Tuesday, 26 August 2014

Mekanisme Penggerak Katup

Mekanisme penggerak katup

Identifikasi
Mekanisme penggerak katup adalah seluruh komponen yang bekerja mengerakan katup membuka atau menutup .

Komponen tsb adalah :

  • Poros bubungan
  • Pengangkat ( lifter)
  • Pendorong ( push rod )
  • Lengan penekan ( rocker arm )
  • Pegas (spring )


Komponen tsb adalah yang sering digunakan pada mesin ohv (overhead valve ). Komponen penggerak katup juga dipengaruhi oleh tata letak katup pada engine, maka dikenal susunan katup dikepala dan katup di sisi ataupun penggabungan dari keduanya. Dari penempatan katup dan mekanisme penggeraknya dikenal dengan sebutan katup dikepala ohv ( overhead valve ) dan poros bubungan di kepala overhead camshaft ( ohc ).


Ohv ( overhead valve )

Ohv ( overhead valve )Proses mekanisme katupnya dimulai dari proses bubungan yang ditempatkan pada blok motor, kenudian bubungan/ cam menggerakan pengangkat/lifter, batang pendorong, lengan pendorong dan katup, serta pegas katup.

Cara kerja :
-. Apabila poros engkol berputar 2x maka poros bubungan bergerak 1x, kemudian lifter mengankat push rod, rocker arm terdorong menekan batang katup dan katup menjadi terbuka. Saat lifter sudah turun maka seluruh komponen tadi ikut turun dan katup kembali tertutup yang dibantu oleh pegas pengembali/ spring.
Jenis poros bubungan di kepala ( overhead camshaft )
Tipe ini poros bubungannya berada di atas kepala silinder dan langsung berhubungn dengan katup tanpa memerlukan pengankat dan lengan penekan.



Jenis poros bubungan di kepala ( overhead camshaft )Jenis poros bubungan di kepala ( overhead camshaft )

Tipe ini poros bubungannya berada di atas kepala silinder dan langsung berhubungn dengan katup tanpa memerlukan pengankat dan lengan penekan.










baca juga : komponen utama penyusun mobil

Artikel mekanisme penggerak katup ini bersumber dari buku catatanku dan berbagai sumber lainnya, tap mohon maaf jika kurang lengkap

Komponen Utama Kendaraan otomotif

Komponen Utama Kendaraan otomotif

Komponen utama mobil

Kendaaraan otomotif adalah satu kesatuan berbagai komponen yang saling berhubungan atau saling mempengaruhi, jika salah satu komponen pada kendaraan mengalami kerusakan maka akan berpengaruh terhadap komponen yang lain. secara umum bagian utama suatu kendaraan dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Mesin, Pemindah tenaga, dan Perlengkapan.

1. Bagian Mesin terdiri dari :



2. BagianPemindah Tenaga terdiri dari :


3. Bagian Perlengkapan terdiri dari :



Semua bagian utama dari kendaraan ini adalah menurut saya. Jika ada kesalahan, kekurangan harap dikoreksi, agar tulisan saya ini tidak menyesatkan orang.

TERIMA KASIH.

Sistem Starter dan Pengisian

Sistem Starter

komponen sistem starter
Sistem starter terdiri dari kunci kontak, baterai, selenoid, motor starter, dan terkadang sebuah relay. Kunci sebagai pengaman utama yang mengatur aliran listrik ke starter. Karena System starter membutuhkan aliran listrik yang besar, maka saat kunci kontak pada posisi start, semua aliran listrik ke seluruh sistem menjadi mati dan aliran listrik hanya terhubung ke sistem starter, system starter juga hanya bekerja sampai mesin menyala dan seluruh system kembali berfungsi.

Pada saat kunci kontak pada posisi start, aliran listrik mengalir ke selenoid motor starter dan ke kumparan, aliran listrik tersebut membuat plunger pada motor starter menarik tuas yang mendorong keluar pinion gear, pinion gear berfungsi untuk memutar roda gila karena berhubungan langsung dengan roda gila dan saat bersamaan motor starter juga berputar, setelah mesin hidup dan kunci kontak pada posisi on, maka seluruh system starter mati.

Sistem Starter
rangkaian sistem starterSistem starter bekerja dengan mengubah energi listrik menjadi energi gerak.
starterSystem starter terdiri dari :

  • 1. Baterai :

Baterai berfungsi untuk mensuplai aliran arus listrik atau sumber arus dari sistem starter.


  • 2. Kunci Kontak :

memutus dan menghubungkan aliran listrik


  • 3. Selenoid atau  relay :

berfungsi untuk memutuskan hubungan jika terjadi konslet


  • 4. Motor Starter :

Mengubah energi listrik menjadi energi gerak dan memutarkan roda gila.












SISTEM PENGISIAN ( charging system )

penempatan sistem starterSistem pengisian terdiri dari baterai, alternator, belt, regulator, dan rangkaian kabel. Hampir sama seperti sistem starter, sistem pengisian dirangkai secara paralel. Setelah mesin hidup dan berjalan, alternator menjadi sumber arus bagi kendaraan dan juga mengecas baterai.
rangkaian sistem pengisian
Komponen Sistem Pengisian :
  • Baterai :
    berfungsi sebagai sumber arus listrik
  • Kunci Kontak :
    berfungsi untuk memutus dan menghubungkan arus listrik
  • Regulator :
    mengubah arus AC menjadi DC
  • Alternator :
    Mengubah energi mekanik menjadi energi listrik



Beberapa produsen kendaraan menggunakan generator bukan alternator. beberapa tahun yang lalu generator berbeda, tetapi sekarang menjadi sama. Alternator dilengkapi dengan regulator yang berfungsi mengubah aliran listrik A/C menjadi arus D/C.


komponen alternator

Belt sering kali terlewatkan dalam pemeriksaan kerusakan sistem pengisian, periksa ketegangan belt pada pully, jika perlu ganti atau atur ketegangan belt. Belt yang longgar akan membuat pengisian terganggu, belt akan renggang apabila cuaca sedang basah, kelembaban mengakibatkan belt menjadi lebih licin.

baca juga :  cara kerja motor empat tak

 Mohon maaf apabila artikel sistem starter dan pengisian  yang saya sampaikan kurang lengkap dan apabila ada kesalahan mohon dikoreksi

Fungsi dan Komponen poros engkol ( crankshaft )

Fungsi poros engkol (crank shaft )

Fungsi poros engkol adalah mengubah gerak naik turun atau lurus piston menjadi gerak putar.  Poros engkol adalah salah satu komponen penting suatu mesin, selain merubah gerak bolak balik piston menjadi gerak putar, poros engkol juga menerima beban dan tekanan yang sangat tinggi dari hasil pembakaran oleh piston untuk itu poros engkol haruslah terbuat dari bahan yang sangat kuat dan tahan lama. Poros engkol atau crankshaft terbuat dari baja karbon tinggi. Poros engkol terletak diantara blok silinder dan bak oli yang terhubung langsung dengan roda gila dan batang torak. Putaran dari poros engkol diteruskan ke roda gila dan selanjutnya kopling yang akan memegang kendali, apakah putaran akan di sambungkan atau di putuskan ke transmisi.
poros engkol


Bentuk dan konstruksi poros engkol ditentukan oleh banyaknya silinder dan urutan pengapian atau firing order ( FO ) dan faktor yang harus diperhatikan adalah getaran akibat proses pembakaran di dalam silinder.

macam-macam poros engkolkomponen CrankShaft atau poros Engkol :

  • crank pin
  • crank journal
  • crank arm
  • crankshaft bearing / lager
  • balance weight
  • lubang oli
komponen poros engkol








Baca juga : konstruksi blok dan fungsinya

Artikel tentang poros engkol ini menurut saya belum lengkap di karenakan sangat susah untuk mencari referensi tentang poros engkol ini, jadi saya mohon maaf jika informasinya kurang lengkap.

Apa itu Bahan Bakar

Apa itu Bahan Bakar

Bahan bakar  

Bahan bakar adalah suatu materi apapun yang bisa diubah menjadi energi. Biasanya bahan bakar mengandung energi panas yang dapat dilepaskan dan dimanipulasi. Kebanyakan bahan bakar digunakan manusia melalui proses pembakaran (reaksi redoks) dimana bahan bakar tersebut akan melepaskan panas setelah direaksikan dengan oksigen di udara. Proses lain untuk melepaskan energi dari bahan bakar adalah melalui reaksi eksotermal dan reaksi nuklir (seperti Fisi nuklir atau Fusi nuklir). Hidrokarbon (termasuk di dalamnya bensin dan solar) sejauh ini merupakan jenis bahan bakar yang paling sering digunakan manusia. Bahan bakar lainnya yang bisa dipakai adalah logam radioaktif.

