Monday, 1 September 2014

Fungsi dan Cara Kerja transmisi manual dan Komponen komponennya

Fungsi dan Cara Kerja transmisi manual dan Komponen komponennya


Hari ini pembahasannya  adalah tentang TRANSMISI MANUAL, lihat lebih banyak artikel tentang otomotif di Dunia otomotif Mobil

  • Macam-macam Roda gigi
  • Konsep kerja transmisi  
  • RANGKUMAN


Prinsip Kerja Transmisi 


       Transmisi manual dan komponen-komponennya yang akan dibahas dalam artikel ini adalah yang dipergunakan pada kendaraan bermotor. Transmisi manual dan komponen- komponennya merupakan bagian dari sistem pemindah tenaga dari sebuah kendaraan, yaitu sistem yang berfungsi mengatur tingkat kecepatan dalam proses pemindahan tenaga dari sumber tenaga (mesin) ke roda kendaraan (pemakai/peng- gunaan tenaga).

      Sistem pemindah tenaga secara garis besar terdiri dari Unit kopling, transmisi, defrensial, poros dan roda kendaraan. Sementara Posisi transmisi manual dan komponennya, terletak pada ujung depan sesudah unit kopling dari sistem pemindah tenaga pada kendaraan. Fungsi transmisi adalah untuk mengatur perbedaan putaran antara putaran mesin (memalui unit kopling) dengan putaran poros yang keluar dari transmisi. Pengaturan putara ini dimaksudkan agar kendaraan mampu bergerak sesuai dengan beban dan kecepatan kendaraan


    Rangkaian pemindahan tenaga berawal dari sumber tenaga (Engine) kesisitem pemindah tenaga, yaitu masuk ke unit kopling (Clutch) diteruskan ketransmisi (Gear Box) ke propeller shaft dan keroda melalui defrensial (Final Drive).

Transmisi kendaraan juga disebut dengan gear box atau kotak roda gigi, karena komponen utama transmisi adalah roda gigi. 

Macam-macam Roda gigi

     Roda gigi/Gears adalah roda yang terbuat dari besi yang mempunyai gerigi pada permukaannya. Bentuk gigi dibuat sedemikian rupa hingga dapat bekerja secara berpasangan dan setiap pasangan terdapat sebuah roda gigi yang menggerakkan (driving gear) dan sebuah roda gigi yang digerakkan (driven gear). Suatu kelompok/kumpulan roda gigi dengan komponen lain membentuk suatu sistem transmisi dalam suatu kendaraan, mereka terletak dalam suatu wadah yang disebut transmission case, atau kadang juga disebut gear box.


Beberapa macam desain roda gigi yang dipergunakan pada transmisi adalah:   




  1. Roda gigi jenis Spur – bentuk giginya lurus sejajar dengan poros, dipergunakan untuk roda gigi geser atau yang bisa digeser (Sliding mesh).
  2. Roda gigi jenis Helical – bentuk giginya miring terhadap poros, dipergunakan untuk roda gigi tetap atau yang tidak bisa digeser (Constant mesh dan synchro-mesh). 
  3. Roda gigi jenis Double Helical – bentuk giginya dobel miring terhadap poros, dipergunakan untuk roda gigi tetap atau yang tidak bisa digeser (Constant mesh dan synchro-mesh). 
  4. Roda gigi jenis Epicyclic – bentuk giginya lurus atau miring terhadap poros, dipergunakan untuk roda gigi yang tidak tetap kedudukan titik porosnya (Constant mesh).



Konsep kerja transmisi  

Transmisi pada kendaraan terdiri dari berbagai bentuk roda gigi, ada yang sistem tetap ada yang digeser (slidingmesh). 

Berikut ini akan dicoba dijelaskan konsep kerja masing-masing. 

a) Transmisi dengan roda gigi geser 
Roda gigi pada poros input yaitu berasal dari kopling, dipasang mati. Sedangkan roda gigi yang dipasang pada poros output dipasang geser/sliding. Roda gigi yang digunakan untuk model ini tentunya jenis spur



b) Transmisi dengan roda gigi tetap. 
Sistem pemindahan kecepatan pada sistem ini tidak memindah roda gigi, namun dengan menambah satu perlengkapan kopling geser. Pada model transmisi roda gigi tetap ini memungkinkan dipergunakan bentuk roda gigi selain model spur. Sehingga memungkinkan penggunaan roda gigi yang lebih kuat.  Kopling geser dapat digeser kekanan atau kekiri. Bila  kopling ada ditengah maka berarti transmisi pada posisi netral

c) Transmisi Synchronmesh 
Terdapat kerugian yang perlu diatasi pada penggunaan sistem roda gigi geser , 
yaitu: 

  • Suara transmisi kasar saat memindah kecepatan. 
  • Pemindahan gigi sangat sulit, apalagi pada kecepatan tinggi, sehingga pemindahan gigi harus dilakukkan pada kecepatan yang rendah. 
Hal ini juga dialami pada sistem pengembangan yang meng- gunakan sistem Constantmesh. Meskipun pada sistem constant-mesh sudah tidak menggunakan penggeseran roda gigi, namun sistem penyambungannya masih mengalami permasalahan. Penyambungan yang dipergunakan pada sistem Constantmesh mirip pada sistem sliding gear saat memasukan kecepatan tertinggi yaitu antara roda gigi C dengan roda gigi D. Dengan kata lain, kendaraan yang transmisinya menggunakan sistem sliding gear atau Constantmesh akan terhambat khususnya pada proses akselerasi kendaraan. Karena setiap pemindahan kecepatan harus menunggu putaran turun terlebih dahulu.  Permasalahan proses pemindahan gigi tersebut, karena per- bedaan putaran kedua gigi yang akan disambungkan



RANGKUMAN:


1) Transmisi manual dan komponen-komponennya merupakan bagian dari sistem pemindah tenaga dari sebuah kendaraan, yaitu sistem yang berfungsi mengatur tingkat kecepatan dalam proses pemindahan tenaga dari sumber tenaga (mesin) ke roda kendaraan (pemakai/peng-gunaan tenaga).

 2) Sistem pemindah tenaga secara garis besar terdiri dari Unit kopling, transmisi, defrensial, poros dan roda kendaraan. Sementara Posisi unit transmisi berada selangkah di belakang unit kopling. Hal ini agar saat pemindahan kecepatan, hubungan dengan mesin dapat diputuskan ter-lebih dahulu. 

 3) Konsep dasar cara kerja transmisi adalah menggunakan konsep perbandingan momen, melalui sejumlah roda gigi. Dengan konsep tersebut dapat disesuaikan antara tenaga output mesin dengan besarnya beban yang akan diangkat. Saat beban berat seperti kendaraan akaan bergerak, tanjakan dan sebagainya, digunakan tingkat kecepatan yang rendah yang memiliki momen lebih besar.

 4) Terdapat beberapa macam roda gigi yang dipergunakan pada transmisi yaitu : 

  • Roda gigi jenis Spur – bentuk giginya lurus sejajar dengan poros, dipergunakan untuk roda gigi geser atau yang bisa digeser (Sliding mesh).
  • Roda gigi jenis Helical – bentuk giginya miring terhadap poros, dan Roda gigi jenis Double Helical – bentuk giginya dobel miring terhadap poros, dipergunakan untuk roda gigi tetap atau yang tidak bisa digeser (Constant mesh dan synchromesh). 
  • Roda gigi jenis Epicyclic – bentuk giginya lurus atau miring terhadap poros, dipergunakan untuk roda gigi yang tidak tetap kedudukan titik porosnya (Constant mesh). 

5) Terdapat tiga macam sistem pemindahan kecepatan pada unit transmisi, yaitu dengan sistem menggeser roda gigi atau slidingmesh, sistem roda gigi tetap dengan meng-gunakan kopling geser, dan sistem roda gigi tetap menggunakan synchronmesh.   

6) Komponen utama dari tramisi manual adalah sebagai berikut : 
  1. Transmission input shaft   atau Poros input transmisi, yaitu komponen yang menerima moment output dari unit kopling. 
  2. Transmission gear atau roda  gigi transmisi, yaitu Untuk mengubah input dari mesin menjadi output gaya torsi yang meninggalkan transmisi sesuai dengan kebutuhan kendaraan. 
  3. Synchroniser/synchro-mesh atau Gigi penyesuai, adalah perlengkapan yang memungkinkan pemindahan kecepatan pada kondisi putaran yang tinggi. 
  4. Gear shift lever atau  Tuas pemindah presnelling   dan Shift fork  atau  Garpu pemindah   adalah komponen yang berfungsi untuk mengoperasikan transmisi oleh pengemudi.             
  5. Output shaft atau Poros output adalah untuk menyalur-kan moment atau tenaga yang sudah diolah melalui proses reduksi ke komponen sistem pemindah tenaga selanjutnya

GLOSSARY atau Peristilahan dalam Transmisi Manual

GLOSSARY atau Peristilahan dalam Transmisi Manual

Berikut adalah istilah-istilah atau glossary dari Transmisi Manual

Constant Mesh 

adalah Roda gigi transmisi yang tidak dapat digeser posisinya.

Driving Gear 

adalah roda gigi penggerak yang terhubung langsung dengan mesin.
Driven Gear adalah roda gigi yang digerakan.

