Tuesday, 14 May 2019
Monday, 13 May 2019
JANGAN PERNAH TARIK REM TANGAN SAAT PARKIR PARALEL
Kejadian tak menyenangkan ini saya alami kemarin sore di DMALL.
Jam 16.30 sore saya parkirkan kendaraan saya di basement. Niat saya mau jemput anak yang sedang ujian tari. 15 menit kemudian saya turun, saya kaget karena ada mobil biru yang di rem tangan dan menghalagi mobil saya keluar. Lebih kaget lagi, karena ada seorang bapak yang marah-marah karena mobilnya juga terhalang.😞😞
Petugas parkir kalang kabut. Beliau lalu naik ke lantai satu, dengan menggunakan CarCall mencoba menghubungi yang punya kendaraan. Tapi 15 menit berlalu, pemilik kendaraan tak juga muncul. Saya gelisah luarbiasa, karena ada 2 agenda penting saya hari itu: undangan buka puasa bersama keluarga besar dan meeting di Tangerang. Jika pemilik mobil ini tak juga turun secepatnya, bisa dipastikan saya batal dengan 2 agenda saya ini. Padahal ada rejeki yang ingin saya raih dari meeting itu.
Bapak yang marah-marah tadi, sudah menunggu lama rupanya. Marah dengan kondisi ini, akhirnya dia meminta anak dan istrinya untuk iklhas dan membatalkan acara buka puasa bersama keluarganya dan memilih buka puasa di DMALL. 😔😔😔
Pada akhirnya petugas parkir punya akal, dengan kardus di lapis plastik dan dijadikan bantalan/alas ke 4 rodanya, mobil Biru pun bisa di dorong mundur, bergeser sedikit demi sedikit. Alhamdulillah, ada celah buat mobil saya untu keluar.
Ini bulan baik, tak baik juga untuk mencaci si pemilik kendaraan atas kesalahaannya ini. Saya hanya berharap si Pemilik kendaraan Biru sadar betapa pentingnya paham aturan jika parkir kendaraan. Agar kejadian ini tak terulang lagi di kemudian hari. Dan kita semua bisa ambil hikmah dari kejadian ini, hargailah waktu orang lain.
Catatan:
Mobil saya adalah warna putih, samping kanannya adalah tiang beton. Samping kirinya ada mobil hitam toyota fortuner (dalam foto ini sayang tak terlihat) Anak saya pakai baju warna pink sudah pasrah 🤣
Sumber:FB Harry Papana Irfan
Jam 16.30 sore saya parkirkan kendaraan saya di basement. Niat saya mau jemput anak yang sedang ujian tari. 15 menit kemudian saya turun, saya kaget karena ada mobil biru yang di rem tangan dan menghalagi mobil saya keluar. Lebih kaget lagi, karena ada seorang bapak yang marah-marah karena mobilnya juga terhalang.😞😞
Petugas parkir kalang kabut. Beliau lalu naik ke lantai satu, dengan menggunakan CarCall mencoba menghubungi yang punya kendaraan. Tapi 15 menit berlalu, pemilik kendaraan tak juga muncul. Saya gelisah luarbiasa, karena ada 2 agenda penting saya hari itu: undangan buka puasa bersama keluarga besar dan meeting di Tangerang. Jika pemilik mobil ini tak juga turun secepatnya, bisa dipastikan saya batal dengan 2 agenda saya ini. Padahal ada rejeki yang ingin saya raih dari meeting itu.
Bapak yang marah-marah tadi, sudah menunggu lama rupanya. Marah dengan kondisi ini, akhirnya dia meminta anak dan istrinya untuk iklhas dan membatalkan acara buka puasa bersama keluarganya dan memilih buka puasa di DMALL. 😔😔😔
Pada akhirnya petugas parkir punya akal, dengan kardus di lapis plastik dan dijadikan bantalan/alas ke 4 rodanya, mobil Biru pun bisa di dorong mundur, bergeser sedikit demi sedikit. Alhamdulillah, ada celah buat mobil saya untu keluar.
Ini bulan baik, tak baik juga untuk mencaci si pemilik kendaraan atas kesalahaannya ini. Saya hanya berharap si Pemilik kendaraan Biru sadar betapa pentingnya paham aturan jika parkir kendaraan. Agar kejadian ini tak terulang lagi di kemudian hari. Dan kita semua bisa ambil hikmah dari kejadian ini, hargailah waktu orang lain.
Catatan:
Mobil saya adalah warna putih, samping kanannya adalah tiang beton. Samping kirinya ada mobil hitam toyota fortuner (dalam foto ini sayang tak terlihat) Anak saya pakai baju warna pink sudah pasrah 🤣
Sumber:FB Harry Papana Irfan
Sunday, 12 May 2019
#Adab_Safar_Dan_Mudik_Part_II
Insya Allah cucu akan melanjutkan tulisan ini, semoga bisa menjadi bekal mudik ke kampung halaman masing-masing.
Untuk Part I silahkan klik link:
https://m.facebook.com/groups/100556436766949?view=permalink&id=1468123093343603
Pada part I cucu menyebutkan bahwa salah satu adab safar adalah niat yang baik / niat yang shalih.
Ada hal yang sangat luar biasa dalam masalah ini, di mana Nabi صلى الله عليه وسلم menyampaikan bahwa jika seseorang terbiasa melakukan amal shalih, lalu ia terhalang untuk melakukannya karena safar atau sakit, maka pahala amalan tersebut akan terus memgalir meskipun kita terhalang untuk melaksanakan amalan tersebut.
Mbah.....
Idul Fitri sekitar 22 hari lagi atau mudik kita masih belum saatnya, mulai dari sekarang coba kita laksanakan dan rutinkan amalan-amalan yang ringan, biasakan dzikir pagi petang, shalat dhuha, baca al-qur'an dll nah jika sudah terbiasa maka saat kita safar lalu terhalang maka pahala tetap mengalir, tentu sehabis safar kita tetap melanjutkan amalan tersebut sebab amalan yang paling dicintai Allah adalah yang rutin meskipun sedikit.
Adab yang ke-2
Jangan lakukan safar untuk kemaksiatan..
Memang ada? Ada atuh dan banyak
Mana buktinya?
Gini mbah....manusia itu ada dua kelompok secara umum, ada yang ingin ke surga ada yang ingin ke neraka, ada yang menempuh ketaatan ada yang menempuh kemaksiatan.
Jika kita tidak sibuk dengan ketaatan maka tentu kita akan disibukan dengan kemaksiatan, minimal dengan kesia-sian.
Kenapa sih harus hati-hati dalam adab ke-2 ini?
Mbah, safar atau mudik itu melelahkan, menguras tenaga, harta dan waktu dan pengorbanan lainnya.
Maka sungguh sangat merugi jika kita telah berkorban harta, tenaga, pikiran waktu untuk safar dan mudik, namun justu berujung kebinasaan.
Selamat melaksanakan ibadah ramadhan dan selamat mempersiapkan mudik buat para mbah yang melaksanakannya
Ket Photo:
Saat touring ketemu sesama komunitas, kenalan, kopdar dadakan, kasih hadiah.
Apalagi klo ketemu dengan para mbah member motuba buanyak sekali saudaranya Masya Allah, bisa penuh si kibar dengan kopi dll 😊😊😊😊😊
Yamaha F-MAX 125
MOTOR Plus-online.com - Yamaha NMAX masih jadi impian bagi sebagian penggemar motor matic.
Namun banyak yang terkendala dengan harganya yang masih tinggi.
Versi yang Non ABS saja masih Rp 28 jutaan, apalagi yang ABS harganya mencapai Rp 31 jutaan.
Yamaha NMAX secara ukuran bodi juga masih lumayan gambot cukup merepotkan bagi yang mau motor enteng.
Memang sih muncul Yamaha Lexi yang masih dalam satu keluarga MAXI Yamaha.
Namun bagi sebagian orang Yamaha Lexi dianggap tanggung.
Nah, ada pilihan menarik nih Yamaha FMAX. Hah?
Apakah motor baru dari Yamaha yang meluncur jelang lebaran ini?
Seperti yang dikenalkan Rully Mukhtar Lubis di grup FB Yamaha NMAX Indonesia.
Dia memamerkan foto motor matic Yamaha yang bikin kaget.
Banyak yang mengira ini Yamaha NMAX 2019 yang sedang ditunggu banyak orang.
Namun setelah diamati lebih jauh ini seperti Yamaha FreeGo modifikasi.
"FreeGO dimodif pake part Lexy," jelas Rully.
Yamaha FreeGo yang tidak lain adiknya Yamaha NMAX yang meluncur setelah NMAX.
Ketika ditanya oleh netizen lain, itu Yamaha FreeGo pakai windsield apa?
"Wah kurang tau , kayaknya punya Lexy tapi variasi," jelas Rully.
Yang bikin pangling memang dari part penahan angin ini.
Ukurannya yang gambot mengubah banyak tampilan sehingga bikin pangling.
Perubahan lain yaitu sepatbor depan juga sudah lebih gede mengikuti kaki yang sudah besar juga.
Didukung dengan kaki-kaki yang lebih gede sehingga terlihat makin kekar.
Pelek masih pakai standar tapi ban aplikasi lebih lebar.
Termasuk cakram depan juga pakai lebih lebar dari aslinya.
Kalau melihat di area cakram ini Yamaha FreeGo ini yang versi ABS.
Hal menarik lain juga terlihat dari joknya, sudah dilakukan custom sehingga terlihat lebih gambot.
Bisa dicek dari adanya jahitan di bagian depan.
Makin terlihat kekar dan futuristik karena aplikasi knalpot yang beda.
Itu knalpot apa ya?
"Kayaknya knalpot Byson," jelas Rully yang anggota grup Yamaha NMAX Indonesia itu.
Ini cukup menarik dijadikan referensi, karena bisa dikatakan buget murah.
Harga Yamaha FreeGO ini di bawah Lexi.
Karena hasil modif dari FreeGO mengejar tapilan MAXI Yamaha maka bisa dikasih nama Yamaha FMAX.
#Adab_Safar_dan_mudik_Part_I
Bismillah....
Alhamdulillah sudah 5 hari ramadhan kita lalui, dan di jalanpun mulai rame dengan hilir mudik kendaraan bermotor.
Kata-kata mudikpun mulai sering bermunculan termasuk di group motuba ini, bahkan cucu Alhamdulillah sudah masuk di group WA motuba khusus mudik, dengan Nama Mudikers, terima kasih banyak kepada admin yang telah membuat group tersebut.