Baca juga :

Jenis Bahan Bakar

Berdasarkan materinya

Bahan bakar padat

Bahan bakar padat merupakan bahan bakar berbentuk padat, dan kebanyakan menjadi sumber energi panas. Misalnya kayu dan batubara. Energi panas yang dihasilkan bisa digunakan untuk memanaskan air menjadi uap untuk menggerakkan peralatan dan menyediakan energi.

Bahan bakar cair

Bahan bakar yang berbentuk cair, paling populer adalah bahan bakar minyak atau BBM. Selain bisa digunakan untuk memanaskan air menjadi uap, bahan bakar cair biasa digunakan kendaraan bermotor. Karena bahan bakar cair seperti Bensin bisa dibakar dalam karburator dan menjalankan mesin.

Bahan bakar gas

Bahan bakar gas ada dua jenis, yakni Compressed Natural Gas (CNG) dan Liquid Petroleum Gas (LPG. CNG pada dasarnya terdiri dari metana sedangkan LPG adalah campuran dari propana, butana dan bahan kimia lainnya. LPG yang digunakan untuk kompor rumah tangga, sama bahannya dengan Bahan Bakar Gas yang biasa digunakan untuk sebagian kendaraan bermotor.


Berdasarkan materinya

Bahan bakar tidak berkelanjutan
  • Bahan bakar tidak berkelanjutan bersumber pada materi yang diambil dari alam dan bersifat konsumtif. Sehingga hanya bisa sekali dipergunakan dan bisa habis keberadaannya di alam. Misalnya bahan bakar berbasis karbon seperti produk-produk olahan minyak bumi.
Bahan bakar berkelanjutan
  • Bahan bakar berkelanjutan bersumber pada materi yang masih bisa digunakan lagi dan tidak akan habis keberadaannya di alam. Misalnya tenaga matahari.

Demikian artikel tentang bahan bakar ini, mohon maaf jika kurang lengkap agar mencari referensi lain untuk mendukungnyaa.

    Dasar Kerja Rem Hidrolik serta hukumnya

    Dasar kerja rem hidrolik

    Cara kerjanya adalah pijakan pada pedal  rem oleh pengemudi di teruskan secara mekanik ke master silinder, sehingga cairan yang berada pada master silinder tertekan dan meneruskannya ke silinder  roda untuk rem tromol ,dari silinder roda diteruskan ke kampas rem sehingga kampas rem menekan tromol dan memperlambat laju kendaraan, sedangkan untuk cakram  dari master silinder diteruskan ke caliper.

    Baca juga : Sistem Rem Mobil , Pengertian Rem Tromol

    Komponen rem hidrolik :

    • Pedal rem
    • Master silinder
    • Kabel fleksibel
    • Silinder roda
    • Napel udara
    • Tabung reservoir
    • Selang rem

    Penerapan hokum pascal dalam system rem hidrolikPada rem hidrolik digunakan minyak karena minyak tidak dapat dimampatkan.
    Hukum pascalbila mana tekanan diberikan kepada minyak pada ruangan tertutup maka tekanan tsb akan dipindahkan sama pada seluruh bidang

    Contoh : apabila pada piston A diberikan gaya 100kg, piston B akan mendapat gaya 100kg pula, jika kedua piston berukuran sama besar. Untuk memperbesar gaya adalah dengan memperbesar penampang piston B dan memperkecil penampang piston A, untuk memperkecil maka berlaku kebalikannya.


    Apa Kepala Silinder dan Blok Silinder

    Kepala dan Blok silinder

    Kepala silinder dan blok silinder komponen utama kendaraan yang tidak dapat bergerak. Baca juga komponen kendaraan yang dapat bergerak dan komponen kelengkapannya disini


    KEPALA SILINDER

    Dalam mesin pembakaran dalam, kepala silinder berada diatas blok silinder, sebagai ruang bakar yang juga berfungsi sebagai penutup blok silinder. Agar pada sambungan antara blok dan kepala silinder tidak terjadi kebocoran maka dipakailah gasket/paking. Pada kepala silinder juga terdapat katup masuk dan katup buang, kepala silinder, juga digunakan sebagai tempat water jacket atau saluran campuran air dan coolant, katup, busi, dan injeksi bahan bakar. Mekanisme katup yang ada di kepala silinder memudahkan untuk produksi, perawatan dan perbaikan.

    Dalam bebrapa mesin, khususnya mesin diesel berkapasitas menengah sampai besar yang digunakan untuk industri, marinir, pembangkit listrik, dan alat-alat berat ( truk besar, lokomotif, dan kendaraat berat lain ) menggunakan satu kepala silinder untuk setiap silinder. Desain ini akan mempermurah biaya perbaikan, karena jika salah satu kepala silinder mengalami kerusakan, maka tidak perlu diganti semua.



    Kepala silinder adalah kunci dari kinerja dan efisiensi mesin pembakaran dalam, seperti bentuk  ruang pembakaran, masuk dan buang menentukan besarnya efisiensi volume dan efisiensi rasio kompresi mesin.


    BLOK SILINDER

    Blok silinder adalah tempat piston bekerja menghisap, kompresi, usaha dan buang. Blok silinder juga merupakan tempat adanya silinder, saluran pendinginan, ada juga sebagai tempat saluran masuk dan buang. Blok silinder sering disamakan dengan blok mesin, meski secara teknik bisa dibedakan. Dalam bagian dasar mesin, ada banyak bagian mesin seperti silinder, blok silinder, saluran pendinginan, saluran masuk dan buang adalah bagian yang terpisah tetapi bekerja bersama-sama dan saling mempengaruhi kinerja mesin.





    INTAKE dan EXHAUST MANIFOLD
    exhaust manifold merupakan tempat keluarnya sisa gas dari pembakaran, exhaust manifold terbuat dari besi cor atau stainless steel  yang terhubung ke knalpot. Untuk intake manifold, intake manifold berfungsi sebagai saluran masuk campuran bahan bakar dan udara atau dan udara saja pada mesin injeksi.






    Demikian artikel tentang kepala dan blok silinder, semoga bermanfaat

    Monday, 25 August 2014

    Pengertian Fungsi Gardan, Poros Propeler, as roda, dan roda

    GARDAN / DIFFERENTIAL

    Gardan atau differential ( bahasa inggris : diffferential ;  yang berarti pembeda ) adalah alat yang ada pada kendaraan mobil yang  mempunyai fungsi utama utama untuk membedakan putaran roda kiri dan kanan pada saat mobil sedang membelok.Hal itu dimaksudkan agar mobil dapat membelok dengan baik tanpa membuat kedua ban menjadi slip atau tergelincir. Gardan juga berfungsi untuk merubah gerak putar poros propeler menjadi gerak maju atau mundur pada roda.

    Cara Kerja gardan atau differential :


      Pada saat mobil berjalan lurus :

            Pada saat mobil berjalan lurus keadaan kedua ban roda kiri dan kanan sama - sama dalam kecepatan putaran yang sama.Dan juga beban yang ditanggung roda kiri dan roda kanan adalah sama. Sehingga urutan perpindahan putaran dari as kopel  akan diteruskan untuk memutar drive pinion . Drive pinion akan memutar ring gear , dan ring gear bersama - sama dengan differential case akan berputar. Dengan berputarnya differential case , maka pinion gear akan terbawa berputar bersama dengan differential case karena antara differential case dan pinion gear dihubungkan dengan pinion shaft. Karena beban antara roda kiri dan roda kanan adalah sama saat jalan lurus , maka pinion gear akan membawa side gear kanan dan side gear kiri untuk berputar dalam satu kesatuan. Jadi dalam keadaan jalan lurus sebenarnya pinion gear tidak berputar , pinion gear hanaya membawa side gear untuk berputar bersama - sama dengan differential case dalam kecepatan putaran yang sama. Bila differential case berputar satu kali , maka side gear juga berputar satu kali juga , demikian seterusnya dalam keadaan lurus. Putaran side gear ini kemudian akan diteruskan untuk menggerakkan as roda dan kemudian menggerakkan roda.

