Saturday, 8 June 2019

Sejarah Yamaha RX100 Sampai RX-King

Sejarah Yamaha RX100 Sampai RX-King
GridOto.com - Ibarat pepatah tuba setitik rusak susu sebelanga, begitulah dengan nasib Yamaha RX King.
Karena zaman dulu era 90-an begal dan jambret sering menggunakan motor ini, jadilah sekeluarga dipanggil si jambret.
Meski ada yang kesal dengan panggilan tersebut, namun banyak juga yang bangga dengan julukan tersebut.
Itu karena dari dulu menggunakan mesin dua tak yang tarikannya terbilang ngacir, sekali tarik gas bisa ngabret ceuk urang Sunda mah...
Bukan soal panggilannya yang GridOto.com akan bahas kali ini, tetapi anggota-anggota keluarganya.
Ada apa saja? Yuk disimak sampai habis.
Jangan lupa siapkan kopi dan cemilan, karena memang panjang banget nih artikelnya, hehehe...
1. Yamaha RX100 (1977)
Yamaha RX100Yamaha RX100 (Yamaha)
Nah ini dia sesepuhnya dari keluarga jambret, Yamaha RX100 meluncur pada tahun 1977.
Mesinnya dua tak dengan kubikasi hanya 100cc dengan power 11,5 dk dengan top speed 110 km/jam, terbilang kencang tuh pada masanya!
Yang bikin legendaris, meski punya mesin dua tak konsumsi bensinnya irit banget Sob! Satu liter bisa buat 40 km!
Sebetulnya sebelum RX100, ada RX125 Twin yang dijual di Indonesia pada tahun 1976.
Hanya saja, RX125 Twin bukan keluarga RX karena aslinya bernama RD125 dan hanya ganti nama saja saat masuk Indonesia.
2. Yamaha RX125 (1979)
Yamaha RX125Yamaha RX125 (Yamaha)
Nah generasi selanjutnya, GridOto.com bahas RX125 satu silinder yah, bukan yang twin.
Mesin dua tak-nya punya kubikasi asli 123cc yang bisa menyemburkan power sampai 13 dk.
Oh ya, sama seperti RX100, Yamaha RX125 masih dibekali 4 percepatan.
3. Yamaha RX-K (1980)
Brosur Yamaha RX-KBrosur Yamaha RX-K (Alexz/Retro Malaysian Riders)
Ini dia motor yang benar-benar jadi cikal bakal RX-King, itu karena Yamaha RX-K sudah dibekali mesin 135cc.
Power maksimal 17,5 dk dan bisa digeber sampai 150 km/jam, kebut banget pada masanya!
Yamaha RX-K ini merupakan CBU dari Jepang, makanya punya kedok lampu alias bikini fairing.
Sayangnya motor ini kurang laku di pasar Indonesia dan hanya bertahan hingga tahun 1983 saja.
4. Yamaha RX-S (1981)
Yamaha RX-SYamaha RX-S (Yamaha)
Kalau bapakmu anak motor yang udah mainan motor dari tahun 1980-an, pasti deh bingung dengan banyaknya seri Yamaha RX yang bertebaran saat itu.
Setelah RX-K, Yamaha kembali meluncurkan RX-S yang punya kubikasi 115 cc.
Sama seperti RX-K, Yamaha RX-S juga didatangkan langsung dari Jepang dari tahun 1981 hingga 1983.
5. Yamaha RX-Special (1983)
Yamaha RX-SpecialYamaha RX-Special (bikepics.com)
Makin bingung lagi nih pecinta motor dua tak di Indonesia ketika Yamaha meluncurkan RX-Special.
Kisahnya mirip dengan RX-K yang menjadi RX-King, ternyata RX-Special memang pengembangan dari RX-S.
Mesinnya sendiri sama dengan yang digunakan pada RX-S.
6. Yamaha RX-King Cobra (1983)
RX-King CobraRX-King Cobra (Awank/google.plus)
Akhirnya yang sudah ditunggu-tunggu, bisa dibilang inilah motor dua tak Yamaha yang paling legendaris di Indonesia.
Dibuatnya enggak asal-asalan, sebab Yamaha melakukan survey ke berbagai daerah.
Generasi pertama dari Yamaha RX-King diberi julukan Cobra karena bentuk setang dan tangkinya.
Mesin dua taknya masih rakitan Jepang, sedangkan rangkanya rakitan Indonesia.
Ini yang bikin mesin Yamaha RX-King Cobra dengan kode Y1-Y2 jadi incaran pebengkel dan kolektor.
Soal spesifikasi mesinnya, 135cc dengan power maksimal 18,2 dk dan torsinya 15,1 Nm di 8.000 RPM.
7. Yamaha RX-Z (1985)
Yamaha RX-ZYamaha RX-Z (Yamaha)
Ibarat saudara kandung tapi beda jalan hidup, begitulah pengibaratan Yamaha RX-Z dengan RX-King.
Perbedaannya dengan RX King di panjang langkah silinder RX-Z yang 56 x 54 mm, sedangkan RX-King 58 x 50 mm.
Makanya RX-Z punya tagline sang penjelajah, karena memang tarikan napasnya lebih panjang kalau digeber.
Desainnya pakai kedok lampu, undercowl, sampai model knalpotnya bikin RX-Z terlihat lebih modern dan racy dibandingkan RX-King.
Oh ya, ada versi full fairing dari RX-Z yang diberi nama Yamaha RZ-R.
8. Yamaha RX-R (1988)
Yamaha RX-RYamaha RX-R (Yamaha)
Baru tau ada Yamaha RX-R? Wajar, populasinya memang sedikit di Indonesia.
Selain itu kurang laku dibanding RX-King karena desainnya sama, tapi kubikasinya lebih sedikit jadi kesannya nanggung banget.
Yamaha RX-R menggunakan mesin 115 cc yang mirip dengan Yamaha RX-Special.
Jaman sekarang, Yamaha RX-R dengan kondisi baik jadi collector's item buat para pecinta Yamaha RX-series karena emang langka banget yang beredar.
9. Yamaha RX-King Master (1996)
Yamaha RX-King MasterYamaha RX-King Master (Yamaha)
Generasi kedua dari Yamaha RX-King ini muncul di tahun 1996 hingga 2001.
Perbedaannya dengan RX-King Cobra, mulai RX-King Master mesinnya sudah dibuat di Indonesia.
10. Yamaha New RX-King (2002)
Yamaha New RX-KingYamaha New RX-King (Yamaha)
Nah kalau yang satu ini adalah generasi terakhir dari keluarga RX-King sebab dihentikan produksinya karena regulasi emisi.
Padahal RX-King New ini sudah ada penambahan catalytic converter pada knalpotnya sehingga emisinya bisa ditekan.
Selain itu, karena ada catalytic converter itulah asapnya tidak ngebul seperti generasi lamanya, sehingga sering dikatakan RX-King empat tak karena tak ada asapnya.
Uniknya, lampu depannya balik jadi bulat seperti RX100 dan RX125.
RX-King dengan segala perjalanan panjangnya harus dihentikan di tahun 2008.
Tapi karena namanya sudah terlalu legendaris, justru di zaman now harganya malah menjadi tinggi.
Kalau ada yang kondisinya masih baik, dijamin harganya bisa gila-gilaan.
Nah kamu (atau mungkin bapakmu) punya kenangan manis enggak dengan keluarga jambret ini?