Kopling

 yaitu suatu perangkat/ sistem yang merupakan bagian dari sistem pemindah tenaga yang berfungsi untuk memutus dan menghubungkan putaran dan daya dari mesin ke unit pemindah tenaga selanjutnya dengan lembut dan cepat.

Kopling Gesek

 yaitu suatu kopling yang menggunakan gaya gesek mekanis untuk mencapai fungsi kerjanya.
Kopling Hidrolik yaitu suatu kopling yang menggunakan gaya hidrolis untuk mencapai fungsi kerjanya
.

Kopling Satu Arah (One Way Clutch)

 yaitu suatu unit kopling yang hanya meneruskan putaran dan daya pada satu arah saja, sedangkan  pada arah yang berlawanan tidak meneruskan putaran dan daya.

Mekanisme Hidrolik 

yaitu suatu sistem pengoperasian dengan menggunakan tenaga hidrolis dengan suatu master silinder dan release silinder/ actuating silinder.

Mekanisme Mekanik 

yaitu suatu sistem pengoperasian dengan menggunakan tenaga mekanik dengan batang (linkage) maupun dengan kabel (cable).

Roda Gila (Fly Wheel)

 yaitu salah satu komponen motor yang berfungsi sebagai penyeimbang putaran motor (balancer) sekaligus penyimpan tenaga putar yang dihasilkan oleh putaran poros engkol, sehingga poros engkol dapat berputar terus guna manghasilkan langkah usaha kembali (kesinambungan kerja).

RR (Rear Engine Rear Drive) 

yaitu suatu jenis kendaraan dengan mesin di bagian belakang kendaraan dan sebagai roda penggeraknya adalah roda belakang.

Sliding Mesh 

adalah roda gigi transmisi yang dapat digeser posisinya.
Synchromesh adalah perlengkapan transmisi yang berfungsi untuk menyamakan putaran antar gigi yang akan di-sambung.

Transmisi 

yaitu salah satu bagian dari sistem pemindah tenaga yang berfungsi untuk mendapatkan variasi momen dan kecepatan sesuai dengan kondisi jalan dan kondisi pembebanan, yang pada umumnya dengan menggunakan perbandingan-perbandingan roda gigi. Transmisi Manual adalah Transmisi kendaraan yang pengope-rasiannya dilakukan secara langsung oleh pengemudi. 

SISTEM BAHAN BAKAR DIESEL pada MOBIL

SISTEM BAHAN BAKAR DIESEL pada MOBIL

SISTEM BAHAN BAKAR DIESEL 

Penemu motor diesel adalah seorang dari Jerman, bernama Rudolf Diesel . Ia mendapat hak paten untuk mesin Diesel pada tahun 1892, tetapi mesin Diesel tsb, baru dapat dioperasikan dengan baik pada tahun 1897.

Tujuan Rudolf Diesel 

  • Menaikkan rendemen motor (rendemen motor bensin ~ 30%, rendemen motor Diesel ~ 40 - 51%) 
  • Mengganti sistem pengapian dengan sistem penyalaan diri, karena sistem pengapian motor bensin pada waktu itu kurang baik 
  • Mengembangkan sebuah mobil yang dapat dioperasikan dengan bahan bakar lebih murah dari pada bensin  


Keuntungan motor diesel dibandingkan motor bensin 

  • Daya motor dan momen putar lebih tinggi 
  • Pemakaian bahan bakar lebih irit 
  • Harga bahan bakarnya lebih murah


Perlengkapan sistem bahan bakar Diesel 


  1. Tangki bahan bakar
  2. Saringan kasa pada pompa pengalir 
  3. Advans saat penyemprotan
  4. Saringan halus
  5. Pompa injeks  
  6. Governor
  7. Nosel
  8. Busi pemanas 

Cara pembentukan campuran

 Pada motor diesel hanya udara saja yang dihisap dan dikompresikan, bahan bakar dan udara dicampur didalam silinder  

Cara penyalaan 

Setelah udara dikompresikan bahan bakar disemprotkan kedalam ruang bakar sehingga terjadi pembakaran. 

Persyaratan terjadinya penyalaan 
  1. Tekanan udara yang dikompresikan mencapai 1,5 – 4 Mpa sehingga temperatur naik  700 – 900C  
  2.  Bahan bakar harus berkabut dengan halus  
  3. Perbandingan campuran harus sehomogen mungkin 
  4. Bahan bakar yang sesuai mempunyai sifat-sifat sbb:
    -  Mudah menyala (nilai oktan tinggi) dan bersifat melumasi 

Cara penyemprotan dan pembentukan campuran 

  1. Injeksi tak langsung bahan bakar diinjeksikan pada ruang bakar(kamar muka, kamar pusar) 
  2. Injeksi langsung bahan bakar diinjeksikan langsung pada ruang bakar (biasanya ruang bakar pada puncak torak) bentuk ruang bakarnya adalah bentuk bak, bola, setengah bola dan bentuk hati

INJEKSI LANGSUNG

Bentuk ruang bakar: 

Ruang bakar ada didalam silinder biasanya dipuncak torak  

Macam-macamnya : 
  • - bentuk bak  
  • - bentuk bola  
  • - bentuk setengah bola 
  • - bentuk hati

Cara kerja : 
bahan bakar disemprotkan kedalam ruang bakar di dalam silinder. Nosel injeksi biasanya mempunyai beberapa lubang pada umumnya digunakan pada motor besar 3000cc keatas 

Keuntungan : 
Tanpa pemanas mula, efisien dan daya tinggi  dan pemakaian irit 

Kerugian :
Suara lebih keras karea terdiri dari beberapa lubang  Pompa injeksi dan injektor mahal, karena tekanan penyemprotan lebih tinggi 


INJEKSI TAK LANGSUNG

contoh: ruang bakar kamar pusar


Bagian-bagian: 

  1. Injektor 
  2. Busi pijar 
  3. Ruang bakar 
  4. Saluran penghubung    


 
Bentuk ruang bakar: 
Ruang bakar berada diluar silinder

Macam-macamnya:

  • Ruang bakar kamar pusar 
  •  Ruang bakar kamar muka

Cara kerja injeksi tak langsung

Udara dikompresikan ke dalam ruang bakar karena saluran penghubung menuju tangensial ke dalam ruang bakar, maka udara menerima pusaran/olekan  yang mempermudah pembentukan campuran pada saat bahan bakar disemprotkan Oleh karena itu tekanan injektor bisa lebih rendah  dan nosel cukup dengan satu lubang. Digunakan pada motor-motor kecil 2000cc ke bawah

 Keuntungan :

  • Suara lebih halus dari pada injeksi langsung  
  • Perlengkapan injeksi lebih murah karena tekanan penyemprotan lebih rendah 


Kerugian 

  • Pakai busi panas  
  • Effisiensi dan dayanya kurang dari pada injeksi langsung

Gangguan-gangguan pada motor diesel 

Sebelum menentukan gangguan pada motor diesel ada beberapa langkah awal  yang harus dipenuhi antara lain motor starter harus berputar dengan baik dan pompa injeksi juga harus dalam keadaan baik. Pada motor injeksi tak langsung penyebab motor tidak bisa hidup adalah tidak adanya tegangan pada busi pemanas dan supply bahan bakarnya terhambat. Sedang pada motor system injeksi langsung harus diperiksa pada  sirkulasi pada rangkaian bahan bakarnya dan kondisi mekanis motor seperti timing penyemprotan, tekanan kompresi dan saat penyemprotan. Selain itu adanya udara yang masuk pada sirkuit bahan bakar merupakan penyebab motor diesel tidak dapat hidup.  

Servis Engine dan komponennya
Langkah dalam melaksanakan servis engine antara lain memeriksa celah katup, tes tekanan kompresi,memeriksa system pengapian, kondisi baterai,ketegangan sabuk penggerak,pemeriksaan kondisi oli motor dan pemeriksaan pada system kelistrikan motor.



Klasifikasi oli motor SAE 
(SAE : Society of Automotiv Engineers) 



SAE 10 : encer sekali, digunakan untuk sistem hidraulis
SAE 20

SAE 30 : Umumya digunkana untuk kendaraan
SAE 40

SAE 50 : Digunakan jika temperatur tinggi sekali,  seperti di arab
SAE 90 : Umumnya digunkan untuk komponen sistem penggerak.



Oli multigrade
Viskositas oli bukan tetap : semakin tinggi temperatur semakin encer oli motor. Pada oli multigrade diberi zat tambahan yang mengatasi  efek ini




Alasan pergantian oli 
Lama kelamaan mutu oli berkurang karena :

  1. Oksidasi Ditimbulkan karena reaksi oksigen dengan hidrokarbon yang terkandung dalam minyak pelumas  lumpur/endapan. 
  2. Kelemahan bahan tambahan Bahan tambahan tidak menambah daya pelumasan, tapi hanya memberi bahan tambahan yang tertentu saja  
  3. Kotoran Kotoran-kotoran berupa abu atau karbon, bercampur dengan minyak pelumas  gumpalan karbon 



















Cara Kerja Ac Mobil

CARA KERJA AC MOBIL

Saat berusaha mencari artikel untuk menambah koleksi dan kualitas blog ini, saya menemukan artikel yang cukup lengkap untuk menjelaskan cara kerja Ac dari sini , ini hanya sebagian untuk menghormati penulis yang sebenarnya.

