Tuesday, 2 September 2014

Cara Tune Up mobil , sendiri atau bengkel ( dgn Baik dan Benar )

Cara Tune Up Mobil sesuai SOP

Hari ini adalah tentang :
  • bagaimana men Tune Up mobil ?
  • bagaimana urutan men Tune Up mobil ?
  • alat apa saja yang di butuhkan untuk tune up mobil ?
  • apakah mobil saya kembali enak di bawa setelah di tune up ?
ARTIKEL lainnya dapat di lihat di Dunia Otomotif Mobil
Semoga saja jawaban dari pertanyan di atas dapat terjawab oleh penjelasan di bawah..
Sebaiknya untuk melakukan Tune UP mobil serahkanlah pada bengkel atau orang yg sudah ahli, tapi kalo untuk ingin tahu saja silakan baca ulasan di bawah.

 Cara tune up mesin mobil


 LANGKAH KERJA TUNE - UP ENGINE BENSIN 1

1. Pasang perlengkapan servis kendaraan


  •     Fender cover
  •     Grill cover
  •     Steering cover
  •     Floor cover
  •     Seat cover

2. Siapkan peralatan kerja

Alat ukur, meliputi :

  • Tune-up tester, 
  • Multimeter, 
  • Radiator Tester,
  • Radiator cup tester, 
  • Spring scale,
  • kunci momen (torque wrench), 
  • hidrometer, 
  • feeler gauge dan 
  • mistar baja.


Perlengkapan servis lain, meliputi : kompresor, air gun dan kain lap bersih.

3. Pekerjaan saat mesin dingin, meliputi pemeriksaan :


  1. minyak pelumas
  2. sistem pendingin
  3. tali kipas
  4. filter bensin
  5. filter udara
  6. sistem pengapian

4. Pekerjaan saat mesin hidup, meliputi pemeriksaan :


  1. dwell angle
  2. Putaran idle
  3. saat pengapian

5. Pekerjaan setelah mesin dipanaskan, meliputi :


  1.     celap katup
  2.     kerja karburator
  3.     stel putaran idle
  4.     kompresi
  5.     tes jalan


MINYAK PELUMAS


  1. Tarik batang pengukur, lap ujungnya, dan kembali masukkan.
  2. Tarik kembali dan periksa volume oli (diantara Full dan Low) serta kualitas oli dengan melihat warna dan kepekatan oli.
  3. Lihat perubahan warna pada oli mesin

SISTEM PENDINGIN


  1.  periksa slang radiator
  2.  periksa klem
  3.  periksa kebocoran sirip-sirip
  4.  periksa kran penguras
  5. Tes kebocoran sistem pendingin (menggunakan radiator tester beri tekanan sampai 1,2 Kg/Cm2)
  6.  Pemeriksaan tutup radiator (menggunakan radiator cup tester beri tekanan 0,6 - 1,2 Kg/Cm2)
  7.  Periksa kualitas dan kapasitas air pendingin
  8.  Periksa volume tangki cadangan
  9.  Periksa tali kipas : secara visual periksa dari kemungkinan retak/aus
  10.  Saat mengembalikan tali kipas berilah tekanan 10 Kg dan defleksi tali kipas : 7 - 11 mm (untuk pompa air - alternator) 11 - 14 (untuk engkol - kompresor)
  11.  Periksa suara bearing, pompa abnormal
  12.  Sirkulasi air pendingin (dilakukan saat mesin panas dan hidup)

SARINGAN BAHAN BAKAR


  1. lepas filter bahan bakar
  2. Perhatikan saluran masuk dan buangnya
  3. Semprotkan udara bertekanan rendah
  4. Urutan penyemprotan : saluran buang - saluran masuk, saluran masuk - saluran buang, saluran buang - saluran masuk.
  5. Tiup ( dengan mulut ) dari saluran masuk dan buangnya. Apabila ringan : berarti bersih, apabila berat harus diganti.

SARINGAN UDARA (Air filter)


  1.     Lepas klip
  2.     Periksa secara visual elemen saringan udara
  3.     Semprot elemen saringan udara dengan urutan : dari dalam - keluar, dari luar - ke dalam, dari dalam - keluar.
  4.     Lap rumah saringan udara.
  5.     Pasang, perhatikan tanda panah yang ada pada tutup rumah saringan.

BATERAI


  1.     Lepas pole baterai (terminal (-) terlebih dahulu.
  2.     Angkat baterai (posisikan tangan dibawah kotak baterai)
  3.     Periksa kotak, dari kemungkinan retak, menggelembung.
  4.     Periksa volume elektrolit
  5.     Periksa lubang penguapan pada tutup, semprot dengan udara bertekanan dari kompresor
  6.     Periksa berat jenis elektrolit, dengan menggunakan hidrometer (kondisi baik bila pada skala diantara 1,25 - 1,27)
  7.     Periksa kondisi dari pole/terminal
  8.     Periksa tegangan dengan menggunakan Voltmeter

KOMPONEN SISTEM PENGAPIAN

A. Busi, periksa :

    Insulator
    Ulir busi
    Keausan elektroda
    Gasket Busi
    Kondisi elektroda busi
    Celah busi

B. Kabel busi, dengan ohmmeter periksa resistance dari kabel (kondisi baik bila kurang dari 25 KΩ.

C. Distributor

    bersihkan tutup distributor dengan lap bersih
    Periksa secara visual, dari kemungkinan retak, aus
    Bersihkan terminal dalam
    Periksa panjang brush
    Rotor, bersihkan dengan kain lap
    Platina, periksa, bersihkan dan stel
    Governor advancer, putar rotor (kondisi baik bila rotor segera kembali ke tempat semula)
    Vacuum advancer (kondisi baik bila diisap ......... dudukan platina bergerak)
    Octan selector (posisikan Std/ tengah)

IGNITION COIL

    Periksa tahanan primer koil (1,3 - 1,6 Ω)
    Periksa tahanan sekunder koil (10,7 - 14,5 KΩ)
    Periksa resistor koil (1,5 - 1,9 Ω)

KEKERASAN BAUT KEPALA SILINDER
Pengencangan dengan kunci moment dimulai dari tengah kemudian keluar, seperti prinsip obat nyamuk bakar.

DATA TUNE-UP SAAT MESIN HIDUP


    DWELL ANGLE : 520 ± 60
    Saat pengapian ( kijang 5 K = 50 sebelum TMA )
    Putaran idle ± 750 rpm

TUNE UP MOTOR BENSIN 2

Tune Up adalah perwatan berkala tanpa adanya penggantian komponen mesin
Pekerjaan yang meliputi pemeriksaan;

  • -oli mesin
  • -Sistim pendingin
  • -Tali kipas
  • -Saringan udara
  • -Katup pengontrol panas
  • -Baterai
  • -Busi
  • -Kabel tegangan tinggi
  • -Distributor
  • -Celah katup
  • -Karburator
  • -Putaran idle permulaan (Inintial Idle Speed)
  • -Fast idle
  • -Thottle Positioner
  • -Tekannan kompresi


Tujuan melaksanakan Tune Up pada kendaraan bermotor yakni:

  • Untuk pengontrolan kondisi mesin kendaraan setelah digunakan untuk 10.000 kilometer;
  • Untuk memeriksa, menyetel dan mengembalikan kondisi motor dari kendaraan ke keadaan semula


Fungsi Filter Udara:
Udara yang masuk ke mesin mengundang debu dan benda benda lain akan menyumbat saluran karburator, mempercepat keausan silinder mesin serta mengotorkan oli. Filter Udara menyaring debu dan kotoran lainnya yang terkandung di dalam udara yang masuk melalui filter yang didalamnya terdapat alat penyaring udara, sehingga debu dan kotoran tidak dapat masuk ke dalam karburator dan silinder mesin. Apabila filter tersumbat kotoran, aliran udara akan terbatas yang mengakibatkan terganggunya kerja karburator. Filter Udara dibagi menjadi dua yaitu: filter udara kering dan filter udara basah

Pembersihan atau penggantian saringan udara jenis kering
1. Lepas saringan udara periksa kondisi saringan udara, jika kotor sekali harus diganti baru
2. Ketok saringan beberapa kali agar debu yang menempel terlepas
3. Semprotkan dengan udara bertekan dari dalam keluar. Kadang-kadang saringan udara basah oleh oli.
Oli tersebut berasal dari sistim ventilasi karter. Bersihkan sistem tersebut kemudianlakukan pengontrolan
pada permukaan batas oli motor (mungkin terlalu tinggi) atau juga disebabkan kerapatan cincin-cincin
torak, untuk ini buka tutup pengisi oli pada saat motorhidup. Jika banyak gas yang keluar, bisa juga cincin
torak bocor, akibatnya gas tersebut dapatmembawa oli mesin sampai ke saringan udara.
4. Pasang kembali rumah saringan udara. Pada waktu pemasangan, perhatikan kedudukan paking-pakingnya.

Pembersihan saringan udara tandon oli (tipe basah).
1. Lepas saringan udara
2. Cuci saringan udara dengan bensin
3. Keluarkan oli dari rumah saaringan udara, bersihkan rumah saaringan udara dengan bensin dan lap.

Fungsi Tali Kipas
Tali kipas meneruskan tenaga mesin dari puli poros engkol untuk menggerakkan bagian bagian pembantu mesin yang lain, seperti pompa air, kipas dan alternator. Biasanya tali kipas baru masih elastis, tetapi elastisitasnya hilang setelah dipergunakan.

Pemeriksaan secara visual
1. Periksa tali kipas kemungkinan retak, sudah buruk, terlalu kencang atau aus;
2. Terdapat oli atau gemuk.
3. Persinggungan yang tidak sempurna antara tali dan puli.

Pemeriksaan dan penyetelan kekencangan tali kipas
1. Dengan kekuatan tekanan 10 kg, tekan tali pada tempat-tempat yang seharusnya tali harus
menunjukkan kekencangan spesifikasi. Lenturan tali kipas pada tekanan 10 kg yakni Kipas Alternator
7-11 mm dan Engkol Kompresor AC 11-14 mm.
2. Perhatikan ketegangan sabuk penggerak. Kurang tegang – tali kipas slip – cepat aus.Terlalu tegang –
bantalan pipa air dan alternator menjadi cepat rusak. Jika tali kipas harus diganti, perhatikan ukurannya.
Ukuran sabuk mengikuti normalisasi.Lebar : 9,5 ; 10,5 ; 11,5 ; 12,5 mm. Panjang : Penatahapannya adalah
25 mm, misal 800, 825,850 mm dst.
3. Beri vet atau cairan khusus pada sabuk lama yang berbunyi

Periksa baterai kemungkinan:
1. Rumah baterai berkarat;
2. Hubungan terminal longgar;
3. Terminal berkarat atau rusak;
4. Baterai rusak atau bocor.

Pengukuran berat jenis elektrolit
1. Periksa berat jenis elektrolit dengan hydrometer; Berat jenis berkisar antara 1,25 – 1,27 pada 20oC;
2. Periksa banyaknya elektrolit pada setiap sel. Jika tidak berada pada ketinggian yang semestinya, istilah
dengan air suling.

Fungsi Oli

Oli dengan sifatnya yang kental dan halus, tidak hanya sekedar mengurangi ausan dan gesekan pada piston (torak), bantalan dan bagian bagian yang berputar. Oli juga membantu menahan suhu tinggi, gas bertekanan tinggi maupun membantu memindahkan panas dari bagian yang bersuhu tinggi ke karter (panci oli) selanjutnya dipindahkan ke udara luar. Oli mencegah keroposnya bagian yang terbuat dari logam, merupakan bantalan bagi bagian yang berputar serta menyerap zat zat yang merusak dari hasil pembakaran didalam mesin. Setelah melakukan tugas tugas ini, maka oli kehilangan efektifitasnya dan karena itu harus diganti secara periodik.Pemeriksaan tinggi oli, tinggi oli harus berada pada tanda L dan Jika lebih rendah, periksa kemungkinanada kebocoran lalu tambah oli hingga tanda F Gunakan oli API service SE.

