Monday, 25 August 2014

Pengertian Fungsi Gardan, Poros Propeler, as roda, dan roda

GARDAN / DIFFERENTIAL

Gardan atau differential ( bahasa inggris : diffferential ;  yang berarti pembeda ) adalah alat yang ada pada kendaraan mobil yang  mempunyai fungsi utama utama untuk membedakan putaran roda kiri dan kanan pada saat mobil sedang membelok.Hal itu dimaksudkan agar mobil dapat membelok dengan baik tanpa membuat kedua ban menjadi slip atau tergelincir. Gardan juga berfungsi untuk merubah gerak putar poros propeler menjadi gerak maju atau mundur pada roda.

Cara Kerja gardan atau differential :


    Pada saat mobil berjalan lurus :

          Pada saat mobil berjalan lurus keadaan kedua ban roda kiri dan kanan sama - sama dalam kecepatan putaran yang sama.Dan juga beban yang ditanggung roda kiri dan roda kanan adalah sama. Sehingga urutan perpindahan putaran dari as kopel  akan diteruskan untuk memutar drive pinion . Drive pinion akan memutar ring gear , dan ring gear bersama - sama dengan differential case akan berputar. Dengan berputarnya differential case , maka pinion gear akan terbawa berputar bersama dengan differential case karena antara differential case dan pinion gear dihubungkan dengan pinion shaft. Karena beban antara roda kiri dan roda kanan adalah sama saat jalan lurus , maka pinion gear akan membawa side gear kanan dan side gear kiri untuk berputar dalam satu kesatuan. Jadi dalam keadaan jalan lurus sebenarnya pinion gear tidak berputar , pinion gear hanaya membawa side gear untuk berputar bersama - sama dengan differential case dalam kecepatan putaran yang sama. Bila differential case berputar satu kali , maka side gear juga berputar satu kali juga , demikian seterusnya dalam keadaan lurus. Putaran side gear ini kemudian akan diteruskan untuk menggerakkan as roda dan kemudian menggerakkan roda.

      Pada saat kendaraan membelok :

             Pada saat mobil sedang membelok beban yang ditanggung pada roda bagian dalam adalah lebih besar daripada beban yang ditanggung roda bagian luar . Misalkan sebuah mobil sedang belok ke kiri, maka beban pada roda kiri akan lebih besar daripada beban roda kanan. Dengan demikian urutan perpindahan tenaganya adalah sebagai berikut ; P:utaran dari as kopel akan diteruskan untuk memutar drive pinion . Drive pinion akan memutar ring gear . Dengan berputarnya  ring gear maka differential case akan terbawa juga untuk berputar. Karena beban roda kiri lebih besar dari roda kanan saat belok ke kiri , maka side gear sebelah kiri akan memberi perlawanan terhadap pinion gear untuk tidak berputar . Gaya perlawanan dari side gear kiri ini akan membuat pinion gear menjadi berputar mengitari side gear kiri. Dengan berputarnya pininon gear , maka side gear kanan akan diputar oleh pinion gear. Sehingga side gear kanan akan berputar lebih cepat dari side gear kiri.  Gerakan side gear ini akan diteruskan ke as roda kemudian ke roda. Untuk roda kanan akan berputar lebih cepat daripada roda kiri karena  side gear kanan berputar lebih cepat.
        komponen gardan
        Komponen Gardan atau Differential :
        • drive pinion
        • ring gear
        • side gear
        • pinion gear
        • differential case/ rumah gardan
        • pinion shaft
        • axle housing
        • bearing cap


        POROS PROPELER / Propeler shaft :

        poros propelerPropeler shaft berfungsi untuk meneruskan putaran dan tenaga dari transmisi ke gardan atau differential.


        POROS RODA :

        Poros roda berfungsi untuk menghubungkan putaran dan tenaga differential ke roda.


        RODA :

        Roda berfungsi untuk menggerakan kendaraan, maju atau mundur. Semakin besar gesekan dan beban kendaraan, maka semakin besar tenaga yang dibutuhkan untuk menggerakan roda.

        Fungsi Ruang Bakar, combustion chamber

        Fungsi ruang bakar


        Ruang bakar terletak di kepala silinder yang berfungsi sebagai tempat pembakran campuran bahan bakar dengan udara yang telah di kompresikan oleh torak didalam silinder. Ruang bakar sendiri terletak di kepala silinder.
        Ruang bakar terhubung langsung ke katup masuk dan katup buang, juga tempat pemasangan busi. Oleh karena itu bentuk ruang bakar sangat dipengaruhi oleh komponen tersebut dan pada umumnya bentuk pada motor bensin adalah sebagai berikut :

        Ruang bakar model setengah bulat (hemispherical  combustion chamber )

        Ruang bakar model ini mempunyai kelebihan dibandingkan model lain. Model ini mempunyai permukaan yang lebih kecil apabila di bandingkan dengan model lain yang sama kapasitasnya. Hal ini menguntungkan karena panas yang hilang atau efisiens panas yang hassilkan lebuh besar. Maka efisiensi pemasukan dan pemasukan akan lebih tinggi. Dalam segi konstruksi model ini lebih sempurna, tapi penempatan mekanisme katubnya lebih rumit.


        Ruang bakar model baji ( wedge type combustion chamber )

        Ruang bakar model ini adalah salah satu model yang popular karena kehilangan panasnya lebih kecil. Mekanisme katup yang akan ditempatkan dapat dbuat dengan konstruksi yang lebih sederhana di banding dengan model setengah bulat.


        Ruang bakar model bak mandi ( bath up type combustion chamber )

        Model ini konstruksinya lebih sederhana sehingga biaya produksi nya lebih murah. Diameter katup yang digunakan lebih kecil. Tetapi proses exhaust dan intake menjadi kurang dfisien di banding model setengah bulat.


        Ruang bakar model pent roof

        Model ini pada umuumnya digunakan pada mesin yang jumlah katupnya lebih dari 2 untuk setiap silinder. Model ini akan memberikan efek semburan yang lebih baik  sehingga proses pembakaran akan lebih cepat dan penempatan busi berada di tengah ruang bakar.

         Baca juga : Mekanisme Penggerak katup

        Demikian artikel tentang Ruang bakar, semoga membantu


        Saturday, 23 August 2014

        Komponen, cara kerja, dan Fungsi Rem Tromol

        Rem tromol

        Rem terdiri dari beberapa jenis, diantaranya berdasarkan konstruksinya yang terdiri dari rem cakram dan rem tromol. Untuk saat ini saya membahas tentang Rem Tromol

        komponen :

        • Tromol
        • Silinder Roda
        • Sepatu Rem
        • Kampas Rem
        • Pegas Pengembali


        Rem Tromol pada kendaraan mobil biasanya dipakai pada roda belakang.



        kampas rem
        komponen rem 













        Cara Kerja :

        Saat pengemudi menginjak pedal rem, master silinder menekan fluida kemudian fluida meneruskan tekanan ke silinder roda, silinder roda kemudian menekan sepatu rem yang akhirnya sepatu rem yang membawa kampas  rem menekan tromol dan menimbulkan gesekan antara kampas rem dan tromol, gesekan inilah yang menyebabkan kendaraan melambat atau berhenti.

        Macam-macam rem tromol

        • Tipe leading and trailing
        • Tipe uniservo
        • Tipe duoservo
        • Tipe two leading single action
        • Tipe two leading double action



        A.Tipe leading and trailing
        Jenis ini hanya menggunakan sebuah satu silinder roda dengan dua piston di dalamnya. Sepatu roda yang tidak berhubungan dengan silinder roda ditumpu oleh anchor pin sehingga tidak dapat bergerak. Gaya pengereman tipe ini sama kekuatannya pada saat maju atau mundur sehingga lebih cocok untuk rem roda belakang.

        B.Tipe uniservo
        Tipe ini hanya memiliki satu silinder roda dan satu piston didalamnya, sepatu rem yang tidak berhubungan dengan sepatu rem masih dapat bergerak. Kekuatan pengereman jenis ini lebih kuat  pada saat maju dibanding mundur, sehingga lebi cocok untuk rem depan.

        C.Tipe duoservo
        Tipe ini hampir sama dengan tipe leading and trailing, perbedaannya pada sepatu rem yang tidak berhubungan dengan silinder roda tidak diikat mati, atau diikat mengambang sehingga dapat bergerak. Seperti pada tipe uniservo, tekanan hidraulis yang diterima sepatu rem diteruskan ke sepatu rem yang lain. Kekuatan pengereman tipe ini sama kuatnya antara maju dan mundur, sehingga lebih cocok untuk rem belakang tetapi kekuatan pengeremannya lebih kuat dinanding tipe leading and trailing.


        Baca juga :
        Sistem Rem Mobil

        sumber : buku catatanku, wikipedia.com

        semoga artikel tentang rem tromol ini bermanfaat. Mohon Maaf, yang lain nyusul

        Thursday, 21 August 2014

        Sistem Pelumasan Kendaraan / mobil

        Sistem Pelumasan Dalam Mesin Mobil

        Mesin mobil adalah suatu komponen mobil yang terdiri dari bagian-bagian logam yang bergerak dan fungsinya saling berhubungan satu sama lain. Gerakan bagian-bagian logam tersebut yang lama-kelamaan akan aus sehingga mesin mobil memerlukan suatu sistem pelumasan yang berfungsi untuk mendistribusikan cairan pelumas atau oli ke bagian-bagian yang bergesekan tersebut. Karena sistem pelumasan berperan sangat penting bagi mesin. maka mutlak untuk melakukan perawatan, perawatan bisa di lakukan dengan mengganti oli mesin secara berkala, perawatan juga bisa dengan mengganti filter oli secara berkala juga
        sistem pelumasan mobil



        Lihat juga :




        Komponen-komponen Sistem Pelumasan :


        • Oil Pressure Switch
        Suatu komponen yang berfungsi sebagai switch yang mengaktifkan lampu peringatan bila tekanan oli tidak tercukupi pada saat mesin mobil dinyalakan.