Di group motuba dan group wa mudikers banyak ilmu yang didapat terutama dalam masalah apa saja persiapan teknis mudik, perawatan kendaraannya sampai waktu dan jalur mudik yang tepat ada di situ.
Izinkan cucu membahas sisi lainnya dari mudik ini, pembahasan Adab-adab safarnya, adab-adab mudiknya sehingga mudik penuh makna dunia dan akheratnya dapat....dunia hasanah akherat hasanah sesuai dengan do'a sapu jangat yang kita kenal.
Kita mulai ya mbah....
Adab pertama adalah: Niat yang shalih, niat beribadah dalam bersafar atau mudik ini.
Apapun perbuatan yang dilakukan oleh seseorang pastilah ada unsur niat di dalamnya, ada motivasi dan pendorongnya.
Sama dengan safar dan mudik haruslah niatnya shalih.
Apa sih pentingnya niat?
Penting banget mbah, kita dapat pahala karena niat dan kitapun luput dari pahala karena niat pula.
Cucu kasih contoh: Ada orang yang menjauhi zina dikarenakan takut terkena HIV misalnya, maka ia tidak mendapatkan pahala, namun jika ia meninggalkan zina karena takut sama Allah, karena dorongan patuh akan larangan Allah maka ia mendapat pahala.
Nah, perbuatannya sama "namun hasilnya beda".
Lalu niat mudiknya bagaimana? Sudah sedikit cucu bahas pada tulisan sebelumnya "mudik dan terkabulnya do'a", namun kita bisa memanage hati kita untuk meniatkan safar mudik tahun ini...
Niatkanlah untuk silaturahmi, niatkanlah untuk mengunjugi orang tua dan karib kerabat teman sejawat, niatkanlah untuk memberikan hadiah pada orang kampung, niatkanlah untuk memberikan kebahagian kepada orang di kampung.....jika ini niat kita maka mudik safar tidak akan sia-sia.
Biaya bernilai sedekah, kelelahan penghapus dosa, capek berbuah pahala.....
Jadi sebelum safar mudik persiapkan niat shalih dari sekarang....
Tasikmalaya, 5 Ramadhan 1440 H
Sepulang safar dari luar kota
Photo motuba cucu saat safar dan pulang lagi
Alhamdulillah sudah 5 hari ramadhan kita lalui, dan di jalanpun mulai rame dengan hilir mudik kendaraan bermotor.
Kata-kata mudikpun mulai sering bermunculan termasuk di group motuba ini, bahkan cucu Alhamdulillah sudah masuk di group WA motuba khusus mudik, dengan Nama Mudikers, terima kasih banyak kepada admin yang telah membuat group tersebut.
Di group motuba dan group wa mudikers banyak ilmu yang didapat terutama dalam masalah apa saja persiapan teknis mudik, perawatan kendaraannya sampai waktu dan jalur mudik yang tepat ada di situ.
Izinkan cucu membahas sisi lainnya dari mudik ini, pembahasan Adab-adab safarnya, adab-adab mudiknya sehingga mudik penuh makna dunia dan akheratnya dapat....dunia hasanah akherat hasanah sesuai dengan do'a sapu jangat yang kita kenal.
Kita mulai ya mbah....
Adab pertama adalah: Niat yang shalih, niat beribadah dalam bersafar atau mudik ini.
Apapun perbuatan yang dilakukan oleh seseorang pastilah ada unsur niat di dalamnya, ada motivasi dan pendorongnya.
Sama dengan safar dan mudik haruslah niatnya shalih.
Apa sih pentingnya niat?
Penting banget mbah, kita dapat pahala karena niat dan kitapun luput dari pahala karena niat pula.
Cucu kasih contoh: Ada orang yang menjauhi zina dikarenakan takut terkena HIV misalnya, maka ia tidak mendapatkan pahala, namun jika ia meninggalkan zina karena takut sama Allah, karena dorongan patuh akan larangan Allah maka ia mendapat pahala.
Nah, perbuatannya sama "namun hasilnya beda".
Lalu niat mudiknya bagaimana? Sudah sedikit cucu bahas pada tulisan sebelumnya "mudik dan terkabulnya do'a", namun kita bisa memanage hati kita untuk meniatkan safar mudik tahun ini...
Niatkanlah untuk silaturahmi, niatkanlah untuk mengunjugi orang tua dan karib kerabat teman sejawat, niatkanlah untuk memberikan hadiah pada orang kampung, niatkanlah untuk memberikan kebahagian kepada orang di kampung.....jika ini niat kita maka mudik safar tidak akan sia-sia.
Biaya bernilai sedekah, kelelahan penghapus dosa, capek berbuah pahala.....
Jadi sebelum safar mudik persiapkan niat shalih dari sekarang....
Tasikmalaya, 5 Ramadhan 1440 H
Sepulang safar dari luar kota
Photo motuba cucu saat safar dan pulang lagi
Tol BORR Akan Diperpanjang, Salabenda-IPB Tersambung
Windiyati Retno Sumardiyani Jumat, 25 Jan 2019, 13:33
Tol BORR/DOK PR
BOGOR,(PR).- Tol lingkar luar Bogor (BORR) direncanakan akan dibangun hingga ke Jalan Dramaga, tepatnya di kawasan Institut Pertanian Bogor. Rencana tersebut sedang dikaji oleh pemerintah pusat.
Direktur PT Marga Sarana Jabar Hendro Atmojo mengatakan, setelah pembangunan tol BORR rampung hingga ke Salabenda, pemerintah pusat selanjutnya akan membangun jalur tol sepanjang 7 kilometer dari Salabenda hingga jalan Dramaga, Kota Bogor.
“Kami dapat penugasan baru, ada usulan dari Kementerian PUPR dan IPB, nantinya jalur Tol BORR akan dilanjutkan kembali ke Dramaga. Sebenarnya tol BORR finish-nya di Salabenda dengan panjang 13 kilometer. Nanti dari Salabenda, rencana lokasi pembangunannya sebelah kiri jembatan timbang, ” ujar Hendro Atmojo, Jumat 25 Januari 2019.
Hendro mengatakan, pembangunan jalur tol Salabenda-IPB tersebut masih melalui kajian. Tantangan terberat pembangunan tol tersebut salah satunya harus membangun tol di atas Sungai Cisadane. Pembangunan tol di atas sungai, menurut Hendro membutuhkan biaya yang berlipat-lipat dibandingkan dengan pembangunan di atas tanah.
“Ini berat karena harus melewati Cisadane, nanti kontruksinya sedang kami kaji, kalau bisa tetap di atas tanah ya. Kajiannya belum selesai, ya paling dekat dan paling efisien itu yang kita pilih. Intinya jangan sampai melewati Cisadane dua kali,” kata Hendro.
Tujuan pembangunan tol Salabenda-Dramaga, kata Hendro salah satunya mendukung pemekaran Kabupaten Bogor Barat, dan Bogor Timur. Selain itu, pembangunan tol tersebut juga diharapkan dapat mengurangi kemacetan yang ada di jalur Dramaga.
“Selama ini jalur Dramaga memang sering dikeluhkan karena macet. Nantinya jika kajiannya selesai, kemungkinan tol Salabenda-Dramaga akan segera dibangun, pada 2020. Tetapi kita bangun dulu tol BORR tahap III B. Yol ini juga usulan dari Pemkab Bogor, untuk mendorong pemekaran, kita sendiri belum tahu sampai sejauh mana tahap pemekaran itu,” ucap Hendro.
Menurut Hendro, nantinya jalur Salabenda akan menjadi kawasan yang berkembang. Pasalnya, kawasan tersebut akan dilintasi empat arah jalur tol yakni arah Parung-Antasari-Sentul- Karawang. Sementara jalur tol Dramaga, akan menyambung pada tol Bocimi.
“Nanti benar-benar ada tol JORR (Jakarta Outer Ring Road) 3, karena rencanannya ada pembangunan juga dari Salabenda ke Parung, dari Sentul Barat ke arah Karawang,” kata Hendro.
Rektor Institut Pertanian Bogor Arif Satria mengapresiasi langkah pemerintah pusat yang berencana membangun jalur tol ke arah IPB. Menurut Arif, sejauh ini pertumbuhan di daerah Dramaga memang luar biasa besar. Oleh karena itu, pemerintah mau tidak mau harus melengkapi infrastruktur yang memadai.
“Kami berharap kampus IPB bisa lebih terbuka, bisa memiliki akses jalan yang lancar, salah satunya melalui tol. IPB juga memiliki berbagai jaringan dari pihak luar, jika tol tersebut ada, maka akses menjadi mudah. Kalau sekarang kan kita terkenal dengan kemacetan, dan itu sangat menganggu sekali,” ujar Arif.
Jika tol tersebut terealisasi, Arif optimistis, pertumbuhan ekonomi di wilayah Bogor Barat seperti di Cibanteng, Ciampea, dan Leuwiliang bisa semakin meningkat. Terkait kajian sendiri, IPB juga turut serta dalam perancangan jalur mana yang bisa dilalui tol tersebut . IPB, menurut Arif, juga masih menunggu kajian dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).
“Kami berharap secepatnya bisa segera direalisasikan, karena sejauh ini memang aktifitas di kawasan ini banyak terhambat karena kemacetan yang luar biasa,” kata Arif.***
Saturday, 11 May 2019
Autocross
Kenapa ya Mbah mobil pickup nggak dipakai balapan lagi. Kan seru nih kayak ajang Autocross di Wonogiri.
Kalau versi modern mungkin ada Carry/Mega Carry, Gran Max, L300, Hilux, Isuzu Traga, Tata Xenon/Ace.
Kalo dibuatkan event dengan calendar minim 2 tahun, pasti rame kok, dan lokasi gak terlalu jauh.
Karena balapan model gini kan bisa minim budget (paling tidak untuk start awal).
Yang penting rela bodi ancur.
Kenapa jaman now...acara Kayak dulu Gini GA Ada ya...apa udah GA Ada sponsor ya...Dan kurang peminat ya mbah..😅
Kalau versi modern mungkin ada Carry/Mega Carry, Gran Max, L300, Hilux, Isuzu Traga, Tata Xenon/Ace.
Kalo dibuatkan event dengan calendar minim 2 tahun, pasti rame kok, dan lokasi gak terlalu jauh.
Karena balapan model gini kan bisa minim budget (paling tidak untuk start awal).
Yang penting rela bodi ancur.