Cara kerja ac mobil dibagi menjadi tiga  kondisi yaitu :

  1. Pada saat ac mati
  2. Pada saat ac mobil baru dihidupkan dan
  3. Pada saat ac mobil sudah lama hidup dan ruangan suhunya sudah rendah

1. Saat ac mobil mati
Pada saat ini semua gas freon yang ada dalam sistem ac mempunyai suhu dan tekanan yang sama yaitu tekanan berada dikisaran 120 - 150 psi

2. Saat ac mobil baru dinyalakan
gas freon dipompa kompresor untuk dialirkan kesemua sistem dan dikabutkan oleh expansi valve ke evaporator  menjadi uap dingin yang kemudian ditiup oleh udara blower ke seluruh kabin .pada tahap ini beban pendinginan pada ruangan masih besar maka lubang pada expansivalve ( D )membesar dan pengabutannya pun lebih banyak sehingga pendinginan ruangan akan lebih cepat tercapai .

3. Pada saat ac sudah lama nyala dan ruangan suhunya sudah rendah
gas freon dipompa kompresor untuk dialirkan kesemua system dan dikabutkan oleh expansi valve ke evaporator  menjadi uap dingin yang kemudian ditiup oleh udara blower ke seluruh kabin .pada tahap ini beban pendinginan pada ruangan sudah tercapai maka lubang pada expansivalve  mengecil  dan pengabutannya pun lebih sedikit .saat kedinginan sudah mencapai derajat tertentu   kompresor akan berhenti bekerja dan kemuadian akan nyala kembali untuk memulai proses pendinginan
biasanya setelan otomatis kompresor pada suhu 0 - 5 derajat C = ( 0 komp mati ,5 komp nyala )

Sekian artikel tentang cara kerja ac mobil ini, semoga bermanfaat.

Lihat juga :

Sumber : Cara kerja ac

Pengerian Mobil listrik

Pengertian Mobil listrik

pengertian mobil listrikApa itu mobil listrik, MOBIL LISTRIK  Adalah mobil yang digerakkan dengan motor listrik, menggunakan energi listrik yang disimpan dalamMobil listrik sangat populer pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, tapi kemudian popularitasnya meredup karena teknologi mesin pembakaran dalam yang semakin maju dan harga kendaraan berbahan bakar bensin yang semakin murah. Krisis energi pada tahun 1970-an dan 1980-an pernah membangkitkan sedikit minat pada mobil-mobil listrik, tapi baru pada tahun 2000-an lah para produsen kendaraan baru menaruh perhatian yang serius pada kendaraan listrik listrik. Hal ini disebabkan karena harga minyak yang melambung tinggi pada tahun 2000-an serta banyak masyarakat dunia yang sudah sadar akan buruknya dampak emisi gas rumah kaca. Sampai bulan Novemver 2011, model-model listrik yang tersedia dan dijual di pasaran beberapa negara adalah Tesla Roadster, REVAi, Renault Fluence Z.E., Buddy, Mitsubishi i MiEV, Tazzari Zero, Nissan Leaf, Smart ED, Wheego Whip LiFe, Mia listrik, dan BYD e6. Nissan Leaf, dengan penjualan lebih dari 20.000 unit di seluruh dunia (sampai November 2011), dan Mitsubishi i-MiEV, dengan penjualan global lebih dari 17.000 unit (sampai Oktober 2011), adalah kedua mobil listrik paling laris di dunia.

gambar mobil listrik




Mobil listrik memiliki beberapa kelebihan yang potensial jika dibandingkan dengan mobil bermesin pembakaran dalam biasa.
Kelebihan mobil listrik :
  • Yang paling utama adalah mobil listrik tidak menghasilkan emisi kendaraan bermotor.
  • Mobil jenis ini juga mengurangi emisi gas rumah kaca karena tidak membutuhkan bahan bakar fosil sebagai penggerak utamanya. 
Kerugian :
Walaupun begitu mobil juga listrik juga mempunyai kerugiannya, kerugian ini lebih ke ekonomi, kenapa ? karena kita tahu bahwa di Indonesia ini sedang berkembang dengan pesat pertumbuhan dunia otomotif, umumnya yang masih menggunakan mesin pembakaran dalam, apabila Indonesia beralih ke mobil listrik maka bisa dibayangkan kerugian ekonomi yang diakibatkan, selain itu juga bisa menghilangkan lapangan kerja karena mobil listrik tidak menggunakan alat-alat yang banyak seperti halnya pada mesin pembakaran dalam ( mobil saat ini ), mobil listrik juga tidak membutuhkan perawatan yang banyak. Sebagai contoh, mobil listrik tidak perlu melakukan tune up dan ganti oli, sedangkan kebanyakan bengkel mobil sebagian besar pendapatannya berasal dari hal tersebut, hal itu membuat bengkel yang tidak dapat menyesuaikan dengan perkembangan jaman maka akan mengalami kerugian bahkan akan gulung tikar yang menyebabkan berkurangnya lapangan pekerjaan dan meningkatnya pengangguran. jadi saya pikir perkembangan mobil listrik di Indonesia akan mengalami perkembangan yang lambat karena Indonesia perkembangan dunia otomotif nya berkembang sangat pesat, tentunya Indonesia tidak akan beralih ke mobil listrik dalam jangka waktu dekat ini karena masih membutuhkan pertumbuhan ekonomi yang besar untuk memajukan ekonomi Indonesia

Penggunaan mobil listrik secara meluas memiliki banyak hambatan dan kekurangan. Sampai pada tahun 2011, harga mobil listrik masih jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan mobil bermesin pembakaran dalam biasa dan kendaraan listrik hibrida karena harga baterai ion litium yang mahal. Meskipun begitu, saat ini harga baterai mulai turun karena mulai diproduksi dalam jumlah besar. Faktor lainnya yang menghambat tumbuhnya penggunaan mobil listrik adalah masih sedikitnya stasiun pengisian untuk mobil listrik, ditambah lagi ketakutan pengendara akan habisnya isi baterai mobil sebelum mereka sampai di tujuan. Beberapa pemerintah di beberapa negara di dunia telah menerbitkan beberapa insentif dan aturan untuk menanggulangi masalah ini, yang tujuannya untuk meningkatkan penjualan mobil listrik, untuk membiayai pengembangan teknologi mobil listrik sehingga harga baterai dan komponen mobil bisa semakin efisien. Pemerintah Amerika Serikat telah memberikan dana hibah sebesar US$2,4 miliar untuk pengembangan mobil listrik dan baterai. Pemerintah China mengumum kan bahwa mereka akan menyediakan dana sebesar US$15 milyar untuk memulai industri mobil listrik di negaranya. Beberapa pemerintah lokal dan nasional di banyak negara telah menerbitkan kredit pajak, subsidi, dan banyak insentif lainnya untuk mengurangi harga mobil listrik dan mobil plug-in.

Sejarah mobil listrik

Mobil listrik populer pada pertengahan abad ke-19 dan awal abad ke-20, ketika listrik masih dipilih sebagai penggerak utama pada kendaraan. Hal ini disebabkan karena mobil listrik menawarkan kenyamanan dan pengoperasian yang mudah yang tidak dapat dicapai oleh kendaraan-kendaraan bermesin bensin saat itu. Perkembangan teknologi pembakaran dalam yang semakin maju, terutama di starter listriknya, lambat laun mengurangi popularitas mobil listrik. Hal ini ditambah dengan kemampuan mobil bensin dapat menempuh jarak yang lebih jauh, pengisiasn bensin yang lebih cepat, dan infrastruktur pengisian semakin bertambah, ditambah dengan sistem produksi massal yang diterapkan oleh Ford Motor Company, membuat harga mobil bensin turun drastis sampai setengah harga mobil listrik. Mobil listrik pun menjadi semakin tidak populer, dan secara total menghilang dari pasaran, terutama di pasaran gemuk seperti Amerika Serikat, pada tahun 1930-an. Bagaimanapun juga, pada tahun-tahun belakangan ini, semakin banyak orang yang sadar akan dampak lingkungan yang ditimbulkan oleh mobil berbahan bakar bensin, ditambah harga bensin yang mahal dan terus naik, membuat mobil listrik kembali diminati. Mobil listrik jauh lebih ramah lingkungan dari mobil bensin, biaya perawatan lebih murah, ditambah teknologi baterai yang semakin maju. Kekurangannya adalah harga mobil listrik saat ini masih mahal. Mobil listrik saat ini mulai mendapatkan lagi popularitasnya di beberapa negara di dunia setelah sekian lama menghilang.

  • 1890-an sampai 1900-an: Awal sejarah
    Sebelum masanya mesin pembakaran dalam, mobil listrik telah memegang banyak rekor kecepatan dan jarak. Diantara semua rekor ini, salah satu yang paling terkenal adalah pemecahan rekor kecepatan 100 km/j (62 mph) oleh Camille Jenatzy pada tanggal 29 April 1899. Ia menggunakan kendaraannya yang berbentuk roket Jamais Contente, dengan kecepatan maksimal 10.588 km/j (6,579 mph). Sebelum tahun 1920-an, mobil listrik bersaing ketat dengan mobil berbahan bakar bensin.