Fungsi Penggantian saringan oli

Sementara oli sedang dipakai, karbon yang dihasilkan dari reaksi pembakaran dalam mesin serta serbuk logam masuk ke dalam oli sehingga oli menjadi kotor. Apabila kotoran tersebut menumpuk, ia akan menyebabkan bagian bagian yang berputar cepat aus dan tergores. Karena itulah dipasangkan saringan oli untuk menahan kotoran dan membuang kotoran tersebut dari oli. Berhubung kotoran yang demikian akan menumpuk didalam saringan (flter), saringan perlu diganti secara periodik.

Penggantian Saringan Oli (Filter)
1. Buka saringan oli dengan alat pembuka filter;
2. Pilih saringan oli dengan mencocokkan ulir saringan dan diameter paking
3. Kontrol apakah saringan oli lama dilengkapi dengan katup “ by-pass” atau tidak.
4. Kontrol perlu tidaknya katup anti balik di dalam saringan oli dengan melihat posisi pengikatan saringan oli
terhadap motor. Jika posisi pengikatan horisontal atau saringan di bawah, maka saringan oli
harus dilengkapi dengan katup anti balik.
5. Untuk memasang, kencangkan saringan oli dengan tangan.

Fungsi Celah Katup

Agar terdapat operasi mesin yang effisien apabila katup menutup, agar tertutup rapat sekali dengan dudukannya.
Untuk menjamin keadaan demikian, terdapat celah yang disebut 'celah katup' (clearance) diantara katup katup dalam keadaan tertutup dan tuas (roker). Dengan celah ini, katup akan kembali ke dudukannya tanpa ganguan selama mesin bekerja walaupun terdapat pemuaian dari komponen tertentu.

Cara menyetel celah katup yakni:


  1. Mesin dipanasi dan kemudian dimatikan;
  2. Tempatkan Silinder nomor 1 pada TMA atau titik mati atas atau kompresi dengan jalan memutar
  3. poros engkol;
  4. Kencangkan kembali baut-baut kepala dan baut-baut penguat roker. Momen pengencangan menunjukkan
  5. 1,8 –2,4 kgm;
  6. Stel celah katup dengan jalan celah katup diukur diantara batang aktup dan lengan loker.Yang disetel hanya
  7. katup yang ditunjuk oleh panah saja. Celah katup menunjukkan Hisap 0,20 mm dan Buang 0,30 mm;
  8. Putarkan poros engkol (crankshaft) 360o;
  9. Setel katup-katup lain yang ditunjukkan oleh panah.


PEMERIKSAAN KABEL BUSI

Lepaskan steker busi. Jangan ditarik pada kabelnya. Hubungan inti arang kabel mudah terlepas dari steker kalau kabel ditarik. Periksa tahanan kabel menggunakan multimeter. Tahanan kabel yakni kurang dari 25 kΩ per kable

.PEMERIKSAAN ADVANCE VACCUM


  • Lepas tutup distributor;
  • Lepas slang vaccum yang menuju ke distributor pada karburator. Hisap slang dengan mulut dan perhatikan plat dudukan kontak pemutus harus bergerak. Slang vaccum tidak boleh retak atau longgar pada sambungannya


PEMERIKSAAN ADVANCE SENTRIFUGAL

Rotor harus kembali dengan cepat setelah diputar searah putarannya dan dilepas;
Rotor tidak boleh terlalu longgar.

PEMERIKSAAN KONTAK PEMUTUS


  1. Setel celah kontak pemutus dengan fuler, putar motor dengan tangan sampai kam; dengan tumit ebonit
  2. dalam posisi yang tepat
  3. Pilih fuler yang sesuai dengan besar celah kotak;
  4. Periksa celah kontak dengan fuler yang bersih.
  5. Jika celah tidak baik, stel seperti berikut:
    1. Kendorkan sedikit sekrup-sekrup pada kontak tetap.
    2. Stel besar celah dengan menggerakkan kontak tetap.
    3. Penyetelan dilakukan dengan obeng pada takik penyetel;
    4. Jika penyetelan sudah tepat, keraskan sekrup-sekrup pada kontak tetap;
  6. Putar mesin satu putaran, periksa sekali lagi besarnya celah kontak.


Sebagai petunjuk:

  • Besar celah kontak untuk mobil biasanya 0,4 –0,5 mm.
  • Kontak pemutus biasanya diganti baru setiap 20’000 km. Kontak lama dapat dirataka dengan kikir kontak atau kertasa gosok dan selanjutnya dibersihkan dengan kertas yang bersih. Tetapi, kalau ketidak-rataan kontak besar, sebaiknya kontak pemutus diganti baru.


Tes dengan dwell tester
Start motor dan periksa sudut dwel. Jika salah, stel celah kontak sampai mendapatkan hasil yang baik dan keraskan sekrup-sekrup pada kontak tetap;
Pasang kembali, kontrol sudut dwel sekali lagi selama motor hidup (putaran idle).

Sebagai Petunjuk:

  • Besarnya sudut dwel untuk motor 4 silinder biasanya 52o – 56o
  • Sesuaikan pemasangan kabel pengetes dwel dengan merk atau tipe yang digunaakan


Fungsi Pengapian

Mesin bensin bekerja dengan pembakaran bensin dan campuran udara yang ditekan setelah langkah hisap serta terbakar oleh bunga api busi. Bunga api yang menyebabkan letusan disebut "saat pengapian" (ignition time) dan diatur oleh pembukaan platina dalam distributor.Waktu pengapian harus distel sedemikan rupa sehingga tidak terlalu cepat dan juga tidak terlalu lambat sebab akan menurunkan efisiensi mesin.

Penyetelan Pengapian

Setel putaran mesin pada kecepatan idle. Pada motor yang dilengkapi dengan oktan slektor, posisi oktan selektor harus disetel pada posisi standar. Saat pengapian adalah 8o sebelum TMA atau idling.
Penyetelan saat pengapian cocokkan tanda-tanda waktu dengan memut body distributor . Saat pengapian 8o sebelum TMA atau idling.

PEMERIKSAAN BUSI
Periksa busi secara visual kemungkinan terdapat hal-hal berikut:
1. Retak atau kerusakan lain pada ulir dan isolator;
2. Keausan elektroda;
3. Gastek rusak atau lapuk;
4. Elektroda terbakar atau terdapat kotoran yang berlebihan.

Pembersihan Busi
1. Jangan menggunakan alat pembersih busi lebih lama dari yang diperlukan;
2. Tiupkan bubuk pembersih dan karbon dengan udara kompresi;
3. Bersihkan ulir dan permukaan luar isolator

Pengukuran tekanan kompresi
1. Panaskan mesin;
2. Buka semua busi;
3. Lepaskan kabel tegangan tinggi dari koil pengapian agar aliran sekunder terputus;
4. Masukkan alat pengukur kompresi ke dalam lubang busi;
5. Buka trotel gas sepenuhnya dan baca tekanan kompresi sementara mesin dihidupkan dengan motor stater.

Sebagai petunjuk:
Usahakan agar pengukuran dilakukan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.
-Putaran : 250
-Tekanan kompresi
-STD 11,0 kg/cm2
-Limit 9,0 kg/cm2
-Perbedaan antara masing-masing silinder 1,0 kg/cm2

PERAWATAN MESIN EFI KM 20.000
            1    Langkah awal
Siapkan alat-alat yang akan dipakai untuk tune up dan cek peralatan tersebut, alt yang di gunakan diantaranya sebagai berikut :
1.      Kunci 10 dan Kunci 14
2.      Kunci busy, hmplas dan sikat kawat
3.      Feeler gauge
4.      Obeng ketok dan lap bersih
5.      Carburraator Cleaner (CC)
6.      Multimetrer
7.      Kompresor (angin)
8.      Engine Analizer

2    Cara Tune Up Engine EFI XENIA pada KM 20.000
   Adapun komponen-komponen yang di tune up dalam mesin EFI (Electronic fuel injection) yaitu sebagai berikut :
1.                   Air Cleaner(AC) atau air box
Bersihkan AC menggunakan kompresor (angin) agar AC tetap dalam keadaan bersih, sehingga udara yang masuk kedalam ruang pembakaran bersama bahan bakar tetap bersih.

2.                   Koil dan Kabel Tegangan
Biasanya didalam mesi EFI (Electronic Fuel Injection) koil dan kabel tegangan sudah dirangkai menjadi satu komponen. Jadi pemeriksaan koil dan kabel tegangan di cek secara bersamaan menggunakan multimeter, hal ini dilakukan agar mengetahui koil masih efisien atau tidak.
Cara pemriksaannya, hubungan multi meter dengan koil dan kabel tegangannya, ketika multimeter di hubungkan pada koil dan kabel tegangan maka jarum pada multimeter akan menunjukan angka 50, 50 tersebut menyatakan 50 ampere. Hal tersebut menujukan bahwa koildan kabel tegangan masih efisien, namun jika jarum pada multimeter menunjukan kurang atau lebih dari 50, maka koil dan kabel tegangan menujukan tidak efisien.
                                                                                        

3.                  Busi
Biasanya pada busi tidak hanya di bersihkan tetapi juga bisa di ganti dengan yang baru tergantung kepada keadaan busi masih bagus atau tidak. Namun biasanya penggantain busi sering dilakukan pada KM 20.000.  jadi jika keaadaan busi masih bagus bersihkan busi menggunakan hamplas atau sikat kawat. Dan stel celah busi menggunakan feeler gauge untuk mendapatkan keakuratan.
Cara menunjukan busi bagus atau tidak, hal tersebut dapat diliat dengan kasat mata jika, yaitu jika elektroda masanya sudah menipis.

4.                  Trottole Body dan Idle Speed Control (ISC)
Bersihkan trottole body dan ISC menggunakan Carburrator Cleaner dan bersihkan pembersih yang nmenempel pada Trottole body dan ISC menggunakan lap yang bersih. Hal ini bertujuan agar ktika bahan bakar dan udara menyatu tidak ada debu yan terbawa kedalam ruang pembakaran. Dan agar tidak melenceng dalam mengatur rpm karena Isc berfungsi untuk mengatur rpm.
5.                  Fuel Filter (FF)
Bersihkan FF dengan menyemprot lubang masuk atau keluar bahan bakar dari FF menggunakan kompresor (angin). Hal ini dilakukan agar FF berfungsi dengan baik, sehingga tidak ada penyumbatan dalam FF atau pun terbawa nya debu keruang pembakran.

6.                  Oli (pelumas)
Ganti oli yang sudah lama dengan yang baru agar tidak terjadi ke ausan pada mesin, sehingga langkah kompresi tetap stabil.
Agar mesin tetap nyaman dan tidak cepat aus maka penggantian oli ini harus dilkukan secara berkala. Sehingga kstbilan dan suhu pada ruang pembakaran tetap terjaga.

7.                  Uji Emisi
Terakhir lakukan Uji Emisi, untuk melakukan Uji Emisi gunkan alat Egine Analizer.
Hal ini dilakukan auntuk mengetahui proses pembakaran pada mesin, apakah sudah efisien atau tidak, CO (karbonmonoksida)ideal berkisar di bawah 1 persen.
Jika alat tersebut menunjukan dibawah 1 persen maka CO pada proses pembakaran masih efisien, namun jika alat tersebut menujukan hasil di atas 1 persen maka proses  pembakaran tersebut sudah tidak efisien, biasanya harus dilakukan service pada sistem bahan bakar.




.3    Langkah Akhir
Setelah selesai melaksanakan tune up, agar tercipta kesejahteraan, keselamatan, dan keamanan kerja baik untuk mekanik ataupun peralatan. Maka langkah terakhir yaitu bereskan (rapihkan) dan simpan kembali alat-alat yang sudah di gunakan ketempat penympanan.

