Friday, 3 May 2019

Kelebihan dan Kekurangan Karburator Pe 28 Yang Ori Atau Imitasi

Kelebihan dan Kekurangan Karburator Pe 28 Yang Ori Atau Imitasi

 

Haluuu temen – temen sudah bahagia belom…
Menatap masa depan…
Jangan mengenang mantan…
Terus gaisss kalau mau bahagiaaa…bhaaaa
guyon gais mrengutan koq koe…
Haluuu temen – temen sudah bahagia belom…
Menatap masa depan…
Jangan mengenang mantan…
Terus gaisss kalau mau bahagiaaa…bhaaaa
guyon gais mrengutan koq koe…
Ok kali selamat datang di webnya TMotor Jogja ya gaisss tempatnya kita sharing dan berbagi semua tentang permasalahan engine, engine solution gauleee atau trouble shooting ngunu bahasa keren bengkel e.
Artikel kali ini saya akan membahas tentang Kelebihan dan Kekurangan Karburator Pe 28 Yang Ori Atau Imitasi, ngopo saya bahas iki !
Kenapa, e kenapa miniman itu haram…
Karena, e karena merusakkan pikiran (*bhaaa  malah nyanyi lagune Michael Jackson,,,suaramu cukkk itu lagunya babang Rhoma yoo, babang Rhomaaa, heee)
Kembali ke topik karena memang banyak dari kita yang kurang paham dan mengerti ketika kita mau upgrade atau membeli karbu Pe 28, mana yg ori dan mana yang imitasi !
Tapi disini saya ga mau ngomong ori dan imitasi ya gais, aku ngomongnya kualitas bagus sma kualitas jelek aja karena sekarang karbu ori juga banyak di kw kan dan yang kw juga kalau beli untung-untungan kalau pas dapat yang bagus enak disetting kalau pas yang jelek susahnya mintak ampun sampe lebaran ketemu puasa lagi ketemu lebaran ga kelar – kelar too lu yg nyetinggg sampe ubanan lu punya anak, anak lu punya anak lagi dan lu punya cucu bhaaa bikin pusing dah pokoknya…
Gini aja tak kasih trik pembeda buat temen-temen ciri – cirinya mana karbu PE dengan kualitas baik dan mana karbu PE dengan kualitas jelek :

      Gambar 1. Karbu PE Kualitas Bagus

  • Biasanya karbu pe kualitas baik bentuknya akan lebih halus dibanding pe kualitas jelek, PE kualitas jelek lebih kasar ketika dipegang tiap sudutnya gak rapih.
  • Usahakan untuk beli karbu PE 28 pilih skepnya yang krom biasanya untuk mengurangi resiko baret.
  • Oh ia ini point penting yang temen-temen perlu ketahui kalau karbu pe kualitas jelek biasanya spuyer PJ (Pilot Jet) dan MJ (Main Jetnya) buta tidak ada ukurannya sedang untuk kualitas bagus ada terdapat ketrik ukurannya.

Gambar 2. Karbu Dengan Kualitas Jelek
 
Bisa dilihat temen – temen karbu dengan kualitas jelek biasanya PJ sama MJ-nya buta tidak memiliki ukuran sedangkan karbu PE dengan kualitas bagus biasanya memiliki ukuran untuk memudahkan kita dalam melakukan setting sama karbunya
Gambar 3. PJ dan MJ Karbu Kualitas Baik
 
Oh ya ni temen-temen ada lagi yang harus diperhatikan ketika temen-temen membeli karbu PE 28, biasanya karbu ga bisa langsung bisa dipasang plug lagsung enak, karena ukuran PJ dan MJ karbu PE baru masih ngacau belum sesuai ukuran dengan konsumsi bahan bakar motor temen-temen dan yang harus temen-temen lakuin adalah nyetting ngepasin PJ dan MJ dulu.
 
 
 Gambar 4. PJ dan MJ PE berukuran
 
Karena jika temen-temen membeli seperangkat reparkit percuma, karena reparkit yang beredar dipasaran pun buta tidak ada ukurannya



Gambar 5. Reparkit buta PE Di Pasaran
Ok Terima Kasih gais buat temen-temen yang sudah membaca artikel Kelebihan dan Kekurangan Karburator Pe 28 Yang Ori Atau Imitasi semoga bermanfaat

Salam berbagi

Salam Bahagiaaa…. Sayonara :V
 

Inilah Efek Ubah Kemiringan Pulley Pada Motor Matic

√ Inilah Efek Ubah Kemiringan Pulley Pada Motor Matic

 

Yah hai kembali lgi bersama saya Triie , kali ini saya akan memberi info tentang Inilah Efek Ubah Kemiringan Pulley Pada Motor Matic – Pulley merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada sepeda motor matic yang dimana berfungsi sebagai pemindah kecepatan sesuai rpm mesin secara otomatis dan tidak memakai gigi transmisi tetapi dengan sabuk V-belt sebagai penerus atau penghubung putaran kedua pulley.

 

Pulley sendiri terbagi menjadi 2 yakni pulley primary dan pulley secondary masing-masing punya peranan tersendiri dengan komponen yang berbeda berikut bagian-bagian pulley primary dan secondary berserta fungsinya.