Honda NSR

Honda NSR
Pertama datang, NSR telah mengadopsi rangka full deltabox murni yang
biasa digunakan untuk motor balap.
Motor bermesin 150 cc 2-tak ini, juga telah dilengkapi pendingin mesin radiator yang belum diadopsi motor sport lokal kala itu.
Kecuali Kawasak AR125 yang stop produksi lebih awal.
Tidak lupa, desain Honda NSR 150 yang sporty punya andil besar dalam membuat ngiler para bikers yang melihatnya.
“NSR jadi motor dengan teknologi paling tinggi kala itu.
Mesinnya sudah pakai teknologi RC Valve yang membuat tenaga di setiap putaran terus mengisi.

–– ADVERTISEMENT ––

Makanya, harga motor ini juga paling mahal dibandingkan kompetitornya,” ucap Ervino Latief, pendiri NSR Motorcycle Club (NMC) Bekasi.
RC Valve sendiri merupakan perangkat tambahan berupa katup butterfly di lubang buang. Kerja katup ini dikontrol langsung oleh CDI.

Mekanisnya, katup butterfly akan menutup seperempat lubang saat putaran rendah, dan membuka lebar ketika RPM mulai meninggi.
Kerjanya, mirip katup KIPS pada Kawasaki Ninja 150 R saat ini.
Kalau berbicara sejarahnya, awal NSR 150series masuk ke Indonesia mulai tahun 1994 lewat NSR 150 R.
Meski harganya cukup tinggi, motor ini tetap laris manis di Tanah Air. 
(Dok M+)
Model ini bertahan hingga tahun 1998, dengan mengalami beberapa update pada warna, striping, dan bentuk behel.
Tahtanya dilanjutkan dengan masuknya Honda NSR RR ditahun 1999.
Varian ini juga akrab disebut dengan NSR Astra.
“Jadi, itu model hasil pengembangan Honda Thailand. Karena terbentur masalah emisi, jadi dijual di sini. Itupun stoknya sangat terbatas,” tambah Ervino.

(Dok M+)
Satu tahun kemudian, masuk NSR New RR di tahun 2000.
Desain bodi model ini telah mirip dengan model NSR SP.
Beda di desain swing arm dan mesinnya saja.
Tampilan warnanya juga lebih atraktif dibandingkan model Astra.

Sama seperti model Astra, NSR New RR sudah tidak dijual langsung oleh Astra Honda Motor (AHM).
Motor ini banyak dijual di para importir umum.
Model pamungkas di NSR 150 series ini adalah NSR 150 SP. Model ini menggunakan single arm yang menjadi ciri khas model ini.
Teknologinya terapan dari NSR 250 MC versi GP.

Ada pembenahan counter weight crank shaft, untuk meringankan putaran bawah serta meminimalisir getaran saat dipacu hingga top speed.
Makanya model ini menjadi salah satu buruan utama para bikers.
"Kehancuran NSR dipicu dari sulitnya mencari spare part kala itu. Karena dibeli lewat importir umum, jadi jarang bengkel yang menyiapkan spare part-nya," cerita pendiri klub yang masih punya dua NSR
di garasinya.
Dua tahun belakangan ini, pecinta sepeda motor kembali melirik NSR sebagai buruan.

Bisa dibilang motor ini kembali naik daun sebagai pacuan legenda 2-tak.
Karena banyak yang mencari dan stok barangnya sudah langka, harga seken NSR saat ini ikut melambung tinggi.
“Sekarang harganya kembali tinggi. Untuk NSR 150 R yang RC Valve-nya masih berfungsi bisa laku 13 jutaan.
Untuk tipe RR harganya berkisar Rp 18 – 23 juta. Nah untuk model SP paling tinggi, masih tembus Rp 33 juta, tergantung kondisi,”
tutup ayah satu anak ini.

Monoshock Aerox

Mau cerita sedikit soal Monoshok di Aerox

Udah pakai kurang lebih 5 bulan, Aman sentosa gaada yang namanya musibah (Syukurlah), saya pakai BreketMonoshok CNC Alumunium buatan Ian Juno Jogja + Shok original Vixion dan itu enak banget + harga paling terjangkau untuk Monoshok dengan bahan terbaik. Posisi ngebut sendiri (75kg) / goncengan (150kg berdua) aman aman aja, kecepatan hampir 120km/jam aman + gaada goyangan sama sekali. Setiap hari kekampus goncengan lewat jalan yang kurang bagus aman aman aja. Masalah getaran sama seperti Dualshok, lebih rajin lagi untuk bersihkan CVT agar dapat mengurangi getaran pada motor + untuk mengurangi Gredek bagian CVT.

Kelebihan nya :
-Motor lebih ganteng
-Shok belakang lebih empuk
-Dengan harga yang murah dapat breket berbahan dasar Alumunium proses dengan Mesin CNC (PRESISI 100%) + shok ori vixion yang bagus untuk pemakaian sehari2
-Ada harga, Ada Kualitas
-Banyak yang pakai bahkan sampai luar negri
-Bahan Alumunium seri 6 (dibawah 1 tingkat bahan dasar yang dipakai Pesawat terbang)

Kekurangannya :
-Motor lebih tinggi sedikit

Saran :
-Pakai lah Breketmono yang terbaik
-Pentingin Kualitas bukan harga (Masalah harga bisa nabung dulu pelan2)
-Cari lah Shok mono yang bagus (Original Vixion kode 1PA Sudah SANGAT CUKUP)
-Jangan membeli Breket yang tidak banyak Riview nya karna dapat membahayakan diri sendiri + motor kita + orang lain
-Jauhkan dari hal membeli Breket dengan harga yang murah (karna kualitas sesuai dengan harga)

ini hanya pengalaman pribadi aja, siapa tau bermanfaat THANKS BROO🙏🙏

Tentang STNK

Pajak Ranmor Mati, boleh ditilang?

Begini penjelasannya.

Fungsi Pajak itu pada dasarnya ada 2.
Fungsi Budgeter yaitu utk memenuhi pundi2 keuangan guna pembiayaan jalannya pemerintahan dan pembangunan.
Fungsi Reguleren yaitu utk mengatur suatu keadaan di masyarakat agar menciptakan keadilan sosial bagi masyarakat.

Pajak ranmor diadakan salah satu fungsi pengaturannya adalah untuk membatasi ruang gerak ranmor, sehingga hanya ranmor ranmor yg memberikan masukan ke negaralah yang berhak memakai jalan umum yg dibiayai oleh pendapatan daerah atau pendapatan negara.

Hal ini disebabkan karena banyaknya ranmor yg melalui suatu jalan pastinya akan semakin mempercepat kerusakan jalan tersebut. Dan untuk perawatan dan perbaikannya diperlukan biaya. Dari pajak ranmor itulah salah satu sumber biaya perawatan jalan tsb.
Oleh karenanya pengguna ranmor yg pajaknya mati tentunya sudah berlaku tidak adil dengan pengguna ranmor lainnya yg taat pajak.
Selain secara langsung menambah kontribusi kemacetan, ia juga tidak melakukan sumbangan untuk perawatan jalan.

Kembali ke masalah apakah polisi boleh menilang ranmor yg pajaknya belum dibayar, sementara pajak telat sudah ada dendanya yang merupakan wewenang dari dinas pendapatan daerah.

Hal ini dapat dijawab dengan cukup mudah tanpa harus membuka banyak undang-undang lalulintas.

Sekarang kita sama sama melihat STNK masing masing. Di situ ada masa berlakunya yg tertera lima tahun, namun di sisi lain, di pojok kanan bawah ada 4 kotak kosong.

Fungsibkotak kosong itu adalah untuk stempel dan paraf pengesahan STNK setiap tahunnya dari Kepolisian yg menandakan bahwa ranmor tsb layak utk dipakai di jalan daerah/negara.

Lalu kemudian kita cermati lagi, apa syarat supaya sebuah rNmor bisa mendapatkan PENGESAHAN setiap tahunnya?
Syarat utamanya adalah membayar pajak tahunan.

