terlihat makin kekar.
Pelek masih pakai standar tapi ban aplikasi lebih lebar.
Termasuk cakram depan juga pakai lebih lebar dari aslinya.
Kalau melihat di area cakram ini Yamaha FreeGo ini yang versi ABS.
Hal menarik lain juga terlihat dari joknya, sudah dilakukan custom sehingga terlihat lebih gambot.
Bisa dicek dari adanya jahitan di bagian depan.
Makin terlihat kekar dan futuristik karena aplikasi knalpot yang beda.
Itu knalpot apa ya?
"Kayaknya knalpot Byson," jelas Rully yang anggota grup Yamaha NMAX Indonesia itu.
Ini cukup menarik dijadikan referensi, karena bisa dikatakan buget murah.
Harga Yamaha FreeGO ini di bawah Lexi.
Karena hasil modif dari FreeGO mengejar tapilan MAXI Yamaha maka bisa dikasih nama Yamaha FMAX.

#Adab_Safar_dan_mudik_Part_I

Bismillah....

Alhamdulillah sudah 5 hari ramadhan kita lalui, dan di jalanpun mulai rame dengan hilir mudik kendaraan bermotor.

Kata-kata mudikpun mulai sering bermunculan termasuk di group motuba ini, bahkan cucu Alhamdulillah sudah masuk di group WA motuba khusus mudik, dengan Nama Mudikers, terima kasih banyak kepada admin yang telah membuat group tersebut.

Di group motuba dan group wa mudikers banyak ilmu yang didapat terutama dalam masalah apa saja persiapan teknis mudik, perawatan kendaraannya sampai waktu dan jalur mudik yang tepat ada di situ.

Izinkan cucu membahas sisi lainnya dari mudik ini, pembahasan Adab-adab safarnya, adab-adab mudiknya sehingga mudik penuh makna dunia dan akheratnya dapat....dunia hasanah akherat hasanah sesuai dengan do'a sapu jangat yang kita kenal.

Kita mulai ya mbah....
Adab pertama adalah:  Niat yang shalih, niat beribadah dalam bersafar atau mudik ini.

Apapun perbuatan yang dilakukan oleh seseorang pastilah ada unsur niat di dalamnya, ada motivasi dan pendorongnya.

Sama dengan safar dan mudik haruslah niatnya shalih.

Apa sih pentingnya niat?
Penting banget mbah, kita dapat pahala karena niat dan kitapun luput dari pahala karena niat pula.

Cucu kasih contoh:  Ada orang yang menjauhi zina dikarenakan takut terkena HIV misalnya, maka ia tidak mendapatkan pahala, namun jika ia meninggalkan zina karena takut sama Allah, karena dorongan patuh akan larangan Allah maka ia mendapat pahala.

Nah, perbuatannya sama "namun hasilnya beda".

Lalu niat mudiknya bagaimana? Sudah sedikit cucu bahas pada tulisan sebelumnya "mudik dan terkabulnya do'a", namun kita bisa memanage hati kita untuk meniatkan safar mudik tahun ini...
Niatkanlah untuk silaturahmi, niatkanlah untuk mengunjugi orang tua dan karib kerabat teman sejawat, niatkanlah untuk memberikan hadiah pada orang kampung, niatkanlah untuk memberikan kebahagian kepada orang di kampung.....jika ini niat kita maka mudik safar tidak akan sia-sia.

Biaya bernilai sedekah, kelelahan penghapus dosa, capek berbuah pahala.....

Jadi sebelum safar mudik persiapkan niat shalih dari sekarang....