Inilah Efek Ubah Kemiringan Pulley Pada Motor Matic

 Pulley Primary “Pulley Depan” yang terdiri dari:

 

  • Pulley Bag Dalam Yang Sekaligus Menjadi Rumah Roller
    Berfungsi pulley sekaligus sebagai tempat roller itu sendiri cra perawatannya yakni dengan membersihkannya dari debu dan kotoran lalu memberikan Grease pada ruang boss.
  • Pulley Bagian Luar Yang Sekaligus Menjadi Kipas “Pendingin”
    Berfungsi sebagai pulley sekaligus kipas pendingin ruang dalam cvt perawatannya yakni cukup dengan di bersihkan pakai sabun atau bensin dan pembersih lainnya.
  • Starter Clutch
    Berfungsi untuk starter atau penggerak awal menghidupkan mesin perawatannya cukup dengan di bersihkan dan mengecek pelor-pelor didalam berserta pegas atau pernya.
  • Roller
    Cara kerja roller ialah sebagai penekan “mendorong” yakni memanfaatkan putaran pulley sehingga roller terlempar dan menekan pulley adapun perawatannya yakni dengan membersihkan roller dan jika sudah tidak bulat atau terjadi keausan sebaiknya di ganti dengan yang baru.
  • Bos, Gigi Pinion, Ring Bintang, Ring, Baut
    Boss as pulley berfungsi sebagai dudukan/bantalan saat buka tutup pulley untuk perawatannya cukup di bersihkan saja. Gigi pinion as selahan berfungsi untuk meneruskan/penghubung gerakan dari gigi selahan pada saat kick starter, perawatannya ialah dengan mengecek apakah sudah gompal atau aus jika sudah terjadi gompal pada giginya sebaiknya di ganti sebab jika tidak selahan akan ngelos “tidak nyangkut” pada saat di kick starter. Ring binyang berfungsi sebagai pengunci “pulley bagian luar, “kipas” cara kerjanya untuk menahan pulley bagian luar supaya tidak ikut memutar, perawatannya cukup dibersihkan saja.

 

Nah itulah penjelasan dan fungsi pulley dan bagian-bagiannya, untuk selanjutnya yakni bagaimana efek ubah kemiringan pada motor matic. Untuk hal ini yang doyan oprek mesin khususnya jenis matic pasti sering dengar mekanik yang memainkan derajat kemiringan pulley atau puli.
Namun ada yang belum tahu juga nih fungsi mengubah derajat kemiringan puli motor matic. Banyak yang bilang main bubut puli CVT mampu mempengaruhi akselerasi ?? agar tidak salah kaparah harus diikuti penyesuaian part lain.

Ukuran 13,5 Derajat – 14,5 Derajat

Di pasaran banyak beredar puli atau rumah roller dengan kemiringan berbeda. Mulai dari 13 derajat hingga 14,5 derajat. “Derajat kecil membuat akselerasi lebih cepat, derajat besar untuk kejar top speed. Namun hati-hati misalnya seperti di Mio lawas.
“Ketika pakai 13,5 derajat, V-belt cepat rusak, soalnya kemiringan belt standar Mio 14 derajat. Tapi kalau pakai puli 14,5 derajat, belt bisa pakai milik Fino. Namun selain belt, part lain yang kudu disesuaikan pastinya puli terluar rumah roller atau disebut puli kipas. Derajat kemiringannya kudu sama layaknya puli roller.

Alur Roller

Untuk hal ini bisa juga tempuh cara lain buat atur akselerasi. Efeknya lebih bagus ketimbang bermain kemiringan puli. “Bisa tetap pakai puli standar Mio atau Nouvo yang 5LW, tapi alur roller di puli dipapas atau dicoak.
Setelah itu, penutup roller juga diganti pakai part dari Yamaha Fino lama yang berkode 4DO. Karena punya bagian ujung lebih ke atas. “Kombinasi ini bikin roller bisa naik lebih tinggi lagi,” tutupnya. Jadi tidak merusak belt, namun top speed tetap dapat.

Demikianlah pembahasan mengenai Inilah Efek Ubah Kemiringan Pulley Pada Motor Matic semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Ternyata Ini, Penyebab Utama Jarum Indikator Bensin Motor Masalah

Ternyata Ini, Penyebab Utama Jarum Indikator Bensin Motor Masalah

 

Ternyata Ini, Penyebab Utama Jarum Indikator Bensin Motor Masalah “Yang Perlu Diketahui”

Yah hai kembali lgi bersama saya Triie , kali ini saya akan memberi info tentang Penyebab Utama Jarum Indikator Bensin Motor Masalah – Sebagian orang pastinya pernah mengalami perihal seperti ini yakni kehabisan bensin di tengah jalan, padahal jarum penunjuk indikator bensin tetap banyak. Pastinya membawa dampak pengendara di membuat repot oleh motornya, itulah keliru satu pengaruh yang berlangsung andaikata jarum bensin pada sepeda motor udah mengalami masalah.

Jarum bensin merupakan komponen motor yang terlalu vital, bersama indikator tersebut pengendara sanggup melihat perhitungan kapan kala harus isi bahan bakar sebelum terlalu habis, apalagi bagi pengendara yang tengah dalam perjalanan yang jauh, keberadaan jarum bensin indikator terlalu sekali diperlukan.
Selain termasuk gara-gara dalam perjalanan membiasakan isi bahan bakar sebelum habis sesungguhnya harus terus dilakukan, bersama cara senantiasa isi bensin bersama secara tertata jangan sampai kosong ditangki perihal tersebut sanggup merawat keawetan pada mesin motor tersebut.


Dan termasuk pastinya sanggup merugikan disaat bensin habis tanpa disadari, tidak hanya kala yang terbuang sia-sia tapi termasuk tenaga kamu harus dikeluarkan untuk mendorong motor melacak jual bensin atau ke pom bensin. Oleh gara-gara itu keberadaan jarum indikator bensin terlalu diperlukan sekali. Lalu bagaimana andaikata bensin motor tersebut mengalami kasus !!!
Sesuai bersama kegunaannya jarum indikator bensin akan memberi tambahan notifikasi kepada pengendara untuk menyadari seberapa banyak bensin yang tetap tersedia dalam tangki motor, namum faedah jarum tidak akan optimal jika jarum indikator bensin ini bermasalah, inilah penyebab dan mangatasi jarum indikator bensin motor mengalami kasus sebagai tersebut :

Bahan Bakar Habis

Dalam hal ini pastu sudah jelas lah apabila bensin atau bahan bakar habis pastinya indikator atau jarum penunjuk bensin tidaka akan gerak atau naik.