Kenapa jaman now...acara Kayak dulu Gini GA Ada ya...apa udah GA Ada sponsor ya...Dan kurang peminat ya mbah..😅
ABW 12 Mei 2019
Hari ini di tahun 1996, perjalanan bersama itu kita mulai. Berawal saat sama-sama di kampus UGM dimulai. Fery kuliah di Fakultas Psikologi dan saya di Fakultas Ekonomi.
Dari hanya berdua di Yogyakarta, hingga kini Allah karunia amanah empat anak, yang InsyaAllah akan terus jadi pengantar kebahagiaan. Sebuah perjalanan bersama penuh kenangan penumbuhkuat cinta kasih.
Terima kasih Fery Farhati yang telah selalu bersama dalam melewati perjalanan hidup berliku, menjalani rute yang tak selalu bisa terduga dan terus menjadi penopang dan pendamping penuh rasa sayang.
Semoga berjalanan hidup bersama ini menjadi perjalanan penuh barokah.
Selamat Milad Pernikahan....
Happy Anniversary....
#ABW
Dari hanya berdua di Yogyakarta, hingga kini Allah karunia amanah empat anak, yang InsyaAllah akan terus jadi pengantar kebahagiaan. Sebuah perjalanan bersama penuh kenangan penumbuhkuat cinta kasih.
Terima kasih Fery Farhati yang telah selalu bersama dalam melewati perjalanan hidup berliku, menjalani rute yang tak selalu bisa terduga dan terus menjadi penopang dan pendamping penuh rasa sayang.
Semoga berjalanan hidup bersama ini menjadi perjalanan penuh barokah.
Selamat Milad Pernikahan....
Happy Anniversary....
#ABW
Menghindari Begal
Karena gejil kesel dari lampung selalu identik dengan begal, berikut ane share cara cara agar aman saat berkendara saat malam hari, khusus nya pengguna sepeda motor,,.
1,tidak menggunakan helm
Hal ini bertujuan agar sang pelaku mengira bahwa si korban merupakan warga sekitar atau rumah nya tidak jauh dari lokasi, dan hal tersebut menjadi perhitungan tersendiri bagi pelaku. (note : cara ini aman dari begal tapi tidak dengan pakpol)
2,membunyikan klakson pada tempat tempat yang rawan begal (tempat sepi) hal tersebut agar pelaku mengira bahwa orang yg lewat adalah teman, kerabat atau saudara nya yg sedang lewat,, kan gak lucu klo pas lgi begal ternyata bapak nya sendiri yang di begal,,.
3,menyalakan lampu sen
Hal itu bertujuan agar pelaku mengira bahwa rumah korban sudah dekat atau ingin mampir ke tempat seseorang di wilayah itu, dan mereka akan menghargai orang orang yang kenal dan biasa berada di wilayah itu atau hanya sekedar mampir,,
4,gaspol
Ini cara paling ekstrem tapi bisa berbuah dengan keberhasilan, saat para begal menghadang, pacu motor dengan kecepatan penuh, mereka akan takut dan mengira korban akan menabrakan diri ke pelaku, saat hal itu terjadi cari celah dan pacu motor secepat yg kita bisa,, (note: pastikan rem anda tidak blong)
5,fast and furious
Karna modus kejahatan begal semakin berkembang kebanyakan dari mereka tidak lagi menunggu dan menghadang korban nya tapi juga mengejar dan menutupi jalan agar laju motor korban terhenti, yang harus di lakukan korban adalah menaikan skill berkendara nya 100% gaspol seakan akan kita sedang berada di sirkuit motogp jika korban beruntung dan benar benar mampu mengendalikan motor maka akan berhasil lolos dan bebas
BANDAR LAMPUNG
11 MEI 2019
Source:salah satu grup fb
Btw gejil org lampung timur mbah
1,tidak menggunakan helm
Hal ini bertujuan agar sang pelaku mengira bahwa si korban merupakan warga sekitar atau rumah nya tidak jauh dari lokasi, dan hal tersebut menjadi perhitungan tersendiri bagi pelaku. (note : cara ini aman dari begal tapi tidak dengan pakpol)
2,membunyikan klakson pada tempat tempat yang rawan begal (tempat sepi) hal tersebut agar pelaku mengira bahwa orang yg lewat adalah teman, kerabat atau saudara nya yg sedang lewat,, kan gak lucu klo pas lgi begal ternyata bapak nya sendiri yang di begal,,.
3,menyalakan lampu sen
Hal itu bertujuan agar pelaku mengira bahwa rumah korban sudah dekat atau ingin mampir ke tempat seseorang di wilayah itu, dan mereka akan menghargai orang orang yang kenal dan biasa berada di wilayah itu atau hanya sekedar mampir,,
4,gaspol
Ini cara paling ekstrem tapi bisa berbuah dengan keberhasilan, saat para begal menghadang, pacu motor dengan kecepatan penuh, mereka akan takut dan mengira korban akan menabrakan diri ke pelaku, saat hal itu terjadi cari celah dan pacu motor secepat yg kita bisa,, (note: pastikan rem anda tidak blong)
5,fast and furious
Karna modus kejahatan begal semakin berkembang kebanyakan dari mereka tidak lagi menunggu dan menghadang korban nya tapi juga mengejar dan menutupi jalan agar laju motor korban terhenti, yang harus di lakukan korban adalah menaikan skill berkendara nya 100% gaspol seakan akan kita sedang berada di sirkuit motogp jika korban beruntung dan benar benar mampu mengendalikan motor maka akan berhasil lolos dan bebas
BANDAR LAMPUNG
11 MEI 2019
Source:salah satu grup fb
Btw gejil org lampung timur mbah
Jalan2 Ngabuburit
Mbah mw cerita mbah sambil ngabuburit
Miris mbah gejil sering kesini dari tahun ke tahun tetep aja jalannya ancur gejil kesini kadang pake mobil kalo lagi rame rame terkadang sendirian kadang juga kemaleman di hutan hutan model gini foto foto ini di ambil dari temen dan google dari tahun ke tahun jalannya bayangin deh mbah pengalaman yg saya alami ini daerah cianjur selatan cimaskara , cibinong cianjur selatan , saya ga pernah berani abadikan momen mau siang mau malem karena gejil fokus berkendara gejil berani foto di curug citambur saja selebih nya up hihi ntar di komen deh fotonya
Pengalaman pertama saya kesana mbah sampe kemarin kemarin terakhir kesana penuh dengan banyak pengalaman .. dari mistik berbau horor sampe ke pengalaman bahagia lah pokonya ..
Nih gejil ceritain waktu pertama punya pengalaman hororr gejil berangkat pagi dari bandung mbah akibat ga tau jalan dan ga ada orang yg bisa di tanyain sinyal juga ga ada deh mau kartu apapun udah gejil coba gejil tujuan ke desa mekar wangi dan di tengah perjalanan ga tau lupa lagi daerah nya gejil nemu warung di tengah hutan gitu lah ada juga truk yg sedang istirahat juga itu sekitar jam 1 siang nah otomatis gejil berenti karena ya tengah hutan ada warung bahagianya gitu bisa ngopi sembari menikmati alam , gejil langsung samperin warung itu dan bertanya "bu kopi 1 sama rokok garpit 1bungkus .. "
Udah nah si supir dan kernet serta bapa bapa yg di warung itu pada pangling ngeliat gejil .. otamis gejil bingung kenapa kan ?.. eh ga lama pas baru ngopi si bapa yg di warung itu nanya .. "aa dari mana ?, aa sendirian ?"
Gejil jawab "iya pak saya sendiri dari bandung pak lagi mau main ke temen di desa mekarwangi kira kira berapa lama lagi ya pa kalo dari sini ?"