Demikian artikel tentang cara tune up mobil , artikel ini di ambil dari blog ini, silakan kalau ingin mengunjungi sumbernya. Terima Kasih

Prinsip Kerja dan Tipe Karburator

Karburator

Sebelum berlanjut ke prinsip dan tipe karburator, sebaiknya anda mengetahui apa itu karburator, yang belum membacanya ini dia selengkapnya tentang KARBURATOR. Jika sudah baca langsung saja ke topik selanjutnya yaitu Prinsip dan Tipe karburator. silakan baca dibawah ini :

PRINSIP KARBURATOR

cara kerja karburator
Karburator bekerja berdasarkan Prinsip bernouli : semakin cepat udara bergerak, maka semakin kecil tekanan statisnya, tetapi makin tinggi tekanan dinamisnya. Karburator akan bekerja saat torak melakukan langkah hisap. Pada saat mesin masih dingin kita sering menggunakan choke, dimana choke disini berguna untuk mengurangi aliran udara yang masuk sehingga bahan bakar lah yang lebih banyak masuk ke ruang bakar yang menyebabkan mesin lebih cepat panas yang berguna untuk mempermudah proses pembakaran, saat mesin sudah cukup panas maka choke sudah tidak diperlukan lagi karena akan menyebabkan terjadinya banjir.


prinsip kerja karburator

TIPE / Jenis-Jenis Karburator

Tipe karburator dapat  dikelompokan berdasarkan arah aliran udara, barel, dan ventury. Tentu tipe-tipe tersebut mempunyai tujuan dan fungsi tersendiri, tergantung untuk mesin apa karburator ini dibuat.

Berdasarkan Arah Aliran Udara :
  • Arah Aliran Udara Turun ( downdraft ) : Pada jenis ini, udara masuk melalui atas dan masuk ke ruang bakar dari bawah
  • Arah Aliran Udara datar ( sidedraft ) : Pada jenis ini, udara masuk dari samping dan masuk ke ruang bakar melalui sisi seberangnya
  • Arah Aliran Udara naik ( Updraft ) : Pada jenis ini, udara masuk dari bawah karburator dan masuk keruang bakar melalui atas

Berdasrkan Barel :
  • Single barel : tipe ini hanya memiliki satu barel dan umumnya digunakan pada motor atau mobil yang berkapasitas mesin kecil
  • Multi Barel : tipe ini memiliki dua barel atau lebih untuk memenuhi aliran udara yang besar, biasanya digunakan pada mesin kapasitas besar
Berdasarkan Ventury :
  • Ventury Tetap : Pada tipe ini ukuran venturi tetap, tetapi pedal gas yang mengatur besar kecilnya udara yang masuk, besar kecilnya udara ini yang mengatur jumlah bahan bakar yang tersedot keluar menuju ruang bakar
  • Ventury Bergerak : Pada tipe ini pedal gas yang mengatur ukuran ventury dengan menggunakan piston yang dapat naik turun sehingga dapat membuat celah ventury yang berubah-ubah, naik turunnya piston ini di barengi dengan needle jet yang mengatur jumlah bahan bakar yang tertarik ke ruang bakar. tipe ini disebut juga "tekanan tetap" karena tekanan udara sebelum ventury selalu tetap.
 Baca juga : komponen utama mobil

Demikian artikel tentang prinsip dan tipe karburator, mohon dimaafkan apabila kurang lengkap dan memuaskan.

    Panduan Cara Memodifikasi Mobil

    CARA Memodifikasi Mobil

    modifikasi mobil
    Tentu saja hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut :
    1. Tentukan Konsep
    2. Siapkan budget / anggaran
    3. Daftar komponen
    4. Tempat memodifikasi / Rumah modifikasi
     Bagian mobil yang bisa anda modifikasi :
      cara memodifikasi mobil
    1. Mesin
    2. Pelek
    3. Body kit
    4. Audio
    5. Interior



    1. Tentukan Konsep

    Konsep dalam  memodifikasi mobil sangat diperlukan untuk kita tahu akan menjadi apa bentuk mobil kita nanti. Apakah anda ingin yang elegan atau yang ekstrim, itu harus ditentukan dariawal agar kita tidak bingung di tengah jalan nati.

    2. Budget / Anggaran

    Anggaran merupakan aspek yang penting dalam memodifikasi mobil, kita punya konsep yang bagus tapi tidak punya budget yang mencukupi tentu saja itu hampir percuma. Tentu saja iya, kalau tidak ada uang ya dari mana kita beli barang2 nya?? ya kan..

    3. Daftar Komponen

    Daftar komponen yang dimaksud adalah daftar barang yang akan digunakan dalam memodifikasi mobil. Daftar barang ini berfungsi sebagai pengingat antara barang yang sudah di beli atau yang belum di beli, daftar ini juga bisa membantu dalam menghitung berapa banyak budget yang sudah dikeluarkan, sehingga kita bisa mengontrol uang kita .

    4. Tempat Modifikasi / Bengkel modifikasi

    Jika semua diatas sudah selesai saatnya memilih tempat untuk memodifikasi mobil kita,
    Syarat bengkel :
    • Teruji kualitasnya
    • Terpercaya
    • Harga yang murah ( relative )
    • dll

    Bagian yang perlu / bisa anda modifikasi ( tergantung keinginan dan budget ) :

    1. Mesin

    Pada bagian mesin ini kalau anda penggila kecepatan, anda bisa mengubahnya menjadi mobil yang cepatnya diatas rata2 dan tentu saja berbanding lurus dengan budget yang wahh, tapi kalau ingin yang biasa biasa saja sepertinya mesin tidak harus kita modifikasi ( tapi kayanya ada yg kurang si )

    2. Pelek dan Ban

    MEmodifikasi pelek ini penting, karena jika semua sudah kita modifikasi tapi pelek dan bannya masih standar akan kelihatan gimana gitu, lebih tepatnya menjijikan, seperti orang yang pakai gaun tapi kakinya pakai sandal jepit.

    3. Body Kit

    Ini sepertinya bagian yang harus dimodifikasi karena adalah bagian yang paling kontras diantara bagian lainnya ( yaiyalah ), tentu saja warna sangat mempengaruhi, pemilihan warna yang salah bisa berakibat fatal. bagian body juga perlu ditambahkan custom bemper depan dan belakang, dan side skirt agar lebih menarik.

    4. Audio

    Sepertinya dalam dunia modifikasi, Audio ini tak pernah ketinggalan. Kalau saya sendiri kurang suka dengan modifikasi audio ini, saya lebih suka dengan ketenangan.

    5. Interior

    Bagi saya ini adalah bagian yang terpenting, karena berhubungan dengan kenyamanan berkendara dan secara langsung juga berhubungan dengan keselamatan kita, percuma mobil bagus tapi jegger, kecelakaan.



    Demikian Panduan memodifikasi mobil ini, walaupun sedikit saya harap cukup memberikan gambaran cara memodifikasi mobil

    Mensetting Motor Agar Lebih Ngacir

    Cara Mempercepat Motor agar Lebih Ngacir

    Motor pabrikan dengan kondisi standar memang telah disetting dengan kondisi jalan di Indonesia. Untuk itu saat motor dipakai untuk jarak jauh seakan tidak maksimal atau terasa tidak bertenaga. Bagaimana cara atasinya?

    Ada berbagai cara untuk membuat motor lebih ngacir saat melaju tanpa biaya besar. Tarikan motor standar terasa agak berat, kurang responsif atau dikatakan lelet bisa disebabkan dari berbagai faktor.

    Pertama karena kondisi standar yang telah disesuaikan untuk penggunaan dalam kota. Kedua karena penggunaan bahan bakar tidak sesuai standar dan ketentuan pabrik. Dan yang ketiga karena tidak rajin dalam merawat motor.

    Jika masalah yang terjadi pada motor karena faktor kedua dan ketiga, maka jangan harap motor bisa ngacir. Jika karena faktor masalah pertama menjadi kendala, sebaiknya 6 cara jitu berikut bisa dicoba

    Memasang 9 power

    cara memasang 9 power
    Tarikan atau tenaga motor kurang bisa dikarenakan dari sistem kelistrikan yang tidak maksimal. Arus listrik yang kurang pada busi bisa sebabkan pembakaran kurang maksimal dan bahkan menjadi boros.

    Cara pertama dengan produk 9Power yang seharga sekitar Rp 39 ribuan. Perangkat sederhana dengan bentuk kecil ini memiliki manfaat memperlancar arus listrik dari koil. Sehingga pembakaran bisa lebih maksimal dan konsumsi BBM jadi sedikit lebih irit. 

    power blazzingtempat power blazzingMemasang Power Blazzing

    Sama dengan halnya 9Power, Power Blazzing merupakan perangkat digital yang bekerja menyempurnakan

    sistem kelistrikan kendaraan. Hanya saja bedanya Power Blazzing langsung terhubung dengan sistem Accu/Aki.

    Power Blazzing yang dibanderol sekitar Rp 180 ribu ini memiliki lebih banyak manfaat di antaranya:

    • Hemat BBM hingga 20% (Akan terasa pada beberapa motor tertentu)
    • Tarikan motor jadi lebih SPONTAN
    • Getaran mesin jadi halus dan mesin jadi lebih Umur pemakaian Aki/Accu motor lebih lama
    • Kelistrikan Lancar
    • CDI, KOIL lebih stabil

    Pakai Busi Iridium

    Jika sistem kelistrikan sudah beres dan lancar tidak ada salahnya untuk mencoba mengganti busi dengan model iridium. Dengan menggunakan busi iridium kendaraan baik mobil dan motor diklaim oleh pabrikan akan memiliki pembakaran lebih sempurna.

    Kembali dengan prinsip awal di atas semakin bagus pembakaran maka mesin akan hasilkan tenaga maksimal dan emisi gas buang juga lebih bersih. Busi iridium berkualitas biasa akan dibanderol jauh lebih mahal ketimbang busi biasa.

    Bahkan 1 busi bisa mencapai di atas Rp 100 ribu (tergantung merk). Dan sebagai catatan saat membeli busi iridium harus pastikan sesuai dengan ketentuan pabrikan. (Lihat dalam buku manual motor

    Atur Gear Ratio

    atur gear ratio sesuai dengan medannya
    Jika beberapa cara sebelumnya masih kurang bisa mencoba cara jitu ini dengan bermain pada gear rasio atau
    Final Gear (SPROCKET). Tapi sebelumnya harus diketahui bahwa asal mengganti tanpa perhitungan sesuai, bisa jadi tenaga motor jadi lebih loyo.

    Pabrikan motor men-setting agar cocok digunakan dalam kota juga dari gear rasio. Makin besar rasio gear, maka akselerasi semakin mantap tapi top speed menurun. Begitu pula sebaliknya rasio gear kecil tarikan kurang, top speed bertambah.

    Jadi jika penggunaan sehari-hari Anda banyak di kota kondisi gear rasio standar sebenarnya sudah cukup. Tapi apabila berada di daerah pegunungan dan perbukitan maka sangat cocok menggunakan gear rasio besar. Karena gear rasio besar sama juga torsi (momen puntir) meningkat.

    Tapi apabila motor sering dipergunakan dalam kota dan perjalanan jauh bisa mencoba dengan menurunkan gear rasio sedikit lebih kecil.

    Contoh : Gear belakang Yamah Vixion standart berukuran 42 sedangkan gear depan 14. Maka gear rasionya adalah 42:14=3, apabila mengganti dengan ukuran 44 maka akselerasi meningkat tapi top speed loyo.

    Sebaliknya jika gear belakang diganti dengan 40 maka rasionya menjadi 2,8. Dengan rasio gear seperti ini akselerasi sedikit turun tapi top speed meningkat. Jika ingin akselerasi dan top speed mantap bisa mencoba mengganti gear depan juga.

    Catatan: untuk penggantian optimal gear baik depan maupun belakang, sebaiknya tidak lebih dan tidak kurang dari 3 digit. Jika menggunakan profil ban lebih besar juga jangan mengganti ukuran gear lebih kecil, karena bobot bertambah memerlukan momen puntir lebih besar.

    Untuk mudahnya, bisa meniru atau mencontoh gear rasio pada sebuah sepeda seperti di bawah ini. Semakin kecil gear maka top speed meningkat, semakin besar tarikan ringan.

    5. Knalpot

    knalpot nob 1Cara selanjutnya adalah mengganti saluran gas buang alias knalpot. Banyak anggapan mengganti knalpot
    kendaraan menjadi sangat boros. Pernyataan ini memang tidak salah tapi juga kurang tepat.

    Sebab jika mengikuti prosedur yang tepat, mengganti knalpot yang benar dan sesuai bisa tingkatkan tenaga tapi juga tidak terlalu boros. Modifikasi knalpot sebaiknya membeli produk aftermarket yang sudah memiliki kualitas dan kuantitas, bukan knalpot abal-abal.