    Dimulai pada tahun 1896 untuk mengatasi masalah infrastruktur pengisian yang kurang, sebuah jasa pelayanan penggantian baterai dimulai oleh perusahaan Hartford Electric Light Company untuk truk listrik. Pemilik kendaraan membeli kendaraannya dari General Electric Company (GVC) tanpa baterai dan membeli baterainya di Hartford Electric dengan sistem baterai yang dapat diganti-ganti. Pemilik kendaraan akan dikenai biaya servis bulanan dan biaya perjalanan per milnya untuk biaya perawatan truknya. Jasa pelayanan ini tersedia pada tahun 1910 sampai 1924 dan menempuh total jarak sekitar 6 juta mil. Pada tahun 1917, sebuah perusahaan di Chicago menjalankan servis pelayanan serupa untuk pemilik mobil Milburn Light Electric yang juga membeli kendaraannya tanpa baterainya.

    Pada tahun 1897, mobil listrik mulai dipakai sebagai kendaraan komersial di Amerika Serikat sebagai armada taksi listrik New York City, taksi ini dibuat oleh Electric Carriage dan Wagon Company Philadelphia. Mobil-mobil listrik di Amerika Serikat diproduksi oleh Anthony Electric, Baker, Columbia, Anderson, Fritchle, Studebaker, Riker, Milburn, dan beberapa perusahaan lainnya di awal abad ke-20.

    Meskipun memiliki kecepatan yang rendah, tapi mobil listrik memiliki banyak kelebihan dibandingkan kompetitornya di awal 1900-an. Mobil listrik tidak menimbulkan getaran, mobil listrik juga tidak mengeluarkan gas buang yang berbau, dan tidak berisik bila dibandingkan dengan mobil bensin. Selain itu, mobil listrik tidak memerlukan perpindahan gigi, dimana pada mobil bensin hal inilah yang menjadi penghambat besar dalam mengemudikannya. Mobil listrik pada masa itu juga digunakan oleh orang-orang kaya yang menggunakannya sebagai mobil kota, sehingga keterbatasan jarak bukanlah hambatan besar. Kelebihan lainnya, mobil listrik juga tidak membutuhkan usaha keras untuk menyalakannya, tidak seperti mobil bensin yang membutuhkan tuas tangan untuk menyalakan mobilnya. Mobil listrik pada masa itu dianggap sebagai mobil yang cocok untuk pengemudi wanita karena kemudahan dalam mengoperasikannya.
    Pada tahun 1911, New York Times menyatakan bahwa mobil listrik adalah kendaraan "ideal" karena lebih bersih, lebih senyap, dan lebih hemat daripada mobil bensin.

* 1990-an sampai sekarang: Kembalinya minat publik

Krisis energi pada tahun 1970-an dan 1980-an menimbulkan kembalinya minat masyarakat akan mobil listrik. Pada awal 1990-an, California Air Resources Board (CARB) mulai menekan para pabrikan otomotif untuk mulai membuat mobil yang efisien dalam baqhan bakar, rendah emisi, dengan tujuan akhirnya adalah membuat kendaraan emisi nol seperti kendaraan listrik. Sebagai respons, beberapa pabrikan mencoba membuat mobil listrik mereka masing-masing, seperti Chrysler TEVan, truk pikap Ford Ranger EV, GM EV1, pikap S10 EV, hatchback Honda EV Plus, miniwagon Altra EV, dan Toyota RAV4 EV. Mobil-mobil ini akhirnya ditarik peredarannya di pasar Amerika Serikat.
Nissan Leaf pertama yang diantarkan ke konsumen di A.S. di jalanan San Francisco

Resesi ekonomi global pada akhir tahun 2000-an membuat banyak produsen otomotif dunia meninggalkan mobil-mobil SUV yang besar dan boros, dan beralih ke mobil-mobil kecil, hibrida, dan mobil listrik. Perusahaan otomotif asal California, Tesla Motors, memulai pengembangan Tesla Roadster pada tahun 2004, dan kemudian diluncurkan ke publik pada tahun 2008. Sampai bulan Januari 2011, Tesla telah berhasil menjual 1.500 unit Roadster di 31 negara. Mitsubishi i MiEV diluncurkan untuk penggunaan armada di Jepang bulan Juli 2009, dan mulai dijual pada perseorangan pada bulan April 2010. i Miev mulai dijual di Hong Kong bulan Mei 2010, dan Australia mulai Juli 2010.

Penjualan Nissan Leaf di Jepang dan Amerika Serikat dimulai pada bulan Desember 2010, meskipun di awal peluncurannya hanya tersedia di beberapa kawasan saja dengan jumlah yang terbatas pula. Sampai bulan September 2011, mobil-mobil listrik yang dijual di pasaran adalah REVAi, Buddy, Citroën C1 ev'ie, Transit Connect Electric, Mercedes-Benz Vito E-Cell, Smart ED, dan Wheego Whip LiFe.

Perbandingan mobil listrik dengan kendaraan bermesin pembakaran dalam

mobil listrik tucuxiSaat ini, target terpenting dari kendaraan listrik adalah mengatasi masalah di bidang pengembangan,
produksi, dan operasinya yang tinggi bila dibandingkan dengan mobil bermesin pembakaran dalam sejenis.

 

1.Harga

Penjualan Mitsubishi i MiEV ke publik dimulai di Jepang pada bulan April 2010, Hongkong pada bulan Mei 2010, dan Australia pada bulan Juli 2010.

Mobil listrik pada umumnya lebih mahal daripada mobil bermesin pembakaran dalam. Alasan utamanya adalah mahalnya harga baterai. Para pembeli mobil di AS dan Inggris terlihat tidak mau untuk mengeluarkan uang mereka lebih banyak untuk mobil listrik. Hal ini pun menyebabkan tersendatnya transisi dari mobil bensin ke mobil listrik. Sebuah survei yang dilakukan oleh Nielsen untuk Financial Times menunjukkan bahwa 65% orang Amerika dan 76% orang Inggris tidak mau mengeluarkan uang lebih banyak dari apa yang mereka keluarkan untuk mobil bensin. Sebuah laporan oleh J.D. Power and Associates juga mengklaim bahwa 50% pembeli mobil di Amerika tidak mau membeli kendaraan hijau jika harganya 5.000 dolar lebih mahal dari kendaraan bensin sejenis, meskipun mereka juga mengkhawatirkan lingkungan.

Perusahaan mobil listrik Tesla Motors menggunakan teknologi baterai komputer jinjing sebagai baterai yang mereka gunakan di mobil listrik mereka. Baterai ini 3 sampai 4 kali lebih murah bila dibandingkan dengan baterai mobil listrik biasa yang dipakai perusahaan mobil lainnya. Baterai konvensional menghabiskan 700-800 dolar AS per kilowatt jam, sedangkan baterai yang menggunakan sel dari komputer jinjing hanya 200 dolar AS saja. Pada akhirnya, hal ini memungkinkan turunnya harga mobil listrik yang menggunakan teknologi dari Tesla seperti Toyota RAV4 EV, Smart ED, dan Model X. New York Times sendiri mengestimasi harga baterai berkisar antara US$400 sampai US$500 per kilowatt-jam.

Saat ini, Nissan LEAF adalah mobil listrik paling murah di Amerika Serikat, dengan harga awal adalah US$32,780 yang kemudian berkurang menjadi US$25,280 setelah dikurangi pajak federal sebesar US$7,500. Harga mobil ini kemudian turun lagi di California menjadi US$20,280 setelah pemerintah negara bagian itu memberikan pemotongan pajak sebesar US$5,000. Pemotongan pajak serupa juga diberikan di beberapa daerah lainnya.

Sedan listrik Renault Fluence Z.E. 5 pintu akan dijual dengan harga awal dibawah 20.000 dolar AS. Harga ini belum termasuk pemotongan pajak dari pemerintah AS.[42] Mobil ini akan dijual tanpa baterai, maka harganya jauh lebih murah. Para pembeli mobil ini nantinya akan mengkontrak baterai mobilnya dari perusahaan Better Place.
Biaya perawatan [sunting]
Tesla Roadster yang dijual di AS dan Eropa memiliki jarak tempuh sekitar 245 mil sekali pengisian baterainya.

Besar biaya perawatan dari mobil listrik sebagian besar adalah biaya perawatan dan penggantian baterainya. Sebuah mobil listrik hanya memiliki 5 suku cadang bergerak pada motor listriknya, bandingkan dengan mobil bermesin pembakaran dalam yang memiliki ratusan suku cadang bergerak.[43] Baterai mobil listrik harganya sangat mahal tapi biaya perawatannya sangat kecil, apalagi dengan baterai Lithium yang saat ini banyak digunakan.

Untuk menghitung berapa biaya per kilometer dari mobil listrik maka penting untuk menetapkan berapa nilai pakai baterai. Untuk menetapkan nilai ini merupakan hal yang sulit dikarenakan fakta yang menunjukkan bahwa kapasitas baterai akan berkurang sedikit demi sedikit setiap kali pengisian ulang. Umur baterai dikatakan habis apabila si pemilik mobil merasa bahwa kemampuan baterainya sudah tidak dapat diandalkan lagi. Meskipun secara pemakaian sudah "habis", tapi baterai bekas pakai ini masih memiliki nilai guna karena masih dapat dipakai untuk tujuan lainnya atau mungkin didaur ulang kembali.

Karena baterai pada mobil listrik terdiri dari banyak sel-sel individu yang pemakaiannya tidak merata, maka mengganti sel yang sudah rusak secara periodik dapat mempertahankan jarak tempuh kendaraan.