        • Oil Pump
        Suatu komponen yang berfungsi untuk menarik oli yang berada di Oil Pump dan memompa oli tersebut ke seluruh bagian mesin mobil.

        • Relief Valve
        Komponen ini bekerja untuk membebaskan tekanan pada saat Oil Pump mempunyai tekanan yang berlebihan.

        • Oil Strainer
        Komponen yang berupa saringan oli dan terpasang di saluran masuk oli untuk memisahkan partikel yang besar dari oli.

        • Oil Filter
        Komponen ini berfungsi sebagai penyaring kotoran yang tidak diinginkan dari oli mesin yang secara bertahap akan terkontaminasi dengan kotoran besi dan lainnya.


        Sistem pelumasan pada mesin mobil mempunyai fungsi sebagai :


        • Cairan pelumas yang membentuk minyak film  untuk melapisi komponen-komponen logam  yang bergerak dan bergesekan sehingga dapat mencegah keausan.
        • Pendingin pada komponen-komponen yang bergerak dan menghasilkan panas dari gesekan dua benda tersebut.
        • Pembersih Kotoran yang dihasilkan dari  gesekan komponen-komponen logam.
        • Perapat yaitu dengan menghasilkan sebuah seal (penyekat) sehingga dapat mencegah terjadinya kebocoran gas (blow by gas) antara piston dan dinding silinder.
        • Pencegah karat pada komponen-komponen logam.

        Sistem Transmisi dan Kopling

        Sisitem transmisi berfungsi untuk mengubah putaran dari roda gila menjadi lebih besar ( untuk kecepatan ) atau lebih kecil ( Untuk keperluan tenaga ).Pada sebuah kendaraan, kendaraan pasti tidak hanya melewati jalan yang rata, kendaraan juga akan melewati jalan yang terjal, menanjak, atau turunan. Dalam setiap kondisi jalan tersebut, kendaraan memerlukan tenaga, kecepatan, dan torsi yang berbeda-beda. Pada jalan yang menanjak atau terjal dibutuhkan tenaga bukan kecepatan, sedangkan pada jalan yang rata, kendaraan memerlukan kecepatan bukan tenaga.
        Selain itu, kendaraan juga memerlukan tenaga saat kendaraan memulai start untuk berjalan. Transmisi terhubung langsung dengan kopling dan poros roda. Transmisi memiliki jumlah gigi percepatan sesuai dengan kapasitas mesin itu sendiri, gigi percepatan ada yang tiga ( 3 ) percepatan sampai enam ( 6 ) percepatan ( biasanya digunakan pada kendaraan yang mengutamakan kecepatan/ sport ).


        susunan kopling
        Sebelum lanjut ke transmisi, saya akan membahas kopling terlebih dahulu. Kopling pada mobil berfungsi untuk memutus dan menghubungkan tenaga dan atau putaran dari mesin ke transmisi. Kopling digunakan saat pengendara akan melakukan perpindahan percepatan, kualitas kopling sangat berpengaruh terhadap tenaga dan kecepatan suatu kendaraan, jika kopling sudah aus maka tenaga mesin akan berkurang dan  tarikan mobil berkurang. Kopling tidak membutuhkan perawatan akan tetapi apabila sudah aus maka harus diganti dengan yang baru. Demikian sekilas tentang kopling. LANJUT




        Transmisi terbagi menjadi 3 ( tiga ) :
          Bagian-bagian transmisi
        1. Transmisi Manual
        2. Transmisi Semi Otomatis
        3. Transmisi Otomatis

        Transmisi Manual
        Dalam pengoperasian transmisi manual, pengendara harus menggunakan kaki dan tangan secara sinergi agar tidak terjadi slip. Transmisi manual memang sedikit merepotkan jika dibandingkan dengan transmisi otomatis.
        Transmisi manual sudah jarang digunakan saat ini karena kebanyakan mobil sudah menggunakan transmisi otomatis atau semi otomatis yang lebih mudah dalam pengoperasiannya.

        Transmisi Semi Otomatis
        Pada transmisi semi otomatis pengendara tidak perlu menggunakan pedal kopling, pengendara hanya harus memindahkan tuas giginya saja sesuai kebutuhan kendaraan.

        Transmisi otomatis
        Sepertinya Transmisi otomatis adalah tipe transmisi yang paling mudah untuk digunakan, karena pengemudi hanya perlu memindahkan tuas untuk maju atau untuk mundur, setelah itu hanya perlu untuk mengginjak gas atau rem saja. Kekurangan dari tipe ini adalah lebih boros bahan bakar.

        Wednesday, 20 August 2014

        System Bahan Bakar Mobil

        System Bahan Bakar Mobil
        System bahan bakar berfungsi untuk menampung bahan bakar, menyalurkan bahan bakar ke mesin, mengkabutkan bahan bakar sehingga bisa bercampur dengan udara. Komponen utama dari sistem bahan bakar mobil adalah :
        1. Tangki Bahan Bakar
        2. Saluran Bahan Bakar
        3. Penyaring/filter Bahan Bakar
        4. Pompa Bahan Bakar
        5. Karburator atau System Injeksi Bahan Bakar



        1.Tangki Bahan Bakar
        tangki bahan bakarTangki bahan bakar berfungsi sebagai penampung bahan bakar. Besar kecilnya tangki bahan bakar tergantung dari kapasitas mesin kendaraan itu sendiri. Tangki bahan bakar juga berfungsi untuk mengendapkan kotoran dari bahan bakar agar tidak mengotori dan menyumbat saluran bahan bakar.

        2.Saluran Bahan Bakar
        Saluran bahan bakar berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar dari tangki  ke filter, pompa bahan bakar, dan karburator.

        3. Penyaring / Filter Bahan Bakar
        filter bahan bakarFilter berfungsi untuk menyaring bahan bakar dari tangki yang akan menuju ke karburator atau ke injektor. Peran filter sangatlah penting karena filter mencegah masuknya kotoran ke pompa, karburator atau injektor, apabila bahan bakar yang kotor tidak tersaring  dengan baik, maka itu akan bisa menyumbat pompa bahan bakar,karburator atau injektor yang sangat berakibat fatal bagi kendaraan, antara lain terlambatnya suplai bahan bakar ke ruang bakar dan masih banyak yang lain.

        4. Pompa Bahan Bakar
        pompa bahan bakar
        Pompa bahan bakar berfungsi untuk mensuplai bahan bakar ke karburator







        5. Karburator
        karburator berfungsi untuk mencampur udara dan bahan bakar menjadi campuran yang ideal dan sesuai dengan kebutuhan mesin. selengkapnya tentang karburator..






        Menyusul : sistem bahan bakar motor
        Demikian artikel tentang system bahan bakar ini, semoga bermanfaat.

        apa itu Mesin Pembakaran Dalam ?

        mesin pembakaran dalamApa itu Mesin pembakaran dalam 

        adalah sebuah mesin yang sumber tenaganya berasal dari pengembangan gas-gas panas bertekanan tinggi hasil pembakaran campuran bahan bakar dan udara, yang berlangsung di dalam ruang tertutup dalam mesin, yang disebut ruang bakar (combustion chamber). "Mesin pembakaran dalam" sendiri biasanya merujuk kepada mesin yang pembakarannya dilakukan secara berselang-seling. Yang termasuk dalam mesin pembakaran dalam adalah mesin empat tak dan mesin dua tak, dan beberapa tipe mesin lainnya, misalnya mesin enam tak dan juga mesin wankel. Selain itu, mesin jet dan beberapa mesin roket termasuk dalam mesin pembakaran dalam.

        Mesin pembakaran dalam agak berbeda dengan mesin pembakaran luar (contohnya mesin uap dan mesin Stirling), karena pada mesin pembakaran luar, energinya tidak disalurkan ke fluida kerja yang tidak bercampur dengan hasil pembakaran. Fluida kerja ini dapat berupa udara, air panas, air bertekanan, atau cairan natrium yang dipanaskan di semacam boiler.
        Sebuah mesin piston bekerja dengan membakar bahan bakar hidrokarbon atau hidrogen untuk menekan sebuah piston, sedangkan sebuah mesin jet bekerja dengan panas pembakaran yang mendorong bagian dalam nozzle dan ruang pembakaran, sehingga mendorong mesin ke depan.
        Secara kontras, sebuah mesin pembakaran luar seperti mesin uap, bekerja ketika proses pembakaran memanaskan fluida yang bekerja terpisah, seperti air atau uap, yang kemudian melakukan kerja.
        Mesin jet, kebanyakan roket dan banyak turbin gas termasuk dalam mesin pembakaran dalam, tetapi istilah "mesin pembakaran dalam" seringkali menuju ke "mesin piston", yang merupakan tipe paling umum mesin pembakaran dalam.

        SEJARAH

        Mesin pembakaran dalam ditemukan di Cina, dengan penemuan kembang api pada Dinasti Song. Mesin pembakaran dalam resiprokat (mesin piston) ditemukan oleh Samuel Morey yang menerima paten pada 1 April

        Tipe mesin Pembakaran Dalam


        Mesin dapat diklasifikasikan dalam banyak macam: siklus mesin yang digunakan, layout yang dipakai, sumber enerfi, penggunaan mesin, atau dari sistem pendinginnya.