    Seperti halnya knalpot NOB1 yang dibanderol dengan harga terjangkau. Pada produk terbaru NOB1 Neo Silent Sport, diklaim tenaga motor bertambah tapi polusi suara juga sangat kecil alias tidak berisik. Selain itu konsumsi BBM juga tidak akan menjadi boros.

    Selain NOB1 di pasaran juga masih banyak merk lain yang tak kalah bagus. Namun segi harga yang akan menjadi pembanding utama. Penggantian knalpot harus memilih kualitas peredam suaranya. Sebab motor akan digunakan sehari-hari bukan untuk di arena balap

    6. Porting Polish

    Porting polishPorting polish dan Papas head mesin juga bisa membantu membuat kendaraan makin ngacir. Modifikasi
    mesin ini dilakukan dengan cara men-setting ulang lubang masuk/keluar di silinder head.

    Hal ini biasa dilakukan agar campuran bahan bakar dengan udara yang masuk ke ruang bakar menjadi lebih optimal. Sedangkan papas head adalah langkah yang dilakukan untuk menaikkan kompresi motor.

    Hal ini dilakukan dengan cara membubut/memapas head silinder. Tapi risiko pada motor yang sebelumnya memiliki nilai kompresi layak pakai bahan bakar premium harus beralih menggunakan bbm beroktan tinggi seperti Pertamax atau Pertamax Plus.

    Cara ini terbukti dapat meringankan tarikan kendaraan baik motor maupun mobil. Tapi untuk melakukan proses porting polish dan papas head harus dilakukan di bengkel yang benar-benar ahli dan memiliki peralatan lengkap. Agar tidak terjadi kesalahan atau bahkan kerusakan pada mesin yang tidak diinginkan

    Demikian artikel tentang cara membuat motor lebih ngacir, semoga bermanfaat

    Sumber : Membuat motor lebih ngacir

    APA PENGERTIAN MOBIL

    APA PENGERTIAN MOBIL

    Sebenarnya Apa itu Pengertian Mobil

    Untuk mengetahui apa itu pengertian mobil kita harus bertanya pertanyaan yang standar, yaitu WWWWH ( what, who, why, when, and how ), kalau indonesianya apa, siapa, kapan, kenapa, dan bagaimana. Untuk urutannya saya sendiri bingung, tapi intinya adalah itu.

    Untuk yang pertama adalah APA ???

    Apa kah mobil itu??


    Mobil ( menurut wikipedia  ) adalah kendaraan yang digerakan oleh tenaga mesin, beroda empat atau lebih ( selalu genap ), menggunakan bahan bakar minyak ( bensin atau solar ) untuk menghidupkan mesin. Mobil merupakan kependekan dari otomobil yang berasal dari bahasa yunani ' autos ' (  sendiri ) dan movere ( bergerak ).

    Kapan dan Siapa ???


    Pertanyaan ini mengacu pada sejarah mobil , jawabannya adalah sebagai berikut ( berdasarkan wikipedia, untuk lebih lengkap lihat disini )
    Kendaraan pertama yang bekerja dengan uap mungkin pertama kali didesain oleh Ferdinand Verbiest, sekitar tahun 1672. Ia mendesain mainan kendaraaan berukuran 65 cm untuk kerajaan Cina, yang tidak bisa membawa penumpang. Tidak diketahui apakah model kendaraan yang dibuat Verbiest pernah diproduksi atau tidak.

    Tahun 1752, Leonty Shamshurenkov, seorang berkebangsaan Rusia, membuat konstruksi sebuah kendaraan bertenaga manusia. Ia juga melengkapi kendaraan buatannya dengan odometer. Kendaraan yang ia buat mirip dengan sebuah kereta salju

    Kendaraan tenaga uap pertama dibuat pada akhir abad 18. Nicolas-Joseph Cugnot dengan sukses mendemonstrasikan kendaraan roda tiga itu pada tahun 1769. Kendaraan pertama menggunakan tenaga mesin uap, mungkin peningkatan mesin uap yang paling dikenal, dikembangkan di Birmingham, Inggris oleh Lunar Society. Dan juga di Birmingham mobil tenaga bensin pertama kali dibuat di Britania pada tahun 1896 oleh Frederick William Lanchester yang juga mematenkan rem cakram. Pada tahun 1890-an, etanol digunakan sebagai sumber tenaga di Amerika Serikat.

    Kenapa ???

    Kenapa mobil diciptakan,  menurut saya pikiran manusia selalu berkembang dan mobil merupakan salah satu dampak dari perkembangan pikiran manusia,  pikiran manusia selalu berorientasi untuk memudahkan kegiatan manusia, jadi mobil diciptakan untuk memudahkan kegiatan atau pekerjaan manusia sesuai bidangnya dan tentu saja merupakan dampak dari perkembangan jaman itu sendiri, karena tidak mungkin otak atau pikiran manusia tidak berkembang.
    ( untuk pertanyaan "kenapa" ini agak kurang jelas, karena ini hanya dari pemikiran saya saja, tidak ada referensi lain jadi sedikit ngaco.)

    Dan terakhir adalah Bagaimana ??

    Bagaimana ini saya kira lebih mengacu kepada cara kerja mobil .
    Kembali pada definisi mobil yaitu kendaraan yang digerakan oleh tenaga mesin, beroda empat atau lebih, menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesin. Jadi , cara kerjanya adalah Tenaga mesin yang dihasilkan dari hasil pembakaran diteruskan ke roda mobil untuk menggerakan mobil. Jika dipisahkan dalam beberapa komponen maka mobil terdiri dari Mesin ( sumber tenaga ), Penggerak, Rem, dan kelengkapan. Lihat lebih lengkap komponen utama mobil disini

    Mohon maaf jika artikel tentang pengertian mobil ini kurang lengkap atau memuaskan,

    Cara Kerja Motor Empat Tak

    CARA KERJA Motor atau Mesin Empat tak / Four Stroke


     Hari ini kita membahas tentang  :

     cara kerja mesin empat 4 tak

     cara kerja mesin 4 tak ini berisi ttg langkah- langkah kerja mesin empat tak sehingga mesin dapat bergerak / menghasilkan tenaga.

    CARA KERJA


    Motor atau mesin empat ( 4 ) tak adalah mesin pembakaran dalam yang dalam satu siklus kerjanya membutuhkan empat langkah dari piston. Empat langkah tersebut adalah langkah isap ( pemasukan ), kompresi ( pemampatan ), usaha, dan buang. Pada umumnya saat ini semua mesin kendaraan menggunakan siklus empat langkah / four stroke.

    Cara kerja mesin empat tak :
    siklus mesin empat tak

    • Langkah Hisap :
      Piston bergerak ke bawah ( dari TMA ke TMB ), katup masuk terbuka dan katup buang tertutup, piston menghisap campuran udara dan bahan bakar ( hanya udara : mesin diesel ) ke dalam silinder.
    • Langkah Usaha :
      Piston bergerak dari TMB ke TMA, semua katup tertutup dan piston mengkompres atau memampatkan campuran udara dan bahan bakar ( hanya udara : mesin diesel ).
    • Langkah Usaha :
      Beberapa derajat sebelum piston mencapai TMA, semua katup masih tertutup, busi memercikan api sehingga membakar campuran udara dan bahan bakar ( hanya udara : mesin diesel ) yang mengakibatkan ledakan, ledakan inilah yang mendorong piston ke TMB dan terjadilah langkah usaha.
    • Langkah Buang :
      Langkah buang adalah langkah terakhir siklus empat tak dimana piston bergerak dari TMB ke TMA, katup masuk tertutup dan katup buang terbuka, piston mendorong gas sisa pembakaran keluar melalui katup buang.

    Siklus diatas akan terus berulang sampai mesin tersebut dimatikan
    Baca juga :
    Mohon maaf jika artikel tentang cara kerja motor empat tak ini kurang lengkap dan kurang memuaskan.

    Monday, 1 September 2014

    PENGERTIAN Teknik Otomotif

    PENGERTIAN Teknik Otomotif

    APA ITU TEKNIK OTOMOTIF??


    Teknik otomotif adalah salah satu cabang ilmu teknik mesin yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membuat dan mengembangkan alat-alat transportasi darat yang menggunakan mesin, terutama sepeda motor, mobil, bis dan truk. Teknik otomotif menggabungkan elemen-elemen pengetahuan mekanika, listrik, elektronik, keselamatan dan lingkungan serta matematika, fisika, kimia, biologi dan manajemen. TEKNIK OTOMOTIF ini hampir sama pengertiannya dengan teknik kendaraan ringan. Yang dimaksud kendaraan ringan adalah kendarann yang mempunyai ukuran di bawah 3000 cc.

    Cabang-cabang dari teknik otomotif meliputi :


    1. Perencanaan (product atau design)
    2. Pengembangan (development)
    3. Produksi (manufacturing)
    4. Perawatan (maintenance)


    Di Indonesia saat ini cabang yang sangat berkembang adalah perawatan dan umumnya mengenai perawatan mobil dan sepeda motor.

    Sistem dalam otomotif


    Dalam teknik otomotif, menguasai sistem-sistem yang ada alat-alat transportasi darat merupakan suatu keharusan. Sistem tersebut terdiri beberapa sistem utama dan puluhan subsistem. Sistem tersebut dapat dikelompokkan :

    1. Mesin (engine)
    2. Mesin pembakaran dalam (internal combustion engine).
    3. Sistem bahan bakar (fuel system).
    4. Tangki bahan bakar.
    5. Pompa bahan bakar.
    6. Karburator atau Sistem injeksi bahan bakar.
    7. Sistem pengapian (ignition system).
    8. Sistem pemasukan udara dalam ruang bakar (intake system).
    9. Sistem pembuangan udara hasil pembakaran (exhaust system).
    10. Sistem pendinginan (cooling system).
    11. Sistem pelumasan (lubricating system).
    12. Sistem keseimbangan roda (spooring balancing)
    13. Pemindah daya (power train).
    14. Sistem transmisi (transmission system).
    15. Rangkaian penggerak (drive train).
    16. Transfer case (untuk penggerak 4 roda)
    17. Penggerak akhir (final drive)
    18. Roda (wheel)
    19. Sistem kemudi (steering system).
    20. Sistem suspensi (suspension system).
    21. Sistem rem (brake system).
    22. Bodi.
    23. Sistem listrik (electrical system).



    TEKNIK KENDARAAN RINGAN

    TEKNIK KENDARAAN RINGAN

    APA ITU Teknik kendaraan ringan?

     TEKNIK KENDARAAN RINGAN ( TKR )adalah kompetensi keahlian bidang teknik otomotif yang menekankan keahlian pada bidang penguasaan jasa perbaikan kendaraan ringan.

    Kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan menyiapkan peserta didik untuk bekerja pada bidang pekerjaan jasa perawatan dan perbaikan di dunia usaha/industri.


    Tujuan Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan

     secara umum mengacu pada isi Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. 

    Secara khusus tujuan Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan 

    adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten: 

    1. Memahami dasar-dasar mesin. 
    2. Memahami proses-proses dasar pembentukan logam. 
    3. Menjelaskan proses-proses mesin konversi energi. 
    4. Menginterpretasikan gambar teknik. 
    5. Menggunakan peralatan dan perlengkapan di tempat kerja. 
    6. Menggunakan alat-alat ukur (measuring tools). 
    7. Menerapkan prosedur keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan tempat kerja. 
    8. Memperbaiki sistem hidrolik dan kompresor udara. 
    9. Melaksanakan prosedur pengelasan, pematrian, pemotongan dengan panas dan pemanasan. 
    10. Melakukan overhaul sistem pendingin dan komponen– komponennya. 
    11. Memelihara/servis sistem bahan bakar bensin. 
    12. Memperbaiki sistem injeksi bahan bakar diesel. 
    13. Memeliharaan/servis engine dan komponen-komponen- nya. 
    14. Memperbaiki unit kopling dan komponen-komponen sistem pengoperasian. 
    15. Memelihara transmisi. 
    16. Memelihara unit final drive/ garden. 
    17. Memperbaiki poros penggerak roda. 
    18. Memperbaiki roda dan ban. 
    19. Memperbaiki sistem rem. 
    20. Memperbaiki sistem kemudi.
    21. Memperbaiki sistem suspensi. 22. Memelihara baterai.
    22. Memperbaiki kerusakan ringan pada rangkaian/ sistem kelistrikan, pengaman dan kelengkapan tambahan. 
    23. Memperbaiki sistem pengapian. 
    24. Memperbaiki sistim starter dan pengisian.
    25. Memelihara/servis sistem AC (Air Conditioner).