        Pada saat kendaraan membelok :

               Pada saat mobil sedang membelok beban yang ditanggung pada roda bagian dalam adalah lebih besar daripada beban yang ditanggung roda bagian luar . Misalkan sebuah mobil sedang belok ke kiri, maka beban pada roda kiri akan lebih besar daripada beban roda kanan. Dengan demikian urutan perpindahan tenaganya adalah sebagai berikut ; P:utaran dari as kopel akan diteruskan untuk memutar drive pinion . Drive pinion akan memutar ring gear . Dengan berputarnya  ring gear maka differential case akan terbawa juga untuk berputar. Karena beban roda kiri lebih besar dari roda kanan saat belok ke kiri , maka side gear sebelah kiri akan memberi perlawanan terhadap pinion gear untuk tidak berputar . Gaya perlawanan dari side gear kiri ini akan membuat pinion gear menjadi berputar mengitari side gear kiri. Dengan berputarnya pininon gear , maka side gear kanan akan diputar oleh pinion gear. Sehingga side gear kanan akan berputar lebih cepat dari side gear kiri.  Gerakan side gear ini akan diteruskan ke as roda kemudian ke roda. Untuk roda kanan akan berputar lebih cepat daripada roda kiri karena  side gear kanan berputar lebih cepat.
          komponen gardan
          Komponen Gardan atau Differential :
          • drive pinion
          • ring gear
          • side gear
          • pinion gear
          • differential case/ rumah gardan
          • pinion shaft
          • axle housing
          • bearing cap


          POROS PROPELER / Propeler shaft :

          poros propelerPropeler shaft berfungsi untuk meneruskan putaran dan tenaga dari transmisi ke gardan atau differential.


          POROS RODA :

          Poros roda berfungsi untuk menghubungkan putaran dan tenaga differential ke roda.


          RODA :

          Roda berfungsi untuk menggerakan kendaraan, maju atau mundur. Semakin besar gesekan dan beban kendaraan, maka semakin besar tenaga yang dibutuhkan untuk menggerakan roda.

          Fungsi Ruang Bakar, combustion chamber

          Fungsi ruang bakar


          Ruang bakar terletak di kepala silinder yang berfungsi sebagai tempat pembakran campuran bahan bakar dengan udara yang telah di kompresikan oleh torak didalam silinder. Ruang bakar sendiri terletak di kepala silinder.
          Ruang bakar terhubung langsung ke katup masuk dan katup buang, juga tempat pemasangan busi. Oleh karena itu bentuk ruang bakar sangat dipengaruhi oleh komponen tersebut dan pada umumnya bentuk pada motor bensin adalah sebagai berikut :

          Ruang bakar model setengah bulat (hemispherical  combustion chamber )

          Ruang bakar model ini mempunyai kelebihan dibandingkan model lain. Model ini mempunyai permukaan yang lebih kecil apabila di bandingkan dengan model lain yang sama kapasitasnya. Hal ini menguntungkan karena panas yang hilang atau efisiens panas yang hassilkan lebuh besar. Maka efisiensi pemasukan dan pemasukan akan lebih tinggi. Dalam segi konstruksi model ini lebih sempurna, tapi penempatan mekanisme katubnya lebih rumit.


          Ruang bakar model baji ( wedge type combustion chamber )

          Ruang bakar model ini adalah salah satu model yang popular karena kehilangan panasnya lebih kecil. Mekanisme katup yang akan ditempatkan dapat dbuat dengan konstruksi yang lebih sederhana di banding dengan model setengah bulat.


          Ruang bakar model bak mandi ( bath up type combustion chamber )

          Model ini konstruksinya lebih sederhana sehingga biaya produksi nya lebih murah. Diameter katup yang digunakan lebih kecil. Tetapi proses exhaust dan intake menjadi kurang dfisien di banding model setengah bulat.


          Ruang bakar model pent roof

          Model ini pada umuumnya digunakan pada mesin yang jumlah katupnya lebih dari 2 untuk setiap silinder. Model ini akan memberikan efek semburan yang lebih baik  sehingga proses pembakaran akan lebih cepat dan penempatan busi berada di tengah ruang bakar.

           Baca juga : Mekanisme Penggerak katup

          Demikian artikel tentang Ruang bakar, semoga membantu


          Saturday, 23 August 2014

          Komponen, cara kerja, dan Fungsi Rem Tromol

          Rem tromol

          Rem terdiri dari beberapa jenis, diantaranya berdasarkan konstruksinya yang terdiri dari rem cakram dan rem tromol. Untuk saat ini saya membahas tentang Rem Tromol

          komponen :

          • Tromol
          • Silinder Roda
          • Sepatu Rem
          • Kampas Rem
          • Pegas Pengembali


          Rem Tromol pada kendaraan mobil biasanya dipakai pada roda belakang.



          kampas rem
          komponen rem 













          Cara Kerja :

          Saat pengemudi menginjak pedal rem, master silinder menekan fluida kemudian fluida meneruskan tekanan ke silinder roda, silinder roda kemudian menekan sepatu rem yang akhirnya sepatu rem yang membawa kampas  rem menekan tromol dan menimbulkan gesekan antara kampas rem dan tromol, gesekan inilah yang menyebabkan kendaraan melambat atau berhenti.

          Macam-macam rem tromol

          • Tipe leading and trailing
          • Tipe uniservo
          • Tipe duoservo
          • Tipe two leading single action
          • Tipe two leading double action



          A.Tipe leading and trailing
          Jenis ini hanya menggunakan sebuah satu silinder roda dengan dua piston di dalamnya. Sepatu roda yang tidak berhubungan dengan silinder roda ditumpu oleh anchor pin sehingga tidak dapat bergerak. Gaya pengereman tipe ini sama kekuatannya pada saat maju atau mundur sehingga lebih cocok untuk rem roda belakang.

          B.Tipe uniservo
          Tipe ini hanya memiliki satu silinder roda dan satu piston didalamnya, sepatu rem yang tidak berhubungan dengan sepatu rem masih dapat bergerak. Kekuatan pengereman jenis ini lebih kuat  pada saat maju dibanding mundur, sehingga lebi cocok untuk rem depan.

          C.Tipe duoservo
          Tipe ini hampir sama dengan tipe leading and trailing, perbedaannya pada sepatu rem yang tidak berhubungan dengan silinder roda tidak diikat mati, atau diikat mengambang sehingga dapat bergerak. Seperti pada tipe uniservo, tekanan hidraulis yang diterima sepatu rem diteruskan ke sepatu rem yang lain. Kekuatan pengereman tipe ini sama kuatnya antara maju dan mundur, sehingga lebih cocok untuk rem belakang tetapi kekuatan pengeremannya lebih kuat dinanding tipe leading and trailing.


          Baca juga :
          Sistem Rem Mobil

          sumber : buku catatanku, wikipedia.com

          semoga artikel tentang rem tromol ini bermanfaat. Mohon Maaf, yang lain nyusul

          Thursday, 21 August 2014

          Sistem Pelumasan Kendaraan / mobil

          Sistem Pelumasan Dalam Mesin Mobil

          Mesin mobil adalah suatu komponen mobil yang terdiri dari bagian-bagian logam yang bergerak dan fungsinya saling berhubungan satu sama lain. Gerakan bagian-bagian logam tersebut yang lama-kelamaan akan aus sehingga mesin mobil memerlukan suatu sistem pelumasan yang berfungsi untuk mendistribusikan cairan pelumas atau oli ke bagian-bagian yang bergesekan tersebut. Karena sistem pelumasan berperan sangat penting bagi mesin. maka mutlak untuk melakukan perawatan, perawatan bisa di lakukan dengan mengganti oli mesin secara berkala, perawatan juga bisa dengan mengganti filter oli secara berkala juga
          sistem pelumasan mobil



          Lihat juga :




          Komponen-komponen Sistem Pelumasan :


          • Oil Pressure Switch
          Suatu komponen yang berfungsi sebagai switch yang mengaktifkan lampu peringatan bila tekanan oli tidak tercukupi pada saat mesin mobil dinyalakan.

          • Oil Pump
          Suatu komponen yang berfungsi untuk menarik oli yang berada di Oil Pump dan memompa oli tersebut ke seluruh bagian mesin mobil.

          • Relief Valve
          Komponen ini bekerja untuk membebaskan tekanan pada saat Oil Pump mempunyai tekanan yang berlebihan.

          • Oil Strainer
          Komponen yang berupa saringan oli dan terpasang di saluran masuk oli untuk memisahkan partikel yang besar dari oli.

          • Oil Filter
          Komponen ini berfungsi sebagai penyaring kotoran yang tidak diinginkan dari oli mesin yang secara bertahap akan terkontaminasi dengan kotoran besi dan lainnya.