Si bapa dan semua.yg ada di warung itu langsung melingkari saya dan bapa itu berkata "astagfirullah jangan berani berani sendiri kesana sekarang waktu udah jam siang kalo yg belum biasa itu sekitar 2 jam dan aa belum faham daerah sini pasti suka nyasar a .. , dan kalo udah lewat ashar itu bahaya bukan hanya binatang buas tapi dari mahluk tak kasat mata juga "
Gejil terpaku dan bingung jiwa gejil bingung antara balik atau lanjut .. dan gejil di situ ga pantang menyerah lah gejil bilang saya mau lanjut pa .. pulang juga jauh .. gejil langsung ngabisin kopi dan pamitan ke semua yg di warung .. pesan terakhir dari si bapa dan yg ada di warung jika melewati jalur itu harus inget jalan yg udah di lalui dan fokus meski banyak kiri kanan yg ganggu .. yowis gejil gas dari situ eh iya beneran gejil auto nyasar bensin habis dan untung nya gejil aga pinter di kali ini gejil bawa bensin di bagasi gejil pake aqua aqua sekitar 5 botol 1 literan bagasi gede karena gejil bawa motor astrea yg pake box .. jujur gejil selama perjalanan sama sekali ga nemu pedesaan atau suara adzan gejil sedikit takut juga saat gejil isi bensin itu soalnya kondisi udah jam 5 .. gejil buru buru cabut gas lagi .. jalan udah mulai gelap lampu gejil seadanya ya maklum astrea seterang terang nya wkwkwk , jujur gejil liat kiri kanan di sana jelas banget bukan jelas lagi tampak bukan halusinasi ky gitu lah gejil ngerasainnya sangat berbeda .. jujur gejil ga tau jalannya apa namanya hutan lah di sebut nya di jembatan pertama itu bener bener gelap sampe liat lampu depan pun ga nyorot jelas .. di sebelah kanan di sebelum jembatan ada 2 tuh jembatannya yg satu baru yg satu lama nah gejil ambil jalur kanan jembatan baru karena ya jembatan lama itu terliat jelas pake tali baja ngeri lah takut jatoh nah kalo yg baru ini baru beres cor coran bahkanplastik nya pun masih berserakan .. di penguhujung jembatan gejil liat ada bayangan hitam jelas sekali dan semakin gejil liat kaya genderowo gitu lah di situ gejil udah bca ayat ayat suci yg di hapal gejil dan sambil jalan ternyata bentuk itu makin menjadi makin jelas disitu gejil gas poll terus sambil fokus ke jalan karena jalan yg di lalui sangat jelek dan ga jauh dari situ sekitar 2 jam perjalanan kiri kanan sumpah bener bener mbah menguji mental saya .. dari mulai pocong kuntilanak merah sampe anak kecil yg lari larian jelas banget mbah jelas banget .. gejil bener bener kehabisan akal karena ya bawa motor astrea di jalan rusak melaju pun tak sanggup mbah sampe kerasa jari jari patah itu bunyinya .. yg paling ke inget sama gejil di.jalan itu ada satu yg paling bener bener gejil pengen teriak .. di belakang gejil kaya ada yg meluk dari rasanya dingin tiba tiba panas keringetan mbah itu kerasa pas udah lewat jembatan cuman baru ngeuh pas sampe tujuan sepanjang jalan mbah saya liat spion ada kaya pocong mukanya ancur banget darah nya kaya fresh gitu basah .. pas gejil nyampe daerah mekar wangi gejil langsung teriak teriak ga karuan soalnya udah ada rumah rumah warga gitu walau ga banyak .. gejil teriak tolongg tolonggg tolonggg .. ga lama ada yg keluar dan kaget melihat gejil gejil di suruh diem di tengah jalan posisi nanjak campur lumpur karena reflek gejil ngerem dan mundur lagi ke belakang .. pala gejil pusing ujung jempol kaki sampe ubun ubun itu rasanya.kesemutan mbah .. ga lama si bapa yg keluar dari rumah itu nyamperin dan bilang kamu masih kuat a .. saya tiba tiba ga bisa bicara dan kaku mbah .. disitu saya ngelepasin motor dan terjatuh si bapa nya bacain saya ayat ayat suci terus dan terus sampe mulut saya bisa bicara normal lagi .. gejil langsung di angkat ke rumah nya motor gejil pun di naikin ke rumah nya oleh si bapa nya pas di dalem itu sy di suruh istirahat dan sambil di ceritain .. maksud kamu apa kesini a .. sampe yg nempel itu banyak banget dari mulai anak kecil di spakbor depan pocong di belakang di atas box ada kunti pokoknya bener bner banyak kata saya bilang mau ke temen di daerah sini pa soalnya sy tau ini mekarwangi itu lihat ada batas patoknya di kiri ada tulisan mekarwangi 0 , oh iya iya toh aa alhamdulillah masih bisa kesini dengan selamat sehat walafiat dulu sering kejadian orang msti engga wajar waktu lagi jalan kesini entag itu naik motor atau naik mobil di jalur jalur yg saya laluin itu ternyata jembatan khusus untuk ngebuang mayat mayat pembunuhan dulu nya yg di tembak tembak dari kota gitu katanya .. saya langsung menanyalan alamat temen saya dan ternyata ga jauh sekitar setjam lagi dari rumah si bapak itu namun saya di wanti wanti jangan sekarang pergi nya besok aja pagi .. yaudah saya pun bergegas istirahat .. dan selama perjalanan ini gejil ga ngeuh sama hp karena hp di taro di tas .. , besoknya gejil bangun dan ternyata gejil bener bener ga percaya gejil bener bener pengen nangis ga kuat saking takut nya sampe pipis di celana .. pas bangun gejil itu ada di atas kuburan yg sudah lama banget yg patok nya itu masih pake batu dan kaya di tulis tangan gitu gejil disitu lari terbirit birit nyari motor gejil , gejil ga ngeuh itu kuburan orang jelas ada bapa bapa yg nolongin terus ngasih tempat tidur emang sih di gubuk gitu jadi percaya ga percaya kayak ragu pertamanya namun ya gejil.gimana lagi mau.lanjut takut kayak tadi lagi .. gejil disitu berusaha gas terus sampe tujuan dan akhir nya sampe sekitar jam jam 8 pagi .. dan menanyakan perihal masalah malam itu dan si temen pun ketawa sambil bilang ga apa apa pengenalan bro .. anjir gejil ngerasa gendok mbah sampe ga nanya dulu beberapa jam ke temen gejil karena kesel lah kesel banget ..dan akhir nya pas adzan dzuhur itu baru baikan lagi karena mau ke mesjid bareng lagi gitu pas udah beres sholat lah si ustad yg jadi imah itu langsung suruh gejil duduk di pinggir nya bilang a .. maaf aa boleh sy doain yah .. ya otomatis boleh ustad memang nya kenapa tiba tiba leher gejil langsung di cubit dan berasa cubitan itu panas banget kaya kebakar ..
Disitu saking nahan.sakit gejil langsung pingsan ga inget apa apa .. gejil bangun tiba tiba udah ada di rumah temen dan kata temen gejil di ruqyah karena jin jin yg pas perjalanan gejil kesana itu pada suka namplokbdi orang yg baru kesini .. ga lama dari situ gejil balik memakai truk yg akan pergi ke kota cianjur punya nya temen gejil motor di naikin dan sampe kota cianjur gejil turunin langsung gas balik bandung .. selesai di bandung gejil disitu setiap kesana jadi udah terbiasa melihat itu namun ntah kenapa untuk seperti mengabadikan foto gejil masih belum berani
Mungkin segitu cerita gejil mbah soal jalur cianjur selatan terimakasih mbah yg udab mau membaca dari.awal sampe akhir hihi salam bekakas 🔩🔧🔧😊
Miris mbah gejil sering kesini dari tahun ke tahun tetep aja jalannya ancur gejil kesini kadang pake mobil kalo lagi rame rame terkadang sendirian kadang juga kemaleman di hutan hutan model gini foto foto ini di ambil dari temen dan google dari tahun ke tahun jalannya bayangin deh mbah pengalaman yg saya alami ini daerah cianjur selatan cimaskara , cibinong cianjur selatan , saya ga pernah berani abadikan momen mau siang mau malem karena gejil fokus berkendara gejil berani foto di curug citambur saja selebih nya up hihi ntar di komen deh fotonya
Pengalaman pertama saya kesana mbah sampe kemarin kemarin terakhir kesana penuh dengan banyak pengalaman .. dari mistik berbau horor sampe ke pengalaman bahagia lah pokonya ..
Nih gejil ceritain waktu pertama punya pengalaman hororr gejil berangkat pagi dari bandung mbah akibat ga tau jalan dan ga ada orang yg bisa di tanyain sinyal juga ga ada deh mau kartu apapun udah gejil coba gejil tujuan ke desa mekar wangi dan di tengah perjalanan ga tau lupa lagi daerah nya gejil nemu warung di tengah hutan gitu lah ada juga truk yg sedang istirahat juga itu sekitar jam 1 siang nah otomatis gejil berenti karena ya tengah hutan ada warung bahagianya gitu bisa ngopi sembari menikmati alam , gejil langsung samperin warung itu dan bertanya "bu kopi 1 sama rokok garpit 1bungkus .. "
Udah nah si supir dan kernet serta bapa bapa yg di warung itu pada pangling ngeliat gejil .. otamis gejil bingung kenapa kan ?.. eh ga lama pas baru ngopi si bapa yg di warung itu nanya .. "aa dari mana ?, aa sendirian ?"
Gejil jawab "iya pak saya sendiri dari bandung pak lagi mau main ke temen di desa mekarwangi kira kira berapa lama lagi ya pa kalo dari sini ?"
Si bapa dan semua.yg ada di warung itu langsung melingkari saya dan bapa itu berkata "astagfirullah jangan berani berani sendiri kesana sekarang waktu udah jam siang kalo yg belum biasa itu sekitar 2 jam dan aa belum faham daerah sini pasti suka nyasar a .. , dan kalo udah lewat ashar itu bahaya bukan hanya binatang buas tapi dari mahluk tak kasat mata juga "
Gejil terpaku dan bingung jiwa gejil bingung antara balik atau lanjut .. dan gejil di situ ga pantang menyerah lah gejil bilang saya mau lanjut pa .. pulang juga jauh .. gejil langsung ngabisin kopi dan pamitan ke semua yg di warung .. pesan terakhir dari si bapa dan yg ada di warung jika melewati jalur itu harus inget jalan yg udah di lalui dan fokus meski banyak kiri kanan yg ganggu .. yowis gejil gas dari situ eh iya beneran gejil auto nyasar bensin habis dan untung nya gejil aga pinter di kali ini gejil bawa bensin di bagasi gejil pake aqua aqua sekitar 5 botol 1 literan bagasi gede karena gejil bawa motor astrea yg pake box .. jujur gejil selama perjalanan sama sekali ga nemu pedesaan atau suara adzan gejil sedikit takut juga saat gejil isi bensin itu soalnya kondisi udah jam 5 .. gejil buru buru cabut gas lagi .. jalan udah mulai gelap lampu gejil seadanya ya maklum astrea seterang terang nya wkwkwk , jujur gejil liat kiri kanan di sana jelas banget bukan jelas lagi tampak bukan halusinasi ky gitu lah gejil ngerasainnya sangat berbeda .. jujur gejil ga tau jalannya apa namanya hutan lah di sebut nya di jembatan pertama itu bener bener gelap sampe liat lampu depan pun ga nyorot jelas .. di sebelah kanan di sebelum jembatan ada 2 tuh jembatannya yg satu baru yg satu lama nah gejil ambil jalur kanan jembatan baru karena ya jembatan lama itu terliat jelas pake tali baja ngeri lah takut jatoh nah kalo yg baru ini baru beres cor coran bahkanplastik nya pun masih berserakan .. di penguhujung jembatan gejil liat ada bayangan hitam jelas sekali dan semakin gejil liat kaya genderowo gitu lah di situ gejil udah bca ayat ayat suci yg di hapal gejil dan sambil jalan ternyata bentuk itu makin menjadi makin jelas disitu gejil gas poll terus sambil fokus ke jalan karena jalan yg di lalui sangat jelek dan ga jauh dari situ sekitar 2 jam perjalanan kiri kanan sumpah bener bener mbah menguji mental saya .. dari mulai pocong kuntilanak merah sampe anak kecil yg lari larian jelas banget mbah jelas banget .. gejil bener bener kehabisan akal karena ya bawa motor astrea di jalan rusak melaju pun tak sanggup mbah sampe kerasa jari jari patah itu bunyinya .. yg paling ke inget sama gejil di.jalan itu ada satu yg paling bener bener gejil pengen teriak .. di belakang gejil kaya ada yg meluk dari rasanya dingin tiba tiba panas keringetan mbah itu kerasa pas udah lewat jembatan cuman baru ngeuh pas sampe tujuan sepanjang jalan mbah saya liat spion ada kaya pocong mukanya ancur banget darah nya kaya fresh gitu basah .. pas gejil nyampe daerah mekar wangi gejil langsung teriak teriak ga karuan soalnya udah ada rumah rumah warga gitu walau ga banyak .. gejil teriak tolongg tolonggg tolonggg .. ga lama ada yg keluar dan kaget melihat gejil gejil di suruh diem di tengah jalan posisi nanjak campur lumpur karena reflek gejil ngerem dan mundur lagi ke belakang .. pala gejil pusing ujung jempol kaki sampe ubun ubun itu rasanya.kesemutan mbah .. ga lama si bapa yg keluar dari rumah itu nyamperin dan bilang kamu masih kuat a .. saya tiba tiba ga bisa bicara dan kaku mbah .. disitu saya ngelepasin motor dan terjatuh si bapa nya bacain saya ayat ayat suci terus dan terus sampe mulut saya bisa bicara normal lagi .. gejil langsung di angkat ke rumah nya motor gejil pun di naikin ke rumah nya oleh si bapa nya pas di dalem itu sy di suruh istirahat dan sambil di ceritain .. maksud kamu apa kesini a .. sampe yg nempel itu banyak banget dari mulai anak kecil di spakbor depan pocong di belakang di atas box ada kunti pokoknya bener bner banyak kata saya bilang mau ke temen di daerah sini pa soalnya sy tau ini mekarwangi itu lihat ada batas patoknya di kiri ada tulisan mekarwangi 0 , oh iya iya toh aa alhamdulillah masih bisa kesini dengan selamat sehat walafiat dulu sering kejadian orang msti engga wajar waktu lagi jalan kesini entag itu naik motor atau naik mobil di jalur jalur yg saya laluin itu ternyata jembatan khusus untuk ngebuang mayat mayat pembunuhan dulu nya yg di tembak tembak dari kota gitu katanya .. saya langsung menanyalan alamat temen saya dan ternyata ga jauh sekitar setjam lagi dari rumah si bapak itu namun saya di wanti wanti jangan sekarang pergi nya besok aja pagi .. yaudah saya pun bergegas istirahat .. dan selama perjalanan ini gejil ga ngeuh sama hp karena hp di taro di tas .. , besoknya gejil bangun dan ternyata gejil bener bener ga percaya gejil bener bener pengen nangis ga kuat saking takut nya sampe pipis di celana .. pas bangun gejil itu ada di atas kuburan yg sudah lama banget yg patok nya itu masih pake batu dan kaya di tulis tangan gitu gejil disitu lari terbirit birit nyari motor gejil , gejil ga ngeuh itu kuburan orang jelas ada bapa bapa yg nolongin terus ngasih tempat tidur emang sih di gubuk gitu jadi percaya ga percaya kayak ragu pertamanya namun ya gejil.gimana lagi mau.lanjut takut kayak tadi lagi .. gejil disitu berusaha gas terus sampe tujuan dan akhir nya sampe sekitar jam jam 8 pagi .. dan menanyakan perihal masalah malam itu dan si temen pun ketawa sambil bilang ga apa apa pengenalan bro .. anjir gejil ngerasa gendok mbah sampe ga nanya dulu beberapa jam ke temen gejil karena kesel lah kesel banget ..dan akhir nya pas adzan dzuhur itu baru baikan lagi karena mau ke mesjid bareng lagi gitu pas udah beres sholat lah si ustad yg jadi imah itu langsung suruh gejil duduk di pinggir nya bilang a .. maaf aa boleh sy doain yah .. ya otomatis boleh ustad memang nya kenapa tiba tiba leher gejil langsung di cubit dan berasa cubitan itu panas banget kaya kebakar ..