        Konfigurasi mesin
        Mesin pembakaran dalam dapat dikelompokkan berdasarkan konfigurasinya.
        Layout mesin yang umum adalah:
        Mesin piston:
        •Mesin dua-tak
        •Mesin empat-tak
        •enam-tak
        •Mesin diesel
        •Siklus Atkinson

        Mesin rotari:
        •Mesin Wankel

        Pembakaran terus-menerus:
        •Turbin gas
        •Mesin jet (termasuk turbojet, turbofan, ramjet, Rocket, dll.)

        Cara kerja mesin pembakaran dalam

        Seperti namanya, mesin pembakaran dalam 4 tak mempunyai 4 tahap dasar yang terus diulangi setiap 2 putaran mesin:
        (1) Siklus masukan
        (2) Siklus kompresi
        (3) Siklus pembakaran
        (4) Sillus pembuangan

        1. Siklus masukan: Siklus yang pertama dari mesin pembakaran dalam disebut dengan siklus masukan karena pada saat ini, posisi piston berpindah ke bawah silinder. Membukanya klep menyebabkan perubahan posisi piston, dan campuran bahan bakar yang sudah diuapkan memasuki ruang bakar. Di akhir siklus ini, klep masukan tertutup.

        2. Siklus kompresi: Di siklus ini, kedua klep tertutup dan pistonnya kembali bergerak ke atas ke volume minimum, sehingga menekan campuran bahan bakar. Selagi proses penekanan, tekanan, suhu, dan kepadatan campuran bahan bakar meningkat.

        3. Siklus pembakaran: Ketika pistonnya mencapai volume minimum, lalu busi akan memantikkan api lalu campuran bahan bakar pun terbakar. Terbakarnya bahan bakar ini memberikan tenaga pada piston sehingga piston kembali bergerak ke bawah dan menggerakkan crankshaft.

        4. Siklus pembuangan: Di akhir siklus pembakaran, maka klep buang pun membuka. Selama siklus ini, pistonnya kembali bergerak ke atas menuju volume silinder minimum. Ketika klep buangan membuka, maka gas sisa pembakaran keluar dari silinder. Di akhir siklus ini, klep buangan menutup, klep masukan kembali membuka, dan siklus ini dimulai dari awal lagi.

        Demikian artikel tentang mesin pembakaran dalam, semoga membantu
        SUMBER : wikipedia.com

        Bensin beroktan rendah merusak mesin mobil

        Bensin beroktan rendah merusak mesin mobil
        Baru-baru ini ada isu yang tidak baik yang menerpa perusahaan pengolah minyak bumi terbesar di negara kita, apalagi kalau tidak Pertamina. Bukan itu saja, baru-baru ini pemerintah kita juga mempunyai rencana untuk mengurangi nilai oktan Premium yang umumnya beroktan 88 akan diturunkan menjadi Premium beroktan 84 dalam rencana pengurangan subsidi minyak sebagai bahan bakar yang umum dipakai bagi mobil tahun produksi diatas 2005, jika tetap membandel…huuu, efeknya yah pada mesin mobil kita. Agar masyarakat tahu apa itu oktan dan apa efeknya bagi kendaraan anda, iKb akan membedah mengenai kadar oktan pada bensin. yuk..
        Untuk menggerakkan mesinnya, kendaraan bermotor membutuhkan energi yang berasal dari bahan bakar. Kualitas bahan bakar sangat berpengaruh terhadap performa mesin baik dari sisi tenaga maupun kinerjanya. Seperti yang diketahui selama ini kualitas BBM dipengaruhi oleh nilai oktannya. Berdasarkan nilai oktan itu kita sering mendengar penamaan bahan bakar dengan nama premium, pertamax, pertamax plus dan solar.
        Pengertian Bilangan Oktan
        Bilangan oktan adalah angka yang menunjukkan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan. Di dalam mesin, campuran udara dan bensin (dalam bentuk gas) ditekan oleh piston sampai dengan volume yang sangat kecil dan kemudian dibakar oleh percikan api yang dihasilkan busi. Karena besarnya tekanan ini, campuran udara dan bensin juga bisa terbakar secara spontan sebelum percikan api dari busi keluar.
        Jika campuran gas ini terbakar karena tekanan yang tinggi (dan bukan karena percikan api dari busi), maka akan terjadi knocking atau ketukan di dalam mesin. Knocking ini akan menyebabkan mesin cepat rusak, sehingga sebisa mungkin harus dihindari.
        Nama oktan berasal dari oktana (C8) karena dari seluruh molekul penyusun bensin, oktana yang memiliki sifat kompresi paling bagus. Oktana dapat dikompres sampai volume kecil tanpa mengalami pembakaran spontan, tidak seperti yang terjadi pada heptana, misalnya, yang dapat terbakar spontan meskipun baru ditekan sedikit. Terdapat beberapa sistem pemeringkatan (Octane Rating) dalam BBM produksi dalam Negeri Premium dengan Kadar Oktan 88, Pertamax dengan Kadar Oktan 92 dan Pertamax Plus dengan Kadar Oktan 95.

        Baca juga :
        • Apa itu Karburator ?
        • Apa itu Bahan Bakar ?
        • Prinsip dan Tipe Karburator
        Oktan dan Irit
        Kendaraan keluaran sebelum tahun 90-an umumnya tidak mensyaratkan penggunaan oktan tinggi, tetapi untuk produksi diatas tahun 90-an sudah mengharuskan penggunaan oktan tinggi sebagai asupan bahan bakarnya. Semakin Tinggi angka Oktan maka semakin lama bensin terbakar spontan juga. Penggunaan Oktan tinggi dapat mendongkrak performa tenaga mesin. Tetapi hal ini Tidak berlaku untuk semua Keluaran kendaraan, pada kendaraan produksi tahun 90-an ke bawah yang tidak mensyaratkan penggunaan oktan tinggi sebagai konsumsi BBMnya, penggunaan oktan tinggi yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin justru akan membuat tenaga mesin menjadi loyo dan hanya akan menimbulkan pemborosan bahan bakar.
        Kategori Oktan
        Ada dua kategori angka Oktan, yaitu RON (Research Octane Number) dan MON (Motor Octane Number). RON diperoleh dari simulasi kinerja asupan bahan bakar ke mesin saat mesin dioperasikan dalam kondisi standar sedangkan MON menunjukkan kinerja Bahan Bakar saat mesin di operasikan dalam kondisi yang lebih berat. Angka oktan MON dapat lebih rendah 10 Point dari angka Oktan RON. Untuk SPBU di Indonesia angka oktan di belakang produk yang tertera adalah RON.

        Contoh serial bahan BBM yang digunakan untuk test ONR adalah :

        • Bilangan Oktan 100 – Murni Iso-Octane
        • Bilangan Oktan 98 – Campuran 98% Iso-Octane dan 2% n-Heptane
        • Bilangan Oktan 96 – Campuran 96% Iso-Octane dan 4% n-Heptane
        • Bilangan Oktan 94 – Campuran 94% Iso-Octane dan 6% n-Heptane
        • Bilangan Oktan 92 – Campuran 92% Iso-Octane dan 8% n-Heptane
        • Bilangan Oktan 90 – Campuran 90% Iso-Octane dan 10% n-Heptane
        • Bilangan Oktan 88 – Campuran 88% Iso-Octane dan 12% n-Heptane
        • Bilangan Oktan 86 – Campuran 86% Iso-Octane dan 14% n-Heptane
        • Bilangan Oktan 84 – Campuran 84% Iso-Octane dan 16% n-Heptane
        • Bilangan Oktan 82 – Campuran 82% Iso-Octane dan 18% n-Heptane
        • Bilangan Oktan 80 – Campuran 80% Iso-Octane dan 20% n-Heptane


        Mutu bahan bakar bensin ditentukan oleh efektivitas pembakarannya dalam mesin. Bahan bakar yang tidak baik apabila di dalam mesin menimbulkan ketukan (knocking). Ketukan pada mesin terjadi apabila bensin terbakar tidak pada saat yang tepat, sehingga akan menganggu gerakan piston pada mesin. Di dalam mesin, campuran udara dan bensin (dalam bentuk gas) ditekan oleh piston sampai dengan volume yang sangat kecil dan kemudian dibakar oleh percikan api yang dihasilkan busi. Karena besarnya tekanan ini, campuran udara ? bensin juga bisa terbakar secara spontan sebelum percikan api dari busi keluar.
        Bilangan oktan suatu bensin memberikan informasi kepada kita tentang seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin tersebut terbakar secara spontan. Jika campuran gas ini terbakar karena tekanan yang tinggi (dan bukan karena percikan api dari busi), maka akan terjadi knocking atau ketukan di dalam mesin. Knocking ini akan menyebabkan mesin cepat rusak, sehingga sebisa mungkin harus kita hindari.

        Banyak letupan (knocking) dinytakan dengan bilangan oktan, makin sedikit letupan, makin sedikt pula bilangan oktam yang dimiliki bensin tersebut. Bensin dengan oktan rendah lebih mudah terbakar. Sebaliknya bensin dengan oktan tinggi lambat terbakar, karena titik bakarnya juga lebih tinggi.
        Tinggi rendahnya nilai oktan yang dibutuhkan oleh kendaraan sangat tergantung pada Compression Ratio (CR) yakni hasil perhitungan perbandingan tekanan yang berkaitan dengan volume ruang bakar terhadap jarak langkah piston dari titik bawah ke titik paling atas saat mesin bekerja. Mesin yang memiliki nilai CR (Compression Ratio) yang tinggi membutuhkan bensin bernilai oktan tinggi pula.