Aki Motor

Pada jarum bensin ini tidak mungkin bisa bekerja atau berfungsi apabila tanpa ada sumber listrik atau aki, periksalah kondisi aki motor tersebut dengan cara menekan pada tombol klakson atau electric starter, apabila tidak normal lagi segeralah ganti atau diperbaiki pada aki tersebut jika masih memungkinkan.

Pelampung Bensin

Kemudian cek juga situasi pelampung bensin, untuk memeriksa kedaan komponen yang satu ini buka peranti besi yang berada disebelah tutup bensin bersama dengan pakai alt obeng plus, selanjutnya terlepas soketnya dan sesudah itu sambungkan dua kebel yang menyangga didalamnya bersama dengan jumper atau penghantar listrik lain.
Apabila jarum terhadap speedometer nampak tersedia gerakan artinya pelampung bensin mengalami masalah, pelampung bensin sanggup rusak atau merenggang gara-gara tekanan saat pengsian bensin ke didalam tangki. Hal ini sanggup diatasi atau diakali bersama dengan mengikat bersama dengan kawat tembaga atau tingkatkan cincin tetapi lebih baiknya mengganti bersama dengan part yang baru.

Jalur Kelistrikan

Apabila dari keduanya yang disebut diatas, jalur pada kelistrikan yang terhambat juga bisa mengakibatkan pada jarum bensin tidak bekerja atau berfungsi lagi, periksa jalur kabel yang menggerakkan jarum tersebut dengan menggunakan alat pengukur arus.

Speedometer Mengalami Masalah

Dari ketiga pada mulanya misalnya masih bekerja bersama baik tanpa ada persoalan maka hanya ada satu barangkali yaitu ada bagian pada speedometer yang sudah mengalami kerusakan tentunya mengganggu kinerja jarum bensin selanjutnya perbaiki atau pindah speedometer motor bersama yang baru.

 Demikianlah pembahasan mengenai Ternyata Ini, Penyebab Utama Jarum Indikator Bensin Motor Masalah semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Cara Paling Mudah Membuka CVT Tanpa Menggunakan Treker

Cara Paling Mudah Membuka CVT Tanpa Menggunakan Treker

 

 

Cara Paling Mudah Membuka CVT Tanpa Menggunakan Treker – Untuk pembahasan kali ini kami akan berbagi tips atau trik bagaimana cara paling mudah membuka CVT tanpa menggunakan treker,,nah untuk lebih jelasnya simak pemarannya di bawah ini.

Yah hai kembali lgi bersama saya Triie , kali ini saya akan memberi info tentang Dalam hal ini urusan untuk perawatan CVT memang menjadi hal yang terbilang ngejelimet,, hal ini karena tikda punya special tools atau semacam tracker untuk yang masih bingung menggunakannya. Telebih lagi bila bicara special tools untuk CVT,, bila ingin lengkap harus memiliki impact yang berhulu pada kompresor yang berkapasitas besar.

Akan tetapi mana tahan bila kalian diharuskan memiliki alat itu semua untuk merawat CVT motornya sendiri,, apalagi harus ketergantungan pada bengkel, dan tenang saja untuk kali ini kami akan memberikan cara atau tips dalam membuka CVT.

Cara Membuka CVT Tanpa Menggunakan Traker

Dan dalam hal ini ternyata terdapat beberapa cara yang mudah untuk merawat komponen-komponen CVT seperti belt dan roller, dan hanya membutuhkan tiga alat dan komponen CVT bisa diganti atau hanya dibersihkan saja.
Nah mudah bukan kalian tidak perlu ke bengkel lagi,, apakah kalian penasaran bagaimanakah cara membuka CVT tanpa harus menggunakan special tools? Nah untuk lebih jelasnya baca dengan perlahan, supaya kalian paham dan semakin mengerti.

Maka dalam hal ini kalian praktikkan pada sepeda motor matic kesayangan kalian dan pada dasarnya prinsipnya mirip dan bisa jadi dapat diaplikasikan ke tipe matic lain. Kunci yang dipakai dalam hal ini seperti Kunci T-8 mm,, Kunci ring 17 mm dan Kunci T-17 mm.

Langkah-Langkah Membuka CVT Tanpa Menggunakan Treker

Adapun untuk langkah-langkah dalam membuka CVT tanpa menggunakan treker diantaranya yaitu:
  • Hal yang pertama kalian terlebih dahulu buka baut-baut yang mengikat CVT dengan memakai kunci T-8 mm atau jika motor kalian sudah dimodifikasi dengan variasi monel dapat menggunakan kunci L-5 mm atau dapat juga dengan menggunakan kunci T L-5 biasanya tersedia di bengkel terdekat.
  • Dan apabila pada tutup CVT sudah terbuka cara untuk membuka pulli depan kalian dapat mengganjal bilah kipasnya dengan memakai baut CVT itu sendiri dan usahakan mengganjalnya dengan memakai ukuran yang paling pendek dan juga perhatikanlah bilah kipasnya yang berada di sisi terdalam.Hal demikian dengan maksud agar tidak patah dan jika kalau di dalam akan lebih kuat. Serta manfaatkan kunci T-17 mm serta pipa kecil untuk dapat mempermudah membukanya dan langkah ini berguna kalian yang ingin membersihkan ataupun mengganti roller serta mengganti V-beltnya.
  • Bila komponen tersebut sudah terbuka maka sekarang kebagian mangkok sentrifugalnya. Melepas komponen ini cukup mudah dan cepat, hanya cukup memakai kunci ring 17 mm dengan memakai bantuan pipa untuk bisa memberikan tekanan pelebih dan mempermudah saat melepasnya.Dan serta akan semakin mantap lagi bila agak sedikit digentok atau dipukulkan kuncinya,, hal ini karena prinsip dasar impact ialah seperti itu. Jika pada cara mengencangkan kembali akan lebih gampang kalian dapat meminta bantuan rekan untuk membantu menekan tuas rem belakang agar tidak ikut berputar,, kemudian dapat kalian kencangkan. Karena langkah ini berguna untuk dapat memberikan paslin atau gemuk pada bagian three axle serta membersihkan kampas sentrifugalnya,,, bagaimana dalam hal ini cukup mudah atau gampang bukan.