Baterai Tesla Roadster yang besar diklaim oleh pabrikan dapat bertahan selama 7 tahun dengan pemakaian normal. Harga baterai ini sekitar US$12,000. Jika mobil ini dikendarai 40 mil (64 km) per harinya dalam 7 tahun maka totalnya adalah 102.200 mil (164,500 km) sehingga biaya perawatan baterai ini per 1 mil (1.6 km) adalah US$0,1174 per 1 mil (1.6 km) atau US$4,70 per 40 mil (64 km).

Pada tahun 2010, Pemerintah Amerika Serikat mengestimasi bahwa baterai dengan jarak tempuh 100 mil (160 km) kira-kira harganya US$33.000. Sebagian publik masih mengkhawatirkan ketahanan dan masa pakai baterai.

2.Listrik vs. bahan bakar hidrokarbon


Tesla Roadster menggunakan listrik sebanyak 17.4 kW·h/100 km (0.63 MJ/km; 0.280 kW·h/mi),sedangkan EV1 sebanyak 11 kW·h/100 km (0.40 MJ/km; 0.18 kW·h/mi). Mobil listrik lainnya seperti Nissan Leaf menggunakan listrik sebesar 21.25 kW·h/100 km (0.765 MJ/km; 0.3.420 kW·h/mi), yang diukur oleh Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (US EPA). Perbedaan ini menggambarkan perbedaan desain dan target pemakaian kendaraan, serta standar tes yang beraneka ragam. Pada dasarnya, penggunaan energi mobil listrik itu sendiri sangat tergantung dari kondisi alam dan gaya mengemudi. Nissan sendiri mengestimasikan bahwa ongkos perawatan Leaf untuk 5 tahun adalah US$1,800, sedangkan mobil bensin biasa US$6,000. Menurut Nissan, ongkos perawaran Leaf di Inggris adalah 1,75 pence per mil (1,09p per km), sedangkan untuk mobil bensin ongkosnya lebih dari 10 pence per mil (6,25p per km). Estimasi ini didasarkan pada rata-rata tarif nasional Inggris pada bulan Januari 2012, dengan pengisian dilakukan didasarkan pada harga malam hari.


Artikel ini hanyalah sebagian, untuk lebih lengkap kunjungi sumbernya di mobil listrik-wikipedia

Prinsip Kerja Karburator Motor

Prinsip Kerja Karburator Motor :

Sejak mesin dihidupkan sampai kendaraan berjalan pada kondisi yang stabil, perbandingan campuran bahan bakar dengan udara mengalami beberapa kali perubahan, untuk melakukan perubahan perbandingan bahan bakar dengan udara sesuai dengan kondisi mesin, maka terdapat beberapa sistem kerja karburator ( Tipe karburator ).
Tipe karburator berdasarkan konstruksinya :
  • Karburator dengan venturi tetap ( fixed ventury )
  • Karburator dengan venturi berubah-ubah ( variabel ventury ) / slide karburator
  • Karburator dengan kecepatan konstan ( constan velocity carburetor )


Prinsip kerja karburator ini berdasarkan hukum-hukum fisika seperti continuitas dan bernauli. Apabila suatu fluida mengalir melalui suatu tabung maka banyaknya fluida yang mengalir adalah ( Q= A . V = konstan )
  • Q = debet aliran ( meter kubik/jam )
  • A = Luas penampang tabung ( meter perssegi )
  • V = kecepatan aliran ( meter per sekon , m/s )
  • P = tekanan fluida
tekanan fluida ( P ) sepanjang tabung alir yang berdiameter sama juga akan tetap ( konstan ). Jika terdapat bagian tabung alir yang diameternya diperkecil maka kecepatan alirnya akan bertambah ( naik ) dan tekanan fluida ( P ) akan berkurang ( turun ). Prinsip inilah yang digunakan untuk mengalirkan bahan bakar dari ruang pelampung karburator dengan memperkecil diameter alir atmosfer / udara didalam karburator untuk dihisap oleh mesin ( silinder ) pada langkah hisap. Bagian yang mengecil ini disebut venturi, seperti gambar dibawah ini : >>
gambar venturi
Ket :
  1. Tekanan atmosfer
  2. Saluran masuk
  3. Venturi



artikel sebelumnya Sistem bahan bakar sepeda motor
Demikian artikel tentang prinsip kerja karburator

LIST atau DAFTAR Merk Mobil Dunia

Daftar Merk Mobil Dunia

Di dalam dunia otomotif, persaingannya sangat besar karena banyak sekali merk atau brand mobil yang terkenal, ada yang dari Jepang, Amerika, Jerman, ataupun Inggris dan masih banyak lagi.
Berikut adalah merk merk mobilyang ada di dunia :
A
  • Audi, adalah perusahaan yang memproduksi dan mendistribusikan mobil dan sepeda motor. Audi mengawasi operasi di seluruh dunia dari kantor pusat di Ingolstadt, Bavaria, Jerman. Kendaraan Audi diproduksi di tujuh fasilitas produksi di seluruh dunia.
    Audi dimiliki oleh Volkswagon grup sebesar 99,55% . logo yang berupa empat cincin yang saling berkaitan masing-masing mewakili empat perusahaan yang mendirikannya.

    Slogan
    Audi adalah Vorsprung durch Technik, yang berarti "Kemajuan melalui Teknologi"
    , baru baru ini di amerika serikat diubah menjadi truth of enginering.
    Audi merupakan bagian dari German Big 3, bersama BMW dan Marcedes-benz, yang merupakan tiga mobil mewah terlaris di dunia.
  • Aston Martin, merupakan produsen mobil sport Inggris mewah. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1913 oleh Lionel Martin dan Robert Bamford. Dari tahun 1994 sampai tahun 2007, Aston Martin adalah anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Ford Motor Company, menjadi bagian dari Ford Premier Automotive Group ketika dibentuk pada tahun 2000. Pada bulan Maret 2007, konsorsium investor yang dipimpin oleh bos Prodrive David Richards membeli 90% dari Aston Martin untuk £ 479.000.000, dengan Ford mempertahankan £ 40.000.000 saham. [6] Pada bulan Desember 2012, Italia swasta Investindustrial equity fund [7] menandatangani kesepakatan untuk membeli 37,5% dari Aston Martin, investasi £ 150,000,000 sebagai peningkatan modal.

B   
  • BMW, Bayerische Motoren Werke (Inggris: Bavarian Motor Works), umumnya dikenal sebagai BMW, adalah mobil Jerman, sepeda motor dan perusahaan manufaktur mesin didirikan pada tahun 1917. BMW berkantor pusat di Munich, Bavaria, Jerman. BMW memproduksi sepeda motor di bawah BMW Motorrad. Pada tahun 2010, BMW menghasilkan 1.481.253 mobil dan sepeda motor 112.271 di semua merek. BMW adalah bagian dari "Jerman Big 3" mobil mewah, bersama dengan Audi dan Mercedes-Benz, yang merupakan tiga penjual mobil mewah terbaik di dunia
C
  • Chevrollet, sering disebut sebagai Chevy, adalah merek kendaraan yang diproduksi oleh General Motors (GM). Awalnya didirikan oleh Louis Chevrolet dan di ambil alih pendiri General Motors William C. Durant pada November 3, 1911 sebagai Chevrolet Motor Car Company, diakuisisi oleh General Motors pada tahun 1918 dan diposisikan oleh Alfred Sloan untuk menjual kendaraan utama untuk bersaing dengan Henry Ford Model T.
  • Cadillac, adalah perusahaan mobil mewah yang dimiliki oleh General Motors (GM). Cadillac saat ini menjual kendaraan di 37 negara, dengan pasar utama Amerika Utara. Pada tahun 2012, penjualan Cadillac di AS sekitar 149.782. Secara global, pasar terbesar Cadillac berikutnya adalah China. SRX Crossover telah menjadi best seller Cadillac sejak 2010.
D

  • Daihatsu, merupakam produsen mobil tertua di jepang, daihatsu lebih dikenal sebagai penghasil mobil kecil / pribadi, dan mobil offroad. Markas daihatsu berada di Ikeda, osaka. Daihatsu dibentuk pada tahun 1951 sebagai penerus Hatsudoki Seizo Co Ltd, didirikan pada tahun 1907, sebagai bagian dari restrukturisasi besar Hatsudoki itu.

    Selama tahun 1960, Daihatsu mulai mengekspor jangkauan ke Eropa di mana ia tidak mengalami keberhasilan dalam penjualan yang besar hingga memasuki tahun 1980-an. Sejak Februari 1992, Toyota mendistribusikan model Daihatsu sebagai bagian dari distribusi di Amerika Utara. Di Jepang, banyak model Daihatsu juga dikenal sebagai kei Jidosha (atau mobil kei).

    Daihatsu Diesel Motor Manufacturing Company dibentuk pada tahun 1966 sebagai perusahaan afiliasi untuk memproduksi mesin-mesin kelautan dan generator diesel.