          Sistem pelumasan pada mesin mobil mempunyai fungsi sebagai :


          • Cairan pelumas yang membentuk minyak film  untuk melapisi komponen-komponen logam  yang bergerak dan bergesekan sehingga dapat mencegah keausan.
          • Pendingin pada komponen-komponen yang bergerak dan menghasilkan panas dari gesekan dua benda tersebut.
          • Pembersih Kotoran yang dihasilkan dari  gesekan komponen-komponen logam.
          • Perapat yaitu dengan menghasilkan sebuah seal (penyekat) sehingga dapat mencegah terjadinya kebocoran gas (blow by gas) antara piston dan dinding silinder.
          • Pencegah karat pada komponen-komponen logam.

          Sistem Transmisi dan Kopling

          Sisitem transmisi berfungsi untuk mengubah putaran dari roda gila menjadi lebih besar ( untuk kecepatan ) atau lebih kecil ( Untuk keperluan tenaga ).Pada sebuah kendaraan, kendaraan pasti tidak hanya melewati jalan yang rata, kendaraan juga akan melewati jalan yang terjal, menanjak, atau turunan. Dalam setiap kondisi jalan tersebut, kendaraan memerlukan tenaga, kecepatan, dan torsi yang berbeda-beda. Pada jalan yang menanjak atau terjal dibutuhkan tenaga bukan kecepatan, sedangkan pada jalan yang rata, kendaraan memerlukan kecepatan bukan tenaga.
          Selain itu, kendaraan juga memerlukan tenaga saat kendaraan memulai start untuk berjalan. Transmisi terhubung langsung dengan kopling dan poros roda. Transmisi memiliki jumlah gigi percepatan sesuai dengan kapasitas mesin itu sendiri, gigi percepatan ada yang tiga ( 3 ) percepatan sampai enam ( 6 ) percepatan ( biasanya digunakan pada kendaraan yang mengutamakan kecepatan/ sport ).


          susunan kopling
          Sebelum lanjut ke transmisi, saya akan membahas kopling terlebih dahulu. Kopling pada mobil berfungsi untuk memutus dan menghubungkan tenaga dan atau putaran dari mesin ke transmisi. Kopling digunakan saat pengendara akan melakukan perpindahan percepatan, kualitas kopling sangat berpengaruh terhadap tenaga dan kecepatan suatu kendaraan, jika kopling sudah aus maka tenaga mesin akan berkurang dan  tarikan mobil berkurang. Kopling tidak membutuhkan perawatan akan tetapi apabila sudah aus maka harus diganti dengan yang baru. Demikian sekilas tentang kopling. LANJUT




          Transmisi terbagi menjadi 3 ( tiga ) :
            Bagian-bagian transmisi
          1. Transmisi Manual
          2. Transmisi Semi Otomatis
          3. Transmisi Otomatis

          Transmisi Manual
          Dalam pengoperasian transmisi manual, pengendara harus menggunakan kaki dan tangan secara sinergi agar tidak terjadi slip. Transmisi manual memang sedikit merepotkan jika dibandingkan dengan transmisi otomatis.
          Transmisi manual sudah jarang digunakan saat ini karena kebanyakan mobil sudah menggunakan transmisi otomatis atau semi otomatis yang lebih mudah dalam pengoperasiannya.

          Transmisi Semi Otomatis
          Pada transmisi semi otomatis pengendara tidak perlu menggunakan pedal kopling, pengendara hanya harus memindahkan tuas giginya saja sesuai kebutuhan kendaraan.

          Transmisi otomatis
          Sepertinya Transmisi otomatis adalah tipe transmisi yang paling mudah untuk digunakan, karena pengemudi hanya perlu memindahkan tuas untuk maju atau untuk mundur, setelah itu hanya perlu untuk mengginjak gas atau rem saja. Kekurangan dari tipe ini adalah lebih boros bahan bakar.

          Wednesday, 20 August 2014

          System Bahan Bakar Mobil

          System Bahan Bakar Mobil
          System bahan bakar berfungsi untuk menampung bahan bakar, menyalurkan bahan bakar ke mesin, mengkabutkan bahan bakar sehingga bisa bercampur dengan udara. Komponen utama dari sistem bahan bakar mobil adalah :
          1. Tangki Bahan Bakar
          2. Saluran Bahan Bakar
          3. Penyaring/filter Bahan Bakar
          4. Pompa Bahan Bakar
          5. Karburator atau System Injeksi Bahan Bakar



          1.Tangki Bahan Bakar
          tangki bahan bakarTangki bahan bakar berfungsi sebagai penampung bahan bakar. Besar kecilnya tangki bahan bakar tergantung dari kapasitas mesin kendaraan itu sendiri. Tangki bahan bakar juga berfungsi untuk mengendapkan kotoran dari bahan bakar agar tidak mengotori dan menyumbat saluran bahan bakar.

          2.Saluran Bahan Bakar
          Saluran bahan bakar berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar dari tangki  ke filter, pompa bahan bakar, dan karburator.

          3. Penyaring / Filter Bahan Bakar
          filter bahan bakarFilter berfungsi untuk menyaring bahan bakar dari tangki yang akan menuju ke karburator atau ke injektor. Peran filter sangatlah penting karena filter mencegah masuknya kotoran ke pompa, karburator atau injektor, apabila bahan bakar yang kotor tidak tersaring  dengan baik, maka itu akan bisa menyumbat pompa bahan bakar,karburator atau injektor yang sangat berakibat fatal bagi kendaraan, antara lain terlambatnya suplai bahan bakar ke ruang bakar dan masih banyak yang lain.

          4. Pompa Bahan Bakar
          pompa bahan bakar
          Pompa bahan bakar berfungsi untuk mensuplai bahan bakar ke karburator







          5. Karburator
          karburator berfungsi untuk mencampur udara dan bahan bakar menjadi campuran yang ideal dan sesuai dengan kebutuhan mesin. selengkapnya tentang karburator..






          Menyusul : sistem bahan bakar motor
          Demikian artikel tentang system bahan bakar ini, semoga bermanfaat.

          apa itu Mesin Pembakaran Dalam ?

          mesin pembakaran dalamApa itu Mesin pembakaran dalam 

          adalah sebuah mesin yang sumber tenaganya berasal dari pengembangan gas-gas panas bertekanan tinggi hasil pembakaran campuran bahan bakar dan udara, yang berlangsung di dalam ruang tertutup dalam mesin, yang disebut ruang bakar (combustion chamber). "Mesin pembakaran dalam" sendiri biasanya merujuk kepada mesin yang pembakarannya dilakukan secara berselang-seling. Yang termasuk dalam mesin pembakaran dalam adalah mesin empat tak dan mesin dua tak, dan beberapa tipe mesin lainnya, misalnya mesin enam tak dan juga mesin wankel. Selain itu, mesin jet dan beberapa mesin roket termasuk dalam mesin pembakaran dalam.

          Mesin pembakaran dalam agak berbeda dengan mesin pembakaran luar (contohnya mesin uap dan mesin Stirling), karena pada mesin pembakaran luar, energinya tidak disalurkan ke fluida kerja yang tidak bercampur dengan hasil pembakaran. Fluida kerja ini dapat berupa udara, air panas, air bertekanan, atau cairan natrium yang dipanaskan di semacam boiler.
          Sebuah mesin piston bekerja dengan membakar bahan bakar hidrokarbon atau hidrogen untuk menekan sebuah piston, sedangkan sebuah mesin jet bekerja dengan panas pembakaran yang mendorong bagian dalam nozzle dan ruang pembakaran, sehingga mendorong mesin ke depan.
          Secara kontras, sebuah mesin pembakaran luar seperti mesin uap, bekerja ketika proses pembakaran memanaskan fluida yang bekerja terpisah, seperti air atau uap, yang kemudian melakukan kerja.
          Mesin jet, kebanyakan roket dan banyak turbin gas termasuk dalam mesin pembakaran dalam, tetapi istilah "mesin pembakaran dalam" seringkali menuju ke "mesin piston", yang merupakan tipe paling umum mesin pembakaran dalam.

          SEJARAH

          Mesin pembakaran dalam ditemukan di Cina, dengan penemuan kembang api pada Dinasti Song. Mesin pembakaran dalam resiprokat (mesin piston) ditemukan oleh Samuel Morey yang menerima paten pada 1 April

          Tipe mesin Pembakaran Dalam


          Mesin dapat diklasifikasikan dalam banyak macam: siklus mesin yang digunakan, layout yang dipakai, sumber enerfi, penggunaan mesin, atau dari sistem pendinginnya.