 Demikianlah pembahasan mengenai Cara Paling Mudah Membuka CVT Tanpa Menggunakan Treker semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,,, terima kasih atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂


Thursday, 28 March 2019

Coating Pesawat System X Ceramic Kini Tersedia Untuk Mobil, Kuat Hingga 1.000 Celcius



Otomotif - PT Global Auto International resmi mengenalkan produk lapisan pelindung (coating) bodi mobil asal Amerika bernama System X Ceramic Coating (27/03).

Produk yang awalnya dipakai untuk melapisi bodi pesawat terbang ini merambah dunia otomotif.

Diklaim teruji di dunia penerbangan dengan ketahanan hingga suhu 1.000 derajat celcius, System X ini punya beberapa produk untuk otomotif.

Dari 6 varian produk yang ditawarkan di Indonesia, 4 produk khusus untuk otomotif. Yakni System X Diamond SS, System X Pro, System X Glass dan System X Interior.

System X Pro dan Diamond SS diperuntukkan bagi permukaan eksterior mobil.

“Ia melindungi permukaan cat dari berbagai jenis korosi, baik akibat garam, pasir, asap, polutan. serangga, lembab, hingga sinar UV,” kata Andy Hartono selaku Sales & Marketing Director System X lndonesia.

Ditambahkan Artha Alfatha, brand manager System X Indonesia, System X Ceramic Coatings bukan wax atau sealent yang akan menipis setelah pemakaian beberapa tahun.

Produk System X tidak memerlukan pencucian khusus atau shampoo dengan pH netral.



“Produk coating permanen ini mirip clear coat bawaan pabrik, tapi lebih kuat dan memiliki resistensi lebih tinggi terhadap guratan, goresan, dan bahan kimia,” kata Arta lagi.

Selain bodi mobil, ditawarkan juga coating kaca dan interior.

Baca Juga : Begini Syarat Dan Ketentuan Membuat SIM A Atau C Di SATPAS

Untuk kaca disebut System X Glass yang melindungi kaca mobil dari goresan mikro sekaligus meningkatkan sifat hidrofobik permukaan kaca hingga jangka waktu dua tahun.

Sedangkan untuk interior, ada System X Interior, pelapis hidrofobik dari nanoteknologi yang diklaim mampu melindungi permukaan interior seperti kain kursi, karpet, kulit, dan vinyl.

“Di samping menjadikan cairan dan noda dapat dibersihkan dengan mudah dan cepat, produk ini tidak membuat bahan interior berubah secara warna ataupun tekstur,” terang Arta.

System X kini dipercaya PT Garuda Mataram Motor, selaku Agen Pemegang Merek (APM) Audi dan Volkswagen (VW) di Indonesia, sebagai mitra resmi untuk ceramic coating di seluruh line up mobil Audi dan VW yang dipasarkan di Indonesia.

Biaya pelapisan dengan System X bervariasi, ditawarkan mulai dari Rp 4,5 juta hingga Rp.18,5 juta.

Dengan garansi hingga 6 tahun, produk ini sudah bisa diperoleh beberapa outlet resminya seperti di di Jakarta, Depok, dan Kuningan, Jawa Barat.

Autovison Mengusung LED Terbaru Untuk NMax Dengan Gen Ke 2 NMax



Otomotif - Buat Anda yang kurang puas dengan intensitas cahaya yang dihasilkan oleh Yamaha NMAX, bisa dengan cara mengganti LED standar pakai aftermarket.

Salah satu yang menyediakan optional lampu LED ini, adalah Autovision yang baru meluncurkan LED Light Booster Technology Gen 2 untuk Yamaha NMAX (27/03).

LED Gen 2 ini memiliki spesifikasi yang lebih bagus, bila dibandingkan dengan Gen 1 yang pernah CV Sempurna Part Niaga (SPN) jual.

Uniknya, walaupun Gen 2 dibekali spek yang lebih tinggi, namun dibanderol dengan harga yang lebih murah.

"Ini tujuannya agar lebih terjangkau dan pangsa pasar lebih banyak. Tak hanya itu, juga menyangkut kuantitas produksi dari LED ini sendiri. Karena diproduksi lebih banyak, sehingga harga bisa ditekan lebih murah," papar Limarga, ASM Autovision.

Secara spek LED Gen 2 ini menggunakan PCB berbahan aluminium dengan tiga titik LED yang masing-masing memiliki daya 7 Watt.

Low beam dengan 2 poin LED menyala memiliki daya 14 Watt, menghasilkan intensitas cahaya sebesar 2.860LX.

Baca Juga : Varian Lampu LED Terbaru Untuk Yamaha Nmax

Kemudian, saat high beam dengan tiga titik poin LED menyala butuhkan daya 21 Watt dengan sorotan cahaya 8.290Lx.



Sedangkan, PCB NMAX standar menggunakan daya 6 Watt saat ketiga titik LED menyala.

LED standar NMAX, kala low beam hasilkan cahaya 1.333Lx dan high beam pancarkan cahaya 2.020Lx.

Dengan daya yang bagus tapi tetap enggak menyedot arus aki yang tinggi, LED Gen 2 bisa menghasilkan intensitas cahaya lebih terang, makanya tidak perlu ditambahkan penguat daya atau semacamnya.

Autovision menyediakan dua tipe untuk LED Gen 2 ini, yaitu 5.5000 Kelvin dan Combo.


Masa pakai LED Gen 2 ini, bisa mencapai lebih dari 30.000 jam.

5.500 Kelvin memiliki cahaya yang putih kala high dan low beam, sedangkan Combo punya dua warna cahaya low beam berwarna putih (5.500 Kelvin) plus high beam berwarna kuning (3.000 Kelvin). Harganya sendiri, dibanderol Rp 275 ribu, belum termasuk pemasangan.