        Mesin berkompresi tinggi membuat bensin cepat terbakar (akibat tekanan yang tinggi), namun akan menjadi masalah bila bensin terbakar lebih awal sebelum busi memercikkan api. Saat piston naik ke atas melakukan kompresi, bensin menyala mendahului busi, akibatnya piston seperti dipukul keras oleh ledakan ruang bakar tersebut, hal ini akan menyebabkan knocking sering disebut dengan istilah ’Ngelitik’.

        Nilai oktan yang tinggi juga menyebabkan bensin lebih sulit menguap (penguapan rendah). Bensin yang nilai oktannya terlalu tinggi tidak jarang menyebabkan kegagalan pembakaran yang berefek pada penumpukan kerak di ruang bakar atau klep. Karena itu sebaiknya kendaraan diisi bensin sesuai nilai rasio kompresi, kecuali ada modifikasi lain.

        Bensin dengan oktan lebih tinggi (pertamax, pertamax plus, dsb), umumnya dilengkapi dengan aditif pembersih, dan sebagainya. Namun tidak banyak memberi penambahan tenaga, jadi angka oktan tinggi bukan artinya lebih ‘bertenaga’.
        Karena benefitnya kurang sebanding jika dibanding harganya yang tinggi, maka ujung-ujungnya hanyalah merupakan pemborosan uang saja.Nama oktan berasal dari oktana (C8), karena dari seluruh molekul penyusun bensin, oktana yang memiliki sifat kompresi paling bagus; oktana dapat dikompres sampai volume kecil tanpa mengalami pembakaran spontan, tidak seperti yang terjadi pada heptana, misalnya, yang dapat terbakar spontan meskipun baru ditekan sedikit.
        Bensin dengan bilangan oktan 87, berarti bensin tersebut terdiri dari 87% oktana dan 13% heptana (atau campuran molekul lainnya). Bensin ini akan terbakar secara spontan pada angka tingkat kompresi tertentu yang diberikan, sehingga hanya diperuntukkan untuk mesin kendaraan yang memiliki ratio kompresi yang tidak melebihi angka tersebut.

        Jenis-Jenis Bensin yang saya tahu itu ada 4 yaitu:
        • -Premium
        • -Premix
        • -Pertamax
        • -Pertamax Plus

        Zat Aditif dalam Bensin
        - Antiketukan
        Untuk memperlambat pembakaran bahan bakar. Dulu digunsksn senyawa Pb seperti TEL (Tetra Ethyl Lead) dan MTBE (Methyl Tertiary Butyl Eter). Oleh karena Pb bersifat racun, maka penggunaanya sudah diganti dengan senyawa organic seperti etanol.

        - Antioksidan
        Untuk menghambat pembentukkan kerak yang dapat menyumbang saringan dan saluran bensin. Bensin banyak mengandung senyawa olefinyang mudah bereaksi dengan oksigen membentuk kerak yang disebut gum. Jadi, bensin perlu ditambahkan antioksidan, seperti alkil fenol

        - Pewarna
        Untuk membedakan berbagai jenis bensin. Contohnya pewarna kuning untuk bensin premium. Pewarna tidak mempengaruhi kualitas bensin.
        - Antikorosi
        Untuk mencegah korosi pada logam yang bersentuhan dengan bensin, sepertilogam tangki dan saluran bensin. Contoh antikorosi adalah asam karboksilat
        -Deterjen karburator
        Untuk mencegah/membersihkan kerak dalam karburator. Endapan kerak berasal dari partikel padat/asap pembakaran dan gum. Adanya kerak dapat menurunkan kinerja mesin sehingga kendaraan boros bahan bakar dan mesin cendrung tersandat. Deterjen karburator mengandung berbagai senyawa, seperti amina dan amida.
        - Antikerak PFI (Port Fuel Injection)
        Untuk membersihkan kerak pada system PFI kendaraan. Kerak dapat menghambat pengambilan bensin sehingga kendaraan sulit dinyalakan dan kurang tenaga. Pembentukan kerak berawal sewaktu mesin dimatikan. Panas yang ada menyebabkan penguapan sisa bahan bakar, yang meninggalkan senyawa berat seperti olefin. Olefin bereaksi dengan oksigen membentuk kerak gum. Contoh antikerak PFI adalah dispersan polimer yang mengandung senyawa, seperti polibutena amina dan polieter amina.
        Zat-Zat Pencemar Akibat Pembakaran Bensin
        - Karbon Monoksida (CO)
        Asap kendaraan bermotor merupakan sumber seluruh karbon monoksida yang banyak dikeluarkan di daerah perkotaan. Karena itu, penurunan kadar karbon monoksida bergantung pada pengendalian emisi otomatis seperti pengubah kalitis, yang mengubah sebagian besar karbon monoksida menjadi karbon dioksida. Oh ya, Karbon monoksida sangat berbahaya lho terutama pada wanita hamil. Karena dapat mengakibatkan kecilnya berat badan janin, meningkatnya kematian bayi dan kerusakan otak. Kasihan kan? Makanya kita harus sebisa mungking mengurangi kegiatan pemakaian kendaraan bermotor.

        - Nitrogen Oksida
        Nitrogen Oksida yang terjadi ketika panas pembakaran menyebabkan bersatunya oksigen dan nitrogen yang terdapat di udara memberikan berbagai ancaman bahaya. Zat nitrogen oksida ini sendiri menyebabkan kerusakan paru-paru. Setelah bereaksi di atmosfer, zat ini membentuk partikel-partikel nitrat amat halus yang menembus bagian terdalam paru-paru. Partikel-partikel nitrat ini pula, jika bergabung dengan air baik air di paru-paru atau uap air di awan akan membentuk asam. Akhirnya zat-zat oksida ini bereaksi dengan asap bensin yang tidak terbakar dan zat-zat hidrokarbon lain di sinar matahari dan membentuk ozon rendah atau “smog” kabut berwarna coklat kemerahan yang menyelimuti sebagian besar kota di dunia.

        - Emisi Sulfur Dioksida
        Emisi Sulfur Dioksida  timbul dari pembakaran bahan bakar fosil yang mengandung sulfur terutama batubara yang digunakan untuk pembangkit tenaga listrik atau pemanasan rumah tangga? Gas yang berbau tajam tapi tak bewarna ini dapat menimbulkan serangan asma dan, karena gas ini menetap di udara, bereaksi dan membentuk partikel-partikel halus dan zat asam.

        - Benda Partikulat
        Benda Partikulat sering disebut sebagai asap atau jelaga. benda-benda partikulat ini merupakan pencemar udara yang paling kentara, dan sangat berbahaya ,kalian tau? Sebagian benda partikulat keluar dari cerobong pabrik sebagai asap hitam tebal, tetapi yang paling berbahaya adalah “partikel-partikel halus” butiran-butiran yang begitu kecil sehingga dapat menembus bagian terdalam paru-paru. Sebagian besar partikel halus ini terbentuk dengan polutan lain, terutama sulfur dioksida dan oksida nitrogen, dan secara kimiawi berubah dan membentuk zat-zat nitrat dan sulfat.

        - Hidrokarbon (HC)
        Bagi yang lagi duduk di bangku SMP n SMA pasti tau Hidrokarbon sebagai senyawa organik yang mudah menguap (“volatile organic compounds/VOC”) dan juga sebagai gas organic reaktif (“reactive organic gases/ROG”). Hidrokarbon merupakan uap bensin yang tidak terbakar dan produk samping dari pembakaran tak sempurna. Jenis-jenis hidrokarbon lain, yang sebagian menyebabkan leukemia, kanker, atau penyakit-penyakit serius lain, berbentuk cairan untuk cuci-kering pakaian sampai zat penghilang lemak untuk industri.

        - Ozon(Asap Kabut Fotokimiawi)
        Ozon terdiri dari beratus-ratus zat kimiawi yang terdapat dalam asap kabut, terbentuk ketika hidrokarbon pekat di perkotaan bereaksi dengan oksida nitrogen. Ozon merupakan zat oksidan yang begitu kuat (selain klor) sehingga beberapa kota menggunakannya sebagai disinfektan pasokan air minum.

        - Timah(Pb).
        Logam berwarna kelabu keperakan yang amat beracun dalam setiap bentuknya ini merupakan ancaman yang amat berbahaya bagi anak di bawah usia 6 tahun, yang biasanya mereka telan dalam bentuk serpihan cat pada dinding rumah. Logam berat ini merusak kecerdasan, menghambat pertumbuhan, mengurangi kemampuan untuk mendengar dan memahami bahasa, dan menghilangkan konsentrasi. Bahkan pajanan dengan tingkat yang amat rendah sekalipun tampaknya selalu diasosiasikan dengan rendahnya kecerdasan. Karena sumber utama timah adalah asap kendaraan berbahan bakar bensin yang mengandung timah, maka polutan ini dapat ditemui di mana ada mobil, truk, dan bus.

        - Karbon Dioksida (CO2 ).
        Gas yang terbentuk ketika bahan bakar yang kaya akan kandungan karbon ini, seperti batu bara atau minyak, terbakar adalah pencemar udara tak berwarna dan tak berasa, dan merupakan salah satu jenis gas “rumah kaca”. Disebut demikian karena gas-gas ini memerangkap panas bumi seperti jendela-jendela kaca di sebuah rumah kaca.