          Konfigurasi mesin
          Mesin pembakaran dalam dapat dikelompokkan berdasarkan konfigurasinya.
          Layout mesin yang umum adalah:
          Mesin piston:
          •Mesin dua-tak
          •Mesin empat-tak
          •enam-tak
          •Mesin diesel
          •Siklus Atkinson

          Mesin rotari:
          •Mesin Wankel

          Pembakaran terus-menerus:
          •Turbin gas
          •Mesin jet (termasuk turbojet, turbofan, ramjet, Rocket, dll.)

          Cara kerja mesin pembakaran dalam

          Seperti namanya, mesin pembakaran dalam 4 tak mempunyai 4 tahap dasar yang terus diulangi setiap 2 putaran mesin:
          (1) Siklus masukan
          (2) Siklus kompresi
          (3) Siklus pembakaran
          (4) Sillus pembuangan

          1. Siklus masukan: Siklus yang pertama dari mesin pembakaran dalam disebut dengan siklus masukan karena pada saat ini, posisi piston berpindah ke bawah silinder. Membukanya klep menyebabkan perubahan posisi piston, dan campuran bahan bakar yang sudah diuapkan memasuki ruang bakar. Di akhir siklus ini, klep masukan tertutup.

          2. Siklus kompresi: Di siklus ini, kedua klep tertutup dan pistonnya kembali bergerak ke atas ke volume minimum, sehingga menekan campuran bahan bakar. Selagi proses penekanan, tekanan, suhu, dan kepadatan campuran bahan bakar meningkat.

          3. Siklus pembakaran: Ketika pistonnya mencapai volume minimum, lalu busi akan memantikkan api lalu campuran bahan bakar pun terbakar. Terbakarnya bahan bakar ini memberikan tenaga pada piston sehingga piston kembali bergerak ke bawah dan menggerakkan crankshaft.

          4. Siklus pembuangan: Di akhir siklus pembakaran, maka klep buang pun membuka. Selama siklus ini, pistonnya kembali bergerak ke atas menuju volume silinder minimum. Ketika klep buangan membuka, maka gas sisa pembakaran keluar dari silinder. Di akhir siklus ini, klep buangan menutup, klep masukan kembali membuka, dan siklus ini dimulai dari awal lagi.

          Demikian artikel tentang mesin pembakaran dalam, semoga membantu
          SUMBER : wikipedia.com

          Bensin beroktan rendah merusak mesin mobil

          Bensin beroktan rendah merusak mesin mobil
          Baru-baru ini ada isu yang tidak baik yang menerpa perusahaan pengolah minyak bumi terbesar di negara kita, apalagi kalau tidak Pertamina. Bukan itu saja, baru-baru ini pemerintah kita juga mempunyai rencana untuk mengurangi nilai oktan Premium yang umumnya beroktan 88 akan diturunkan menjadi Premium beroktan 84 dalam rencana pengurangan subsidi minyak sebagai bahan bakar yang umum dipakai bagi mobil tahun produksi diatas 2005, jika tetap membandel…huuu, efeknya yah pada mesin mobil kita. Agar masyarakat tahu apa itu oktan dan apa efeknya bagi kendaraan anda, iKb akan membedah mengenai kadar oktan pada bensin. yuk..
          Untuk menggerakkan mesinnya, kendaraan bermotor membutuhkan energi yang berasal dari bahan bakar. Kualitas bahan bakar sangat berpengaruh terhadap performa mesin baik dari sisi tenaga maupun kinerjanya. Seperti yang diketahui selama ini kualitas BBM dipengaruhi oleh nilai oktannya. Berdasarkan nilai oktan itu kita sering mendengar penamaan bahan bakar dengan nama premium, pertamax, pertamax plus dan solar.
          Pengertian Bilangan Oktan
          Bilangan oktan adalah angka yang menunjukkan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan. Di dalam mesin, campuran udara dan bensin (dalam bentuk gas) ditekan oleh piston sampai dengan volume yang sangat kecil dan kemudian dibakar oleh percikan api yang dihasilkan busi. Karena besarnya tekanan ini, campuran udara dan bensin juga bisa terbakar secara spontan sebelum percikan api dari busi keluar.
          Jika campuran gas ini terbakar karena tekanan yang tinggi (dan bukan karena percikan api dari busi), maka akan terjadi knocking atau ketukan di dalam mesin. Knocking ini akan menyebabkan mesin cepat rusak, sehingga sebisa mungkin harus dihindari.
          Nama oktan berasal dari oktana (C8) karena dari seluruh molekul penyusun bensin, oktana yang memiliki sifat kompresi paling bagus. Oktana dapat dikompres sampai volume kecil tanpa mengalami pembakaran spontan, tidak seperti yang terjadi pada heptana, misalnya, yang dapat terbakar spontan meskipun baru ditekan sedikit. Terdapat beberapa sistem pemeringkatan (Octane Rating) dalam BBM produksi dalam Negeri Premium dengan Kadar Oktan 88, Pertamax dengan Kadar Oktan 92 dan Pertamax Plus dengan Kadar Oktan 95.

          Baca juga :
          • Apa itu Karburator ?
          • Apa itu Bahan Bakar ?
          • Prinsip dan Tipe Karburator
          Oktan dan Irit
          Kendaraan keluaran sebelum tahun 90-an umumnya tidak mensyaratkan penggunaan oktan tinggi, tetapi untuk produksi diatas tahun 90-an sudah mengharuskan penggunaan oktan tinggi sebagai asupan bahan bakarnya. Semakin Tinggi angka Oktan maka semakin lama bensin terbakar spontan juga. Penggunaan Oktan tinggi dapat mendongkrak performa tenaga mesin. Tetapi hal ini Tidak berlaku untuk semua Keluaran kendaraan, pada kendaraan produksi tahun 90-an ke bawah yang tidak mensyaratkan penggunaan oktan tinggi sebagai konsumsi BBMnya, penggunaan oktan tinggi yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin justru akan membuat tenaga mesin menjadi loyo dan hanya akan menimbulkan pemborosan bahan bakar.
          Kategori Oktan
          Ada dua kategori angka Oktan, yaitu RON (Research Octane Number) dan MON (Motor Octane Number). RON diperoleh dari simulasi kinerja asupan bahan bakar ke mesin saat mesin dioperasikan dalam kondisi standar sedangkan MON menunjukkan kinerja Bahan Bakar saat mesin di operasikan dalam kondisi yang lebih berat. Angka oktan MON dapat lebih rendah 10 Point dari angka Oktan RON. Untuk SPBU di Indonesia angka oktan di belakang produk yang tertera adalah RON.

          Contoh serial bahan BBM yang digunakan untuk test ONR adalah :

          • Bilangan Oktan 100 – Murni Iso-Octane
          • Bilangan Oktan 98 – Campuran 98% Iso-Octane dan 2% n-Heptane
          • Bilangan Oktan 96 – Campuran 96% Iso-Octane dan 4% n-Heptane
          • Bilangan Oktan 94 – Campuran 94% Iso-Octane dan 6% n-Heptane
          • Bilangan Oktan 92 – Campuran 92% Iso-Octane dan 8% n-Heptane
          • Bilangan Oktan 90 – Campuran 90% Iso-Octane dan 10% n-Heptane
          • Bilangan Oktan 88 – Campuran 88% Iso-Octane dan 12% n-Heptane
          • Bilangan Oktan 86 – Campuran 86% Iso-Octane dan 14% n-Heptane
          • Bilangan Oktan 84 – Campuran 84% Iso-Octane dan 16% n-Heptane
          • Bilangan Oktan 82 – Campuran 82% Iso-Octane dan 18% n-Heptane
          • Bilangan Oktan 80 – Campuran 80% Iso-Octane dan 20% n-Heptane


          Mutu bahan bakar bensin ditentukan oleh efektivitas pembakarannya dalam mesin. Bahan bakar yang tidak baik apabila di dalam mesin menimbulkan ketukan (knocking). Ketukan pada mesin terjadi apabila bensin terbakar tidak pada saat yang tepat, sehingga akan menganggu gerakan piston pada mesin. Di dalam mesin, campuran udara dan bensin (dalam bentuk gas) ditekan oleh piston sampai dengan volume yang sangat kecil dan kemudian dibakar oleh percikan api yang dihasilkan busi. Karena besarnya tekanan ini, campuran udara ? bensin juga bisa terbakar secara spontan sebelum percikan api dari busi keluar.
          Bilangan oktan suatu bensin memberikan informasi kepada kita tentang seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin tersebut terbakar secara spontan. Jika campuran gas ini terbakar karena tekanan yang tinggi (dan bukan karena percikan api dari busi), maka akan terjadi knocking atau ketukan di dalam mesin. Knocking ini akan menyebabkan mesin cepat rusak, sehingga sebisa mungkin harus kita hindari.