"Karena untuk memasangkan LED Gen 2 ini, harus dibutuhkan teknik dan alat khusus, sehingga butuh biaya lebih,". Biayanya sekitar Rp 200 - 250 ribu,"

"Tapi tenang, ada promo hingga 20 April ada potongan jasa pasang. Dari Rp 250 ribu, jadi cuma Rp 25 ribu saja," ujar Limarga, saat prosesi launching.

Harga promo pemasangan ini berlaku hanya di showroom Service Center Autovision, Rukan Fresh Market Blok A No. 9, Green Lake City, Semanan Kosambi, Jakarta Barat.

Mobil Desa Siap Untuk Medan Berbukit, Kemenperin Siap Meresmikan AMMDes Di Indonesia



Otomotif - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyebut Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) atau mobil pedesaan akan dipasarkan April 2019.

Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

“Pengembangan angkutan pedesaan ini arahnya memang digunakan untuk di pedesaan, misalnya untuk mendukung pascapanen atau alat angkut hasil hortikultura,” kata Airlangga di Bogor (27/3/2019).

Selain itu, AMMDes-KMW bisa pula dilengkapi dengan aplikasi lainnya sesuai kebutuhan, seperti untuk penjernih air.

“Beberapa waktu lalu, pascabencana di Palu, Kemenperin mengirimkan lima prototipe AMMDes-KMW penjernih air ke Palu," paparnya.

Ia menambahkan, dari uji coba itu, ternyata respons masyarakat sangat luar biasa karena merasa terbantu.

Airlangga menegaskan, penggunaan mobil pedesaan diyakini mampu meningkatkan produktivitas pertanian, perkebunan, dan perikanan.

“Alat multiguna ini juga telah diuji coba di kawasan hortikultura, yakni daerah penghasil pisang di Tanggamus, Lampung yang digunakan untuk pengangkutan pisang saat panen untuk menjaga kualitasnya saat diangkut dari kebun ke packing house,” paparnya.

Menurut dia, mobil tersebut telah melalui tahapan uji coba, termasuk uji tipe dengan model dasar, yaitu unit yang dilengkapi dengan flat deck dan fitur power take off (PTO).


Mesin pun sudah dilakukan penyesuaian untuk mendapatkan performa yang lebih baik, seperti di medan off-road dan berbukit.



“Selain itu, model tersebut juga mengaplikasikan sistem penggerak tunggal yang dirancang dengan kecepatan maksimal 30 km per jam dan kapasitas silinder sebesar 650 cc atau setara dengan 14 HP,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, AMMDes-KMW juga dilengkapi sistem suspensi, sabuk pengaman tiga titik, sistem differential lock pada roda penggerak belakang.

Bahkan ada sistem pengereman hidraulis, rem tangan, lampu sorot depan, lampu belok, lampu rem, lampu mundur, klakson, windshield glass dan wiper.

Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) AMMDes-KMW sekitar 90 persen dari jumlah komponen yang digunakan dalam setiap unit AMMDes-KMW.

Hanya transmisi dan beberapa bagian dari mesin yang masih impor.

“Untuk uji tipe, sudah diuji di Kementerian Perhubungan, dan dalam waktu dekat mereka akan keluarkan izinnya. Tentunya, AMMDes-KMW akan menjadi solusi bagi masyarakat di pedesaan," paparnya.

Winglet Legal, Ducati : Diam Dan Kalahkan Kami Di Circuit



MotoGP - Keputusan Federasi Motor Internasional (FIM) yang melegalkan winglet milik Ducati disambut hangat Claudio Domenicali, selaku CEO Ducati.
Tim balap asal Borgo Panigale, Italia akhirnya bisa melangkah ke Argentina dengan kepala tegak. Karena hasil banding FIM yang telah dikeluarkan menilai winglet di motor tiga pembalap Ducati adalah legal (26/3/2019) .
Tiga pembalap tersebut yakni Andrea Dovizioso, Danilo Petrucci, dan Jack Miller.

Keputusan tersebut menepis omongan bahwa Ducati bermain curang dengan regulasi MotoGP saat melakoni seri perdana 2019 di Qatar,
Claudio Domenicali sangat senang dengan hasil ini. Bukan Cuma mendapatkan poin dari kemenangan Andrea Dovizioso pada MotoGP Qatar 2019, lalu. Namun yang tidak kalah penting ialah perangkat aerodinamika mereka boleh digunakan pada seri-seri MotoGP berikutnya.

"Pengadilan Banding FIM baru saja mengkonfirmasi bahwa perangkat kami sepenuhnya legal. Poin Qatar dikonfirmasi dan perangkat dapat digunakan pada balapan berikutnya, ucap Domenicali yang dikutip dari Corsedimoto.


Meski senang dengan hasil itu, Domenicali tak menampik bahwa dia juga menyayangkan habisnya energi, biaya, dan waktu untuk meluruskan polemik ini.

"Namun, sangat disayangkan untuk mencapai hal ini kami harus menghabiskan waktu dan uang kami dengan para pengacara demi mengungkapkan penelitian kami tentang pendinginan ban kepada para kompetitor," tutur Domenicali. Lebih lanjut, pria Italia itu mengapresiasi hasil brilian dari inovasi yang digawangi oleh Luigi Dall'igna dalam mengembangkan perangkat pendingin tersebut.

"Ducati bangga akan kecerdikan teknisi Italia dan kemampuannya untuk berinovasi. Banyak orang menyatakan minggu lalu bahwa kami curang, semoga sekarang mereka akan diam dan mencoba untuk mengalahkan kami di trek balap," kata Domenicali lagi.

Meski sudah menyampaikan hasil keputusan sidang banding, keempat tim penggugat yakni Honda, Suzuki, KTM, dan Aprilia masih diberi waktu hingga lima hari ke depan untuk kembali mengajukan banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS)

Varian Lampu LED Terbaru Untuk Yamaha Nmax



Otomotif - Dalam menjawab kebutuhan konsumen sepeda motor, soal peningkatan kinerja lampu lampu utama saat berkendara pada malam hari, CV Sampurna Part Niaga (SPN), selaku distributor lampu Autovision di Indonesia, resmi meluncurkan produk lampu terbaru Light Emitting Diode (LED) terbarunya untuk Yamaha Nmax, Rabu (27/3).