        Wednesday, 13 August 2014

        Fungsi Piston, poros engkol, dan mekanisme katup

        Berikut ini adalah fungsi piston, poros engkol, dan mekanisme katup
        Berikut adalah penjelasan dari sub bagian mesin yaitu :
        • Busi
        • Piston
        • Mekanisme penggerak katup
        • Saluran Masuk dan Buang
        • Water Jacket
        pengertian busi sparkplug

        Busi


        Busi atau spark plug berfungsi untuk memercikan bunga api listrik yang menyebabkan terjadinya pembakaran pada mesin. Busi pada mesin diesel tidak digunakan untuk memercikan bunga api tetapi hanya memanaskan suhu pada ruang bakar. Hak paten untuk busi diberikan secara terpisah kepada Nikola Tesla, Richard Simms, dan Robert Bosch. Karl Benz juga merupakan salah satu yang dianggap sebagai perancang busi.

        Piston

        piston pada mesin pembakaran dalam  digunakan untuk melakukan langkah kerja yaitu langkah hisap, kompresi, usaha, dan buang. Piston bergerak didalam silinder secara naik turun, gerakan naik turun ini diubah menjadi gerak putar oleh crankshaft, piston ini dihubungkan ke crankshaft oleh batang piston dan pena torak. Karena piston bekerja pada tekanan tinggi, maka piston dibuat dari campuran aluminium, piston juga dilengkapi dengan cincin/ ring kompresi dan ring oli, cincin ini tetap dan mengikuti gerakan piston, fungsi dari ring piston adalah untuk mencegah terjadinya kebocoran oli atau dan kebocoran kompresi.

        fungsi piston, pengertian piston

        Fungsi, konstruksi dan bahan
        Salah satu komponen penting yang berfungsi untuk :
        • Penerima tenaga pembakaran
        • Meneruskan tenaga pembakaran
        • Membawa cincin torak sebagai pengikat dan menyapu dinding silinder.
        Proses kerja torak/ piston adalah bergerak secara translasi didalam silindr untuk ,melakukan langkah hisap, kompresi ,usaha dan buang. Juga dilengkapi dengan cincin torak yang terdiri dari cincin oli dan cincin kompresi yang terletak di bag. Atas torak. Torak dihubungkan ke crank journal oleh batang torak yg terhubung ke torak melalui pena torak. Torak terbuat dari paduan aluminium. Sehingga torak jadi lebih ringan tapi sensitive thd pemuaian, jadi lebih sering digunakan pada motor bensin. Sedangkan untuk motor diesel terbuat dari besi tuang kelabu.
        Dari bentuknya torak dibdakan menjadi tiga yaitu, torak berkepala cekung , tidak beraturan (ireguler head ) dan kepala rata.
        Celah antara torak dan silinder secar umum adalah 0,02-0,05 mm, bila terlalu kecil torak akan bergesekan dgn dinding silinder dan mengakibatkan kerusakan, sbaliknya jika terlalu besar akan terjadi kebocoran ke ruang engkol hal ini disebut dengan blow by.


        Crankshaft atau poros engkol

        Poros engkol berfungsi untuk mengubah gerak bolak-balik dari piston menjadi gerak putar. Poros engkol terhubung dengan roda gila atau fly wheel, fly wheel berguna untuk menstabilkan putaran dan menyeimbangkan putaran.
        crankshaft , poros engkol


        Mekanisme penggerak katup

        Identifikasi
        Mekanisme penggerak katup adalah seluruh komponen yang bekerja mengerakan katup membuka atau menutup .

        Komponen tsb adalah :
        • Poros bubungan
        • Pengangkat ( lifter)
        • Pendorong ( push rod )
        • Lengan penekan ( rocker arm )
        • Pegas (spring )

        Komponen tsb adalah yang sering digunakan pada mesin ohv (overhead valve ). Komponen penggerak katup juga dipengaruhi oleh tata letak katup pada engine, maka dikenal susunan katup dikepala dan katup di sisi ataupun penggabungan dari keduanya. Dari penempatan katup dan mekanisme penggeraknya dikenal dengan sebutan katup dikepala ohv ( overhead valve ) dan poros bubungan di kepala overhead camshaft ( ohc ).

        Ohv ( overhead valve )
        gambar overhead valveProses mekanisme katupnya dimulai dari proses bubungan yang ditempatkan pada blok motor, kenudian bubungan/ cam menggerakan pengangkat/lifter, batang pendorong, lengan pendorong dan katup, serta pegas katup.
        Cara kerja :
        -. Apabila poros engkol berputar 2x maka poros bubungan bergerak 1x, kemudian lifter mengankat push rod, rocker arm terdorong menekan batang katup dan katup menjadi terbuka. Saat lifter sudah turun maka seluruh komponen tadi ikut turun dan katup kembali tertutup yang dibantu oleh pegas pengembali/ spring.
        Jenis poros bubungan di kepala ( overhead camshaft )
        Tipe ini poros bubungannya berada di atas kepala silinder dan langsung berhubungn dengan katup tanpa memerlukan pengankat dan lengan penekan.



         Jenis poros bubungan di kepala ( overhead camshaft )
        Tipe ini poros bubungannya berada di atas kepala silinder dan langsung berhubungn dengan katup tanpa memerlukan pengankat dan lengan penekan.

        Saluran Air Pendingin atau Water jacket
        Water jacket merupakan saluran dimana cairan pendingin bersirkulasi mendinginkan mesin, coolant hanya akan bersirkulasi jika temperatur mesin sudah tinggi melewati batas suhu pembakaran.Waktu coolant bersirkulasi diatur oleh termostat.

        Demikian artikel tentang fungsi piston, poros engkol, dan mekanisme katup, semoga bisa membantu. Mohon kritik dan sarannya.

        Tuesday, 12 August 2014

        Pengertian Mesin Diesel ( Engine Diesel )

        Apakah Pengertian dari Mesin Diesel

        Kita akan membahas:
        • Pengertian Mesin Diesel
        • Bagaimana Mesin Diesel Bekerja
        • Tipe-tipe Diesel
        • Kekurangan dan kelbihan
        Sumber : Wikipedia ( edited )
        mesin diesel
         Hari ini saya akan membahas tentang :

        PENGERTIAN MESIN DIESEL,

         Jika anda sampai di artikel ini, maka anda tentunya ingin tahu informasi tentang mesin diesel, dan banyak pertanyaan yg ingin dijawab seperti  bagaimana ia bekerja?, apa bedanya mesin diesel dengan mesin bensin, kenapa mesin diesel ukurannya lebih besar dari mesin bensin ? dan masih banyak lagi.
        Sekarang kita bahas tentang pengertian mesin diesel

         

        PENGERTIAN Mesin Diesel :


        Mesin diesel adalah sejenis mesin pembakaran dalam; lebih spesifik lagi, sebuah mesin pemicu kompresi, dimana bahan bakar dinyalakan oleh suhu tinggi gas yang dikompresi, dan bukan oleh alat berenergi lain (seperti busi). Mesin diesel pada kendaraan otomotif sering digunakan pada mobil-mobil yang mempunyai kapasitas mesin yang besar, dan juga tenaga yang besar ( contoh ; Truk, tronton, fuso, bus dan kendaraan besar lainnya. ) hal ini dikarenakan mesin diesel cocok untuk penggunaan jarak jauh ( mesin diesel lebih tahan panas dibanding mesin bensin ) dan tenaga yang besar ( karena konstruksi mesin diesel rata-rata berkapasitas besar ).

        Mesin diesel ini ditemukan pada tahun 1892 oleh Rudolf Diesel, yang menerima paten pada 23 Februari 1893. Diesel menginginkan sebuah mesin untuk dapat digunakan dengan berbagai macam bahan bakar termasuk debu batu bara. Dia mempertunjukkannya pada Exposition Universelle (Pameran Dunia) tahun 1900 dengan menggunakan minyak kacang (lihat biodiesel). Kemudian diperbaiki dan disempurnakan oleh Charles F. Kettering.


        Bagaimana mesin diesel bekerja

        Ketika udara dikompresi suhunya akan meningkat (seperti dinyatakan oleh Hukum Charles), mesin diesel menggunakan sifat ini untuk proses pembakaran. Udara disedot ke dalam ruang bakar mesin diesel dan dikompresi oleh piston yang merapat, jauh lebih tinggi dari rasio kompresi dari mesin bensin. Beberapa saat sebelum piston pada posisi Titik Mati Atas (TMA) atau BTDC (Before Top Dead Center), bahan bakar diesel disuntikkan ke ruang bakar dalam tekanan tinggi melalui nozzle supaya bercampur dengan udara panas yang bertekanan tinggi. Hasil pencampuran ini menyala dan membakar dengan cepat. Penyemprotan bahan bakar ke ruang bakar mulai dilakukan saat piston mendekati (sangat dekat) TMA untuk menghindari detonasi. Penyemprotan bahan bakar yang langsung ke ruang bakar di atas piston dinamakan injeksi langsung (direct injection) sedangkan penyemprotan bahan bakar kedalam ruang khusus yang berhubungan langsung dengan ruang bakar utama dimana piston berada dinamakan injeksi tidak langsung (indirect injection).

        Ledakan tertutup ini menyebabkan gas dalam ruang pembakaran mengembang dengan cepat mendorong piston ke bawah dan menghasilkan tenaga linear. Batang penghubung (connecting rod) menyalurkan gerakan ini ke crankshaft dan oleh crankshaft tenaga linear tadi diubah menjadi tenaga putar. Tenaga putar pada ujung poros crankshaft dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

        Untuk meningkatkan kemampuan mesin diesel, umumnya ditambahkan komponen :

        • Turbocharger atau supercharger untuk memperbanyak volume udara yang masuk ruang bakar karena udara yang masuk ruang bakar didorong oleh turbin pada turbo/supercharger.
        • Intercooler untuk mendinginkan udara yang akan masuk ruang bakar. Udara yang panas volumenya akan mengembang begitu juga sebaliknya, maka dengan didinginkan bertujuan supaya udara yang menempati ruang bakar bisa lebih banyak.