Disitu saking nahan.sakit gejil langsung pingsan ga inget apa apa .. gejil bangun tiba tiba udah ada di rumah temen dan kata temen gejil di ruqyah karena jin jin yg pas perjalanan gejil kesana itu pada suka namplokbdi orang yg baru kesini .. ga lama dari situ gejil balik memakai truk yg akan pergi ke kota cianjur punya nya temen gejil motor di naikin dan sampe kota cianjur gejil turunin langsung gas balik bandung .. selesai di bandung gejil disitu setiap kesana jadi udah terbiasa melihat itu namun ntah kenapa untuk seperti mengabadikan foto gejil masih belum berani
Mungkin segitu cerita gejil mbah soal jalur cianjur selatan terimakasih mbah yg udab mau membaca dari.awal sampe akhir hihi salam bekakas 🔩🔧🔧😊
Yamaha V75
Punya pengalaman menarik apa mbah pas pertama kali meminang motor kesayangan?
Dulu sekitar taun 2015 ketika C70 mulai booming lagi, gejil pengen banget punya, tapi apa daya uang gejil ngepres maklum baru lulus kuliah belum dapet kerjaan, kepengen C70 tapi harga ngga terjangkau buat kantong gejil.
Akhirnya gejil browsing motor tua bangka di O*X ketemu ni Yamaha V75 seharga Rp.1.000.000 tanpa pikir panjang gejil langsung SMS seller (jaman itu gejil belum terlalu kenal WA) ketemu kalo lokasi seller di Solo, kebetulan gejil rumahnya Wonosobo mbah, keesokan harinya gejil berangkat ke solo sama pacar, naik motor boncengan naik supra 125 ke solo niat mau pantau dulu, dalam perjalanan sampai Temanggung apes ban motor gejil bocor, akhirnya ditambal dulu sambil ngajakin ngobrol yg nambal biar ngga kerasa lama, setelah jadi lanjutlah gejil ke solo lewat grabag, sesampainya di solo gejil nungguin di seller di perempatan di tengah kota dijemput seller, setelah nunggu 15 menit datanglah seller tapi ngga pake motor V75 nya, diantarlah gejil ke rumah seller, setibanya dirumah seller liat ni motor langsung suka mbah, gejil cobain bentar, akhirnya gejil nego dan deal di harga Rp.950.000, tanpa pikir panjang gejil langsung lekas pamit pulang karena waktu menunjukkan jam 2 sore, gejil naik V75 sedangkan pacar gejil naik Supra, kita iring2an, keluar komplek rumah seller, gejil mampir ke pom bensin isi bensin skalian beli oli samping, gejil campur deh tu bensin sama oli samping sebanyak 2 tutup oli, lanjut gas lagi ke Wonosobo.
Perjalanan nampak lancar sampai mungkin sekitar 5 kilometer dari rumah seller motor tiba2 mogok, gejil hidupin pake kick starter ga idup2 sampai kick starteenya ngelos giginya, duh sempat panik mana perjalanan masih jauh, gejil putar otak cari cara liat sekitar ketemu kabel telpon di pinggir jalan sepertinya udah ngga terpakai, akhirnya gejil ikatkan kabel telpon itu ke begel belakang supra, dan stang V75, apa daya sepertinya cuma opsi itu yg bisa dilakukan saat itu, akhirnya pacar gejil narik gejil pake supra, dan gejil pake V75 nya.
Untuk jalur pulang gejil lewat jogja, selama perjalanan gejil rasanya was2 mana pacar gejil naik motornya kenceng, masih keinget posisi narik motor pacar gejil brani nyalip kontainer iring2an 2 sekaligus, mau bilang jangan tapi gejil pasrah aja yg penting bisa ngimbangin dibelakang, ada lagi ketemu anak2 remaja naik motor kenceng malah mepet2 diantara kabel sampai gejil teriak2 (awas kabel!!) Eh dia malah makin mepet sampai mau nyenggol kabelnya, langsung kabur kebetulan jalannya ada yg seperti speed bump gundukan, lepaslah helm anak itu dan posisinya di jalur gejil, sempat kaget kelabakan karena rem ngga pakem, akhirnya gejil lewatkan helm bocah itu diantara kabel sambungan motor dari kiri ke kanan, akhirnya lolos juga, lanjut jalan lagi V75 gejil kena lubang di Jalan magelang, oli samping yg gejil cantolin di stang jatuh, gejil abanin pacar gejil buat menepi, tapi karena dia kenceng jadi kita berhentinya agak jauh dari lokasi oli samping yg jatuh, gejil turun lalu jalan mau ambil oli botol sampingnya, tampak ada truk dibelakang jalur tapak bannya segaris sama botol oli samping gejil yg jatuh, gejil sempat ngabanin awas eh truknya malah bablas lurus aja akhirnya duaaar oli sampingnya meledak keinjek truk. .😢 akhirnya gejil balik kanan naik V75 lagi untuk lanjut perjalanan lagi meninggalkan oli samping yg sudah meledak keinjek truk. .
Sampai di temanggung pacar gejil ngasih kode kalo motor supra udah mau habis bensinnya, mungkin karena narik motor kerja berat jadi lebih boros, akhirnya kita masuk pom bensin buat isi full lagi supra, setelah full kita lanjut lagi.
Sesampainya ditanjakan paponan mulai terasa berat, supra mulai ngos2an narik gejil yg naik V75 maklum berat gejil waktu itu sekitar 80 kg belum sama V75 nya, akhirnya pacar gejil sein kiri (waktu menunjukkan jam 6 sore) dia bilang kalo dia capek, dia nangis bilang (ora tekan2, nyong kesel) gejil tenangin dia, bilang kalo bentar lagi turunan kledung dan sampai Wonosobo (moment tak terlupakan sampai sekarang mbah) rasanya ngga tega banget tapi udah terlanjur ditengah jalan. .😢 akhirnya setelah gejil tenangin dia, kita lanjut lagi, dan akhirnya sampai Wonosobo sekitar jam setengah 8 malam. .gejil langsung masukin motor dan anterin pacar gejil pulang. Demikian kisah gejil mbah, maaf kalo bahasanya belepotan, oh ya sekarang pacar gejil udah jadi mantan. .😢
Dulu sekitar taun 2015 ketika C70 mulai booming lagi, gejil pengen banget punya, tapi apa daya uang gejil ngepres maklum baru lulus kuliah belum dapet kerjaan, kepengen C70 tapi harga ngga terjangkau buat kantong gejil.
Akhirnya gejil browsing motor tua bangka di O*X ketemu ni Yamaha V75 seharga Rp.1.000.000 tanpa pikir panjang gejil langsung SMS seller (jaman itu gejil belum terlalu kenal WA) ketemu kalo lokasi seller di Solo, kebetulan gejil rumahnya Wonosobo mbah, keesokan harinya gejil berangkat ke solo sama pacar, naik motor boncengan naik supra 125 ke solo niat mau pantau dulu, dalam perjalanan sampai Temanggung apes ban motor gejil bocor, akhirnya ditambal dulu sambil ngajakin ngobrol yg nambal biar ngga kerasa lama, setelah jadi lanjutlah gejil ke solo lewat grabag, sesampainya di solo gejil nungguin di seller di perempatan di tengah kota dijemput seller, setelah nunggu 15 menit datanglah seller tapi ngga pake motor V75 nya, diantarlah gejil ke rumah seller, setibanya dirumah seller liat ni motor langsung suka mbah, gejil cobain bentar, akhirnya gejil nego dan deal di harga Rp.950.000, tanpa pikir panjang gejil langsung lekas pamit pulang karena waktu menunjukkan jam 2 sore, gejil naik V75 sedangkan pacar gejil naik Supra, kita iring2an, keluar komplek rumah seller, gejil mampir ke pom bensin isi bensin skalian beli oli samping, gejil campur deh tu bensin sama oli samping sebanyak 2 tutup oli, lanjut gas lagi ke Wonosobo.