    Fungsi dan Cara Kerja transmisi manual dan Komponen komponennya

    Fungsi dan Cara Kerja transmisi manual dan Komponen komponennya


    Hari ini pembahasannya  adalah tentang TRANSMISI MANUAL, lihat lebih banyak artikel tentang otomotif di Dunia otomotif Mobil

    • Macam-macam Roda gigi
    • Konsep kerja transmisi  
    • RANGKUMAN


    Prinsip Kerja Transmisi 


           Transmisi manual dan komponen-komponennya yang akan dibahas dalam artikel ini adalah yang dipergunakan pada kendaraan bermotor. Transmisi manual dan komponen- komponennya merupakan bagian dari sistem pemindah tenaga dari sebuah kendaraan, yaitu sistem yang berfungsi mengatur tingkat kecepatan dalam proses pemindahan tenaga dari sumber tenaga (mesin) ke roda kendaraan (pemakai/peng- gunaan tenaga).

          Sistem pemindah tenaga secara garis besar terdiri dari Unit kopling, transmisi, defrensial, poros dan roda kendaraan. Sementara Posisi transmisi manual dan komponennya, terletak pada ujung depan sesudah unit kopling dari sistem pemindah tenaga pada kendaraan. Fungsi transmisi adalah untuk mengatur perbedaan putaran antara putaran mesin (memalui unit kopling) dengan putaran poros yang keluar dari transmisi. Pengaturan putara ini dimaksudkan agar kendaraan mampu bergerak sesuai dengan beban dan kecepatan kendaraan


        Rangkaian pemindahan tenaga berawal dari sumber tenaga (Engine) kesisitem pemindah tenaga, yaitu masuk ke unit kopling (Clutch) diteruskan ketransmisi (Gear Box) ke propeller shaft dan keroda melalui defrensial (Final Drive).

    Transmisi kendaraan juga disebut dengan gear box atau kotak roda gigi, karena komponen utama transmisi adalah roda gigi. 

    Macam-macam Roda gigi

         Roda gigi/Gears adalah roda yang terbuat dari besi yang mempunyai gerigi pada permukaannya. Bentuk gigi dibuat sedemikian rupa hingga dapat bekerja secara berpasangan dan setiap pasangan terdapat sebuah roda gigi yang menggerakkan (driving gear) dan sebuah roda gigi yang digerakkan (driven gear). Suatu kelompok/kumpulan roda gigi dengan komponen lain membentuk suatu sistem transmisi dalam suatu kendaraan, mereka terletak dalam suatu wadah yang disebut transmission case, atau kadang juga disebut gear box.


    Beberapa macam desain roda gigi yang dipergunakan pada transmisi adalah:   




    1. Roda gigi jenis Spur – bentuk giginya lurus sejajar dengan poros, dipergunakan untuk roda gigi geser atau yang bisa digeser (Sliding mesh).
    2. Roda gigi jenis Helical – bentuk giginya miring terhadap poros, dipergunakan untuk roda gigi tetap atau yang tidak bisa digeser (Constant mesh dan synchro-mesh). 
    3. Roda gigi jenis Double Helical – bentuk giginya dobel miring terhadap poros, dipergunakan untuk roda gigi tetap atau yang tidak bisa digeser (Constant mesh dan synchro-mesh). 
    4. Roda gigi jenis Epicyclic – bentuk giginya lurus atau miring terhadap poros, dipergunakan untuk roda gigi yang tidak tetap kedudukan titik porosnya (Constant mesh).



    Konsep kerja transmisi  

    Transmisi pada kendaraan terdiri dari berbagai bentuk roda gigi, ada yang sistem tetap ada yang digeser (slidingmesh). 

    Berikut ini akan dicoba dijelaskan konsep kerja masing-masing. 

    a) Transmisi dengan roda gigi geser 
    Roda gigi pada poros input yaitu berasal dari kopling, dipasang mati. Sedangkan roda gigi yang dipasang pada poros output dipasang geser/sliding. Roda gigi yang digunakan untuk model ini tentunya jenis spur



    b) Transmisi dengan roda gigi tetap. 
    Sistem pemindahan kecepatan pada sistem ini tidak memindah roda gigi, namun dengan menambah satu perlengkapan kopling geser. Pada model transmisi roda gigi tetap ini memungkinkan dipergunakan bentuk roda gigi selain model spur. Sehingga memungkinkan penggunaan roda gigi yang lebih kuat.  Kopling geser dapat digeser kekanan atau kekiri. Bila  kopling ada ditengah maka berarti transmisi pada posisi netral

    c) Transmisi Synchronmesh 
    Terdapat kerugian yang perlu diatasi pada penggunaan sistem roda gigi geser , 
    yaitu: 

    • Suara transmisi kasar saat memindah kecepatan. 
    • Pemindahan gigi sangat sulit, apalagi pada kecepatan tinggi, sehingga pemindahan gigi harus dilakukkan pada kecepatan yang rendah. 
    Hal ini juga dialami pada sistem pengembangan yang meng- gunakan sistem Constantmesh. Meskipun pada sistem constant-mesh sudah tidak menggunakan penggeseran roda gigi, namun sistem penyambungannya masih mengalami permasalahan. Penyambungan yang dipergunakan pada sistem Constantmesh mirip pada sistem sliding gear saat memasukan kecepatan tertinggi yaitu antara roda gigi C dengan roda gigi D. Dengan kata lain, kendaraan yang transmisinya menggunakan sistem sliding gear atau Constantmesh akan terhambat khususnya pada proses akselerasi kendaraan. Karena setiap pemindahan kecepatan harus menunggu putaran turun terlebih dahulu.  Permasalahan proses pemindahan gigi tersebut, karena per- bedaan putaran kedua gigi yang akan disambungkan



    RANGKUMAN:


    1) Transmisi manual dan komponen-komponennya merupakan bagian dari sistem pemindah tenaga dari sebuah kendaraan, yaitu sistem yang berfungsi mengatur tingkat kecepatan dalam proses pemindahan tenaga dari sumber tenaga (mesin) ke roda kendaraan (pemakai/peng-gunaan tenaga).

     2) Sistem pemindah tenaga secara garis besar terdiri dari Unit kopling, transmisi, defrensial, poros dan roda kendaraan. Sementara Posisi unit transmisi berada selangkah di belakang unit kopling. Hal ini agar saat pemindahan kecepatan, hubungan dengan mesin dapat diputuskan ter-lebih dahulu. 

     3) Konsep dasar cara kerja transmisi adalah menggunakan konsep perbandingan momen, melalui sejumlah roda gigi. Dengan konsep tersebut dapat disesuaikan antara tenaga output mesin dengan besarnya beban yang akan diangkat. Saat beban berat seperti kendaraan akaan bergerak, tanjakan dan sebagainya, digunakan tingkat kecepatan yang rendah yang memiliki momen lebih besar.

     4) Terdapat beberapa macam roda gigi yang dipergunakan pada transmisi yaitu : 

    • Roda gigi jenis Spur – bentuk giginya lurus sejajar dengan poros, dipergunakan untuk roda gigi geser atau yang bisa digeser (Sliding mesh).
    • Roda gigi jenis Helical – bentuk giginya miring terhadap poros, dan Roda gigi jenis Double Helical – bentuk giginya dobel miring terhadap poros, dipergunakan untuk roda gigi tetap atau yang tidak bisa digeser (Constant mesh dan synchromesh). 
    • Roda gigi jenis Epicyclic – bentuk giginya lurus atau miring terhadap poros, dipergunakan untuk roda gigi yang tidak tetap kedudukan titik porosnya (Constant mesh). 

    5) Terdapat tiga macam sistem pemindahan kecepatan pada unit transmisi, yaitu dengan sistem menggeser roda gigi atau slidingmesh, sistem roda gigi tetap dengan meng-gunakan kopling geser, dan sistem roda gigi tetap menggunakan synchronmesh.   

    6) Komponen utama dari tramisi manual adalah sebagai berikut : 
    1. Transmission input shaft   atau Poros input transmisi, yaitu komponen yang menerima moment output dari unit kopling. 
    2. Transmission gear atau roda  gigi transmisi, yaitu Untuk mengubah input dari mesin menjadi output gaya torsi yang meninggalkan transmisi sesuai dengan kebutuhan kendaraan. 
    3. Synchroniser/synchro-mesh atau Gigi penyesuai, adalah perlengkapan yang memungkinkan pemindahan kecepatan pada kondisi putaran yang tinggi. 
    4. Gear shift lever atau  Tuas pemindah presnelling   dan Shift fork  atau  Garpu pemindah   adalah komponen yang berfungsi untuk mengoperasikan transmisi oleh pengemudi.             
    5. Output shaft atau Poros output adalah untuk menyalur-kan moment atau tenaga yang sudah diolah melalui proses reduksi ke komponen sistem pemindah tenaga selanjutnya

    GLOSSARY atau Peristilahan dalam Transmisi Manual

    GLOSSARY atau Peristilahan dalam Transmisi Manual

    Berikut adalah istilah-istilah atau glossary dari Transmisi Manual

    Constant Mesh 

    adalah Roda gigi transmisi yang tidak dapat digeser posisinya.

    Driving Gear 

    adalah roda gigi penggerak yang terhubung langsung dengan mesin.
    Driven Gear adalah roda gigi yang digerakan.

    Kopling

     yaitu suatu perangkat/ sistem yang merupakan bagian dari sistem pemindah tenaga yang berfungsi untuk memutus dan menghubungkan putaran dan daya dari mesin ke unit pemindah tenaga selanjutnya dengan lembut dan cepat.

    Kopling Gesek

     yaitu suatu kopling yang menggunakan gaya gesek mekanis untuk mencapai fungsi kerjanya.
    Kopling Hidrolik yaitu suatu kopling yang menggunakan gaya hidrolis untuk mencapai fungsi kerjanya
    .

    Kopling Satu Arah (One Way Clutch)

     yaitu suatu unit kopling yang hanya meneruskan putaran dan daya pada satu arah saja, sedangkan  pada arah yang berlawanan tidak meneruskan putaran dan daya.

    Mekanisme Hidrolik 

    yaitu suatu sistem pengoperasian dengan menggunakan tenaga hidrolis dengan suatu master silinder dan release silinder/ actuating silinder.

    Mekanisme Mekanik 

    yaitu suatu sistem pengoperasian dengan menggunakan tenaga mekanik dengan batang (linkage) maupun dengan kabel (cable).

    Roda Gila (Fly Wheel)

     yaitu salah satu komponen motor yang berfungsi sebagai penyeimbang putaran motor (balancer) sekaligus penyimpan tenaga putar yang dihasilkan oleh putaran poros engkol, sehingga poros engkol dapat berputar terus guna manghasilkan langkah usaha kembali (kesinambungan kerja).

    RR (Rear Engine Rear Drive) 

    yaitu suatu jenis kendaraan dengan mesin di bagian belakang kendaraan dan sebagai roda penggeraknya adalah roda belakang.

    Sliding Mesh 

    adalah roda gigi transmisi yang dapat digeser posisinya.
    Synchromesh adalah perlengkapan transmisi yang berfungsi untuk menyamakan putaran antar gigi yang akan di-sambung.

    Transmisi 

    yaitu salah satu bagian dari sistem pemindah tenaga yang berfungsi untuk mendapatkan variasi momen dan kecepatan sesuai dengan kondisi jalan dan kondisi pembebanan, yang pada umumnya dengan menggunakan perbandingan-perbandingan roda gigi. Transmisi Manual adalah Transmisi kendaraan yang pengope-rasiannya dilakukan secara langsung oleh pengemudi. 