        Mesin diesel sulit untuk hidup pada saat mesin dalam kondisi dingin. Beberapa mesin menggunakan pemanas elektronik kecil yang disebut busi menyala (spark/glow plug) di dalam silinder untuk memanaskan ruang bakar sebelum penyalaan mesin. Lainnya menggunakan pemanas "resistive grid" dalam "intake manifold" untuk menghangatkan udara masuk sampai mesin mencapai suhu operasi. Setelah mesin beroperasi pembakaran bahan bakar dalam silinder dengan efektif memanaskan mesin.

        Dalam cuaca yang sangat dingin, bahan bakar diesel mengental dan meningkatkan viscositas dan membentuk kristal lilin atau gel. Ini dapat memengaruhi sistem bahan bakar dari tanki sampai nozzle, membuat penyalaan mesin dalam cuaca dingin menjadi sulit. Cara umum yang dipakai adalah untuk memanaskan penyaring bahan bakar dan jalur bahan bakar secara elektronik.

        Untuk aplikasi generator listrik, komponen penting dari mesin diesel adalah governor, yang mengontrol suplai bahan bakar agar putaran mesin selalu pada putaran yang diinginkan. Apabila putaran mesin turun terlalu banyak kualitas listrik yang dikeluarkan akan menurun sehingga peralatan listrik tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya, sedangkan apabila putaran mesin terlalu tinggi maka dapat mengakibatkan over voltage yang bisa merusak peralatan listrik. Mesin diesel modern menggunakan pengontrolan elektronik canggih untuk mencapai tujuan ini melalui modul kontrol elektronik (ECM) atau unit kontrol elektronik (ECU) - yang merupakan "komputer" dalam mesin. ECM/ECU menerima sinyal kecepatan mesin melalui sensor dan menggunakan algoritma dan mencari tabel kalibrasi yang disimpan dalam ECM/ECU, dia mengontrol jumlah bahan bakar dan waktu melalui aktuator elektronik atau hidraulik untuk mengatur kecepatan mesin.

        Tipe mesin diesel


        Ada dua kelas mesin diesel: 

        1. dua-tak dan 
        2. empat-tak.


        Biasanya jumlah silinder dalam kelipatan dua, meskipun berapapun jumlah silinder dapat digunakan selama poros engkol dapat diseimbangkan untuk mencegah getaran yang berlebihan. Mesin 6 segaris paling banyak diproduksi dalam mesin tugas-medium ke tugas-berat, meskipun V8 dan 4 segaris juga banyak diproduksi.

        Mesin diesel bekerja dengan kompresi udara yang cukup tinggi, sehingga pada mesin disel besar perlu ditambahkan sejumlah udara yang lebih banyak. Maka digunakan Supercharger atau turbocharger pada intake manifold, dengan tujuan memenuhi kebutuhan udara kompresi.

        Keunggulan dan kelemahan dibanding dengan mesin busi-nyala


        Untuk keluaran tenaga yang sama, ukuran mesin diesel lebih besar daripada mesin bensin karena konstruksi besar diperlukan supaya dapat bertahan dalam tekanan tinggi untuk pembakaran atau penyalaan. Dengan konstruksi yang besar tersebut penggemar modifikasi relatif mudah dan murah untuk meningkatkan tenaga dengan penambahan turbocharger tanpa terlalu memikirkan ketahanan komponen terhadap takanan yang tinggi. Mesin bensin perlu perhitungan yang lebih cermat untuk modifikasi peningkatan tenaga karena pada umumnya komponen di dalamnya tidak mampu menahan tekanan tinggi, dan menjadikan mesin diesel kandidat untuk modifikasi mesin dengan biaya murah.

        Penambahan turbocharger atau supercharger ke mesin bertujuan meningkatkan jumlah udara yang masuk dalam ruang bakar dengan demikian pada saat kompresi akan menghasilkan tekanan yang tinggi dan pada saat penyalaan atau pembakaran akan menghasilkan tenaga yang besar. Penambahan turbocharger atau supercharger pada mesin diesel tidak berpengaruh besar terhadap pemakaian bahan bakar karena bahan bakar disuntikan secara langsung ke ruang bakar pada saat ruang bakar dalam keadaan kompresi tertinggi untuk memicu penyalaan agar terjadi proses pembakaran. Sedangkan penambahan turbocharger atau supercharger pada mesin bensin sangat memengaruhi pemakaian bahan bakar karena udara dan bahan bakar dicampur dengan komposisi yang tepat sebelum masuk ruang bakar, baik untuk mesin bensin dengan sistem karburator maupun sistem injeksi.


        Demikian artikel tentang Pengertian mesin diesel, semoga bermanfaat, carilah info lain yang mungkin lebih bermanfaat, TERIMA KASiH
        sumber : wikipedia

        Tuesday, 4 June 2013

        Mobil Tercepat di Dunia ada di Transformer 4

        Cari-cari berita di detik oto, ada satu judul yang menarik perhatian saya, yaitu  Mobil tercepat dunia ada di Transformer4. Tentu saja sebagai pecinta film itu saya langsung tertarik dan ingin saya bagikan di blog ini dengab harapan banyak yang tahu, silakan dibaca smoga bermanfaat.

        Anda pecinta otomotif sekaligus pecinta film robot. Nah, Tak kalah dari film Fast and Furious 6, film Transformers 4 juga menampilkan banyak mobil kuat dan super. Film berseri Transformers 4 tampaknya akan diramaikan mobil-mobil terbaru.






        Tak tanggung-tanggung mobil tercepat sejagat Bugatti Grand Sport Vitesse yang bakal meramaikan film terbaru Transformers.
        Selain mobil super Bugatti Grand Sport Vitesse mobil asal Amerika Corvette Stingray C7 juga bakal turut andil meramaikan film yang menampilkan robot hidup di layar lebar yang akan dirilis pada 20 Juni 2014 mendatang.
        corvette stingraycorvette sting ray


        corvette stingray

        Dilansir topspeed, Kamis (30/5/2013) Transformers 4 akan mulai suting musim panas ini, dimana kedua mobil tersebut bakal menjelma sebagai robot Autobot sebagai pahlawan untuk menjaga bumi dari kehancuran.

        Kedua mobil ini akan bergabung bersama bumblebee yang diperanka oleh Chevy Camaro.
        Belum ada penjelasan wujud robot dari kedua mobil tersebut dalam film besutan Michael Bay itu. Namun dikabarkan film Transformers 4 akan bertambah seru ketika sang sutradara akan mengubah bentuk Optimus Prime serta menambah pemain baru Mark Wahlberg sebagai pengganti Shia LaBeouf.

        Sumber : Detik oto

        Demikian, semoga bermanfaat

        Tuesday, 28 May 2013

        Berita Honda : AHM membangun PLTMH di Lampung

        Saat bingung browsing internet, coba-coba untuk mampir ke AHM, ternyata ada berita tentang Lampung tercinta, maka disini saya share biar pada tahu, ini berasal dari website resmi AHM, jadi dijamin infonya.

        Untuk membangun PLTH yang berkapasitas 20.000 watt ini untuk membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat Suoh, Kabupaten Lampung Barat, Lampung.

        Pembangunan ini dilaksanakan bekerjasama dengan Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Lampung dan Main Dealer Honda wilayah Lampung PT. Tunas Dwipa Matra. Dengan memanfaatkan aliran air Sungai Putih, AHM mendirikan 2 unit PLTMH di Pekon Banding Agung dan Pekon Tugu Ratu dengan kapasitas masing-masing sebesar 10.000 watt.

        Dari muara Sungai Putih, turbin yang dibangun akan menggerakkan generator yang nantinya menghasilkan listrik yang akan dimanfaatkan untuk menopang aktivitas produktif masyarakat yang tinggal di 150 rumah di dua desa dia wilayah kecamatan Suoh, kabupaten Lampung Barat, provinsi Lampung.

        Kepala komunikasu AHM Kristanto mengatakan perusahaan berkomitmen untuk dapat terus berkontribusi memajukan taraf hidup masyarakat Indonesia. Pembangunan ini merupakan salah satu bentuk implementasi komitmen tersebut yang juga merupakan tanggung jawab sosial perusahaan di bidang pemberdayaan masyarakat.

        “Wilayah Suoh memiliki potensi hasil pertanian yang baik, seperti kopi, kopra, merica, dan coklat. Dengan adanya PLTMH ini, kami berharap aktifitas perekonomian di Suoh akan semakin produktif. Untuk kedepannya, kami yakin hal ini juga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat Suoh dan sekitarnya.”

        AHM juga memberikan bantuan alat pengering hasil pertanian. Alat yang digerakkan oleh tenaga listrik yang dihasilkan oleh PLTMH. Bantuan alat pengering ini bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hasil pertanian sehingga dapat memberikan nilai jual yang tinggi bagi masyarakat Suoh dan sekitarnya.

        “Pembangunan untuk masyarakat terpencil ini tidak akan berhenti hanya di wilayah Suoh, Lampung Barat. Kami juga berencana melakukan hal yang serupa untuk masyarakat di wilayah Banjar Puakan Kubutambahan, Buleleng, Bali dan wilayah Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara.”

        Pembangunan PLTMH untuk masyarakat Suoh ini merupakan program kedua yang telah dilakukan AHM dalam rangka pemberdayaan kehidupan masyrakakat melalui pembangunan PLTMH. Pabrikan yang bernama AHM ini sebenarnya telah membangun fasilitas sejenis untuk masyarakat adat Banten Kidul kasepuhan Ciptagelar di Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) Sukamulya, Sukabumi, Jawa Barat.