Perjalanan nampak lancar sampai mungkin sekitar 5 kilometer dari rumah seller motor tiba2 mogok, gejil hidupin pake kick starter ga idup2 sampai kick starteenya ngelos giginya, duh sempat panik mana perjalanan masih jauh, gejil putar otak cari cara liat sekitar ketemu kabel telpon di pinggir jalan sepertinya udah ngga terpakai, akhirnya gejil ikatkan kabel telpon itu ke begel belakang supra, dan stang V75, apa daya sepertinya cuma opsi itu yg bisa dilakukan saat itu, akhirnya pacar gejil narik gejil pake supra, dan gejil pake V75 nya.
Untuk jalur pulang gejil lewat jogja, selama perjalanan gejil rasanya was2 mana pacar gejil naik motornya kenceng, masih keinget posisi narik motor pacar gejil brani nyalip kontainer iring2an 2 sekaligus, mau bilang jangan tapi gejil pasrah aja yg penting bisa ngimbangin dibelakang, ada lagi ketemu anak2 remaja naik motor kenceng malah mepet2 diantara kabel sampai gejil teriak2 (awas kabel!!) Eh dia malah makin mepet sampai mau nyenggol kabelnya, langsung kabur kebetulan jalannya ada yg seperti speed bump gundukan, lepaslah helm anak itu dan posisinya di jalur gejil, sempat kaget kelabakan karena rem ngga pakem, akhirnya gejil lewatkan helm bocah itu diantara kabel sambungan motor dari kiri ke kanan, akhirnya lolos juga, lanjut jalan lagi V75 gejil kena lubang di Jalan magelang, oli samping yg gejil cantolin di stang jatuh, gejil abanin pacar gejil buat menepi, tapi karena dia kenceng jadi kita berhentinya agak jauh dari lokasi oli samping yg jatuh, gejil turun lalu jalan mau ambil oli botol sampingnya, tampak ada truk dibelakang jalur tapak bannya segaris sama botol oli samping gejil yg jatuh, gejil sempat ngabanin awas eh truknya malah bablas lurus aja akhirnya duaaar oli sampingnya meledak keinjek truk. .😢 akhirnya gejil balik kanan naik V75 lagi untuk lanjut perjalanan lagi meninggalkan oli samping yg sudah meledak keinjek truk. .
Sampai di temanggung pacar gejil ngasih kode kalo motor supra udah mau habis bensinnya, mungkin karena narik motor kerja berat jadi lebih boros, akhirnya kita masuk pom bensin buat isi full lagi supra, setelah full kita lanjut lagi.
Sesampainya ditanjakan paponan mulai terasa berat, supra mulai ngos2an narik gejil yg naik V75 maklum berat gejil waktu itu sekitar 80 kg belum sama V75 nya, akhirnya pacar gejil sein kiri (waktu menunjukkan jam 6 sore) dia bilang kalo dia capek, dia nangis bilang (ora tekan2, nyong kesel) gejil tenangin dia, bilang kalo bentar lagi turunan kledung dan sampai Wonosobo (moment tak terlupakan sampai sekarang mbah) rasanya ngga tega banget tapi udah terlanjur ditengah jalan. .😢 akhirnya setelah gejil tenangin dia, kita lanjut lagi, dan akhirnya sampai Wonosobo sekitar jam setengah 8 malam. .gejil langsung masukin motor dan anterin pacar gejil pulang. Demikian kisah gejil mbah, maaf kalo bahasanya belepotan, oh ya sekarang pacar gejil udah jadi mantan. .😢
Menyanyi saat Berkendara
YUDIBATANG.COM – Halo brother biker ,.. Menyanyi adalah kegiatan seni yang menyenangkan. Lewat menyanyi pikiran dan perasaan kita bisa menjadi lebih rileks. Nah,..kali ini saya mau berbagi pengalaman tentang menyanyi yang bisa menjadi penyemangat saat naik motor sendirian jarak jauh. Menyanyi saat naik motor tidak harus bagus. mau nyanyi lagu apa saja bebas. mau lagu Rock, lagu dangdut, lagu pop bahkan hanya bersenandung juga nggak apa-apa. Kalau saya pribadi lebih suka dengan Lagu rock. Karena lagu rock cenderung berirama keras, ngebeat, menghentak dan enerjik. Cocok untuk mengusir kebosanan saat kita naik motor jarak jauh sendirian. Apalagi saat melewati jalan-jalan yang sepi di malam hari.
Salah satu contoh saat naik motor sendirian jarak jauh saat melewati jalan pantura yang jalannya lempeng terus. Saya pernah tiga kali naik motor sendirian jarak jauh dari batang hingga ke Jakarta. Kadang-kadang rasa jenuh, bosan, capek dan malas menghampiri kita. Salah satu cara untuk menyemangati diri kita sendiri adalah dengan menyanyikan lagu-lagu yang kita sukai. Tidak perlu menyanyikan lagunya dari awal hingga habis. Cukup sesekali menyanyikan syair lagu yang kita hafal saja. misalkan hanya menyanyikan reff nya saja.
Menyanyi saat naik motor sendirian jarak jauh
Beberapa Reff lagu-lagu rock barat yang sering saya nyanyikan ketika berkendara motor sendirian jarak jauh dan mengalami kebosanan adalah lagu-lagu classic rock. Contoh lagunya Deep Purple seperti Soldier of fortune, smoke on the water, burn, High way star. atau juga lagu-lagu dari group rock yang lain seperti Mr.Big, Europe,Van Halen, Bon jovi, Skid row, Metallica, Gun n roses dan lain sebagainya.
Selain lagu classic rock barat, saya juga suka menyanyikan lagu classic rock indonesia seperti lagu-lagu dari Boomerang, Power metal, God bless, Slank, Power slaves san lain sebagainya. Bagaimana dengan anda? Saya yakin banyak dari rekan brother biker yang sering melakukan hal yang sama dengan saya. Yah,.. banyak cara untuk mengusir kebosanan saat berkendara sepeda motor sendirian jarak jauh. Diantaranya Menyanyi saat naik motor. Namun bila sudah ngantuk sekali ya lebih baik berhenti dulu untuk ngopi-ngopi sambil klepas -klepus.
Mitsubishi Strada Triton
#Kenangan mbah
Ini strada triton keluaran awal tahun 2015.
Kejadiannya bulan april 2015.
Kondisi jalan tanah liat bercampur kerikil di tengah2 kebun sawit daerah sontang, rokan hulu, riau.
Jadi dulu gejil masih musafir antar PKS.
Di mobil ada 3 orang. Saya + rekan kuli + sopir.
Posisi PKS tujuan gejil off produksi mbah, dan buah numpuk sangat banyak.
Nunggu gejil benerin wlc boiler.
Karena si sopir dapat telp manager PKS gegara off produksi
Sejak dari SSQ III, si sopir ngebut pake pol.
Perjalanan sekitar 6 jam.
Waktu memasuki lingkungan pabrik dengan kondisi jalan tanah liat + kerikil.
Asumsi saya ban selip, sopir gak bisa ngendaliin.
Akhirnya terbalik beberapa kali dan nyemplung di parit.
Alhamdulillah gejil cuman luka memar di lengan kiri.
Setelah itu gejil dijemput sama pihak PKS pake armada lainnya.
Sampai di pabrik gejil langsung action mbah.
Alhamdulillah sore sudah bisa proses produksi.
Besuknya saya minta dianter ke PKU, dan yg nganter sekretaris pribadi yg punya PKS mbah.
Mayan mbah, ayu, linjik, rambut panjang, cocok mbah gwe pos 2, eh pos 1.
Sepanjang perjalanan balik ke PKU, beliau banyak cerita sana sini mbah. Termasuk mobil strada td yang ternyata baru beli. (wtf)
Lewat tengah malam baru sampe PKU Gejil diajak nginep di rumahnya.
Mengingat saya bawa rekan kerja, dengan berat hati saya tolak mbah.
Padahal yo pengen mbah. Akhirnya saya minta diantar ke hotel di kawasan jln sisingamangaraja.
Setelah sampai beliau pamit dan masih sempat minta maaf atas kejadian nyemplung parit td.
Malah menawarkan lg jemputan dari hotel ke bandara SSQ III.
Ya apa boleh buat gejil terima mbah.
Paginya gejil balik ke SUB,
Nah pas sampai di SUB saat gejil matikan mode pesawat eh ada telfon masuk.
Tak taunya si sekretaris td mbah yg telfon.
Akhirnya ngobrol panjang x lebar Dan masih minta maaf atas kejadian tragedi strada.. Sampai segitunya ya mbah.
Itu pengalaman pribadi gejil mbah.
Masih ada pengalaman yang di sorong lain kali gejil share.
Selamat ngabuburit mbah
Sekian, matur sembah nuwun.
Ini strada triton keluaran awal tahun 2015.
Kejadiannya bulan april 2015.
Kondisi jalan tanah liat bercampur kerikil di tengah2 kebun sawit daerah sontang, rokan hulu, riau.
Jadi dulu gejil masih musafir antar PKS.
Di mobil ada 3 orang. Saya + rekan kuli + sopir.
Posisi PKS tujuan gejil off produksi mbah, dan buah numpuk sangat banyak.
Nunggu gejil benerin wlc boiler.
Karena si sopir dapat telp manager PKS gegara off produksi
Sejak dari SSQ III, si sopir ngebut pake pol.
Perjalanan sekitar 6 jam.
Waktu memasuki lingkungan pabrik dengan kondisi jalan tanah liat + kerikil.
Asumsi saya ban selip, sopir gak bisa ngendaliin.
Akhirnya terbalik beberapa kali dan nyemplung di parit.
Alhamdulillah gejil cuman luka memar di lengan kiri.
Setelah itu gejil dijemput sama pihak PKS pake armada lainnya.
Sampai di pabrik gejil langsung action mbah.
Alhamdulillah sore sudah bisa proses produksi.
Besuknya saya minta dianter ke PKU, dan yg nganter sekretaris pribadi yg punya PKS mbah.
Mayan mbah, ayu, linjik, rambut panjang, cocok mbah gwe pos 2, eh pos 1.