Nah sampai di sini saya harap teman2 info Depok dapat paham ya relevansinya.

Pengesahan STNK harus dilakukan Tiap Tahun.
Syarat pengesahan STNK adalah pajak tahunan harus di bayar dulu.

Pajak tahunan belum dibayar artinya STNK tidak sah.
STNK tidak sah artinya walaupun membawa STNK bisa dianggap tidak membawa STNK.

Nah jadi jangan berdebat laginya bila ditilang karena belum bayar pajak kendaraannya.

Lebih baik mempersiapkan diri dan kendaraan agar perjalanan kita tidak terganggu.

Bismillah Silaturahmi

Bismillah,....
Jika mudik membuat ibumu bahagia maka mudiklah
Jika mudik membuat ayahmu senang maka mudiklah
Jika mudik membuat tersambungnya silaturahmi maka mudiklah
Jika mudik membuat dirimu bisa berbagi maka mudiklah
Jika mudik membuat orang tuamu ridha maka mudiklah, sebab keridhaan Allah ada di situ

Macet? Itulah seni dan ciri khas mudik
Lelah? Jadikan Lillah
Mahal? Jadikanlah amal

Setinggi apapun jabatanmu di hadapan orang orang tuamu engkau tetaplah anak kecil

Sekaya apapun dirimu di hadapan orang tuamu engkau tetaplah layaknya hamba sahaya

Sepanjang apapun gelarmu di hadapan orang tuamu engkau tetaplah seorang anak

Saat engkau bertemu dengannya ciumlah tangannya, mintalah do'a dan ridhonya...

Kepada para mbah semua ingin ku ucapkan

Taqaballahu minna wa minkum
Safety Driving saat mudik ya..

Kisah Pernikahan yang luar biasa

Maaf OOT mbah (anggap aja pembanding cerita maljum yang biasa hadir di motuba hahaha)


Mubarak bin Abdullah رحمه الله pernah bekerja di kebun milik seorang juragan. Ia tinggal di sana beberapa waktu. Suatu ketika si Juragan pemilik kebun yang merupakan seorang pengusaha kaya mendatanginya. Lalu mengatakan:

"Wahai Mubarak, aku mau satu buah delima manis"

Mubarak segera menuju ke beberapa pohon delima untuk memetiknya. Ia pun menyajikan dan si juraganpun membelahnya dan didapati rasanya masih asam. Ia marah kepada Mubarak, lalu berucap:
"Aku minta yang manis, kenapa engkau beri aku yang asam? Cepat carikan yang manis lagi".

Mubarak pergi dan memetik lagi di pohon lain. Tatkala si juragan membelahnya, ternyata rasanyapun asam. Ia pun naik pitam

Pada kali ketiga beliau melakukannya lagi, si juragan mencicipi tetapi rasanya juga tetap asam. Iapun marah-marah sambil bertanya:

"Apakah engkau tidak tahu mana delima manis dan delima asam"?
"Ya aku tidak tahu" Jawab Mubarak
"Bagaimana sampai tidak tahu"? Tanya juragan
"Karena diriku tidak pernah memakan satu buahpun sampai jelas kehalalannya" Jawab Mubarak
"Mengapa engaku tidak memakannya"? Tanya juragan
"Sebab anda belum mengizinkan diriku memakannya" jawab Mubarak

Mendengar jawaban mubarak sang juragan dibuat kagum

Sang juragan ternyata memiliki seorang putri dan telah banyak orang yang mencoba melamarnya.

"Wahai mubarak, menurutmu siapa yang pantas mempersunting putriku"? Tanya sang juragan

"Dahulu kaum jahiliyah menikahkan putri mereka ada yang karena keturunannya, hartanya dan kecantikannya, sedangkan umat Islam menikahkan karena Agamanya". Jawab mubarak

Singkat cerita, Mubarak menikahi putri juragannya dan mertuanya memberi mereka harta benda yang banyak dan dari rahim wanita ini lahirlah seorang ulama besar, ahli hadits, zuhud dan seorang mujahid yang bernama Abdullah dan populer dengan nama Abdullah ibnul Mubarak atau Ibnul Mubarak رحمه الله.

Pesan moralnya apa?
Semoga para mbah member motuba yang lebaran tahun ini masih sendiri lebaran tahun depan sudah bisa mudik sambil didampingi putri juragan di samping kiri motubanya.

Mau bercerita pernak pernik lebaran dan mudik.

Maaf mbah OOT

Saat sampai di tanah kelahiran, cucu ketemu dan menemui orang-orang yang cucu kenal, saudara dan teman-teman waktu kecil atau waktu sekolah.

Tahukah mbah, hal apakah yang pertama kali mereka tanyakan?

Saat ketemu teman SD mereka bertanya: "Udah berapa anaknya sekarang"?

Saat ketemu teman smp dan sma mereka beratanya:  "Berapa anakmu sekarang"?

Saat ketemu bibi dan paman-paman merakapun bertanya: "Tos boga sabaraha bati teh" ? (Anakmu sudah berapa)

Ternyata yang mereka tanyakan bukan mobil, rumah atau perkara dunia lainnya, namun anak dan anak keturunan kita, penerus kita.

Memang bagi orang yang sudah berkeluarga anak adalah harta tak ternilai, jika anak kita sakit maka apapun akan kita korbankan, harta akan kita keluarkan klo perlu jual ini dan itu untuk biaya pengobatan anak kita.

Cucu jadi teringat sebuah hadits yang berisi tentang amalan yang akan terus mengalir pahalanya meskipun orangnya sudah meninggal, salah satunya adalah "Anak shalih yang mendo'akan orang tuanya".

Para ulama menjelaskan kenapa amalan anak ini adalah do'a / mendo'akan orang tuanya.

Sebab do'a adalah cara berbakti seorang anak untuk orang tuanya yang paling mudah, sangat mudah.

Mendo'akan orang tua bisa kita lakukan saat selesai membaca status cucu ini, saat mau tidur bisa mendo'akan orang tua, bisa kita lakukan kapanpun.

Artinya amalan mendo'akan orang tua bisa dilakukan semua orang, kita semua bisa.

Namun yang jadi pertanyaan:  apakah kita lebih banyak mendo'akan orang tua atau seringnya lupa?

Atau bahkan hari inipun kita lupa mendo'akan orang tua.

Kenapa sering lupa? Atau banyak anak yang lupa mendo'akan orang tua

Sebab dalam potongan hadits di jelaskan "Anak shalih" yang "Mendo'akan orang tuanya".

Jadi hanya anak shalih lah yang siap melakukan itu.

Nah tugas kita saat ini adalah "Punya anak banyak dan shalih atau shalihah semua"

Ket photo:  Kampung halaman cucu

Friday, 7 June 2019

Mudik dan Hutang

Saat aku posting soal mudik, banyak yang bertanya "lebih baik mudik atau ngelunasin utang dulu ya Mba?"

Saranku :

Lunasi utang dulu. Utang apapun itu. Apalagi kalo utangnya berakad riba.

Mudik itu membahagiakan orangtua. Membahagiakan orangtua itu wajib. Tapi ada banyak cara untuk bikin orangtua bahagia. Mudik bukan satu-satunya cara.

Bayar utang itu wajib. Keluar dari riba itu wajib, dan satu-satunya cara agar utang lunas ya dengan membayarnya.

Jadi lunasi dulu segala utang. Keluar dulu dari riba.

Mumpung Allah masih memberi kita umur, maka selesaikan segala urusan utang. Mari mulai hidup dengan rasa bebas merdeka yang sesungguhnya. Tanpa ada beban utang.

Utang itu membawa kehinaan di kala siang, membawa kegelisahan di kala malam.