    Pada bulan Januari 2011, Daihatsu mengumumkan bahwa mereka akan menarik diri dari Eropa pada tahun 2013, mengutip yen yang masih tinggi, yang membuatnya sulit bagi perusahaan untuk membuat keuntungan dari bisnis ekspor. Setelah krisis keuangan penjualan Daihatsu di Eropa anjlok , dari 58.000 pada tahun 2007 menjadi 12.000 pada tahun 2011.
E
  • Esemka, untuk yang satu ini, saya kurang informasi soal mobil esemka, tapi yang jelas mobil esemka adalah mobil dari solo yang di buat oleh anak-anak smk solo, smk mana tepatnya saya kurang tahu. Dan yang pasti pak jokowi yang mempopulerkan mobil esemka ini.
F

  • Ferrari,merupakan perusahaan mobil sport itali yang berpusat di maranello, Itally. Didirikan oleh Enzo Ferrari pada tahun 1929, sebagai scuderia ferrari. Ferrari mensposori pembalab dan memproduksi mobil balap, tetapi pada tahun 1947 ferrari mulai memproduksi mobil umum. Sampai sekarang ferrari masih berpartisipasi dalam dunia balap, khususnya formula satu ( F1 ) dan mengalami sukses besar. Mobil ferrari sering digunakan untuk menunjukan kekayaan dan kemewahan.
  • Ford, merupakan produsen mobil multinasional Amerika yang berpusat di dearborn, Michigan, dekat detroit. Ford didirikan oleh Hendry Ford pada 16 juni 1903, ford juga memiliki saham yang kecil di mazda dan aston martin.

Demikian artikel tentang merk mobil dunia ini, itu belum semuanya, masih banyak yang lain, karena saya capek menulisnya jadi nanti saya lanjutkan lagi.

      Sunday, 31 August 2014

      SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN pada MOBIL

      SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN 

      Karburator berfungsi untuk mencampur bahan bakar dan udara pada ruang pencampur yang kemudian campuran tersebut dialirkan ke ruang bakar untuk pembakaran. Perbandingan antara udara dan bensin untuk memperoleh campuran yang ideal adalah 1 kg bensin dengan 15 kg udara ( Stochiometri). Jika jumlah udara lebih kecil 15 kg udara maka campurannya kaya sedangkan jika jumlah udara lebih besar 15 kg udara disebut campuran kurus Ditinjau dari alirannya dibedakan arus naik,arus turun  dan arus mendatar



      1. Sistem Kelengkapan Bahan Bakar 

      SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN




      • Tangki, tempat menampung bensin   
      • Ventilasi udara, menjaga agar tekanan dalam tangki tetap atmosfir  
      • Saringan bensin, membersihkan bensin dari kotoran  
      • Pompa bensin, memindahkan bensin dari tangki ke karburator 
      • Sistem pelampung.



      Sistem-sistem pada karburator terdiri dari:

      • System idle dan perpindahan( low system) mengatur perbandingan campuran saat kendaraan pada beban rendah. 
      • System utama dengan koreksi udara (high system) mengatur perbandingan campuran saat kendaraan pada beban tinggi. System koreksi udara mengatur jumlah aliran bensin saat kecepatan udara tinggi supaya perbandingan campuran tidak terlalu kaya.  Sytem percepatan (acceleration system) menambah jumlah bensin saat katup gas dibuka tiba- tiba. 
      • Ssystem pengaya (power system) menambah bensin pada saluran utama tingkat pertama saat beban penuh putaran rendah dan tinggi. 
      • System pelampung( float system) mengatur tinggi permukaan bensin pada ruang pelampung sehingga konstan. 
      • System cuk(choke system) menambahkan bensin saat motor distarter supaya motor mudah dihidupkan pada temperature dingin.




      Gangguan yang sering terjadi pada karburator adalah  

      Karburator banjir penyebabnya:

      1. Tinggi permukaan bensin pada ruang pelempung terlalu tinggi. 
      2. Katup jarum pelampung aus. 
      3. Tekanan pemompaan bensin terlalu tinggi. 
      4. Pelampung bocor( yang terbuat dari logam).  

       Motor tidak bisa hidup saat idle.  

      1. Jet bensin idle tersumbat 
      2. Jet utama tersumbat Katup solenoid tidak berfungsi 
      3. Saluran system idle tersumbat Dsb.  

      Motor tidak ada tenaga (power) 

      1. Filter udara tersumbat 
      2. Diameter jet utama terlalu kecil 
      3. Tinggi permukaan bensin pada ruang pelampung terlalu rendah Dsb


      PENGGUNAAN ALAT UKUR pada PERBAIKAN OTOMOTIF

      PENGGUNAAN ALAT UKUR pada PERBAIKAN OTOMOTIF

      PENGGUNAAN ALAT –ALAT UKUR  

      Perbaikan otomotif memerlukan pengukuran yang presisi. Teknisi harus memahami sepenuhnya fungsi dan cara menggunakan alat ukur (measuring tool) khususnya seperti vernier cariper, inside dan outside micrometer, dial dan vacuum gauge, circuit tester, dwell angle tester dan timing advance tester. Panjang dan beratnya dapat dinyatakan dalam berbagai macam satuan. Agar lebih sederhana pada modul ini yang digunakan ialah meter dan kilogram.

      1. Alat Ukur Mekanik 

       a. Kunci Momen  Kunci momen (torque wrench)

       digunakan untuk mengu- kur gaya puntir pada baut dan mur, agar mencapai ketegangan tertentu. Socket dapat dipasangkan pada kunci momen untuk disesuikan dengan berbagai macam ukuran baut dan sebagainya.Hal yang penting diterhatikan:

      • Gunakan kunci biasa untuk pengerasan awal. 
      • Gunakan kunci momen ini hanya untuk pengerasan akhir. 
      • Gunakan kunci momen yang mempunyai tingkat momen yang cukup (maximum torque)  

                     

      b. Vernier Caliper Vernier caliper

      mempunyai 2 skala pehgukur, yaitu skala utama dan skala vernier, dan digunakan untuk mengukur diameter luar , diameter dalam dan kedalaman

      Prinsip Pengukuran Skala utama (main scale)dan skala vernierdigunakan untuk mengukur jarak kecil dengan cara mencari perbedaan antara dua tanda. Metoda inidisebut prinsip pengukuran vernier. sebagaicontoh, skara utama untuk setiap garis berjarak 1 mm, sedangkan skala vernier jarak antara garis adalah 0,9 mm. Karena itu jarak garis pada skala utama lebih besar 0,1 mm daripada jarak garis skala vernier ialah : (1 mm - 0,9 mm = 0,1 mm)

      c. Micrometer Outside dan inside micrometer 

      ialah alat presisi, masing-masing untuk mengukur diameter luar dan dalam. Alat ini lebih teliti dari pada vernier, dapat mengukur sampai ketelitian 0,01 mm.

      Konstruksi
      Konstruksi outside micrometer ialah seperti pada gambar di samping. Outer sleeve dan thimble mirip mdengan skala utama dan skala vernier pada vernier caliper. Jangkauan ukurnya mencapai 25 mm, dari 0 sampai 25 mm, dan 25 sampai 50 mm, dari 50 sampai 75 mm dan seterusnya.

      d. Dial Gauge (Dial Indicator) Dial gauge 

      digunakan untuk mengukur kebengkokan poros, runout, kesejajaran, kerataan dan lain-lain, Di dalamnya terdapat mekanisme spesial yang dapat memperbesar gerakan yang kecil. Ketika spindle bergerak sepanjang permukaan yang diukur, gerakkan ini diperbesar oleh mekanisme pembesar dan selanjutnya ditunjukkan oleh penunjuk (pointer).  
      Tidak seperti halnya alat ukur lain, dial gauge selalu digunakan bersama alat penopang (supporting tool). Umumnya magnetic stand digunakan untuk mengukur automotive parts. Dial gauge juga dibuat dalam bentuk caliper gauge dan inside deal gauge.  
                             
      Hal yang penting diperhatikan

      • Dalam pengukuran Posisi spindle dial gauge tegak lurus pada permukaan yang diperiksa. 
      • Garis imajinasi dari mata anda ke pointer dial gauge harus tegak lurus pada permukaan dial ketika anda membaca pengukuran. 
      • Dial gauge harus dipasang dengan teliti pada supporting toolnya. 
      • Putarlah outer ring dan setel pada titik nol.  
      • Gerakkan spindle ke atas dan ke bawah.  
      • Periksalah bahwa penunjuk selalu kembali ke nol bila anda tidak memegang spindle.  


      e. Caliper Gauge Caliper gauge 

      ialah alat ukur yang mempergunakan dial gauge. Ada dua tipe caliper gauge yaitu inside caliper dan outside caliper. Inside caliper biasanya digunakan untuk mengukur komponen automotif . Inside caliper gauge digunakan untuk mengukur diameter dalam yang kecil dan tidak dapat diukur dengan inside micrometer.
      Metoda Pengukuran

      1.  Ukurlah diameter dalam (inside diameter) dengan vernier caliper. Katakan saja hasilnya 8,40 mm, selanjutnya micrometer diset ke angka yang mendekati hasil ukur vernier dan kelipatan dari 0,5 mm yang mendekati pembaca yailu 8,50 mm. 
      2. Tempatkan kaki-kaki caliper diantara anvil dan spindle micrometer. Gerakkan caliper sampai didapat angka yang terkecil. Kemudian putarlah outer ring sampai angka nol lurus dengan jarum penunjuk.
      3. Tekanlah tombol caliper gauge lambat,lambat letakkan lug pada bagian dalam pekerjaan dan bebaskan tombol. Gerakkan caliper sampai didapat pembacaan terkecil. Jika pembacaan menunjukkan 0,09 mm, artinya diameter dalam adalah 0,07 lebih kecil dari 8,50 mm. Jadi diameter dalam ialah 8,43 mm (8,50 - 0,07).  


      f. Cylinder Gauge Cylinder gauge 

      ialah alat ukur yang juga menggunakan dial gauge. Cylinder gauge sering digunakan untuk mengukur diameter silinder dan komponen lainnya secara teliti. Pada ujungnya terdapat dial gauge dan pada sisi lainnya terdapat measuring point.
               