          Banyak letupan (knocking) dinytakan dengan bilangan oktan, makin sedikit letupan, makin sedikt pula bilangan oktam yang dimiliki bensin tersebut. Bensin dengan oktan rendah lebih mudah terbakar. Sebaliknya bensin dengan oktan tinggi lambat terbakar, karena titik bakarnya juga lebih tinggi.
          Tinggi rendahnya nilai oktan yang dibutuhkan oleh kendaraan sangat tergantung pada Compression Ratio (CR) yakni hasil perhitungan perbandingan tekanan yang berkaitan dengan volume ruang bakar terhadap jarak langkah piston dari titik bawah ke titik paling atas saat mesin bekerja. Mesin yang memiliki nilai CR (Compression Ratio) yang tinggi membutuhkan bensin bernilai oktan tinggi pula.

          Mesin berkompresi tinggi membuat bensin cepat terbakar (akibat tekanan yang tinggi), namun akan menjadi masalah bila bensin terbakar lebih awal sebelum busi memercikkan api. Saat piston naik ke atas melakukan kompresi, bensin menyala mendahului busi, akibatnya piston seperti dipukul keras oleh ledakan ruang bakar tersebut, hal ini akan menyebabkan knocking sering disebut dengan istilah ’Ngelitik’.

          Nilai oktan yang tinggi juga menyebabkan bensin lebih sulit menguap (penguapan rendah). Bensin yang nilai oktannya terlalu tinggi tidak jarang menyebabkan kegagalan pembakaran yang berefek pada penumpukan kerak di ruang bakar atau klep. Karena itu sebaiknya kendaraan diisi bensin sesuai nilai rasio kompresi, kecuali ada modifikasi lain.

          Bensin dengan oktan lebih tinggi (pertamax, pertamax plus, dsb), umumnya dilengkapi dengan aditif pembersih, dan sebagainya. Namun tidak banyak memberi penambahan tenaga, jadi angka oktan tinggi bukan artinya lebih ‘bertenaga’.
          Karena benefitnya kurang sebanding jika dibanding harganya yang tinggi, maka ujung-ujungnya hanyalah merupakan pemborosan uang saja.Nama oktan berasal dari oktana (C8), karena dari seluruh molekul penyusun bensin, oktana yang memiliki sifat kompresi paling bagus; oktana dapat dikompres sampai volume kecil tanpa mengalami pembakaran spontan, tidak seperti yang terjadi pada heptana, misalnya, yang dapat terbakar spontan meskipun baru ditekan sedikit.
          Bensin dengan bilangan oktan 87, berarti bensin tersebut terdiri dari 87% oktana dan 13% heptana (atau campuran molekul lainnya). Bensin ini akan terbakar secara spontan pada angka tingkat kompresi tertentu yang diberikan, sehingga hanya diperuntukkan untuk mesin kendaraan yang memiliki ratio kompresi yang tidak melebihi angka tersebut.

          Jenis-Jenis Bensin yang saya tahu itu ada 4 yaitu:
          • -Premium
          • -Premix
          • -Pertamax
          • -Pertamax Plus

          Zat Aditif dalam Bensin
          - Antiketukan
          Untuk memperlambat pembakaran bahan bakar. Dulu digunsksn senyawa Pb seperti TEL (Tetra Ethyl Lead) dan MTBE (Methyl Tertiary Butyl Eter). Oleh karena Pb bersifat racun, maka penggunaanya sudah diganti dengan senyawa organic seperti etanol.

          - Antioksidan
          Untuk menghambat pembentukkan kerak yang dapat menyumbang saringan dan saluran bensin. Bensin banyak mengandung senyawa olefinyang mudah bereaksi dengan oksigen membentuk kerak yang disebut gum. Jadi, bensin perlu ditambahkan antioksidan, seperti alkil fenol

          - Pewarna
          Untuk membedakan berbagai jenis bensin. Contohnya pewarna kuning untuk bensin premium. Pewarna tidak mempengaruhi kualitas bensin.
          - Antikorosi
          Untuk mencegah korosi pada logam yang bersentuhan dengan bensin, sepertilogam tangki dan saluran bensin. Contoh antikorosi adalah asam karboksilat
          -Deterjen karburator
          Untuk mencegah/membersihkan kerak dalam karburator. Endapan kerak berasal dari partikel padat/asap pembakaran dan gum. Adanya kerak dapat menurunkan kinerja mesin sehingga kendaraan boros bahan bakar dan mesin cendrung tersandat. Deterjen karburator mengandung berbagai senyawa, seperti amina dan amida.
          - Antikerak PFI (Port Fuel Injection)
          Untuk membersihkan kerak pada system PFI kendaraan. Kerak dapat menghambat pengambilan bensin sehingga kendaraan sulit dinyalakan dan kurang tenaga. Pembentukan kerak berawal sewaktu mesin dimatikan. Panas yang ada menyebabkan penguapan sisa bahan bakar, yang meninggalkan senyawa berat seperti olefin. Olefin bereaksi dengan oksigen membentuk kerak gum. Contoh antikerak PFI adalah dispersan polimer yang mengandung senyawa, seperti polibutena amina dan polieter amina.
          Zat-Zat Pencemar Akibat Pembakaran Bensin
          - Karbon Monoksida (CO)
          Asap kendaraan bermotor merupakan sumber seluruh karbon monoksida yang banyak dikeluarkan di daerah perkotaan. Karena itu, penurunan kadar karbon monoksida bergantung pada pengendalian emisi otomatis seperti pengubah kalitis, yang mengubah sebagian besar karbon monoksida menjadi karbon dioksida. Oh ya, Karbon monoksida sangat berbahaya lho terutama pada wanita hamil. Karena dapat mengakibatkan kecilnya berat badan janin, meningkatnya kematian bayi dan kerusakan otak. Kasihan kan? Makanya kita harus sebisa mungking mengurangi kegiatan pemakaian kendaraan bermotor.

          - Nitrogen Oksida
          Nitrogen Oksida yang terjadi ketika panas pembakaran menyebabkan bersatunya oksigen dan nitrogen yang terdapat di udara memberikan berbagai ancaman bahaya. Zat nitrogen oksida ini sendiri menyebabkan kerusakan paru-paru. Setelah bereaksi di atmosfer, zat ini membentuk partikel-partikel nitrat amat halus yang menembus bagian terdalam paru-paru. Partikel-partikel nitrat ini pula, jika bergabung dengan air baik air di paru-paru atau uap air di awan akan membentuk asam. Akhirnya zat-zat oksida ini bereaksi dengan asap bensin yang tidak terbakar dan zat-zat hidrokarbon lain di sinar matahari dan membentuk ozon rendah atau “smog” kabut berwarna coklat kemerahan yang menyelimuti sebagian besar kota di dunia.

          - Emisi Sulfur Dioksida
          Emisi Sulfur Dioksida  timbul dari pembakaran bahan bakar fosil yang mengandung sulfur terutama batubara yang digunakan untuk pembangkit tenaga listrik atau pemanasan rumah tangga? Gas yang berbau tajam tapi tak bewarna ini dapat menimbulkan serangan asma dan, karena gas ini menetap di udara, bereaksi dan membentuk partikel-partikel halus dan zat asam.

          - Benda Partikulat
          Benda Partikulat sering disebut sebagai asap atau jelaga. benda-benda partikulat ini merupakan pencemar udara yang paling kentara, dan sangat berbahaya ,kalian tau? Sebagian benda partikulat keluar dari cerobong pabrik sebagai asap hitam tebal, tetapi yang paling berbahaya adalah “partikel-partikel halus” butiran-butiran yang begitu kecil sehingga dapat menembus bagian terdalam paru-paru. Sebagian besar partikel halus ini terbentuk dengan polutan lain, terutama sulfur dioksida dan oksida nitrogen, dan secara kimiawi berubah dan membentuk zat-zat nitrat dan sulfat.