"Lho...apakah berutang itu haram? Bolehkah berutang di dalam Islam?"

"Berutang dibolehkan. (Tentu saja tidak utang berakad riba, kalau riba udah pasti diharamkan). Ayat terpanjang di dalam Alquran, surat Albaqarah ayat 282, menjadi ayat terpanjang, 1 ayat dalam 1 halaman, itu khusus bicara soal utang. Maknanya.... berutang dalam Islam memang dibolehkah tapi ada begitu banyak persyaratan yang harus diketahui, intinya, di dalam Islam, utang itu perkara yang TERAMAT SANGAT-SANGAT SERIUS."

Jadi...lunasi utang lebih dahulu.

Dan mari tegakkan prasasti janji di hati, ke depannya jangan lagi bermudah-mudah dalam berutang...utang sekecil apapun itu.

Hindari mengambil barang dalam bentuk mencicil, seringan apapun itu, itu tetaplah utang. walau hanya mencicil karpet, panci, tupper, buku cerita anak, atau apapun itu...

Nabung dulu, lalu beli cash!

Kendalikan nafsu akan barang-barang duniawi.

Dan....ketika kita bangun di pagi hari. Lalu kita menyadari kita tak ada utang serupiahpun, tak ada cicilan seperakpun, tak ada tagihan apapun,

Alhamdulillah....segala pujian tertuju hanya pada Allah

Maka....itulah sebenar-benarnya hidup merdeka.

Tanpa utang itu merdeka. Dan merdeka itu membuat bahagia ❤❤

(By Fitra Wilis Masril)

💖💖 Adab Membawa Anak Bertamu 💖💖


Pada suatu hari, karena macet, kami memutar balik perjalanan, kami arahkan mobil ke sebuah perumahan untuk numpang muter aja,  lalu tanpa sengaja, ternyata kami melewati rumah seorang teman lama suami. Dan dia meminta kami mampir.

Kami serombongan dengan 4 anak. Menuju ruang tamunya yang mungil dan bersih.

Singkat cerita, di sana, juga ada tamu yang baru datang. sebuah keluarga -ayah, ibu dan 1 anak 7 tahunan-. Si anak langsung membuka toples kue nastar, membawa toples ke pangkuannya, dan lalu asyik makan. Kita panggil saja si anak "Boy" yaa. Badannya bongsor.

Nastar itu terlihat "mahal". Bentuknya seperti buah jambu. Cantik banget.

hampir setengah toples berpindah ke perut Boy. Sang Ayah sibuk mengobrol dengan tuan rumah, sang ibu sibuk dengan HP. Aku mengajak anak-anak ke teras luar yang adem, aku takut menjadi 'tertuduh' terlibat menghabiskan 1 toples kue mahal 😲

Nyonya rumah, santun berkata "namanya siapa Sayang? toplesnya taro sini aja yaa...biar nggak jatuh", nyonya berusaha 'meminta' toples kaca itu agar dikembalikan ke meja.  Menurutku ini 'kode' kalo dia keberatan dengan adab si Boy. Boy menolak. Tangannya tetap mengeruk kue yang udah abis nyaris separo. Mereka juga gak akrab kayaknya, buktinya nyonya rumah aja gak tau nama si anak.

"Dibagi dong teman-temannya, itu belum kebagian," kata si nyonya lagi menunjuk ke anak-anakku.  "Nggak mau!" Jawab Boy,

 Lama kemudian.

"Mau coba ini?" Nyonya rumah membuka toples astor. Sepertinya berusaha menawarkan alternatif agar gak hanya nastar jambu yang dimakan si Boy.

"Nggak mau," jawab si Boy lagi, berteriak.

"Boy suka banget sama nastar yaa," tutur nyonya rumah, suaranya tenang.

"Oiya... bisa abis setoples dia," sahut sang ayah. Si ibu mendongak sedikit dari HP. "Dia sukanya nastar sama sagu keju, bisa setoples sekali duduk abis, tapi kalo kastengel, sebiji pun dia lepeh, gak suka," kata si ibu tersenyum, lalu kembali ke HP.

Entah mengapa...aku menjadi gak nyaman. Pertama, aku liat di meja ini hanya ada 4 toples kue yang terlihat baru saja dibuka. Dan kalo 1 tamu menghabiskan 1 toples kue, gimana tamu-tamu berikutnya?

Dia nggak mengadakan open house besar-besaran. Bisa jadi stok kuenya juga gak banyak. Kehidupan mereka 'terlihat' juga gak berlebihan.

Selain itu, tau kan ya semahal apa harga kue kering lebaran? Setoples itu bisa jadi 90ribuan. Belum tentu masih ada stok di belakang.

Aku beberapa kali menangkap mata nyonya rumah gelisah  melirik ke si Boy. Dia berusaha ramah maksimal dengan membukakan astor, kripik pisang coklat dan kerupuk udang. Tapi Boy gak peduli, pun ayah ibunya,  nastar itu sekarang bersisa sepertiga 😌😌😲😲. Aku gak tau lanjutannya. Karena kami pamit duluan.

Menurutku, sangat penting mengajarkan adab bertamu pada anak-anak. Apa yang boleh dan tak boleh.

Di rumah sendiri, anak-anak boleh saja memakan apa saja sampai abis, Tapi kalo di rumah orang gak boleh begitu.

Tamu orang rumah, gak hanya kita saja. Ini penting dikasih tau ke anak-anak, agar mereka gak egois.

Harga kue itu mahal. Gak semua orang bisa bikin kue. Banyak yang beli. Kalo diitung sebutir nastar itu harganya bisa 3ribu. Jadi bisa ajarkan anak-anak kalo makan kue di rumah orang, gak boleh banyak. Maksimal 2 atau 3 butir saja per jenis kue. Kalo bisa pun hanya makan maksimal 2 jenis kue saja.

Nah, kadang anak gak patuh, jadi 'rakus' saat di rumah orang, bisa jadi karena mereka memang lapar. Jadi penting banget memastikan perut anak udah terisi saat mau bertamu ke rumah orang, antisipasi kemacetan dengan bawa cemilan. Jadi sampai di rumah orang, anak tidak dalam kondisi lapar. anak-anak lebih gampang 'ditaklukkan' saat mereka tidak lapar. Percayalah!

Saat ke rumah nenek atau Bu De atau tante, atau saudara yang bener-bener deket dan akrab, di mana kedatangan kita memang sangat mereka nantikan dan mereka memang udah prepare banget menyambut kita, tentu boleh agak lentur. Misal saat kami ke rumah kakak kandungku. Memang hanya kami saudara kandung mereka di kota ini. Jadi bolehlah agak santai, makan ketupat nambah, pake rendang, opor, telur, kue-kue,  dll.

Tapi kalo bertamu ke rumah orang, jelas harus ada ADAB yang dikenalkan ke anak. Kalo anak belum mau mengerti, maka jadilah orangtua yang tau diri.

 Misal, bertamu jangan kelamaan, ajak anak ngobrol, liat udara luar, atau berinteraksi dengan tamu lain. Anak-anak kan gampang akrab sama teman baru, jadi ajak main sama teman baru sehingga si anak nggak melulu fokus ke menghabiskan kue tuan rumah. Saat bertamu pun, cobalah paksakan diri untuk TIDAK MELIHAT HP. fokuslah pada hidup yang nyata, jangan malah mengurus yang maya tapi mengabaikan yang nyata.

Begitu pun saat anak ke toilet, kalo masih kecil, walaupun anak udah biasa ke toilet sendiri di rumah, saat di rumah orang, tetap temenin.

Toilet kan beda-beda. Aku pernah nemuin anak yang nggak menyiram abis pake toilet, sementara ibunya main HP.