Sepanjang perjalanan balik ke PKU, beliau banyak cerita sana sini mbah. Termasuk mobil strada td yang ternyata baru beli. (wtf)
Lewat tengah malam baru sampe PKU Gejil diajak nginep di rumahnya.
Mengingat saya bawa rekan kerja, dengan berat hati saya tolak mbah.
Padahal yo pengen mbah. Akhirnya saya minta diantar ke hotel di kawasan jln sisingamangaraja.
Setelah sampai beliau pamit dan masih sempat minta maaf atas kejadian nyemplung parit td.
Malah menawarkan lg jemputan dari hotel ke bandara SSQ III.
Ya apa boleh buat gejil terima mbah.
Paginya gejil balik ke SUB,
Nah pas sampai di SUB saat gejil matikan mode pesawat eh ada telfon masuk.
Tak taunya si sekretaris td mbah yg telfon.
Akhirnya ngobrol panjang x lebar Dan masih minta maaf atas kejadian tragedi strada.. Sampai segitunya ya mbah.
Itu pengalaman pribadi gejil mbah.
Masih ada pengalaman yang di sorong lain kali gejil share.
Selamat ngabuburit mbah
Sekian, matur sembah nuwun.
Friday, 10 May 2019
Kabar Plat P
#AAG
#Info
KENDARAAN PLAT NON-P HARUS SEGERA DIMUTASI
Satlantas Polres Banyuwangi bersama Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Banyuwangi saat ini tengah gencar melakukan operasi terhadap kendaraan plat non-P.
Menurut pihak kepolisian operasi ini digelar sebagai bentuk dukungan kepada Pemkab Banyuwangi guna meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Banyuwangi.
Dan Kendaraan plat non-P yang terkena razia tersebut akan diberi waktu selama 3 bulan untuk me-mutasi kendaraan bermotor miliknya, jika dalam waktu 3 bulan Kendaraan belum dimutasi maka pihak Satlantas Banyuwangi akan menahan kendaraan tersebut.
.
*Monggo pendapat & komentarnya, tolong jangan marah-marah yg nggak jelas krn ini bulan puasa 😊✌️
.
_______________________
*Sumber: Koran Jawa Pos Radar Banyuwangi
Foto: Nada Reni
#Info
KENDARAAN PLAT NON-P HARUS SEGERA DIMUTASI
Satlantas Polres Banyuwangi bersama Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Banyuwangi saat ini tengah gencar melakukan operasi terhadap kendaraan plat non-P.
Menurut pihak kepolisian operasi ini digelar sebagai bentuk dukungan kepada Pemkab Banyuwangi guna meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Banyuwangi.
Dan Kendaraan plat non-P yang terkena razia tersebut akan diberi waktu selama 3 bulan untuk me-mutasi kendaraan bermotor miliknya, jika dalam waktu 3 bulan Kendaraan belum dimutasi maka pihak Satlantas Banyuwangi akan menahan kendaraan tersebut.
.
*Monggo pendapat & komentarnya, tolong jangan marah-marah yg nggak jelas krn ini bulan puasa 😊✌️
.
_______________________
*Sumber: Koran Jawa Pos Radar Banyuwangi
Foto: Nada Reni
Friday, 3 May 2019
Kelebihan dan Kekurangan Karburator Pe 28 Yang Ori Atau Imitasi
Kelebihan dan Kekurangan Karburator Pe 28 Yang Ori Atau Imitasi
Haluuu temen – temen sudah bahagia belom…
Menatap masa depan…
Jangan mengenang mantan…
Terus gaisss kalau mau bahagiaaa…bhaaaa
guyon gais mrengutan koq koe…
Haluuu temen – temen sudah bahagia belom…
Menatap masa depan…
Jangan mengenang mantan…
Terus gaisss kalau mau bahagiaaa…bhaaaa
guyon gais mrengutan koq koe…
Ok kali selamat datang di webnya TMotor Jogja ya gaisss tempatnya kita sharing dan berbagi semua tentang permasalahan engine, engine solution gauleee atau trouble shooting ngunu bahasa keren bengkel e.
Artikel kali ini saya akan membahas tentang Kelebihan dan Kekurangan Karburator Pe 28 Yang Ori Atau Imitasi, ngopo saya bahas iki !
Kenapa, e kenapa miniman itu haram…
Karena, e karena merusakkan pikiran (*bhaaa malah nyanyi lagune Michael Jackson,,,suaramu cukkk itu lagunya babang Rhoma yoo, babang Rhomaaa, heee)
Kembali ke topik karena memang banyak dari kita yang kurang paham dan mengerti ketika kita mau upgrade atau membeli karbu Pe 28, mana yg ori dan mana yang imitasi !
Tapi disini saya ga mau ngomong ori dan imitasi ya gais, aku ngomongnya kualitas bagus sma kualitas jelek aja karena sekarang karbu ori juga banyak di kw kan dan yang kw juga kalau beli untung-untungan kalau pas dapat yang bagus enak disetting kalau pas yang jelek susahnya mintak ampun sampe lebaran ketemu puasa lagi ketemu lebaran ga kelar – kelar too lu yg nyetinggg sampe ubanan lu punya anak, anak lu punya anak lagi dan lu punya cucu bhaaa bikin pusing dah pokoknya…
Gini aja tak kasih trik pembeda buat temen-temen ciri – cirinya mana karbu PE dengan kualitas baik dan mana karbu PE dengan kualitas jelek :
Gambar 1. Karbu PE Kualitas Bagus
- Biasanya karbu pe kualitas baik bentuknya akan lebih halus dibanding pe kualitas jelek, PE kualitas jelek lebih kasar ketika dipegang tiap sudutnya gak rapih.
- Usahakan untuk beli karbu PE 28 pilih skepnya yang krom biasanya untuk mengurangi resiko baret.
- Oh ia ini point penting yang temen-temen perlu ketahui kalau karbu pe kualitas jelek biasanya spuyer PJ (Pilot Jet) dan MJ (Main Jetnya) buta tidak ada ukurannya sedang untuk kualitas bagus ada terdapat ketrik ukurannya.
Gambar 2. Karbu Dengan Kualitas Jelek
Bisa dilihat temen – temen karbu dengan kualitas jelek biasanya PJ sama
MJ-nya buta tidak memiliki ukuran sedangkan karbu PE dengan kualitas
bagus biasanya memiliki ukuran untuk memudahkan kita dalam melakukan
setting sama karbunya
Gambar 3. PJ dan MJ Karbu Kualitas Baik
Oh ya ni temen-temen ada lagi yang harus diperhatikan ketika temen-temen
membeli karbu PE 28, biasanya karbu ga bisa langsung bisa dipasang plug
lagsung enak, karena ukuran PJ dan MJ karbu PE baru masih ngacau belum
sesuai ukuran dengan konsumsi bahan bakar motor temen-temen dan yang
harus temen-temen lakuin adalah nyetting ngepasin PJ dan MJ dulu.
Gambar 4. PJ dan MJ PE berukuran
Karena jika temen-temen membeli seperangkat reparkit percuma, karena
reparkit yang beredar dipasaran pun buta tidak ada ukurannya
Gambar 5. Reparkit buta PE Di Pasaran
Ok Terima Kasih gais buat temen-temen yang sudah membaca artikel Kelebihan dan Kekurangan Karburator Pe 28 Yang Ori Atau Imitasi semoga bermanfaat
Salam berbagi
Salam Bahagiaaa…. Sayonara :V
Salam berbagi
Salam Bahagiaaa…. Sayonara :V
Inilah Efek Ubah Kemiringan Pulley Pada Motor Matic
√ Inilah Efek Ubah Kemiringan Pulley Pada Motor Matic
Yah hai kembali lgi bersama saya Triie , kali ini saya akan memberi info tentang Inilah Efek Ubah Kemiringan Pulley Pada Motor Matic – Pulley merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada sepeda motor matic yang dimana berfungsi sebagai pemindah kecepatan sesuai rpm mesin secara otomatis dan tidak memakai gigi transmisi tetapi dengan sabuk V-belt sebagai penerus atau penghubung putaran kedua pulley.
Pulley sendiri terbagi menjadi 2 yakni pulley primary dan pulley secondary masing-masing punya peranan tersendiri dengan komponen yang berbeda berikut bagian-bagian pulley primary dan secondary berserta fungsinya.
Inilah Efek Ubah Kemiringan Pulley Pada Motor Matic
Pulley Primary “Pulley Depan” yang terdiri dari:
- Pulley Bag Dalam Yang Sekaligus Menjadi Rumah Roller
Berfungsi pulley sekaligus sebagai tempat roller itu sendiri cra perawatannya yakni dengan membersihkannya dari debu dan kotoran lalu memberikan Grease pada ruang boss. - Pulley Bagian Luar Yang Sekaligus Menjadi Kipas “Pendingin”
Berfungsi sebagai pulley sekaligus kipas pendingin ruang dalam cvt perawatannya yakni cukup dengan di bersihkan pakai sabun atau bensin dan pembersih lainnya. - Starter Clutch
Berfungsi untuk starter atau penggerak awal menghidupkan mesin perawatannya cukup dengan di bersihkan dan mengecek pelor-pelor didalam berserta pegas atau pernya. - Roller
Cara kerja roller ialah sebagai penekan “mendorong” yakni memanfaatkan putaran pulley sehingga roller terlempar dan menekan pulley adapun perawatannya yakni dengan membersihkan roller dan jika sudah tidak bulat atau terjadi keausan sebaiknya di ganti dengan yang baru. - Bos, Gigi Pinion, Ring Bintang, Ring, Baut
Boss as pulley berfungsi sebagai dudukan/bantalan saat buka tutup pulley untuk perawatannya cukup di bersihkan saja. Gigi pinion as selahan berfungsi untuk meneruskan/penghubung gerakan dari gigi selahan pada saat kick starter, perawatannya ialah dengan mengecek apakah sudah gompal atau aus jika sudah terjadi gompal pada giginya sebaiknya di ganti sebab jika tidak selahan akan ngelos “tidak nyangkut” pada saat di kick starter. Ring binyang berfungsi sebagai pengunci “pulley bagian luar, “kipas” cara kerjanya untuk menahan pulley bagian luar supaya tidak ikut memutar, perawatannya cukup dibersihkan saja.
Nah itulah penjelasan dan fungsi pulley
dan bagian-bagiannya, untuk selanjutnya yakni bagaimana efek ubah
kemiringan pada motor matic. Untuk hal ini yang doyan oprek mesin
khususnya jenis matic pasti sering dengar mekanik yang memainkan derajat
kemiringan pulley atau puli.