      Measuring point ini dapat bergerak bebas, dan jumlah gerakannya ditunjukkan oleh dial gauge. Jarak antara measuring point dan replacement rod adalah sama dengan diameter benda yang diukur.  
      Hal yang perlu diperhatikan:

      • Dialgauge harus dipasang pada tangkainya dalam posisi sejajar atau tegak lurus measuring point. 
      • Spindle dimasukkan ke dalam batangnya kira-kira setengah dari langkahnya. 
      • Periksalah bahwa pointer dari dial gauge bergerak bila anda menekan measuring point. 
      • Pilihlah replacement rod dan washer yang ukurannya sesuai dengan diameter benda yang akan diukur.  

      Metoda Pengukuran 

      1. Ukurlah diameter silinder dengan vernier caliper. Pilihlah replacement rod dan washer yang sesuai, dan pasangkan pada silinder gauge. Bila hasil pengukuran diameter adalah 59,00 mm,gunakan lah replacement rod 50 mm dan replacementwasher 3 mm. 
      2. Micrometer diset pada 53,00 mm, seperti hasil ukur di atas, tempatkan replacement rod dan measuring point ke dalam micrometer dan dial geuge diset pada nol ke jarum penunjuknya (pointer).
      3. Masukkan cylinder gauge pada posisi diagonal ke dalam silinder,gerakkan cylinder gauge sam- pai diperoleh hasil angka pembacaan yang terkecil. Bila hasil pembacaan adalah 0,04 mm, berarti diameter silinder 0,04 mm lebih kecil dari 53,00 mm (set hasil micrometer). Karena itu diameter silinder adalah 52,96 mm (53,00 - 0,04 mm).  


      g. Thickness Gauge Thickness gauge

       juga dikenal dengan nama feeler gauge dan digunakan untuk mengukur celah antara dua bagian. Thickness gauge ini terdiri dari lembaran baja tipis yang memiliki presisi sampai 1/100 mm (0,01 mm). Pada umumnya ketebalannya antara 0,03 mm sampai 1,00 mm. Nilai ketebalannya tercantum pada setiap bilahnya (lembarnya).
      Penggunaannya: Sisipkan gauge diantara komponen yang diukur. Bila gauge mudah masuk dan keluar, pakailah gauge yang lebih tebal hingga anda merasakan adanya hambatan saat ditarik keluar. Tebal gauge adalah sama dengan celah diantara dua komponen.
                 

      2. Alat Ukur Listrik  

      a. Avometer (Ampere, Volt Dan Ohmmeter) Avometer 

      adalah alat pengetes kelistrikan.Pengunaannya sangat luas untuk mengukur tegangan arus DC dan AC, tahanan dan untuk memeriksa hubungan kelistrikan dari suatu komponen. Ada beberapajenis avometer model digital dapat menunjukkan hasil pengukurannya langsung dengan angka-angka, sedangkan tester yang biasa ditunjukkan oleh sebuah jarum.
        

      1. Mengukur Tegangan DC 
        Daerah pengukuran tegangan adalah dari  0-500 Volt. Hubungkan kabel pengetesan (test lead) warna merah ke terminal positif dan kabel pengetes yang berwarna hitam ke terminal negatif tester. Posisikan selektor pada salah satu daerah DCV (VDC) dengan pilihan (2.5,1 0,25, 50, dan 500). Nomor-nomor berikut ini berkaitan dengan daerah volt. 
      2. Mengukur Tegangan AC
        Daerah tegangan yang dapat diukur dari 0-1000 Volt, hubungkan kabel-kabel pengukur tester dan setel selektor pada salah satu posisi AC.V Kemudian, hubung kan kabel pengukur (test lead) secara paralel pada bagian yang akan diperiksa dan bacalah skala V AC (AC V) yang ditunjukkan olehjarum penunjuk. 
      3. Mengukur Arus DC Daerah arus yang dapat diukur adalah dari 0-20 A.
        a. Mengukur arus DC dari 0-250 mA Hubungkan kabel pengetes (test lead) pada terminal tester (kabel pengetes yang berwarna merah dihubung- kan ke positif dan kabel pengukur yang berwarna hitam ke terminal negatif) dan setel selektor ke 250 mA (DC A). Kemudian, putuskan arus listrik pada titik tertentu saat anda mengukur arus listrik . Hubungkan kabel pengukur yang benwarna merah (dari terminal positif tester) ke terminal positif sumber arus, dan kabel pengukur yang berwarna hitam (dari terminal positif tester) ke terminal negatif sumber arus keterminal negatif sumber arus. Dengan kata lain, tester dihubungkan dalam bentuk seri ke sumber arus dan beban, dan baca skalanya ditunjukkan oleh jarum penunjuk
      4. Mengukur Tahanan
        a. Kalibrasi Sebelum anda mengukur tahanan, pertama  harus diputar tombol kalibrasi ohm, dengan ujung alat pengukur dibuat berhubungan singkat sampai pembacaan jarum penunjuk0 pada skala ohm. Kalibrasi ini diperlukan setiap kali anda merubah range.
        b. Pengukuran Setel selektor pada salah satu posisi ohm. Ada beberapa skala untuk mengukur tahanan. Posisi "K" untuk 1000, dengan demikian 10 K berarti 10.000 dan sebagainya. 

       


                   

      b. Engine Tune Up Tester

      Ada beberapa tipe engine tune-up tester. Diantara_ nya yang dilengkapi vacum gauge (pengukur kevakuman), dwell meter, tachometer, dan timing light kesemuanya dikombinasikan dalam satu unit. Masing-masing tipe berbeda sesuai dengan fungsi dan penggunaannya. Ikuti petunjuk cara peng. operasian engine tune-up tester yang benar.



      SEKIAN ARTIKEL PENGGUNAAN ALAT UKUR pada PERBAIKAN OTOMOTIF, semoga bermanfaat

      JIKA ADA permintaan artikel, komen aja di bawah ITS FREE

      PERAWATAN PARALATAN DAN PERLENGKAPAN DI TEMPAT KERJA

      PERAWATAN PARALATAN DAN PERLENGKAPAN DI TEMPAT KERJA

      INILAH BEBERAPA PERAWATAN, PARALATAN DAN PERLENGKAPAN DI TEMPAT KERJA 

      Berbagai macam alat tangan digunakan pada waktu melakukan perbaikan kendaraan . Tujuan utama adalah agar pekerjaan dapat dilaksanakan dengan aman , tepat dan cepat. Untuk mencapai ini maka  teknisi sedapat mungkin harus bisa  memilih  alat yang paling tepat serta mengetahui bagaimana  menggunakannya dengan benar. Disisi lain peralatan harus dirawat agar masa pakai alat menjadi panjang.


      1. Perawatan peralatan yang tak menggunakan tenaga. Perawatan terhadap peralatan yang telah selesai  dipergunakan untuk bekerja,  cukup  dilakukan secara sederhana, yakni membersihkan alat dari oli, minyak atau kotoran lain dengan menggunakan lap sehingga pada saat disimpan dalam keadaan bersih dan kering. Selanjutnya kembalikan di tempat semula dan di tata sehingga rapi.Peralatan itu antara lain:
        1. Kunci shock, kunci ring, kunci pas atau kunci kombinasi, kunci heksagonal.
        2. Berbagai jenis obeng + dan –
        3. Tang kombinasi, tang potong, dan tang cucut
        4. Palu karet, palu plastik , palu besi
        5.  Alat bantu lainnya  
      2. Perawatan peralatan yang menggunakan tenaga.
        1. Kompresor : Secara berkala cek kondisi minyak untuk kompresor, jika  volume minyak kurang perlu ditambah, secaraberkala pula  kuras air yang ada dalam kompresor agar tidak menimbulkan karat dan campuran udara-air ketika kompresor dipergunakan.
        2. Gerinda : Secara berkala periksa kondisi batu gerinda, jika telah melampaui diameter minimal gantilah batu gerinda. Cek pula kondisi round-out batu gerinda
        3. Bor Listrik : Baik bor listrik tangan maupun duduk perlu dilakukan pengecekan kesentrisan. Juga perlu dilakukan pengecekan terhadap brush motor. Jika melampaui batas minimal maka brush harus diganti.  
      3. Penerapan perlengkapan kerja Perlengkapan kerja yang harus dipenuhi sebagai teknisi khususnya r4 adalah:
        1. Pakaian kerja; Pakaian yang cocok akan membantu pekerjaan agar lebih mudah. Tidak hanya menjamin tetapi juga menambah efisiensi kerja dan melindungi kendaraan dari kotor dan rusak.
        2. Sepatu Kerja; Cidera kaki karena terluka dapat dihindari dengan menggunakan alas kaki/sepatu yang memenuhi standar kerja bengkel otomotif, sehingga teknisi dapat terhindar dari cidera.
        3. Sarung Tangan; Sangat membantu ketika mengangkat benda berat atau memindahkan pipa buang yang panas dan sejenisnya, agar terhindar dari cidera. Namun ketika melakukan pekerjaan yang menggunakan motor sebaiknya dilepas
      4.  Perawatan  Alat  Dan Perlengkapan    Di Tempat Kerja
        Berbagai macam alat tangan digunakan pada waktu melakukan perbaikan kendaraan . Tujuan utama adalah agar pekerjaan yang dilaksanakan dengan aman , tepat dan cepat. Untuk mencapai ini maka  teknisi sedapat mungkin harus bisa  memilih  alat yang paling tepat serta mengetahui bagaimana  menggunakannya dengan benar. Disisi lain peralatan harus dirawat agar masa pakai alat menjadi panjang. 