    SISTEM BAHAN BAKAR DIESEL pada MOBIL

    SISTEM BAHAN BAKAR DIESEL pada MOBIL

    SISTEM BAHAN BAKAR DIESEL 

    Penemu motor diesel adalah seorang dari Jerman, bernama Rudolf Diesel . Ia mendapat hak paten untuk mesin Diesel pada tahun 1892, tetapi mesin Diesel tsb, baru dapat dioperasikan dengan baik pada tahun 1897.

    Tujuan Rudolf Diesel 

    • Menaikkan rendemen motor (rendemen motor bensin ~ 30%, rendemen motor Diesel ~ 40 - 51%) 
    • Mengganti sistem pengapian dengan sistem penyalaan diri, karena sistem pengapian motor bensin pada waktu itu kurang baik 
    • Mengembangkan sebuah mobil yang dapat dioperasikan dengan bahan bakar lebih murah dari pada bensin  


    Keuntungan motor diesel dibandingkan motor bensin 

    • Daya motor dan momen putar lebih tinggi 
    • Pemakaian bahan bakar lebih irit 
    • Harga bahan bakarnya lebih murah


    Perlengkapan sistem bahan bakar Diesel 


    1. Tangki bahan bakar
    2. Saringan kasa pada pompa pengalir 
    3. Advans saat penyemprotan
    4. Saringan halus
    5. Pompa injeks  
    6. Governor
    7. Nosel
    8. Busi pemanas 

    Cara pembentukan campuran

     Pada motor diesel hanya udara saja yang dihisap dan dikompresikan, bahan bakar dan udara dicampur didalam silinder  

    Cara penyalaan 

    Setelah udara dikompresikan bahan bakar disemprotkan kedalam ruang bakar sehingga terjadi pembakaran. 

    Persyaratan terjadinya penyalaan 
    1. Tekanan udara yang dikompresikan mencapai 1,5 – 4 Mpa sehingga temperatur naik  700 – 900C  
    2.  Bahan bakar harus berkabut dengan halus  
    3. Perbandingan campuran harus sehomogen mungkin 
    4. Bahan bakar yang sesuai mempunyai sifat-sifat sbb:
      -  Mudah menyala (nilai oktan tinggi) dan bersifat melumasi 

    Cara penyemprotan dan pembentukan campuran 

    1. Injeksi tak langsung bahan bakar diinjeksikan pada ruang bakar(kamar muka, kamar pusar) 
    2. Injeksi langsung bahan bakar diinjeksikan langsung pada ruang bakar (biasanya ruang bakar pada puncak torak) bentuk ruang bakarnya adalah bentuk bak, bola, setengah bola dan bentuk hati

    INJEKSI LANGSUNG

    Bentuk ruang bakar: 

    Ruang bakar ada didalam silinder biasanya dipuncak torak  

    Macam-macamnya : 
    • - bentuk bak  
    • - bentuk bola  
    • - bentuk setengah bola 
    • - bentuk hati

    Cara kerja : 
    bahan bakar disemprotkan kedalam ruang bakar di dalam silinder. Nosel injeksi biasanya mempunyai beberapa lubang pada umumnya digunakan pada motor besar 3000cc keatas 

    Keuntungan : 
    Tanpa pemanas mula, efisien dan daya tinggi  dan pemakaian irit 

    Kerugian :
    Suara lebih keras karea terdiri dari beberapa lubang  Pompa injeksi dan injektor mahal, karena tekanan penyemprotan lebih tinggi 


    INJEKSI TAK LANGSUNG

    contoh: ruang bakar kamar pusar


    Bagian-bagian: 

    1. Injektor 
    2. Busi pijar 
    3. Ruang bakar 
    4. Saluran penghubung    


     
    Bentuk ruang bakar: 
    Ruang bakar berada diluar silinder

    Macam-macamnya:

    • Ruang bakar kamar pusar 
    •  Ruang bakar kamar muka

    Cara kerja injeksi tak langsung

    Udara dikompresikan ke dalam ruang bakar karena saluran penghubung menuju tangensial ke dalam ruang bakar, maka udara menerima pusaran/olekan  yang mempermudah pembentukan campuran pada saat bahan bakar disemprotkan Oleh karena itu tekanan injektor bisa lebih rendah  dan nosel cukup dengan satu lubang. Digunakan pada motor-motor kecil 2000cc ke bawah

     Keuntungan :

    • Suara lebih halus dari pada injeksi langsung  
    • Perlengkapan injeksi lebih murah karena tekanan penyemprotan lebih rendah 


    Kerugian 

    • Pakai busi panas  
    • Effisiensi dan dayanya kurang dari pada injeksi langsung

    Gangguan-gangguan pada motor diesel 

    Sebelum menentukan gangguan pada motor diesel ada beberapa langkah awal  yang harus dipenuhi antara lain motor starter harus berputar dengan baik dan pompa injeksi juga harus dalam keadaan baik. Pada motor injeksi tak langsung penyebab motor tidak bisa hidup adalah tidak adanya tegangan pada busi pemanas dan supply bahan bakarnya terhambat. Sedang pada motor system injeksi langsung harus diperiksa pada  sirkulasi pada rangkaian bahan bakarnya dan kondisi mekanis motor seperti timing penyemprotan, tekanan kompresi dan saat penyemprotan. Selain itu adanya udara yang masuk pada sirkuit bahan bakar merupakan penyebab motor diesel tidak dapat hidup.  

    Servis Engine dan komponennya
    Langkah dalam melaksanakan servis engine antara lain memeriksa celah katup, tes tekanan kompresi,memeriksa system pengapian, kondisi baterai,ketegangan sabuk penggerak,pemeriksaan kondisi oli motor dan pemeriksaan pada system kelistrikan motor.



    Klasifikasi oli motor SAE 
    (SAE : Society of Automotiv Engineers) 



    SAE 10 : encer sekali, digunakan untuk sistem hidraulis
    SAE 20

    SAE 30 : Umumya digunkana untuk kendaraan
    SAE 40

    SAE 50 : Digunakan jika temperatur tinggi sekali,  seperti di arab
    SAE 90 : Umumnya digunkan untuk komponen sistem penggerak.



    Oli multigrade
    Viskositas oli bukan tetap : semakin tinggi temperatur semakin encer oli motor. Pada oli multigrade diberi zat tambahan yang mengatasi  efek ini




    Alasan pergantian oli 
    Lama kelamaan mutu oli berkurang karena :

    1. Oksidasi Ditimbulkan karena reaksi oksigen dengan hidrokarbon yang terkandung dalam minyak pelumas  lumpur/endapan. 
    2. Kelemahan bahan tambahan Bahan tambahan tidak menambah daya pelumasan, tapi hanya memberi bahan tambahan yang tertentu saja  
    3. Kotoran Kotoran-kotoran berupa abu atau karbon, bercampur dengan minyak pelumas  gumpalan karbon 



















    Cara Kerja Ac Mobil

    CARA KERJA AC MOBIL

    Saat berusaha mencari artikel untuk menambah koleksi dan kualitas blog ini, saya menemukan artikel yang cukup lengkap untuk menjelaskan cara kerja Ac dari sini , ini hanya sebagian untuk menghormati penulis yang sebenarnya.

    Cara kerja ac mobil dibagi menjadi tiga  kondisi yaitu :

    1. Pada saat ac mati
    2. Pada saat ac mobil baru dihidupkan dan
    3. Pada saat ac mobil sudah lama hidup dan ruangan suhunya sudah rendah

    1. Saat ac mobil mati
    Pada saat ini semua gas freon yang ada dalam sistem ac mempunyai suhu dan tekanan yang sama yaitu tekanan berada dikisaran 120 - 150 psi

    2. Saat ac mobil baru dinyalakan
    gas freon dipompa kompresor untuk dialirkan kesemua sistem dan dikabutkan oleh expansi valve ke evaporator  menjadi uap dingin yang kemudian ditiup oleh udara blower ke seluruh kabin .pada tahap ini beban pendinginan pada ruangan masih besar maka lubang pada expansivalve ( D )membesar dan pengabutannya pun lebih banyak sehingga pendinginan ruangan akan lebih cepat tercapai .

    3. Pada saat ac sudah lama nyala dan ruangan suhunya sudah rendah
    gas freon dipompa kompresor untuk dialirkan kesemua system dan dikabutkan oleh expansi valve ke evaporator  menjadi uap dingin yang kemudian ditiup oleh udara blower ke seluruh kabin .pada tahap ini beban pendinginan pada ruangan sudah tercapai maka lubang pada expansivalve  mengecil  dan pengabutannya pun lebih sedikit .saat kedinginan sudah mencapai derajat tertentu   kompresor akan berhenti bekerja dan kemuadian akan nyala kembali untuk memulai proses pendinginan
    biasanya setelan otomatis kompresor pada suhu 0 - 5 derajat C = ( 0 komp mati ,5 komp nyala )

    Sekian artikel tentang cara kerja ac mobil ini, semoga bermanfaat.

    Lihat juga :

    Sumber : Cara kerja ac

    Pengerian Mobil listrik

    Pengertian Mobil listrik

    pengertian mobil listrikApa itu mobil listrik, MOBIL LISTRIK  Adalah mobil yang digerakkan dengan motor listrik, menggunakan energi listrik yang disimpan dalamMobil listrik sangat populer pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, tapi kemudian popularitasnya meredup karena teknologi mesin pembakaran dalam yang semakin maju dan harga kendaraan berbahan bakar bensin yang semakin murah. Krisis energi pada tahun 1970-an dan 1980-an pernah membangkitkan sedikit minat pada mobil-mobil listrik, tapi baru pada tahun 2000-an lah para produsen kendaraan baru menaruh perhatian yang serius pada kendaraan listrik listrik. Hal ini disebabkan karena harga minyak yang melambung tinggi pada tahun 2000-an serta banyak masyarakat dunia yang sudah sadar akan buruknya dampak emisi gas rumah kaca. Sampai bulan Novemver 2011, model-model listrik yang tersedia dan dijual di pasaran beberapa negara adalah Tesla Roadster, REVAi, Renault Fluence Z.E., Buddy, Mitsubishi i MiEV, Tazzari Zero, Nissan Leaf, Smart ED, Wheego Whip LiFe, Mia listrik, dan BYD e6. Nissan Leaf, dengan penjualan lebih dari 20.000 unit di seluruh dunia (sampai November 2011), dan Mitsubishi i-MiEV, dengan penjualan global lebih dari 17.000 unit (sampai Oktober 2011), adalah kedua mobil listrik paling laris di dunia.

    gambar mobil listrik




    Mobil listrik memiliki beberapa kelebihan yang potensial jika dibandingkan dengan mobil bermesin pembakaran dalam biasa.
    Kelebihan mobil listrik :
    • Yang paling utama adalah mobil listrik tidak menghasilkan emisi kendaraan bermotor.
    • Mobil jenis ini juga mengurangi emisi gas rumah kaca karena tidak membutuhkan bahan bakar fosil sebagai penggerak utamanya. 
    Kerugian :
    Walaupun begitu mobil juga listrik juga mempunyai kerugiannya, kerugian ini lebih ke ekonomi, kenapa ? karena kita tahu bahwa di Indonesia ini sedang berkembang dengan pesat pertumbuhan dunia otomotif, umumnya yang masih menggunakan mesin pembakaran dalam, apabila Indonesia beralih ke mobil listrik maka bisa dibayangkan kerugian ekonomi yang diakibatkan, selain itu juga bisa menghilangkan lapangan kerja karena mobil listrik tidak menggunakan alat-alat yang banyak seperti halnya pada mesin pembakaran dalam ( mobil saat ini ), mobil listrik juga tidak membutuhkan perawatan yang banyak. Sebagai contoh, mobil listrik tidak perlu melakukan tune up dan ganti oli, sedangkan kebanyakan bengkel mobil sebagian besar pendapatannya berasal dari hal tersebut, hal itu membuat bengkel yang tidak dapat menyesuaikan dengan perkembangan jaman maka akan mengalami kerugian bahkan akan gulung tikar yang menyebabkan berkurangnya lapangan pekerjaan dan meningkatnya pengangguran. jadi saya pikir perkembangan mobil listrik di Indonesia akan mengalami perkembangan yang lambat karena Indonesia perkembangan dunia otomotif nya berkembang sangat pesat, tentunya Indonesia tidak akan beralih ke mobil listrik dalam jangka waktu dekat ini karena masih membutuhkan pertumbuhan ekonomi yang besar untuk memajukan ekonomi Indonesia

    Penggunaan mobil listrik secara meluas memiliki banyak hambatan dan kekurangan. Sampai pada tahun 2011, harga mobil listrik masih jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan mobil bermesin pembakaran dalam biasa dan kendaraan listrik hibrida karena harga baterai ion litium yang mahal. Meskipun begitu, saat ini harga baterai mulai turun karena mulai diproduksi dalam jumlah besar. Faktor lainnya yang menghambat tumbuhnya penggunaan mobil listrik adalah masih sedikitnya stasiun pengisian untuk mobil listrik, ditambah lagi ketakutan pengendara akan habisnya isi baterai mobil sebelum mereka sampai di tujuan. Beberapa pemerintah di beberapa negara di dunia telah menerbitkan beberapa insentif dan aturan untuk menanggulangi masalah ini, yang tujuannya untuk meningkatkan penjualan mobil listrik, untuk membiayai pengembangan teknologi mobil listrik sehingga harga baterai dan komponen mobil bisa semakin efisien. Pemerintah Amerika Serikat telah memberikan dana hibah sebesar US$2,4 miliar untuk pengembangan mobil listrik dan baterai. Pemerintah China mengumum kan bahwa mereka akan menyediakan dana sebesar US$15 milyar untuk memulai industri mobil listrik di negaranya. Beberapa pemerintah lokal dan nasional di banyak negara telah menerbitkan kredit pajak, subsidi, dan banyak insentif lainnya untuk mengurangi harga mobil listrik dan mobil plug-in.