          - Hidrokarbon (HC)
          Bagi yang lagi duduk di bangku SMP n SMA pasti tau Hidrokarbon sebagai senyawa organik yang mudah menguap (“volatile organic compounds/VOC”) dan juga sebagai gas organic reaktif (“reactive organic gases/ROG”). Hidrokarbon merupakan uap bensin yang tidak terbakar dan produk samping dari pembakaran tak sempurna. Jenis-jenis hidrokarbon lain, yang sebagian menyebabkan leukemia, kanker, atau penyakit-penyakit serius lain, berbentuk cairan untuk cuci-kering pakaian sampai zat penghilang lemak untuk industri.

          - Ozon(Asap Kabut Fotokimiawi)
          Ozon terdiri dari beratus-ratus zat kimiawi yang terdapat dalam asap kabut, terbentuk ketika hidrokarbon pekat di perkotaan bereaksi dengan oksida nitrogen. Ozon merupakan zat oksidan yang begitu kuat (selain klor) sehingga beberapa kota menggunakannya sebagai disinfektan pasokan air minum.

          - Timah(Pb).
          Logam berwarna kelabu keperakan yang amat beracun dalam setiap bentuknya ini merupakan ancaman yang amat berbahaya bagi anak di bawah usia 6 tahun, yang biasanya mereka telan dalam bentuk serpihan cat pada dinding rumah. Logam berat ini merusak kecerdasan, menghambat pertumbuhan, mengurangi kemampuan untuk mendengar dan memahami bahasa, dan menghilangkan konsentrasi. Bahkan pajanan dengan tingkat yang amat rendah sekalipun tampaknya selalu diasosiasikan dengan rendahnya kecerdasan. Karena sumber utama timah adalah asap kendaraan berbahan bakar bensin yang mengandung timah, maka polutan ini dapat ditemui di mana ada mobil, truk, dan bus.

          - Karbon Dioksida (CO2 ).
          Gas yang terbentuk ketika bahan bakar yang kaya akan kandungan karbon ini, seperti batu bara atau minyak, terbakar adalah pencemar udara tak berwarna dan tak berasa, dan merupakan salah satu jenis gas “rumah kaca”. Disebut demikian karena gas-gas ini memerangkap panas bumi seperti jendela-jendela kaca di sebuah rumah kaca.

          Wednesday, 13 August 2014

          Fungsi Piston, poros engkol, dan mekanisme katup

          Berikut ini adalah fungsi piston, poros engkol, dan mekanisme katup
          Berikut adalah penjelasan dari sub bagian mesin yaitu :
          • Busi
          • Piston
          • Mekanisme penggerak katup
          • Saluran Masuk dan Buang
          • Water Jacket
          pengertian busi sparkplug

          Busi


          Busi atau spark plug berfungsi untuk memercikan bunga api listrik yang menyebabkan terjadinya pembakaran pada mesin. Busi pada mesin diesel tidak digunakan untuk memercikan bunga api tetapi hanya memanaskan suhu pada ruang bakar. Hak paten untuk busi diberikan secara terpisah kepada Nikola Tesla, Richard Simms, dan Robert Bosch. Karl Benz juga merupakan salah satu yang dianggap sebagai perancang busi.

          Piston

          piston pada mesin pembakaran dalam  digunakan untuk melakukan langkah kerja yaitu langkah hisap, kompresi, usaha, dan buang. Piston bergerak didalam silinder secara naik turun, gerakan naik turun ini diubah menjadi gerak putar oleh crankshaft, piston ini dihubungkan ke crankshaft oleh batang piston dan pena torak. Karena piston bekerja pada tekanan tinggi, maka piston dibuat dari campuran aluminium, piston juga dilengkapi dengan cincin/ ring kompresi dan ring oli, cincin ini tetap dan mengikuti gerakan piston, fungsi dari ring piston adalah untuk mencegah terjadinya kebocoran oli atau dan kebocoran kompresi.

          fungsi piston, pengertian piston

          Fungsi, konstruksi dan bahan
          Salah satu komponen penting yang berfungsi untuk :
          • Penerima tenaga pembakaran
          • Meneruskan tenaga pembakaran
          • Membawa cincin torak sebagai pengikat dan menyapu dinding silinder.
          Proses kerja torak/ piston adalah bergerak secara translasi didalam silindr untuk ,melakukan langkah hisap, kompresi ,usaha dan buang. Juga dilengkapi dengan cincin torak yang terdiri dari cincin oli dan cincin kompresi yang terletak di bag. Atas torak. Torak dihubungkan ke crank journal oleh batang torak yg terhubung ke torak melalui pena torak. Torak terbuat dari paduan aluminium. Sehingga torak jadi lebih ringan tapi sensitive thd pemuaian, jadi lebih sering digunakan pada motor bensin. Sedangkan untuk motor diesel terbuat dari besi tuang kelabu.
          Dari bentuknya torak dibdakan menjadi tiga yaitu, torak berkepala cekung , tidak beraturan (ireguler head ) dan kepala rata.
          Celah antara torak dan silinder secar umum adalah 0,02-0,05 mm, bila terlalu kecil torak akan bergesekan dgn dinding silinder dan mengakibatkan kerusakan, sbaliknya jika terlalu besar akan terjadi kebocoran ke ruang engkol hal ini disebut dengan blow by.


          Crankshaft atau poros engkol

          Poros engkol berfungsi untuk mengubah gerak bolak-balik dari piston menjadi gerak putar. Poros engkol terhubung dengan roda gila atau fly wheel, fly wheel berguna untuk menstabilkan putaran dan menyeimbangkan putaran.
          crankshaft , poros engkol


          Mekanisme penggerak katup

          Identifikasi
          Mekanisme penggerak katup adalah seluruh komponen yang bekerja mengerakan katup membuka atau menutup .

          Komponen tsb adalah :
          • Poros bubungan
          • Pengangkat ( lifter)
          • Pendorong ( push rod )
          • Lengan penekan ( rocker arm )
          • Pegas (spring )

          Komponen tsb adalah yang sering digunakan pada mesin ohv (overhead valve ). Komponen penggerak katup juga dipengaruhi oleh tata letak katup pada engine, maka dikenal susunan katup dikepala dan katup di sisi ataupun penggabungan dari keduanya. Dari penempatan katup dan mekanisme penggeraknya dikenal dengan sebutan katup dikepala ohv ( overhead valve ) dan poros bubungan di kepala overhead camshaft ( ohc ).

          Ohv ( overhead valve )
          gambar overhead valveProses mekanisme katupnya dimulai dari proses bubungan yang ditempatkan pada blok motor, kenudian bubungan/ cam menggerakan pengangkat/lifter, batang pendorong, lengan pendorong dan katup, serta pegas katup.
          Cara kerja :
          -. Apabila poros engkol berputar 2x maka poros bubungan bergerak 1x, kemudian lifter mengankat push rod, rocker arm terdorong menekan batang katup dan katup menjadi terbuka. Saat lifter sudah turun maka seluruh komponen tadi ikut turun dan katup kembali tertutup yang dibantu oleh pegas pengembali/ spring.
          Jenis poros bubungan di kepala ( overhead camshaft )
          Tipe ini poros bubungannya berada di atas kepala silinder dan langsung berhubungn dengan katup tanpa memerlukan pengankat dan lengan penekan.



           Jenis poros bubungan di kepala ( overhead camshaft )
          Tipe ini poros bubungannya berada di atas kepala silinder dan langsung berhubungn dengan katup tanpa memerlukan pengankat dan lengan penekan.

          Saluran Air Pendingin atau Water jacket
          Water jacket merupakan saluran dimana cairan pendingin bersirkulasi mendinginkan mesin, coolant hanya akan bersirkulasi jika temperatur mesin sudah tinggi melewati batas suhu pembakaran.Waktu coolant bersirkulasi diatur oleh termostat.

          Demikian artikel tentang fungsi piston, poros engkol, dan mekanisme katup, semoga bisa membantu. Mohon kritik dan sarannya.