Aku suruh siram, "nggak ada gayung," jawab si anak.

 Kemungkinan di rumah dia biasa pake toilet jongkok dengan siram manual. Jadi saat menemukan toilet duduk dengan pencetan siraman, dia nggak ngerti. Jadilah dia meninggalkan toilet dengan kondisi kotor.

Memang yaa...saat bertamu ke rumah orang membawa anak-anak, kita harus selalu 'menimbang rasa' ke tuan rumah. Jangan terlalu berharap bisa ngobrol-ngobrol seru tanpa batas, sementara anak-anak juga bebas lepas. Jangan!

Tetap waspada. Pasang mata telinga mengawasi anak-anak kita.

Jangan sampai menimbulkan ketidaknyamanan pada tuan rumah.

Kalo ada tuan/nyonya rumah yang memberikan kode agar beralih ke kue lain, jangan dibilang pelit. Cobalah memahami posisi mereka.

Tamu mereka bisa jadi banyak yang mau datang setelah kita...

Stok kue dan makanan mereka mungkin gak banyak..

Kondisi keuangan mereka mungkin sedang tak bagus untuk membuat/membeli kue dalam jumlah banyak..

Mereka bisa jadi sedang menunggu tamu yang istimewa di hati mereka, misal kakak/adik kandung dan mereka juga ingin kue-kue enak ini dicicipi oleh orang kesayangan mereka..

Intinya... adab! Adab! Adab!

Kalau anak belum mengerti, kita orangtua kan udah tua, kita yang harus mengerti. Jangan membiarkan anak sesuka dia dengan kalimat "namanya juga anak-anak" . Kemudahan dengan menelantarkan adab, bisa jadi kelak inilah yang akan menyulitkan masa depan anak.

Selamat bersilaturahhim. Jangan lupa sematkan ADAB dimanapun!

Note : saat kita jadi tuan rumah, muliakan tamu, ikhlaslah
Saat kita jadi tamu, tau dirilah
#menimbangrasa
By Fitra Wilis Masril

*menulis caraku menasehati diri

Hijrah ke Coolant


Testimoni pasca hijrah dari air pegunungan ke coolant

Bulan lalu setelah hasil merenung dan membaca berbagai postingan dan komentar di group motuba berkaitan dengan aliran air kran dan coolant, akhirnya cucu mencoba pakai coolant buat si kibar, yang selama 5 tahun lebih cucu isi pakai air pegunungan, dan kemungkinan besar pemilik sebelumnya merupakan aliran air kran hahahaha

Ikut saran mbah-mbah di sini, radiator di kuras dulu, dibersihin lalu diganti coolant.

Dari beberapa komentator menyampaikan beberapa kejadian akan ditemukannya kebocoran di beberapa bagian sebab air coolant Insya Allah bisa menghilangkan kerak akibat pemakaian air biasa sebelumnya.

Cucu baru bisa tulis testimoni sekarang, sebab sebulan yang lalu baru beralih ke coolant dan belum diganti lagi coolantnya atau ditambah, dan kebetulan pasca diganti coolant si kibar dipakai keliling ke beberapa kegiatan, dan saat ini dipakai mudik ke rumah ibu di Cikajang-Garut.

Dan setelah sampai cikajangpun, si kibar harus keliling ke beberapa rumah ibu cucu yang lain yang lokasinya sebagiannya di pegunungan yang jalurnya masya Allah, jalur pegunungan pokoke.

Kok ke beberapa ibu?
Sebab ayah cucu memiliki 3 istri, dan cucu adalah anak pertama dari istri ke 2, dari istri pertama dapat 5 anak, dari istri ke 2 dapat 5 anak, dan dari istri ke-3 dapat 3 anak....dan klo kumpul semua rame, kita sungkem ke satu ayah dan 3 ibu.....kumpul ruame pokoknya sebab cucu ayah buanyak hahaha

Qodarullah untuk tahun ini cucu pulkam sehabis shalat ied, jadi gak kebagian kumpul di salah satu rumah ibu cucu, di mana kumpulnya? Kumpul di rumah di mana saat lebaran adalah jatah gilir ayah cucu.

Jadi sehabis cucu berlebaran dan bersalaman ke ibu kandung cucu, cucu harus mendatangi dua ibu lainnya, plus mengunjungi rumah kakak-kakak cucu dari istri pertama ayah.

Nah, jalurnya luar biasa menantang....jalur pegunungan, jadi setelah perjalanan barusan cucu bisa memberi testimoni hasil hijrah ke coolant.

Hasilnya adalah.....
1. Alhamdulillah tidak ada kebocoran seperti yang dikhawatirkan.
2. Namun mesin saat baru dihidupkan getarannya cukup kencang, bergetar pokoknya
3. Namun lama kelamaan getarannya hilang dan mesin jadi tenang dan lembut
4. Gas makin enteng
5. Kibar makin bertenaga

Nah, kira-kira getaran mesin yang cukup kenceng itu salah satu akibat dari pergantian ke coolant atau gimana? Atau mungkin ada masalah lainnya yang tidak ada hubungannya dengan per radiatoran?

Ket photo:  Kampung halaman cucu di rumah ibu (istri ayah cucu yang pertama)

Tuesday, 4 June 2019

Mudik Tornado

Mudik Tornado
ARIPITSTOP.COM – Mudik seperti sudah seperti kewajiban untuk orang perantauan, berlebaran tanpa sanak saudara apalagi tanpa orang tua akan terasa sangat berbeda, itulah yang mendasari seorang pemudik asal Pemalang ini, rela naik motor tua bahkan dinaiki 5 orang berjalan menempuh jarak hingga 428 km dari kota Pemalang Jawa Tengah hingga Surabaya.


Yoan,seorang karyawan pengiriman paket yang sudah 15 tahun tinggal di Comal hingga  mempersunting perempuan asal daerah tersebut. Tidak lengkap rasanya jika tidak berlebaran di tanah kelahirannya, terlebih orang tuanya yang tinggal sendirian.
Dia selalu mengajak pulang istri dan anak-anaknya ke tempatnya dilahirkan dan bertemu dengan ibunya. Seperti tahun ini, apapun dilakukannya untuk pulang, bahkan meski tanpa kendaraan mewah. Bermodalkan sebuah motor tua Suzuki Tornado 2T, Yoan membawa istri dan ketiga anaknya.
Sebearnya anak Yoan ada 4, akan tetapi karena keterbatasan tempat, akhirnya anak pertamanya ditinggal di Pemalang. Dilansir dari Kompas.com, Yoan menuturkan, dia sekeluarga berangkat dari Comal pada hari Minggu sekitar pukul 15.00 WIB lalu tiba di Kudus pada Senin dini hari sekitar pukul 02.30 WIB.
Dia hanya bertekad, meski memakan waktu tempuh lebih dari 24 jam pun, dia bakal melakoninya asalkan sampai ke Gubeng dan bertemu sang ibu. Yoan menuturkan tidak menargetkan waktu meski perjalanan menempuh waktu hingga 24 jam, karena setiap merasa capek langsung istirahat.
Sumber : kompas.com

Hutang Piutang

Mbah.....
Sedikit ngomongin hutang piutang ya....

Yang cucu temukan dan rasakan hutang piutang itu pemutus hubungan teman bahkan kekerabatan.

Dari beberaoa yang meminjam sama cucu baik yang baru kenal atau yang sudah lama kenal, jika sudah berkaitan dengan masalah ini langsung putus hubungan.

Awal pinjam memelasnya minta ampun, telp berkali-kali, sms berulang kali, wa terus-terusan.

"Sudah pulang belum"?
"Uangnya ada?"
"Biar saya yang ke rumah"?
Dll

Giliran sudah dapat pinjaman, janji pekan depan, janji tanggal segini, namun akhirnya lost kontak

Akhirnya putuslah jalinan silaturahmi karena si peminjam always menghindar.