    Sejarah mobil listrik

    Mobil listrik populer pada pertengahan abad ke-19 dan awal abad ke-20, ketika listrik masih dipilih sebagai penggerak utama pada kendaraan. Hal ini disebabkan karena mobil listrik menawarkan kenyamanan dan pengoperasian yang mudah yang tidak dapat dicapai oleh kendaraan-kendaraan bermesin bensin saat itu. Perkembangan teknologi pembakaran dalam yang semakin maju, terutama di starter listriknya, lambat laun mengurangi popularitas mobil listrik. Hal ini ditambah dengan kemampuan mobil bensin dapat menempuh jarak yang lebih jauh, pengisiasn bensin yang lebih cepat, dan infrastruktur pengisian semakin bertambah, ditambah dengan sistem produksi massal yang diterapkan oleh Ford Motor Company, membuat harga mobil bensin turun drastis sampai setengah harga mobil listrik. Mobil listrik pun menjadi semakin tidak populer, dan secara total menghilang dari pasaran, terutama di pasaran gemuk seperti Amerika Serikat, pada tahun 1930-an. Bagaimanapun juga, pada tahun-tahun belakangan ini, semakin banyak orang yang sadar akan dampak lingkungan yang ditimbulkan oleh mobil berbahan bakar bensin, ditambah harga bensin yang mahal dan terus naik, membuat mobil listrik kembali diminati. Mobil listrik jauh lebih ramah lingkungan dari mobil bensin, biaya perawatan lebih murah, ditambah teknologi baterai yang semakin maju. Kekurangannya adalah harga mobil listrik saat ini masih mahal. Mobil listrik saat ini mulai mendapatkan lagi popularitasnya di beberapa negara di dunia setelah sekian lama menghilang.

    • 1890-an sampai 1900-an: Awal sejarah
      Sebelum masanya mesin pembakaran dalam, mobil listrik telah memegang banyak rekor kecepatan dan jarak. Diantara semua rekor ini, salah satu yang paling terkenal adalah pemecahan rekor kecepatan 100 km/j (62 mph) oleh Camille Jenatzy pada tanggal 29 April 1899. Ia menggunakan kendaraannya yang berbentuk roket Jamais Contente, dengan kecepatan maksimal 10.588 km/j (6,579 mph). Sebelum tahun 1920-an, mobil listrik bersaing ketat dengan mobil berbahan bakar bensin.

      Dimulai pada tahun 1896 untuk mengatasi masalah infrastruktur pengisian yang kurang, sebuah jasa pelayanan penggantian baterai dimulai oleh perusahaan Hartford Electric Light Company untuk truk listrik. Pemilik kendaraan membeli kendaraannya dari General Electric Company (GVC) tanpa baterai dan membeli baterainya di Hartford Electric dengan sistem baterai yang dapat diganti-ganti. Pemilik kendaraan akan dikenai biaya servis bulanan dan biaya perjalanan per milnya untuk biaya perawatan truknya. Jasa pelayanan ini tersedia pada tahun 1910 sampai 1924 dan menempuh total jarak sekitar 6 juta mil. Pada tahun 1917, sebuah perusahaan di Chicago menjalankan servis pelayanan serupa untuk pemilik mobil Milburn Light Electric yang juga membeli kendaraannya tanpa baterainya.

      Pada tahun 1897, mobil listrik mulai dipakai sebagai kendaraan komersial di Amerika Serikat sebagai armada taksi listrik New York City, taksi ini dibuat oleh Electric Carriage dan Wagon Company Philadelphia. Mobil-mobil listrik di Amerika Serikat diproduksi oleh Anthony Electric, Baker, Columbia, Anderson, Fritchle, Studebaker, Riker, Milburn, dan beberapa perusahaan lainnya di awal abad ke-20.

      Meskipun memiliki kecepatan yang rendah, tapi mobil listrik memiliki banyak kelebihan dibandingkan kompetitornya di awal 1900-an. Mobil listrik tidak menimbulkan getaran, mobil listrik juga tidak mengeluarkan gas buang yang berbau, dan tidak berisik bila dibandingkan dengan mobil bensin. Selain itu, mobil listrik tidak memerlukan perpindahan gigi, dimana pada mobil bensin hal inilah yang menjadi penghambat besar dalam mengemudikannya. Mobil listrik pada masa itu juga digunakan oleh orang-orang kaya yang menggunakannya sebagai mobil kota, sehingga keterbatasan jarak bukanlah hambatan besar. Kelebihan lainnya, mobil listrik juga tidak membutuhkan usaha keras untuk menyalakannya, tidak seperti mobil bensin yang membutuhkan tuas tangan untuk menyalakan mobilnya. Mobil listrik pada masa itu dianggap sebagai mobil yang cocok untuk pengemudi wanita karena kemudahan dalam mengoperasikannya.
      Pada tahun 1911, New York Times menyatakan bahwa mobil listrik adalah kendaraan "ideal" karena lebih bersih, lebih senyap, dan lebih hemat daripada mobil bensin.

    * 1990-an sampai sekarang: Kembalinya minat publik

    Krisis energi pada tahun 1970-an dan 1980-an menimbulkan kembalinya minat masyarakat akan mobil listrik. Pada awal 1990-an, California Air Resources Board (CARB) mulai menekan para pabrikan otomotif untuk mulai membuat mobil yang efisien dalam baqhan bakar, rendah emisi, dengan tujuan akhirnya adalah membuat kendaraan emisi nol seperti kendaraan listrik. Sebagai respons, beberapa pabrikan mencoba membuat mobil listrik mereka masing-masing, seperti Chrysler TEVan, truk pikap Ford Ranger EV, GM EV1, pikap S10 EV, hatchback Honda EV Plus, miniwagon Altra EV, dan Toyota RAV4 EV. Mobil-mobil ini akhirnya ditarik peredarannya di pasar Amerika Serikat.
    Nissan Leaf pertama yang diantarkan ke konsumen di A.S. di jalanan San Francisco

    Resesi ekonomi global pada akhir tahun 2000-an membuat banyak produsen otomotif dunia meninggalkan mobil-mobil SUV yang besar dan boros, dan beralih ke mobil-mobil kecil, hibrida, dan mobil listrik. Perusahaan otomotif asal California, Tesla Motors, memulai pengembangan Tesla Roadster pada tahun 2004, dan kemudian diluncurkan ke publik pada tahun 2008. Sampai bulan Januari 2011, Tesla telah berhasil menjual 1.500 unit Roadster di 31 negara. Mitsubishi i MiEV diluncurkan untuk penggunaan armada di Jepang bulan Juli 2009, dan mulai dijual pada perseorangan pada bulan April 2010. i Miev mulai dijual di Hong Kong bulan Mei 2010, dan Australia mulai Juli 2010.

    Penjualan Nissan Leaf di Jepang dan Amerika Serikat dimulai pada bulan Desember 2010, meskipun di awal peluncurannya hanya tersedia di beberapa kawasan saja dengan jumlah yang terbatas pula. Sampai bulan September 2011, mobil-mobil listrik yang dijual di pasaran adalah REVAi, Buddy, Citroën C1 ev'ie, Transit Connect Electric, Mercedes-Benz Vito E-Cell, Smart ED, dan Wheego Whip LiFe.

    Perbandingan mobil listrik dengan kendaraan bermesin pembakaran dalam

    mobil listrik tucuxiSaat ini, target terpenting dari kendaraan listrik adalah mengatasi masalah di bidang pengembangan,
    produksi, dan operasinya yang tinggi bila dibandingkan dengan mobil bermesin pembakaran dalam sejenis.

     

    1.Harga

    Penjualan Mitsubishi i MiEV ke publik dimulai di Jepang pada bulan April 2010, Hongkong pada bulan Mei 2010, dan Australia pada bulan Juli 2010.

    Mobil listrik pada umumnya lebih mahal daripada mobil bermesin pembakaran dalam. Alasan utamanya adalah mahalnya harga baterai. Para pembeli mobil di AS dan Inggris terlihat tidak mau untuk mengeluarkan uang mereka lebih banyak untuk mobil listrik. Hal ini pun menyebabkan tersendatnya transisi dari mobil bensin ke mobil listrik. Sebuah survei yang dilakukan oleh Nielsen untuk Financial Times menunjukkan bahwa 65% orang Amerika dan 76% orang Inggris tidak mau mengeluarkan uang lebih banyak dari apa yang mereka keluarkan untuk mobil bensin. Sebuah laporan oleh J.D. Power and Associates juga mengklaim bahwa 50% pembeli mobil di Amerika tidak mau membeli kendaraan hijau jika harganya 5.000 dolar lebih mahal dari kendaraan bensin sejenis, meskipun mereka juga mengkhawatirkan lingkungan.

    Perusahaan mobil listrik Tesla Motors menggunakan teknologi baterai komputer jinjing sebagai baterai yang mereka gunakan di mobil listrik mereka. Baterai ini 3 sampai 4 kali lebih murah bila dibandingkan dengan baterai mobil listrik biasa yang dipakai perusahaan mobil lainnya. Baterai konvensional menghabiskan 700-800 dolar AS per kilowatt jam, sedangkan baterai yang menggunakan sel dari komputer jinjing hanya 200 dolar AS saja. Pada akhirnya, hal ini memungkinkan turunnya harga mobil listrik yang menggunakan teknologi dari Tesla seperti Toyota RAV4 EV, Smart ED, dan Model X. New York Times sendiri mengestimasi harga baterai berkisar antara US$400 sampai US$500 per kilowatt-jam.

    Saat ini, Nissan LEAF adalah mobil listrik paling murah di Amerika Serikat, dengan harga awal adalah US$32,780 yang kemudian berkurang menjadi US$25,280 setelah dikurangi pajak federal sebesar US$7,500. Harga mobil ini kemudian turun lagi di California menjadi US$20,280 setelah pemerintah negara bagian itu memberikan pemotongan pajak sebesar US$5,000. Pemotongan pajak serupa juga diberikan di beberapa daerah lainnya.

    Sedan listrik Renault Fluence Z.E. 5 pintu akan dijual dengan harga awal dibawah 20.000 dolar AS. Harga ini belum termasuk pemotongan pajak dari pemerintah AS.[42] Mobil ini akan dijual tanpa baterai, maka harganya jauh lebih murah. Para pembeli mobil ini nantinya akan mengkontrak baterai mobilnya dari perusahaan Better Place.
    Biaya perawatan [sunting]
    Tesla Roadster yang dijual di AS dan Eropa memiliki jarak tempuh sekitar 245 mil sekali pengisian baterainya.