"Setelah melakukan perbaikan dan pengembangan dari generasi sebelumnya. Lewat Autovision LED Nmax Generasi ke 2 lah kita hadirkan produk berkualitas terbaik untuk para konsumen Yamaha Nmax di Indonesia,"Ujar Lily Hernawan, Direktur CV Sampurna Part Niaga.

Peluncuran yang di adakan di Showroom Service Center Autovision, Rukan Fresh Market Blok A No.9, Green Lake City, Semanan Kosambi, Jakarta Barat.

SPN juga berkesempatan memaparkan, produk lampu LED Generasi Ke 2 untuk Nmax ini sudah mengusung Light Booster Technology.

BACA JUGA : Perbandingan Yamaha Nmax Dan Honda PCX Dalam Menarik Konsumennya

"Keunggulan tersebut berfungsi sebagai Memaksimalkan kinerja lampu untuk menghasilkan pencahayaan yang lebih terang, lebih fokus, serta durability yang lebih baik," Kata Lily.

Sedangkan unsur panas dari cahaya yang di hasilkan lampu LED ini, tidak menggangu kinerja reflektor lampu, karena suhu panas tersebut dialirkan ke bagian belakang lampu da proses penurunan suhu panas secara perlahan oleh PCB.



Selain untuk mengontrol suhu dengan baik, komponen PCB juga berfungsi sebagai dudukan kompenen lampu yang terbuat dari bahan alumunium dengan spesifikasi khusus.

Mengenai kapasitas daya yang dikeluarkan Autovision LED Nmax Generesi Ke2 ini ternyata mengeluarkan daya 14watt lebih besar dari standart bawaan pabrik.

"Meskipun begitu, konsumen tidak perlu khawatir harus menambah suplai arus berlebih dan posisi sorot lampu sudah kami sesuaikan dengan kebutuhan berkendara." Ucap Lily.

Soal pilihannya pun, SPN menawarkan 2 pilihan warna cahaya, pertama ada putih dengan spesifikasi cahaya 5.500 Kelvin. Yang kedua, ada kombinasi low beam berwarna putih (5.500 Kelvin) dan highbeam berwarna kuning (3.000 Kelvin), untuk variian tersebut tipenya combo.

Buat kalian yang mau ikut pasang, sebenarnya pengaplikasiannya tidak begitu sulit karena sudah dirancang sesuai lampu bawaan NMax. "Tetapi proses instalasi disarankan di bantu oleh profesional upgrade lampu LED, karena pemasangan ini membutuhkan teknik dan alat khusus," Kata Lily.

Untuk pemesanan dan pembeliannya bisa kunjungi websitenya www.autovision.co.id dan telah tersedia dipasaran atau distibutor Autovision di Indonesia dengan harga sekitar 275.000rb dan garansi pemakaian selama 6 bulan.

Perbandingan Yamaha Nmax Dan Honda PCX Dalam Menarik Konsumennya



Otomotif - Yamaha NMAX dan Honda PCX 150 tengah bersaing memperebutkan pasar skutik gambot. Masing-masing punya plus minus, itu yang tak jarang bikin bingung calon konsumen untuk memilih. Tapi, biasanya pembeli justru cari yang lebih mudah untuk didapatkan terlebih dahulu. Nah, berikut hasil komparasi aftersales pembelian Yamaha NMAX dan Honda PCX 150.

Sampel pembanding diambil dari diler Yamaha Victory dan Honda MPM.
Lokasinya sebelahan hanya terpisah tembok di Jl KH Hasyim Asyari, Pinang, Kodya Tangerang.


Yamaha NMAX.

-Harga NMAX Non ABS Rp 28.100.000.
-Harga NMAX ABS Rp Rp 31.800.000.
Dapat fasilitas tambahan yaitu helm, dudukan pelat nomor atau jaket (pilih salah satu) dan tool kit.

Servis gratis 4 kali yang 1 kali atau servis pertama dapat oli gratis.
Bagi yang beli kredit masa cicilan 2,5 tahun dapat potongan uang muka Rp 400 ribu. Sedangkan tenor 3 tahun dapat diskon uang muka Rp 500 ribu.
Unit tersedia ready stok.



Honda PCX

-Harga PCX 150 CBS Rp 28.080.000.
-Harga PCX 150 ABS ACC Rp 32.310.000.

Dapat fasilitas tambahan yaitu helm, dudukan pelat nomor dan tool kit.
Servis gratis 3 kali yang 1 kali dapat oli gratis.
Bagi yang membeli secara kredit inden 1-2 bulan.
Sedangkan pembelian secara cash indennya 4 bulan.

Wednesday, 27 March 2019

Honda CBR150R Di Thailand Varian Warna Melimpah Di Banding Indonesia



Otomotif - Honda CBR150R meluncur di Thailand lewat Bangkok International Motor Show 2019. Wujudnya sama persis dengan yang ada di Indonesia.
Sampai soal mesin juga sama berbekal kapasitas 149 cc DOHC, yang menyemburkan tenaga 16,89 dk dan torsi 14,4 Nm. Tetapi soal pilihan warna berbeda antara Thailand dan Indonesia.






Versi Thailand ada kelir biru tua dengan aksen grafis silver di area side fairingnya.
Warna ini enggak bisa ditemukan pada versi Indonesia nih.
Selain itu warna hitam yang ada di Thailand dikombinasikan dengan grafis berwarna merah. Berbeda dengan versi Indonesia yang grafisnya berwarna oranye.

Terakhir ada warna khas dari AP Honda Racing Team, yang memadukan warna merah, hitam, putih serta sedikit warna biru. Warna ini jadi warna versi tim balapnya Honda Thailand.


Resmi Di Rilis Honda CBR250RR Thailand, Harga 100Jt Per Unit



Otomotif - Honda CBR250RR telah dirilis di Bangkok International Motor Show 2019.Peluncuran ini menjadi pertama setelah sebelumnya AP Honda, APM Honda di Thailand hanya jualan CBR300R satu silinder saja.