Berhutang hukum asalnya halal dan Allah akan memudahkan orang melunasi hutang jika ia punya keinginan kuat untuk membayarnya.

Namun di sisi lain orang yang mati syahid terhalang masuk surga dikarenakan ia punya hutang

Jadi teringat kisah seorang ulama Tabi'in bernama Qais bin Sa'ad bin Ubadah رحمه الله ketika beliau sakit, beberapa kawan beliau agak belakangan menengok beliau, lalu ada yang berkata kepada beliau:

"Sesungguhnya mereka malu lantaran utang mereka kepada anda"

Lalu beliau mengumumkan kepada orang-orang di sekitarnya:

"Semoga Allah hinakan harta (dunia) yang menghalangi kawannya untuk menjenguk"

"Siapapun yang memiliki utang kepadaku, maka sekarang sudah halal (lunas)"

Setelah itu disebutkan bahwa pintu rumah beliau sampai rusak dikarenakan banyak yang menengok.

Jika kita punya utang, minimal datang dan memohon maaf jika belum mampu membayarnya.

Namun di lapangan ternyata utang piutang justru menutup pintu-pintu kebaikan dan membuka pintu keburukan

Jika kita jadi peminjam maka mudahkanlah saat membayar

Jika kita jadi pemberi pinjaman mudahkanlah memberikan tempo jika memang si peminjam benar-benar tidak mampu.

Di akhir tulisan ini cucu ingin berbagi do'a agar utang kita cepat lunas, agar hidup kita jangan sampai kena jeratan utang, berikut do'a yang diajarkan Nabi صلى الله عليه وسلم

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

“Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu."

Monday, 3 June 2019

Mudik Bersama Wuling

Sharing: Jam 7 pagi hari ini dijalan lintas tengah Sumatera ban mobil kami pecah dan salah satu penutup part sensor dibagian ban hilang (kami tahu ini hilang saat sampai dealer).

..
Update: kami pecah ban Krn lagi ngebut tiba tiba dikiri jalan ada lobang kecil tp dalam. Langsung pecah ban, dan kerennya langsung ada warna merah disalah satu ban yg mengondisikan tekanan ban kosong.
..

Panik ada 3 peringatan muncul dan 3  fitur tidak berfungsi.

Tlfn SGMW malah tambah panik Krn katanya kalau sensor tsb muncul ban tidak bisa gerak, dan salah satu sensor mengindikasikan aki bakal habis.

Akhir SGMW tlfn beberapa dealer di Sumatra untuk membantu kami. Posisi kami 4 jam dari Wuling Palembang, 6 jam dr Wuling Jambi.

Jam 9 dealer baru buka. Jam 9.10 Wuling Medan tlfn Krn dapat info dr Wuling care, setelah itu Wuling Palembang jg tlfn, setelah itu Wuling Jambi tlfn.

Akhirnya dr Wuling Jambi kami disuruh ke Wuling Lubuklinggau, dealer ini belum di resmikan, dan masih di renovasi, tp sudah open penjualan.

..
Beberapa saat kemudian kami di tlfn wuling Lubuklinggau. Dan di follow up beberapa kali sampai datang ke dealer.
..

Sekarang kami istirahat di dealer Wuling Lubuklinggau, Alhamdulillah nyaman sekali bisa mandi istirahat.

Oh ya, kami lg perjalanan mudik dan silaturahmi di beberapa tempat. Kami mulai perjalanan dari Semarang - Bandung - Lampung - Mesuji - Dharmasraya - Siak - Pekanbaru dan tujuan akhir pasir pengaraian Rokan hulu.

Nanti kami sharing lebih lengkap update mudik bersama Wuling.

Yg jelas kami harus menuju Wuling Pekanbaru untuk mendapatkan part yg hilang tsb, Krn di dealer sini belum jual part Wuling.

#wuling #mudikbersamawuling

Updated:
- ketika ada problem kami tlfn CS wuling pusat. 08001005050
- setelah itu jam 9 kami di tlfn wuling Medan, Palembang, Jambi dan terakhir di tlfn wuling lubuk Linggau.
- diperjalanan di follow up terus oleh beres lubuk Linggau.
- di beres lubuk Linggau kami dibantu cari ban baru
- kembali pasang pelek racing nya.
- pelek racing sedikit peot, dibantu reparasi di bengkel luar
- tanda accu tidak muncul lg.
- waktu perjalanan ke beres lubuk Linggau di follow up lg oleh wuling care pusat.
- sekarang fungsi yg gak jalan AVH
- untuk handrem tidak berfungsi bagian roda yg hilang part sensor nya saja.
- semoga di Pekanbaru nanti ada. Kurang lebih 12 jam lagi perjalanan menuju PKU.

Mudik dengan Wuling

Sharing 2: update dr kasus sebelumnya. Alhamdulillah perjalanan mudik 3.000+km, akhirnya sampai dikampung halaman.

===
Sabtu krmn saya sampai Pekanbaru, tlfn wuling untuk booking service di hari Minggu. Baru menjelaskan kasus saya, ternyata pihak wuling Pekanbaru sudah tahu perihal kejadian saya ini melalui group FB ini.

Hari minggu datang ke wuling Pekanbaru, ternyata part tersebut belum tersedia. Dan harus menunggu habis lebaran.

Saya ucapkan terimakasih untuk rekan rekan semua atas respon nya. Maaf belum gabung ke kekomunitas Cortez Krn kmrn baru beli langsung dibawa mudik.

Awalnya mau mudik pakai Avanza, tp Krn mau bawa anak bayi, akhirnya kita beli wuling Cortez 1.8 amt Lux. Nik 2018 Krn diskonnya 30+jt lebih dikota Semarang.

Alhamdulillah sekarang kita sudah sampai kampung halaman setelah menempuh 3.100KM selama 6 hari 6 malam perjalanan.

Rute saya:
- Semarang
- Bandung
- Lampung (ke wuling Lampung service 1000km)
- Ogan Komering Ilir (diperjalanan pecah ban)
- lubuk Linggau (service ke wuling)
- Dharmasraya
- batusangkar
- Pekanbaru (cari sparepart di beres wuling)
- siak Sri Indrapura
- pasir pengaraian (tujuan akhir)

Alhamdulillah nyaman pakai banget mudik pakai wuling Cortez, sebelum ini saya pernah mudik jg dr Semarang pakai Avanza.

Sekali lagi kami jelaskan kejadiannya, kami pecah ban Krn menabrak lobang kecil dan dalam. Pecah bagian sisi dalam, saat pecah tersebut angin keluar dan terjadi goncangan yg mengakibatkan sensor aktuator hilang.

Semoga pihak wuling yg membaca ini segera membantu kami untuk mengganti spare part yg hilang tsb. Krn kami akan kembali kesemarang selelas lebaran.

Oh ya Nanti saya share kejamnya jalanan lintas Sumatra dan dijalan kami menolong mobil travel yg kecelakaan krn jalanan berlubang.


Balap Reli Pertama di Jawa (Indonesia)

Ada yang bilang, balapan mobil dimulai 5 menit setelah mobil kedua diciptakan. Tentu meski asyik untuk tau mobil mana yang lebih baik, namun sepertinya akan lebih seru kalau persyaratan balapannya cukup berat seperti menempuh 700an kilometer dari Jakarta menuju Surabaya misalnya. Dan inilah yang terjadi ketika balapan tersebut dilakukan.