    Besar biaya perawatan dari mobil listrik sebagian besar adalah biaya perawatan dan penggantian baterainya. Sebuah mobil listrik hanya memiliki 5 suku cadang bergerak pada motor listriknya, bandingkan dengan mobil bermesin pembakaran dalam yang memiliki ratusan suku cadang bergerak.[43] Baterai mobil listrik harganya sangat mahal tapi biaya perawatannya sangat kecil, apalagi dengan baterai Lithium yang saat ini banyak digunakan.

    Untuk menghitung berapa biaya per kilometer dari mobil listrik maka penting untuk menetapkan berapa nilai pakai baterai. Untuk menetapkan nilai ini merupakan hal yang sulit dikarenakan fakta yang menunjukkan bahwa kapasitas baterai akan berkurang sedikit demi sedikit setiap kali pengisian ulang. Umur baterai dikatakan habis apabila si pemilik mobil merasa bahwa kemampuan baterainya sudah tidak dapat diandalkan lagi. Meskipun secara pemakaian sudah "habis", tapi baterai bekas pakai ini masih memiliki nilai guna karena masih dapat dipakai untuk tujuan lainnya atau mungkin didaur ulang kembali.

    Karena baterai pada mobil listrik terdiri dari banyak sel-sel individu yang pemakaiannya tidak merata, maka mengganti sel yang sudah rusak secara periodik dapat mempertahankan jarak tempuh kendaraan.

    Baterai Tesla Roadster yang besar diklaim oleh pabrikan dapat bertahan selama 7 tahun dengan pemakaian normal. Harga baterai ini sekitar US$12,000. Jika mobil ini dikendarai 40 mil (64 km) per harinya dalam 7 tahun maka totalnya adalah 102.200 mil (164,500 km) sehingga biaya perawatan baterai ini per 1 mil (1.6 km) adalah US$0,1174 per 1 mil (1.6 km) atau US$4,70 per 40 mil (64 km).

    Pada tahun 2010, Pemerintah Amerika Serikat mengestimasi bahwa baterai dengan jarak tempuh 100 mil (160 km) kira-kira harganya US$33.000. Sebagian publik masih mengkhawatirkan ketahanan dan masa pakai baterai.

    2.Listrik vs. bahan bakar hidrokarbon


    Tesla Roadster menggunakan listrik sebanyak 17.4 kW·h/100 km (0.63 MJ/km; 0.280 kW·h/mi),sedangkan EV1 sebanyak 11 kW·h/100 km (0.40 MJ/km; 0.18 kW·h/mi). Mobil listrik lainnya seperti Nissan Leaf menggunakan listrik sebesar 21.25 kW·h/100 km (0.765 MJ/km; 0.3.420 kW·h/mi), yang diukur oleh Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (US EPA). Perbedaan ini menggambarkan perbedaan desain dan target pemakaian kendaraan, serta standar tes yang beraneka ragam. Pada dasarnya, penggunaan energi mobil listrik itu sendiri sangat tergantung dari kondisi alam dan gaya mengemudi. Nissan sendiri mengestimasikan bahwa ongkos perawatan Leaf untuk 5 tahun adalah US$1,800, sedangkan mobil bensin biasa US$6,000. Menurut Nissan, ongkos perawaran Leaf di Inggris adalah 1,75 pence per mil (1,09p per km), sedangkan untuk mobil bensin ongkosnya lebih dari 10 pence per mil (6,25p per km). Estimasi ini didasarkan pada rata-rata tarif nasional Inggris pada bulan Januari 2012, dengan pengisian dilakukan didasarkan pada harga malam hari.


    Artikel ini hanyalah sebagian, untuk lebih lengkap kunjungi sumbernya di mobil listrik-wikipedia

    Prinsip Kerja Karburator Motor

    Prinsip Kerja Karburator Motor :

    Sejak mesin dihidupkan sampai kendaraan berjalan pada kondisi yang stabil, perbandingan campuran bahan bakar dengan udara mengalami beberapa kali perubahan, untuk melakukan perubahan perbandingan bahan bakar dengan udara sesuai dengan kondisi mesin, maka terdapat beberapa sistem kerja karburator ( Tipe karburator ).
    Tipe karburator berdasarkan konstruksinya :
    • Karburator dengan venturi tetap ( fixed ventury )
    • Karburator dengan venturi berubah-ubah ( variabel ventury ) / slide karburator
    • Karburator dengan kecepatan konstan ( constan velocity carburetor )


    Prinsip kerja karburator ini berdasarkan hukum-hukum fisika seperti continuitas dan bernauli. Apabila suatu fluida mengalir melalui suatu tabung maka banyaknya fluida yang mengalir adalah ( Q= A . V = konstan )
    • Q = debet aliran ( meter kubik/jam )
    • A = Luas penampang tabung ( meter perssegi )
    • V = kecepatan aliran ( meter per sekon , m/s )
    • P = tekanan fluida
    tekanan fluida ( P ) sepanjang tabung alir yang berdiameter sama juga akan tetap ( konstan ). Jika terdapat bagian tabung alir yang diameternya diperkecil maka kecepatan alirnya akan bertambah ( naik ) dan tekanan fluida ( P ) akan berkurang ( turun ). Prinsip inilah yang digunakan untuk mengalirkan bahan bakar dari ruang pelampung karburator dengan memperkecil diameter alir atmosfer / udara didalam karburator untuk dihisap oleh mesin ( silinder ) pada langkah hisap. Bagian yang mengecil ini disebut venturi, seperti gambar dibawah ini : >>
    gambar venturi
    Ket :
    1. Tekanan atmosfer
    2. Saluran masuk
    3. Venturi



    artikel sebelumnya Sistem bahan bakar sepeda motor
    Demikian artikel tentang prinsip kerja karburator

    LIST atau DAFTAR Merk Mobil Dunia

    Daftar Merk Mobil Dunia

    Di dalam dunia otomotif, persaingannya sangat besar karena banyak sekali merk atau brand mobil yang terkenal, ada yang dari Jepang, Amerika, Jerman, ataupun Inggris dan masih banyak lagi.
    Berikut adalah merk merk mobilyang ada di dunia :
    A
    • Audi, adalah perusahaan yang memproduksi dan mendistribusikan mobil dan sepeda motor. Audi mengawasi operasi di seluruh dunia dari kantor pusat di Ingolstadt, Bavaria, Jerman. Kendaraan Audi diproduksi di tujuh fasilitas produksi di seluruh dunia.
      Audi dimiliki oleh Volkswagon grup sebesar 99,55% . logo yang berupa empat cincin yang saling berkaitan masing-masing mewakili empat perusahaan yang mendirikannya.

      Slogan
      Audi adalah Vorsprung durch Technik, yang berarti "Kemajuan melalui Teknologi"
      , baru baru ini di amerika serikat diubah menjadi truth of enginering.
      Audi merupakan bagian dari German Big 3, bersama BMW dan Marcedes-benz, yang merupakan tiga mobil mewah terlaris di dunia.
    • Aston Martin, merupakan produsen mobil sport Inggris mewah. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1913 oleh Lionel Martin dan Robert Bamford. Dari tahun 1994 sampai tahun 2007, Aston Martin adalah anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Ford Motor Company, menjadi bagian dari Ford Premier Automotive Group ketika dibentuk pada tahun 2000. Pada bulan Maret 2007, konsorsium investor yang dipimpin oleh bos Prodrive David Richards membeli 90% dari Aston Martin untuk £ 479.000.000, dengan Ford mempertahankan £ 40.000.000 saham. [6] Pada bulan Desember 2012, Italia swasta Investindustrial equity fund [7] menandatangani kesepakatan untuk membeli 37,5% dari Aston Martin, investasi £ 150,000,000 sebagai peningkatan modal.

    B   
    • BMW, Bayerische Motoren Werke (Inggris: Bavarian Motor Works), umumnya dikenal sebagai BMW, adalah mobil Jerman, sepeda motor dan perusahaan manufaktur mesin didirikan pada tahun 1917. BMW berkantor pusat di Munich, Bavaria, Jerman. BMW memproduksi sepeda motor di bawah BMW Motorrad. Pada tahun 2010, BMW menghasilkan 1.481.253 mobil dan sepeda motor 112.271 di semua merek. BMW adalah bagian dari "Jerman Big 3" mobil mewah, bersama dengan Audi dan Mercedes-Benz, yang merupakan tiga penjual mobil mewah terbaik di dunia
    C
    • Chevrollet, sering disebut sebagai Chevy, adalah merek kendaraan yang diproduksi oleh General Motors (GM). Awalnya didirikan oleh Louis Chevrolet dan di ambil alih pendiri General Motors William C. Durant pada November 3, 1911 sebagai Chevrolet Motor Car Company, diakuisisi oleh General Motors pada tahun 1918 dan diposisikan oleh Alfred Sloan untuk menjual kendaraan utama untuk bersaing dengan Henry Ford Model T.
    • Cadillac, adalah perusahaan mobil mewah yang dimiliki oleh General Motors (GM). Cadillac saat ini menjual kendaraan di 37 negara, dengan pasar utama Amerika Utara. Pada tahun 2012, penjualan Cadillac di AS sekitar 149.782. Secara global, pasar terbesar Cadillac berikutnya adalah China. SRX Crossover telah menjadi best seller Cadillac sejak 2010.
    D

    • Daihatsu, merupakam produsen mobil tertua di jepang, daihatsu lebih dikenal sebagai penghasil mobil kecil / pribadi, dan mobil offroad. Markas daihatsu berada di Ikeda, osaka. Daihatsu dibentuk pada tahun 1951 sebagai penerus Hatsudoki Seizo Co Ltd, didirikan pada tahun 1907, sebagai bagian dari restrukturisasi besar Hatsudoki itu.

      Selama tahun 1960, Daihatsu mulai mengekspor jangkauan ke Eropa di mana ia tidak mengalami keberhasilan dalam penjualan yang besar hingga memasuki tahun 1980-an. Sejak Februari 1992, Toyota mendistribusikan model Daihatsu sebagai bagian dari distribusi di Amerika Utara. Di Jepang, banyak model Daihatsu juga dikenal sebagai kei Jidosha (atau mobil kei).

      Daihatsu Diesel Motor Manufacturing Company dibentuk pada tahun 1966 sebagai perusahaan afiliasi untuk memproduksi mesin-mesin kelautan dan generator diesel.

      Pada bulan Januari 2011, Daihatsu mengumumkan bahwa mereka akan menarik diri dari Eropa pada tahun 2013, mengutip yen yang masih tinggi, yang membuatnya sulit bagi perusahaan untuk membuat keuntungan dari bisnis ekspor. Setelah krisis keuangan penjualan Daihatsu di Eropa anjlok , dari 58.000 pada tahun 2007 menjadi 12.000 pada tahun 2011.
    E
    • Esemka, untuk yang satu ini, saya kurang informasi soal mobil esemka, tapi yang jelas mobil esemka adalah mobil dari solo yang di buat oleh anak-anak smk solo, smk mana tepatnya saya kurang tahu. Dan yang pasti pak jokowi yang mempopulerkan mobil esemka ini.
    F

    • Ferrari,merupakan perusahaan mobil sport itali yang berpusat di maranello, Itally. Didirikan oleh Enzo Ferrari pada tahun 1929, sebagai scuderia ferrari. Ferrari mensposori pembalab dan memproduksi mobil balap, tetapi pada tahun 1947 ferrari mulai memproduksi mobil umum. Sampai sekarang ferrari masih berpartisipasi dalam dunia balap, khususnya formula satu ( F1 ) dan mengalami sukses besar. Mobil ferrari sering digunakan untuk menunjukan kekayaan dan kemewahan.
    • Ford, merupakan produsen mobil multinasional Amerika yang berpusat di dearborn, Michigan, dekat detroit. Ford didirikan oleh Hendry Ford pada 16 juni 1903, ford juga memiliki saham yang kecil di mazda dan aston martin.

    Demikian artikel tentang merk mobil dunia ini, itu belum semuanya, masih banyak yang lain, karena saya capek menulisnya jadi nanti saya lanjutkan lagi.