Dengan munculnya CBR250RR ini, pasar motor sport di sana menjadi kian berwarna.Namun jangan kaget jika melihat harganya yang terpaut lebih mahal ketimbang di Indonesia.

Padahal secara keseluruhan versi Thailand dan Indonesia tak ada bedanya.
Kaki-kaki depan pakai upside down, belakang aluminium swing arm dengan monoshock yang punya 5 setelan preload.


Mesin, 2 silinder DOHC 4 klep, downdraft throttle body, throttle by wire dan sama-sama dibekali dengan 3 pilihan riding mode. Soal warna, CBR250RR di Thailand hanya ada dua pilihan yakni merah dan hitam.



Serta hanya ada satu tipe yang dilengkapi antilock brake system atau ABS.
Harganya di sana dilepas 249 ribu Bath atau Rp 111 jutaan! Wah beda jauh ya!
Bandingkan dengan CBR250RR Indonesia yang harganya dijual mulai Rp 59,9 juta untuk non ABS. Sedang versi ABS paling mahal harganya Rp 71,3 juta. Tuh, selisihnya banyak kan?

Apa yang membuatnya mahal? Apakah karena motor ini diproduksi di Jepang bukan dari Indonesia? Pasalnya Mr. Natthachai Srisophan, General Manager, Sales Division, AP Honda Co., Ltd menegaskan jika motor ini diimpor dari Jepang.

"Wah, enggak berani komen kalau ini (harga CBR250RR Thailand)," ungkap GM Corporate Communication PT Astra Honda Motor (AHM), Ahmad Muhibbuddin ketika dimintai komentar tentang CBR250RR di Thailand.

Mirip Dengan Pajero, Isuzu MU-X Tidak Kalah Saing



Otomotif - Isuzu MU-X satu ini mungkin bisa bikin lawannya, Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport minder.
SUV dari Isuzu itu hasil custom  dan ikut mejeng di Bangkok International Motor Show 2019.

Tampilannya berbeda sekali dengan versi standarnya.
Wajahnya kini makin tegas berkat bumper custom yang dikombinasi aksen hitam dan tetap dengan sepasang fog lamp bulat.

Di atasnya, ada gril yang juga diberi sentuhan hitam glosy sehingga membuat kesan modern sporty. Terutama karena lampu utama proyektor, DRL dan lampu belakang yang semua sudah LED.



Ubahan di eksterior tentu tidak bisa maksimal tanpa ubahan pelek.
Untuk itu, MU-X custom mengadopsi pelek multi palang ring 17 inci dibungkus ban Toyo Proxes berprofil tipis.

Wiih dijamin bikin segan Fortuner dan Pajero Sport nih!
Masuk ke area kabin, MU-X custom hadir dengan skema warna dominan hitam berpadu dengan trim dari material aluminium. Joknya lapis kulit warna hitam dengan pola jahitan ganda yang dibuat kontras dan bertekstur sporty.

Sementara dasbor terlihat penuh dengan suguhan layar infotainment sentuh berukuran 8 inci yang menawarkan opsi mirroring.
Isuzu MU-X di Thailand dijual dalam dua varian mesin, keduanya bertenaga diesel.



Versi terendah bermesin RZ4E-TC berkapasitas 1.900cc dengan tenaga daya maksimum 150 dk dan torsi puncak 350 Nm. Semantara versi lebih kuat ialah unit 4JJ1-TCX berkapasitas 3.000cc yang memuntahkan 177 dk dan torsi 380 Nm.

Suzuki Katana Dalam Tampilan Off-Road



Otomotif -  ini milik Leon yang digarap di bengkel sendiri.
Aslinya, Katana ini milik ayahnya yang diberikan ke Leon.
"Dari dulu memang seneng main off-road kan, pas kebeneran dapat mobil ini ya langsung aja saya modif," ujar Leon yang masih berusia 21 tahun.
Untuk mendapatkan ground clearance tinggi, anting milik Toyota Land Cruiser FJ40 dipakainya.


"Itu ganti anting. Ya kira-kira naik 15 cm, sekitar segitu. Lupa saya," tukas Leon.
Untuk pelek menggunakan MB Motoring ring 17 inci dibalut ban M/T lansiran Maxxis tipe Bighorn 764.
Selain itu untuk menunjang style off-road yang diusungnya, ada pernik-pernik lain yang dipakainya.
Seperti liftjack yang dipasang di sisi kiri bodi.

Saturday, 23 March 2019

Unik, Honda Merilis Motor Listrik Untuk Angkut Barang



Otomotif - Honda kembali mengenalkan kendaraan listrik untuk pengiriman barang. Scooter Elektrik Benly yang sebelumnya berkapasitas mesin 110 cc kini sudah disetrum tenaga listrik dalam ajang Tokyo Motorcycle Show 2019.

Mengutip electrek, Sabtu (23/03/2019) motor ini didukung oleh baterai yang juga digunakan Honda dalam skuter maxi PCX Electric. Sistem pengisian baterai juga dirancang untuk dapat ditukar atau model swap. 

Bila mengusung baterai yang sama maka seperti yang pernah diungkap pada pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) tahun lalu, Honda memperlihatkan motor konsep berbasis PCX. 

Motor itu disebut PCX Electric. Mengutip laman resmi HondaPCX Electric dibekali baterai lithium ion berkapasitas 20.8Ahx2. 

BACA JUGA : Adu Kecepatan Racer Day Honda CBR Dan RC213V-S Di Sentul

Dengan baterai tersebut, jarak tempuh PCX Electric mencapai 41 km dengan kecepatan konstan 60 km/jam. Tenaga yang bisa dihasilkan baterai tersebut diklaim sekitar 0,98 kW.

Pada kesempatan tersebut, Honda juga mengenalkan CRF berbasis tenaga listrik, yang memiliki nama CR Electric. Namun sayangnya, baik untuk CR Electric atau Scooter Electric Benly belum terungkap spesifikasi lebih lanjut. 