          Tuesday, 12 August 2014

          Pengertian Mesin Diesel ( Engine Diesel )

          Apakah Pengertian dari Mesin Diesel

          Kita akan membahas:
          • Pengertian Mesin Diesel
          • Bagaimana Mesin Diesel Bekerja
          • Tipe-tipe Diesel
          • Kekurangan dan kelbihan
          Sumber : Wikipedia ( edited )
          mesin diesel
           Hari ini saya akan membahas tentang :

          PENGERTIAN MESIN DIESEL,

           Jika anda sampai di artikel ini, maka anda tentunya ingin tahu informasi tentang mesin diesel, dan banyak pertanyaan yg ingin dijawab seperti  bagaimana ia bekerja?, apa bedanya mesin diesel dengan mesin bensin, kenapa mesin diesel ukurannya lebih besar dari mesin bensin ? dan masih banyak lagi.
          Sekarang kita bahas tentang pengertian mesin diesel

           

          PENGERTIAN Mesin Diesel :


          Mesin diesel adalah sejenis mesin pembakaran dalam; lebih spesifik lagi, sebuah mesin pemicu kompresi, dimana bahan bakar dinyalakan oleh suhu tinggi gas yang dikompresi, dan bukan oleh alat berenergi lain (seperti busi). Mesin diesel pada kendaraan otomotif sering digunakan pada mobil-mobil yang mempunyai kapasitas mesin yang besar, dan juga tenaga yang besar ( contoh ; Truk, tronton, fuso, bus dan kendaraan besar lainnya. ) hal ini dikarenakan mesin diesel cocok untuk penggunaan jarak jauh ( mesin diesel lebih tahan panas dibanding mesin bensin ) dan tenaga yang besar ( karena konstruksi mesin diesel rata-rata berkapasitas besar ).

          Mesin diesel ini ditemukan pada tahun 1892 oleh Rudolf Diesel, yang menerima paten pada 23 Februari 1893. Diesel menginginkan sebuah mesin untuk dapat digunakan dengan berbagai macam bahan bakar termasuk debu batu bara. Dia mempertunjukkannya pada Exposition Universelle (Pameran Dunia) tahun 1900 dengan menggunakan minyak kacang (lihat biodiesel). Kemudian diperbaiki dan disempurnakan oleh Charles F. Kettering.


          Bagaimana mesin diesel bekerja

          Ketika udara dikompresi suhunya akan meningkat (seperti dinyatakan oleh Hukum Charles), mesin diesel menggunakan sifat ini untuk proses pembakaran. Udara disedot ke dalam ruang bakar mesin diesel dan dikompresi oleh piston yang merapat, jauh lebih tinggi dari rasio kompresi dari mesin bensin. Beberapa saat sebelum piston pada posisi Titik Mati Atas (TMA) atau BTDC (Before Top Dead Center), bahan bakar diesel disuntikkan ke ruang bakar dalam tekanan tinggi melalui nozzle supaya bercampur dengan udara panas yang bertekanan tinggi. Hasil pencampuran ini menyala dan membakar dengan cepat. Penyemprotan bahan bakar ke ruang bakar mulai dilakukan saat piston mendekati (sangat dekat) TMA untuk menghindari detonasi. Penyemprotan bahan bakar yang langsung ke ruang bakar di atas piston dinamakan injeksi langsung (direct injection) sedangkan penyemprotan bahan bakar kedalam ruang khusus yang berhubungan langsung dengan ruang bakar utama dimana piston berada dinamakan injeksi tidak langsung (indirect injection).

          Ledakan tertutup ini menyebabkan gas dalam ruang pembakaran mengembang dengan cepat mendorong piston ke bawah dan menghasilkan tenaga linear. Batang penghubung (connecting rod) menyalurkan gerakan ini ke crankshaft dan oleh crankshaft tenaga linear tadi diubah menjadi tenaga putar. Tenaga putar pada ujung poros crankshaft dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

          Untuk meningkatkan kemampuan mesin diesel, umumnya ditambahkan komponen :

          • Turbocharger atau supercharger untuk memperbanyak volume udara yang masuk ruang bakar karena udara yang masuk ruang bakar didorong oleh turbin pada turbo/supercharger.
          • Intercooler untuk mendinginkan udara yang akan masuk ruang bakar. Udara yang panas volumenya akan mengembang begitu juga sebaliknya, maka dengan didinginkan bertujuan supaya udara yang menempati ruang bakar bisa lebih banyak.

          Mesin diesel sulit untuk hidup pada saat mesin dalam kondisi dingin. Beberapa mesin menggunakan pemanas elektronik kecil yang disebut busi menyala (spark/glow plug) di dalam silinder untuk memanaskan ruang bakar sebelum penyalaan mesin. Lainnya menggunakan pemanas "resistive grid" dalam "intake manifold" untuk menghangatkan udara masuk sampai mesin mencapai suhu operasi. Setelah mesin beroperasi pembakaran bahan bakar dalam silinder dengan efektif memanaskan mesin.

          Dalam cuaca yang sangat dingin, bahan bakar diesel mengental dan meningkatkan viscositas dan membentuk kristal lilin atau gel. Ini dapat memengaruhi sistem bahan bakar dari tanki sampai nozzle, membuat penyalaan mesin dalam cuaca dingin menjadi sulit. Cara umum yang dipakai adalah untuk memanaskan penyaring bahan bakar dan jalur bahan bakar secara elektronik.

          Untuk aplikasi generator listrik, komponen penting dari mesin diesel adalah governor, yang mengontrol suplai bahan bakar agar putaran mesin selalu pada putaran yang diinginkan. Apabila putaran mesin turun terlalu banyak kualitas listrik yang dikeluarkan akan menurun sehingga peralatan listrik tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya, sedangkan apabila putaran mesin terlalu tinggi maka dapat mengakibatkan over voltage yang bisa merusak peralatan listrik. Mesin diesel modern menggunakan pengontrolan elektronik canggih untuk mencapai tujuan ini melalui modul kontrol elektronik (ECM) atau unit kontrol elektronik (ECU) - yang merupakan "komputer" dalam mesin. ECM/ECU menerima sinyal kecepatan mesin melalui sensor dan menggunakan algoritma dan mencari tabel kalibrasi yang disimpan dalam ECM/ECU, dia mengontrol jumlah bahan bakar dan waktu melalui aktuator elektronik atau hidraulik untuk mengatur kecepatan mesin.

          Tipe mesin diesel


          Ada dua kelas mesin diesel: 

          1. dua-tak dan 
          2. empat-tak.


          Biasanya jumlah silinder dalam kelipatan dua, meskipun berapapun jumlah silinder dapat digunakan selama poros engkol dapat diseimbangkan untuk mencegah getaran yang berlebihan. Mesin 6 segaris paling banyak diproduksi dalam mesin tugas-medium ke tugas-berat, meskipun V8 dan 4 segaris juga banyak diproduksi.

          Mesin diesel bekerja dengan kompresi udara yang cukup tinggi, sehingga pada mesin disel besar perlu ditambahkan sejumlah udara yang lebih banyak. Maka digunakan Supercharger atau turbocharger pada intake manifold, dengan tujuan memenuhi kebutuhan udara kompresi.

          Keunggulan dan kelemahan dibanding dengan mesin busi-nyala


          Untuk keluaran tenaga yang sama, ukuran mesin diesel lebih besar daripada mesin bensin karena konstruksi besar diperlukan supaya dapat bertahan dalam tekanan tinggi untuk pembakaran atau penyalaan. Dengan konstruksi yang besar tersebut penggemar modifikasi relatif mudah dan murah untuk meningkatkan tenaga dengan penambahan turbocharger tanpa terlalu memikirkan ketahanan komponen terhadap takanan yang tinggi. Mesin bensin perlu perhitungan yang lebih cermat untuk modifikasi peningkatan tenaga karena pada umumnya komponen di dalamnya tidak mampu menahan tekanan tinggi, dan menjadikan mesin diesel kandidat untuk modifikasi mesin dengan biaya murah.

          Penambahan turbocharger atau supercharger ke mesin bertujuan meningkatkan jumlah udara yang masuk dalam ruang bakar dengan demikian pada saat kompresi akan menghasilkan tekanan yang tinggi dan pada saat penyalaan atau pembakaran akan menghasilkan tenaga yang besar. Penambahan turbocharger atau supercharger pada mesin diesel tidak berpengaruh besar terhadap pemakaian bahan bakar karena bahan bakar disuntikan secara langsung ke ruang bakar pada saat ruang bakar dalam keadaan kompresi tertinggi untuk memicu penyalaan agar terjadi proses pembakaran. Sedangkan penambahan turbocharger atau supercharger pada mesin bensin sangat memengaruhi pemakaian bahan bakar karena udara dan bahan bakar dicampur dengan komposisi yang tepat sebelum masuk ruang bakar, baik untuk mesin bensin dengan sistem karburator maupun sistem injeksi.


          Demikian artikel tentang Pengertian mesin diesel, semoga bermanfaat, carilah info lain yang mungkin lebih bermanfaat, TERIMA KASiH
          sumber : wikipedia