Alkisah pada tahun 1911, Jakarta (Batavia) dan Surabaya yang berjarak sekitar 780Km melalui tol trans Jawa hanya bisa ditempuh menggunakan kereta api atau kapal laut saja. Waktu tempuh yang dilalui juga sangat lama bahkan bisa lebih dari 24 jam menggunakan 2 transportasi andalan tersebut. Oleh karena itu, menyatukan kedua pusat perekonomian Jawa, Hindia Belanda (Indonesia) ini sudah merupakan prestasi sendiri lebih-lebih lama waktu tempuhnya bisa kurang dari 24 jam.

Karena itulah sebuah majalah olah raga "Het Algemeen Sportblad" yang diterbitkan oleh Jawa Motor Club mengorganisir sebuah acara balap reli yang dimulai dari Jakarta dan finish di Surabaya dengan nama Tour de Java. Aturannya cukup sederhana, siapa yang tiba di Surabaya lebih dulu dialah pemenangnya. Total ada 4 peserta yang mendaftar, namun disaat terakhir 2 mengundurkan diri sehingga hanya tersisa 2 peserta yang masing-masing mengendarai mobil Charron dan Delaunay Belleville yang merupakan mobil Perancis. Kru yang menaiki mobil Charron adalah importir mobil Charron asal Perancis sebagai supir bernama Decnop, Van der Hoeven sebagai co driver, seorang montir pribumi, dan wartawan surat kabar "De Locomotief" Semarang bernama Du Croo.  Kru yang menaiki mobil Delaunay sendiri adalah Van Tienen sebagai supir, Verhagen sebagai co driver, seorang montir pribumi dan wartawan "Het Nieuwes van den Dag" terbitan Jakarta bernama Karel Wijbranda.

Hari Sabtu tanggal 10 Mei sore di jalan Matraman Raya, Jakarta ditengah kerumunan masa yang menonton dilakukan start pada reli pertama di Indonesia ini. Karena tenaga mesin mobil Delaunay lebih besar 2 kali lipat dibandingkan tenaga mesin mobil Charron, jadilah mobil Charron memulai lomba terlebih dahulu 15 menit. Cuaca saat itu sudah mulai gelap tidak menyurutkan antusiasme penonton dan peserta. Nyali para peserta juga tidak surut meski mereka tau kalau diperjalanan nantinya jalanan yang dilalui gelap meski sudah diterangi dengan lampu kendaraan masing-masing yang tentu tidak seterang mobil jaman sekarang. Belum lagi berhubung Jawa jaman itu masih banyak kawasan hutan dan banyak begalnya.

Peserta Decnop sudah siap dibelakang kemudi dan ketika mobil berhasil diengkol saat start, mulailah perlombaan yang kemudian dicatatat oleh wartawan yang berada dimasing-masing mobil. Dari jalan Matraman, mobil melaju menuu Bogor melalui Meester Cornelis (Jatinegara), Bidara Cina, Cimanggis, Cibinong dan seterusnya menuju kearah Bogor yang saat itu jalan inilah satu-satunya jalan yang tersedia.

Berdasarkan catatan yang ditulis Du Croo, pada pukul setengah 7, seekor anjing tergilas, pukul 7 lewat 5 menit mulai nampak lampu-lampu di Bogor yang kemudian anjing kedua tergilas ketika melalui jalan mendaki. Pukul setengah 8 mulai melewati wilayah Sukabumi lalu pukul 8.15 malam anjing ketiga tergilas mobil Charron. Dalam waktu 2 setengah jam, mobil Charron sudah menempuh jarak sekitar 120Km melalui jalanan yang cukup sulit karena belum terbangun.

Sialnya, ketika berada disekitar wilayah Cianjur dekat gunung Masigit, mobil Charron ini mengalami kecelakaan. Mobil terbalik dan menimpa semu kru termasuk wartawan Du Croo yang berusaha tidur dimobil. Beruntung seluruh kru selamat meski mobil mengalami beberapa kerusakan. Para kru kemudian mulai membalikkan mobil sambil menginventarisir apa saja bagian yang rusak. Kru kemudian mendorong mobil yang terperosok keluar dan ketika mencoba menghidupkan kembali mobil, semua gembira karena mobil masih bisa melaju.

Namun kegembiraan ini tidak belangsung lama karena ternyata mobil Delaunay yang dikemudikan Van Tienen melintas dan membunyikan tuter (klakson) sambil menawari bantuan meski akhirnya ditolak. Karena sudah tersusul, Decnop kemudian bergegas memasang ban baru sementara der Hoeven mengetok spakbor yang penyok. sebelum waktu menunjukkan pulul 10, semua perbaikan sudah selesai. Meski hampir seluruh tim sudah merasa inilah waktunya untuk menyerah berhubung mobil Delaunay sudah lewat 45 menit sebelumnya, namun semangat membalap Decnop tidak pudar dan berniat untuk melanjutkan sampai garis finish.

Setelah ngebut selama 1 jam, kru sudah berada dikota Cimahi. Sepuluh menit kemudian, kru sudah berada di Hotel Preanger jalan Asia Afrika Bandung untuk melakukan pit stop berupa mengisi bensin, oli dan air. Kedatangan Decnop ini kemudian disambut oleh anggota SOS Bandung juga para tamu hotel yang ingin menyaksikan peserta Tour de Java pertama. Sebagai wartawan, Du Croo kemudian mulai mengirimkan pesan berupa berita ini melalui telegram ke kantornya. Setelah itu, para kru kemudian melanjutkan usahanya mengejar mobil Delaunay dan ketika sampai diwilayah Sumedang, Van de Hoeven menggantikan Decnop sebagai pengemudi.

Mulai pukul 3 pagi, peserta sudah memasuki wilayah Cirebon. Masyarakat Cirebon cukup antusias menyaksikan Tour de Java dengan menunggu dipinggir jalan untuk memberi makanan dan minuman kepada peserta meski masih menggunakan baju piyama. Dari informasi yang didapat dari masyarakat Cirebon, Decnop mengetahui kalau mobil Delaunay baru saja lewat sekitar 20 menit yang lalu. Dengan semangat, Decnop kemudian mulai tancap gas untuk menyusul lawannya dan bertekad sebelum masuk Semarang mobilnya harus sudah menyusul lawannya yang memiliki tenaga lebih besar. Tentu bukan hal mudah mengingat mobilnya memiliki tenaga yang lebih kecil juga medan yang dilalui cukup sulit berhubung saat itu jalanan masih banyak berlubang dan banyak jembatan kayu yang mengharuskan mobil untuk berjalan pelan.

Pukul 4 pagi, warga Tegal yang baru saja bangun tidur memberikan informasi bahwa mobil Delaunay baru saja lewat 5 menit yang lalu. Mendengar hal ini, Decnop dan seluruh kru tertawa sebab dalam beberapa menit lagi mereka sudah bisa mengejar mobil Delaunay. Benar saja, dalam beberapa menit kemudian debu yang dihasilkan mobil Delaunay mulai terlihat didepan mobil Charron. Karena pengelihatan cukup terganggu dengan adanya debu tersebut, Decnop memutuskan untuk mulai menyalib ketika sudah terang berhubung fajar mulai terlihat diufuk timur. Tepat ditanjakan Plelen, suara tuter (klakson) yang dibunyikan Van de Hoeven tidak didengar oleh pengemudi Delaunay sehingga Van de Hoeven mulai ambil resiko untuk menyalip dan sukses sampai akhirnya kru mobil Delaunay harus makan debu yang dihasilkan mobil Charron.

Pukul setengah 7, para peserta sudah sampai di Kendal dan pukul 6.50 para peserta sudah masuk kekota Semarang. Lanjut ke Demak dan Kudus, mobil Charron tidak mengalami masalah apapun. Ketika melintasi kali Juana, mobil harus naik perahu tambang karena tidak adanya jembatan saat itu. Setelah menyebrangi sungai, mobil melaju sampai ke Rembang dan menyentuk top speed 85Km/jam dibeberapa titik.