Kendati demikian pabrikan asal Jepang ini memang berkomitmen untuk membawa kedua model tersebut ke jalur produksi dan bahkan telah menyebut model sebagai prototipe alih-alih konsep. Wah lumayan nih detikers bagi yang memiliki usaha antar barang. 

Biaya bahan bakar bisa ditekan karena tak motor tak lagi menggunakan bensin melainkan bisa dicas.

Ertiga Sport Di Gosipkan Rilis Untuk Menggantikan Dreza, Begini Penjelasannya



Otomotif - Sebelum kehadiran Suzuki Ertiga Sport, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sempat memasarkan Ertiga versi Dreza yang lebih Luxury. Mobil lebih mahal sekitar Rp 20 jutaan dibanding varian biasanya (pada awal peluncurannya).

Namun pada pertengahan tahun lalu tepatnya sejak All New Ertiga diluncurkan, varian Dreza diberhentikan pemasarannya. Hingga sampai saat ini, munculah Ertiga varian Sport yang menduduki sebagai model paling mahal dari mobil keluarga Suzuki di Indonesia tersebut (perbedaannya sekitar Rp 11 juta).

Dengan melihat hal itu, apakah alasan hadirnya Suzuki Ertiga Sport yang menggantikan varian Dreza karena harganya terlalu mahal? Direktur Pemasaran 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Donny Saputra menjawabnya.

BACA JUGA : Dengan Harga Yang Terjangkau Ertiga Sport, Suzuki Berharap Bisa Mendongkrak Pasar Otomotif

"Memang, sejak kita kenalkan All New Ertiga tahun lalu varian Dreza sudah tidak kita jual lagi. Alasannya, karena pengembangan produk kan kita sesuaikan dengan kebutuhan dan permintaan konsumen sehingga diharapkan bila meluncurkan produk, itu bisa diterima masyarakat. Kita pun melihat trennya bagaimana," kata dia di peluncuran Suzuki Ertiga Sport di Kota Kasablanka, Jakarta.


"Tidak, Suzuki Sport ini hadir bukan karena ingin menggantikan varian Dreza. Karena segmentasinya berbeda. Dreza itu lebih ke luxurious sedangkan Ertiga Sport lebih mengarah pada keluarga muda yang ingin tampil stylish dan berjiwa sporty. Banderolannya pun berbeda," lanjut Donny.

Dari segi umur, kata Donny lagi, Suzuki Ertiga Sport lebih menyasar ke pasar lebih besar dibanding Ertiga Dreza. Yakni, usia 25-35 tahun.

"Dari segi demografis, usia 25 sampai 35 tahun itu besar dan mereka membutuhkannya mobil Low MPV bukan city car. Mereka juga membutuhkan produk yang berbeda, bukan hanya standar saja. Sehingga kita memutuskan untuk menghadirkan Suzuki Ertiga Sport. Sedangkan Dreza, menyasar kepada orang yang ingin tampil luxury yang sekarang sudah tergantikan oleh Ertiga varian teratas (GX)," paparnya.

"Dahulu, dua sampai tiga tahun segmen Dreza tinggi. Namun sekarang ada perubahan. Maka prioritas kita adalah lebih ke Suzuki Sport," kata Donny lagi.

Suzuki Ertiga Sport juga diharapkan mampu meningkatkan angka penjualan Eriga sebesar 20 persen, sama dengan awal kehadiran Ertiga varian Dreza saat pertama kali diperkenalkan. Dalam angka, berarti berkisar di 600 unit tiap bulannya (Dari 3.000 unit/bulan).

Begini Komentar Honda Soal Terganggunya Penjualan CR-V Oleh Wulling Almaz



Otomotif - Wuling Almaz memang saat ini langsung menjadi salah satu mobil baru yang kian diminati oleh para konsumen. Bahkan, jika mendasarkan atas data wholesales (distribusi pabrik ke diler) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), teatnya pada Februari 2019 Wuling sudah mengapalkan Wuling Almaz sebanyak 586 unit.
Sementara itu, di sisi lain agaknya ada model buatan lain yang merasa sedikit terganggu. Salah satunya yaitu Honda CR-V 1.5 Turbo yang mana baru terdistribusi 454 unit. Terkait dengan itu, Direktur Pemasaran dan Purnajual PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy sendiri pun mengatakan bahwa secara wholesales jelas perusahaan menyeimbangkan kondisi, tetapi retailnya bisa dilihat, CR-V 1.5 Turbo menyentuh 1.000-an unit.
“Secara total Januari-Februari 2019 sekitar 3.000-an unit. Itu kan yang dihitung wholesales, coba kalau retailsales,” kata Jonfis di acara media test drive Brio di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat pada Rabu (20/3/2019).
Selain itu, Jonfis sendiri juga turut menjelaskan bahwa kehadiran SUV “murah” ini bukan sebagai ancaman buat Honda. Bukan tanpa alasan mengingat tidak melulu mobil yang punya dibanderol kompetitif bisa langsung diterima oleh konsumen.
“Konsumen juga mempertimbangkan banyak hal, harga jual kembali, hingga fitur dan lain sebagainya,” ucap Jonfis.
Tak hanya itu, belum lagi bahwa sampai detik ini masih belum pernah ada konsumen Honda yang langsung membandingkan CR-V dengan merek otomotif asal China itu. Pasalnya, jelas secara karakter pembeli juga berbeda, sehingga tidak akan bermasalah meskipun banyak pendatang baru.
“Kalau pembeli kami sudah jelas mereka tidak hanya memikirkan harga saja, tetapi fitur hingga harga jual kembalinya lagi seperti apa,” ucap Jonfis.
Di sisi lain, branding Honda dengan Wuling agaknya juga terlalu jauh dari segi pasar. Mengingat, Honda sudah lebih dulu memasuki pasar mobil yang sampai detik ini masih memiliki pangsa pasar yang cukup kuat dan luas.