        Sunday, 19 May 2013

        Hanya berita : Toyota Tetap no 1


        Toyota Tetap #1
        25 April 2013
        Toyota Motor Corp tetap menjadi produsen mobil terlaris di dunia pada kuartal pertama tahun ini, menyisihkan General Motors dan Volkswagen. Toyota menjual 2.430.000 kendaraan selama periode Januari-Maret, melampaui  General Motors Co di 2,36 juta dan Volkswagen AG  2,27 juta.

        Akan tetatpi walaupun begitu beberapa waktu belakangan ini mengalami penurunan 2.2 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Terutama sulitnya kondisi di China. Sebaliknya  GM naik 3,6 persen dan Volkswagen melonjak 5,1 persen.

        Toyota terimbas sentimen anti-Jepang di China karena sengketa teritorial atas pulau-pulau kecil antara kedua negara. Meskipun situasinya perlahan membaik tapi untuk kembali ke pertumbuhan yang solid masih butuh waktu lagi.  Berakhirnya subsidi untuk green car di Jepang  juga menyebabkan penjualan domestic di Jepang juga turun.

        Penjualan kendaraan triwulan pertama Toyota turun 13 %  di Cina dan turun 15 % di Jepang, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Sementara di  Amerika Utara naik 7 persen, serta di banyak negara Asia, di mana Toyota relatif dominan.
        Tahun lalu, Toyota menjual 9,7 juta mobil dan truk di seluruh dunia untuk mengalahkan GM 9.290.000 dan Volkswagen di 9,1 juta.

        Toyota : Toyota 1/X , Konsep Mobil Masa Depan

        Toyota 1/X Membawa Masa Depan ke Masa Kini 

        Hai teman-teman kembali lagi bersama saya bung trie, kali ini saya akan memberi info mobil yang keren, tapi kapan munculnya entah kapan, mungkin waktu kita sudah di masa tua ya, padahal keren mobil ini ( menurut ku ). Untuk info ini saya dapat sumber dari toyota, jadi dipastikan informasi ini sepenuhnya berasal dari toyota, soal benar dan salahnya itu tergantung dari toyota sendiri dan Yang Maha Kuasa.

        Pada pameran mobil di Chicago tahun 2008 (8 - 17 Feb.) menyaksikan lagi komitmen Toyota mengembangkan mobil masa depan. Tampil perdana di Amerika Utara, mobil konsep hybrid berukuran kompak, mobil Toyota 1/X ini membawa teknologi masa depan ke masa kini, seperti dirilis PR Newswire dari Toyota Motor Sales, USA, Inc., Rabu (6/2).

        Dipanggil "Se-per-X" karena bobot, konsumsi bahan bakar dan emisinya masing-masing sepersekian dari mobil lain di kelasnya. Mobol Toyota 1/X ini memiliki disain aerodinamis, sangat ringan, sekaligus tetap menjaga ruang interior setara Toyota Prius. Sedangkan beratnya hanya sepertiga Prius. Aplikasi material plastik yang diperkuat serat karbon (carbon fiber reinforced plastic /CFRP) untuk kerangka body menghasilkan struktur yang kuat tapi ringan hingga berat kosongnya 420 kg.

        Bentuk aerodinamis dan disain kabin unik menghasilkan pilar lebih kecil. Penumpang dimanjakan dengan visibilitas lebih baik, suasana lebih terbuka dan tidak terkungkung, lebih terang dan bercahaya. CFRP yang lebih kuat dari kebanyakan logam biasa, juga menciptakan struktur yang berfungsi seperti shock absorber untuk menyerap energi saat terjadi benturan.

        Pertimbangan konservasi lingkungan menyelimuti seluruh proses disain mobil ini sejak coretan pertama dibuat. Mobil yang pertamakali tampil di Tokyo Motor Show 2007 itu menggunakan atap yang dibuat dari bio-plastik. Material ramah lingkungan ini dibuat dari serat tanaman kenaf dan rami. Untuk desain atap dengan material sarat keunggulan seperti, emisi karbon lebih sedikit, memperbaiki sifat penahan panas, menambah jumlah cahaya yang masuk dan lebih senyap. Serat dari bahan kenaf juga dipakai kendaraan konsep Toyota i-Real yang fenomenal.

        Ada empat kursi ultra ringan yang dibuat dari serat polyester, dirajut tiga dimensi untuk menambah kenyaman. Bahan ini berfungsi layaknya per atau peredam, menciptakan kesan seperti bantalan kursi tradisional dengan berat sepersekiannya saja.

        Dengan Bobot yang bisa dibilang ultra ringan membantu mencapai target konsumsi bahan bakar yang harus dua kali lebih tinggi dari Prius -salah satu mobil paling efisien di dunia- dan memungkinkan 1/X beroperasi dengan mesin hybrid sangat kecil yang disimpan di bawah kursi belakang. Sistem hybrid 1/X mengkombinasikan teknologi rechargeable plug-in hybrid dengan mesin 500cc flex-fuel yang beratnya seperempat berat mesin Prius. Dengan tema hybrid plug-in dirancang mengakomodasi baterai lithium-ion yang dibisa di recharge di rumah. Hal ini memungkinkan Toyota 1/X menempuh jarak 960 km dengan tangki kecil berisi empat gallon (15 liter) bensin dengan kemampuan akselerasi setara Prius.

        Menjaga keselamatan pejalan kaki dan arus lalu lintas dari arah berlawanan, Toyota menggunakan lampu tidak silau. Lampu bagian depan didominasi sistem LED. Lampu LED membantu mengurangi silau yang ditimbulkan lampu biasa. Sore hari, semua LED bersinar lembut menyinari bagian muka.

        Bobot ringan memberi kebebasan disainer untuk menggunakan ban lebih kecil dan lebih tipis yang membantu mengurangi cipratan air saat musim hujan. Alur ban dirancang sedemikian rupa sehingga cipratan air tidak mengarah ke pejalan kaki.

        Toyota 1/X adalah satu contoh lagi bagaimana komitmen Toyota untuk mendisain kendaraan ramah lingkungan, aman dan inovatif.


        Sekian info tentang Toyota 1/X, konsep mobil masa depan ini, jika ada kekurangan silahkan komen ya.

        Jangan lupa like ya!!

        Saturday, 18 May 2013

        Toyota Motors : MTRC, konsep kendaran masa depan

        MTRC

        Motor Triathlon Race Car


        Pada Waktu senggang ini, tidak ada kerjaan jadi mampir ke toyota, eee ada yang menarik,  untuk itu saya share agar semua tahu bahwa ternyata pemikiran manusia sudah lebih jauh memandang ke depan tanpa kita ketahui, sedangkan kita masih jalan di tempat, when me will be move on ? we just left behind them

         Desain kendaraan sport yang akan digunakan oleh pengendara masa depan. Kendaraan roda empat ini memiliki design dan konsep yang sangat sporty. Dan suatu saat nanti, akan menjadi bintang dari Gran Turismo 4, video game yang terkenal.

        Fungsi dalam berkendara yang dinamis telah disiapkan oleh Fuel Cell Toyota tanpa gas buang, dan sistem by-wire yang menggunaan ke-4 roda motor elekrik dengan memberikan kontrol ke seluruh roda secara paralel. Penyesuain suspensi yang tinggi dan kemampuan ban untuk beradaptasii terhadap kondisi jalan menambah kenikmatan.

        In-Wheel Motor

        MTRC dilengkapi oleh empat motor listrik di setiap roda, digerakkan oleh fuel cell higrogen yang hanya mengeluarkan air H2O atau zero emission. Sehingga MTRC adalah mobil sport yang ramah lingkungan.

        FCH (Fuel Cell Hybrid)

        MTRC telah membuktikan bahwa mobil balap sekalipun bisa menggunakan mesin hybrid yang ramah lingkungan tapi tetap menampilkan performa mesin balap yang baik. FCH atau Fuel Cell Hybrid ini menggunakan hidrogen dan hanya mengeluarkan air sebagai hasil sampingannya.


        Mixed Reality

        Dengan Teknolog yang inovatif ini memungkinkan pengendara dan penumpang memantau beragam informasi melalui media Head Up Display (HUD). Misalnya memantau temperatur jalan, kondisi ban, kecepatan atau berinteraksi dengan piranti mobil lainnya dalam mengoptimalisasi performa.

        Aerodynamic efficiency

        Spoiler belakang yang melengkung memberikan efisiensi aerodinamis sebaik yang diberikan oleh hidung depan mobil ini.

        Seluruh design pada bodi MTRC ini dimaksudkan untuk mengatur aliran udara secara optimal untuk memberikan peningkatan kecepatan dan stabilitas pada mobil secara keseluruhan.

        Demikian artikel tentang MTRC konsep mobil masa depan
        Semoga bermanfaat, jika ada yang kurang berkenan silahkan komen dibawah , eits jngan lupa like ya !!

        Toyota Motors : A-BAT, Mobil pick up Masa Depan

        Toyota A-BAT, Pickup Ringkas Masa Depan

        Walaupun pick up kalau di masa depan tetap canggih

        Toyota A-BATToyota Motor Sales (TMS), USA, Inc. akan merilis kendaraan pickup konsep terbarunya, Toyota A-BAT di pameran 2008 North American International Auto Show, Detroit, USA yang akan berlangsung 13 Januari mendatang. Pickup ini menggabungkan teknologi ramah lingkungan, ruang lega, serbaguna dan style.

        "Berkendara dari daerah pinggiran ke kota dilakukan banyak orang tiap hari," kata Kevin Hunter, president Calthy Design Research, Inc. "Pickup kompak ini nyaman untuk perjalanan jauh maupun pulang balik tempat kerja setiap hari. Dan konsumen mendapat keuntungan dari sumber tenaga hybrid yang irit bahan bakar dan rendah emisi."