Tasikmalaya, 5 Ramadhan 1440 H
Sepulang safar dari luar kota
Photo motuba cucu saat safar dan pulang lagi

Tol BORR Akan Diperpanjang, Salabenda-IPB Tersambung

Tol BORR Akan Diperpanjang, Salabenda-IPB Tersambung


Tol BORR/DOK PR
Tol BORR/DOK PR
BOGOR,(PR).- Tol lingkar luar  Bogor (BORR) direncanakan akan dibangun hingga ke Jalan Dramaga,  tepatnya di kawasan Institut Pertanian Bogor. Rencana tersebut sedang dikaji oleh pemerintah pusat.
Direktur PT Marga Sarana Jabar Hendro Atmojo mengatakan, setelah pembangunan tol BORR rampung hingga ke Salabenda, pemerintah pusat selanjutnya akan membangun jalur tol sepanjang 7 kilometer dari Salabenda hingga  jalan Dramaga, Kota Bogor.
“Kami dapat penugasan baru,  ada usulan dari Kementerian PUPR dan IPB, nantinya jalur Tol BORR akan dilanjutkan kembali ke Dramaga.  Sebenarnya tol BORR finish-nya di Salabenda dengan panjang 13 kilometer. Nanti dari Salabenda, rencana lokasi pembangunannya  sebelah kiri jembatan timbang, ” ujar Hendro Atmojo, Jumat 25 Januari 2019.
Hendro mengatakan, pembangunan jalur tol Salabenda-IPB tersebut masih melalui kajian.  Tantangan terberat pembangunan tol tersebut salah satunya harus membangun tol di atas Sungai Cisadane. Pembangunan tol di atas sungai, menurut Hendro membutuhkan biaya yang berlipat-lipat dibandingkan dengan pembangunan di atas tanah.
“Ini berat karena harus melewati Cisadane,  nanti kontruksinya sedang kami kaji, kalau bisa tetap di atas tanah ya. Kajiannya belum selesai, ya paling dekat dan paling efisien itu yang kita pilih. Intinya jangan sampai melewati Cisadane dua kali,” kata Hendro.
Tujuan pembangunan tol Salabenda-Dramaga, kata Hendro salah satunya mendukung  pemekaran Kabupaten Bogor Barat, dan Bogor Timur. Selain itu, pembangunan tol tersebut juga diharapkan dapat mengurangi kemacetan yang ada di jalur Dramaga. 
“Selama ini jalur Dramaga memang sering dikeluhkan karena macet. Nantinya jika kajiannya selesai, kemungkinan tol  Salabenda-Dramaga akan segera dibangun, pada 2020. Tetapi kita bangun dulu tol BORR tahap III B. Yol ini juga usulan dari Pemkab Bogor, untuk mendorong pemekaran, kita sendiri belum tahu sampai sejauh mana tahap pemekaran itu,” ucap Hendro.
Menurut Hendro, nantinya jalur Salabenda akan menjadi kawasan yang berkembang. Pasalnya, kawasan tersebut akan dilintasi empat arah jalur tol yakni arah Parung-Antasari-Sentul- Karawang.  Sementara jalur tol Dramaga,  akan menyambung pada tol Bocimi.
“Nanti benar-benar ada tol JORR (Jakarta Outer Ring Road) 3, karena rencanannya ada pembangunan juga dari Salabenda ke Parung, dari Sentul Barat ke arah Karawang,” kata Hendro.
Rektor Institut Pertanian Bogor Arif Satria mengapresiasi langkah pemerintah pusat yang berencana membangun jalur tol ke arah IPB. Menurut Arif, sejauh ini pertumbuhan  di daerah Dramaga memang luar biasa besar.  Oleh karena itu, pemerintah mau tidak mau harus melengkapi infrastruktur yang memadai.
“Kami berharap kampus IPB bisa lebih terbuka, bisa memiliki akses jalan yang lancar, salah satunya melalui tol.  IPB juga memiliki berbagai  jaringan dari pihak luar, jika tol tersebut ada, maka akses menjadi mudah. Kalau sekarang kan kita terkenal dengan kemacetan, dan itu sangat menganggu sekali,” ujar Arif.
Jika tol tersebut terealisasi, Arif optimistis, pertumbuhan ekonomi di wilayah Bogor Barat seperti di Cibanteng, Ciampea, dan Leuwiliang bisa semakin meningkat. Terkait kajian sendiri, IPB juga turut serta dalam perancangan jalur mana yang bisa dilalui tol tersebut .  IPB, menurut Arif, juga masih menunggu  kajian dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).
“Kami berharap secepatnya bisa segera direalisasikan, karena sejauh ini memang aktifitas di kawasan ini  banyak terhambat karena kemacetan yang luar biasa,” kata Arif.***