Namun
ada yang belum tahu juga nih fungsi mengubah derajat kemiringan puli
motor matic. Banyak yang bilang main bubut puli CVT mampu mempengaruhi
akselerasi ?? agar tidak salah kaparah harus diikuti penyesuaian part
lain.
Ukuran 13,5 Derajat – 14,5 Derajat
Di
pasaran banyak beredar puli atau rumah roller dengan kemiringan
berbeda. Mulai dari 13 derajat hingga 14,5 derajat. “Derajat kecil
membuat akselerasi lebih cepat, derajat besar untuk kejar top speed.
Namun hati-hati misalnya seperti di Mio lawas.
“Ketika
pakai 13,5 derajat, V-belt cepat rusak, soalnya kemiringan belt standar
Mio 14 derajat. Tapi kalau pakai puli 14,5 derajat, belt bisa pakai
milik Fino. Namun selain belt, part lain yang kudu disesuaikan pastinya
puli terluar rumah roller atau disebut puli kipas. Derajat kemiringannya
kudu sama layaknya puli roller.
Alur Roller
Untuk
hal ini bisa juga tempuh cara lain buat atur akselerasi. Efeknya lebih
bagus ketimbang bermain kemiringan puli. “Bisa tetap pakai puli standar
Mio atau Nouvo yang 5LW, tapi alur roller di puli dipapas atau dicoak.
Setelah
itu, penutup roller juga diganti pakai part dari Yamaha Fino lama yang
berkode 4DO. Karena punya bagian ujung lebih ke atas. “Kombinasi ini
bikin roller bisa naik lebih tinggi lagi,” tutupnya. Jadi tidak merusak
belt, namun top speed tetap dapat.
Demikianlah pembahasan mengenai Inilah Efek Ubah Kemiringan Pulley Pada Motor Matic
semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi
kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂
Ternyata Ini, Penyebab Utama Jarum Indikator Bensin Motor Masalah
Ternyata Ini, Penyebab Utama Jarum Indikator Bensin Motor Masalah
Ternyata Ini, Penyebab Utama Jarum Indikator Bensin Motor Masalah “Yang Perlu Diketahui”
Yah hai kembali lgi bersama saya Triie , kali ini saya akan memberi info tentang Penyebab Utama Jarum Indikator Bensin Motor Masalah – Sebagian orang pastinya pernah mengalami perihal seperti ini yakni kehabisan bensin di tengah jalan, padahal jarum penunjuk indikator bensin tetap banyak. Pastinya membawa dampak pengendara di membuat repot oleh motornya, itulah keliru satu pengaruh yang berlangsung andaikata jarum bensin pada sepeda motor udah mengalami masalah.
Jarum bensin merupakan komponen motor
yang terlalu vital, bersama indikator tersebut pengendara sanggup
melihat perhitungan kapan kala harus isi bahan bakar sebelum terlalu
habis, apalagi bagi pengendara yang tengah dalam perjalanan yang jauh,
keberadaan jarum bensin indikator terlalu sekali diperlukan.
Selain
termasuk gara-gara dalam perjalanan membiasakan isi bahan bakar sebelum
habis sesungguhnya harus terus dilakukan, bersama cara senantiasa isi
bensin bersama secara tertata jangan sampai kosong ditangki perihal
tersebut sanggup merawat keawetan pada mesin motor tersebut.
Dan termasuk pastinya sanggup merugikan
disaat bensin habis tanpa disadari, tidak hanya kala yang terbuang
sia-sia tapi termasuk tenaga kamu harus dikeluarkan untuk mendorong
motor melacak jual bensin atau ke pom bensin. Oleh gara-gara itu
keberadaan jarum indikator bensin terlalu diperlukan sekali. Lalu
bagaimana andaikata bensin motor tersebut mengalami kasus !!!
Sesuai
bersama kegunaannya jarum indikator bensin akan memberi tambahan
notifikasi kepada pengendara untuk menyadari seberapa banyak bensin yang
tetap tersedia dalam tangki motor, namum faedah jarum tidak akan
optimal jika jarum indikator bensin ini bermasalah, inilah penyebab dan
mangatasi jarum indikator bensin motor mengalami kasus sebagai tersebut :
Bahan Bakar Habis
Dalam
hal ini pastu sudah jelas lah apabila bensin atau bahan bakar habis
pastinya indikator atau jarum penunjuk bensin tidaka akan gerak atau
naik.
Aki Motor
Pada
jarum bensin ini tidak mungkin bisa bekerja atau berfungsi apabila
tanpa ada sumber listrik atau aki, periksalah kondisi aki motor tersebut
dengan cara menekan pada tombol klakson atau electric starter, apabila
tidak normal lagi segeralah ganti atau diperbaiki pada aki tersebut jika
masih memungkinkan.
Pelampung Bensin
Kemudian
cek juga situasi pelampung bensin, untuk memeriksa kedaan komponen yang
satu ini buka peranti besi yang berada disebelah tutup bensin bersama
dengan pakai alt obeng plus, selanjutnya terlepas soketnya dan sesudah
itu sambungkan dua kebel yang menyangga didalamnya bersama dengan jumper
atau penghantar listrik lain.
Apabila
jarum terhadap speedometer nampak tersedia gerakan artinya pelampung
bensin mengalami masalah, pelampung bensin sanggup rusak atau merenggang
gara-gara tekanan saat pengsian bensin ke didalam tangki. Hal ini
sanggup diatasi atau diakali bersama dengan mengikat bersama dengan
kawat tembaga atau tingkatkan cincin tetapi lebih baiknya mengganti
bersama dengan part yang baru.
Jalur Kelistrikan
Apabila
dari keduanya yang disebut diatas, jalur pada kelistrikan yang
terhambat juga bisa mengakibatkan pada jarum bensin tidak bekerja atau
berfungsi lagi, periksa jalur kabel yang menggerakkan jarum tersebut
dengan menggunakan alat pengukur arus.
Speedometer Mengalami Masalah
Dari
ketiga pada mulanya misalnya masih bekerja bersama baik tanpa ada
persoalan maka hanya ada satu barangkali yaitu ada bagian pada
speedometer yang sudah mengalami kerusakan tentunya mengganggu kinerja
jarum bensin selanjutnya perbaiki atau pindah speedometer motor bersama
yang baru.
Demikianlah pembahasan mengenai Ternyata Ini, Penyebab Utama Jarum Indikator Bensin Motor Masalah semoga
dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda
semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂
Cara Paling Mudah Membuka CVT Tanpa Menggunakan Treker
Cara Paling Mudah Membuka CVT Tanpa Menggunakan Treker
Cara Paling Mudah Membuka CVT Tanpa Menggunakan Treker – Untuk pembahasan kali ini kami akan berbagi tips atau trik bagaimana cara paling mudah membuka CVT tanpa menggunakan treker,,nah untuk lebih jelasnya simak pemarannya di bawah ini.
Yah hai kembali lgi bersama saya Triie , kali ini saya akan memberi info tentang Dalam hal ini urusan untuk perawatan CVT memang menjadi hal yang terbilang ngejelimet,, hal ini karena tikda punya special tools atau semacam tracker untuk yang masih bingung menggunakannya. Telebih lagi bila bicara special tools untuk CVT,, bila ingin lengkap harus memiliki impact yang berhulu pada kompresor yang berkapasitas besar.
Akan tetapi mana
tahan bila kalian diharuskan memiliki alat itu semua untuk merawat CVT
motornya sendiri,, apalagi harus ketergantungan pada bengkel, dan tenang
saja untuk kali ini kami akan memberikan cara atau tips dalam membuka
CVT.
Cara Membuka CVT Tanpa Menggunakan Traker
Dan dalam hal ini ternyata terdapat
beberapa cara yang mudah untuk merawat komponen-komponen CVT seperti
belt dan roller, dan hanya membutuhkan tiga alat dan komponen CVT bisa
diganti atau hanya dibersihkan saja.
Nah
mudah bukan kalian tidak perlu ke bengkel lagi,, apakah kalian
penasaran bagaimanakah cara membuka CVT tanpa harus menggunakan special
tools? Nah untuk lebih jelasnya baca dengan perlahan, supaya kalian
paham dan semakin mengerti.
Maka dalam hal ini kalian praktikkan pada sepeda motor matic kesayangan
kalian dan pada dasarnya prinsipnya mirip dan bisa jadi dapat
diaplikasikan ke tipe matic lain. Kunci yang dipakai dalam hal ini
seperti Kunci T-8 mm,, Kunci ring 17 mm dan Kunci T-17 mm.
Langkah-Langkah Membuka CVT Tanpa Menggunakan Treker
Adapun untuk langkah-langkah dalam membuka CVT tanpa menggunakan treker diantaranya yaitu:
- Hal yang pertama kalian terlebih dahulu buka baut-baut yang mengikat CVT dengan memakai kunci T-8 mm atau jika motor kalian sudah dimodifikasi dengan variasi monel dapat menggunakan kunci L-5 mm atau dapat juga dengan menggunakan kunci T L-5 biasanya tersedia di bengkel terdekat.
- Dan apabila pada tutup CVT sudah terbuka cara untuk membuka pulli depan kalian dapat mengganjal bilah kipasnya dengan memakai baut CVT itu sendiri dan usahakan mengganjalnya dengan memakai ukuran yang paling pendek dan juga perhatikanlah bilah kipasnya yang berada di sisi terdalam.Hal demikian dengan maksud agar tidak patah dan jika kalau di dalam akan lebih kuat. Serta manfaatkan kunci T-17 mm serta pipa kecil untuk dapat mempermudah membukanya dan langkah ini berguna kalian yang ingin membersihkan ataupun mengganti roller serta mengganti V-beltnya.
- Bila komponen tersebut sudah terbuka maka sekarang kebagian mangkok sentrifugalnya. Melepas komponen ini cukup mudah dan cepat, hanya cukup memakai kunci ring 17 mm dengan memakai bantuan pipa untuk bisa memberikan tekanan pelebih dan mempermudah saat melepasnya.Dan serta akan semakin mantap lagi bila agak sedikit digentok atau dipukulkan kuncinya,, hal ini karena prinsip dasar impact ialah seperti itu. Jika pada cara mengencangkan kembali akan lebih gampang kalian dapat meminta bantuan rekan untuk membantu menekan tuas rem belakang agar tidak ikut berputar,, kemudian dapat kalian kencangkan. Karena langkah ini berguna untuk dapat memberikan paslin atau gemuk pada bagian three axle serta membersihkan kampas sentrifugalnya,,, bagaimana dalam hal ini cukup mudah atau gampang bukan.