      1. Perawatan peralatan yang tak mengguna- kan tenaga.  

      Perawatan terhadap peralatan yang telah seslesai  dipergunakan untuk bekerja,  cukup  dilakukan secara sederhana, yakni member- sihkan alat dari oli, minyak atau kotoran lain dengan menggunakan lap sehingga pada saat disimpan dalam keadaan bersih dan kering.   

      2. Perawatan peralatan yang menggunakan tenaga 

      • Kompresor : Secara berkala cek kondisi minyak untuk kompresor, jika  volume minyak kurang perlu ditambah, secaraberkala pula  kuras air yang ada dalam kompresor agar tidak menimbulkan karat dan campuran udara-air ketika kompresor dipergunakan.  
      • Gerinda : Secara berkala periksa kondisi batu gerinda, jika telah melampaui diameter minimal gantilah batu gerinda. Cek pula kondisi run-out batu gerinda  
      • Bor Listrik : Baik bor listrik tangan maupun duduk perlu dilakukan pengecekan kesentrisan. Jika terjadi ketidak mkonsentrisan ganti kepala sislinder. Juga perlu dilakukan pengecekan terhadap brush motor. Jika melampaui batas minimal maka brush harus diganti.
      • Peralatan tangan ;  Peralatan yang sering dipergunakan dalam perbaikan kendaraan khususnya  roda 4   antara lain adalah:
        1) Kunci shock, kunci ring, kunci pas   atau kunci kombinasi, kunci heksagonal.
        2) Berbagai jenis obeng + dan –
        3) Tang kombinasi, tang potong, dan tang   cucut
        4)  Palu karet, palu plastik , palu besi
        5)  Alat bantu lainnya 
      Sedangkan alat bantu untuk menaikkan kendaraan antara lain: 
      a. Dongkrak 
      b. Lift 
      Dalam penggunaannya harus diperhatikan terhadap titik angkat yang setiap kendaraan sangat berbeda. Kesalahan dalam menaruh titik angkat kendaraan akan menjadikan bodi kendaraan 

      PRINSIP KERJA TORQUE CONVERTER

      Torque Converter


      Artikel hari in membahas:

      • PENGERTIAN TORQUE CONVERTER
      • FUNGSI
      • PRINSIP KERJA TORQUE CONVERTERA


      PENGERTIAN

      prinsip kerja torque converterTorque converter pada dasarnya sama dengan kopling fluida yang berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan putaran dari mesin ke transmisi. Selain itu fungsi torque converter juga untuk meredam getaran perpindahan daya, mengerakkan pompa oli, dan sebagai flywheel.  Kalau pada kopling fluida hanya terdiri atas pump impeller yang dihubungkan dengan mesin dan turbine runner yang dihubungkan dengan input transmisi, sedangkan pada torque converter terdapat penambahan komponen yang dipasangkan diantara pump impeller dan turbine runner. Alat tersebut adalah stator. Untuk memaksimalkan kerja stator maka pada poros stator dipasangkan OWC (one way clutch) yang berfungsi untuk mencegah putaran balik stator yang dapat menghambat aliran fluida yang diarahkan oleh stator untuk menggerakkan turbine runner.

      Pada generasi sekarang, pada torque converter dilengkapi lagi dengan sebuah komponen yang bernama TCC (Torque Converter Clutch). Komponen ini berfungsi untuk menghubungkan langsung putaran mesin ke transmisi tanpa melalui media fluida.

      Prinsip Kerja Torque Converter  

      Pada dasarnya antara kopling fluida dan torque converter Mempunyai prinsip kerja yang sama. Jika sebuah cawan yang terisi dengan minyak  dan selanjutnya jika cawan tersebut diputar maka minyak yang terdapat dalam cawan akan terlempar keluar. Hal ini terjadi karena adanya gaya centrifugal.
      Selanjutnya jika bagian atas cawan tersebut ditutup dengan cawan lain yang posisinya digantung, selanjutnya cawan bagian bawah diputar maka pada putaran tertentu cawan bagian atas akan berputar pula.
      Pada torque converter, cawan bagian bawah tersebut sama dengan pump impeller, sedangkan cawan bagian atas disebut turbine runner. Diantara pump impeller dan turbine runner dipasangkanlah stator


      Konstruksi 

      1. Pump Impeller 


      Pump impeller disatukan dengan converter case dan converter case dihubungkan ke poros engkol melalui drive plate, ini berarti pump impeller akan berputar saat poros engkol berputar. Pump impeler berfungsi untuk melemparkan fluida (ATF) ke turbine runner agar turbine runner ikut berputar. Pump impeller terdiri dari vane dan guide ring. Guide ring berfungsi untuk membentuk celah yang memperlancar aliran minyak.



      2. Turbine Runner 
      Turbine runner dihubungkan dengan over drive input shaft transmisi, mi berarti turbine runner berfungsl untuk menerima lemparan fluida dari pump impeller dan memutarkan over drive Input shaft transmisl. Turbine runner terdiri dan vane dan guide ring. Arah vane pada turbine runner bertawanan dengan vane pump impeler.    




      3. Stator 
      Stator ditempatkan di tengah-tengah antara pump impeller dan turbine runner. Dipasang
      pada poros stator yang diikatkan pada transmission case melalul one way clutch. Stator
      berfungsi menggarahkari fluida dan turbine runner agar menabrak bagiani belakang vane pump impeller, sehingga membenikan tambahan tenaga pada pump impeller.
      One way clutch memungkinkan stator hanya berputar searah dengan poros engkol. Oleh karena itu, stator akan berputar atau terkunci tergantung dan arah dorongan minyak pada vane stator. Saat outer race berputar searah putaran poros engkol, Ia akan mendorong bagian atas sprag. Karena panjang I lebih pendek dan I , maka outer race berputar.






      Torque Converter Clutch (TCC) 

      ON dan OFF nya TCC dikontrol oleh PCM. Ketika solenoid valve TCC ON, tekanan pada (A) dilepaskan oleh TCC solenoid valve, TCC control valve dengan posisi plunger berada di atas karena adanya tekanan minyak B. Dengan demikian tekanan dan secondary pressure mengalir dibelakang TCC, dan TCC akan terdorong ke depan dan TCC berhubungan. Minyak mengalir dan TCC kembali ke TCC control valve dan dilepaskan keluar sistim. Ketika TCC solenoid valve OFF, tekanan pads A menekan plunger TCC control valve. Akibatnya secondary pressure mengalir ke bagian depan TCC dan mendorong TCC untuk membebaskan hubungan TCC selanjutnya minyak kembali ke control valve.





      Planetary Gear Unit 

      Fungsi: 

      1. Merubah perbandingan gigi, merubah momen dan merubah kecepatan 
      2. Memungkinkan gigi mundur atau gerakan mundur 


      Planetari Gear set mempunyai tiga macam gigi yaitu: 

      1. Ring gear 
      2. Sun gear 
      3. Pinion gear. 




      Cara kerja roda gigi 

      roda gig kecepatan lambatPerlambatan 
      - Ring gear sebagai drive  (penggerak) dan  input putaran
      - Sementatra Sun gear ditahan atau berputar berlawanan arah jarum jam
      - Carrier sebagai Driven  ( digerakkan ) dan menjadi output putaran
      Bila Ring gear berputar searah jarum jam, pinion gear akan berputar mengelilingi Sun gear sambil berputar searah jarum jam. Hal ini menyebabkan putaran Carrier menjadi lambat sesuai dengan banyaknya gigi Ring gear dan Sun gear.  
       




      Percepatan 

      - Ring gear sebagai Driven   (digerakkan) dan  menjadi output putaran.
      - Sun gear posisi Fixed  ( ditahan).
      - Carrier sebagai Drive  (penggerak) dan menjadi input putaran.

      Bila Sun gear ditaran dan Carrier berputar searah jarum jam, pinion gear akan berputar mengelilingi Sun gear sambil berputar searah jarum jam. Hal ini menyebabkan putaran Ring gear menjadi lebih cepat sesuai dengan jumlah gigi Ring gear dan sun gear.      



      Mundur 
      roda gigi posisi mundur- Ring gear sebagai Driven ( digerakkan)
      - Sun gear sebagai  Drive ( penggerak)
      - Carrier dibuat Fixed (ditahan)

      Bila sun gear berputar searah jarum jam, pinion gear yang terikat pada carrier akan berputar berlawanan dengan jarum jam dan mengakibatkan Ring gear juga berputar berlawanan arah dengan jarum jam. Pada saat ini Ring gear menjadi lambat sesuai dengan jumlah gigi Sun gear dan ring gear.