Mobil terus meluncur sampai wilayah Gresik dan kemudian sampailah diwilayah kota Surabaya. Disinilah kru mobil Charron memenangkan perlombaan dan mendapat piala beserta hadiah yang disediakan oleh "Het Sportblad". Total waktu yang ditempuh peserta adalah 19 jam 26 menit dan menjadi rekor baru karena inilah pertama kalinya Jakarta Surabaya bisa ditempuh dalam waktu kurang dari 24 jam. Kecepatan rata-rata yang ditempuh mobil Charron ini hanya 44Km/jam saja.

Bagaimana nasib mobil Delaunay? setelah disalib mobil Charron, Karel Wijbrands dan mobilnya mengalami kecelakaan membentur batu lalu terjungkal. Para kru baik-baik saja kecuali Karel Wijbrands yang harus diangkut kerumah sakit. Setelah kecelakaan ini, otomatis mobil Charron sudah tidak lagi mendapat perlawanan dan baru dinyatakan menang ketika menyentuh garis finish.

Kisah Pernikahan yang luar biasa

Maaf OOT mbah (anggap aja pembanding cerita maljum yang biasa hadir di motuba hahaha)

Kisah Pernikahan yang luar biasa

Mubarak bin Abdullah رحمه الله pernah bekerja di kebun milik seorang juragan. Ia tinggal di sana beberapa waktu. Suatu ketika si Juragan pemilik kebun yang merupakan seorang pengusaha kaya mendatanginya. Lalu mengatakan:

"Wahai Mubarak, aku mau satu buah delima manis"

Mubarak segera menuju ke beberapa pohon delima untuk memetiknya. Ia pun menyajikan dan si juraganpun membelahnya dan didapati rasanya masih asam. Ia marah kepada Mubarak, lalu berucap:
"Aku minta yang manis, kenapa engkau beri aku yang asam? Cepat carikan yang manis lagi".

Mubarak pergi dan memetik lagi di pohon lain. Tatkala si juragan membelahnya, ternyata rasanyapun asam. Ia pun naik pitam

Pada kali ketiga beliau melakukannya lagi, si juragan mencicipi tetapi rasanya juga tetap asam. Iapun marah-marah sambil bertanya:

"Apakah engkau tidak tahu mana delima manis dan delima asam"?
"Ya aku tidak tahu" Jawab Mubarak
"Bagaimana sampai tidak tahu"? Tanya juragan
"Karena diriku tidak pernah memakan satu buahpun sampai jelas kehalalannya" Jawab Mubarak
"Mengapa engaku tidak memakannya"? Tanya juragan
"Sebab anda belum mengizinkan diriku memakannya" jawab Mubarak

Mendengar jawaban mubarak sang juragan dibuat kagum

Sang juragan ternyata memiliki seorang putri dan telah banyak orang yang mencoba melamarnya.

"Wahai mubarak, menurutmu siapa yang pantas mempersunting putriku"? Tanya sang juragan

"Dahulu kaum jahiliyah menikahkan putri mereka ada yang karena keturunannya, hartanya dan kecantikannya, sedangkan umat Islam menikahkan karena Agamanya". Jawab mubarak

Singkat cerita, Mubarak menikahi putri juragannya dan mertuanya memberi mereka harta benda yang banyak dan dari rahim wanita ini lahirlah seorang ulama besar, ahli hadits, zuhud dan seorang mujahid yang bernama Abdullah dan populer dengan nama Abdullah ibnul Mubarak atau Ibnul Mubarak رحمه الله.

Pesan moralnya apa?
Semoga para mbah member motuba yang lebaran tahun ini masih sendiri lebaran tahun depan sudah bisa mudik sambil didampingi putri juragan di samping kiri motubanya.

Saturday, 1 June 2019

Siapakah Mereka?

Yutub channel itu sambilan mereka
Dari kiri ke kanan mereka adalah
Fitra eri itu jurnalis dan pembalap
Om mobi itu katanya kaum konglomerat punya banyak usaha minyak dll, bengkel itu tempat sekalian taruh maenan nya dia, mobil dia banyak yg bakal dibuat jadi maenan hobi
Ridwan hr itu pengusaha rental dan salon coating, bapak ridwan hr juga mantan pilot jdi kira kira finansial nya bagus

Yang di review terkadang memang beli buat dipake, terkadang juga minjem ama atpm dan teman, terkadang juga review buat dijual/showroom nitip

Kalo mau pure beli barang buat review itu cek channel nya gofar hilman rata rata beli buat review dan lebih realita

Hari Raya Ied dan Baju Lebaran


3 hari lalu mbah uti ngajak cucu ke salah satu mall untuk membeli baju lebaran buat ke-5 anak kami.

Sengaja pagi-pagi biar tidak macet dan panas, sampai di mall ternyata masih tutup dan subhanallah antrian sudah mengular menunggu mall dibuka.

Lalu cucu lihat mbah uti komat-kamit, lalu cucu tanya:  "Do'a apa mi?"

Hanya do'a: "Ya Allah permudahlah kami dalam belanja ini".

Alhamdulillah tak sampai 1 jam kita sudah sampai rumah lagi, bereeees semua.

Teringat kisah Amirul Mukminin Umar bin Abdul Aziz رحمه الله saat menghadapi lebaran dahulu, di mana anak perempuannya menangis, lalu beliau bertanya:

"Kenapa wahai anakku sayang?
"Ayah, anak-anak kaum muslimin, memakai baju baru saat lebaran, sedangkan aku anak seorang khalifah, seorang presiden tak memakai baju baru" jawab putri beliau.

Lalu beliau mendatangi baitul mal dan menemui bendahara negara lalu mengatakan:

"Bolehkah saya mengambil gajiku untuk bulan depan"?
"Kenapa wahai amirul mukminin"? Tanya bendahara
Lalu beliau menceritakan penyebabnya
"Boleh, tapi dengan syarat wahai amirul mukminin" sahut bendahara
"Apa syarat itu?" Tanya amirul mukminin
Lalu bendahara ini menyampaikan:

أن تضمن لى أن تبقى حيآ حتى الشهر القادم
لتعمل بالأجر الذى تريد صرفه مسبقآ

Sanggupkah Anda menjamin dirimu hidup sampai bulan depan, agar anda bisa bekerja dengan gaji yang telah saya berikan di awal?"

Mendengar jawaban itu, Umar رحمه الله menengok kepada putrinya lalu mengatakan:

أتصبرون وندخل جميعآ الجنة أم لاتصبرون ويدخل أباكم النار ؟ قالوا نصبر يا أبانا

 "Bisakah kalian sabar agar kita semua masuk surga; ataukah kalian tak sabar sehingga menyebabkan ayahmu masuk neraka?!" Mereka menjawab, "Kami sanggup bersabar wahai ayah!"

Beliau juga mengatakan:

ليس العيد لمن لبس الجديد انما العيد لمن نجا يوم الوعيد

Iedul fitri bukanlah bagi orang yang memakai baju baru, akan tetap ied adalah bagi orang yang selamat di hari kiamat.

Klo mbah tanya atau bicara sama cucu:
Wooi salah alamat, salah group mbah..
MOTUBA nya mana???

Maka cucu jawab:

Sependek yang cucu tahu di komunitas kijang super yang tergolong motuba, semua member belinya cash tidak ngutang.

Insya Allah mbah-mbah yang punya motuba di group ini, semuanya cash belinya.

Sehingga dengan baca status cucu ini, mata kita tidak melirik motunyar jika memang memaksa kita harus ngutang.

Selamat menikmati motuba kita mbah