        A-BAT Concept dikembangkan TMS Advanced Product Strategy dan Calty, pusat riset dan disain Toyota di Amerika Utara yang berbasis di Newport Beach, California.

        Dalam rilisnya, TMS bersama Calty mengindentifikasi kelompok pembeli yang memiliki kombinasi unik aktivitas hidup dan kendaraan yang dibutuhkannya namun sekarang belum tersedia di pasar otomotif. Tim ini menciptakan genre baru kendaraan kompak dengan konsumsi bahan bakar irit, serbaguna, lincah bermanuver, style-nya unik dan tangguh untuk gaya hidup aktif. Toyota A-BAT

        A-BAT menggunakan konstruksi unibody platform untuk menghasilkan pengendalian seperti sedan saat meliuk-liuk di kepadatan lalulintas kota dan tempat parkir yang penuh sesak. Plus kualitas pengendaraan yang halus di jalan tol. Karena bobot yang ringan ditambah teknologi hybrid Toyota, Hybrid Synergy Drive membuat konsumsi bahan bakarnya sangat ramah kantong. Selain itu, bagian atas panel instrument dilapisi solar cell bening untuk menangkap sinar matahari, lalu mengubahnya jadi energi. Pickup ramah lingkungan ini diposisikan dibawah Toyota Tacoma. A-BAT memadukan fitur truck dengan sedan untuk menghasilkan paket modern dan efisien. Sumber tenaganya berasal dari mesin empat silinder bensin dan motor listrik yang lebih dikenal sebagai Toyota Hybrid Synergy DriveÂ.

        Eksterior aerodinamis A-BAT hasil kolaborasi Calty Project Chief Designer Ian Cartabiano dan Creative Designer Matt Sperling. Mereka mengintegrasikan filosofi disain Toyota, "Vibrant Clarity" dengan tetap mempertahankan disain yang modern, tegas dan fungsional. "Gambaran kendaraan militer segala medan NATO mengilhami kami untuk memposisikan penumpang menjorok ke depan guna memaksimalkan kapasitas bed (bak barang)," tutur Sperling. Ban dengan wheel 19 inch, diposisikan di pojok untuk menghadirkan kesan tangguh dan siaga. Toyota A-BAT

        Bed A-BAT berukuran 4 kaki (1,2 meter), tapi lebih fleksibel daripada pickup standar. Panel atap tembus cahaya bisa digeser untuk memuat barang bawaan yang tinggi. Jika pembatas di bagian tengah (midgate) dilipat ke bawah, panjang bed bertambah 2 kaki (0,6 m). Dengan membuka tailgate (pintu belakang penutup bak barang), ada tambahan 2 kaki lagi. A-BAT memungkinkan pemiliknya membawa plywood berukuran standar 4 x 8 kemudian membawa keluarganya camping.

        Bed memiliki kelengkapan sempurna untuk kerja dan main. Termasuk lampunya yaitu tailgate yang menyinari barang bawaan di di bed, kotak pertolongan pertama dan lampu senter menyatu didalam tailgate juga AC power outlet. Alat-alat olahraga dan bersenang-senang bisa disimpan dalam laci terkunci di dinding bed. Masih ada tempat penyimpanan tambahan yang bisa diakses lewat pintu geser yang diletakkan di dalam dan diluar bed. Mobil ini  juga memiliki laci geser berukuran besar dibawah bed yang bisa diakses tanpa membuka tailgate.

        Meskipun tampilan luarnya kokoh tegap dan bersemangat, namun eksterior tampil modern. Para perancangnya menimbang dan memadu padan warna-warna dan fabrics untuk memunculkan kesan tangguh dan energik. "Inspirasi dibalik struktur interior yang telanjang, adalah kerangka sepada gunung modern," kata Daryl Harris, Senior Creative Designer. "Mobil ini Menggunakan material ringan untuk kontruksi, seperti serat karbon dan aluminium pada instrumen panel, konsol dan kursi-kursi untuk meningkatkan structural rigidity sekaligus mengurangi bobot." Toyota A-BAT

        Mobil A-BAT ini memiliki battery pack, A-BAT bisa dilengkapi AC power outlet maupun DC, yang bisa dipakai untuk menghidupkan alat-alat listrik, peralatan camping, laptop, dll.

        Door trim, armrest dan panel instruments menggunakan material kuat, ringan dan nyaman. Warna-warnanya dipilih untuk menghadirkan suasana interior yang indah. Pengendali tengah dan door pockets dilengkapi komponen serat karbon untuk ketahanan dan tampilan modern.

        Mobil A-BAT  ini bisa mengakomodasi empat penumpang itu, memiliki aneka konfigurasi kursi dan tempat penyimpanan. Dilengapi juga sistem navigasi dengan layar 7 inch, dan Wi-Fi internet. Fitur lainnya yang tidak kalah menarik termasuk hard drive untuk musik digital.

        Dimensi Toyota A-BAT (mm)

        Panjang:     
        4605

        Lebar:         
        1890

        Tinggi:     
        1625

        Wheelbase:
        2850

        Panjang bed:
        1219

        Panjang bed dengan midgate terbuka:
        1829

        Panjang bed dengan midgate dan tailgate terbuka
        2438

        Ya itu adalah informasi tentang A-BAT mobil yang mewah bukan dengan bednya yg lebar, sekian saja dari saya jika info ini bermanfaat jngan lupa like dan komen ya.

        Mobil masa depan Toyota FT-EV II, mungil, unik dan keREn

         FT-EV II


        Mobil keluaran ini masih merupakan konsep mobil yang akan dikembangkan oleh brand toyota, berikut adalah ulasan tentang mobil FT-EV II yang saya dapatkan dari official Toyota.

        Kebanyakan mobil-mobil listrik city car pasti mempunyai bodi yang kecil dan minimalis, ini dikarenakan agar mobil lebih mudah untuk berjalan karena tidak kelebihan beban, sehingga menghemat penggunaan listrik.

                                  City Car Masa Depan


        Saat di pameran TMS 2009 (Tokyo Motor Show) ini menyingkap lebih banyak masa depan teknologi mobil listrik, seperti tercermin dari Toyota FT-EV II concept car yang diperkenalkakn di pameran ini.

        Dengan teknologi baterai baru dan disain radikal yang belum pernah ada sebelumnya, mobil konsep ini menunjukkan bakal seperti apa mobil listrik kelak. Inilah visi Toyota terhadap kendaraan masa depan.

        FT-EV II sebenarnya penyempurnaan evolusioner dari FT-EV concept yang sudah ditampilkan di 2009 Detroit Auto Show. FT-EV II adalah cikal bakal city car bertenaga listrik masa depan.

        FT- EV II lebih kecil dari model Toyota manapun, bahkan dibandingkan micro-car Toyota iQ (mobil empat penumpang terkecil di dunia). Dengan ukuran sekecil itu, FT-EV II masih bisa mengakomodasi empat orang dengan layout tiga plus satu, seperti Toyota iQ. Komposisinya tiga orang dewasa dan satu anak. Jika tidak dipakai, kursi anak juga bisa dirubah fungsinya jadi tempat barang. Kunci efisiensi ruang FT-EV II adalah penataan yang teliti dan berhati-hati soal penempatan baterai dan motor listrik. Hasilnya, ruang depan yang bisa dimanfaatkan untuk kompartemen penumpang.

        Pintu geser memudahkan akses keluar masuk. Pintu model ini sangat praktis untuk daerah perkotaan yang memiliki tempat parkir terbatas, dimana jarak antar antar mobil yang diparkir sangat sempit.

        Dengan tenaga penggerak motor listrik ini, bisa menggerakkan mobil ini hingga 100km/jam dengan kemampuan jelajah hingga 90km. Yang paling menarik perhatian di interiornya adalah absennya roda kemudi, digantikan tongkat kendali mirip yang dipakai pesawatToyota juga mendisain kaca depan yang sangat lebar. Kaca seperti ini, selain memperbaiki daya pandang pengemudi juga penumpang didalamnya merasa lapang.

        Menurut kami toyota, FT-EV II akan menggunakan baterai yang jauh lebih canggih dari Lithium-ion, baterai terbaik saat ini. Seperti diketahui, Toyota sedang mengembangkan teknologi baterai yang memiliki kemampuan menyimpan energi hingga 10 kali lipat dibandingkan Li-ion namun berat dan dimensinya lebih kecil. Baterai yang diperkirakan bisa diaplikasikan secara massal di mobil listrik dan hybrida pada dekade mendatang.

        “Toyota ingin mencari sesuatu yang lebih baik dari Lithium-ion baterai,” kata Akihiro Yanaka, project manager untuk mobil-mobil canggih Toyota. Dengan menggunakan baterai lebih canggih itu, ukuran baterai bisa dibuat lebih ringkas, sementara peformanya justru meningkat. Itulah sebabnya Toyota mendisain FT-EV II begitu mungil, bahkan lebih kecil dari FT-EV.

        Toyota tidak berhenti pada upaya meningkatkan efisiensi sistem pengerak seperti motor listrik dan baterai. Dari kutipan Yataka, Toyota juga berupaya meningkatkan efisiensi komponen-komponen lain. Contohnya AC, yang termasuk boros energi. Upaya ini untuk mengurangi beban sumber energi.

        ”Kami berupaya mendapatkan metode yang lebih efisien untuk menciptakan comfort. Anda tidak perlu memanaskan atau mendinginkan seluruh kompartemen penumpang, bila anda bisa mendinginkan atau memanaskan tubuh penumpangnya saja,” kata Yataka.